Negara: Jerman

  • Subsidi Mobil Perusahaan di Jerman Hambat Adopsi EV

    Subsidi Mobil Perusahaan di Jerman Hambat Adopsi EV

    Jakarta

    Menelusuri distrik Bad Godesberg di Bonn, Jerman, akan terlihat banyak vila megah peninggalan awal abad ke-20. Jalanan juga dipenuhi dengan pohon-pohon tua yang menjulang tinggi, dengan daunnya yang berguguran di atas mobil-mobil yang terparkir di bawahnya. Dicat dengan warna hitam pekat, mobil-mobil ini adalah kendaraan berukuran besar dari produsen mobil ternama seperti Porsche, Mercedes, Audi, dan BMW.

    Bad Godesberg di Bonn, Jerman, adalah lingkungan tempat tinggal dari banyak karyawan yang berpenghasilan tinggi yang bekerja di perusahaan besar, seperti Deutsche Telekom dan Deutsche Post, di mana mereka mendapatkan fasilitas berupa mobil perusahaan, bermerek ternama seperti Porsche, Mercedes, Audi, dan BMW.

    Namun tidak lama lagi, kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel akan mulai berkurang di distrik ini.

    Sejak tahun lalu, perusahaan Deutsche Telekom, yang sebagian sahamnya dimiliki oleh negara itu telah mengizinkan karyawannya untuk hanya mendaftarkan kendaraan listrik bertenaga baterai (BEV) sebagai mobil perusahaan yang baru.

    Mobil listrik untuk perusahaan di Jerman masih sedikit

    Mulai 2025, pembuat perangkat lunak Jerman, SAP, hanya akan mengizinkan mobil listrik dan hibrida sebagai mobil perusahaannya. Selain itu, perusahaan kimia BASF, juga hanya memiliki sekitar 320 BEV dari total hampir 1.600 mobil perusahaan.

    “Kami telah menetapkan batas Karbondioksiada (CO2) untuk semua pesanan mobil perusahaan,” kata BASF kepada DW dalam sebuah pernyataan. Itu berarti kendaraan dengan bahan bakar masih menjadi bagian dari armada perusahaan yang masih dapat dipesan.

    Sementara model mobil hibrida banyak dikritik oleh para karyawan, karena sebagian besar perusahaan hanya memberikan kompensasi untuk tagihan bahan bakar konvensional, tetapi tidak untuk biaya listrik pengisian daya.

    Sementara SAP telah mengatasi masalah itu dengan mengizinkan kartu pengisian untuk bahan bakarnya untuk digunakan baik mengisi bahan bakar maupun pengisian daya.

    Dampak iklim negatif yang bertahan lama

    Dua dari tiga mobil baru yang terdaftar di Jerman dibeli oleh badan usaha. Hampir setengahnya adalah mobil perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan untuk keperluan bisnis dan pribadi.

    Mobil-mobil tersebut biasanya hanya digunakan selama beberapa tahun dan kemudian dijual kembali ke pasar mobil bekas, di mana kendaraan itu akan terus memberikan dampak pada emisi keseluruhan selama bertahun-tahun.

    Menurut organisasi nirlaba Eropa yang mengadvokasi kendaraan berkelanjutan, Transport & Environment (T&E), mobil perusahaan menyumbang tiga perempat dari emisi yang dihasilkan oleh seluruh mobil baru.

    Selain itu. banyak perusahaan Jerman kini juga semakin memilih mobil berukuran besar, kata organisasi T&E, di mana satu dari tiga mobil baru yang terdaftar saat ini adalah model SUV, atau setidaknya kendaraan berukuran medium.

    Jerman masih mensubsidi mobil perusahaan yang menghasilkan polusi

    Meskipun pemerintah Jerman bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi hingga nol pada 2045, tetapi sejauh ini bidang bisnis belum banyak membuat kemajuan ke arah itu. Pada paruh pertama 2024, hanya ada sekitar 12% mobil perusahaan baru yang terdaftar di Jerman yang sepenuhnya bertenaga listrik .

    Menurut studi terbaru dari Environmental Resource Management (ERM) yang ditugaskan oleh T&E, pemerintah Jerman setiap tahunnya mensubsidi mobil berbahan bakar fosil yang dibeli perusahaan sebesar €13,7 miliar (sekitar Rp233,3 triliun).

    Studi ERM juga menunjukkan bahwa, diantara enam negara yang menjadi pasar mobil terbesar Eropa, Jerman menjadi negara kedua teratas dalam hal pemberian subsidi tersebut, di mana Italia menjadi urutan pertama yang memberikan subsidi swebesar €16 miliar (sekitar Rp272,4 triliun).

    Sementara, total dari enam negara teratas pemberi subsidi mobil berbahan bakar fosil, yang berbahaya bagi lingkungan itu, menghabiskan sekitar €42 miliar (sekitar Rp715 triliun) per tahun.

    Pada akhir tahun lalu, pemerintah Jerman juga telah menghentikan subsidi mobil listrik bagi masyarakat umum, di mana Menteri Transportasi Jerman Volker Wissing berpendapat, “menciptakan pasar secara permanen dengan subsidi bukanlah solusi.”

