Negara: Kanada

  • Air Tertua di Bumi Ditemukan, Sudah Miliaran Tahun dan Sangat Asin

    Air Tertua di Bumi Ditemukan, Sudah Miliaran Tahun dan Sangat Asin

    Jakarta

    Air tertua di bumi ditemukan pada 2016 lalu oleh sekelompok ilmuwan saat menelusuri sebuah tambang logam basal terdalam di dunia yang berlokasi di Ontario, Kanada. Karena dulunya digali untuk memperoleh mineral seperti tembaga dan perak, tambang itu punya kedalaman sampai beberapa kilometer menuju kerak Bumi.

    Saat para ahli geologi sampai di kedalaman 3 km, mereka mendapati penemuan sebuah kolam air yang luar biasa. Setelah diteliti, air yang tertampung di dalamnya dinobatkan sebagai air paling tua di Bumi.

    Lebih menakjubkannya lagi, air tersebut mengungkap sejarah Bumi dan jejak kehidupan purba. Simak uraiannya berikut ini.

    Penemuan Air Tertua di Bumi

    Dilansir IFLScience, Rabu (19/2/2025) air paling tua di Bumi itu diperkirakan berusia 2 miliar tahun. Selama itu, air tersebut terisolasi sepenuhnya jauh di dalam tambang hingga ditemukan pada 2016 oleh sekelompok peneliti Universitas Toronto.

    Usia air dipelajari dengan mengukur gas-gas yang terperangkap di dalamnya seperti helium hingga xenon. Bagian mencengangkannya, temuan air itu bukan hanya tetesan kecil melainkan dalam volume besar yang masih mengalir.

    “Ketika orang-orang berpikir tentang air tertua di Bumi, mereka pasti berasumsi sejumlah kecil air yang terperangkap di dalam batu,” kata Profesor Barbara Sherwood Lollar, pemimpin tim penelitian tersebut.

    “Namun sebenarnya, air itu benar-benar menggelembung keluar. Air ini mengalir dengan kecepatan liter per menit, volume airnya jauh lebih besar daripada yang pernah diperkirakan,” tambahnya.

    Ilmuwan Mencicipi Air Tertua di Bumi

    Saat menemukan benda kuno, sebagian orang mungkin sedikit khawatir untuk memegangnya. Namun tidak dengan para peneliti. Prof Sherwood Lollar mencelupkan ujung jarinya ke dalam air tertua di bumi itu dan mengujinya dengan lidahnya.

    “(Rasa airnya) sangat asin dan pahit, jauh lebih asin daripada air laut,” ujarnya.

    Meski mencicipinya tidak cukup aman, Prof Sherwood Lollar menegaskan bahwa air purba itu terlalu berharga untuk disia-siakan. Rasa air bahkan dapat bantu mengungkap usianya. Karena terdapat dugaan semakin asin rasanya, semakin tua usia airnya.

    Ahli geologi sudah biasa menggunakan indra mereka dalam pengambilan sampel, bukan sebagai candaan melainkan untuk menganalisis lebih lanjut dari apa yang mereka teliti.

    “Jika Anda seorang ahli geologi yang bekerja dengan batu, Anda mungkin telah menjilati banyak batu,” ucap Prof Sherwood Lollar.

    Profesor Barbara Sherwood Lollar mengambil sampel hidrogen dan sulfat terlarut di kolam air tertua di bumi yang pernah ditemukan. Foto: G. Wunsch/Universitas Toronto via CBC NewsJejak Kehidupan Purba dalam Air Tertua di Bumi

    Mengejutkannya lagi, tim menemukan tanda-tanda bekas kehidupan purba di dalam air tertua itu. Mereka menyimpulkan ada beberapa bentuk mikrobiologi yang hidup dalam air dan dalam jangka waktu sangat lama.

    “Dengan mengamati sulfat dalam air, kami dapat melihat jejak yang menunjukkan keberadaan kehidupan. Dan kami dapat menunjukkan bahwa sinyal yang kami lihat dalam cairan tersebut pasti telah dihasilkan oleh mikrobiologi dan yang terpenting pasti telah dihasilkan dalam skala waktu yang sangat panjang. Mikroba yang menghasilkan tanda ini tidak mungkin melakukannya dalam semalam,” ucap Prof Sherwood Lollar.

    Kenyataan bahwa organisme mampu bertahan hidup dan berkembang dalam air yang sangat tua jauh di dalam Bumi memiliki beberapa implikasi penting. Tidak hanya memberi tahu tentang kehidupan kuno miliaran tahun lalu di muka Bumi, tetapi juga bantu pencarian kehidupan di tempat lain di tata surya.

    Ini bukan kali pertama tim peneliti Universitas Toronto menemukan kolam air purba di lokasi tambang yang sama. Faktanya, air tertua yang diketahui sebelumnya ditemukan pada 2013 di kedalaman tambang sekitar 2,5 km dan usianya diperkirakan 500 juta tahun lebih muda.

    (azn/row)

  • Pesawat Delta Airlines Terbalik, Bagaimana Semua Penumpang Bisa Selamat?

    Pesawat Delta Airlines Terbalik, Bagaimana Semua Penumpang Bisa Selamat?

