Negara: Korea Selatan

  • Beredar Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Pesawat Jeju Air, Isinya Bikin Sedih

    Beredar Pesan Terakhir Korban Kecelakaan Pesawat Jeju Air, Isinya Bikin Sedih

    GELORA.CO – Pesawat Jeju Air meledak dan terbakar di Bandara Muan Korea Selatan, Minggu 29 Desember 2024. Selain upaya evakuasi, ada sisi lain yang membuat insiden ini menyisakan kepedihan.

    Meninggalkan duka yang mendalam, kecelakaan pesawat tersebut diduga membuat 179 orang dilaporkan menjadi korban meninggal dunia, dan 2 orang selamat. 

    Dikabarkan bahwa pemicu awal kecelakaan adalah pesawat gagal saat pendaratan. Selain itu, ada juga yang menyebutka karena pesawat bertabrakan dengan burung.

    Dikonfirmasi bahwa penumpang yang berada di dalam pesawat Jeju Air 7C2216 ii berjumlah 173 orang warga Korea, dan 2 orang warga negara Thailand.

    Presiden sementara Korea Selatan, Choi Sangmok mengumumkan 7 hari duka cita hinggan 4 Januari 2024 untuk mengenang para korban kecelakaan pesawat tersebut.

    Selain itu, pihak Jeju Air pun telah memita maaf atas insiden yang terjadi di Bandara Muan dan juga sudah mengasurasikan pesawat mereka sebesar 1 milliar Dollar.

    Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk dibagikan kepada para keluarga korban kecelakaan pesawat tersebut.

    Pesan Terakhir yang Mengharukan

    Di media sosial terutama X, beredar pesan terakhir para korban dalam kecelakaan tersebut. Salah satunya adalah pesan yang dikirim untuk ibunya.

    Diketahui bahwa seorang pria berusia 20 tahun yang bertukar pesan dengan sang ibu yang juga menjadi penumpang dalam pesawat tersebut.

    Ibunya berkata kalau ada burung nyangkut di sayap pesawat dan menyebabkan pesawat yang ditumpanginya tidak bisa mendarat.

    “Ada burung nyangkut di sayap, jadi gak bisa mendarat. Haruskah ibu bikin surat wasiat?” bunyi pesan tersebut.

    Sangan anak pun bingung dan mencoba menelpon sang ibu namun tidak ada jawaban dari ibu.

    Dari situ diketahui bahwa sang ibu menjadi salah satu dari korban kecelakaan pesawat tersebut.

    Akun X @tang__kira juga menunjukkan beberapa pesan terakhir lainnya dari para korban kepada keluarganya.

    Lebih banyak pesan-pesan terakhir para penumpang pesawat Jeju Air dibagikan oleh keluarga korban

    Jang Changsook (59) mengirim pesan kepada putranya, Jo Geonyoung (35) yang menaiki pesawat Jeju Air. Di ponsel Jang, ia menyimpan nama anaknya sebagai “pangeran kecil.” Isi pesannya:… https://t.co/o0JE4pGaex pic.twitter.com/wbA0Ca2TOU

    — Bintang (@tang__kira) December 30, 2024

  • Termasuk Jeju Air, Ini Daftar Kecelakaan Pesawat Akibat Bird Strike

    Termasuk Jeju Air, Ini Daftar Kecelakaan Pesawat Akibat Bird Strike

    Jakarta: Fenomena ‘bird strike’ atau peristiwa pesawat menabrak burung menjadi momok di dunia penerbangan.

    Bird strike biasanya terjadi saat pesawat lepas landas atau mendarat, tepatnya ketika pesawat terbang rendah dan lebih sering bertemu dengan burung yang terbang di sekitar area bandara.

    Efek dari bird strike sangat bervariasi, tergantung pada ukuran burung dan bagian pesawat yang terkena dampak. Namun efek terburuk yang bisa terjadi adalah kecelakaan fatal yang tentunya bisa memakan korban jiwa.

    Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar kecelakaan pesawat yang disebabkan bird strike:
    1. Ethiopian Airlines (September 1988)

    Pesawat Ethiopian Airlines jatuh pada September 1988. Kecelakaan bermula saat pesawat menabrak sekawanan buruk saat lepas landas. Beberapa buruk masuk ke mesin pesawat Boeing 737 yang membuat mesin tidak bekerja. 

    Akibatnya pilot memutuskan kembali dan melakukan pendaratan darurat yang berujung pesawat terbakar. Kecelakaan ini menewaskan 35 orang. 
     

     

    2. US Airways (Januari 2009)

    Pesawat jet US Airways dengan 155 orang di dalamnya kehilangan daya di kedua mesinnya akibat bird strike hingga akhirnya mendarat darurat di Sungai Hudson, New York. Insiden ini terjadi pada tanggal 11 Januari 2009 silam.

    Pesawat jenis Airbus A320 tersebut menabrak burung tidak lama setelah lepas landas. Beruntung seluruh penumpang dan kru pesawat selamat dalam insiden ini. 
    3. Ethiopian Airlines 302 (Maret 2019)

    Pesawat Ethiopian Airlines 302 mengalami kecelakaan pada Maret 2019. Kecelakaan ini disebabkan oleh kerusakan sistem kontrol penerbangan pada Boeing 737 Max.

