Negara: Jerman

  • Kerja Sama Keuangan Bilateral Indonesia dan Singapura Diperpanjang 3 Tahun

    Kerja Sama Keuangan Bilateral Indonesia dan Singapura Diperpanjang 3 Tahun

    Jakarta, Beritasatu.com – Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) telah menyetujui perpanjangan perjanjian kerja sama keuangan bilateral hingga 1 November 2027.

    Kepala Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso menjelaskan, perpanjangan kali ini dilakukan untuk periode 3 tahun, berbeda dari perpanjangan sebelumnya yang hanya berlaku 1 tahun. Langkah ini menunjukkan penguatan sinergi antara kedua otoritas dalam menjaga stabilitas moneter dan keuangan di tengah kondisi global yang masih diliputi ketidakpastian.

    “Kerja sama ini dimulai pada November 2018 untuk terus saling mendukung dan juga membangun kepercayaan terhadap perekonomian masing-masing negara,” ujar Ramdan, Senin (4/11/2024).

    Perjanjian tersebut mencakup dua bentuk kerja sama keuangan bilateral. Pertama, local currency bilateral swap agreement (LCBSA) yang memungkinkan pertukaran mata uang lokal antara kedua bank sentral hingga mencapai 9,5 miliar dolar Singapura atau sekitar Rp 100 triliun.

    Kedua, bilateral repo agreement (BRA) yang memungkinkan kedua bank sentral melakukan transaksi repo untuk mendapatkan likuiditas sebesar US$ 3 miliar (atau mata uang Yen/Euro dengan nilai setara) dengan jaminan obligasi pemerintah yang diterbitkan oleh Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang.

    Ramdan menambahkan, perjanjian ini juga bagian dari upaya BI dalam memperluas dan memperkuat kerja sama internasional di bidang kebanksentralan, mencerminkan peran penting kerja sama global sebagai bagian dari strategi kebijakan BI.

  • Eks Jubir Netanyahu Ditahan Atas Dugaan Bocorkan Dokumen Rahasia

    Eks Jubir Netanyahu Ditahan Atas Dugaan Bocorkan Dokumen Rahasia

    Jakarta

    Seorang mantan juru bicara (jubir) Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah ditahan karena diduga membocorkan dokumen rahasia, yang mungkin telah membahayakan negosiasi kesepakatan penyanderaan di Gaza.

    Dilansir kantor berita AFP, Senin (4/11/2024), pihak pengadilan di kota pesisir Rishon LeZion, Eliezer Feldstein ditahan bersama tiga orang lainnya, termasuk pejabat-pejabat keamanan.

    Berita tentang kasus tersebut telah membuat pihak oposisi mempertanyakan apakah Netanyahu terlibat dalam kebocoran tersebut. Namun tuduhan ini dibantah oleh pihak kantor Netanyahu.

    Para kritikus telah lama menuduh pemimpin negeri Yahudi tersebut mengulur-ulur negosiasi gencatan senjata dan memperpanjang perang untuk menenangkan mitra-mitra koalisi sayap kanannya.

    Badan keamanan dalam negeri dan militer Israel meluncurkan penyelidikan atas pelanggaran tersebut pada bulan September, setelah dua surat kabar, mingguan Inggris, The Jewish Chronicle dan tabloid Jerman, Bild menerbitkan artikel berdasarkan dokumen militer rahasia tersebut.

    Satu artikel menyebutkan bahwa sebuah dokumen telah ditemukan yang menunjukkan bahwa pemimpin Hamas saat itu Yahya Sinwar — yang kemudian dibunuh oleh Israel — dan para sandera di Gaza akan diselundupkan keluar dari wilayah tersebut ke Mesir melalui Koridor Philadelphia di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir.

    Dokumen pertama yang bocor ternyata palsu, dan memo internal sebenarnya ditulis oleh militan Hamas tingkat rendah, kata laporan media Israel.

    Pengadilan Israel mengatakan bahwa perilisan dokumen tersebut berisiko menyebabkan “bahaya parah pada keamanan negara”.

  • Mau Tutup 3 Pabrik-PHK Puluhan Ribu Karyawan, Bos VW Buka Suara

    Mau Tutup 3 Pabrik-PHK Puluhan Ribu Karyawan, Bos VW Buka Suara

    Jakarta, CNBC Indonesia – Program pemangkasan biaya yang direncanakan Volkswagen (VOWG_p.DE) tidak dapat dihindari untuk memperbaiki “masalah struktural selama puluhan tahun” di produsen mobil Jerman itu. Hal ini dikatakan langsung CEO VW Oliver Blume.