    Wissing juga mengatakan, pasar mobil listrik harus bisa bertahan secara mandiri. Pada saat bersamaan, ia justru menolak untuk menghentikan subsidi pada mobil perusahaan, baik mobil listrik maupun konvensional.

    Industri otomotif Jerman desak dukungan negara

    Lambatnya transisi armada perusahaan di Jerman ke kendaraan listrik telah membebani penjualan mobil listrik dari produsen-produsennya karena rendahnya permintaan, kata Susanne Goetz, seorang ahli dari T&E.

    “Merek-merek seperti Volkswagen (VW) dan BMW menghasilkan 70% penjualan mereka di Eropa tahun lalu di pasar mobil perusahaan, jadi potensinya sangat besar,” katanya kepada DW.

    Industri otomotif Jerman sendiri sangat mendukung transisi ke energi listrik. “Mobil perusahaan adalah dorongan besar bagi penyebaran kendaraan listrik yang ramah untuk lingkungan dan jalanan di Jerman,” kata Hildegard Mller, presiden Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA).

    Namun, pandangan ini tampaknya belum sepenuhnya diadopsi oleh para pelaku bisnis, termasuk BMW. Menanggapi pertanyaan DW mengenai mobil perusahaannya, perusahaan itu mengatakan: “Saat ini kami tidak merasa perlu untuk mengintervensi pilihan kendaraan bagi para eksekutif kami.” Tidak mengherankan jika kurang dari sepertiga mobil perusahaan BMW sepenuhnya bertenaga listrik.

    Subsidi mobil perusahaan ini juga utamanya menguntungkan 10% populasi terkaya, kata World Wildlife Fund (WWF). Sebuah studi bersama dengan organisasi lingkungan hidup, peneliti menemukan bahwa mobil perusahaan digunakan oleh karyawan yang pendapatan tahunannya melebihi €80.000 (sekitar Rp1,4 miliar).

    Baru-baru ini, pemerintah Jerman mengeluarkan “Inisiatif Pertumbuhan”, di mana perusahaan ditawarkan penghapusan pajak yang lebih cepat jika berinvestasi pada BEV dan kendaraan bebas emisi lainnya.

    Kepala Departemen Iklim dan Energi WWF Jerman, Viviane Raddatz, menyarankan agar pemerintah mengenakan pajak pada kendaraan, berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan, di mana semakin kecil emisi, semakin kecil pula pajaknya.

    Langkah-langkah lain, seperti mempromosikan sepeda perusahaan atau tiket transportasi umum, juga dapat membantu mengurangi emisi, kata Raddatz kepada DW. Selain itu, pemberian subsidi untuk kendaraan listrik juga mampu mengatasi masalah keterbatasan lahan parkir di kota-kota besar di Jerman, tambahnya.

    Artikel ini diadaptasi dari bahasa Jerman

    (ita/ita)

  • Apa Itu UNRWA dan Mengapa Israel Melarangnya Beroperasi?

    Apa Itu UNRWA dan Mengapa Israel Melarangnya Beroperasi?

    Jakarta

    Israel didesak mempertimbangkan kembali keputusannya yang melarang Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) beroperasi di negara tersebut.

    Selama ini, UNRWA dianggap sebagai penopang hidup di Gaza di tengah krisis kemanusiaan yang kian mengerikan.

    Banyak negara, termasuk sekutu-sekutu utama Israel seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman telah menyatakan keprihatinan mendalam atas pelarangan tersebut.

    Keputusan Israel tersebut dinilai akan sangat berdampak terhadap kapasitas UNRWA yang selama ini sudah sangat terbatas untuk menyediakan layanan pokok bagi warga Gaza. Aturan ini juga akan membatasi kegiatan UNRWA di Tepi Barat.

    Rancangan Undang-Undang (RUU) soal larangan tersebut akan mulai berlaku dalam waktu tiga bulan.

    “Ini adalah kampanye terbaru yang mendiskreditkan UNRWA,” kata Komisaris Jenderal UNRWA, Phillipe Lazzarini.

    “Rancangan Undang-Undang ini hanya akan memperburuk penderitaan warga Palestina,” sambungnya.

    Apa itu UNRWA?

    Lembaga ini mengoperasikan sekolah, pelayanan sosial, pusat kesehatan hingga mendistribusikan bantuan makanan kepada pengungsi Palestina di Gaza dan wilayah lainnya.

    Kapan UNRWA didirikan?

    UNRWA didirikan pada 1949 untuk membantu para pengungsi Palestina dari perang tahun 1948 yang berujung pada didirikannya negara Israel.

    Sebanyak 750.000 orang Palestina terusir dari tanah mereka dalam peristiwa yang mereka sebut sebagai ‘Nakhba’ atau malapetaka.

    Lembaga ini mengatakan bahwa mereka telah berkontribusi terhadap “kesejahteraan dan pembangunan manusia dari empat generasi pengungsi Palestina”.

    BBC

    BBC News Indonesia hadir di WhatsApp.

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    BBC BBC

    Siapa yang dilayani oleh UNRWA?

    Saat ini, sekitar 5,9 juta pengungsi Palestina memenuhi syarat untuk mendapat layanan UNRWA.

    Dari jumlah itu, ada lebih dari 1,5 juta orang yang tinggal di 58 kamp pengungsi yang terdaftar di UNRWA.

