Negara: Jerman

  • Program MBG Dipaparkan di KTT N4G Paris 2025 – Halaman all

    Program MBG Dipaparkan di KTT N4G Paris 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Program Makan Bergizi Gratis (MBG) dipaparkan di Konfernsi Tingkat Tinggi (KTT) Nutrisi Pertumbuhan/Nutrition for Growth (N4G) Summit di Paris, Prancis, 27-28 Maret 2025.

    KTT N4G Paris 2025 merupakan forum pertemuan puncak multi-pemangku kepentingan yang mengadvokasi komitmen keuangan dan politik tentang gizi dan keterkaitan dengan sektor-sektor yang lain.

    Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan (PMK) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Amich Alhumami mewakili tim delegasi Indonesia. 

    Peserta inti KTT ini terdiri dari 32 negara dan peserta non intinya terdiri dari puluhan kelembagaan internasional yang mencakup sektor swasta, perbankan, industri, lembaga penelitian, organisasi masyarakat sipil, filantropi, dan sebagainya. 

    KTT N4G 2025 diselenggarakan oleh Kementerian Eropa dan Kementerian Luar Negeri Prancis atas sokongan UNICEF, Stronger Foundations for Nutrition, dan Scaling Up Nutrition (SUN), Paris Peace Forum, The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), dan organisasi global lainnya. 

    Selain Amich, palenis lainnya adalah H.E. Baroness Chapman, Menteri Bidang Pembangunan Internasional Inggris; H.E. Carlos Gabriel Cardoza, Wakil Menteri Bidang Kebijakan Publik dan Manajemen Kesehatan El Salvador; dan Juan Pablo Uribe, Direktur Global untuk Kesehatan Gizi dan Populasi di Bank Dunia dan Direktur di Global Financing Facility for Women Children and Adolescents (GFF).

    “Gizi bukan hanya masalah kesehatan. Masalah ini juga sangat terkait dengan pendidikan, perlindungan sosial, pertanian, dan pembangunan ekonomi. Itulah sebabnya kebijakan kami berfokus pada tata kelola yang kuat, pembiayaan yang berkelanjutan, dan akuntabilitas untuk memastikan dampak yang nyata,” papar Amich Alhumami pada sesi diskusi panel N4G Paris 2025, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Kamis (3/4/2025). 

    Ia mengatakan, bagi Indonesia, di antara nilai-nilai yang menginspirasi dari KTT N4G Paris 2025 adalah energi, komitmen, dan visi bersama secara global dalam mengatasi kesenjangan akses, kualitas, dan keterkaitan erat gizi dengan sektor pembangunan yang lain. 

    “Nutrisi bukan hanya masalah teknis, ini adalah masalah keadilan, martabat, dan kesempatan untuk semua, nutrisi dan makanan sehat adalah hak rakyat,” lanjut Amich.

    Pada kesempatan itu, Amich memaparkan lima strategi pemerintah RI mengatasi permasalahan gizi, termasuk melalui program Makan Bergizi Gratis (MBG).

    Pertama, mengintegrasikan kebijakan pembangunan gizi dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2025-2029 agar gizi tetap menjadi prioritas utama secara konstitusional. 

    Kedua, melacak dan menandai pengeluaran, baik belanja maupun alokasi anggaran, untuk gizi, yang ditempuh dengan memastikan investasi mengarah pada perbaikan dalam kehidupan masyarakat. 

    “Setiap satu dolar yang dibelanjakan untuk gizi, harus dipertanggungjawabkan kepada publik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” papar Amich.

    Ketiga, alumnus Universitas Sussex, Inggris itu juga menyebut penguatan peran pemerintah daerah (Pemda) melalui pendanaan dan pengembangan kapasitas untuk memastikan program gizi efektif di tingkat masyarakat.

    “Oleh karena itu, pelaksanaan program pembangunan gizi juga cukup rumit dalam hirarki tata kelola pemerintahan yang bertingkat, pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, sehingga peran Pemda sangat perlu diperkuat dalam pembangunan gizi masyarakat,” papar Amich.  

    Keempat, penggunaan teknologi seperti platform e-HDW atau e-PPGBM. Berbagai perangkat ini, lanjut Amich, untuk membantu pekerja garis depan dalam melacak layanan gizi secara real time.

    Strategi terakhir, berupa perluasan program gizi utama, melalui program MBG di sekolah-sekolah, inisiatif gizi ibu dan anak, dan suplementasi gizi mikro atau mikronutrien.

    Menurut Amich Alhumami, pemerintah Indonesia sudah relatif lama menjadikan gizi sebagai prioritas nasional dan agenda strategis, tetapi pada periode pemerintahan 2024-2029 semakin menonjol. 

    “Itu karena diperkuat oleh Presiden Prabowo Subianto dengan berinvestasi dalam pembangunan gizi melalui program MBG, dengan target anak-anak sekolah, santri, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita, suatu kelompok sasaran strategis yang akan berdampak langsung pada upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia,” ungkapnya. 

    Program MBG sebetulnya tidak disorot secara spesifik oleh para peserta N4G Paris 2025, tetapi menjadi stimulus perbincangan tentang pengalaman pemerintah RI mengatasi kekurangan gizi dan gizi buruk, sehingga menjadi sorotan dunia. 

    Menurutnya, hal itu mengemuka di kalangan pemerintah Prancis, Inggris, Jerman, Swiss, Venezuela, India, Singapura, Kerajaan Lesotho, dll; serta para pemimpin organisasi dunia seperti Bank Dunia untuk Kesehatan, Asian Development Bank (ADB), International Fund for Agricultural Development (IFAD), Nutrition International, The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), dan sebagainya. 

    “Rata-rata mereka berpandangan, pengalaman pelaksanaan strategi utama pemerintah RI dalam mengatasi permasalahan gizi dapat meningkatkan human capital & human development untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen sampai 2029,” ungkapnya. 

    Program MBG dinilai dapat menjangkau lintas sektor dalam mengatasi permasalahan gizi, prestasi belajar siswa, dan pangan dengan kelompok sasaran yang besar sekitar lebih dari 82 juta jiwa.

