Negara: Jerman

  • Wamenlu Arief Havas Bicara Mineral Kritis Incaran Dunia, Ini Katanya

    Wamenlu Arief Havas Bicara Mineral Kritis Incaran Dunia, Ini Katanya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Arif Havas Oegroseno mengatakan, permintaan mineral kritis di dunia saat ini meningkat secara eksponensial sebagai bagian dari teknologi energi bersih dunia. Karena itu, mineral kritis menjadi sangat penting sebagai bahan baku dalam energi bersih dunia.

    “Mineral kritis global yang kita lihat hari ini sekarang menjadi aspek yang sangat penting dalam permintaan energi bersih. Seperti nikel, kobalt, zinc, aluminium, tembaga, dan lain-lain,” Arif Havas dalam keynote speech-nya di acara Indonesia Critical Mineral Conference & Expo 2025 di Jakarta, pada Selasa (3/6/2025).

    Salah satu industri yang membutuhkan mineral kritis yang disebutkan oleh Arif Havas adalah kendaraan listrik.

    Sebagai informasi, penjualan mobil listrik pada 2024 mencapai 17 juta unit secara global dan diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan semakin murahnya harga kendaraan. Mengutip laporan Badan Energi Internasional (EIA), pangsa pasar mobil listrik di dunia diprediksi akan tembus 40% pada tahun 2030. 

    Bahkan, dalam jangka pendek, penjualan mobil listrik bisa mencapai 20 juta unit pada 2025. Atau setara seperempat dari total mobil yang dijual di dunia. Kebutuhan mobil listrik nantinya diperkirakan merata di berbagai benua, Asia, Amerika, hingga Eropa. 

    “Saya menjadi Ambassador ke Jerman selama 7 tahun. Saya tahu betapa pentingnya di Eropa, permintaan energi bersih di Jerman dan juga di Eropa,” ucapnya.

    Arief Havas menjelaskan betapa pentingnya mineral kritis saat ini bukan hanya untuk perkembangan energi terbarukan, tapi juga kesejahteraan. Peran Indonesia di industri mineral kritis tidak hanya sebagai produsen saja tapi sebagai jembatan bagi dunia.

    “Aktivisme Indonesia dalam membuat kooperasi global dan menjadikan jembatan global antara pemain-pemain yang berbeda dalam hal-hal yang sangat penting dalam hidup kita,” katanya.

    Lebih lanjut Arief juga mengatakan, Indonesia mendapatkan nilai tambah yang begitu fantastis dari hilirisasi mineral kritis.

    “Hanya selama 4 tahun, nilai kami akan mencapai 20 juta dolar,” katanya.

    Keunggulan Indonesia adalah memiliki beragam mineral kritis, Sehingga nilai yang didapatkan Indonesia dari hilirisasi mineral kritis akan lebih besar lagi. Arief mengatakan pemberdayaan sumber daya mineral kritis Indonesia juga dibarengi dengan penerapan ESG.

    “Saya pikir ESG adalah elemen yang sangat penting untuk proses dan ekstraksi mineral kritikal kita,” ungkapnya.

    (dce)

  • Integritas dan jejak intelektual pemimpin bangsa

    Integritas dan jejak intelektual pemimpin bangsa

    Layar menampilkan ijazah Presiden ke-7 RI Joko Widodo saat konferensi pers tentang hasil penyelidikan pengaduan masyarakat tentang dugaan tindak pidana terkait ijazah Joko Widodo di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (22/5/2025). (ANTARA FOTO/Fauzan/tom.)

    Integritas dan jejak intelektual pemimpin bangsa
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Selasa, 03 Juni 2025 – 15:06 WIB

    Elshinta.com – Polemik keaslian ijazah Joko Widodo, salah satu pemimpin bangsa, kembali mencuat sejak April 2025. Sejumlah aktivis dan kanal media alternatif mengangkat isu pendidikan Joko Widodo yang telah bergulir pada 2022.

    Persoalan ijazah pendidikan pemimpin bangsa itu tidak berhenti pada aspek administratif, tetapi juga merambah hal lain. Pertama, polemik mencerminkan krisis kepercayaan publik terhadap otoritas formal. Kedua, polemik menyentuh pertanyaan fundamental: apakah pendidikan masih penting dalam legitimasi dan kepemimpinan nasional?

    Di tengah riuhnya ruang publik, khususnya terkait pemimpin bangsa, perdebatan dipenuhi praduga, pembelaan, dan silang tafsir. Namun fokus diskusi perlu digeser ke arah yang lebih substansial bahwa pendidikan, terlepas dari dokumen formal, merupakan penanda kapasitas berpikir dan orientasi etis seorang pemimpin. Tanpa fondasi intelektual kuat, kekuasaan mudah terjebak pada pencitraan, kehilangan arah, dan gagal merumuskan kebijakan yang berpihak pada kepentingan publik.