    Kamp-kamp tersebut tersebar di Yordania, Lebanon, Suriah, Jalur Gaza, hingga West Bank termasuk Yerusalem Timur.

    Lebih dari 871.000 pengungsi yang terdaftar tinggal di Tepi Barat, sekitar seperempat di antaranya di 19 kamp pengungsi.

    Kantor Pusat UNRWA berada di Amman dan Gaza. Lembaga ini juga memiliki kantor-kantor perwakilan di wilayah operasionalnya yakni Yordania, Lebanon, Suriah, Tepi Barat (termasuk Yerusalem Timur) dan Gaza.

    Baca juga:

    Apa yang dilakukan UNRWA di Gaza?

    Ada sekitar 1,4 juta pengungsi di Gaza dan delapan kamp pengungsian yang terdaftar di UNRWA.

    Sejak 7 Oktober 2023, sebagian besar dari warga Gaza yang berjumlah 2,3 juta orang telah melarikan diri ke wilayah selatan. Setidaknya satu juga orang Palestina kini tinggal di kamp UNRWA.

    Lembaga ini memiliki 13.000 staf dan menjadi Badan PBB terbesar di Gaza.

    UNRWA menjalankan fasilitas-fasilitas keseatan, pendidikan, termasuk pusat pelatihan guru dan hampir 300 sekolah dasar. Lembaga ini juga memproduksi buku-buku pelajaran untuk mendidik anak-anak muda Palestina.

    Getty ImagesSebuah sekolah yang dijalankan oleh UNRWA berubah menjadi kamp pengungsian di Gaza

    Apa yang telah terjadi sejak konflik Israel-Gaza?

    Lebih dari 42.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah tewas sejak Israel melancarkan serangan udara dan menginvasi Gaza sebagai respons atas serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

    UNRWA mengatakan setidaknya 231 stafnya di Gaza juga telah terbunuh.

    Menurut PBB, sekitar 1,9 juta orang Gaza (90% dari populasi) menjadi pengungsi di dalam wilayah itu. Banyak dari mereka telah berulang kali mengungsi, sampai 10 kali bahkan lebih.

    Sejak Israel memulai serangan militer baru di Gaza utara pada Oktober, kelompok-kelompok kemanusiaan mengatakan hampir tidak ada bantuan yang masuk ke wilayah tersebut.

    Data Israel sendiri menunjukkan bahwa pengiriman bantuan ke Gaza telah anjlok dibandingkan pada September.

    Sebelum serangan 7 Oktober, sebanyak 500 truk bantuan masuk ke Gaza setiap harinya. Namun dalam 10 hari pertama Oktober tahun ini, hanya 30 truk yang diizinkan masuk per hari, jumlah terendah yang tercatat sejak konflik.

    Klasifikasi Fase Keamanan Pangan Terpadu (IPC) yang didukung PBB mengatakan sekitar 1,84 juta orang mengalami tingkat kerawanan pangan akut yang tinggi.

    Sebanyak 664.000 orang di antaranya mengalami kelaparan tingkat “darurat” dan hampir 133.000 menghadapi kelaparan tingkat “bencana” di Gaza.

    Bagaimana operasional UNRWA dibiayai?

    Sebagian besar operasional UNRWA dibiayai dari bantuan sukarela dan dana dari negara-negara donor.

    Donor terbesar lembaga ini adalah AS yang menyumbang US$422 juta (Rp6,6 triliun) pada tahun 2023. Jerman adalah donor terbesar kedua, menyumbang US$212,8 juta (Rp3,3 triliun).

    Kedua negara ini berkontirbusi pada sebagian besar pendanaan UNRWA yang jumlahnya mencapai US$1,46 miliar.

    Getty ImagesSekolah yang dikelola UNRWA rusak berat setelah terkena serangan Israel di Gaza

    Mengapa Israel melarang UNRWA?

    Israel menuduh UNRWA berkolusi dengan Hamas di Gaza.

    Selama beberapa dekade terakhir, Israel telah menentang lembaga ini. Namun ketegangan di antara keduanya mencapai puncaknya setelah peristiwa 7 Oktober, di mana Hamas menyerang Israel dan menewaskan 1.200 orang serta menyandera lebih dari 250 orang.

    Israel kemudian mengklaim bahwa beberapa staf UNRWA terlibat dalam serangan tersebut.

    PBB kemudian melakukan investigasi dan memberhentikan sembilan staf pada Agustus.

    Lembaga itu mengatakan bahwa mereka telah memeriksa referensi dan latar belakang semua stafnya secara rinci, bahkan berbagi daftar staf dengan Israel.

    Masalah itu sempat membuat negara-negara donor menangguhkan pendanaan terhadap UNRWA. Sebagian besar telah melanjutkan kembali donasinya, kecuali AS sebagai donor terbesar UNRWA.

    AS menyatakan tidak akan meneruskan bantuannya sampai UNRWA membuat “kemajuan yang nyata”.

    Apa respons PBB?

    Sekretaris Jenderal PBB Antnio Guterres telah memperingatkan bahwa pelarangan tersebut akan menimbulkan “konsekuensi yang sangat buruk” jika diberlakukan.

    Menurutnya, itu akan “merugikan upaya penyelesaian konflik Israel-Palestina serta perdamaian dan keamanan di wilayah itu secara keseluruhan”.