    Sehingga program MBG diharap dapat menjadi instrumen penting dalam mengonsolidasi kebijakan pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi serta mempercepat target kedaulatan pangan.

    Faktor Penghambat Pembangunan Gizi

    Pada kesempatan itu, Amich juga memaparkan tiga faktor utama yang memungkinkan dan menghambat kemajuan pembangunan gizi di Indonesia. 

    Pertama, kemauan politik yang kuat.

    “Gizi merupakan prioritas nasional, dan komitmen ini memastikan kami untuk tetap berada di jalur yang benar,” terang Amich. 
     
    Kedua, tata kelola dan akuntabilitas yang lebih baik.

    “Melacak anggaran gizi dan memantau hasilnya membantu memastikan bahwa investasi membuat perbedaan menjadi faktor ini,” sambung Amich.

    Ketiga, kolaborasi lintas sektor.

    “Gizi bukan hanya tentang makanan, ini tentang pendidikan, sanitasi, perlindungan sosial, dan stabilitas ekonomi,” lanjut Amich.  

    Tantangan selanjutnya mengubah pola pikir dan perilaku. 

    Nutrisi, ujar Amich Alhumami, juga berkaitan dengan budaya dan kebiasaan. Mendorong pilihan makanan yang lebih sehat memerlukan waktu dan upaya.
     
    Tantangan lainnya mempertahankan pembiayaan jangka panjang.

    Pemerintah Indonesia, kata Amich, terus memastikan bahwa dana untuk nutrisi tetap stabil dan terus bertambah seiring berjalannya waktu. 

    “Kami melihat sejumlah tantangan ini sebagai peluang untuk berinovasi dan melakukan yang lebih baik. Itulah sebabnya kami berinvestasi dalam sistem yang lebih kuat, keterlibatan masyarakat yang lebih baik, dan kebijakan yang lebih cerdas untuk mengatasinya,” papar Amich.

    Sementara itu diketahui, hingga Februari 2025, program MBG telah menjangkau 770 ribu anak, dengan target mencapai 1 juta anak pada akhir Februari 2025.

    Pemerintah menargetkan percepatan program MBG dengan harapan dapat menjangkau 15 juta anak pada September 2025.

    Untuk mendukung pelaksanaan program ini, Badan Gizi Nasional (BGN) telah dibentuk sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pemenuhan gizi masyarakat Indonesia

    (Tribunnews.com/Gilang Putranto)

  • Ada Aktivitas di Segmen Seulimeum Sesar Sumatera, Pemicu Gempa M5,4 di Banda Aceh

    Ada Aktivitas di Segmen Seulimeum Sesar Sumatera, Pemicu Gempa M5,4 di Banda Aceh

    Liputan6.com, Bandung – Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan aktivitas sesar aktif dengan mekanisme sesar normal pada segmen Seulimeum, Sesar Sumatera yang terbentuk akibat adanya zona tarikan pada sistem sesar mendatar, jadi pemicu gempa bumi berkekuatan M 5,4 pada kedalaman 10 km di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh 30 Maret 2025, pukul 09.58 WIB.

    Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid, kondisi wilayah di sekitar lokasi pusat gempa bumi pada umumnya berupa dataran pantai yang dibatasi oleh perbukitan bergelombang hingga terjal pada bagian timur – Tenggara.

    “Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dari petugas BPBD setempat, tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, dan jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi,” ujar Wafid, Bandung, Minggu (30/3/2025).

    Berdasarkan data Badan Geologi daerah tersebut tersusun oleh tanah lunak (kelas E) dan tanah sedang (kelas D) pada morfologi dataran pantai, serta tanah keras (kelas C) pada morfologi perbukitan.

    Wafid mengatakan daerah sekitar lokasi pusat gempa bumi tersusun oleh endapan Kuarter berupa aluvial Pantai dan Sungai, serta batuan rombakan gunung api muda dan sebagian telah mengalami pelapukan.

    “Endapan Kuarter pada umumnya bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi,” terang Wafid.

    Selain itu pada morfologi perbukitan yang tersusun oleh batuan yang telah mengalami pelapukan, berpotensi terjadi gerakan tanah yang dapat dipicu oleh guncangan gempa bumi kuat dan curah hujan tinggi.

    Wafid merekomendasikan bangunan di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari dari risiko kerusakan dan harus dilengkapi dengan jalur serta tempat evakuasi.

    “Oleh karena wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Besar tergolong rawan gempa bumi terutama bersumber dari Sesar Sumatera, maka harus ditingkatkan upaya mitigasi melalui mitigasi struktural dan non struktural,” ungkap Wafid.

    Wafid mengaku belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa bumi ini. Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiskas (BMKG) guncangan gempa bumi dirasakan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar pada skala IV MMI (Modified Mercalli Intensity).

    Sedangkan, sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa bumi tinggi.

    “Kejadian gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami karena lokasi pusat gempa bumi terletak di darat,” terang Wafid.

    Kejadian gempa bumi ini diperkirakan tidak berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya sesar permukaan dan bahaya ikutan berupa retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuefaksi.

    Menurut informasi dari BMKG lokasi pusat gempa bumi terletak di darat pada koordinat 95,47 BT dan 5,63 LU, berjarak sekitar 18 km timur laut Kota Banda Aceh, dengan magnitudo (M 5,4) pada kedalaman 10 km.

    Berdasarkan data The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 95,347 BT dan 5,434 LU dengan magnitudo (M 5,1) pada kedalaman 10 km.

    Sementara informasi dari GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 95,49 BT dan 5,49 LU, dengan magnitudo (M 5,2) pada kedalaman 10 km.

     

    Pohon Bertumbangan Menutup Jalan, Kapolres Pemalang Turun Tangan

  • Ini Manfaat Ikut Pertamina UMK Academy, Pelaku UMKM Bisa Go Global – Page 3

    Ini Manfaat Ikut Pertamina UMK Academy, Pelaku UMKM Bisa Go Global – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Program UMK Academy yang digagas PT Pertamina mampu membawa ribuan pelaku usaha mikro kecil (UMK) naik kelas lebih cepat. Para peserta Pertamina UMK Academy pun mengakui ada banyak manfaat yang dirasakan usai mengikuti program ini.