    Jakarta

    “Pesawat kami jatuh. Terbalik”

    Itulah kata-kata John Nelson, seorang penumpang pesawat Delta Air Lines yang jatuh dan terbalik saat mendarat di Bandara Internasional Pearson Toronto, Kanada.

    Sebanyak 76 penumpang dan empat awak selamat, kata petinggi bandara itu.

    Di antara puluhan orang dalam pesawat dari Minneapolis itu hanya 18 penumpang yang terluka.

    “Kebanyakan orang tampak baik-baik saja. Kami semua turun,” kata Nelson dalam sebuah video yang diunggah di Facebook tak lama setelah kecelakaan.

    Ia kemudian memberi tahu CNN bahwa tidak ada tanda-tanda apapun yang terjadi pada pesawat sebelum mendarat.

    “Kami tergelincir ke samping, lalu terbalik,” katanya, seraya menambahkan bahwa “ada bola api besar di sisi kiri pesawat”.

    Seluruh penumpang dalam posisi tergantung terbalik di kursi mereka saat kejadian berlangsung.

    “Kami terbalik tergantung seperti kelelawar,” kata Peter Koukov, yang juga berada di pesawat, kepada CNN.

    Nelson mengatakan ia mampu melepaskan sabuk pengaman dan mendorong dirinya ke tanah.

    “Beberapa terlihat menggantung dan membutuhkan bantuan… dan yang lainnya mampu turun sendiri,” katanya.

    Rekaman video yang dibagikan di media sosial menunjukkan sejumlah penumpang memanjat keluar dari pesawat yang terbalik, sementara para petugas pemadam kebakaran menyemprot badan pesawat dengan busa.

    BBC

    BBC News Indonesia hadir di WhatsApp.

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    BBC

    Diane Perry yang tengah berada di dalam bandara tak menyadari bahwa kecelakaan terjadi. Diane mengatakan dia baru mengetahui kecelakaan dari keluarga yang menelponnya kala ia sedang mengantre untuk memeriksa barang bawaannya.

    “Agak ironis bahwa kami berada di bandara dan tidak tahu bahwa ada kecelakaan di luar,” katanya kepada BBC.

    Sampai saat ini belum diketahui penyebab kecelakaan. Dua landasan pacu akan tetap ditutup selama beberapa hari untuk penyelidikan dan penumpang telah diberitahu untuk mengantisipasi beberapa penundaan penerbangan.

    Nelson masih mencerna apa yang baru saja terjadi. Kepada CNN, dia mengaku “masih stres, gugup, dan gemetar”.

    “Sungguh menakjubkan bahwa kami masih di sini.”

    Bagaimana insiden terjadi?

    Insiden itu terjadi sesaat setelah pukul 14.00 waktu setempat pada Senin (17/02).

    Pesawat yang jatuh adalah buatan Bombardier model CRJ-900, yang dioperasikan oleh maskapai Delta Air Lines.

    Pesawat dengan nomor penerbangan DL4819 itu tiba di Toronto dari Kota Minneapolis di AS dan membawa 76 penumpang dan empat awak.

    Saat mendarat, pesawat itu tampaknya telah menghantam landasan pacu, tergelincir cukup jauh dan kemudian terbalik, kata Dan Ronan, seorang jurnalis dan pilot berlisensi dari Badan Penerbangan Federal AS (FAA), kepada BBC News.

    BBC

    Rekaman video yang diperoleh TMZ menunjukkan sebagian pesawat terbakar saat mendarat. Petugas pemadam kebakaran kemudian bergegas memadamkannya.

    Seorang penumpang bernama Pete Carlson mengatakan kepada media CBC bahwa kejadian yang dialaminya “sangat dahsyat”. Dia bahkan mengaku masih bisa mengingat suara “beton dan logam” saat benturan.

    Pete Carlson dan orang lain di dalam pesawat tergantung terbalik di kursi mereka, dan harus melepaskan diri ke langit-langit kabin guna meninggalkan pesawat yang terbalik itu.

    Mengapa pesawat itu bisa terbalik?

    Sayap kanan pesawat mungkin menabrak landasan pacu atau benda di landasan pacu seperti lampu, kata Dan Ronan, seorang jurnalis dan pilot berlisensi dari Badan Penerbangan Federal AS (FAA).

    Cuaca juga mungkin menjadi faktor signifikan. Kepala pemadam kebakaran bandara menyatakan bahwa landasan pacu kering pada saat kejadian.

    Pihak berwenang bandara sebelumnya mengatakan bahwa meskipun salju telah berhenti, “suhu dingin dan angin kencang [sedang] bertiup”.

    Ketika pesawat akan mendarat, pengawas lalu lintas udara memberi tahu pilot adanya hembusan angin berkecepatan 61km/jam dan kemungkinan “sedikit guncangan di landasan pacu”, demikian dilaporkan CNN.

    Pilot tampaknya telah mencoba manuver kepiting, kata Ronan. Melalui manuver ini pilot dapat menyejajarkan pesawat sesuai arah angin menuju landasan pacu pada saat-saat terakhir. Sehingga pesawat tampak mendarat dengan miring.

