Negara: Korea Selatan

  • Newtopia yang Dibintangi Jisoo Blackpink dan Park Jeong-min Raih Sukses Besar di Pasar Internasional

    Newtopia yang Dibintangi Jisoo Blackpink dan Park Jeong-min Raih Sukses Besar di Pasar Internasional

    Jakarta, Beritasatu.com – Drama Korea Selatan bertemakan zombi atau zombie, Newtopia yang dibintangi oleh Jisoo dan Park Jeong-min berhasil meraih pencapaian luar biasa di pasar internasional. Meskipun sebelumnya beberapa netizen justru memberikan kritik terhadap akting Jisoo.

    Drama bergenre romansa komedi dengan tema zombi atau zombie ini mendapatkan respons yang sangat positif dari penonton luar negeri. Newtopia hanya terdiri dari 8 episode, tetapi berhasil mencuri perhatian banyak penonton.

    Dikutip dari Sports Chosun Jumat (14/2/2025), drama Newtopia yang tayang di platform Coupang Play ini resmi dirilis di lebih dari 240 negara pada 7 Februari 2025.

    Dari sekitar 100 ulasan yang ada di situs ulasan internasional IMDb, sebanyak 90 ulasan memberikan nilai sempurna, yakni 10. 

    Jisoo Blackpink dan Lee Hak-joo dalam drama Newtopia – (Istimewa/Istimewa)

    Selain itu, situs Rotten Tomatoes juga memberikan pujian tinggi terhadap drama ini, menyebut Newtopia sebagai drama zombie terbaik tahun ini, bahkan terbaik sepanjang masa. 

    Tak hanya itu, mereka juga memuji kolaborasi antara unsur komedi dan zombi atau zombie yang terasa segar dan menghibur. 

    Salah satu netizen mengungkapkan, “kombinasi antara komedi dan zombie ini sangat menyegarkan dan menyenangkan”. Sedangkan netizen lainnya menilai, “ini adalah drama zombie terbaik sepanjang sejarah dan juga yang terbaik tahun ini”.

    Sebagai bukti menjadi drama yang populer pada awal 2025 ini, Newtopia yang melibatkan personel grup idola K-Pop Blackpink, Jisoo itu mencatatkan prestasi mengesankan di Prime Video. 

    Sementara itu, berdasarkan data dari FlixPatrol, serial ini berhasil menduduki posisi pertama di enam negara, termasuk Indonesia, Taiwan, Filipina, dan Thailand.

    Drama ini juga masuk dalam Top 5 di 39 negara, di antaranya Singapura, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Hong Kong, Mongolia, Meksiko, Peru, dan Mesir.

    Jisoo Blackpink dalam drama Newtopia – (Istimewa/Istimewa)

    Newtopia mengisahkan perjalanan Jae Yun (Park Jeong-min), seorang pria berusia 26 tahun yang sedang menjalani wajib militer di industri pertahanan. Hidup Jae-yun berubah total ketika wabah zombie mulai menyerang Seoul, Korea Selatan.

    Di sisi lain, mantan kekasih Jae-yun, Kang Young-joo (Kim Ji-soo atau Jisoo Blackpink) merupakan seorang pegawai baru di sebuah perusahaan dan dikenal sebagai “dewi jurusan teknik” di kampusnya. 

    Setelah berpisah, keduanya harus menghadapi berbagai rintangan saat dunia mereka terguncang oleh wabah zombie. Young-joo, meskipun dalam kesulitan, berusaha keras mencari Jae-yun demi bertahan hidup. 

    Namun, kehadiran Newtopia pun menjadi tantangan dalam perjalanan karier Jisoo Blackpink yang membuktikan, dirinya tidak hanya populer dan jago di dunia musik saja, tetapi Jisoo juga memperlihatkan bahwa dirinya mampu berakting dalam dunia seni peran.

  • UMKM Berkontribusi 60 Persen ke PDB Nasional, Serap 97 Persen Tenaga Kerja – Halaman all

    UMKM Berkontribusi 60 Persen ke PDB Nasional, Serap 97 Persen Tenaga Kerja – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mencatat kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 60 persen lebih dan menyerap hampir 97 persen tenaga kerja.

    Kemudian, kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional Indonesia mencapai sekitar 15,7 persen dari total ekspor dan pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor sekitar 9?lam lima tahun mendatang. 