    Digelar sejak 2020, UMK Academy adalah program pembinaan UMK dari Pertamina untuk meningkatkan kualitas produk dan manajemen UMKM.

    Mengusung empat kurikulum yaitu Go Modern yang bertujuan agar UMK mengadopsi praktik bisnis modern, Go Digital untuk mengenalkan dan mengintegrasikan teknologi digital dalam operasional bisnis, Go Online untuk membantu UMK memanfaatkan platform online dalam pemasaran dan penjualan, serta Go Global untuk mempersiapkan UMK memasuki pasar internasional.

    Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Rudi Ariffianto memaparkan beragam manfaat yang bisa didapat UMK apabila mengikuti program Pertamina UMK Academy.

    Pertama, UMK bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan bisnis oleh mentor profesional. Kedua, skill UMK dalam menjalankan usaha bisa terdorong lewat gamifikasi yang dilakukan.

    Ketiga, UMK bisa mendapatkan bantuan sertifikasi usaha untuk meningkatkan daya saing. Keempat, mendapatkan dukungan pemasaran agar produk lebih dikenal termasuk melalui digital dan branding.

    Kelima, UMK punya kesempatan memperluas jaringan bisnis dan kolaborasi dengan sesama pelaku usaha sehingga semakin siap bersaing di pasar lokal maupun internasional.

    “Terakhir, para peserta juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hibah alat produksi untuk mendukung pengembangan usaha,” katanya.

    Founder produk fesyen khas Indonesia, Haluan Bali, Defria Kirana mengaku, usaha yang dijalaninya cepat berkembang setelah mengikuti program Pertamina UMK Academy.

    Bahkan berbekal ilmu yang diraih dari program ini, produk Haluan Bali telah menembus pasar Australia, Jepang, Belanda, Jerman hingga ke Amerika Serikat.

    “Pertamina UMK Academy adalah sebuah program yang sangat keren. Saya bisa dapat ilmu, networking, punya kesempatan ikut beragam pameran, dan dapat tambahan modal usaha,” ungkap Champion kelas Go Online Pertamina UMK Academy 2024 ini.

    Bukan hanya itu, Defria juga mengaku Haluan Bali bisa lebih menetapkan jati dirinya sebagai brand yang memiliki positioning yang lebih jelas dibandingkan sebelumnya setelah ikut program ini.

    Dia pun semakin bersyukur karena Haluan Bali berhasil mendapatkan hibah alat teknologi yang bisa membantu meningkatkan proses produksi.

    “Kami berharap Haluan Bali bisa semakin besar, produktif, dan menjadi brand lokal yang dibanggakan Indonesia,” jelasnya.

     

  • Bukan Jerman, Negara Ini Akan Menderita Akibat Tarif Impor Mobil Trump

    Bukan Jerman, Negara Ini Akan Menderita Akibat Tarif Impor Mobil Trump

    Jakarta, Beritasatu.com – Tarif impor otomotif yang diterapkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diperkirakan akan memberikan dampak besar terhadap merek-merek mobil serta negara-negara di seluruh dunia. Para ekonom memperingatkan, salah satu negara Eropa mungkin akan merasakan dampak terberat dari kebijakan ini, yakni Slowakia.

    Melansir CNBC International, Rabu (2/3/2025) Trump dijadwalkan untuk mengungkapkan perincian tarif barunya pada Rabu (2/3/2025) pukul 16.00 waktu setempat. Langkah-langkah ini diterapkan Washington terhadap sektor otomotif global dengan tujuan untuk menyeimbangkan kembali ekonomi yang lebih menguntungkan bagi AS.

    Trump telah mengumumkan tarif sebesar 25% untuk semua kendaraan impor, yang akan mulai berlaku pada Kamis, dengan biaya dibebankan kepada perusahaan yang mengimpor kendaraan. Sementara itu, pajak untuk suku cadang mobil akan mulai diterapkan pada Mei.

    Pengumuman berulang yang dikeluarkan oleh Presiden Trump terkait tarif ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor global, eksekutif perusahaan, dan mitra dagang AS dalam beberapa bulan terakhir.

    Jerman mengkritik tarif impor otomotif Trump sebesar 25% ini, yang mereka sebut sebagai kabar buruk bagi AS, Uni Eropa, dan perdagangan global secara keseluruhan.

    Menurut ekonom bank Belanda ING Inga Fechner mengatakan, meskipun Jerman kemungkinan akan terkena dampak terbesar dalam hal nilai, Slowakia mungkin akan merasakan dampak yang lebih signifikan dalam hal volume ekspor ke AS.

    “Industri otomotif Jerman jelas menjadi yang paling terdampak dalam hal nilai, dengan produsen besar, seperti Volkswagen, BMW, Mercedes, dan Porsche yang kemungkinan besar akan terpengaruh oleh tarif tersebut,” ucapnya.

    “Namun, Slowakia, yang memiliki sejumlah pabrik mobil, kemungkinan besar akan merasakan dampak terbesar terkait volume ekspor ke AS,” tambahnya.

    Dikenal dengan julukan “Detroit Eropa” karena industri otomotif yang berkembang pesat, Slowakia memproduksi lebih banyak mobil per kapita dibandingkan negara lain di dunia.

    Meskipun negara ini hanya memiliki populasi sekitar 5,4 juta orang, ia sangat bergantung pada perdagangan dengan AS, dengan sektor otomotif menyumbang sebagian besar ekspor ke negara tersebut.

    Selain itu, sektor ini secara tidak langsung mempekerjakan lebih dari 250.000 orang di Slowakia, yang tentunya akan terdampak dari tarif impor Trump.

  • Kemenperin Sebut Lebaran Jadi Penyelamat Indeks Manufaktur Indonesia Maret 2025 Tak Makin Merosot – Halaman all

    Kemenperin Sebut Lebaran Jadi Penyelamat Indeks Manufaktur Indonesia Maret 2025 Tak Makin Merosot – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arief mengatakan Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Maret 2025 bisa semakin merosot jika tidak ada perayaan hari besar keagamaan dan momen liburan.