    Dalam sejarah Indonesia, termasuk para pemimpin bangsa, pendidikan tidak sekadar alat legitimasi. Ia menjadi sarana pembentukan watak dan orientasi kepemimpinan.

    Para arsitek republik ini menempuh pendidikan, formal maupun intelektual, untuk mematangkan diri. Mereka bukan pengumpul gelar, tetapi pembelajar sejati. Ilmu pengetahuan mereka menjadi kompas pergerakan dan visi misi negara.

    Dari ruang kelas, hingga masa purgatory perjuangan, mereka membaca dengan gairah yang sama, seperti rakyat menaruh harapan pada bangsa. Pendidikan para pemimpin Indonesia mengubah nasib pribadi, sekaligus menggerakkan arah sejarah bangsa.

    Memori

    Sejarah mencatat deretan pemimpin Indonesia yang menempatkan pendidikan sebagai bagian dari perjuangan dan kepemimpinan.

    Soekarno menempuh pendidikan tinggi teknik di Technische Hoogeschool te Bandoeng dan memperoleh gelar insinyur. Namun, pemikiran Soekarno melampaui batas-batas ilmu eksakta. Ia menyerap pemikiran sosial, politik, dan filsafat, melalui bacaan dan pergaulan dengan para intelektual.

    Selanjutnya, Mohammad Hatta menyelesaikan pendidikan ekonomi di Belanda dan menjadi tokoh penting yang merumuskan ekonomi kerakyatan Indonesia berbasis koperasi.

    Kita juga tidak bisa melupakan BJ Habibie yang meraih gelar doktor teknik dari Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen di Jerman. BJ Habibie menunjukkan, penguasaan ilmu pengetahuan mampu menjadi pijakan etis dalam pengambilan kebijakan negara.

    Demikian pula perjalanan pendidikan Abdurrahman Wahid di beberapa universitas di luar negeri telah membentuk intelektualitasnya. Perjalanan tersebut juga menjadi bekal kompetensi komunikasi lintas budaya dan pengetahuan tentang filosofi Islam, hingga Barat. Pengalaman menempuh pendidikan yang tidak selalu mudah, membuka cakrawala Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, atas pentingnya pendidikan sebagai ruang pembebasan pikiran. Ia berhasil meneguhkan pendidikan inklusif, membuka era demokrasi, dan akses kebebasan pers di Indonesia.

    Kita juga ingat Susilo Bambang Yudhoyono, lulusan terbaik Akademi Militer dan doktor di bidang manajemen dan hubungan internasional. Susilo Bambang Yudhoyono menulis, membaca, dan merumuskan kebijakan dengan pendekatan ilmiah.

    Sementara Boediono, ekonom lulusan universitas terkemuka di Australia dan Amerika Serikat menjadi sosok teknokrat yang memadukan kesederhanaan dan presisi akademik.

    Pendidikan formal bukan sekadar jalur administratif untuk meraih gelar, melainkan proses bertahap yang membentuk struktur berpikir, etika, dan orientasi kepemimpinan. Dalam proses itu, sejumlah elemen memainkan peran penting bagi pembentukan watak seorang pemimpin.

    Pengalaman akademik yang melibatkan pembacaan kritis, diskusi terbuka, dan penulisan ilmiah melatih ketajaman analisis serta kemampuan menyusun argumen rasional, satu keterampilan mendasar dalam merumuskan kebijakan.

    Keterlibatan dalam organisasi, forum ilmiah, atau interaksi lintas disiplin memperkuat kapasitas sosial, kepemimpinan kolektif, serta kepekaan terhadap keberagaman pandangan. Lebih dari itu, nilai-nilai dasar ketekunan, integritas dalam berproses, serta penghargaan terhadap ilmu adalah bagian dari pendidikan formal yang membentuk karakter.

    Dari kombinasi nalar kritis dan latihan etis seorang pemimpin, mulai mengembangkan cara pandang terhadap bangsa, serta membangun fondasi untuk menyusun tujuan jangka panjang kenegaraan.

    Sejarah para pemimpin Indonesia menunjukkan, pendidikan tinggi bukan semata pelengkap identitas. Pendidikan adalah elemen sentral dalam membentuk karakter, visi, dan integritas kepemimpinan nasional.

    Pendidikan formal, dalam sejarah pemimpin Indonesia, berperan sebagai proses pembentukan struktur berpikir, kedalaman intelektual, dan integritas moral. Pendidikan bukan semata legitimasi administratif, melainkan penempaan diri untuk memahami, memimpin, dan melayani masyarakat secara utuh.

    Di era gelar “diduga” dapat direkayasa dan opini publik dibentuk oleh algoritma, urgensi pendidikan sebagai sarana berpikir kritis justru semakin relevan. Ketidakhadiran proses pendidikan berisiko melahirkan kepemimpinan tanpa kedalaman berpikir, yang lebih mengandalkan simbol ketimbang substansi.