    Marco Chan, mantan pilot dan dosen senior di Universitas Buckinghamshire New di Inggris, setuju bahwa pesawat itu miring ke kanan dan tampaknya telah melakukan pendaratan keras.

    Chan menilai pesawat mendarat dengan satu roda terlebih dahulu, yang mungkin menyebabkan roda pendaratan copot saat terjadi benturan. Hal ini dapat membuat sayap kanan menghantam landasan pacu dan menyebabkan pesawat terguling.

    Bagaimana semua orang di pesawat bisa selamat?

    “Kemampuan bertahan pesawat ini sungguh menakjubkan,” kata Ronan kepada BBC, seraya menunjukkan bahwa badan pesawat tetap utuh.

    Ia juga menyoroti pentingnya kursi model 16G yang tahan benturan tinggi dan “dirancang untuk menyerap banyak benturan”.

    Pengamat lain juga memuji fitur keselamatan pesawat.

    Analis CNN dan mantan inspektur FAA, David Soucie, mengatakan pesawat itu hancur sebagaimana mestinya. Sayap pesawat lepas sehingga badan pesawat tidak terkoyak.

    BBC

    Graham Braithwaite, profesor bidang keselamatan dan investigasi kecelakaan di Universitas Cranfield, Inggris, mengatakan pesawat juga dirancang agar penumpang yang terlibat dalam kecelakaan tidak menabrak benda-benda yang dapat menyebabkan cedera.

    “Bahkan desain sandaran kursi atau meja baki adalah bagian dari cara kami mempertimbangkan untuk membuat ruang yang membuat manusia dapat bertahan hidup,” katanya kepada BBC. “Dan sabuk pengaman yang dikenakan orang-orang sangat penting – itulah hal utama yang mencegah para penumpang terlempar ke seluruh kabin,” tambahnya.

    Para pramugari juga dipuji karena berhasil mengeluarkan semua orang dari pesawat yang terbalik dengan cepat.

    Petugas tanggap darurat di bandara dicap “heroik” oleh kepala bandara setelah mencapai lokasi kecelakaan dalam hitungan menit.

    Carlson mengatakan para penumpang juga telah bekerja sama dengan sangat efektif.

    “Yang saya lihat adalah semua orang di pesawat itu tiba-tiba menjadi sangat dekat dalam hal bagaimana saling membantu, bagaimana saling menghibur,” katanya.

    Adakah insiden pesawat jatuh baru-baru ini?

    Insiden ini menandai kecelakaan udara besar keempat di Amerika Utara dalam waktu kurang dari sebulan.

    Semua 67 orang di dalam pesawat penumpang dan helikopter militer tewas setelah kedua pesawat bertabrakan di udara dekat Washington DC pada 29 JanuariTujuh orang tewas pada 1 Februari ketika sebuah pesawat angkut medis yang membawa enam orang jatuh di Philadelphia. Satu orang lainnya tewas di darat.Seluruh 10 orang tewas ketika sebuah pesawat kecil jatuh di Alaska pada 6 Februari

    Insiden tersebut menyusul kecelakaan besar lainnya di Korea Selatan pada Desember, yang menewaskan 179 orang.

    Meskipun demikian, para ahli mengatakan perjalanan udara tetap sangat aman – dan semakin aman.

    Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengatakan ada 257 kecelakaan fatal di AS pada 2024, dibandingkan dengan 362 insiden pada 2014.

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Cerita Dokter Kena Serangan Jantung saat Tangani Pasien Serangan Jantung

    Cerita Dokter Kena Serangan Jantung saat Tangani Pasien Serangan Jantung

    Jakarta

    Kejadian tak biasa dialami oleh dokter gawat darurat di Timmins and District Hospital (TADH) Kanada bernama Chris Loreto yang mengalami serangan jantung ketika sedang menyelamatkan pasien serangan jantung.

    Selama beberapa bulan sebelumnya Loreto memang mengalami nyeri berulang di bagian dadanya. Kondisi itu paling sering muncul ketika ia sedang berolahraga, tapi ia tidak curiga dan mengira itu adalah masalah lambung. Ia sempat mengonsumsi obat refluks asam, namun obatnya tidak memberikan efek apapun.

    Rasa nyeri itu akhirnya memuncak pada November 2024 ketika sedang menjalani pertandingan hoki dan menjalar hingga bahu. Lagi-lagi ia mengabaikan rasa nyeri tersebut.

    Keesokan harinya ia mendapatkan tugas untuk membantu seorang pasien serangan jantung. Ketika berbicara dengan istri pasien, Loreto menyadari ia mengalami banyak gejala yang sama dengan pasien tersebut.

    Pasien pria tersebut juga mengonsumsi obat untuk refluks asam dan pada saat itu Loreto mulai mengerti.

    “Kisah pasien itu adalah kisah saya,” kata Loreto dikutip dari Science Alert, Rabu (19/2/2025).

    Melalui tes darah dan elektrokardiogram terungkap bahwa Loreto memang mengalami serangan jantung. Sejak saat itu, ia mengambil cuti sakit dan menjalani program rehabilitasi yang meliputi pemasangan stent di dalam arterinya agar aliran darah menjadi lancar.