    Diketahui, S&P Global mencatat Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada bulan Maret 2025 masih berada di level ekspansif sebesar 52,4 poin.

    Namun, angka tersebut turun dibandingkan dengan PMI bulan sebelumnya sebesar 53,6.

    Momentum perayaan keagamaan, terutama Lebaran dan liburan setelahnya, disebut menjadi penahan laju penurunan PMI lebih dalam lagi.

    Padahal, biasanya momentum perayaan keagamaan setiap tahunnya selalu menjadi titik lonjakan permintaan bagi produk-produk manufaktur dan diikuti dengan kenaikan PMI.

    Namun, kali ini lonjakan tersebut tidak terjadi.

    “Momentum perayaan keagamaan kali ini hanya mampu menjadi penopang PMI agar tidak turun lebih dalam lagi,” kata Febri dalam keterangan tertulis, Rabu (2/4/2025).

    Berdasarkan laporan perusahaan industri pada Kemenperin, penjualan produk manufaktur, terutama untuk produk industri makanan, minuman serta Tekstil dan Produk Tekstil (TPT), mengalami penurunan penjualan pada saat menjelang lebaran.

    Penurunan penjualan di antaranya disebabkan pelemahan daya beli masyarakat.

    Perlambatan ini juga terlihat dari laporan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Maret 2025 yang berada di angka 52,98 atau turun tipis 0,17 poin dibandingkan Februari 2025.

    “Tetapi, para pelaku industri masih menyampaikan optimisme yang tinggi dalam menjalankan usaha di Indonesia,” ujar Febri.

    Berdasarkan data yang dirilis oleh S&P Global, PMI manufaktur Indonesia pada Maret 2025 mampu melampaui beberapa negara.

    Ada Republik Rakyat Tiongkok (RRT) (51,2), Vietnam (50,5), Thailand (49,9), Taiwan (49,8) Amerika Serikat (49,8) Myanmar (49,8), Belanda (49,6), Korea Selatan (49,1), Prancis (48,9), Jerman (48,3), Jepang (48,3), dan Inggris (44,6).

    Hampir semua negara ASEAN mengalami penurunan PMI pada Maret, bahkan beberapa negara ada yang kontraksi.

    Namun, itu karena sebagian negara tersebut tidak memiliki perayaan hari besar keagamaan pada Maret untuk menjadi pendorong lonjakan ataupun menahan penurunan PMI.

    “Bayangkan jika tidak ada perayaan hari besar keagamaan dan liburan pada bulan Maret ini, maka PMI Indonesia bisa turun lebih dalam lagi,” ucap Febri.

    PMI Bisa Naik Lagi

    Febri menyebut PMI Indonesia dapat naik lagi, bahkan lebih tinggi dibanding pada Februari sebesar 53,6, jika mampu mengoptimalkan permintaan perayaan keagamaan.

    Selain itu, pengendalian produk impor murah di pasar domestik juga perlu dioptimalkan.

    Produk impor murah di pasar domestik mengancam industri manufaktur nasional yang masih menjadi sektor andalan dalam memacu pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

    Industri manufaktur Indonesia juga berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja karena hingga saat ini telah menyerap lebih dari 19 juta pekerja. 

    “Namun, dengan derasnya arus produk impor barang jadi dengan harga murah masuk ke pasar domestik, tentunya mengancam keberlangsungan industri dalam negeri,” kata Febri.

    Artinya, Febri bilang, kinerja industri manufaktur masih sangat bergantung pada pasar domestik yang potensial. 

    Hampir 80 persen produk manufaktur dijual di pasar domestik untuk memenuhi kebutuhan pemerintah, swasta dan rumah tangga. 

    “Oleh karena itu, jika manufaktur memiliki kinerja baik, maka pendapatan dari 19 juta rakyat Indonesia yang bekerja pada sektor manufaktur juga ikut naik,” ujarnya.

    “Sebaliknya, ketika pasar domestik dibanjiri produk impor barang jadi, akan mengakibatkan tekanan yang berat pada demand domestik, bahkan juga akan mengancam pendapatan rumah tangga untuk 19 juta pekerja tersebut,” jelas Febri.

    Lindungi Sektor Manufaktur Nasional

    Ia menjelaskan Kemenperin senantiasa berupaya melindungi sektor manufaktur nasional melalui kebijakan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Selain itu, pemerintah juga mendorong penerapan kebijakan pembatasan impor melalui non-tariff measures untuk menekan laju produk impor yang berpotensi merugikan industri lokal.

    “Sekali lagi kebijakan ini bertujuan melindungi industri dalam negeri dari gempuran produk impor murah yang sudah dapat diproduksi oleh industri dalam negeri,” kata Febri.

    “Melindungi industri dalam negeri berarti melindungi 19 juta rakyat Indonesia yang bekerja pada industri dalam negeri,” jelasnya.

  • Penjualan Industri Makanan hingga Tekstil Turun jelang Lebaran Dampak Pelemahan Daya Beli – Page 3

    Penjualan Industri Makanan hingga Tekstil Turun jelang Lebaran Dampak Pelemahan Daya Beli – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia untuk Maret 2025 masih berada di level ekspansif sebesar 52,4 poin. Angka ini turun dibandingkan dengan PMI bulan sebelumnya sebesar 53,6 tetapi penurunan tersebut tidak terlalu besar karena adanya momentum perayaan keagamaan terutama Lebaran.

    Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arief menjelaskan, perayaan keagamaan setiap tahunnya selalu menjadi titik lonjakan permintaan bagi produk-produk manufaktur dan diikuti dengan kenaikan PMI. Namun kali ini lonjakan tersebut tidak terjadi. Momentum perayaan keagamaan kali ini hanya mampu menjadi penopang PMI agar tidak turun lebih dalam lagi.

    Berdasarkan laporan perusahaan industri pada Kemenperin, diketahui bahwa penjualan produk manufaktur terutama untuk produk Industri Makanan, Minuman serta Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) mengalami penurunan penjualan pada saat menjelang lebaran. Penurunan penjualan di antaranya disebabkan pelemahan daya beli masyarakat.