    Karena itu, dalam menghadapi dunia yang makin kompleks, pendidikan tidak boleh hanya dipandang sebagai “tiket” status sosial, tetapi menjadi ruang pembelajaran yang melatih akal, nurani, dan tanggung jawab publik. Pendidikan yang benar membentuk nalar etis, bukan sekadar retorika.

    Gelar akademik tinggi, bukan satu-satunya syarat menjadi pemimpin, namun setiap pemimpin, dalam kapasitas apa pun, perlu melalui proses pembelajaran yang nyata dan teruji. Jika pendiri bangsa mengangkat pendidikan sebagai alat perjuangan, maka generasi hari ini harus menjadikannya sebagai sarana emansipasi diri dan bangsa.

    Dalam kontestasi politik kontemporer, popularitas berpotensi menggantikan kapabilitas intelektual. Media digital pun menjadi senjata penting kemenangan pemimpin populis. Akan tetapi, di tengah kecenderungan anti-intelektual dan polarisasi wacana, perlu ditegaskan kembali pentingnya kualitas berpikir pemimpin.

    Negarawan yang tidak terbiasa membaca, berpikir kritis, dan menyusun argumen rasional akan kesulitan menghadapi kompleksitas dunia. Kontestasi dalam demokrasi akhirnya bukan hanya membutuhkan suara terbanyak, tetapi juga pemikiran terdalam.

    Di tengah kecemasan terhadap merosotnya standar kepemimpinan, rakyat sesungguhnya masih memegang harapan. Harapan itu terletak pada kemampuan memilih pemimpin yang tidak hanya populer, tetapi juga memiliki rekam jejak pendidikan dan kedalaman intelektual.

    Pemimpin semacam itu tidak sekadar hadir untuk mengelola kekuasaan, melainkan untuk memahami, merumuskan, dan mengarahkan masa depan bangsa secara visioner. Dengan kecermatan memilih, rakyat dapat mendorong lahirnya kepemimpinan yang berpihak pada akal sehat, ilmu pengetahuan, dan tanggung jawab moral.

    Dalam sistem demokrasi, pilihan rakyat bukan hanya soal keterwakilan, tetapi juga peluang memulihkan martabat politik sebagai ruang berpikir, bukan sekadar ruang berkuasa.

    Keaslian jejak pendidikan dapat diperdebatkan, tetapi integritas intelektual tidak bisa dimanipulasi. Bangsa ini tidak hanya butuh pemimpin yang dipilih, tetapi yang sungguh-sungguh belajar.

    *) Dr. Reza Praditya Yudha adalah Kaprodi Ilmu Komunikasi (Kampus Kab. Penajam Paser Utara)-Univ. Gunadarma, Praktisi Public Relations di Center for Public Relations, Outreach, & Communication (CPROCOM)

    Sumber : Antara

  • Novak Djokovic Memburu Kemenangan ke-100 di Prancis Terbuka

    Novak Djokovic Memburu Kemenangan ke-100 di Prancis Terbuka

    JAKARTA – Aksi babak keempat French Open 2025 berlanjut pada hari Senin dengan sorotan utama tertuju pada Novak Djokovic yang mengejar kemenangan ke-100 di Roland Garros. Selain itu, petenis unggulan teratas seperti Jannik Sinner dan Coco Gauff juga dijadwalkan tampil.

    Harapan publik Inggris kini bertumpu pada Cameron Norrie dan unggulan kelima Jack Draper. Draper dijadwalkan melawan petenis penuh gaya asal Kazakhstan, Alexander Bublik, dalam laga sesi malam.

    Djokovic, yang baru saja meraih gelar ke-100 dalam kariernya di Geneva Open, kini membidik tonggak sejarah baru: menjadi petenis kedua setelah Rafael Nadal yang mencapai 100 kemenangan di Roland Garros. Kemenangan atas petenis Austria Filip Misolic di babak ketiga menjadi kemenangan ke-99 Djokovic di turnamen tanah liat ini, menyamai rekornya di Australian Open, tempat ia telah 10 kali juara.

    “Saya hanya ingin terus melangkah. Setiap kali saya melangkah ke lapangan ini, saya bermain untuk sejarah,” ujar Djokovic.

    Namun, untuk melampaui rekor luar biasa Nadal dengan 112 kemenangan di French Open, Djokovic kemungkinan harus tetap bermain hingga usia 40-an. Langkahnya kali ini dihadang Cameron Norrie, yang tampil impresif usai mengalahkan Daniil Medvedev di babak pertama dan kini mencicipi babak 16 besar untuk pertama kalinya.

    “Itu pertandingan yang sangat berat. Mengalahkan Daniil memberi saya banyak kepercayaan diri,” ujar Norrie. “Saya tidak banyak meraih kemenangan akhir-akhir ini, jadi ini momen yang luar biasa.”

