Negara: Korea Selatan

  • Surat Penangkapan Muncul, Yoon Bersumpah Akan Melawan sampai Akhir

    Surat Penangkapan Muncul, Yoon Bersumpah Akan Melawan sampai Akhir

    Jakarta, CNN Indonesia

    Presiden Korea Selatan yang dimakzulkan parlemen Yoon Suk Seol bersumpah akan melawan tuduhan terhadap dirinya terkait deklarasi darurat militer usai surat penangkapan dia rilis.

    Pernyataan Yoon tertuang dalam pesan tertulis yang disampaikan ke para pendukungnya di dekat kediaman presiden, Hannam dong, Seoul.

    “Saya berterima kasih kepada kalian semua atas kehadiran dalam jumlah besar untuk melindungi demokrasi bebas dan tatanan konstitusional negara ini,” kata Yoon pada Rabu (1/1), dikutip Korea Herald.

    Dia juga mengatakan memantau upaya para pendukungnya via YouTube.

    Lebih lanjut, Yoon mengatakan Korea Selatan saat ini sedang terancam, narasi yang sama saat dia mengumumkan darurat militer.

    “Korea sedang terancam hasutan dari kekuatan anti-negara dan kekuatan di dalam dan luar negeri yang mencoba merampas kedaulatan,” ujar dia.

    Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi (CIO) sebelumnya berjanji akan menangkap Yoon dan menyelidiki atas tuduhan pemberontakan serta penyalahgunaan wewenang.

    Mereka juga mendesak Dinas Keamanan Presiden untuk tak mengganggu penangkapan Yoon dengan cara apapun.

    Surat perintah penangkapan Yoon dikeluarkan pada 31 Desember. Masa berlaku surat ini sekitar sepekan. Maka dari itu, CIO berusaha bergerak cepat untuk menangkap presiden itu.

    Jika Yoon nantinya ditahan, CIO diharuskan memutuskan dalam waktu 48 jam apakah akan mengajukan surat perintah penangkapan untuk menahan lebih lanjut guna diinvestigasi atau membebaskan dia.

    Sebagai presiden, Yoon memiliki impunitas atas kasus pidana. Namun, dia tak kebal hukum jika berkaitan dengan pemberontakan.

    Yoon saat ini menunggu nasib status sebagai presiden usai dimakzulkan parlemen pada pertengahan Desember. Mahkamah Konstitusi (MK) Korsel sedang menggodok pemakzulan itu apakah sah atau tidak di mata hukum.

    Jika sah, Yoon akan kehilangan kursi kepresidenan. Tetapi jika tidak, dia kembali menggenggam kekuasaan.

    (isa/bac)

    [Gambas:Video CNN]

  • iPhone SE 4 Bakal Ganti Nama, Ini Bocoran Harga dan Nama Barunya

    iPhone SE 4 Bakal Ganti Nama, Ini Bocoran Harga dan Nama Barunya

    Jakarta, CNN Indonesia

    Apple dikabarkan bakal segera merilis iPhone SE generasi keempat tahun ini. Namun begitu, iPhone versi murah itu rumornya bakal meluncur dengan nama baru.

    Raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat itu sejak 2016 sudah menggunakan nama ‘SE’ untuk iPhone versi terjangkau. Namun, menurut bocoran dari tipster Majin Bu, nama iPhone SE 4 bakal berubah menjadi iPhone 16 E.

    “Berdasarkan apa yang dilaporkan oleh sumber saya, tampaknya iPhone baru yang akan diluncurkan Apple pada tahun 2025 tidak akan disebut iPhone SE4, tetapi iPhone 16E. Ini akan menampilkan desain yang mirip dengan iPhone 14, dengan layar OLED dan tombol aksi. Warna yang tersedia adalah putih dan hitam,” demikian kata Majin Bu dalam sebuah unggahan di X, beberapa hari lalu.

    Handphone versi budget dari Apple ini diprediksi hadir dengan perubahan besar yang mencakup desain seperti iPhone 14 dengan layar edge-to-edge, dukungan Apple Intelligence, Action Button, dan kamera 48 megapiksel.

    Jika semua rumor tersebut benar, upgrade tersebut dapat membuat ponsel murah Apple terasa lebih modern dan menjadi pesaing sejati bagi perangkat Android dalam kisaran harga yang sama.

    Selain itu, hal ini mungkin akan membuat Apple Intelligence lebih mudah diakses, karena fitur AI Apple yang baru saat ini hanya tersedia di jajaran iPhone 16 dan iPhone 15 Pro.