    Dalam kecelakaan itu, Badan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan pembacaan sensor yang salah disebabkan oleh sebuah objek yang diduga burung berukuran besar.

    Karena sensor tidak bekerja, pesawat Ethiopian Airlines menukik ke bawah tak lama setelah lepas landas dari ibu kota Ethiopia Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya. Insiden ini menewaskan 157 orang.
    4. Azerbaijan Airlines (Desember 2024)

    Kecelakaan Azerbaijan Airlines Embraer ERJ-190AR terjadi belum lama ini tepatnya tanggal 25 Desember 2024. Pesawat rute Baku-Grozny ini jatuh di dekat Aktau, Kazakhstan, menewaskan 38 orang dan melukai 29 lainnya.

    Kementerian Keadaan Gawat Darurat Kazakhstan menyebutkan bahwa penyebab awal kecelakaan adalah “situasi darurat” di udara. Dugaan awal termasuk tabrakan dengan kawanan burung. Namun berkembang spekulasi kalau Azerbaijan Airlines jatuh karena ditembak oleh sistem pertahanan Rusia.
    5. Jeju Air (Desember 2024)

    Terbaru adalah kecelakaan maskapai Korea Selatan, Jeju Air yang terjadi tanggal 29 Desember 2024. Pesawat Jeju Air 7C 2216 berangkat dari Bangkok menuju Muan, Korea Selatan.

    Pengawas di Bandara Internasional Muan mengeluarkan peringatan adanya serangan burung terhadap penerbangan Jeju Air beberapa saat sebelum kecelakaan. Pilot berupaya melakukan pendaratan darurat, namun pesawat justru mendarat tanpa roda pendaratan. 

    Alhasil pesawat tergelincir hingga menabrak pagar pembatas landasan. Peristiwa ini menewaskan 179 dari 181 orang di dalamnya.

    Jakarta: Fenomena ‘bird strike’ atau peristiwa pesawat menabrak burung menjadi momok di dunia penerbangan.
     
    Bird strike biasanya terjadi saat pesawat lepas landas atau mendarat, tepatnya ketika pesawat terbang rendah dan lebih sering bertemu dengan burung yang terbang di sekitar area bandara.
     
    Efek dari bird strike sangat bervariasi, tergantung pada ukuran burung dan bagian pesawat yang terkena dampak. Namun efek terburuk yang bisa terjadi adalah kecelakaan fatal yang tentunya bisa memakan korban jiwa.
    Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar kecelakaan pesawat yang disebabkan bird strike:

    1. Ethiopian Airlines (September 1988)

    Pesawat Ethiopian Airlines jatuh pada September 1988. Kecelakaan bermula saat pesawat menabrak sekawanan buruk saat lepas landas. Beberapa buruk masuk ke mesin pesawat Boeing 737 yang membuat mesin tidak bekerja. 
     
    Akibatnya pilot memutuskan kembali dan melakukan pendaratan darurat yang berujung pesawat terbakar. Kecelakaan ini menewaskan 35 orang. 
     

     

    2. US Airways (Januari 2009)

    Pesawat jet US Airways dengan 155 orang di dalamnya kehilangan daya di kedua mesinnya akibat bird strike hingga akhirnya mendarat darurat di Sungai Hudson, New York. Insiden ini terjadi pada tanggal 11 Januari 2009 silam.
     
    Pesawat jenis Airbus A320 tersebut menabrak burung tidak lama setelah lepas landas. Beruntung seluruh penumpang dan kru pesawat selamat dalam insiden ini. 

    3. Ethiopian Airlines 302 (Maret 2019)

    Pesawat Ethiopian Airlines 302 mengalami kecelakaan pada Maret 2019. Kecelakaan ini disebabkan oleh kerusakan sistem kontrol penerbangan pada Boeing 737 Max.
     
    Dalam kecelakaan itu, Badan Keselamatan Transportasi Nasional mengatakan pembacaan sensor yang salah disebabkan oleh sebuah objek yang diduga burung berukuran besar.
     
    Karena sensor tidak bekerja, pesawat Ethiopian Airlines menukik ke bawah tak lama setelah lepas landas dari ibu kota Ethiopia Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya. Insiden ini menewaskan 157 orang.

    4. Azerbaijan Airlines (Desember 2024)

    Kecelakaan Azerbaijan Airlines Embraer ERJ-190AR terjadi belum lama ini tepatnya tanggal 25 Desember 2024. Pesawat rute Baku-Grozny ini jatuh di dekat Aktau, Kazakhstan, menewaskan 38 orang dan melukai 29 lainnya.
     
    Kementerian Keadaan Gawat Darurat Kazakhstan menyebutkan bahwa penyebab awal kecelakaan adalah “situasi darurat” di udara. Dugaan awal termasuk tabrakan dengan kawanan burung. Namun berkembang spekulasi kalau Azerbaijan Airlines jatuh karena ditembak oleh sistem pertahanan Rusia.