    Namun, rekam jejak belum berpihak pada Norrie. Djokovic belum kehilangan satu set pun di turnamen ini, sementara Norrie sudah kalah lima kali dalam lima pertemuan melawan petenis Serbia itu, termasuk di semifinal Geneva Open bulan lalu. Pertemuan terakhir mereka di Roma tahun 2023 juga penuh tensi, di mana Djokovic sempat mengkritik sikap Norrie yang mengeksekusi smash ke arah tubuhnya setelah Djokovic membalikkan badan.

    Laga Unggulan Wanita: Mirra Andreeva vs Daria Kasatkina

    Mirra Andreeva tampil meyakinkan sejauh ini tanpa kehilangan satu set pun. Di babak ketiga, unggulan keenam asal Rusia itu mengalahkan Yulia Putintseva dengan dominasi, memenangkan sembilan dari sepuluh gim terakhir.

    Namun, Daria Kasatkina — petenis kelahiran Rusia yang kini mewakili Australia — datang dengan kepercayaan diri tinggi usai menyingkirkan unggulan ke-10 Paula Badosa dua set langsung. Kedua pemain saling mengenal dengan baik karena sering berlatih bersama.

    “Pertandingan ini pasti akan seru karena kami sangat mengenal satu sama lain. Mungkin akan ketat juga,” ujar Andreeva, yang ingin melampaui pencapaiannya tahun lalu saat mencapai semifinal di Roland Garros.

    Kasatkina sendiri pernah mengalahkan Andreeva dalam satu-satunya pertemuan mereka sebelumnya di Ningbo, dalam pertandingan tiga set yang penuh drama. “Mirra itu pemain luar biasa dan gadis yang sangat baik. Saya pikir kami cukup berteman,” kata Kasatkina. “Pertandingan di Ningbo waktu itu dramatis. Kita lihat saja nanti apa yang akan terjadi di sini. Tapi ini kali pertama kami bertemu di tanah liat.”

    Jadwal Pertandingan French Open – Senin, 2 Juni 2025 (waktu mulai pukul 16.00 WIB)

    Lapangan Philippe-Chatrier

    [20] Ekaterina Alexandrova (Rusia) vs [2] Coco Gauff (AS)

    Lois Boisson (Prancis) vs [3] Jessica Pegula (AS)

    Cameron Norrie (Inggris) vs [6] Novak Djokovic (Serbia)

    [1] Jannik Sinner (Italia) vs [17] Andrey Rublev (Rusia)

    Lapangan Suzanne-Lenglen

    [6] Mirra Andreeva (Rusia) vs [17] Daria Kasatkina (Australia)

    [3] Alexander Zverev (Jerman) vs Tallon Griekspoor (Belanda)

    [7] Madison Keys (AS) vs Hailey Baptiste (AS)

    Alexander Bublik (Kazakhstan) vs [5] Jack Draper (Inggris)

  • Google Maps Salah Beri Label, Jalanan Langsung Lumpuh

    Google Maps Salah Beri Label, Jalanan Langsung Lumpuh

    Jakarta

    Pengguna kendaraan bermotor di Jerman menjadi korban kesalahan label oleh Google Maps, yang menyebabkan kemacetan parah di jalanan.

    Insiden ini terjadi saat hari libur Kenaikan Isa Almasih selama empat hari, di mana banyak warga Jerman berjalan-jalan. Google Maps menandai sejumlah jalanan, terutama jalan tol (autobahn) dan jalan utama, tak bisa dilewati atau ditutup. Bahkan jalanan yang beberapa bagian ada di Belgia dan Belanda pun ikut ditutup.

    Akibat “ditutupnya” jalanan utama itu, banyak pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan jalur-jalur alternatif. Sayangnya, jalur-jalur alternatif itu relatif kecil sehingga menimbulkan kemacetan parah karena kelimpahan volume kendaraan bermotor yang banyak.

    Namun tentunya insiden ini tidak terjadi untuk pengguna kendaraan bermotor yang tidak memakai Google Maps, ataupun pengguna Google Maps yang sedang tidak mengecek layanan tersebut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (3/6/2025).

    Begitu juga dengan pengguna Apple Maps, Waze, dan bermacam layanan sejenis lain, di mana tidak ada jalan yang ditutup. Hal itu juga menyebabkan jalan tol menjadi lebih lengang dibanding biasanya.

    Penutupan jalan ini pun menyebabkan kepanikan pengguna Google Maps. Bahkan ada yang mengira ada serangan teroris yang menyebabkan ditutupnya jalanan tersebut, dan ada juga yang mengira sedang terjadi bencana alam.

    Insiden ini terjadi selama dua jam, dan Google tidak mengungkap penyebab insiden itu. Mereka hanya menyebutkan kalau Google Maps memberikan label itu berdasarkan tiga sumber: pengguna individu, sumber publik seperti badan transportasi, dan gabungan dari penyedia informasi pihak ketiga.

    Juru bicara Google hanya menyebutkan kalau mereka sudah menginvestigasi masalah teknis yang membuat jalanan tersebut ditutup, dan kini sudah menghilangkan penutupan jalan itu.