    Sementara itu, rumor dari Korea Selatan mengklaim bahwa iPhone SE baru akan dijual dengan harga mulai US$499 (sekitar Rp8 juta). Harganya lebih murah US$300 dari harga jual iPhone 16 versi standar.

    Namun demikian, melansir GSM Arena, harga iPhone SE generasi ke-4 ini sedikit lebih mahal dari generasi sebelumnya yang meluncur tahun 2022 dengan harga US$429 (sekitar Rp6,9 juta).

    iPhone SE baru dirumorkan hadir dengan chipset A18, RAM 8GB untuk mendukung Apple Intelligence, layar OLED 6,06 inci 60 Hz, kamera utama 48 MP, kamera selfie 12 MP, dan desain yang diperbarui yang mengingatkan pada iPhone 14, termasuk notch dengan sensor Face ID.

    Dengan demikian, iPhone SE 2025 tampaknya meminjam chipset, jumlah RAM, dan kamera utama dari iPhone 16. Perbedannya hanya dari segi harga, desain yang lebih banyak bezel dan minus kamera ultrawide.

    [Gambas:Twitter]

    (tim/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Nasib Bandar Kripto Bangkrut Luntang-lantung, Begini Kabar Terbarunya

    Nasib Bandar Kripto Bangkrut Luntang-lantung, Begini Kabar Terbarunya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nasib pendiri Terraform Labs, Do Kwon, luntang-lantung. Sebelumnya, pengadilan Montenegro memutuskan untuk mengekstradisi bandar kripto bangkrut tersebut ke Amerika Serikat (AS).

    Namun, keputusan itu sempat diubah dan Do Kwon dikatakan akan diekstradiksi ke kampung halamannya di Korea Selatan (Korsel).

    Penegak hukum di Amerika Serikat dan Korea Selatan memang ‘rebutan’ agar Do Kwon diterbangkan ke yurisdiksi masing-masing.

    Terbaru, pada Selasa (31/12) lalu, otoritas Montenegro kembali memutuskan Do Kwon akan diekstradisi ke AS. Do Kwon akan menghadapi tuntutan hukum di AS setelah menipu investor tentang stabilitas mata uang kripto TerraUSD.

    Kementerian Dalam Negeri Montenegro dalam sebuah pernyataan mengatakan Do Kwon akan diserahkan ke petugas penegak hukum AS dan Biro Investigasi Federal (FBI) di Bandara Podgorica, dikutip dari Reuters, Kamis (2/1/2025).

    Hingga kini, Do Kwon masih membantah berbagai gugatan yang dituduhkan atas dirinya.

    Sebagai informasi, Do Kwon merupakan warga negara Korsel dan mantan CEO Terraform Labs yang berbasis Korsel. Terraform Labs merupakan perusahaan di balik TerraUSD, yakni ‘stablecoin’ yang dirancang untuk mempertahankan harga setara US$1.

    TerraUSD kolaps pada Mei 2022 lalu dan menyebabkan guncangan di pasar mata uang kripto. Do Kwon lalu dituntut oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Februari 2023 terkait kasus TerraUSD dan Luna.

    Otoritas menyebut keruntuhan dua koin tersebut telah menyebabkan kerugian hingga US$40 miliar (Rp 649 triliun) di pasar mata uang kripto.

    Do Kwon ditangkap pada Maret 2023 lalu setelah berupaya meninggalkan Montenegro. Otoritas Montenegro menghukum Do Kwon atas kasus pemalsuan paspor.

    Setelah menjalani hukuman, Montenegro beberapa kali mengubah tujuan ekstradiksi Do Kwon. Sebelumnya AS, lalu Korsel, lalu kini kembali ke AS.

    (fab/fab)

  • IHSG Sesi I Hari Ini Menguat 0,73 Persen

    IHSG Sesi I Hari Ini Menguat 0,73 Persen

    Jakarta, Beritasatu.com – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan bursa sesi I hari ini, Kamis (2/1/2025), masih kuat di zona hijau.

    IHSG sesi I hari ini menguat 51,44 poin atau 0,73 persen mencapai 7.131,3.

    IHSG sesi I hari ini bergerak dalam rentang 7.088-7.137. Perdagangan IHSG sesi I hari ini mencatatkan 11,1 miliar lembar saham senilai Rp 4,59 triliun dari 678.345 kali transaksi.

    Sebanyak 307 saham yang diperdagangkan pada sesi ini tercatat menguat, sebanyak 275 saham melemah, dan sebanyak 207 saham stagnan.