    Menyikapi hal itu, PT Bank Negara Indonesia (BNI) mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan skala bisnisnya dan membuka lapangan kerja melalui program Xpora.

    Salah satu UKM yang berhasil dipertemukan dengan pembeli di luar negeri lewat program BNI Xpora yakni keripik pisang Bananania di Yogyakarta.

    Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, pendampingan BNI kepada pelaku UKM melalui Xpora dilakukan melalui berbagai aktivitas pelatihan, baik secara langsung maupun daring di sejumlah daerah di Indonesia. 

    “BNI terus berupaya menjalankan peran sebagai Agent of Development dan mendukung UMKM naik kelas, membuka lapangan kerja hingga bisa memperluas jaringan dan menembus pasar global,” kata Okki dikutip Jumat (14/2/2025).

    Ia menyebut, Bananania saat ini mempekerjakan 10 orang pegawai tetap dan banyak pekerja harian lainnya.

    Saat ini produk-produk Bananania sudah diekspor ke berbagai negara mulai dari Mesir, Australia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan hingga Kanada.

    Produk-produk Bananania pertama kali diajak BNI Xpora untuk ikut dalam pameran produk ke Hong Kong pada tahun 2022.

    Pada Oktober 2024, Bananania mendapatkan business matching hingga menandatangi perjanjian dengan buyer dari Kanada.

  • Prestasi Pertamina di Asia Pasifik versi Majalah TIME

    Prestasi Pertamina di Asia Pasifik versi Majalah TIME

    Gedung Pertamina. Foto: dok BUMN,Info

    Pertamina Peringkat ke-32 Daftar 500 Perusahaan Terbaik di Asia Pasifik versi Majalah TIME, Tertinggi di Indonesia

    Prestasi Pertamina di Asia Pasifik versi Majalah TIME
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Kamis, 13 Februari 2025 – 21:13 WIB

    Elshinta.com – PT Pertamina (Persero) menjadi perusahaan Indonesia yang menempati peringkat tertinggi dalam daftar 500 perusahaan terbaik di Asia Pasifik versi Majalah TIME dan Statista 2025. Pertamina kokoh sebagai perusahaan terbaik di Asia Pasifik pada peringkat ke-32 dengan skor 93,00.

    Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan pemeringkatan perusahaan didasarkan pada tiga aspek utama yakni pertumbuhan pendapatan perusahaan, survei kepuasan karyawan, serta implementasi environmental, social, and governance (ESG) di perusahaan.

    “Pasca restrukturisasi organisasi, Pertamina terus mencatatkan peningkatan pendapatan dan laba perusahaan yang memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara,” ujar Fadjar dalam keterangannya, Kamis (13/2/2025).

     

    Kinerja positif Pertamina, imbuh Fadjar, didorong oleh inovasi dan kerja keras seluruh Perwira Pertamina di seluruh Indonesia yang berkorelasi dengan tingkat kepuasan karyawan terhadap capaian dan pengelolaan Perusahaan.

    “Perwira, atau karyawan Pertamina adalah aset dan penggerak Pertamina, sehingga kami terus mengembangkan kompetensi dan kapabilitas Perwira untuk mencapai kinerja positif serta mendukung target swasembada energi nasional,” imbuh Fadjar.

    Sebagai BUMN, lanjut Fadjar, Pertamina konsisten mengimplementasikan environmental, social, and governance (ESG) di seluruh lini bisnis. “Implementasi ESG merupakan komitmen Pertamina mewujudkan visinya sebagai perusahaan energi kelas dunia yang ramah lingkungan dan memiliki tata kelola yang baik,” tandas Fadjar.

    Pertamina meraih skor 93,00 terbukti kompetitif karena terdapat 10 perusahaan terbaik di Asia Pasifik yang memiliki skor di kisaran 93 yang berada di peringkat 22 hingga 31. Peringkat 22 ditempati perusahaan CSL asal Australia (skor 93,91), SBI Holding asal Jepang (93,83), BYD Company asal China (93,32) dan SK Group asal Korea Selatan (93,10). Sementara, posisi tertinggi ditempati oleh DBS Bank (Singapura) dengan skor 97,36.

    Peringkat Pertamina juga berada di atas perusahaan besar lainnya di Asia Pasifik seperti Marubeni Corporation asal Jepang di peringkat 35, Singapore Airlines (36), Korea Gas Corporation (37) dan Mazda Motor Corporation asal Jepang (40).      