    (asj/afr)

  • Penjelasan BAIC soal Harga Mobilnya Turun Nyaris Rp 100 Juta usai Dirakit Lokal

    Penjelasan BAIC soal Harga Mobilnya Turun Nyaris Rp 100 Juta usai Dirakit Lokal

    Jakarta

    Harga BAIC BJ40 Plus turun drastis setelah dirakit lokal di pabrik Purwakarta, Jawa Barat. Kendaraan tersebut saat ini hanya dibanderol Rp 698 juta atau turun nyaris Rp 100 juta dibandingkan harga sebelumnya yang tembus Rp 790 juta!

    JIO Distribusi Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) BAIC di Tanah Air menjelaskan alasan mengapa harga BJ40 Plus bisa turun sedemikian banyak. Menurut mereka, hal tersebut disebabkan hitung-hitungan pajak yang berbeda.

    “Kalau temen-temen tau di industri otomotif ini yang membedakan harga di dalam negeri dan negara asal, yang paling utama adalah importasi tax. Ada component import duty, ada importasi luxury tax dan lain-lain,” ujar Dhany Yahya selaku Chief Operating Officer (COO) JIO Distribusi Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/6).

    “Jadi di sini ada karena ada perbedaan import duty yang biasanya 50 persen menjadi hanya sekitar 10 persen,” tambahnya.

    BAIC BJ40 Plus. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Meski harganya turun banyak, namun dia memastikan tak ada pengurangan fitur dari BJ40 Plus rakitan lokal. Dhany menegaskan, kualitasnya tetap sama. Bahkan sedikit ditingkatkan.

    “Jadi penurunan ini bukan karena penurunan kualitas, melainkan adventages dari perakitan lokal. Sehingga tarif import duty-nya turun,” ungkapnya.

    Lebih jauh, Dhany mengungkap sejumlah peningkatan di BJ40 Plus rakitan lokal. Misalnya, penambahan fungsi jok yang bisa naik-turun, kursi penumpang elektrik, konektivitas smartphone dan penambahan diff-lock di bagian depan.

    “Tentu ini (membuat mobil) lebih tangguh untuk off road. Tapi hanya mereka yang antusias sama off road aja yang ngerti,” kata dia.

    BAIC BJ40 Plus Rakitan Lokal Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikcom

    Sebagai catatan, sebelum dirakit lokal, BAIC BJ40 Plus didatangkan langsung secara utuh atau completely built up (CBU) dari China. Kendaraan tersebut, sejak pertama masuk Indonesia, langsung menjadi tulang punggung pabrikan.

    BAIC BJ40 Plus hadir dengan satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000 cc, DOHC turbocharger yang dikombinasi transmisi 8 percepatan lansiran merek ternama asal Jerman, ZF Friedrichshafen.

    Sistem penggeraknya sudah menggunakan Electronic Transfer Case, dengan Center Differential Lock dari Borg-Wagner, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat.

    BAIC BJ40 Plus dengan penggerak empat roda tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 221 dk dengan torsi maksimal 380 Nm. SUV itu disebut-sebut menjadi pesaing unggul di segmen kendaraan serbaguna, khususnya berpenggerak empat roda atau 4×4.

    (sfn/dry)

  • Mobil BAIC Dirakit di Purwakarta, Kapasitas Produksinya 800 Unit/Bulan

    Mobil BAIC Dirakit di Purwakarta, Kapasitas Produksinya 800 Unit/Bulan

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, BAIC mulai merakit lokal mobilnya secara CKD (completely knock down) di Purwakarta, Jawa Barat. Mereka ‘menumpang’ pabrik milik PT Handal Indonesia Motor (HIM). Lantas, berapa kapasitas produksinya sebulan?

    Sebagai permulaan, BAIC hanya merakit satu model kendaraan di pabrik Purwakarta, yakni BAIC BJ40 Plus. Mereka saat ini hanya menggunakan satu line dengan kapasitas produksi 800 unit kendaraan sebulan.

    “Kapasitas produksi BAIC BJ40 Plus di sini 800 unit sebulan. Kalau TKDN masih berkala, kita upayakan sampai 40 persen dalam waktu dekat,” ujar Chief Operating Officer (COO) JIO Distributor Indonesia, Dhany Yahya di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (3/6).

    BAIC BJ40 Plus Rakitan Lokal Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikcom

    Dhany berharap, meski masih ‘menumpang’ di pabrik Handal, BAIC Indonesia bisa menjadi hub atau pusat produksi di Asia Tenggara. Menurut dia, dengan kapasitas produksi 800 unit sebulan atau 9.600 setahun, pihaknya bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

    “Produksi kendaraan di sini (pabrik Handal) untuk kemudian diekspor tidak masalah. Kalau dalam 2 tahun kita sudah memenuhi syarat TKDN, kenapa nggak,” ungkapnya.