    “Perlambatan ini juga terlihat dari laporan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2025 yang berada di angka 52,98 atau turun tipis 0,17 poin dibandingkan Februari 2025. Tetapi para pelaku industri masih menyampaikan optimisme yang tinggi dalam menjalankan usaha di Indonesia,” kata Febri dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (2/4/2025).

    Berdasarkan data yang dirilis oleh S&P Global, PMI manufaktur Indonesia pada Maret 2025 mampu melampaui RRT (51,2), Vietnam (50,5), Thailand (49,9), Taiwan (49,8) Amerika Serikat (49,8) Myanmar (49,8), Belanda (49,6), Korea Selatan (49,1), Prancis (48,9), Jerman (48,3), Jepang (48,3), dan Inggris (44,6).

    Hampir semua negara ASEAN mengalami penurunan PMI pada bulan Maret ini bahkan beberapa negara PMI nya masih tetap kontraksi. Sebagian negara tersebut tidak memiliki perayaan hari besar keagamaan pada bulan ini untuk menjadi pendorong lonjakan ataupun menahan penurunan PMI.

    “Bayangkan jika tidak ada perayaan hari besar keagamaan dan liburan pada bulan Maret ini maka PMI Indonesia bisa turun lebih dalam lagi. PMI Indonesia melonjak lebih tinggi dibanding PMI bulan lalu sebesar 53,6 jika mampu mengoptimalkan demand perayaan keagamaan dan juga mengoptimalkan pengendalian produk impor murah di pasar domestik,” ujar Febri.

     

  • Awas Perang Dunia, Negara NATO Kerahkan Ribuan Personil ke Pintu Rusia

    Awas Perang Dunia, Negara NATO Kerahkan Ribuan Personil ke Pintu Rusia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Jerman memutuskan untuk mengirim 5.000 pasukan ke wilayah Lithuania. Hal ini terjadi saat Berlin berada dalam ketegangan geopolitik dengan dua tetangga Lithuania, Rusia dan Belarus.

    Mengutip Russia Today (RT), Rabu (2/4/2025), Brigadir Jenderal Jerman, Christoph Huber, menyebutkan bahwa Berlin, yang merupakan anggota aliansi NATO, akan menempatkan Brigade Lapis Baja ke-45. Penempatan pasukan ini akan bersifat permanen dimulai 2027 mendatang, ketika seluruh komponennya siap, bersamaan dengan 2.000 senjata berat. 

    Sebagian dari brigade tersebut akan ditempatkan di tempat pelatihan Rudninkai di tenggara Lithuania, hanya 20 kilometer (12 mil) dari perbatasan Belarus, sementara unit tambahan akan ditempatkan di dekat desa Rukla antara Vilnius dan Kaunas.

    “Kami memiliki misi yang jelas. Kami harus memastikan perlindungan, kebebasan, dan keamanan sekutu Lithuania kami di sini, di sisi timur NATO,” kata sang jenderal selama upacara tersebut.

    Penugasan ini menjadi penempatan pasukan permanen pertama Jerman di tanah asing sejak Perang Dunia II. Jerman pasca-Nazi sebelumnya membatasi penempatan militer di luar negeri pada penugasan sementara. Contohnya adalah berkontribusi pada pasukan NATO setelah pendudukan Afganistan pada tahun 2001.

    Di sisi lain, Kremlin memandang NATO sebagai entitas yang bermusuhan, dan menggambarkan ekspansinya di Eropa sebagai ancaman langsung terhadap keamanan nasional Rusia. Janji blok tersebut untuk menerima Ukraina sebagai anggota dan meningkatnya keterlibatannya dengan negara tersebut telah dikutip oleh pejabat Rusia sebagai penyebab utama konflik Moskow dengan Kyiv.

    Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius, seorang pendukung kuat penempatan pasukan di Lithuania, telah mengklaim bahwa penguatan secara militer adalah hal yang penting karena menurutnya, Rusia dapat melancarkan serangan terhadap NATO pada tahun 2029 atau 2030. Klaim ini ditolak mentah-mentah oleh Moskow.

    Pada tahun 2023, Berlin dan Vilnius menandatangani perjanjian penempatan, yang awalnya menetapkan unit Jerman yang baru sebagai Brigade ke-42. Dua batalyonnya akan terdiri secara eksklusif dari tentara Jerman, sementara yang ketiga akan menggabungkan personel dari negara-negara NATO lainnya.

    (tps/tps)

  • Tahu Bakso Buatan UMKM Asal Semarang Sudah Punya Pelanggan Tetep di Luar Negeri

    Tahu Bakso Buatan UMKM Asal Semarang Sudah Punya Pelanggan Tetep di Luar Negeri

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Tahu bakso menjadi satu diantara beragam buah tangan dari Semarang. Cukup banyak pelaku usaha tahu bakso baik di Kota maupun Kabupaten Semarang.

    Setiap pelaku usaha tahu bakso pun sudah memiliki segmentasi pasar tersendiri. 

    Pelaku UMKM binaan BRI, Ika Yuanita, juga telah memiliki segmen pasar tersendiri untuk pemasaran tahu bakso. 

    Produk hasil PT Kingkaf Makmur Sejahtera yang digeluti Ika ini telah menembus pasar luar negeri, bahkan sudah memiliki pelanggan tetap.
     
    “Sudah punya pelanggan tetap di Jepang. Di Eropa ada di Berlin, Belanda, Belgia,” bebernya, saat dikunjungi Tribun Jateng, di rumah produksinya, di Gombel Lama Semarang, Rabu (2/4/2025). 

    Ika mengaku, pangsa pasar produknya memang berbeda. Ia tidak menitipkan tahu bakso di tempat oleh-oleh namun lebih banyak menjual melalui reseller baik di dalam negeri dan luar negeri. 

    “Kami segmented banyak main reseller. Di Semarang ada enam reseller. Itu pasarnya sendiri-sendiri. Kemudian, di Jerman ada satu reseller, di Amerika ada satu. Ada juga di Australia dan Jepang,” sebut Ika.

    Tahu bakso buatannya terbuat dari bahan daging ayam. Ia memilih menggunakan daging ayam agar dapat terjangkau dari sisi harga. Rasanya bukan melulu tepung, namun daging pilihan. Ia hanya menggunakan dada ayam tanpa campuran tulang. 