    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target net zero emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

    Penulis: Nak/Ter

    Sumber : Radio Elshinta

  • Game Ragnarok Classic Kedatangan Fitur War of Emperium, Apa Itu? – Page 3

    Game Ragnarok Classic Kedatangan Fitur War of Emperium, Apa Itu? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Penerbit game asal Korea Selatan, Gravity Game Link, kembali menghadirkan fitur ikonik dalam game Ragnarok Classic, yaitu War of Emperium (WoE).

    Fitur anyar ini memungkinkan pemain untuk membentuk guild dan bertempur memperebutkan kastil serta kekuasaan di dunia fantasi Rune-Midgard.

    War of Emperium bukan hanya sekadar pertempuran, tetapi juga ajang bagi para pemimpin guild untuk menunjukkan strategi dan kekompakan tim.

    Pemenang dalam kompetisi ini berhak atas hadiah total senilai Rp 40 juta, menjadikannya acara yang paling ditunggu oleh komunitas Ragnarok di Indonesia.

    “Kami dengan bangga merilis fitur War of Emperium di Ragnarok Classic, sebuah fitur yang selalu menjadi favorit di hati para pemain Ragnarök,” kata Harry Choi, Co-President Gravity Game Link, melalui keterangannya, Jumat (14/2/2025).

    Mewakili Gravity Game Link, ia mangajak gamers di Indonesia untuk kembali bernostagia di game Ragnarok Classic dengan mencoba fitur War of Emperium.

    “Kami mengajak semua pemain untuk merasakan kembali nostalgia pertempuran Guild yang penuh aksi dan strategi,” Harry Choi memungkaskan.

     

  • DKI kemarin, JPO kolong Kalibata dan temuan ikan predator di Jaktim

    DKI kemarin, JPO kolong Kalibata dan temuan ikan predator di Jaktim

    Jakarta (ANTARA) – Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta pada Kamis (13/2) antara lain JPO Kolong Jalan Layang Kalibata yang dipertimbangkan untuk dibuka kembali, kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Korea Selatan lewat festival buah hingga temuan ikan predator di Pasar Kramat Jati.

    Berikut rangkumannya:

    1. DKI kaji buka lagi JPO Kolong Jalan Layang Kalibata

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengkaji untuk membuka kembali atau tidak, akses jalan jembatan penyeberangan orang (JPO) di kolong Jalan Layang Kalibata, Rawajati, Jakarta Selatan.

    “Nanti kami akan berkoordinasi dulu ya dengan Wali Kota (Jakarta Selatan), dengan pengamanan di situ, juga dengan Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan serta Satpol PP. Kami cek-cek,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi di Jakarta Timur, Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    2. DKI buka kerja sama dengan Korsel melalui festival stroberi

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kerja sama ekonomi dengan Pemerintah Kota Nonsan, Provinsi Chungcheong Selatan, Korea Selatan melalui penyelenggaraan “Nonsan Strawberry Festival 2025” di salah satu mal kawasan Jakarta Selatan sejak Kamis (13/2) hingga Minggu (16/2).

    “Jakarta menjadi salah satu kota yang dipilih untuk pelaksanaan ‘Nonsan Strawberry Festival’. Kami juga diundang untuk bisa menjadi salah satu peserta (festival buah di Nonsan) pada akhir Maret 2025,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi di Balaikota Jakarta, Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    3. Pekerja perahu eretan di Pesanggrahan dapat penghasilan Rp50 ribu/hari

    Jakarta (ANTARA) – Pekerja perahu eretan di Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Hermawan (29) mengaku mendapatkan penghasilan sebesar Rp50 ribu per harinya untuk menyeberangkan penumpang yang didominasi siswa sekolah.

    “Iya, sebesar Rp100 ribu perkiraan untuk berdua. Apalagi, kalau hari Sabtu, Minggu, kan pada libur tuh. Kita pernah dapat Rp50 ribu hanya untuk makan,” kata Hermawan di Jakarta, Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    Penjabat Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi (tengah) bersama Wali Kota Nonsan, Chungcheong Selatan, Korea Selatan, Baek Sung-hyeon (kanan); dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali memperlihatkan produk buah Stroberi Nonsan di Balaikota Jakarta, Kamis (13/2/2025). Pertemuan itu dalam rangka digelarnya “Nonsan Strawberry Festival” di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 13 Februari-16 Februari 2025. ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/aa.