    5. Jeju Air (Desember 2024)

    Terbaru adalah kecelakaan maskapai Korea Selatan, Jeju Air yang terjadi tanggal 29 Desember 2024. Pesawat Jeju Air 7C 2216 berangkat dari Bangkok menuju Muan, Korea Selatan.
     
    Pengawas di Bandara Internasional Muan mengeluarkan peringatan adanya serangan burung terhadap penerbangan Jeju Air beberapa saat sebelum kecelakaan. Pilot berupaya melakukan pendaratan darurat, namun pesawat justru mendarat tanpa roda pendaratan. 
     
    Alhasil pesawat tergelincir hingga menabrak pagar pembatas landasan. Peristiwa ini menewaskan 179 dari 181 orang di dalamnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Ledakan Keras Sebelum Pesawat Menabrak Dinding, Boeing 737-800 Terbelah, 179 Tewas di Korea Selatan – Halaman all

    Ledakan Keras Sebelum Pesawat Menabrak Dinding, Boeing 737-800 Terbelah, 179 Tewas di Korea Selatan – Halaman all

    179 Orang Diduga Tewas Setelah Boeing 737-800 Jatuh di Korea Selatan

    TRIBUNNEWS.COM- Dari 181 penumpang yang berada di dalamnya, 120 jenazah berhasil ditemukan, sementara 59 lainnya masih hilang, semuanya diduga tewas.

    Semua kecuali dua dari 181 penumpang dalam penerbangan Jeju Air dari Bangkok diduga tewas setelah pesawat itu jatuh saat mencoba pendaratan darurat di Bandara Internasional Muan di Korea Selatan, Yonhap News melaporkan pada hari Minggu. 

    Tim penyelamat masih mencari di antara reruntuhan, di mana masih ada beberapa jenazah yang terjebak di badan pesawat. Hanya seorang penumpang dan seorang awak yang berhasil diselamatkan dari bagian ekor dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit terdekat.

    Petugas pemadam kebakaran menemukan total 120 jenazah, sementara 59 lainnya masih hilang. 

    Sementara itu, jumlah korban tewas meliputi 54 pria, 57 wanita, dan sembilan lainnya yang jenis kelaminnya belum dapat diidentifikasi. 

    Nasib mereka yang hilang belum ditentukan, meskipun pihak berwenang memberi tahu keluarga mereka bahwa peluang mereka untuk bertahan hidup hampir tidak ada karena kecelakaan dan kebakaran setelahnya. 

    Penerbangan itu disewa oleh Boeing 737-800 , yang berupaya melakukan pendaratan darurat sekitar pukul 9:03 waktu setempat, yang dilaporkan karena kegagalan dalam penempatan roda pendaratannya.

    Saksi mata menggambarkan mendengar suara ledakan keras beberapa saat sebelum pesawat menabrak dinding pembatas bandara, terbelah menjadi dua bagian dan meledak dalam kobaran api. 

    Rekaman yang disiarkan oleh MBC menunjukkan kemungkinan tabrakan dengan burung saat pesawat turun. Pihak berwenang terus menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

    Penjabat presiden Korea Selatan, Choi Sang-mok, menyatakan Muan sebagai zona bencana yang ditetapkan, mengaktifkan respons tingkat tertinggi pemerintah dalam apa yang telah terjadi sebagai krisis penerbangan terburuk di negara itu. 

    Kepala Penerbangan AS: Boeing perlu membuat ‘perubahan signifikan’

    Administrator Administrasi Penerbangan Federal AS Michael Whitaker sebelumnya menyuarakan keprihatinan atas catatan keselamatan Boeing, dengan mengatakan maskapai itu harus membuat reformasi substansial dan mengubah budayanya untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas produksi.

    “Sebagai akibat dari masalah kualitas produksi sistemik, Boeing harus membuat perubahan signifikan untuk mengubah sistem kualitasnya dan memastikan lapisan keselamatan yang tepat sudah tersedia,” kata Whitaker. 

    “Harus ada perubahan dalam budaya keselamatan perusahaan untuk mengatasi masalah jaminan kualitas dan produksi sistemiknya secara holistik.”

    Selama sesi tersebut, para anggota parlemen menyuarakan kekhawatiran tentang catatan keselamatan Boeing yang buruk. 

    Menurut Ketua Komite Transportasi dan Infrastruktur DPR Sam Graves, penerbangan AS telah lama dianggap sebagai standar emas, tetapi kecelakaan baru-baru ini “telah mempertanyakan hal itu.”

    Boeing telah menghadapi beberapa pelanggaran keselamatan dan tuntutan pidana dalam beberapa tahun terakhir.

    Pada bulan Juli, Boeing dan pemerintah AS menyelesaikan kesepakatan pembelaan yang melibatkan pembuat pesawat yang mengakui konspirasi untuk menipu Amerika Serikat.

    Sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan, Boeing akan membayar denda antara $243,6 dan $487 juta dan akan diawasi oleh pemantau independen selama tiga tahun. 