    Lebih jauh, Dhany menegaskan, kontrak BAIC dan Handal akan berlangsung selama tiga tahun. Setelah itu, ada berbagai kemungkinan yang bisa diputuskan, mulai dari memperpanjang kontrak atau membangun pabrik mandiri.

    Dirakit Lokal, Harga Mobil BAIC Turun

    Setelah dirakit di Purwakarta, harga BAIC BJ40 Plus langsung turun drastis. Bahkan, hampir Rp 100 juta. Sebab, jika sebelumnya dibanderol Rp 790 juta, kini kendaraan tersebut hanya dibanderol Rp 698 juta dengan status on the road Jakarta.

    “Maka peluncuran ini diharapkan menandai babak baru yang solid untuk merek BAIC di Indonesia,” kata Dhany.

    Sebagai catatan, sebelum dirakit lokal, BAIC BJ40 Plus didatangkan langsung secara utuh atau completely built up (CBU) dari China. Kendaraan tersebut, sejak pertama masuk Indonesia, langsung menjadi tulang punggung pabrikan.

    BAIC BJ40 Plus hadir dengan satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000 cc, DOHC turbocharger yang dikombinasi transmisi 8 percepatan lansiran merek ternama asal Jerman, ZF Friedrichshafen.

    Sistem penggeraknya sudah menggunakan Electronic Transfer Case, dengan Center Differential Lock dari Borg-Wagner, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat.

    BAIC BJ40 Plus dengan penggerak empat roda tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 221 dk dengan torsi maksimal 380 Nm. SUV itu disebut-sebut menjadi pesaing unggul di segmen kendaraan serbaguna, khususnya berpenggerak empat roda atau 4×4.

    (sfn/dry)

  • BAIC BJ40 Plus Mulai Dirakit di Purwakarta, Harga Turun Drastis!

    BAIC BJ40 Plus Mulai Dirakit di Purwakarta, Harga Turun Drastis!

    Purwakarta

    Produsen roda empat asal China, BAIC, mulai merakit lokal BAIC BJ40 Plus di Purwakarta, Jawa Barat. Mereka menumpang pabrik atau fasilitas produksi milik PT Handal Indonesia Motor (HIM).

    Dhany Yahya selaku Chief Operating Officer (COO) JIO Distribusi Indonesia mengatakan, keputusan merakit lokal BJ40 Plus di Indonesia membuktikan keseriusan BAIC di pasar otomotif Indonesia. Dia berharap, ke depannya, makin banyak produknya yang dibuat di dalam negeri.

    “Perakitan lokal BAIC BJ40 Plus menjadi tonggak baru untuk BAIC di Indonesia. Hal ini membuktikan keseriusan kami di pasar otomotif nasional,” ujar Dhany Yahya di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (3/6).

    Menariknya, setelah dirakit lokal, harga BAIC BJ40 Plus langsung turun drastis. Bahkan, hampir Rp 100 juta. Sebab, jika sebelumnya dibanderol Rp 790 juta, kini kendaraan tersebut hanya dibanderol Rp 698 juta dengan status on the road Jakarta.

    “Maka peluncuran ini diharapkan menandai babak baru yang solid untuk merek BAIC di Indonesia,” kata dia.

    BAIC BJ40 Plus Rakitan Lokal Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikcom

    Sebagai catatan, sebelum dirakit lokal, BAIC BJ40 Plus didatangkan langsung secara utuh atau completely built up (CBU) dari China. Kendaraan tersebut, sejak pertama masuk Indonesia, langsung menjadi tulang punggung pabrikan.

    BAIC BJ40 Plus hadir dengan satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000 cc, DOHC turbocharger yang dikombinasi transmisi 8 percepatan lansiran merek ternama asal Jerman, ZF Friedrichshafen.

    Sistem penggeraknya sudah menggunakan Electronic Transfer Case, dengan Center Differential Lock dari Borg-Wagner, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat.
    BAIC BJ40 Plus dengan penggerak empat roda tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 221 dk dengan torsi maksimal 380 Nm. SUV itu disebut-sebut menjadi pesaing unggul di segmen kendaraan serbaguna, khususnya berpenggerak empat roda atau 4×4.

    (sfn/rgr)

  • Huawei Luncurkan Sedan Mewah Pesaing Maybach, Harga Cuma Rp 1,6 Miliaran

    Huawei Luncurkan Sedan Mewah Pesaing Maybach, Harga Cuma Rp 1,6 Miliaran

    Jakarta

    Perusahaan patungan Huawei dan JAC Motors resmi meluncurkan sedan mewah, Maextro S800, di China. Dijual antara 708.000 yuan (Rp 1,6 miliar) hingga 1.018.000 yuan (Rp 2,3 miliar), mobil ini bakal menjadi penantang serius sedan premium buatan Jerman, Mercedes-Benz Maybach S-Class.

    Jika dibandingkan, harga Mercedes-Benz Maybach S-Class jauh lebih mahal dari Maextro S800. Di Eropa, tipe Maybach S-Class dipasarkan dari 255.849 euro (Rp 4,7 miliar) hingga 546.210 euro (Rp 10,1 miliar).