    4. Dishub DKI rekayasa lalin di Jakbar karena adanya proyek JSDP

    Jakarta (ANTARA) – Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta Barat menyusul adanya proyek Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona-1 Paket 5 (Area 2-1) dari Dinas Sumber Daya Air (SDA).

    “Sehubungan dengan evaluasi pekerjaan, terjadi sejumlah perubahan titik lokasi pekerjaan yang sudah berjalan. Sehingga, adanya rekayasa jalan,” kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Hendry Sampurna di Jakarta, Kamis.

    Baca selengkapnya di sini

    5. Petugas temukan 63 ikan predator di Kramat Jati Jaktim

    Jakarta (ANTARA) – Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta menemukan 63 ikan predator di Showroom Predator Batu Ampar, Jalan Pos Inerbang Nomor 15 RT 10/RW 3, Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Kamis.

    Ikan predator tersebut ditemukan saat petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pedagang ikan predator di kawasan tersebut.

    Baca selengkapnya di sini

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pentingnya Melek Kekayaan Intelektual: Daftarkan, Sebelum Anda Menyesal

    Pentingnya Melek Kekayaan Intelektual: Daftarkan, Sebelum Anda Menyesal

    PIKIRAN RAKYAT – Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum (Kemenkum), Ir. Razilu mengingatkan masyarakat Indonesia terkait pentingnya mendaftarkan kekayaan intelektual (KI). Sebab, sampai saat ini jumlah pendaftar Kekayaan Intelektual masih sangat sedikit bila dibandingkan dengan total pelaku ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

    Apalagi, kekayaan intelektual tidak bisa dilepaskan dari seluruh aspek kehidupan sehari-hari. Sayangnya, di era saat ini, masih belum banyak perhatian yang diberikan masyarakat, khususnya media, terkait pentingnya Kekayaan Intelektual tersebut.

    “Padahal, dari tidur sampai tidur lagi kita bersinggungan dengan kekayaan intelektual. Tidak ada dalam aktivitas keseharian kita yang tidak melibatkan kekayaan intelektual,” ucap Razilu saat Media Visit di Aula Pikiran Rakyat, Kamis 13 Februari 2025.

    Dia pun menyinggung, bagaimana hampir semua negara maju di dunia sudah sangat sadar terhadap pentingnya Kekayaan Intelektual. Sebab, kekayaan intelektual berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di setiap negara.

    “Sementara di Indonesia itu masih relatif belum aware, sadar, dengan Kekayaan Intelektual. Mari kita lihat statistiknya, secara keseluruhan kalau mau dikalkulasi itu permohonan yang kami terima kurang lebih 300 ribuan. Kalau ditambah antara hak cipta, desain, paten, dan merek itu di atas 354.000,” tutur Razilu.

    “Padahal, jumlah penduduk produktif Indonesia yang dikatakan kreatif itu 100 jutaan lebih. Jadi cuma berapa persen jumlah manusia kreatif Indonesia dibandingkan dengan jumlah permohonan KI itu? Ya Allah sedikit sekali,” ujarnya menambahkan.

    Razilu menuturkan, secara presentase, hanya ada sekitar 1.000 orang yang mengajukan permohonan Kekayaan Intelektual dari 1 juta penduduk. Sedangkan di Korea Selatan, untuk satu bidang hak paten, 1 juta penduduknya bisa memiliki hingga 6.000-an.

    “Kita hanya 1 persen. Ya, 1.000 dari 1 juta hanya 1 persen. Itu masih relatif sedikit sekali,” ucapnya.

    Pentingnya Edukasi KI

    Razilu menekankan pentingnya melakukan sosialisasi, edukasi, hingga kampanye terkait Kekayaan Intelektual kepada masyarakat. Sebab, meski DJKI sudah banyak melakukan kegiatan tersebut, masih belum berhasil menyadarkan masyarakat.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan kerja sama dengan media dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, salah satunya Pikiran Rakyat.

    “Jadi, memang kita harus bekerja bersama-sama untuk membangun intelektual. Kalau kita mengandalkan cara biasa-biasa, tidak melibatkan media, kita pasti akan terus ketinggalan,” kata Razilu.