    SUMBER: AL MAYADEEN

  • Pekan Penuh Turbulensi: 6 Insiden Kecelakaan Pesawat Menandai Berakhirnya Tahun 2024 – Halaman all

    Pekan Penuh Turbulensi: 6 Insiden Kecelakaan Pesawat Menandai Berakhirnya Tahun 2024 – Halaman all

    Pekan Penuh Turbulensi: 6 Insiden Kecelakaan Pesawat Menandai Berakhirnya Tahun 2024

    TRIBUNNEWS.COM – Pada hari-hari terakhir bulan Desember 2024, industri penerbangan internasional mengalami enam insiden yang mengkhawatirkan di berbagai negara.

    Insiden kecelakaan pesawat terbang ini terjadi antara lain di Kazakhstan, Korea Selatan , Kanada , Norwegia , dan Uni Emirat Arab.

    Dari kecelakaan kecil hingga kecelakaan tragis, lansiran Anadolu menelusuri keadaan dan potensi penyebab di balik peristiwa tren kecelakaan yang meresahkan ini di pengujung tahun.

    25 DESEMBER: PENERBANGAN AZERBAIJAN AIRLINES 8243 JATUH DI KAZAKHSTAN

    Sebuah Pesawat Embraer 190 milik Azerbaijan Airlines yang sedang dalam perjalanan dari Baku ke Grozny, ibu kota Chechnya, jatuh di dekat Aktau di Kazakhstan, menewaskan 38 dari 67 penumpang dan awak pesawat.

    Laporan awal menunjukkan adanya serangan burung, tetapi lubang besar di ekor pesawat menimbulkan kecurigaan adanya serangan.

    Spesialis darurat bekerja di lokasi jatuhnya jet penumpang Azerbaijan Airlines dekat kota Aktau di Kazakh barat pada 25 Desember 2024. (Photo by Issa Tazhenbayev / AFP) (AFP/ISSA TAZHENBAYEV)

    Pejabat Azerbaijan kemudian mengklaim pesawat itu terkena rudal darat-ke-udara Rusia, sementara Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev menyatakan pesawat itu rusak akibat tembakan dari darat dan peperangan elektronik di wilayah Rusia.

    Sang presiden menuntut permintaan maaf dari Moskow dan kompensasi bagi para korban.

    Rusia menyampaikan belasungkawa tetapi membantah adanya niat yang disengaja, dengan menyatakan adanya ledakan di dalam pesawat—sebuah teori yang ditolak Aliyev sebagai upaya menutup-nutupi. Investigasi masih berlangsung, dengan kotak hitam sedang diperiksa.

    Operasi penyelamatan petugas terhadap pesawat Jeju Air jenis Boeing 737 800 yang keluar dari landasan pacu dan jatuh di Bandara Internasional Muan, Minggu, 29 Desember 2024. Kecelakaan ini menyebabkan 179 orang tewas. (Yonhap) (Newsis/Korea Herald/Yonhap)

    29 DESEMEBER: PENERBANGAN JEJU AIR 2216 CRASH LANDING DI KOREA SELATAN

    Sebuah Boeing 737-800 Jeju Air jatuh di Bandara Internasional Muan setelah roda pendaratan depannya gagal berfungsi, menewaskan 179 dari 181 penumpang dan awak pesawat dalam bencana penerbangan paling mematikan di Korea Selatan sejak 1997.
     
    Para penyelidik berfokus pada kemungkinan serangan burung di dekat bandara, yang terletak di habitat burung migran, sebagai faktor penyebabnya.

    Masa berkabung nasional selama tujuh hari telah ditetapkan, dan acara-acara Tahun Baru dibatalkan.

    Tim Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat (AS) dan pejabat Boeing membantu penyelidikan, yang mungkin memerlukan pengiriman perekam data penerbangan yang rusak ke AS untuk dianalisis.

    Peringatan sebelumnya tentang risiko tabrakan burung di bandara telah menyerukan tindakan pencegahan, yang kini tengah diawasi ulang.

    Maskapai Air Canada (Anews/*)

    29 DESEMBER: PENERBANGAN AIR CANADA EXPRESS 2259 TERGELINCIR DENGAN KOBARAN API DI LANDASAN PACU DI KANADA

    Pada hari yang sama, penerbangan Air Canada Express 2259, De Havilland Dash 8-400, melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Halifax Stanfield setelah terjadi kegagalan fungsi roda pendaratan.

    Pesawat itu meluncur di landasan pacu dengan api dan percikan terlihat dari salah satu sayapnya.

    Hebatnya, seluruh 77 penumpang dan awak pesawat selamat tanpa cedera.

    Laporan penumpang menggambarkan pesawat miring dan tergelincir saat mendarat. Petugas tanggap darurat segera merespons, dan penerbangan di bandara sempat ditangguhkan.

    Penyelidikan masih berlangsung untuk menentukan penyebab kegagalan mekanis.