    Dalam menjalankan usahanya, ia menggandeng UMKM bahkan pengusaha yang sudah tersertifikasi halal untuk suplai bahan baku. Suplai daging ayam dari peternak yang sudah tersertifikasi halal. Begitu pula suplai tahu, ia bekerja sama dengan pelaku usaha tahu yang memiliki kualitas bagus. 

    Ada dua macam tahu bakso buatan Ika yakni ready to eat atau siap saji dan ready to cook atau siap masak. Ready to cook dikemas dalam kemasan frozen. Sedangkan, ready to eat dikemas vacum. Kemasan vacum menjadi sasaran pemasaran luar negeri karena lebih awet. 

    “Kemasan frozen pernah saya kirim ke Amerika. Itu kondisi beku, pakai sterofoam. Tapi, saya ketar-ketir bisa sampai atau tidak. Akhirnya bisa. Dari situlah, makanya saya inovasi buat yang vacum,” terangnya. 

    Ia menyadari, makanan siap saji seperti produknya itu sangat jarang ada pembeli dalam jumlah besar untuk ekspor. Meski demikian, pelanggannya di luar negeri sudah kontinyu meski dalam jumlah tidak begitu banyak. 

    “Sedikit-sedikit tapi terus. Saya hanya sekali kirim kontainer, itu saja gabungan karena waktu itu ada festival tong-tong di Belanda. Lainnya, saya lebih banyak pakai cargo pesawat untuk pengiriman luar megeri. Lebih cepat sampai,” terangnya. 

    Punya 10 Jenis Produk 

    Tidak hanya tahu bakso, Ika sudah sukses menjalani bisnis dengan total sekira 10 jenis produk, antara lain beragam minuman kopi, minuman rempah-rempah, minuman black garlic, serta beragam makanan. 

    Produknya ia banderol mulai dari Rp 20 ribu. Paling mahal yakni black garlic sebesar Rp 150 ribu per pack. 

    Produk kopi terdiri dari robusta, arabika, dan liberika. Kemudian, ada pula teh rempah. Teh rempah produksi Kingkaf ini juga sudah menembus pasar Eropa. Teh rempah milik Ika sudah dikemas seperti teh celup pada umumnya sehingga sangat mudah diseduh. Teh rempah ini banyak menjadi pilihan konsumen sebagai pengganti teh biasa. 

    Ia bekerjasama dengan beberapa petani lokal untuk membuat produk teh rempah dan kopi. Di sisi lain, ia juga memproduksi minuman siap saji berupa kopi dan jahe lemon madu fermentasi. 

    “Kopi itu justru produk pertama saya. Dari kopi merambah ke restoran, dan saya mulai mengembangkan produk dari situ. Sekarang punya sekitar 10 jenis produk. Semua otentik dan hasil pengolahan sendiri,” paparnya. 

    Selain minuman, Ika juga memiliki produk pisang sale, kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupung bawang. Produk-produk tersebut juga telah menembus pasar luar negeri. 

    Tempat produksi produk-produk Kingkaf memang berbeda-beda. Tempat produksi tahu bakso dan aneka minuman rempah berada di rumahnya, di Gombel Lama. Sementara, tempat produksi pisang sale berada di Kendal mengingat bahan baku ia ambil dari wilayah tersebut.

    Sementara, produksi kerupuknya berada di salah satu kawasan industri di Semarang karena sudah masuk kategori usaha menengah dan telah menyuplai beberapa distributor. 

    “Sini (rumah-red) headnya saja, sama untuk produksi tahu bakso dan rempah-rempah punya ruang khusus. Kerupuk udang di lokasi industri karena kapasitas besar jadi pindah kesana,” jelasnya. 

    Diakuinya, tahu bakso menjadi produk paling banyak diminati dari sejumlah produk miliknya. Setiap hari, satu reseller mengambil 10 – 20 pack. Ia juga bekerjasama dengan beberapa kafe untuk suplai tahu bakso. 

    Ia membeberkan, omzet yang didapatkan dari usahanya sudah cukup besar msncapai puluhan juta. Tak cukup sampai di titik ini, Ika ingin usahanya bisa naik kelas tidak hanya tingkat UMKM melainkan bisa usaha industri besar. Legalitas setiap produk pun sudah dibenahi satu per satu agar bisa merambah ke industri besar. 

    Semakin Berkembang Sejak Gabung Rumah BUMN

    Ika mengakui, Rumah BUMN sangat membantu usahanya kian berkembang. Ia bergabung dengan Rumah BUMN sejak 2023. Diakuinya, menjadi anggota BUMN memang belum lama, namun banyak manfaat yang ia dapatkan. Diantaranya, melalui BRIncubator, ia mendapat pelatihan dan pendampingan.

    “Produk kita dikoreksi satu per satu. Saya sendiri yang datang. Kingkaf lolos dapat juara 1,” ungkapnya. 

    Ia juga sempat mendapatkan pelatihan dari Tiktok yang difasilitasi BRI. Ia diajari bagaimana pemasaran melalui digital, mengelola google bisnis, dan sebagainya. Bahkan, tidak hanya ilmu, beragam peralatan diberikan untuk menunjang kemajuan bisnis UMKM dari sisi promosi dihital, meliputi lampu, mic, tripod, dan lain-lain.

    “Bulan kemarin, dari Tiktok konfirmasi ke kami perkembangan sejauh apa, ada kendala atau tidak. Jadi, sampai sekaramg tetap dibina terus,” ucapnya. 

    Ika juga mendapat fasilitas berupa pembuatan website landing page. Ia pun tak menyangka usahanya kini sudah mempunyai website tersendiri. Itu sangat memudahkan calon customer melihat company profile, produk, bahkan cara pemesanan. 

    “Terkahir, saat Ultah Bhayangkari, kami diajak kegiatan selama empat. Saya dikasih kesempatan jadi penbicara di hadapan ibu-ibu bhayangkari bagaimana cara mengembangkan usaha,” tambahnya.