    ” Itu tadi, jumlah permohonan dalam satu tahun, kita terima hanya 300 ribuan. Padahal, penduduk kratif Indonesia, UMK saja kita ada 64 juta. tu yang punya merek baru 11 persen,” ucapnya menambahkan.

    Artinya, masih ada 89 persen UMKM yang belum mendaftarkan merek mereka ke DJKI. Padahal, tidak mungkin mereka berbisnis tanpa memiliki merek.

    “Mereka masih belum sadar juga ini, kalau manusia kayak tanpa nama. Nah, itu perlu pada edukasi, kampanye, diseminasi, sosialisasi, melibatkan seluruh pihak. Termasuk pihak yang paling dominan itu adalah media,” tutur Razilu.

    “Dan kita tidak perlu terlalu rumit-rumit membahasakan kampanye ini. Sederhananya kita bilang ‘Sebelum Anda menyesal atau sebelum karya Anda dicuri, daftarkan’. Karena di balik ke kekayaan intelektual itu adalah nilai aset yang berharga,” ujarnya menambahkan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • BNI Bantu Keripik Pisang Bananania Tembus Mancanegara

    BNI Bantu Keripik Pisang Bananania Tembus Mancanegara

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui program Xpora memberikan pendampingan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan skala bisnisnya dan membuka lapangan kerja. Keripik Pisang Bananania adalah salah satu UKM yang berhasil dipertemukan dengan pembeli di luar negeri lewat program BNI Xpora.

    Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, pendampingan BNI kepada pelaku UKM melalui Xpora dilakukan melalui berbagai aktivitas pelatihan, baik secara langsung maupun daring di sejumlah daerah di Indonesia.

    BNI mencatat, peserta advisory program Xpora pada 2024 sebanyak 11.646 dengan jumlah business matching sebanyak 497 dari tahun sebelumnya 376 kegiatan. UMKM yang menjadi peserta event dan business matching meningkat dari 180 pada 2023 menjadi 302 akhir tahun lalu.

    “BNI terus berupaya menjalankan peran sebagai Agent of Development dan mendukung UMKM naik kelas, membuka lapangan kerja hingga bisa memperluas jaringan dan menembus pasar global,” kata Okki dalam siaran pers.

    Menurut data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyerap hampir 97% tenaga kerja.

    Kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional Indonesia mencapai sekitar 15,7% dari total ekspor. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor sekitar 9% dalam lima tahun mendatang.

    Keberhasilian BNI dalam mendukung UKM meraih pasar global merupakan kontribusi nyata perseroan untuk meningkatkan ekspor. Salah satu UKM yang menjalankan usaha pengolahan pangan yakni Keripik Pisang Bananania di Yogyakarta. Bananania saat ini mempekerjakan 10 orang pegawai tetap dan banyak pekerja harian lainnya.

    Pemilik Bananania Sofyani Mirah mengungkapkan, sebagai mantan karyawan swasta, dirinya tidak punya latar belakang pengalaman berbisnis. Namun, sejak 2019 dia memulai usaha keripik pisang karena bisa lebih awet dan berpotensi untuk diekspor.

    “Setelah setahun menjalankan bisnis keripik pisang Bananania, saya kemudian mendaftarkan merek dagang dan dinyatakan lolos Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) pada 2019,” katanya.

    Saat ini produk-produk Bananania sudah diekspor ke berbagai negara mulai dari Mesir, Australia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan hingga Kanada. Produk-produk Bananania pertama kali diajak BNI Xpora untuk ikut dalam pameran produk ke Hong Kong pada tahun 2022.

    Pada Oktober 2024, Bananania mendapatkan business matching hingga menandatangi perjanjian dengan buyer dari Kanada berkat BNI Xpora.

    “UKM itu kan didorong ekspor ke luar negeri. Karena pasar global sangat terbuka. Contohnya saya kalau tidak difasilitasi BNI Xpora kadang-kadang nggak ngerti gimana dapat buyer,” tutur dia.

    Tidak hanya membantu meraih pasar internasional, menurut Sofyani, BNI juga turut berperan sehingga produk Bananania bisa dijumpai di kereta api wilayah Jawa dan Sumatera.

    “Kami dibantu BNI Xpora untuk masuk ke KAI Service. Produk kami bisa ditemukan di atas kereta penumpang KAI Sumatera dan Jawa,” tutup Sofyani.