    Pesawat Maskapai KLM 1204, Boeing 737-800 tujuan Amsterdam dari Oslo. (Anews/*)

    29 DESEMBER: PENERBANGAN KLM 1204 MENDARAT DARURAT DI NORWEGIA

    Penerbangan KLM 1204, sebuah Boeing 737-800 dalam perjalanan dari Oslo ke Amsterdam, mengalami kegagalan sistem hidrolik tak lama setelah lepas landas.

    Pilot mengalihkan pesawat ke Bandara Sandefjord Torp di Norwegia, tempat pesawat tergelincir dari landasan pacu ke area berumput saat pendaratan darurat.

    Seluruh 176 penumpang dan enam awak pesawat tidak terluka.

    Investigasi difokuskan pada kegagalan hidrolik yang dilaporkan sebagai penyebab insiden tersebut.

    29 DESEMBER: PESAWAT UEA JATUH DI PANTAI RAS AL-KHAIMAH

    Sebuah pesawat ringan jatuh di lepas pantai Ras al-Khaimah di UEA, menewaskan pilot dan kopilot.

    Otoritas Penerbangan Sipil Umum telah memulai penyelidikan atas penyebab kecelakaan tersebut.

    Keesokan harinya, penerbangan Emirates yang menuju Incheon, Korea Selatan, dialihkan karena badai salju bersejarah yang mengganggu lalu lintas udara regional, dan mendarat dengan selamat di bandara alternatif.

    30 DESEMBER: JEJU AIR LAGI, PENERBANGAN 7C101 MENDARAT DARURAT

    Jeju Air Penerbangan 7C101, Boeing 737-800 yang membawa 161 penumpang, mengalami masalah roda pendaratan tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Gimpo di Seoul.

    Pilot memutuskan untuk kembali ke Gimpo, tempat pesawat mendarat dengan selamat. Tidak ada cedera yang dilaporkan, dan semua 161 penumpang tidak terluka.

    Penyebab masalah roda pendaratan dalam penerbangan 7C101 saat ini sedang diselidiki.

    Insiden ini telah mendorong otoritas penerbangan global untuk memulai penyelidikan komprehensif untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya, apakah kegagalan mekanis, kesalahan manusia, atau faktor eksternal seperti cuaca dan ketegangan geopolitik.

    Temuan ini diharapkan dapat mengarah pada peningkatan langkah-langkah keselamatan yang bertujuan untuk mencegah kejadian di masa mendatang.

     

    (oln/anadolu/anews/*)

  • Presiden Korsel Yoon Suk Yeol di Ambang Penangkapan Usai Dimakzulkan

    Presiden Korsel Yoon Suk Yeol di Ambang Penangkapan Usai Dimakzulkan

    Seoul

    Presiden Korea Selatan yang dimakzulkan, Yoon Suk Yeol, bakal ditangkap aparat negaranya. Soalnya, dia mangkir terus saat hendak diadili soal darurat militer yang gagal pada awal Desember lalu.

    Empat hari setelah darurat militer yang gagal itu, Yoon Suk Yeol sempat mengatakan tidak akan menghindari tanggung jawab hukum dan politik atas penerapan darurat militer itu. Namun omongannya agaknya belum terbukti.

    Lembaga bernama Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi atau disingkat CIO adalah lembaga yang memanggil Yoon Suk Yeol. Sudah tiga kali panggilan, masing-masing pada 18, 25, dan 29 Desember. Yoon Suk Yeol tidak memenuhi semua panggilan tersebut.

    Dilansir kantor berita Yonhap, Minggu (29/12) lalu, CIO sedianya ingin menghadirkan Yoon untuk menyelidiki penerapan darurat militer 3 Desember itu. Tiga panggilan biasanya dianggap sebagai jumlah maksimum sebelum badan investigasi mengajukan surat perintah penangkapan terhadap tersangka.

    Jika CIO mengajukan surat perintah pengadilan untuk menangkap Yoon, itu akan menjadi langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap presiden yang sedang menjabat di Korea Selatan.

    Dan benar saja. CIO benar-benar mengajukan surat perintah penangkapan Presiden Yoon. Ini belum pernah terjadi sebelumnya.

    Halaman selanjutnya, Presiden diambang penangkapan:

    Presiden diambang penangkapan

    Boneka Presiden Yoon Suk Yeol sebagai properti demonstrasi. (REUTERS/Kim Hong-Ji)

    Penyidik telah mengajukan surat perintah penangkapan Presiden Yoon. Bagi Korsel, ini adalah upaya paksa untuk penahanan yang pertama diterapkan ke presiden.

    “Markas Besar Investigasi Gabungan mengajukan surat perintah penangkapan untuk Presiden Yoon Suk Yeol ke Pengadilan Distrik Barat Seoul”, kata tim penyelidik dalam sebuah pernyataan, dilansir AFP, Senin (30/12/2024).

    Yoon dicabut dari tugas kepresidenannya oleh parlemen atas deklarasi darurat militer. Putusan pengadilan konstitusi sedang menunggu apakah akan mengonfirmasi pemakzulan tersebut.