    “Permintaan pasar yang lemah di Eropa dan pendapatan yang jauh lebih rendah dari Tiongkok mengungkap masalah struktural selama puluhan tahun di VW,” kata Blume kepada surat kabar Bild am Sonntag pada hari Minggu dikutip Reuters, Minggu (3/11/2024).

    Kepala dewan pekerja Volkswagen mengatakan Senin lalu bahwa produsen mobil itu berencana untuk menutup sedikitnya 3 pabrik di Jerman, memberhentikan puluhan ribu staf, dan mengecilkan pabrik-pabrik yang tersisa di ekonomi terbesar Eropa itu saat merencanakan perombakan yang lebih dalam dari yang diharapkan.

    Produsen mobil tersebut belum mengonfirmasi rencana tersebut, tetapi pada hari Rabu perusahaan meminta para pekerjanya untuk menerima pemotongan gaji sebesar 10% dengan alasan bahwa itu adalah satu-satunya cara bagi produsen mobil terbesar di Eropa tersebut untuk menyelamatkan karyawan dan tetap kompetitif.

    Blume bilang biaya operasional di Jerman merupakan hambatan besar bagi daya saing Volkswagen.

    “biaya kami di Jerman harus dikurangi secara besar-besaran,” ucapnya.

    Menurut laporan tersebut, produsen mobil tersebut telah menyisihkan sekitar 900 juta euro (US$ 975,06 juta) dalam laporan tahunannya untuk mengambil langkah-langkah tersebut. ($1 = 0,9230 euro)

    (fys/wur)

  • Raksasa Mobil Dunia Mau Bangkrut, Tutup 3 Pabrik-PHK Puluhan Ribu

    Raksasa Mobil Dunia Mau Bangkrut, Tutup 3 Pabrik-PHK Puluhan Ribu

    Jakarta, CNBC Indonesia – Volkswagen AG, perusahaan otomotif terbesar di Eropa, berencana untuk menutup setidaknya tiga pabrik di Jerman. Bukan hanya itu, VW juga melakukan PHK massal dengan memberhentikan puluhan ribu karyawan, serta mengurangi kapasitas pabrik lainnya sebagai bagian dari langkah restrukturisasi besar-besaran.

    Kepala dewan perwakilan pekerja VW, Daniela Cavallo, menyampaikan pada Senin (28/10/2024) bahwa langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap tekanan besar yang dihadapi perusahaan, termasuk biaya energi dan tenaga kerja yang tinggi, kompetisi ketat dengan produsen Asia, serta menurunnya permintaan di Eropa dan China.

    “Manajemen sangat serius mengenai hal ini. Ini bukan gertakan dalam putaran perundingan bersama,” ujar Cavallo dalam pertemuan dengan karyawan di Wolfsburg, pusat utama Volkswagen, dilansir Reuters, Minggu (3/11/2024).

    Ia menambahkan bahwa langkah tersebut bisa menjadi awal penjualan besar-besaran aset Volkswagen di negara asalnya, Jerman. Cavallo tidak menyebutkan secara spesifik pabrik mana yang akan terdampak atau jumlah pasti karyawan dari total sekitar 300.000 pekerja di Jerman yang berpotensi terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Rencana restrukturisasi ini muncul di tengah negosiasi panjang antara VW dan serikat pekerja untuk mengurangi biaya operasional. Cavallo juga mengungkapkan bahwa perusahaan berencana untuk memotong gaji merek Volkswagen setidaknya sebesar 10% dan membekukan kenaikan gaji hingga 2025 dan 2026.

    Foto: Volkswagen. (REUTERS/Brendan Mcdermid/File Photo)
    Volkswagen. (REUTERS/Brendan Mcdermid/File Photo)

    Sementara itu, ribuan karyawan VW berkumpul di Wolfsburg untuk memprotes rencana tersebut dengan membunyikan klakson dan peluit, menyuarakan tuntutan agar tidak ada satu pun pabrik yang ditutup.

    Pihak manajemen Volkswagen berencana untuk menyampaikan proposal lebih konkret mengenai pengurangan biaya tenaga kerja pada Rabu, bersamaan dengan dirilisnya laporan keuangan kuartal ketiga perusahaan.