    Pada saat IHSG sesi I hari ini menguat, saham-saham Asia sebagian besar merosot karena pasar saham utama kawasan ini di Tokyo tutup karena libur Tahun Baru.

    Indeks S&P/ASx 200 Australia naik 0,4 persen pada awal perdagangan menjadi 8.193,90. Indeks Kospi Korea Selatan turun hampir 0,1 persen menjadi 2.397,54. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,3 persen menjadi 19.807,19, sementara Shanghai Composite turun 0,8 persen menjadi 3.325,56.

  • Saham Boeing Ambruk 32 Persen di 2024

    Saham Boeing Ambruk 32 Persen di 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Saham Boeing anjlok 32 persen sepanjang 2024. Pabrikan pesawat asal Amerika Serikat (AS) itu menjadi perusahaan yang paling merugi tahun 2024 dalam Indeks Dow Jones.

    Saham produsen pesawat itu ambrol 32 persen usai diterpa satu krisis ke krisis lainnya. Terakhir, soal kecelakaan armada Boeing milik maskapai Jeju Air asal Korea Selatan juga turut membuat sahamnya turun.

    Pada awal 2024, saham Boeing dibuka pada harga US$257,50 per lembar. Namun, ledakan panel kabin Alaska Airlines yang menggunakan Boeing 737 MAX pada 5 Januari 2024 menjadi hantaman berat pertama bagi Boeing tahun lalu.

    Ledakan panel kabin itu memicu penyelidikan dan penghentian sementara pesawat Boeing 737 Max yang populer itu.

    Badan Penerbangan Federal AS (FAA) pun membatasi produksi 737 sebanyak 38 armada per bulan dengan alasan demi keselamatan dan kualitas pesawat. Pembatasan produksi ini hingga kini belum dicabut. Imbasnya, saham Boeing jatuh ke US$211.

    Di tengah pembatasan produksi, Boeing juga diadang masalah rantai pasok, masalah kualitas hingga mogok kerja pegawai yang berlangsung 7 minggu. Sebagian besar produksi pesawat komersialnya, termasuk proyek 737, jadi terganggu.

    Berdasarkan laporan Reuters, Boeing juga terus membukukan kerugian besar dari unit komersial, militer, dan antariksanya sepanjang 2024.

    Pada Juli 2024, perusahaan mengumumkan kesepakatan pembelian perusahaan pemasok yang merugi, Spirit AeroSystems, senilai US$4,7 miliar. Namun, Spirit juga diganggu oleh masalah kualitas produksi.

    Sebulan kemudian, Kelly Ortberg bergabung dengan Boeing sebagai CEO, menggantikan Dave Calhoun.

    Namun pada awal September 2024, sekitar 33 ribu karyawan melakukan aksi mogok kerja. Perselisihan ini berlanjut hingga November. Saham Boeing pun mencapai titik terendah di US$137,07.

    Di penghujung tahun 2024, dua pesawat buatan Boeing jenis 737-800 mengalami kecelakaan. Pertama, pesawat Boeing KLM Airlines tergelincir keluar dari landasan pacu di Norwegia pada Sabtu (28/12/2024) akibat kerusakan hidrolik yang membuat pesawat mendarat darurat.

    Kedua, meledaknya Boeing 737-800 milik Jeju Air yang merenggut nyawa 179 orang di Korea Selatan pada Minggu pagi (29/12/2024).

    Selama mogok kerja pegawai, Bos Boeing Ortberg mengumumkan rencana PHK terhadap 10 persen pekerja. Janji Ortberg untuk memangkas biaya tenaga kerja dan memulai kembali produksi 737 pada awal Desember sempat membantu saham Boeing pulih ke US$177 pada Selasa (31/12/2024) atau hari terakhir perdagangan bursa.

    (pta/pta)

  • Buka 2025, Rupiah Langsung Longsor ke Rp16.206

    Buka 2025, Rupiah Langsung Longsor ke Rp16.206

    Jakarta, CNN Indonesia

    Nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp16.206 per dolar AS di perdagangan pasar spot perdana di 2025, Kamis (2/1). Mata uang Garuda jatuh 74 poin atau minus 0,46 persen.

    Sedangkan mata uang Asia lain mayoritas kokoh. Yuan China menguat 0,01 persen, dolar Singapura plus 0,18 persen, baht Thailand tumbuh 0,25 persen, peso Filipina naik 0,41 persen, dan won Korea Selatan melejit 0,67 persen.