    Tindakan dramatis Yoon menjerumuskan Korea Selatan ke dalam krisis politik terburuknya dalam beberapa dekade terakhir.

    Kekacauan semakin dalam minggu lalu ketika penggantinya, Han Duck-soo, juga dimakzulkan oleh parlemen karena gagal menandatangani rancangan undang-undang untuk penyelidikan terhadap Yoon.

    Halaman selanjutnya, Yoon pernah izinkan penembakan selama darurat militer:

    Pernah izinkan penembakan selama darurat militer

    Rakyat Korsel tuntut Presiden Yoon Suk Yeol ditangkap. (AP/Lee Jin-man)

    Darurat militer 3 Desember di Korsel ternyata nyaris berubah menjadi kondisi yang mengerikan. Soalnya pada saat itu, Presiden Yoon sempat mengizinkan pelepasan tembakan ke pihak yang menghalang-halangai aktivitas darurat militer.

    Yoon mengizinkan militer untuk menembakkan senjata jika diperlukan untuk memasuki gedung parlemen. Darurat militer berarti militerlah yang berkuasa, bukan sipil lagi.

    Hal itu terungkap dalam laporan jaksa yang dilihat oleh kantor berita AFP pada hari Sabtu (28/12). Ringkasan 10 halaman dari laporan dakwaan penuntutan mantan menteri pertahanan Kim Yong-hyun, yang diberikan kepada media, juga mengatakan Yoon berjanji pada tanggal 3 Desember untuk mengumumkan darurat militer tiga kali jika diperlukan.

    Sebelumnya, saat para anggota parlemen bergegas ke gedung parlemen pada tanggal 3 Desember untuk menolak deklarasi darurat militer Yoon, pasukan bersenjata lengkap menyerbu gedung tersebut, memanjat pagar, memecahkan jendela, dan mendarat dengan helikopter.

    Pengacara Yoon, Yoon Kab-keun, menolak laporan jaksa penuntut tersebut. Dia mengatakan kepada AFP bahwa laporan itu “hanya laporan sepihak yang tidak sesuai dengan keadaan objektif maupun akal sehat”.

    Halaman 2 dari 3

    (dnu/dnu)

  • Kapal Feri Terbalik di Perairan Korea Selatan, 5 Orang Hilang

    Kapal Feri Terbalik di Perairan Korea Selatan, 5 Orang Hilang

    Jakarta

    Kapal feri seberat 83 ton terbalik di lepas pantai barat daya Korea Selatan. Lima orang dilaporkan hilang dan dua berhasil diselamatkan.

    Dikutip kantor berita Yonhap, Senin (30/12/2024), kapal tersebut diduga membawa tujuh orang. Penjaga pantai dan otoritas pemadam kebakaran mengatakan kapal itu terbalik sekitar pukul 18.35 waktu setempat di perairan sebelah barat Seosan, sekitar 100 kilometer barat daya Seoul.

    Petugas penjaga pantai menyelamatkan dua penumpang dan saat ini sedang mencari lima orang lainnya. Tim penyelamat melakukan pencarian di dekat lokasi kecelakaan. Namun, pencarian terkendala kuatnya arus laut.

    Presiden sementara Korea Selatan Choi Sang-mok meminta para pejabat melakukan segala upaya untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

    “Penjaga pantai dan instansi terkait harus memobilisasi setiap sumber daya dan personel yang tersedia dan memastikan keselamatan bagi para pekerja penyelamat, mengingat arus yang kuat di daerah tersebut dan bahwa pencarian dilakukan pada malam hari,”katanya.

    (idn/fas)

  • Daftar Maskapai RI Gunakan Boeing 737-800 Versi Kementerian Perhubungan  – Halaman all

    Daftar Maskapai RI Gunakan Boeing 737-800 Versi Kementerian Perhubungan  – Halaman all

     

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pesawat Boeing 737-800 kini menjadi sorotan setelah insiden maut dalam penerbangan Jeju Air pada Minggu (29/12/2024) kemarin. 

    Sedangkan pesawat Boeing 737-800 ini turut digunakan pada maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat setidaknya lima dari 15 maskapai di Indonesia masih menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800.

    Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Mokhammad Khusnu mengatakan, lima maskapai tersebut tercatat masih menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 maupun 737-900.

    “Di Indonesia yang masih menggunakan B737NG (800/900) ada di Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, BBN Airlines,” kata Khusnu saat dihubungi Tribunnews, Senin (30/12/2024).

    Sayangnya, Khusnu enggan menjelaskan lebih rinci jumlah pesawat Boeing 737-800 yang digunakan lima maskapai tersebut. Namun, dia memastikan bahwa Kemenhub rutin melakukan inspeksi terhadap pesawat tersebut sejalan dengan angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Ada 56 bandara dimana DJPU (inspektur DKPPU dan OTBAN) melaksanakan inspeksi setiap hari sejak tanggal 16 Desember 2024 sampai 4 januari 2025,” jelas Khusnu.