    Secara dimensi, Maextro S800 diklaim lebih besar ukurannya dibanding S-Class, dengan panjang sekitar 5.480 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.536 mm, dengan jarak sumbu roda 3.370 mm. Konsumen dapat memilih konfigurasi 4 kursi dan 5 kursi.

    Maextro S800 Foto: Dok. Istimewa

    Maextro S800 mengadopsi bahasa desain baru ‘Zongheng Xinghan’ yang dicirikan oleh empat elemen horisontal dan dua elemen vertikal. Hal ini menciptakan tampilan area depan yang khas dan dinamis, dipertegas lampu depan kristal.

    Di bagian buritan, sedan ini memiliki rakitan lampu belakang bertema nebula yang disebut ‘galaxy scroll’ menghasilkan efek ‘milky way’ yang menyala malam hari. Lambang ‘Maextro’ diambil dari kata maestro dalam bahasa Italia, yang berarti konduktor atau ahli, yang menekankan kehadiran mobil berwibawa.

    Maextro S800 ditawarkan dalam varian kendaraan listrik murni dan kendaraan listrik jarak jauh (EREV). Varian listrik murni memiliki pengaturan motor ganda, dengan daya 390 kW dan baterai 95 kWh. Mobil ini menghasilkan jarak tempuh CLTC hingga 702 km dan pengisian daya sangat cepat dari 10%-80% dalam waktu 12 menit.

    Varian EREV menggabungkan motor listrik dengan mesin turbo 1,5L (115 kW) dan baterai 65 kWh yang mendukung pengisian cepat 6C dan arsitektur 800V, pengisian daya 10% hingga 80% dalam 10,5 menit. EREV motor ganda menghasilkan output 390 kW, menawarkan jarak tempuh listrik murni 400 km, jarak tempuh total 1.333 km, dan konsumsi bahan bakar 0,09 L/100 km.

    Maextro S800 Foto: Dok. Istimewa

    Sementara varian EREV motor tiga menghasilkan power 635 kW, jarak tempuh listrik murni 365 km, jarak tempuh total 1.200 km, dan konsumsi bahan bakar 0,25 L/100 km. Semua varian menggunakan teknologi Whale Battery 2.0 dari Huawei.

    Dari segi performa, Maextro S800 menawarkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,3 detik (EV dual-motor), 4,7 detik (EREV tri-motor), dan 4,9 detik (EREV dual-motor). Jarak pengereman dari 100 km/jam adalah 34,5 m. Dengan kemudi roda belakang ±12°, mobil ini memiliki radius putar yang sempit hanya 5,05 meter dan sudut crab-walk maksimum 16°.

    Mobil ini mengadopsi sistem pengemudian cerdas ADS 4 terbaru dari Huawei yang dilengkapi dengan kemampuan ‘AI trans AI’. Sistem ini mencakup empat sensor LiDAR dan gabungan 32 sensor lainnya untuk persepsi 360 derajat yang komprehensif dan dukungan untuk skenario mengemudi yang kompleks seperti navigasi jalur sempit, kemudian automatic obstacle evasion dan parkir presisi. Sistem ini juga memiliki kokpit cerdas Harmony ALPS 2.0 dan teknologi Huawei Galaxy Communication.

    Maextro S800 Foto: Dok. Istimewa

    (lua/rgr)

  • BMW Perkenalkan Concept RR, Moge Radikal Berpenampilan Gahar

    BMW Perkenalkan Concept RR, Moge Radikal Berpenampilan Gahar

    Jakarta

    BMW Motorrad terus berkomitmen memproduksi superbike dengan konsep modern dan sporty. Terbaru, pabrikan asal Jerman tersebut mengungkapkan desain moge konsep terbaru yang dinamakan Concept RR. Tak tanggung-tanggung, model ini ditenagai mesin yang sama dengan mesin motor balap S1000RR yang mentas di ajang WSBK.

    Dikutip dari laman MCN, BMW Concept RR diperkenalkan pada sebuah acara di Concorso d’Eleganza Villa d’Este di tepi Danau Como, Italia. Meski model tersebut belum tentu diproduksi jadi produk massal, tapi setidaknya membuktikan bahwa BMW Motorrad memiliki komitmen riset dan pengembangan.

    BMW Concept RR Foto: Dok. BMW Motorrad

    “Sebelumnya BMW Motorrad tidak pernah memberikan gambaran awal seperti ini mengenai generasi masa depan model RR,” bilang Kepala divisi sepeda motor BMW, Markus Flasch. “BMW Motorrad Concept RR adalah mahakarya sejati tim pengembangan kami, baik secara teknis maupun dalam hal bahasa desain,” sambung dia.