    Pelemahan dialami rupee India yang merosot 0,05 persen, dolar Hong Kong minus 0,06 persen, ringgit Malaysia turun 0,11 persen, dan yen Jepang jatuh 0,15 persen.

    Di lain sisi, mata uang utama negara maju serempak menguat. Poundsterling Inggris naik 0,04 persen, euro Eropa tumbuh 0,2 persen, franc Swiss merangkak 0,03 persen, dolar Australia menguat 0,42 persen, dan dolar Kanada plus 0,10 persen.

    Analis Doo Financial Futures Lukman Leong menyebut rupiah akan melemah terhadap dolar AS.

    Pasalnya, indeks dolar AS mencapai rekor tertinggi dalam dua tahun menyusul kekhawatiran prospek pemangkasan suku bunga oleh The Fed dan kebijakan proteksionisme menjelang pemerintahan Donald Trump.

    “Investor menantikan data manufaktur China pagi ini dan data inflasi Indonesia siang nanti,” katanya kepada CNNIndonesia.com.

    Ia memperkirakan rupiah bergerak di kisaran Rp16.150 sampai Rp16.300 per dolar AS pada hari ini.

    (skt/pta)

  • TRANSFER Persib Memanas:Pemain Asing Ini Tak Dapat Tempat, Ada Misi Penyelamatan Tim Rawan Degradasi

    TRANSFER Persib Memanas:Pemain Asing Ini Tak Dapat Tempat, Ada Misi Penyelamatan Tim Rawan Degradasi

    TRIBUNJAKARTA.COM – Transfer keluar pemain tim Persib Bandung mulai memanas, kini ada sat pemain asingnya yang bakal dibuang dan tak mendapatkan tempat lagi di tim utama di Liga 1.

    Satu pemain asing ini sudah diberikan kesempatan tampil bersama Persib Bandung di Liga 1 putaran pertama.

    Namun kontribusinya masih kurang dan dianggap tidak optimal bersama tim Pangeran Biru.

    Akhirnya di jendela transfer putaran pertama Persib Bandung memutuskan melepas pemain berikut ini.

    Sosok pemain yang dimaksud adalah Mailson Lima Duarte Lopes.

    Persib Bandung berani membuat keputusan besar dengan meminjamkan Mailson Lima pada bursa transfer tengah musim Liga 1 2024-2025. 

    Ada dua kandidat utama tim yang berniat memboyong Mailson Lima.

    Sporting Director PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Adhitia Putra Herawan, mengatakan, dua tim yang berpeluang memakai jasa pemain  asal Tanjung Verde berusia 30 tahun itu adalah Sriwijaya FC (Liga 2) dan PSS Sleman (Liga 1).

    Nasib kurang baik dialami Pratama Arhan yang harus terbuang dari klub asal K-1 League (Korea Selatan) Suwon FC. Tapi nasib satu rekannya lebih ngenes dan kurang dilirik pelatih Suwon FC.

    Adhit menyebut dua klub tersebut sudah ada komunikasi dengan tim Persib Bandung.

    “Jadi, Mailson Lima ada opsi dilepas ke Sriwijaya FC atau PSS Sleman,” ujar Adhitia Putra Herawan, dikutip dari Tribun Jabar, Kamis (2/1/2025).

    Adhitia mengatakan, sampai saat ini statusnya belum deal.

    Proses negosiasi masih berjalan dan berjalan alot.

    Penyerang Persib Bandung, Mailson Lima, mencoba menguasai bola saat ditekan bek Persebaya Surabaya, Slavko Damjanovic. (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

    Keputusan belum final kemana tujuan dari Mailson Lima di putaran kedua.

    “Masih proses negosiasi dengan kedua belah klub serta Mailson Lima-nya sendiri,” kata dia.

    Dia belum bisa memastikan apakah Mailson Lima akan dilepas kepada Sriwijaya atau PSS Sleman.

    “Yang pasti Mailson akan dilepas,” ucapnya.

    Selain melepas Mailson Lima, kata dia, Persib memang akan akan meminjamkan empat pemain ke Sriwijaya FC.

    Hal ini sekaligus dengan adanya misi penyelamatan agar Sriwijaya FC tidak turun ke kasta bawah.

    “Yaitu, tiga dari pemain Maung Anom dan satu pemain dari Akademi Persib,” ucapnya.

    Mengenai Mailson akan ke Sriwijaya FC diungkap CEO PT Digi Sport, Anggoro Prajesta. Dia mengatakan, memang akan mendapat support lima pemain dari Persib.