    Koordinator RB Semarang, Endang Sulistiawati menngatakan, Ika Yuanita menjadi satu dari 3.000 pelaku UMKM di Rumah BUMN yang aktif mengikuti kegiatan yang digelar Rumah BUMN maupun BRI.

    Rumah BUMN berkomitmen mendoronh para UMKM naik kelas melalui sejumlah program. 
    Ada beragam fasilitas yang diberikan rumah BUMN meliputi pelatihan gratis, modul gratis, pendampingan. Pihaknya juga memfasilitasi bazaar, legalitas, hingga packaging produk gratis.

    “Rumah BUMN BRI Semarang didirikan September 2017. Beranggotakan 3.000 UMKM Semarang sekitarnya. Rumah BUMN kita memberikan bantuan go modern, go online, go digital, go global, melangah ke pasar ekspor,” paparnya. (eyf)

  • UMKM Ungkap Segudang Manfaat Ikut UMK Academy, Produknya Bisa Go Global!

    UMKM Ungkap Segudang Manfaat Ikut UMK Academy, Produknya Bisa Go Global!

    PIKIRAN RAKYAT – Digelar sejak 2020, PT Pertamina (Persero) melalui program UMK Academy telah berhasil membawa ribuan pelaku usaha mikro kecil (UMK) naik kelas lebih cepat. Para peserta Pertamina UMK Academy pun mengakui ada banyak manfaat yang dirasakan usai mengikuti program ini.

    UMK Academy adalah program pembinaan UMK dari Pertamina untuk meningkatkan kualitas produk dan manajemen UMKM. Mengusung empat kurikulum yaitu Go Modern yang bertujuan agar UMK mengadopsi praktik bisnis modern, Go Digital untuk mengenalkan dan mengintegrasikan teknologi digital dalam operasional bisnis, Go Online untuk membantu UMK memanfaatkan platform online dalam pemasaran dan penjualan, serta Go Global untuk mempersiapkan UMK memasuki pasar internasional.

    Founder produk fesyen khas Indonesia, Haluan Bali, Defria Kirana menyatakan, usaha yang dijalaninya cepat berkembang setelah mengikuti program Pertamina UMK Academy. Bahkan berbekal ilmu yang diraih dari program ini, produk Haluan Bali telah menembus pasar Australia, Jepang, Belanda, Jerman hingga ke Amerika Serikat.

    “Pertamina UMK Academy adalah sebuah program yang sangat keren. Saya bisa dapat ilmu, networking, punya kesempatan ikut beragam pameran, dan dapat tambahan modal usaha,” ungkap Champion kelas Go Online Pertamina UMK Academy 2024 ini.

    Bukan hanya itu, Defria juga mengaku Haluan Bali bisa lebih menetapkan jati dirinya sebagai brand yang memiliki positioning yang lebih jelas dibandingkan sebelumnya setelah ikut program ini. Ia pun semakin bersyukur karena Haluan Bali berhasil mendapatkan hibah alat teknologi yang bisa membantu meningkatkan proses produksi.

    “Kami berharap Haluan Bali bisa semakin besar, produktif, dan menjadi brand lokal yang dibanggakan Indonesia,” jelasnya.

    Senada,Bayu Ratna Diny dari Diby Leather juga merasakan dampak positif dari Pertamina UMK Academy 2024. Setelah mengikuti kelas Go Global, omzetnya melesat ditopang oleh naiknya permintaan. “Dari kelas pelatihan yang kami ikuti, Diby Leather juga berhasil menjalin tiga kolaborasi baru dengan berbagai pihak, termasuk pemberdayaan perempuan dengan masyarakat sekitar, kolaborasi produk dengan UMKM dan juga pemerintah,” jelasnya.

    Peraih Champion Pertamina UMK Academy 2024 kelas Go Modern, Ika Bunga Maharani pemilik produk aksesoris dan fesyen dengan brand Exobrooch mengaku mampu menambah jumlah pelanggan hingga mampu melakukan penghematan biaya produksi. Selain itu, ia sukses menghadirkan inovasi produk baru lantaran mendapatkan pelatihan tentang Go Green. Dari pelatihan ini, Exobrooch berhasil membuat produk baru yang lebih ramah lingkungan, yakni Eco-friendly scrunchie, sustainable hairpin batik, sustainable HP strap, hingga kostum dari limbah rumah tangga.

    Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Rudi Ariffianto memaparkan beragam manfaat yang bisa didapat UMK apabila mengikuti program Pertamina UMK Academy. Pertama, UMK bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan bisnis oleh mentor profesional. Kedua, skill UMK dalam menjalankan usaha bisa terdorong lewat gamifikasi yang dilakukan.

    Ketiga, UMK bisa mendapatkan bantuan sertifikasi usaha untuk meningkatkan daya saing.

    Keempat, mendapatkan dukungan pemasaran agar produk lebih dikenal termasuk melalui digital dan branding.

    Kelima, UMK punya kesempatan memperluas jaringan bisnis dan kolaborasi dengan sesama pelaku usaha sehingga semakin siap bersaing di pasar lokal maupun internasional.

    “Terakhir, para peserta juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hibah alat produksi untuk mendukung pengembangan usaha,” katanya.

    UMK Academy sebagai program inisiasi Pertamina ini terbukti telah menarik banyak perhatian pelaku usaha. Sejak program ini diluncurkan tahun 2020, telah mencetak ratusan UMK yang mampu berkembang, bahkan ikut meningkatkan ekonomi di sekitarnya.

    Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, program UMK Academy ini hadir sejalan dengan komitmen Pertamina dalam menggerakkan perekonomian Indonesia melalui peningkatan kemampuan UMKM untuk menciptakan produk berkualitas tinggi dan manajemen UMKM yang profesional.

    “Dari tahun ke tahun antusiasme pelaku UMKM terhadap program rutin Pertamina ini terus meningkat. Ini menunjukkan bahwa gelaran ini membawa banyak manfaat buat UMKM di Indonesia. Ini juga menunjukkan potensi yang luar biasa bahwa UMKM Indonesia punya semangat untuk semakin maju dan berdaya saing. Kami berharap, UMK Academy 2025 dapat mencetak UMKM-UMKM yang lebih sukses dari program sebelumnya,” jelas Fadjar.