    Serangan jantung atau infark miokard terjadi ketika aliran darah terganggu dan oksigen tidak dapat mencapai jantung. Hal ini menghancurkan sel-sel otot jantung dan dapat menyebabkan kerusakan permanen, bahkan kematian.

    Gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, dan mengonsumsi alkohol merupakan sederet faktor yang meningkatkan risiko serangan jantung. Masalah kesehatan ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetika dan lingkungan seperti polusi udara.

    Loreto menganggap olahraga teratur dapat memperkuat jantungnya sehingga terhindar dari dampak yang lebih buruk. Serangan jantung sering kali datang tiba-tiba tanpa peringatan sebelumnya. Serangan jantung tidak selalu terjadi setelah periode nyeri dada atau bahu, tetapi penting untuk memperhatikan kemungkinan tanda-tanda peringatan seperti mual dan sesak napas.

    “Kita hebat dalam merawat orang lain tetapi payah dalam merawat diri sendiri,” tandas Loreto.

    (avk/kna)

  • Trump Mau Pasang Tarif Impor 25% buat Mobil hingga Semikonduktor

    Trump Mau Pasang Tarif Impor 25% buat Mobil hingga Semikonduktor

    Jakarta

    Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana untuk mengenakan tarif sebesar 25% untuk impor mobil, semikonduktor, dan farmasi. Pengumuman tarif tersebut akan dilakukan paling cepat pada 2 April mendatang.

    Melansir dari Reuters, Rabu (19/2/2025), rencana tersebut dapat mengancam sekaligus memperluas perang dagang. Trump telah mengumumkan untuk mengenakan tarif 25% pada impor baja dan aluminium yang mulai berlaku pada Maret 2025.

    Pernyataan terbaru Trump ini merupakan rencana yang spesifik untuk menentukan sektor-sektor lain sebagai salah satu cara memperbaiki perdagangan global.

    “Tarif sektoral pada produk farmasi dan chip semikonduktor juga akan dikenakan (tarif impor) mulai 25% atau lebih tinggi, dan akan meningkat jauh lebih tinggi dalam kurun waktu satu tahun,” kata Trump.

    Trump memberikan produsen chip semikonduktor dan obat-obatan farmasi untuk mengambil tindakan sebelum mengumumkan tarif bea masuk terbaru. Dia berharap para produsen itu bersedia mendirikan pabrik di AS sehingga dapat terhindar dari pengenaan bea masuk.

    Sejak pelantikannya empat minggu lalu, Trump telah mengenakan tarif sebesar 10% pada semua impor dari Cina, sebagai tambahan atas pungutan yang ada. Ia juga mengumumkan tarif sebesar 25% pada barang-barang dari Meksiko dan impor non-energi dari Kanada.

    Minggu lalu, Trump memerintahkan tim ekonominya untuk menyusun rencana guna mengenakan tarif timbal balik yang sesuai dengan tingkat tarif setiap negara produk per produk.

    (kil/kil)

  • Gol Telat Davies Loloskan Bayern ke 16 Besar Liga Champions

    Gol Telat Davies Loloskan Bayern ke 16 Besar Liga Champions

    Munchen (beritajatim.com) – Bayern Munchen nyaris mengikuti jejak AC Milan sebagai mantan juara Liga Champions yang tersingkir lebih awal di playoff knockout musim ini.

    Bagaimana tidak. Hingga menit ke-90+3 kontra Celtic pada second leg dini hari tadi, skor masih 1-1. Jika berlanjut hingga bubaran, maka laga dilanjutkan ke babak tambahan karena agregat sama kuat 2-2.

    Saat bersiap menyambut babak tambahan, bek kiri Bayern Alphonso Davies secara heroik mencetak gol pada menit ke-90+4 pada laga yang digelar di Allianz Arena, Munchen, tersebut. Die Roten pun lolos ke 16 besar dengan keunggulan agregat 3-2.

    “Terkadang, Anda harus berjuang keras untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Itu yang kami lakukan (dini hari tadi, Red)” papar der trainer Bayern Vincent Kompany dilansir Bild.

    Bagi Phonzy–julukan Davies–menjadi pahlawan kemenangan Bayern atas Celtic seolah melengkapi Februari indah miliknya. Ya, dua pekan lalu, dia baru saja memperpanjang kontrak bersama Bayern hingga 2030.

    “Aku akan selalu memberikan 110% kemampuanku untuk menghadirkan kesuksesan bagi Bayern,” takarir bek timnas Kanada itu di Instagram-nya.

    Keberhasilan lolos 16 besar membuat misi Bayern untuk memenangi Bundesliga dan Liga Champions terjaga. Di Bundesliga, mereka masih memimpin klasemen dengan 55 poin dari 24 spieltag. Unggul 8 poin dari Bayer Leverkusen di posisi runner-up. (dio/ted)

  • Sinyal Ojol Bakal Jadi Pekerja, Bukan Mitra

    Sinyal Ojol Bakal Jadi Pekerja, Bukan Mitra

    Jakarta

    Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan sinyal bahwa status driver ojek online (ojol) dapat diubah dari mitra aplikator menjadi pekerja. Kemnaker telah melakukan kajian dengan menggandeng pakar ahli dari beberapa universitas untuk memperkuat naik status driver ojol tersebut.