    Direktur UNRWA William Deere mengaku tak yakin lembaganya punya rencana cadangan setelah Israel memutuskan melarang operasional mereka.

    “Kami adalah tulang punggung bantuan kemanusiaan [di Gaza],” katanya kepada BBC.

    Baca juga:

    Lihat Video ‘Korban Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Capai 43 Ribu’:

    (ita/ita)

  • AS Kecam Serangan Mengerikan Israel di Gaza

    AS Kecam Serangan Mengerikan Israel di Gaza

    Jakarta

    Amerika Serikat (AS) mengutuk serangan Israel ke Kota Beit Lahiya di Gaza pada Selasa (29/10), dengan mengatakan pihaknya “sangat prihatin dengan jatuhnya korban sipil” menyusul laporan bahwa banyak anak-anak yang tewas dalam pemboman tersebut.

    “Ini adalah sebuah insiden yang mengerikan dengan hasil yang juga mengerikan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Deplu) AS, Matthew Miller, kepada para wartawan.

    Sedikitnya 93 orang tewas atau hilang akibat serangan tersebut, menurut petugas medis Palestina.

    Washington telah menghubungi pemerintah di Tel Aviv dan “menjelaskan bahwa kami ingin mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya terjadi,” kata Miller.

    Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh AS adalah “bagaimana Anda bisa mencapai sesuatu, yang menurut laporan, mengakibatkan puluhan anak tewas. Dan kami belum dapat jawaban dari pertanyaan itu,” menurut Miller.

    Miller menegaskan kembali seruan gencatan senjata di Gaza karena Israel “telah menghancurkan kemampuan militer Hamas.”

    “Sangatlah penting… bahwa Israel harus hati-hati dalam mencapai keberhasilan strategis yang lebih besar, dan bahwa (Israel) harus berpikir matang dalam menemukan cara untuk mengakhiri operasi ini dengan membawa pulang para sandera, memastikan keamanan mereka, dan tidak hanya melanjutkan konflik yang tak berujung yang terus berlanjut ini,” kata Miller.

    Pengacara HAM Israel mengecam keputusan pelarangan UNRWA

    “Ketika Israel menolak badan PBB yang bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan para pengungsi dan anak-anak mereka, maka Israel berkewajiban untuk menyediakan itu sendiri,” kata Michael Sfard kepada Emily Gordine dari DW.

    “Undang-undang di parlemen Israel kemarin, disahkan tanpa menetapkan pengganti UNRWA. Dan itu, tentu saja, akan menyebabkan bencana kemanusiaan.”

    Sfard juga menuduh Jerman sebagai “aktor utama” yang memungkinkan Israel untuk menghindari konsekuensi dari tindakannya ini, secara internasional.

    “Jerman mungkin adalah pendukung nomor satu, bersama dengan AS, tentu saja, dari pelanggaran-pelanggaran Israel terhadap hukum internasional,” katanya.

    “Jika ada negara lain yang melakukannya, katakanlah sebuah negara di Afrika, saya yakin Jerman akan berada di urutan teratas dari negara-negara yang akan menuntut untuk memberikan tekanan kepada negara itu, untuk mundur dari pelanggaran yang menghebohkan tersebut, tidak hanya terhadap konvensi dan hukum internasional, tetapi juga terhadap hak-hak orang yang tidak bersalah,” tambah Sfard.

    “Jika Jerman dan semua negara, tidak menerapkan standar yang sama terhadap Israel maka hal itu akan merusak seluruh gagasan hukum internasional.”

    Norwegia desak ICJ tinjau kewajiban Israel terhadap Palestina

    Norwegia mengatakan akan mengajukan resolusi ke Majelis Umum PBB yang meminta Mahkamah Internasional (ICJ) untuk kembali menegaskan tanggung jawab Israel dalam memberikan bantuan kepada warga Palestina.

    Perdana Menteri (PM) Norwegia Jonas Gahr Store mengatakan bahwa pemerintahnya “mendesak agar ICJ menyatakan kewajiban Israel untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina, yang diberikan oleh organisasi internasional, termasuk PBB, dan berbagai negara.”

    Langkah ini merupakan tanggapan atas keputusan Israel pada hari Senin (28/10), yang melarang beroperasinya badan bantuan PBB untuk Palestina, UNRWA, di wilayah konflik tersebut.

    “Kebijakan pemerintah Israel membuat warga Palestina semakin sulit untuk mengakses bantuan penyelamatan nyawa dan layanan dasar seperti perawatan kesehatan dan pendidikan,” tambah Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide.

    kp/ha/ (AFP, Reuters, AP)

    (ita/ita)

  • 5
                    
                        Profil Tom Lembong, Eks Mendag yang Jadi Tersangka Korupsi Impor Gula
                        Nasional

    5 Profil Tom Lembong, Eks Mendag yang Jadi Tersangka Korupsi Impor Gula Nasional

    Profil Tom Lembong, Eks Mendag yang Jadi Tersangka Korupsi Impor Gula
    Penulis
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Thomas Trikasih Lembong ditetapkan menjadi tersangka oleh
    Kejaksaan Agung
    dalam kasus dugaan
    korupsi
    terkait impor gula di Kementerian Perdagangan (Kemendag).
    Lelaki yang kerap disapa
    Tom Lembong
    itu ditetapkan menjadi tersangka dalam kapasitas sebagai mantan Menteri Perdagangan bersama Direktur Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Perdagangan Indonesia 2015-2016 berinisial CS.
    Tom yang lahir pada 4 Maret 1971 bermukim di Jerman antara usia 3 sampai 10 tahun. Namun, dia sempat mengenyam pendidikan di Regina Pacis, Palmerah, Jakarta.
    Setelah lulus SMA, Tom kemudian pergi ke Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Dia kemudian menyelesaikan pendidikan tingginya di Harvard University pada 1994 dengan gelar Bachelor of Arts (B.A.) di bidang arsitektur dan tata kota.
    Akan tetapi, Tom Lembong justru berkecimpung di industri jasa keuangan.