    “Iya, salah satunya Mailson Lima. Kita masih melakukan perekrutan untuk perpindahannya ke Palembang,” ungkap Anggoro.

    Dia mengatakan, peminjaman Mailson dilatarbelakangi kedekatan antara Owner dan CEO Digi Sport dengan PT Persib Bandung Bermartabat.

    Anggoro menegaskan, Mailson lima datang ke Sriwijaya FC dengan status pinjaman, bukan dibeli dari Persib Bandung.

    Pemain Persib Bandung, Mailson Lima, mengunggah foto-foto dirinya ketika mengenakan jersey baru. (Instagram @mailson.ldl)

    “Saya dan Pak Alex dekat dengan owner Persib, Pak Glenn (Sugita), bukan karena kita banyak uang, tetapi faktor kedekatan hingga kita bisa meminjam Mailson Lima. Nanti saya khawatirnya orang bilang beli pemain asing bisa, bayar gaji tidak bisa,” katanya.

    Dengan kondisi di Sriwijaya FC saat ini, Persib Bandung bersedia meminjamkan pemainnya.

    “Owner Persib Bandung, Glenn Timothy Sugita, juga tidak mau jika Elang Andalas jatuh ke Liga 3. Bahkan ia sendiri memberikan perintah kepada klub Persib Bandung untuk membantu Sriwijaya FC,” katanya.

    Anggoro juga menceritakan, dari empat pemain lokal yang dipinjamkan, tiga di antaranya ialah pemain muda. Satu lainnya pemain senior.

    Namun, Anggoro masih enggan menyebutkan nama keempat pemain itu.

    “Tiga pemain junior walaupun tidak turun, mereka didaftarkan untuk berlaga di Liga 1 oleh Persib Bandung. Kalau menurut saya sangat mumpunilah untuk bermain di Liga 2. Satu lagi pemain seniornya di Persib Bandung,” katanya.

    Sriwijaya FC saat ini berada di posisi delapan klasemen sementara Grup 1.

    Mereka menang dua kali, lima kali imbang, dan tujuh kali kalah dari 14 laga uang telah dijalani. Poinnya 11.

    Profil Mailson Lima Duarte Lopes

    Pemain baru PERSIB Bandung, Mailson Lima menjalani sesi latihan pertama bersama PERSIB di SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung. (PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana)

    Nama lengkap : Mailson Lima Duarte Lopes

    Tanggal lahir : 29 Mei 1994 (umur 30)

    Tempat lahir : The Hague, Netherlands

    Tinggi : 178 cm

    Posisi bermain : Winger

    Karier junior

    –2011 Haaglandia

    2011–2013 ADO Den Haag

    2013–2015 Dordrecht

    Karier senior

    2016–2017 Fortuna Sittard

    2017–2018 Dordrecht

    2018 Viitorul Constanța

    2019–2021 Ararat-Armenia

    2021 Dibba Al-Hisn
     
    2021–2023 Ararat-Armenia

    2023 Aksu

    2024 Persib Bandung

    Tim nasional

    2018– Cape Verde

    (TribunJakarta/TribunJabar)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Oppo-Xiaomi Minggir Dulu, Raja HP Dunia Makin Berkuasa

    Oppo-Xiaomi Minggir Dulu, Raja HP Dunia Makin Berkuasa

    Jakarta, CNBC Indonesia – Samsung menjadi raja smartphone global sepanjang kuartal ketiga 2024. Produsen asal Korea Selatan ini menggeser Apple hingga Xiaomi dengan penjualan Seri A dan Galaxy S24 yang laris manis.

    Keduanya menjadi salah satu kontributor utama pencapaian tersebut.

    “Samsung memimpin pasar dengan pangsa 19%, karena permintaan seri A yang terus menerus dan kinerja seri S24 yang lebih baik. Namun sambutan HP lipat Samsung biasa saja,” jelas Direktur Riset Counterpoint, Tarun Pathak dikutip dari laman resmi Counterpoint, dikutip Selasa (31/12/2024).

    Sementara itu, Apple berada di perangkat kedua dalam daftar tersebut. Pangsa pasar produsen iPhone mencapai 16%.

    Menurut Counterpoint, capaian Apple didorong karena peluncuran iPhone 16 pada September lalu. Meski begitu, penjualannya memang masih tercatat datar.

    “Meski penjualan iPhone 16 awalnya datar, kami memperkirakan permintaan seri iPhone 16 tetap stabil karena basis pengguna iPhone yang terbesar,” jelasnya.

    Sementara itu, Xiaomi berada di peringkat ketiga. Oppo dan Vivo menduduki posisi keempat dan kelima daftar Counterpoint.