    “Sudah hampir confirm 90% sudah menganggap mereka (taksi online, ojol, kurir online) pekerja, karena sudah didukung dengan kajian, sudah ada tim pakar dari beberapa universitas yang digunakan untuk lebih membuat kami confident menyebut mereka lebih pekerja,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI JSK) Kemnaker, Indah Anggoro Putri menyampaikan pada saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/2/2025).

    Dari hasil kajian tersebut, Indah menerangkan ada karakteristik atasan dan bawahan dari sistem kerja driver ojol. Hal ini dapat dilihat dari adanya aturan potongan aplikasi yang harus membuat driver ojol menyetor pendapatan mereka.

    Selain itu, ada beberapa negara yang telah menyatakan driver ojol sebagai pekerja. Di antaranya, Belanda, Kanada, Singapura, Inggris, Spanyol, dan Uni Eropa (UE).

    “Toh ada aturan yang mewajibkan aturan dipotong pendapatannya, jadi posisinya di bawah pengusaha. Dari hasil kajian itu, kami dapat masukan ada 6 negara yang sudah mengatakan mereka sebagai pekerja mitra ini semua dengan undang-undang mereka (negara), seperti Singapura, Inggris, Kanada, Spanyol, Belanda, Uni Eropa,” terang Indah.

    Lebih lanjut, Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) akan membahas gig workers atau kemitraan dalam persidangan mulai tahun ini hingga 2027. Indah menerangkan ILO juga telah menyatakan driver ojol sebagai pekerja, bukan mitra. Sejalan dengan itu, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan pengusaha aplikator agar dapat memahami tiga isu utama yang dituntut para driver ojol dari tahun ke tahun.

    “Kami terus komunikasikan dengan para pengusaha aplikator bagaimana mereka bisa memahami juga tiga isu utama yang selalu jadi tuntutan para ojol, taksol, kurol, adalah mengenai waktu kerja istirahat, termasuk cuti ketika ladies ojol sedang haid. Dan juga kepesertaan Jamsosnaker, mereka (driver ojol) minta diperlakukan sama dengan pekerja lain, ada kontribusi dari pengusaha. Ketiga, hak lain termasuk untuk hari raya, batas usia mereka bekerja,” tambah Indah.

    Pihaknya juga telah merancang Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) untuk perlindungan ojol. Indah mengklaim aturan tersebut sudah rampung dibahas di Kemnaker. Namun, aturan itu masih menemui kendala harmonisasi dari lintas kementerian, mulai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Hukum, hingga Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).

    “Jadi, kami sedang punyai rancangan Permenaker perlindungan ojol. Itu sudah clear di kami. Mohon dukungan karena proses harmonasiasi, karena ini masih berat proses harmonisasinya berhadapan dengan kementerian lain, di Kemenhub, Komdigi, dan Kementerian Hukum,” jelas Indah.

    (rrd/rrd)

  • 4 Fakta Pesawat Delta Air Terbalik Saat Mendarat di Kanada

    4 Fakta Pesawat Delta Air Terbalik Saat Mendarat di Kanada

    Jakarta

    Pesawat regional Delta Airlines mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Toronto Pearson, Kanada. Kecelakaan itu menyebabkan 18 orang terluka.

    Dikutip Reuters, Selasa (18/2), pesawat tersebut berangkat dari Bandara Internasional Minneapolis menuju St Paul. Sebanyak 76 penumpang dan 4 awak berada dalam pesawat yang kecelakaan tersebut.

    Dilaporkan 18 orang penumpang terluka akibat kecelakaan dan sudah dievakuasi ke rumah sakit daerah. Pihak berwenang Kanada akan menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

    Pejabat bandara menyebutkan kecelakaan itu terjadi saat lalu lintas udara sedang sangat sibuk. Banyak maskapai yang mengejar ketertinggalan akibat badai salju yang melanda kawasan Toronto.

    Kondisi itu menambah tantangan bagi para pilot yang harus berhadapan dengan kondisi cuaca tidak bersahabat serta kerumitan lalu lintas udara.

    Pesawat yang terlibat dalam kecelakaan ini adalah jenis CRJ-900. Pesawat tersebut dioperasikan oleh Endeavor Air, anak perusahaan Delta Air Lines.

    Berikut fakta-fakta kecelakaan pesawat Delta Airlines:

    3 Orang Kritis

    Ilustrasi pesawat. (dok detikcom)

    Sebanyak 3 orang termasuk seorang anak dikabarkan dalam kondisi cedera kritis. Seorang pengguna media sosial mengunggah video setelah kecelakaan pesawat.

    Dalam rekaman itu memperlihatkan mobil pemadam kebakaran menyemprotkan air ke pesawat yang tergeletak tengkurap di landasan yang tertutup salju.

    “Kami di Toronto. Kami baru saja mendarat. Pesawat kami jatuh. Pesawat itu terbalik. Pemadam kebakaran ada di lokasi. Terbalik. Semua orang, sebagian besar orang tampaknya baik-baik saja. Kami semua turun. Ada sedikit asap,” kata pengguna Facebook John Nelson dalam video tersebut.