    BMW mengklaim Concept RR akan memiliki DNA motor balap sejati dengan desain bodywork dan mesin yang benar-benar diturunkan dari sirkuit ke jalan raya. Bahkan Flasch berani menjamin jika BMW memimpin di segmen ini.

    BMW Concept RR Foto: Dok. BMW Motorrad

    Sejarah S1000RR

    Sebagai informasi, BMW pertama kali memasarkan S1000RR pada tahun 2009 dan terus mengadaptasi dan mengembangkan konsep tersebut sejak saat itu hingga sekarang.

    Pada tahun 2021, BMW mengembangkan varian baru, M1000RR, yang memiliki mesin lebih gahar dan juga paket aerodinamika lebih canggih. BMW pun turut berpartisipasi di ajang balap WSBK atau WorldSuperbike, di mana pada 2024 mereka berhasil meraih gelar juara melalui pebalap asal Turki, Toprak Razgatlioğlu.

    Mesin empat silinder 999cc peraih kejuaraan inilah yang kabarnya bakal menjadi jantung pacu dari BMW Concept RR. Mesin buas tersebut bisa menghasilkan tenaga mencapai lebih dari 226,6 dk.

    Toprak Razgatlioglu di tim balap BMW WSBK Foto: Doc. Matteo Cavadini / BMW Motorrad

    (lua/rgr)

  • Gila! Ukraina Bombardir 40 Jet Tempur Rusia Sampai Hancur, Endingnya Zelensky Malah Minta Gencatan Senjata

    Gila! Ukraina Bombardir 40 Jet Tempur Rusia Sampai Hancur, Endingnya Zelensky Malah Minta Gencatan Senjata

    GELORA.CO – Konflik Rusia-Ukraina kembali memanas!

    Dalam laporan terbaru dari intelijen Barat dan media Ukraina, serangan drone Ukraina berhasil menghancurkan sekitar 40 jet tempur milik Rusia.

    Angka ini mengejutkan banyak pihak dan disebut sebagai salah satu pukulan terbesar terhadap kekuatan udara Moskow sejak invasi dimulai pada 2022.

    Serangan itu terjadi di sejumlah pangkalan udara Rusia, termasuk di wilayah Krasnodar dilansir dari CBS. 

    Drone-drone Ukraina menyasar landasan pacu, hanggar, dan pesawat yang tengah parkir.

    Dalam video yang beredar di media sosial, ledakan besar dan kobaran api terlihat jelas menghantam kompleks militer tersebut.

    Kementerian Pertahanan Rusia sendiri belum mengonfirmasi jumlah kerugian, namun analis Barat menyebutkan bahwa sekitar dua skuadron jet tempur, termasuk Sukhoi Su-34 dan Su-35, ikut hancur dalam serangan itu.

    Bila dikalkulasi, kerugian Rusia bisa mencapai lebih dari US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 24 triliun!

    Tak hanya itu, sejumlah sistem radar dan amunisi juga ikut terdampak.

    Para pengamat militer menyebut serangan ini sebagai “game changer”, karena Rusia mulai terlihat kewalahan mempertahankan wilayah-wilayah yang jauh dari garis depan.

    Zelensky Malah Ajukan Gencatan Senjata?

    Namun yang bikin publik bingung — Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky justru membuka wacana gencatan senjata di tengah keberhasilan besar militer negaranya.

    Dalam wawancara dengan media Jerman, Zelensky menyatakan bahwa “Ukraina terbuka pada solusi damai” asalkan wilayah kedaulatan tetap dihormati.

    “Perang ini tak bisa berlangsung selamanya. Kami tak ingin hanya menang di medan tempur, tapi juga di meja perundingan,” ujar Zelensky.

    Ia juga menambahkan bahwa saat ini Ukraina tengah menyiapkan peta jalan untuk menggelar Konferensi Perdamaian Global yang akan digelar di Swiss pertengahan Juni.

    Banyak yang menduga pernyataan Zelensky ini adalah bagian dari strategi diplomasi tingkat tinggi.

    Setelah menunjukkan kekuatan militer yang signifikan, Ukraina ingin memegang kendali narasi — menjadi pihak yang proaktif menawarkan perdamaian.

    Namun, di sisi lain, beberapa analis menilai tawaran gencatan senjata ini juga bisa mencerminkan beban berat yang tengah ditanggung Ukraina.

    Dukungan militer dari Barat mulai melambat, dan tekanan internal pun meningkat.

    Bagaimana Tanggapan Rusia?

    Hingga kini, Rusia belum memberikan respons resmi atas tawaran gencatan senjata tersebut. Kremlin masih terus mengklaim bahwa “operasi militer khusus” mereka akan terus berlangsung hingga tujuan strategis tercapai.

    Namun beberapa diplomat Rusia mulai menunjukkan sinyal bahwa pembicaraan damai bisa jadi opsi terbuka, tergantung sikap Ukraina ke depan. 

    Situasi ini bikin geger dunia internasional. Ukraina makin kuat di medan tempur, tapi Zelensky malah membuka pintu damai.