    Insiden Jeju Air pejabat Korea Selatan inspeksi Boeing 737-800

    Adapun pesawat Boeing 737-800 ini menjadi sorotan usai insiden kecelakaan yang terjadi di Korea Selatan. Bahkan, dampak dari insiden tersebut Penjabat pemimpin Korea Selatan memerintahkan pemeriksaan terhadap semua Boeing 737-800 untuk memastikan keselamatan para penumpang.

    Penjabat Presiden, Choi Sang-mok, mengatakan inspeksi menyeluruh ini penting agar tidak ada lagi insiden seperti pesawat Jeju Air.

    “Inspeksi menyeluruh sangat penting untuk merombak sistem keselamatan penerbangan dan bergerak menuju Republik Korea yang lebih aman,” katanya, dikutip dari The Guardian.

    Permintaan Choi ini tepat setelah adanya laporan, pesawat penumpang milik Jeju Air lainnya terpaksa kembali ke bandara Gimpo di Seoul segera setelah lepas landas pada Senin (30/12/2024).

    Pada hari itu, pesawat Jeju Air berangkat dari Bandara Internasional Gimpo pukul 06:35 waktu setempat.

    Namun, kurang dari satu jam, pesawat tersebut kembali ke bandara Gimpo.

    Hal ini lantaran adanya kerusakan mekanis yang disebabkan oleh masalah roda pendaratan, dikutip dari BBC.

    Roda pendaratan merujuk pada rangkaian roda dan bagian lain pesawat yang menopang pesawat selama lepas landas, meluncur, dan mendarat.

    Pesawat ini adalah pesawat dengan model yang sama dengan pesawat yang mengalami kecelakaan pada Minggu, yaitu Boeing B737-800.

    Armada Jeju Air memiliki model yang sama sebanyak 39 pesawat.

    Setelah kecelakaan hari Minggu, Boeing mengatakan pihaknya sedang berhubungan dengan Jeju Air dan siap untuk mendukung mereka.

    Insiden ini terjadi tepat sehari setelah pesawat Jeju Air menabrak burung dan meledak saat mendarat di Bandar Udara Internasional Muan, Korea Selatan.

  • IHSG akhir tahun ditutup menguat ikuti mayoritas bursa kawasan Asia

    IHSG akhir tahun ditutup menguat ikuti mayoritas bursa kawasan Asia

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    IHSG akhir tahun ditutup menguat ikuti mayoritas bursa kawasan Asia
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 17:46 WIB

    Elshinta.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin sore ditutup naik mengikuti penguatan mayoritas bursa saham kawasan Asia.

    IHSG ditutup menguat 43,33 poin atau 0,62 persen ke posisi 7.079,90. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 1,52 poin atau 0,18 persen ke posisi 826,62.

    “Kawasan Asia, pasar saham mencatatkan kinerja yang solid di tahun 2024, dengan indeks MSCI Asia Pasifik sudah naik sekitar 8 persen di tengah pelonggaran kebijakan moneter oleh bank sentral dan juga optimisme seputar Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI),” sebut Tim Riset Phillip Sekuritas Indonesia dalam kajiannya di Jakarta, Senin.

    Dari sisi makroekonomi, investor mencerna rilis data Industrial Production Korea Selatan yang keluar merosot 0,7 persen month to month (mtm), dibandingkan sebelumnya sebesar 0,1 persen year on year (yoy) pada November 2024.

    Sementara itu, penjualan ritel Korea Selatan naik 0,4 persen (mtm) pada November 2024, atau pulih dari penurunan 0,8 persen (mtm) pada Oktober 2024, menandakan pertumbuhan positif pertama dalam empat bulan terakhir.

    Dari Jepang, perhitungan akhir data Jibun Bank Manufacturing PMI berada di level 49,6 pada Desember 2024, atau sedikit di atas perhitungan awal 49,5 dan naik dari level 48,0 pada November 2024.

    Meskipun tertinggi sejak September 2024, data ini memperpanjang kontraksi di sektor manufaktur Jepang menjadi enam bulan beruntun.

    Dibuka melemah, IHSG bergerak ke teritori positif sampai penutupan sesi pertama perdagangan saham. Pada sesi kedua, IHSG masih betah di zona hijau hingga penutupan perdagangan saham.

    Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, sembilan sektor menguat dipimpin oleh sektor teknologi sebesar 2,67 persen, diikuti oleh sektor barang baku dan sektor kesehatan yang menguat sebesar 1,59 persen dan 1,31 persen.

    Sementara itu, dua sektor melemah yaitu sektor keuangan turun paling dalam minus 0,66 persen, diikuti oleh sektor industru yang turun sebesar 0,06 persen.

    Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu WAPO, MMIX, KEJU, SSMS dan TRST. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni VTNY, JGLE, ANDI, KREN dan XSSI.

    Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.001.000 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,71 miliar lembar saham senilai Rp12,11 triliun. Sebanyak 363 saham naik 261 saham menurun, dan 323 tidak bergerak nilainya.