    (rrd/rrd)

  • Pertamina Peringkat Ke-32 di Daftar 500 Perusahaan Terbaik Se-Asia Pasifik

    Pertamina Peringkat Ke-32 di Daftar 500 Perusahaan Terbaik Se-Asia Pasifik

    Jakarta

    PT Pertamina (Persero) menjadi perusahaan Indonesia yang menempati peringkat tertinggi dalam daftar 500 perusahaan terbaik di Asia Pasifik versi Majalah TIME dan Statista 2025. Pertamina kokoh sebagai perusahaan terbaik di Asia Pasifik pada peringkat ke-32 dengan skor 93,00.

    Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan pemeringkatan perusahaan didasarkan pada tiga aspek utama, yakni pertumbuhan pendapatan perusahaan, survei kepuasan karyawan, serta implementasi environmental, social, and governance (ESG).

    “Pasca restrukturisasi organisasi, Pertamina terus mencatatkan peningkatan pendapatan dan laba perusahaan yang memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara,” ujar Fadjar dalam keterangan tertulis, Kamis (13/2/2025).

    Kinerja positif Pertamina, imbuh Fadjar, didorong oleh inovasi dan kerja keras seluruh Perwira Pertamina di seluruh Indonesia. Hal tersebut berkorelasi dengan tingkat kepuasan karyawan terhadap capaian dan pengelolaan perusahaan.

    “Perwira, atau karyawan Pertamina adalah aset dan penggerak Pertamina, sehingga kami terus mengembangkan kompetensi dan kapabilitas Perwira untuk mencapai kinerja positif serta mendukung target swasembada energi nasional,” imbuh Fadjar.

    Pertamina meraih skor 93,00 terbukti kompetitif karena terdapat 10 perusahaan terbaik di Asia Pasifik yang memiliki skor di kisaran 93 yang berada di peringkat 22 hingga 31. Peringkat 22 ditempati perusahaan CSL asal Australia (skor 93,91), SBI Holding asal Jepang (93,83), BYD Company asal China (93,32), dan SK Group asal Korea Selatan (93,10).

    Sementara itu, posisi tertinggi ditempati oleh DBS Bank (Singapura) dengan skor 97,36. Peringkat Pertamina juga berada di atas perusahaan besar lainnya di Asia Pasifik, seperti Marubeni Corporation asal Jepang di peringkat 35, Singapore Airlines (36), Korea Gas Corporation (37), dan Mazda Motor Corporation asal Jepang (40).

    Sebagai BUMN, lanjut Fadjar, Pertamina konsisten mengimplementasikan environmental, social, and governance (ESG) di seluruh lini bisnis.

    “Implementasi ESG merupakan komitmen Pertamina mewujudkan visinya sebagai perusahaan energi kelas dunia yang ramah lingkungan dan memiliki tata kelola yang baik,” pungkas Fadjar.

    (akn/ega)

  • Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2025, Ada Garuda Indonesia?

    Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2025, Ada Garuda Indonesia?

    Jakarta: AirlineRatings.com baru saja merilis daftar maskapai penerbangan terbaik dunia untuk tahun 2025. 
     
    Penghargaan tahunan ini menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh industri penerbangan dan para penumpang global, karena memberikan gambaran mengenai maskapai dengan layanan terbaik di dunia.
     
    Pada tahun ini, Korean Air berhasil meraih posisi puncak sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik 2025. 

    Maskapai asal Korea Selatan ini mendapatkan penghargaan berkat fokusnya pada kenyamanan penumpang, terutama di kelas ekonomi, dengan jarak antar kursi yang lebih luas dibandingkan pesaingnya. 
     

    Daftar maskapai penerbangan terbaik 2025
    AirlineRatings.com menilai maskapai berdasarkan kenyamanan, layanan, umpan balik penumpang, serta konsistensi produk di seluruh jaringan rute. 

    Berikut adalah daftar 10 besar maskapai layanan penuh terbaik tahun ini:

    Korean Air
    Qatar Airways
    Air New Zealand
    Cathay Pacific
    Singapore Airlines
    Emirates
    Japan Airlines
    Qantas
    Etihad Airways
    Turkish Airlines

    Selain kategori layanan penuh, tahun ini juga diperkenalkan kategori baru, yaitu Maskapai Hibrida Terbaik, yang mencakup maskapai dengan model layanan yang menggabungkan elemen full-service dan low-cost carrier. 
     