    Counterpoint juga mencatat penjualan smartphone tumbuh 2% year-on-year pada periode yang sama. Ini jadi pertumbuhan pertama dalam periode yang sama sejak 2018.

    Laporan tersebut menyatakan pemulihan pasar telah berlangsung. Sebab pertumbuhan kali ini juga tercatat sebagai yang keempat kalinya secara berturut-turut, meskipun memang mengalami perlambatan dari kuartal sebelumnya.

    Sebagian pasar telah pulih dengan mencatat pertumbuhan tahunan dua digit. Pasar tersebut dipimpin Eropa, Amerika Latin dan Jepang.

    “Semua OEM smartphone diuntungkan dari pasar yang mulai pulih tahun 2024 dan 10 merek teratas telah mengkonsolidasikan pangsa pasar,” tutur Pathak.

    5 HP terlaris 2024

    Berikut peringkat lima besar market share global kuartal III-2024:

    Samsung 19%
    Apple 16%
    Xiaomi 14%
    Oppo 9%
    Vivo 9%

    (dem/dem)

  • Posisi Kursi Ini Disebut Paling Aman di Pesawat – Page 3

    Posisi Kursi Ini Disebut Paling Aman di Pesawat – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah kecelakaan pesawat pada akhir 2024 telah menjadi perhatian. Terbaru, pesawat milik maskapai Jeju Air dilaporkan tergelincir dan keluar dari landasan pacu di Bandara Internasional Muan, Korea Selatan pada Minggu, 29 Desember 2024.

    Sekitar 179 korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Meski demikian, pesawat udara tergolong aman dibandingkan dengan bentuk transportasi lainnya. Keamanan ini tercermin dari minimnya insiden kecelakaan yang melibatkan pesawat udara setiap tahun.

    Bahkan, sejumlah studi mengungkap letak kursi yang paling aman saat menggunakan pesawat udara untuk berpergian. Berikut daftarnya: 

    Mengutip dari laman Forbes, ditulis Kamis (2/1/2025), sebuah studi Time yang dilakukan oleh Basis Data Kecelakaan Pesawat CSRTG Administrasi Penerbangan Federal di Amerika Serikat (AS) menganalisis data dari kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa dan korban selamat dari 1985 hingga 2000. 

    Hasilnya sepakat bagian kursi penumpang di belakang pesawat tampak lebih aman karena memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dari kecelakaan. 

    “Bertahan hidup dan juga bermanfaat untuk berada di kursi tengah,” tulis Forbes menambahkan hasil penelitian tersebut.

    Hasil penelitian lainnya, ketika Dewan Keselamatan Transportasi Nasional di AS menyelidiki 20 kecelakaan sejak 1971 (dengan korban jiwa dan korban selamat), ditemukan mereka yang duduk di belakang pesawat memiliki peluang 69 persen untuk tetap hidup. 

    Sedangkan, penumpang yang duduk di depan pesawat hanya memiliki peluang bertahan hidup sebesar 49 persen. Sedangkan, penumpang yang ditempatkan di sekitar sayap pesawat memiliki peluang hidup 59 persen.

    Meskipun secara statistik lebih besar kemungkinan penumpang pesawat untuk selamat jika duduk di kursi tengah dan di bagian belakang pesawat, hal ini jelas bergantung pada jenis kecelakaan yang terjadi dan di mana pesawat terkena dampak paling parah.

    Sebagai contoh, pada kecelakaan United Flight 232 pada 1989 di Sioux City, Iowa, 184 orang (dari 269) selamat karena duduk jauh di depan pesawat. 

    Namun, ingatlah, bahwa perjalanan udara dengan pesawat sangatlah aman. Mengingat, terdapat tenaga pilot terlatih yang  akan menemukan tempat aman untuk mendarat dalam kondisi darurat.

     

    Reporter: Sulaeman

    Sumber: Merdeka.com

  • Perekam Suara Kokpit Pesawat Jeju Air Berhasil Diekstraksi, FDR Masih Dalam Proses – Halaman all

    Perekam Suara Kokpit Pesawat Jeju Air Berhasil Diekstraksi, FDR Masih Dalam Proses – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Korea Selatan telah mengekstraksi data awal dari kotak hitam pesawat Jeju Air dengan nomor penerbangan 7C2216 yang jatuh di Bandara Muan pada Minggu (29/12/2024).

    “Ekstraksi awal Perekam Suara Kokpit (CVR) telah selesai,” kata Wakil Menteri Penerbangan Sipil, Joo Jong-wan, Rabu (1/1/2025).