    Gunnar Kilian, anggota dewan Volkswagen, menyatakan bahwa situasi perusahaan memang genting dan tanggung jawab negosiator sangat besar. “Tanpa langkah-langkah komprehensif untuk meningkatkan daya saing, kami tidak akan mampu mendanai investasi penting untuk masa depan,” ujarnya.

    Selain itu, Kepala Divisi Merek Volkswagen, Thomas Schaefer, menyebut bahwa produktivitas pabrik-pabrik di Jerman tidak mencukupi, dengan biaya produksi mencapai 25-50% lebih tinggi dari target, bahkan pada beberapa lokasi mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan pesaing internasional.

    Perubahan besar yang direncanakan Volkswagen ini juga menjadi tekanan tambahan bagi pemerintah Jerman, yang saat ini berupaya merangsang pertumbuhan ekonomi di tengah ancaman resesi.

    (wur/wur)

  • Maskapai Dunia Tiba-Tiba Tutup Penerbangan ke China, Ada Apa?

    Maskapai Dunia Tiba-Tiba Tutup Penerbangan ke China, Ada Apa?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Setidaknya tujuh maskapai dunia yang menutup rute penerbangan ke China. Hal ini terungkap dari laporan situs berita perjalanan Skift.

    Skift mencatat, tujuh perusahaan penerbangan besar itu mundur dalam empat bulan terakhir.

    Dalam laporan Skift yang dilihat CNBC International, Virgin Atlantic dan Scandinavian Airlines, misalnya, menarik diri sepenuhnya dari China. Langkah ini juga mengikuti manuver LOT Polish Airlines asal Polandia dan Qantas asal Australia.

    Di sisi lain, ada juga maskapai yang mengurangi operasionalnya dengan mengurangi jam penerbangan atau menerjunkan armada yang lebih kecil. Di antaranya Lufthansa asal Jerman, British Airways asal Inggris, dan Finnair dari Finlandia.

    Kepala analis di perusahaan pengamat penerbangan OAG, John Grant, mengatakan bahwa manuver ini sangatlah dipengaruhi oleh permintaan perjalanan yang rendah dan biaya yang tinggi. Dari sisi permintaan, masalah ekonomi China, yang belum berperforma optimal pasca pandemi membuat jumlah perjalanan masih lesu.

    “Permintaan masuk dan keluar dari China merupakan masalah besar lainnya. Masalah ekonomi negara itu menggagalkan perjalanan keluar, sementara minat internasional yang lesu untuk mengunjungi China mengurangi kedatangan yang masuk,” kata Grant, dikutip Sabtu (2/11/2024).

    Pada 2019 sebelum pandemi, China menyambut sekitar 49,1 juta pelancong. Sementara untuk kali ini sekitar 17,25 juta orang asing telah tiba di China tahun ini hingga Juli.

    Permintaan yang rendah juga telah mengganggu maskapai penerbangan domestik di China. Grant mengatakan bahwa maskapai penerbangan China akan pulih, tetapi hanya dalam jangka panjang.

    “Namun, ketika maskapai penerbangan terbesarnya merugi US$ 4,8 miliar (Rp 75 triliun) pada tahun 2022 dan tahun lalu ‘hanya’ US$ 420 juta (Rp 6,6 triliun), ketika semua maskapai penerbangan internasional utama memperoleh laba, mereka masih harus menempuh jalan panjang,” tambahnya.

    Sementara itu, masalah biaya operasional yang tinggi datang dari perang Rusia-Ukraina. Moskow, yang menjadi salah satu penghubung China ke Eropa dan Amerika Serikat (AS), kemudian menutup wilayah udaranya bagi pesawat Benua Biru dan Negeri Paman Sam.

    Hal ini memaksa banyak maskapai Eropa untuk terbang pada rute yang lebih jauh untuk mencapai Asia. Penerbangan yang lebih jauh membutuhkan lebih banyak bahan bakar, yang membuat penerbangan menjadi lebih mahal.

    Namun, maskapai penerbangan China tidak diwajibkan tunduk pada larangan wilayah udara Rusia, sehingga mereka dapat terbang pada rute yang sama ke Eropa lebih cepat dan lebih murah daripada maskapai Eropa lainnya.

    “Selain itu maskapai penerbangan harus beroperasi dengan awak pesawat empat orang karena jam kerja yang panjang, padahal, dalam beberapa kasus, mereka dapat menggunakan awak pesawat dua atau tiga orang,” kata Grant.