    Bandara Toronto ditutup selama lebih dari dua jam sebelum keberangkatan dan kedatangan dilanjutkan. Hal ini menyebabkan penundaan dan pengalihan ke bandara lain termasuk Bandara Internasional Montreal-Trudeau.

    Pesawat Mendarat Usai Badai Salju

    Kondisi Delta Airlines. (ABC)

    Pesawat yang mengudara dari Bandara Internasional Minneapolis-St Paul di AS ini mendarat di tengah cuaca berangin setelah badai salju melanda Toronto. Foto yang diambil dari lokasi kejadian menunjukkan kondisi badan pesawat yang terbalik di atas landasan yang diselimuti salju dengan bagian lambung menghadap ke atas.

    Penyebab terbaliknya pesawat saat melakukan pendaratan itu belum diketahui secara jelas. Badan Keselamatan Transportasi Kanada (TSB) mengatakan pihaknya sedang mengerahkan tim penyelidik ke lokasi kejadian.

    Pihak NTSB dalam pernyataannya mengatakan tim penyelidik dari AS akan membantu penyelidikan oleh otoritas Kanada.

    Otoritas Bandara Toronto Pearson, dalam pernyataannya, menyebut pihaknya menghadapi angin kencang dan suhu sangat dingin ketika maskapai-maskapai penerbangan berupaya mengatasi penundaan penerbangan setelah badai salju pada akhir pekan memicu timbunan salju setebal lebih dari 22 cm di area bandara.

    Pesawat Terbalik dan Terbakar

    Ilustrasi. (Unsplash/Gary Lopater)

    Menurut situs pelacakan penerbangan FlightRadar24, pesawat Delta Air Lines itu melakukan pendaratan di Toronto pukul 14.13 waktu setempat setelah mengudara selama 86 menit dan berhenti di dekat persimpangan landasan pacu nomor 23 dan nomor 15.

    “Pesawat terbalik dan terbakar,” ucap seorang pekerja darurat kepada menara pengawas lalu lintas udara di Bandara Toronto Pearson, setelah operator menara pengawas melihat beberapa penumpang berjalan di dekat badan pesawat yang terbalik itu.

    Terdapat 76 penumpang dan empat awak di dalam pesawat itu saat insiden terjadi. Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun sekitar 18 orang di antaranya mengalami luka-luka, dengan tiga orang di antaranya, termasuk seorang anak dalam kondisi kritis.

    Usia Pesawat 16 Tahun

    Ilustrasi pesawat. (Getty Images/4FR)

    Pihak maskapai Delta Air Lines mengatakan pesawat yang mengalami insiden di Toronto itu sedang dioperasikan oleh anak perusahaannya, Endeavour Air. Pesawat jenis Bombardier CRJ900 itu disebut berusia 16 tahun dan dirakit oleh Bombardier Kanada dengan mesinnya dibuat oleh GE Aerospace.

    CEO Delta Air Lines, Ed Bastian menyampaikan rasa simpati yang mendalam kepada anggota tim Delta, Endeavor Air, serta petugas penyelamat yang terlibat dalam insiden kecelakaan penerbangan Delta Connection 4819 di Bandara Internasional Toronto Pearson (YYZ). Bastian juga mengungkapkan keprihatinan dan dukungannya bagi para korban dan keluarga yang terdampak.

    “Hati seluruh keluarga Delta di seluruh dunia bersama mereka yang terdampak oleh insiden hari ini di Bandara Internasional Toronto Pearson,” kata Bastian, dikutip dari cuitan @Delta di X.

    “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada banyak anggota tim Delta dan Endeavor, serta petugas penyelamat yang ada di lokasi. Kami sedang bekerja untuk mengonfirmasi detailnya dan akan membagikan informasi terbaru di news.delta.com segera setelah tersedia. Sementara itu, mohon jaga diri Anda dan tetap aman,” dia menambahkan.

    Halaman 2 dari 5

    (idn/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Detik-Detik Kepanikan Penumpang Delta Airlines saat Pesawat Terbalik

    Detik-Detik Kepanikan Penumpang Delta Airlines saat Pesawat Terbalik

    CNBC Indonesia

    News

    Foto News

    Foto Internasional

    Reuters, AP, CNBC Indonesia

    19 February 2025 04:30

    Kepanikan penumpang pesawat Delta Airlines yang berlari keluar dari kabin pesawat yang terbalik di Bandara Internasional Toronto Pearson, Kanada pada Senin (17/2/2025). (@eggxit via Reuters)

    Badan pesawat tergelincir dan terbalik saat mendarat dan mengakibatkan 18 orang terluka, termasuk tiga orang kritis. (@eggxit via Reuters)

    Seluruh penumpang yang mengalami luka segera dibawa ke rumah sakit dengan helikopter maupun ambulans. (@eggxit via Reuters)

    Pesawat mengalami kecelakaan saat mendarat di landasan pacu sekitar pukul 14.45 siang waktu setempat. (@eggxit via Reuters)