    “Hari ini, kami memulai proses konversi ke format file audio,” lanjutnya.

    “Kami berencana menyelesaikan pekerjaan ekstraksi audio sesegera mungkin,” tambahnya, seperti diberitakan surat kabar Hankyoreh.

    Data kotak hitam pertama CVR telah diekstraksi, sementara kotak hitam kedua Perekam Data Penerbangan (FDR) masih belum diekstraksi.

    Ia mencatat para ahli masih mencoba mengekstrak data dari kotak hitam kedua.

    Setelah analisis selesai, diharapkan dapat mengungkap pembicaraan rinci tentang proses pengembalian dan proses pendaratan badan pesawat.

    Data di FDR yang ditemukan dalam keadaan rusak, dipastikan masih utuh.

    Saat ini, ekstraksi data tidak dilakukan pada perangkat ini karena perangkat yang menghubungkannya ke perangkat ekstraksi data telah hilang.

    Ada kekhawatiran bahwa data itu sendiri telah rusak, namun Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi menegaskan hal tersebut tidak terjadi.

    “Karena konektor (perangkat penghubung) ditemukan hilang, kami sedang melakukan pemeriksaan akhir tentang cara mengekstrak datanya,” kata Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi.

    “Jika konektornya terlepas, diperlukan teknologi canggih untuk menyambungkannya kembali,” tambahnya.

    Kondisi Korban Selamat Alami Amnesia Traumatis

    Satu dari hanya dua orang yang selamat dari kecelakaan pesawat Jeju Air pada Minggu (29/12/2024) tampaknya mengalami amnesia traumatis.

    Dia tidak mengingat insiden kecelakaan mematikan tersebut.

    Ketika dokter di Rumah Sakit Mokpo Hankook bertanya tentang kondisinya, pramugari tersebut dilaporkan menjawab dengan kebingungan: “Apa yang terjadi? Bagaimana saya bisa ada di sini?”.

    Ia mengatakan kepada dokter bahwa hal terakhir yang ia ingat adalah mengenakan sabuk pengaman sebelum mendarat, karena ia mengira pesawat akan segera mendarat.

    Korban selamat itu mengaku tidak ingat apa pun setelah itu, Straits Times melaporkan.

    Seorang pramugari lainnya, yang juga selamat dan dirawat di rumah sakit yang sama, mengalami kondisi yang serupa.

    Pesan Terakhir

    Sebelum kecelakaan, seorang penumpang sempat mengirim pesan teks kepada keluarganya, mengabarkan bahwa pesawat tidak bisa mendarat karena ada burung yang tersangkut di sayapnya.

    Ini adalah salah satu pesan terakhir yang diketahui dikirimkan oleh penumpang tersebut kepada kerabatnya.

    “Seekor burung tersangkut di sayap pesawat, dan kami tidak bisa mendarat. Baru saja. Haruskah saya meninggalkan pesan terakhir saya?” kata penumpang tersebut dalam pesan teks kepada kerabat.

    Kerabat tersebut mengungkapkan bahwa setelah itu, penumpang tersebut tidak dapat dihubungi lagi.

    Para saksi mata kecelakaan melaporkan melihat api di mesin pesawat dan mendengar beberapa ledakan sebelum bencana, menurut kantor berita Yonhap.

    Dalam video yang ditayangkan oleh stasiun TV lokal, pesawat terlihat mencoba mendarat tanpa memasang roda pendaratannya.

    Seorang saksi yang hanya dikenal sebagai Tn. Cho, melihat pesawat itu turun saat ia sedang berjalan sekitar 4,5 km dari bandara.

    “Saya melihat pesawat itu turun dan mengira akan mendarat ketika saya melihat kilatan cahaya,” katanya, seperti dikutip Yonhap.

    “Lalu terdengar ledakan keras diikuti asap di udara, dan kemudian saya mendengar serangkaian ledakan.”

    lihat foto
    Personel forensik polisi dan pejabat Biro Investigasi Nasional bekerja di lokasi kejadian pesawat Boeing 737-800 Jeju Air jatuh dan terbakar di Bandara Internasional Muan di Muan, sekitar 288 kilometer barat daya Seoul pada 31 Desember 2024. – Boeing 737 -800 membawa 181 orang dari Thailand ke Korea Selatan ketika pesawat tersebut jatuh pada saat kedatangan pada tanggal 29 Desember, menewaskan semua orang di dalamnya — kecuali dua pramugari yang ditarik dari kecelakaan tersebut. puing-puing bencana penerbangan terburuk di tanah Korea Selatan. (Photo by YONHAP / AFP)

    Saksi lain, Kim Yong-cheol yang berusia 70 tahun, mengatakan pesawat itu gagal mendarat pada percobaan pertama. Kemudian, pesawat itu berputar balik untuk mencoba lagi sebelum jatuh.