    “Ketika awak pesawat pendek dan jam kerja terbatas, itu menjadi pengeluaran.”

    Musim dingin ini, maskapai penerbangan yang berbasis di China akan mengoperasikan 82% dari semua penerbangan antara China dan Eropa, naik dari 56% sebelum pandemi. Secara kolektif, maskapai penerbangan China juga telah meningkatkan kapasitas ke Eropa dengan skala yang lebih besar dibandingkan dengan sebelum pandemi, meskipun pasar masih lesu

    “Maskapai penerbangan China sangat membutuhkan uang tunai dan ingin terlihat kembali normal. Dan, lebih banyak penerbangan sedang dalam proses pembukaan,” tutur Grant.

    “Musim dingin mendatang akan ada sekitar 18 rute baru antara China dan Eropa, yang semuanya berasal dari maskapai penerbangan China. Ini gila, tidak ada permintaan nyata,” ujarnya.

    (fsd/fsd)

  • Ekonomi Zona Euro Tumbuh 0,4 Persen pada Kuartal III

    Ekonomi Zona Euro Tumbuh 0,4 Persen pada Kuartal III

    Brussel, Beritasatu.com – Pertumbuhan ekonomi zona euro mencapai 0,4% pada kuartal III 2024 atau naik dari 0,2% pada kuartal II 2024, menurut data awal yang dirilis Eurostat.

    Secara tahunan (year on year/yoy), produk domestik bruto (PDB) zona euro dan Uni Eropa (UE) yang telah disesuaikan musiman menunjukkan peningkatan sebesar 0,9% pada kuartal III tahun ini. 

    “Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada kuartal II 2024, yaitu 0,6% untuk zona euro dan 0,8 persen untuk UE,” kata Eurostat dilansir Antara, Sabtu (2/11/2024).

    Jerman, sebagai ekonomi terbesar di zona euro, berhasil keluar dari kontraksi pada kuartal II dengan mencatat pertumbuhan sebesar 0,2% pada kuartal III. Menurut data Eurostat, Prancis dan Spanyol masing-masing mengalami pertumbuhan sebesar 0,4% dan 0,8% pada periode yang sama.

    Irlandia mencatatkan pertumbuhan tertinggi di antara negara-negara UE pada kuartal ini, dengan laju 2%. Ssedangkan Hungaria mengalami penurunan signifikan minus 0,7%. “Latvia dan Swedia juga melaporkan penurunan PDB pada periode tersebut,” kata Eurostat.

    Ekonom senior di perusahaan jasa keuangan dan perbankan ING Bert Colijn menjelaskan, pertumbuhan PDB zona euro pada kuartal III dipengaruhi sejumlah faktor, seperti ketidakstabilan PDB Irlandia yang terpengaruh aktivitas akuntansi perusahaan multinasional. 

    Selain itu, kenaikan PDB Prancis turut didorong persiapan penyelenggaraan Olimpiade 2024.

  • Israel Gempur Gaza Utara Tewaskan 84 Warga Palestina, Termasuk 50 Anak

    Israel Gempur Gaza Utara Tewaskan 84 Warga Palestina, Termasuk 50 Anak

    Jakarta

    Israel kembali menggempur wilayah Gaza menewaskan warga Palestina. 2 serangan Israel terhadap bangunan tempat tinggal di Gaza utara telah menewaskan 84 warga Palestina, termasuk lebih dari 50 anak-anak.

    Seperti dilansir AlJazeera, Sabtu (2/11/2024), kantor media pemerintah menambahkan bahwa dua bangunan bertingkat itu menampung sedikitnya 170 orang saat menjadi sasaran.

    Dikatakan bahwa 84 orang tewas dalam apa yang digambarkan sebagai “pembantaian” karena tidak ada petugas pertahanan sipil, layanan medis, atau layanan bantuan lainnya yang tersedia di daerah tersebut di tengah pengepungan Israel dan pemboman yang terus berlanjut.

    Tidak disebutkan lokasi bangunan tersebut, tetapi mengatakan bahwa bangunan tersebut milik keluarga Shalayel dan al-Ghandour.

    Pemerintah meminta masyarakat internasional untuk menegakkan kewajibannya melindungi warga sipil dan mengatakan bahwa Israel dan sekutunya–AS, Prancis, Inggris, dan Jerman–bertanggung jawab atas “genosida” yang sedang berlangsung di Gaza.