    Pada tahun 2024, lebih dari 8.000 UMK mendaftar Pertamina UMK Academy. Sebanyak 1.686 di antaranya berhasil lolos untuk mengikuti program ini di tingkat regional.

    Pada UMM Academy 2025, Pertamina juga mengintegrasikan aspek Go Green dalam kurikulumnya, sejalan komitmen Pertamina untuk mendorong produk ramah lingkungan.

    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.***

     

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Produk UMKM Bisa Go Global Lewat Cara Ini

    Produk UMKM Bisa Go Global Lewat Cara Ini

    Jakarta

    Digelar sejak 2020, PT Pertamina (Persero) melalui program UMK Academy telah berhasil membawa ribuan pelaku usaha mikro kecil (UMK) naik kelas lebih cepat. Para peserta Pertamina UMK Academy pun mengakui ada banyak manfaat yang dirasakan usai mengikuti program ini.

    UMK Academy adalah program pembinaan UMK dari Pertamina untuk meningkatkan kualitas produk dan manajemen UMKM. Mengusung empat kurikulum yaitu Go Modern yang bertujuan agar UMK mengadopsi praktik bisnis modern, Go Digital untuk mengenalkan dan mengintegrasikan teknologi digital dalam operasional bisnis, Go Online untuk membantu UMK memanfaatkan platform online dalam pemasaran dan penjualan, serta Go Global untuk mempersiapkan UMK memasuki pasar internasional.

    Founder produk fesyen khas Indonesia, Haluan Bali, Defria Kirana menyatakan, usaha yang dijalaninya cepat berkembang setelah mengikuti program Pertamina UMK Academy. Bahkan berbekal ilmu yang diraih dari program ini, produk Haluan Bali telah menembus pasar Australia, Jepang, Belanda, Jerman hingga ke Amerika Serikat.

    “Pertamina UMK Academy adalah sebuah program yang sangat keren. Saya bisa dapat ilmu, networking, punya kesempatan ikut beragam pameran, dan dapat tambahan modal usaha,” ungkap Champion kelas Go Online Pertamina UMK Academy 2024 ini.

    Bukan hanya itu, Defria juga mengaku Haluan Bali bisa lebih menetapkan jati dirinya sebagai brand yang memiliki positioning yang lebih jelas dibandingkan sebelumnya setelah ikut program ini. Ia pun semakin bersyukur karena Haluan Bali berhasil mendapatkan hibah alat teknologi yang bisa membantu meningkatkan proses produksi.

    “Kami berharap Haluan Bali bisa semakin besar, produktif, dan menjadi brand lokal yang dibanggakan Indonesia,” jelasnya.

    Senada,Bayu Ratna Diny dari Diby Leather juga merasakan dampak positif dari Pertamina UMK Academy 2024. Setelah mengikuti kelas Go Global, omzetnya melesat ditopang oleh naiknya permintaan. “Dari kelas pelatihan yang kami ikuti, Diby Leather juga berhasil menjalin tiga kolaborasi baru dengan berbagai pihak, termasuk pemberdayaan perempuan dengan masyarakat sekitar, kolaborasi produk dengan UMKM dan juga pemerintah,” jelasnya.

    Peraih Champion Pertamina UMK Academy 2024 kelas Go Modern, Ika Bunga Maharani pemilik produk aksesoris dan fesyen dengan brand Exobrooch mengaku mampu menambah jumlah pelanggan hingga mampu melakukan penghematan biaya produksi. Selain itu, ia sukses menghadirkan inovasi produk baru lantaran mendapatkan pelatihan tentang Go Green. Dari pelatihan ini, Exobrooch berhasil membuat produk baru yang lebih ramah lingkungan, yakni Eco-friendly scrunchie, sustainable hairpin batik, sustainable HP strap, hingga kostum dari limbah rumah tangga.

    Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Rudi Ariffianto memaparkan beragam manfaat yang bisa didapat UMK apabila mengikuti program Pertamina UMK Academy. Pertama, UMK bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan bisnis oleh mentor profesional. Kedua, skill UMK dalam menjalankan usaha bisa terdorong lewat gamifikasi yang dilakukan.

    Ketiga, UMK bisa mendapatkan bantuan sertifikasi usaha untuk meningkatkan daya saing.

    Keempat, mendapatkan dukungan pemasaran agar produk lebih dikenal termasuk melalui digital dan branding.

    Kelima, UMK punya kesempatan memperluas jaringan bisnis dan kolaborasi dengan sesama pelaku usaha sehingga semakin siap bersaing di pasar lokal maupun internasional.

    “Terakhir, para peserta juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hibah alat produksi untuk mendukung pengembangan usaha,” katanya.

    UMK Academy sebagai program inisiasi Pertamina ini terbukti telah menarik banyak perhatian pelaku usaha. Sejak program ini diluncurkan tahun 2020, telah mencetak ratusan UMK yang mampu berkembang, bahkan ikut meningkatkan ekonomi di sekitarnya.

    Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, program UMK Academy ini hadir sejalan dengan komitmen Pertamina dalam menggerakkan perekonomian Indonesia melalui peningkatan kemampuan UMKM untuk menciptakan produk berkualitas tinggi dan manajemen UMKM yang profesional.

    “Dari tahun ke tahun antusiasme pelaku UMKM terhadap program rutin Pertamina ini terus meningkat. Ini menunjukkan bahwa gelaran ini membawa banyak manfaat buat UMKM di Indonesia. Ini juga menunjukkan potensi yang luar biasa bahwa UMKM Indonesia punya semangat untuk semakin maju dan berdaya saing. Kami berharap, UMK Academy 2025 dapat mencetak UMKM-UMKM yang lebih sukses dari program sebelumnya,” jelas Fadjar.

    Pada tahun 2024, lebih dari 8.000 UMK mendaftar Pertamina UMK Academy. Sebanyak 1.686 di antaranya berhasil lolos untuk mengikuti program ini di tingkat regional. Pada UMM Academy 2025, Pertamina juga mengintegrasikan aspek Go Green dalam kurikulumnya, sejalan komitmen Pertamina untuk mendorong produk ramah lingkungan.

    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

    (fdl/fdl)