    Menurut badan cuaca Environment Canada, angin kencang bertiup dari arah barat dengan kecepatan sekitar 29 mil per jam dan embusan hingga 38 mil per jam pada saat kecelakaan terjadi. (@eggxit via Reuters)

    Menurut badan cuaca Environment Canada, angin kencang bertiup dari arah barat dengan kecepatan sekitar 29 mil per jam dan embusan hingga 38 mil per jam pada saat kecelakaan terjadi. (Teresa Barbieri/The Canadian Press via AP)

    `;
    });

    let elem = document.querySelector(“#samsung”);

    elem.innerHTML = elem.innerHTML + html;
    }
    })
    .catch(function (err) {
    // There was an error
    console.warn(“Something went wrong.”, err);
    });
    }

    (function () {
    // panggil fungsi fetch Data G20
    // pastikan memanggil fungsi fetch dengan nama yg sudah didefine di atas
    fetchData20();
    })();

  • Neraca Dagang RI Diramal Bisa Bertahan Surplus, Ini Alasannya

    Neraca Dagang RI Diramal Bisa Bertahan Surplus, Ini Alasannya

    Bisnis.com, JAKARTA — Ekonom melihat Indonesia berpeluang mempertahankan surplus neraca perdagangan ke depannya. Tren surplus ini terbuka lebar walaupun ada potensi kenaikan impor jelang Ramadan dan risiko perlambatan ekonomi global.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus selama 57 bulan beruntun sejak Mei 2020.

    BPS merilis data pada Januari 2025, neraca perdagangan Indonesia surplus US$3,45 miliar. Surplus neraca dagang Indonesia ini terbentuk dari realisasi nilai ekspor sebesar US$21,45 miliar dan nilai impor mencapai US$18 miliar.

    Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan bahwa neraca perdagangan Indonesia berpeluang mencatatkan surplus di tengah kemungkinan kenaikan impor.

    “Peluang surplus masih ada, walau kemungkinan ada kenaikan impor akibat konsumsi menjelang puasa dan lebaran,” kata Eko kepada Bisnis, Senin (17/2/2025).

    Untuk itu, Eko menilai pemerintah perlu mengantisipasi kenaikan impor bahan baku industri dan barang konsumsi menjelang persiapan lebaran.

    Di samping itu, kata dia, juga perlu adanya antisipasi atas kebijakan Amerika Serikat (AS) terkait tarif ke negara-negara mitra Indonesia

    Di sisi lain, Eko memperkirakan bahwa ada kemungkinan tren impor dan ekspor neraca perdagangan Indonesia mengalami penurunan lebih dominan imbas perang dagang AS vs China yang akan semakin memanas pada 2025.

    “Untuk 2025 ini, jika eskalasi perang dagang terus berlanjut, bisa saja surplus yang pada 2024 senilai US$31 miliar berisiko turun ke US$25 miliar di tahun ini,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Eko menuturkan, jika penerapan tarif juga terjadi ke negara-negara yang bukan mitra dagang utama AS, maka yang lebih memungkinkan adalah diplomasi secara berkelompok, seperti menggandeng India, Malaysia, dan beberapa negara mitra dagang AS.

    Terlebih, sambung dia, fokus AS masih ke mitra utama seperti China, Meksiko, dan Kanada. Sehingga, harapannya tidak meluas ke mitra non-utama.

    Dihubungi terpisah, Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede juga sepakat Indonesia masih mencatatkan surplus neraca perdagangan di periode berikutnya.

    “Neraca perdagangan Indonesia kemungkinan besar akan tetap mencatat surplus dalam beberapa bulan ke depan, didorong oleh tren pelemahan impor yang lebih dalam dibanding ekspor,” kata Josua kepada Bisnis.

    Jika menengok data BPS pada Januari 2025, surplus meningkat menjadi US$3,45 miliar akibat penurunan impor sebesar 15,18% secara bulanan (month-to-month/mtm), sementara ekspor hanya turun 8,56% mtm.

    Josua menyebut tren ini mengindikasikan bahwa aktivitas impor, terutama untuk bahan baku dan barang modal, masih tertahan akibat permintaan domestik yang belum sepenuhnya pulih.

    “Meskipun surplus tetap bertahan, risikonya adalah penurunan ekspor yang bisa berlanjut jika permintaan global tidak membaik, terutama dari China yang mengalami perlambatan ekonomi dan penurunan aktivitas manufaktur,” ungkapnya.

    Maka dari itu, menurut Josua, dalam neraca perdagangan bulan berikutnya, ada beberapa faktor perlu diantisipasi. Pertama, harga komoditas yang masih dalam tren normalisasi berpotensi menekan nilai ekspor Indonesia.

    Josua mengatakan bahwa harga batubara, minyak sawit, dan logam industri telah mengalami penurunan signifikan, yang dapat menggerus penerimaan ekspor jika tren ini berlanjut.

    Kedua, efek dari ketidakpastian global, seperti kebijakan perdagangan AS di bawah potensi kepemimpinan Donald Trump yang lebih proteksionis.