    (rfs/rfs)

  • KRI Teluk Hading purnatugas setelah 30 tahun perkuat TNI AL

    KRI Teluk Hading purnatugas setelah 30 tahun perkuat TNI AL

    Jakarta (ANTARA) – Kapal perang Republik Indonesia KRI Teluk Hading-538 purnatugas setelah berlayar selama 30 tahun memperkuat armada TNI Angkatan Laut khususnya untuk operasi-operasi angkutan laut militer.

    Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana saat dihubungi di Jakarta, Jumat, mengatakan kapal perang yang beroperasi sejak 1994 itu nonaktif sejak Kamis (31/10).

    “Upacara penurunan bendera ular-ular perang KRI Teluk Hading-538 dilaksanakan di Dermaga Layang, Markas Komando Lantamal VI Makassar,” kata Kadispenal.

    Baca juga: TNI AL: KRI Teluk Hading buatan Jerman dan laik berlayar

    Upacara penghormatan terakhir kepada KRI Teluk Hading di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, dipimpin oleh Inspektur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kunto Tjahjono.

    Laksma Kunto, dalam sambutannya, menjelaskan KRI Teluk Hading telah bertugas melampaui batas usia pakainya, dan banyak berjasa bagi bangsa dan negara dalam berbagai tugas operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

    Dia menyebut prajurit TNI AL pengawak KRI Teluk Hading pasti merasa berat menerima status kapal yang nonaktif, tetapi mereka patut berbangga.

    “Terdapat rasa bangga manakala para prajurit KRI Teluk Hading-538 ini dapat mengantar dan melepas KRI Teluk Hading-538 sampai pada pengabdian yang terakhir,” kata Inspektur Kolinlamil.

    Selepas upacara, eks komandan KRI Teluk Hading, Letkol Laut (P) Benny Yumanta juga resmi berpindah jabatan menjadi perwira senior di Staf Perencanaan Kolinlamil.

    KRI Teluk Hading-538 merupakan kapal berjenis Frosch yang dibangun pada 1977 oleh VEB Peenerweft, Wolgast, Jerman Timur. Kapal itu resmi memperkuat TNI AL pada 1994, dan aktif berdinas sebagai kapal angkut Tank Frosch (ATF) di bawah kendali Kolinlamil sejak 1996.

    Dalam rentang waktu 30 tahun, KRI Teluk Hading menjadi andalan untuk mengangkut pasukan dari markas ke wilayah operasi, di antaranya para pasukan yang ditugaskan ke daerah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kemudian pasukan yang ditugaskan ke daerah-daerah terluar di perbatasan RI-Australia dan di Papua. KRI Teluk Hading juga kerap digunakan untuk operasi kemanusiaan, termasuk mengangkut bantuan untuk korban bencana alam, misalnya korban gempa di Lombok dan banjir di Banjarmasin.

    Kapal perang itu pada 2023 sempat terbakar saat berlayar di perairan sekitar Makassar, Sulawesi Selatan, saat menjalankan tugas mengangkut pasukan ke daerah operasi. Aksi penyelamatan cepat dilakukan dan saat itu seluruh penumpang dan kru kapal selamat.

    Baca juga: KRI Teluk Hading bawa bantuan TNI AL untuk korban banjir Kalsel
    Baca juga: KRI Teluk Hading terbakar di Perairan Selayar
     

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: Laode Masrafi
    Copyright © ANTARA 2024

  • Wisman asal Malaysia mendominasi kunjungan wisatawan di Sulsel

    Wisman asal Malaysia mendominasi kunjungan wisatawan di Sulsel

    ….turis dari Malaysia yang terbanyak yakni 681 kunjungan.Makassar (ANTARA) – Wisatawan mancanegara (wisman) asal negara-negara tetangga di Asia Tenggara khususnya dari Malaysia mendominasi kunjungan wisata ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada September 2024.

    Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Aryanto, di Makassar, Jumat, mengatakan tingkat kunjungan wisman ke Sulsel sebanyak 1.326 kunjungan, dan khusus yang dari negara-negara Asia Tenggara mendominasi kunjungan seperti Malaysia, Singapura, dan China.

    “Kalau kita melihat secara umum dari semua wisatawan mancanegara itu, turis dari Malaysia yang terbanyak yakni 681 kunjungan,” ujarnya.