    Bagaimana dengan Garuda Indonesia? 
    Maskapai Garuda Indonesia, berhasil masuk dalam daftar 25 besar maskapai layanan penuh terbaik dunia, meskipun berada di urutan terakhir. 
     
    Meskipun demikian, masuknya Garuda Indonesia dalam daftar ini tetap menjadi pencapaian yang membanggakan, mengingat persaingan ketat di industri penerbangan global.

    Berikut adalah 25 maskapai penerbangan layanan penuh teratas untuk tahun 2025:

    Korean Air
    Qatar
    Air New Zealand
    Cathay Pacific
    Singapore Airlines
    Emirates
    Japan Airlines
    Qantas
    Etihad
    Turkish Airlines
    EVA Air
    Fiji Airways
    Virgin Atlantic
    ANA
    Aero Mexico
    Air Caraibes
    Thai Airways
    STARLUX Airlines
    Vietnam Airlines
    Maskapai penerbangan Sri Lanka
    Air France
    KLM
    Air Calin
    Air Mauritius
    Garuda Indonesia

    Berikut adalah 20 maskapai penerbangan hibrida teratas untuk tahun 2025:

    Jetblue
    Westjet
    Virgin Australia
    Delta Airlines
    United
    American Airlines
    Lufthansa
    Air Canada
    LOT Polish Airlines
    TAP Portugal
    Alaska Airlines
    SWISS
    Avianca
    Iberia
    British Airways
    Finnair
    Austrian Airlines
    Hawaiian
    ITA
    SAS  

    Berikut adalah 20 maskapai penerbangan bertarif rendah teratas untuk tahun 2025:

    AirAsia
    Jetstar
    AirBaltic
    HK Express
    Easyjet
    FlyDubai
    Ryanair
    Scoot
    Breeze
    Southwest
    Maskapai Penerbangan SKY
    FlyNas
    TUI
    Norwegian
    Indi GO
    Air Arabia
    Volaris
    Jet2
    Wizz
    Vueling

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Menperin Buka-bukaan Soal Kontribusi Manufaktur ke Ekonomi Indonesia – Page 3

    Menperin Buka-bukaan Soal Kontribusi Manufaktur ke Ekonomi Indonesia – Page 3

    Lebih lanjut, kata Amalia Indonesia bisa belajar dari Korea Selatan. Korea Selatan menjadi negara maju karena mampu membangun industri yang maju.

    Jika dulu Korea Selatan terkenal dengan fashion, industri tekstil, alas kaki, dan aksesoris. Namun, sekarang Korea Selatan terkenal dengan industri dan teknologinya, seperti LG, Hyundai, hingga Samsung.

    “Siapa yang gak tahu Samsung, hp nya kebanyakan pakai Samsung, siapa yang tidak kenal LG TV elektronik adalah LG, dan siapa yang tidak kenal Hyundai dengan Hyundai EV nya,” ujar Amalia.

    Artinya, di situlah terjadi transformasi di dalam industrialisasinya Korea Selatan dan hal tersebut yang mendorong Korea menjadi negara maju, dan terus maju menjadi market leader di Asia dan dunia.

    “Tadinya dia hanya jualan ekspor baju, ekspor aksesoris, dan sepatu. Tapi sekarang yang diekspor adalah barang-barang yang bernilai tambah tinggi yang penuh dengan teknologi dan inovasi,” ujarnya.

    Didorong Kreativitas

    Selain itu, Korea Selatan juga unggul disektor budaya dan ekonomi kreatif. Kedua sektor tersebut didorong dengan keberhasilan Korean wave, dimana dengan kreativitas dan ketenaran Korea ini mampu membangun branding dari Korea Selatan itu sendiri.

    “Siapa yang tidak kenal dengan K-POP dan K-drama. Dengan branding Korea Selatan yang semakin besar dan terkenal ini ternyata mendorong produk-produk Korea Selatan semakin dinikmati di pasar global,” jelasnya.

    Tak berhenti di situ saja, Korea Selatan juga terkenal dengan skincare, dan terkenal dengan operasi plastiknya yang juga menjadi salah satu pusat kecantikan di Asia. “Saya pikir ini menjadikan Korea Selatan medical tourism,” pungkasnya.