    Bursa saham regional Asia sore ini antara lain, indeks Nikkei melemah 386,62 poin atau 0,96 persen ke level 38.894,54, indeks Shanghai menguat 7,19 poin atau 0,21 persen ke posisi 3.407,33, indeks Kuala Lumpur menguat 9,54 poin atau 0,59 persen ke posisi 1.637,68, dan indeks Straits Times menguat 9,08 poin atau 0,24 persen ke 3.780,71.

    Sumber : Antara

  • Video: Kejutan dari Prabowo Hingga Saham Jeju Air ‘Kebakaran’

    Video: Kejutan dari Prabowo Hingga Saham Jeju Air ‘Kebakaran’

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintahan Presiden RI Prabowo Subianto dikabarkan akan mengumumkan skema baru pemberian subsidi bbm pada awal tahun 2025.

    Sementara Itu, saham maskapai penerbangan Korea Selatan Jeju Air anjlok ke level terendah. Kondisi ini buntut dari kecelakaan pesawat boeing 737-800 Jeju Air dan menewaskan korban 179 orang.

    Selengkapnya dalam program Evening Up CNBC Indonesia, Senin (30/12/2024).

  • SI: Layanan jasa sertifikasi halal punya prospek cerah

    SI: Layanan jasa sertifikasi halal punya prospek cerah

    Jakarta (ANTARA) – PT Surveyor Indonesia memandang layanan jasa sertifikasi produk halal memiliki prospek cerah pada 2025 bagi industri TICC yang ditunjuk sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), seiring dengan bertambahnya permintaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

    “Untuk halal, tahun 2025 sangat prospek karena semakin banyaknya perusahaan-perusahaan makanan yang masuk dari luar Indonesia. Tentunya dengan adanya produk halal, ada logo halal, maka produk ini akan lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Dan bukan hanya masyarakat Indonesia, dunia sekarang menggunakan logo halal,” kata Direktur Utama Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna dalam media gathering di Jakarta, Senin.

    Sandry menambahkan bahwa sertifikasi halal tidak hanya dibutuhkan untuk memeriksa dan menguji kehalalan makanan dan minuman tetapi juga seluruh proses penunjangnya dengan alat-alat produksi yang telah memenuhi ketentuan.

    “Dengan memastikan semua peralatan penunjang ini halal, maka produk yang keluar juga tentunya halal. Jadi bukan hanya produk yang keluar yang dicek halalnya, tetapi juga peralatan-peralatan yang digunakan untuk memproduksi produk-produk ini. Yang jelas tahun 2025, potensi untuk produk halal sangat-sangat bagus untuk Surveyor,” kata dia.

    Surveyor Indonesia, sebagai salah satu pemain di industri TICC (testing, inspection, certification, consultation), telah ditetapkan sebagai LPH oleh Badan Pemeriksa Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada beberapa tahun lalu.

    Direktur Komersial Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya mengatakan, awalnya anggota Holding BUMN IDSurvey ini banyak melakukan verifikasi halal untuk UMKM serta beberapa perusahaan makanan dan minuman dalam negeri.

    Namun dalam satu tahun terakhir, imbuh Saifuddin, Surveyor Indonesia banyak mendapatkan kepercayaan untuk memeriksa dan menguji kehalalan produk dari beberapa produsen luar negeri, seperti China, Korea Selatan, Thailand, Jepang, serta Vietnam. Volume permintaan juga semakin meningkat.

    “Insya Allah tahun depan target kita naikkan double (layanan jasa sertifikasi halal). Karena pemahaman terhadap halal ini, semakin ke sini semakin menjadi suatu kriteria yang harus dipenuhi oleh produsen makanan dan minuman. Apalagi bukan hanya makanan dan minuman, termasuk kosmetika dan obat-obatan itu masuk di dalam kriteria harus masuk ke halal,” kata dia.

    Saifuddin mengatakan, Surveyor Indonesia juga tengah dalam pembahasan bersama pemerintah terkait ketentuan wajib halal terhadap barang impor yang masuk ke Indonesia. Apabila hal ini telah ditetapkan, maka Surveyor Indonesia melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan Sucofindo berencana untuk memasukkan kriteria halal pada kegiatan Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor (VPTI).

    “Ini membutuhkan banyak persiapan, banyak yang harus diregulasikan, diatur. Dan Insya Allah nanti kita akan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait dengan ketentuan ini. Karena niatnya pemerintah ingin menjaga makanan yang dikonsumsi di Indonesia,” kata Saifuddin.

    Terkait dengan kinerja perusahaan, Surveyor Indonesia menyebut kinerjanya positif pada tahun ini dan mencapai lebih dari ekspektasi. Pada tahun depan, perusahaan menargetkan pertumbuhan yang lebih tinggi seiring dengan banyaknya peluang dalam industri TICC.

    “Dari target rata-rata kita, selama ini pertumbuhan kita di sekitar 8 atau 9 persen. Rata-rata pertumbuhan dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi sekarang, kita di target 13 persen di tahun 2024. Dan Insya Allah nanti pada waktu tutup tahun, 13 persen itu bisa kita capai,” kata Saifuddin.

    Pewarta: Rizka Khaerunnisa
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2024