    Dia bekerja di Divisi Ekuitas Morgan Stanley di Singapura pada 1995. Setelah itu Tom Lembong menduduki posisi sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia dari 1999 sampai 2000.
    Tom Lembong juga pernah menjadi penasihat ekonomi ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Posisi ini dipertahankan sampai Jokowi menjadi presiden 2014.
    Lalu, Tom menjadi Menteri Perdagangan 2015-2016, sebelum digeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sampai 2019.
    Setelah itu, Tom Lembong bergabung dengan kubu calon presiden Anies Baswedan sebagai tim pemenangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
    Dalam konstruksi perkara ini, pada 2015, berdasarkan rapat koordinasi antarkementerian, telah disimpulkan Indonesia mengalami surplus gula sehingga tidak diperlukan impor gula.
    Akan tetapi, di tahun yang sama, Tom yang ketika itu menjabat Menteri Perdagangan memberikan izin impor gula kristal mentah tersebut.
    Oleh Kemendag, PT AP diberikan izin mengimpor 105.000 ton gula kristal mentah yang diolah menjadi gula kristal putih.
    “Pemberian izin ini tidak melalui rapat koordinasi atau tanpa ada rekomendasi dari Kementerian Perindustrian,” kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Abdul Qohar dalam konferensi pers, Selasa (29/10/2024) malam.
    Akibat perkara itu, Indonesia diduga mengalami kerugian mencapai Rp 400 miliar. Usai pemeriksaan, Tom Lembong kemudian ditahan sebagai tersangka di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kecaman Internasional Buntut Israel Larang UNRWA

    Kecaman Internasional Buntut Israel Larang UNRWA

    Jakarta

    Israel lewat Parlemennya menyetujui undang-undang yang melarang badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pengungsi Palestina atau United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) bekerja di Israel. Sejumlah negara, termasuk Indonesia, pun mengecam keputusan Israel tersebut.

    Dilansir AFP, Selasa (29/10), undang-undang ini disetujui Senin (28/10) waktu setempat. Para legislator Israel meloloskan undang-undang tersebut dengan 92 suara mendukung.

    Sementara itu, ada 10 suara menentang. Undang-undang ini disahkan setelah bertahun-tahun kritik keras Israel terhadap UNRWA, yang semakin meningkat sejak dimulainya perang di Gaza menyusul serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.

    Larangan terhadap badan PBB tersebut –yang telah menyediakan bantuan penting dan pendampingan di seluruh wilayah Palestina dan pengungsi Palestina di tempat lain selama lebih dari tujuh dekade — akan menjadi pukulan bagi kerja kemanusiaan di Gaza jika diterapkan, menurut para ahli.

    Sementara itu, Juru bicara UNRWA Juliette Touma mengecam pemungutan suara tersebut.

    “Sangat keterlaluan bahwa negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa berupaya membubarkan badan PBB yang juga merupakan penanggap terbesar dalam operasi kemanusiaan di Gaza,” katanya kepada AFP.

    Amerika CS Mengecam

    Sejumlah negara hingga PBB pun mengecam keputusan Israel tersebut. Keputusan itu juga disebut bisa berimplikasi serius.

    Beberapa sekutu setia Israel di Barat menyuarakan kekhawatiran atas larangan tersebut, dengan Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengatakan Inggris “sangat khawatir”. Amerika Serikat pun menyatakan “keprihatinan mendalam”, dengan menekankan bahwa UNRWA memiliki peran “kritis” dalam memberikan bantuan kepada warga sipil di Gaza.

    Miller menyatakan bahwa UNRWA memainkan peran penting dalam menyediakan layanan bagi warga Palestina di Tepi Barat dan wilayah lainnya. Menurutnya, badan PBB itu menjalankan peran yang “tak tergantikan” di Gaza, di mana mereka berada di garis depan dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat.

    “Tidak ada yang bisa menggantikan mereka saat ini di tengah krisis,” ujarnya.

    Jerman — yang selama ini menjadi pembela setia keamanan Israel — memperingatkan bahwa hal itu akan “secara efektif membuat pekerjaan UNRWA di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem timur menjadi mustahil… membahayakan bantuan kemanusiaan penting bagi jutaan orang”.

    Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan bahwa RUU Israel itu bisa memiliki “konsekuensi yang menghancurkan” jika diterapkan, dan “kemungkinan akan mencegah UNRWA melanjutkan pekerjaan pentingnya”.

    Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

  • Video: Maruarar Sirait Kasih Rumah Gratis Hingga VW PHK Massal

    Video: Maruarar Sirait Kasih Rumah Gratis Hingga VW PHK Massal

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Maruarar Sirait memberikan kejutan baru. Untuk mendukung program 3 juta rumah yang dicanangkan Presiden Prabowo Subianto, Maruarar menyumbangkan tanahnya seluas 2,5 hektar di Bintaro Tangerang.

    Sementara itu, Volkswagen, perusahaan otomotif terbesar di Eropa berencana menutup setidaknya tiga pabrik di Jerman, dan memberhentikan puluhan ribu karyawan serta mengurangi kapasitas pabrik lainnya sebagai bagian dari restrukturisasi besar-besaran.

    Selengkapnya dalam program Evening Up CNBC Indonesia, Selasa (29/10/2024).

  • TNI AU menerima pesawat NC212i dari PT DI

    TNI AU menerima pesawat NC212i dari PT DI

    Pesawat NC212i buatan PTDI yang dikirimkan untuk TNI AU, Senin (28/10/2024). ANTARA/Ho-Humas PTDI.

    TNI AU menerima pesawat NC212i dari PT DI
    Dalam Negeri   
    Novelia Tri Ananda   
    Senin, 28 Oktober 2024 – 16:21 WIB

    Elshinta.com – Jajaran TNI AU menerima satu unit pesawat NC212i yang merupakan pesawat keenam dari sembilan pesawat yang dipesan di perusahaan dalam negeri yakni PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Senin.

    Dari siaran pers resmi PT DI yang diterima ANTARA  di Jakarta, Senin, dijelaskan pesawat dengan nomor ekor AX-2133 ini dibawa ke Skuadron 4 dengan cara diterbangkan dari PT DI oleh Mayor Pnb Syamsu Alam sebagai pilot in command ferry, Kapten Pnb Adam sebagai copilot 1 dan Lettu Pnb Risqi Nurhafidah sebagai copilot 2.

    Sebelum dibawa ke TNI AU dari PT DI, pesawat tersebut sudah mendapatkan flight acceptance certificate pada 24 Oktober 2024 lalu. Sertifikat tersebut pun juga telah dikeluarkan ketika PTDI mengirimkan lima pesawat NC212i sebelumnya untuk TNI AU.

    “Adapun kelima pesawat sebelumnya telah dikirimkan secara bertahap, dua unit pada tahun 2023, satu unit pada tahun 2022 dan dua unit pada tahun 2021,” seperti dikutip siaran pers tersebut.

    Pesawat NC212i itu memilik spesifikasi yang tidak jauh dari yang sebelumnya yakni sudah dilengkapi dengan baling-baling baru buatan MT Propeller yakni MTV-27 yang telah disertifikasi oleh EASA. Baling-baling buatan MT Propeller asal Jerman itu menghasilkan suara atau kebisingan yang rendah ketika mesin dinyalakan. Selain itu, mesin tidak mengalami hentakan ketika menyalakan single engine ketika berada di udara.

    Pilot yang membawa pesawat tersebut yakni Mayor Pnb Syamsu Alam mengatakan dirinya sangat mengapresiasi pesawat hasil karya anak bangsa ini. Dia berharap PTDI dapat terus berinovasi untuk menghadirkan pesawat udara yang lebih canggih untuk memperkuat pertahanan Indonesia.

    “Tentunya pesawat yang terbaru ini akan menjadi salah satu kekuatan sebagai Alutsista di Skadron 4. Dari sembilan pesawat telah ter-delivery enam pesawat atau sekitar 60 persen, kami harapkan dalam waktu dekat bisa jadi 100 persen,” ujar Mayor Syamsu dalam siaran pers tersebut.

    Untuk diketahui, pesawat NC212i  yang ketujuh direncanakan akan dikirim oleh PTDI ke pihak TNI AU pada Februari 2025 mendatang.

    Sumber : Antara

  • Warganya Dieksekusi Mati di Iran, Jerman Layangkan Protes!

    Warganya Dieksekusi Mati di Iran, Jerman Layangkan Protes!

    Berlin

    Otoritas Iran mengeksekusi mati seorang warga negara Iran-Jerman yang dinyatakan bersalah melakukan serangan teroris. Kementerian Luar Negeri Jerman langsung memanggil utusan diplomatik Iran di Berlin terkait eksekusi mati warganya tersebut.

    Kementerian Luar Negeri Jerman dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Selasa (29/10/2024), menegaskan “tindakan lebih lanjut” mungkin akan diambil terkait hal tersebut.

    Laporan media pemerintah Iran pada Senin (28/10), yang dilansir Reuters, menyebut Jamshid Sharmahd, yang berusia 69 tahun dan memiliki kewarganegaraan ganda Iran-Jerman, telah dieksekusi mati setelah dia dinyatakan bersalah melakukan serangan teroris.

    Berlin menyebut eksekusi mati terhadap Sharmahd itu sebagai “pembunuhan” oleh Iran.

    “Setelah pembunuhan Jamshid Sharmahd oleh rezim Iran, charge d’affaires Iran segera dipanggil ke Kementerian Luar Negeri hari ini,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Jerman dalam pernyataan pada Selasa (29/10) waktu setempat.

    Kementerian Luar Negeri Jerman menyatakan bahwa Duta Besar Jerman di Teheran telah melayangkan protes kepada Menteri Luar Negeri Iran dan “telah dipanggil kembali ke Berlin untuk berkonsultasi”.