    Tuan Kim mengingat mendengar suara “gesekan logam” dua kali sekitar lima menit sebelum kecelakaan, demikian laporan Yonhap.

    Ia juga mengaku mendengar “ledakan keras”dan melihat “asap hitam mengepul ke langit”.

    Menurut Yonhap, para pejabat meyakini bahwa kegagalan roda pendaratan, yang mungkin disebabkan oleh tabrakan burung, dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan tersebut.

    Apa Itu Bird Strike?

    Bird strike atau tabrakan burung adalah kejadian ketika pesawat yang sedang terbang bertabrakan dengan seekor burung.

    Tabrakan ini cukup umum terjadi di seluruh dunia.

    Di Inggris, misalnya, pada tahun 2022, lebih dari 1.400 kejadian tabrakan burung dilaporkan, meskipun hanya sekitar 100 di antaranya yang memengaruhi pesawat, menurut data dari Otoritas Penerbangan Sipil Inggris.

    Salah satu tabrakan burung yang paling parah terjadi pada tahun 2009, ketika pesawat Airbus yang terbang dari New York melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson setelah bertabrakan dengan sekawanan angsa.

    Meskipun pesawat mengalami kerusakan, seluruh 155 penumpang dan awak selamat, seperti dilaporkan BBC.

    Pesawat-pesawat modern, seperti Boeing, Airbus, dan Embraer, dilengkapi dengan mesin turbofan, yang rentan terhadap kerusakan serius akibat tabrakan dengan burung.

    Profesor Doug Drury, seorang pengajar penerbangan di CQUniversity Australia, menjelaskan bahwa burung biasanya dapat merusak mesin pesawat jika mengenai bagian mesin atau sayap.

    Pilot pesawat dilatih untuk lebih waspada terhadap tabrakan burung, terutama pada waktu-waktu tertentu, seperti pagi hari atau saat matahari terbenam, ketika burung lebih aktif.

    Namun, beberapa pakar penerbangan meragukan apakah tabrakan burung dapat menyebabkan kecelakaan parah, terutama di Bandara Muan.

    “Biasanya, tabrakan dengan burung tidak menyebabkan hilangnya pesawat,” kata Thomas, seorang ahli keselamatan penerbangan, kepada Reuters.

    Sementara itu, Geoffrey Dell, seorang pakar keselamatan penerbangan asal Australia, menambahkan, “Saya belum pernah mendengar adanya tabrakan burung yang menghalangi roda pendaratan untuk dikeluarkan.”

    Kondisi Pesawat

    Pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tersebut adalah Boeing 737-800, yang diproduksi pada September 2009.

    Pesawat tersebut sering digunakan untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah.

    Pesawat ini berusia 15 tahun.

    Antara 27 dan 28 Desember 2024, pesawat ini melaksanakan 13 penerbangan dalam 48 jam sebelum akhirnya jatuh.

    Pesawat tersebut merupakan bagian dari armada Jeju Air yang paling umum digunakan, dengan 37 dari 39 pesawat maskapai ini menggunakan model Boeing 737-800.

    Meskipun tidak dianggap tua oleh otoritas penerbangan Korea Selatan, para analis menyatakan bahwa penerbangan jarak pendek yang sering dapat mempercepat kelelahan pesawat.

    Jeju Air memastikan, pesawat tersebut telah menjalani pemeriksaan terjadwal dan tidak ada kelalaian dalam perawatannya.

    “Kecelakaan ini tidak terkait dengan kelalaian perawatan pesawat,” kata Song Kyung-hoon, Kepala Divisi Dukungan Manajemen Jeju Air, dalam konferensi pers.

    Meskipun demikian, penyelidikan lebih lanjut masih terus dilakukan.

    Jeju Air adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di Korea Selatan, yang didirikan pada 2005, dikutip dari Chosun Daily.

    Maskapai ini berkantor pusat di Kota Jeju dan merupakan pemimpin pasar di antara maskapai penerbangan berbiaya rendah di Korea.

    Pada 2023, Jeju Air mencatatkan penjualan sebesar 1,724 triliun won dan laba operasi sebesar 169,8 miliar won.

    (Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)