    Adapun kunjungan wisman dari berbagai negara besar yang masuk melalui pintu Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, yakni dari Belanda, Prancis, Singapura, Jerman, Australia, Amerika Serikat, dan China.

    Jumlah kunjungan wisman dari negara-negara tersebut, masing-masing sebanyak 78, 53, 49, 44, 36, 34, dan 32 kunjungan dari China.

    Sementara secara umum, tingkat kunjungan wisman pada September 2024 sebanyak 1.326 orang berbanding 1.427 kunjungan pada Agustus 2024 atau mengalami penurunan 7,08 persen.

    “Untuk kunjungan fluktuatif setiap negaranya. Tetapi secara umum itu mengalami penurunan 7,08 persen, karena dari 1.427 kunjungan pada Juli 2024 menjadi 1.326 kunjungan di September 2024,” katanya lagi.

    Sedangkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Sulsel pada September 2024 mencapai rata-rata 52,18 persen atau turun sebesar 2,41 poin dibandingkan dengan TPK Agustus 2024 yang mencapai 54,59 persen.

    Dibandingkan dengan TPK September 2023 yang sebesar 50,94 persen, mengalami peningkatan sebesar 1,24 poin.

    “Rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik pada hotel klasifikasi bintang di Sulawesi Selatan selama September 2024 masing-masing adalah 1,50 hari,” ujarnya pula.
    Baca juga: Turis Malaysia dominasi kunjungan wisman ke Sulsel
    Baca juga: Tingkat kunjungan wisman ke Sulsel meningkat 69 persen

    Pewarta: Muh. Hasanuddin
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mendagri: Peran BPSDM penting wujudkan Indonesia Emas 2045

    Mendagri: Peran BPSDM penting wujudkan Indonesia Emas 2045

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan peran penting Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

    Tito Karnavian juga mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) perlu memahami visi ini secara mendalam dan turut serta dalam pengembangannya, terutama melalui peningkatan kualitas SDM yang unggul dan dukungan terhadap inovasi di berbagai sektor.

    “Indonesia Emas sebetulnya suatu yang possible. Kita nantinya akan didominasi oleh middle class, negara maju. Kuncinya di sini yang ingin saya sampaikan adalah pentingnya peran SDM untuk mencapai Indonesia Emas itu,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

    Mendagri menyebut berbagai lembaga internasional seperti Bank Dunia, IMF, McKinsey, dan Global Insight (GI) memprediksi Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar keempat atau kelima di dunia pada tahun 2045.

    Indonesia bahkan akan menempati peringkat ekonomi atas melampaui negara-negara maju seperti Jepang, Rusia, Jerman, Inggris, Italia, dan Prancis.

    Indonesia juga diproyeksikan akan bergabung dengan negara-negara perekonomian global teratas seperti Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

    “Indonesia Emas yang diproyeksi oleh para futuris yang memikirkan dari tren perkembangan Indonesia, perkembangan dunia yang ada, Indonesia akan diperkirakan akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor empat atau nomor lima di dunia terbesar,” ujarnya.

    Ia mengemukakan bahwa visi Indonesia Emas berkaitan dengan kondisi Indonesia sebagai negara maju dengan masyarakat yang didominasi oleh kelas menengah sejahtera.

    Kondisi ini ditandai dengan kehidupan yang nyaman seperti dapat memiliki rumah, kendaraan, menyekolahkan anak, bahkan bisa berlibur ke luar negeri.

    “Punya uang untuk liburan dan seterusnya, itulah kelas menengah, bisa keluar negeri, seperti itu, sama seperti orang Jepang, orang Jerman, Inggris, UK,” tambah Tito.

    Mendagri optimistis visi Indonesia Emas ini bisa terwujud dengan upaya peningkatan kualitas SDM dalam mendorong transformasi secara bertahap dan signifikan.

    Tito lantas menggarisbawahi pentingnya peran dari para agen perubahan di kementerian dan lembaga pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, sebagai pendorong utama peningkatan SDM yang berkualitas di Indonesia.

    Hal ini sebagaimana dicontohkan oleh mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew dengan mengirim anak muda di negaranya ke berbagai universitas terbaik di dunia.

    “Lee Kuan Yew, bagaimana dia mengubah Singapore, dari pulau yang hanya untuk nelayan menjadi negara yang paling maju di Asia Tenggara, bahkan salah satu yang terbaik di dunia kesejahteraannya. Dia invest yang luar biasa pada sumber daya manusia,” pungkasnya.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024