    Hal ini dapat berdampak pada ekspor non-komoditas Indonesia ke pasar utama. Selain itu, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga akan mempengaruhi daya saing ekspor dan biaya impor.

    “Ke depan, tren ekspor dan impor Indonesia masih berpotensi mengalami tekanan, dengan kemungkinan ekspor tetap melemah dalam jangka pendek sebelum berangsur pulih seiring dengan pemulihan ekonomi global,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, jika permintaan dari China dan negara mitra dagang utama lainnya kembali meningkat, maka ekspor dapat naik. Akan tetapi, dia mengingatkan adanya risiko perlambatan global yang masih menjadi ancaman.

    Di sisi lain, Josua menilai impor diperkirakan akan kembali meningkat dalam beberapa bulan mendatang, terutama karena proyeksi peningkatan aktivitas investasi domestik yang didorong oleh kebijakan fiskal ekspansif pemerintah baru.

    Namun, dia menuturkan bahwa kenaikan impor ini akan sangat bergantung pada stabilitas nilai tukar rupiah dan tingkat suku bunga domestik yang mempengaruhi biaya impor bahan baku dan barang modal.

    “Secara keseluruhan, meskipun surplus perdagangan berpotensi bertahan, ada risiko menyempitnya surplus jika ekspor terus melemah dan impor kembali naik seiring dengan pemulihan aktivitas ekonomi domestik,” pungkasnya.

  • LPEM UI sebut BI perlu tahan suku bunga 5,75 persen bulan ini

    LPEM UI sebut BI perlu tahan suku bunga 5,75 persen bulan ini

    Periode mendekati bulan Ramadan diperkirakan akan meningkatkan permintaan dan mendorong harga menjadi lebih tinggi. Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) untuk Maret 2025 tercatat sebesar 179,0, naik dari 160,2 pada periode sebelumnya

    Jakarta (ANTARA) – Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) menyatakan bahwa Bank Indonesia (BI) perlu menahan suku bunga acuannya di level 5,75 persen dalam Rapat Dewan Gubernur pada Februari 2025.

    Ekonom LPEM UI Teuku Riefky menuturkan di Jakarta, Selasa, bahwa langkah tersebut perlu dilakukan untuk memitigasi dampak dari perekonomian dan geopolitik global serta pergerakan rupiah yang masih fluktuatif terhadap perkembangan ekonomi nasional.

    Ia menyampaikan bahwa tekanan perekonomian global salah satunya disebabkan oleh berbagai kebijakan yang diterapkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Berbagai kebijakan tersebut antara lain pengetatan arus migrasi yang berpotensi mengetatkan pasar tenaga kerja AS, pemotongan pajak korporasi, dan berbagai tarif impor, yang secara keseluruhan berpotensi meningkatkan inflasi AS dan memicu ketidakpastian global.

    “Kombinasi ketiga faktor ini berperan besar dalam pergerakan arus modal di Indonesia dan nilai tukar Rupiah dalam beberapa minggu belakangan,” katanya.

    Riefky mengatakan bahwa faktor lainnya yang dapat memengaruhi perekonomian domestik adalah tingkat inflasi yang pada Januari 2025 tercatat sebesar 0,76 persen year-on-year (yoy).

    Meskipun saat ini tingkat inflasi masih berada di kisaran batas bawah target BI, tapi Indonesia sebentar lagi akan memasuki periode Ramadhan dan Idul Fitri, yang umumnya akan mendatangkan tekanan inflasi.

    “Periode mendekati bulan Ramadan diperkirakan akan meningkatkan permintaan dan mendorong harga menjadi lebih tinggi. Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) untuk Maret 2025 tercatat sebesar 179,0, naik dari 160,2 pada periode sebelumnya,” jelasnya.

    Riefky menyatakan bahwa tekanan inflasi juga datang dari kenaikan harga akibat penyesuaian harga komoditas global seiring dengan kebijakan tarif impor Amerika Serikat terhadap Tiongkok, Meksiko, dan Kanada.

    Selain itu, penguatan dolar AS menambah risiko terhadap fluktuasi rupiah sehingga memperburuk ancaman inflasi impor.

    Ia menuturkan bahwa saat ini nilai tukar rupiah masih bergerak fluktuatif walaupun sedikit menguat. Kurs rupiah sempat menguat dari Rp16.360 pada 17 Januari menjadi Rp16.170 pada 24 Januari.

    Namun, pasca keputusan bank sentral Amerika Serikat, The Fed, yang menahan suku bunga kebijakannya, nilai tukar rupiah sempat melemah ke level Rp16.430 pada awal Februari.

    Berlanjutnya negosiasi penerapan tarif impor oleh Presiden Trump pada minggu awal Februari mendorong pelemahan dolar AS, sehingga rupiah menguat mencapai Rp16.255 pada 14 Februari. Secara keseluruhan, rupiah terdepresiasi secara year-to-date (ytd) sebesar 1,03 persen.

    “Mempertimbangkan berbagai aspek tersebut, kami berpandangan bahwa Bank Indonesia perlu menahan suku bunga acuannya di 5,75 persen pada Rapat Dewan Gubernur di Februari ini,” ujar Teuku Riefky.

    Pewarta: Uyu Septiyati Liman
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025