    Sharmahd, yang juga memiliki izin tinggal di Amerika Serikat (AS), dijatuhi hukuman mati tahun 2023 lalu atas tuduhan “korupsi di Bumi” — istilah yang biasa digunakan Teheran untuk tindak kejahatan besar.

  • BMW Luncurkan 2 Mobil Edisi Terbatas di Indonesia, Segini Harganya

    BMW Luncurkan 2 Mobil Edisi Terbatas di Indonesia, Segini Harganya

    Jakarta

    BMW Group Indonesia resmi meluncurkan dua mobil edisi terbatas di Tanah Air, yakni BMW M4 CS dan BMW M2 Coupe Special Edition. Menariknya, kuota keduanya tak sampai 10 unit!

    Peter ‘Sunny’ Medalla selaku Presiden Direktur BMW Group Indonesia mengatakan, Indonesia telah menjadi ‘rumah’ untuk model motorsport BMW. Bahkan, tahun lalu, penetrasi penjualan M-series di Tanah Air menjadi yang tertinggi secara global.

    “Ada hal yang membuktikan betapa potensialnya pasar mobil di Indonesia. Tahun lalu, Indonesia mencatatkan ratio penetrasi M tertinggi secara global. Angkanya 1 banding 10 untuk total penjualan BMW,” ujar Sunny saat peluncuran produk di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (29/10).

    BMW M4 CS di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    BMW M4 CS merupakan kendaraan yang didesain khusus untuk lintasan balap. Kendaraan dengan konfigurasi empat penumpang tersebut hanya tersedia tak sampai 10 unit di Indonesia. Seluruhnya sudah dipesan konsumen melalui skema booking.

    BMW M4 CS memang dirancang secara khusus dan sangat hati-hati. Bahkan, production period-nya hanya dibatasi untuk 12 bulan saja sejak Juli 2024 di Dingolfing, Jerman. CS atau competition sport merupakan kasta tertinggi dari keluarga M4.

    Mobil sport tersebut menggunakan mesin M Twin Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 550 PS atau 20 PS lebih besar dibandingkan M4 Competition M xDrive yang belum lama ini meluncur di Indonesia. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu melesat dari nol ke 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik.

    Beralih ke mobil berikutnya, ada BMW M2 Coupe Special Edition. Kendaraan tersebut sebenarnya sama seperti model regular. Hanya saja, pabrikan memberikan warna khusus dengan tambahan ornamen spesial yang membuatnya lebih sporty.

    Mobil baru BMW M2 Coupe SE di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    BMW M2 Coupe Special Edition hanya tersedia dua unit di Indonesia. Pabrikan memberikan sentuhan khusus di BMW M2 Coupe Special Edition dengan penggunaan material karbon di bagian bumper, spion cover panel di area roda.

    Mesin yang digunakan masih sama seperti versi regular, yakni M Twin Turbo enam silinder dengan muntahan tenaga 460 PS dengan transmisi M Steptronic 6-percepatan. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu melesat dari nol ke 100 km/jam dalam 4,1 detik.

    BMW M4 CS dibanderol Rp 2,99 miliar dan BMW M2 Coupe Special Edition Rp 1,76 miliar dengan status off the road. Namun, untuk M2 Coupe Special Edition, konsumen harus menambah Rp 500 jutaan untuk performance parts.

    (sfn/rgr)

  • iOS 18.1 Dirilis Bawa Apple Intelligence, Ini Daftar iPhone yang Dapat

    iOS 18.1 Dirilis Bawa Apple Intelligence, Ini Daftar iPhone yang Dapat

    Jakarta

    iOS 18.1 resmi dirilis Apple untuk iPhone seluruh dunia. Selain perbaikan, update ini membawa fitur yang ditunggu-tunggu, yakni Apple Intelligence.

    “Apple Intelligence memperkenalkan era baru bagi iPhone, iPad, dan Mac, yang menghadirkan pengalaman dan alat baru yang akan mengubah apa yang dapat pengguna kami capai,” tutur Tim Cook, CEO Apple.

    “Apple Intelligence dirancang dengan basis inovasi AI dan pembelajaran mesin selama bertahun-tahun untuk menempatkan model generatif Apple dalam inti perangkat kami, memberikan pengguna kami sistem kecerdasan pribadi yang mudah digunakan – sekaligus melindungi privasi mereka. Apple Intelligence adalah AI generatif yang kecanggihannya hanya bisa dihadirkan oleh Apple, dan kami sangat antusias dengan kemampuannya dalam meningkatkan kehidupan pengguna kami.”

    Seperti diutarakan Tim Cook, Apple Intelligence juga tersedia di iPad maupun Mac. Namun tidak semua iPhone, iPad dan Mac mendapatkan fitur tersebut, kamu bisa cek daftarnya di bawah ini:

    Daftar iPhone yang Dapat Apple Intelligence

    iPhone yang dapat Apple Intelligence meliputi:

    iPhone 15 ProiPhone 15 Pro MaxiPhone 16iPhone 16 PlusiPhone 16 ProiPhone 16 Pro MaxDaftar iPad yang Dapat Apple Intelligence

    iPad yang dapat Apple Intelligence meliputi:

    iPad Pro 12,9 inch (generasi ke-5 dan yang lebih baru)iPad Pro 11 inch (generasi ke-3 dan yang lebih baru)iPad Air (generasi ke-5 dan yang lebih baru)iPad (generasi ke-10 dan yang lebih baru)iPad mini (generasi ke-6 dan yang lebih baru)Daftar Mac yang Dapat Apple IntelligenceMacBook Air (2020 dan yang lebih baru)MacBook Pro 13 inch (2020 dan yang lebih baru)MacBook Pro 14 inch (2021 dan yang lebih baru)MacBook Pro 16 inch (2021 dan yang lebih baru)iMac (2021 dan yang lebih baru)Mac mini (2020 dan yang lebih baru)Mac Studio (2022 dan yang lebih baru)Mac Pro (2023 dan yang lebih baru)Apple Intelligence tersedia di iPhone, iPad dan Mac Foto: AppleCara Download Apple Intelligence

    Apple Intelligence kini tersedia sebagai pembaruan perangkat lunak gratis dengan iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1. Untuk download caranya:

    Buka SettingsTekan GeneralLalu tekan Software UpdateSetelah ada informasi iOS 18,1 iPadOS 18.1 dan macOS Sequoia 15.1 sudah tersedia, tekan Download dan InstallIkuti petunjuk yang tampil di layarFitur Apple Intelligence

    Ada banyak kemampuan Apple Intelligence yang dipamerkan saat WWDC 2024. Namun tidak semua tersedia di iOS 18.1 iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1.

    “Apple Intelligence menghadirkan berbagai kemampuan menarik baru yang membuat iPhone, iPad, dan Mac Anda menjadi lebih berguna dan bermanfaat, mulai dari Alat Menulis untuk membantu menyempurnakan tulisan, hingga ringkasan pemberitahuan yang menampilkan apa yang paling penting, hingga kemampuan untuk mencari hampir segala hal di foto dan video hanya dengan mendeskripsikannya,” tutur Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.

    “Semuanya dirancang dengan basis privasi dengan pemrosesan pada perangkat dan Private Cloud Compute, pendekatan baru inovatif yang memperluas privasi dan keamanan iPhone ke dalam cloud untuk melindungi informasi pengguna. Kami sangat senang dapat menghadirkan rangkaian fitur pertama Apple Intelligence kepada pengguna hari ini, dan ini baru permulaan.”

    Fitur Apple Intelligence yang bisa dinikmati saat ini meliputi:

    Writings Tools Foto: Apple

    Writing Tools

    Rewrite: Ubah gaya tulisanmu menjadi lebih profesional, ringkas, atau ramah dengan mudah.Proofread: Koreksi tata bahasa, pilihan kata, dan struktur kalimat secara otomatis.Summarize: Ringkas teks panjang menjadi poin-poin penting, daftar, atau tabel.Membuat film dengan deskripsi teks Foto: Apple

    Fitur Baru di Aplikasi Foto:

    Pencarian foto dan video dengan deskripsi menggunakan bahasa sehari-hari.Fitur Bersihkan untuk menghapus objek yang mengganggu dari foto.Pembuatan film otomatis berdasarkan deskripsi teks.Siri baru Foto: Apple

    Peningkatan Siri

    Desain baru yang lebih elegan dan terintegrasi.Fleksibilitas berinteraksi dengan Siri melalui suara atau teks.Pemahaman bahasa yang lebih baik, termasuk ucapan yang kurang jelas.Pengetahuan produk Apple yang luas untuk menjawab pertanyaanmu.Onscreen awareness: Siri dapat memahami dan mengambil tindakan pada konten yang ditampilkan di layarKecerdasan yang dipersonalisasi: Siri dapat mengakses informasi pengguna di perangkat untuk memberikan pengalaman yang lebih personal, seperti menemukan podcast yang direkomendasikan oleh kontak atau melacak informasi penerbangan.Apple Intelligence bantu transkrip dan meringkas Foto: Apple

    Meningkatkan Fokus

    Priority Messages: Identifikasi pesan penting secara otomatis agar tidak terlewat.Summarize Email: Ringkasan email yang mudah dipahami sehingga Anda dapat menangkap inti informasi dengan cepat.Summarize Notification: Ringkasan notifikasi yang terorganisir untuk menghindari gangguan berlebihan.Smart Reply: Balas pesan dengan cepat menggunakan saran balasan yang relevan.Reduce Interruptions: Minimalisir gangguan dengan mengelola notifikasi secara cerdas.Transcribe & Summarize Audio: Ubah audio menjadi teks dan dapatkan ringkasannya dengan mudah di Notes dan Telepon

    Sedikit catatan, fitur Apple Intelligence di atas bisa digunakan hanya dalam bahasa Inggris. Pada bulan Desember, Apple Intelligence akan tersedia dalam bahasa Inggris yang dilokalkan di Afrika Selatan, Australia, Britania Raya, Irlandia, Kanada, dan Selandia Baru,

    Di April 2025, pembaruan perangkat lunak akan menambahkan dukungan bahasa, dan masih banyak lagi yang akan hadir sepanjang tahun. Bahasa Mandarin, Inggris (India), Inggris (Singapura), Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Spanyol, Vietnam, dan bahasa lainnya akan didukung.

    (afr/afr)