Negara: Jepang

  • Netizen Korsel Keluhkan iPhone 17 Lebih Lemot dari iPhone 11

    Netizen Korsel Keluhkan iPhone 17 Lebih Lemot dari iPhone 11

    Bisnis.com, JAKARTA – iPhone 17 mendapat banyak keluhan dari netizen Korea Selatan, di mana ponsel anyar milik Apple itu disebut lebih lemot.

    Banyak pengguna iPhone 17 melaporkan masalah konektivitas seluler yang menimbulkan kekhawatiran akan potensi kerusakan perangkat keras atau perangkat lunak.

    Sejumlah gejala yang dikhawatirkan yakni kecepatan internet yang lambat dan waktu respons seluler yang lambat.

    Masalah ini juga telah ditemukan oleh pengguna di Taiwan dan Jepang, menurut keluhan yang diposting di Reddit.

    Melansir The JoongAng, lebih dari 2.000 unggahan sejak Oktober 2025 telah mengangkat masalah lemotnya iPhone 17 di Asamo, salah satu forum daring terbesar di Korea untuk pengguna Apple, yang memiliki lebih dari 2,4 juta anggota.

    Di sana, netizen mengeluhkan berbagai masalah seperti pembatalan pesanan iPhone 17, hingga respons hambar dari Apple.

    Disebut lebih lemot dari iPhone 11

    Salah satu keluhan yang menjadi viral yakni ketika satu anggota komunitas mengunggah video yang mengklaim bahwa iPhone 11 memiliki waktu respons yang lebih cepat daripada iPhone 17.

    Beberapa YouTuber teknologi kemudian mulai menganalisis masalah ini, menunjukkan bahwa masalahnya kemungkinan besar bukan terletak pada perangkat keras modem, melainkan pada perangkat lunak Apple.

    “Saya menduga masalahnya mungkin terletak pada pengaturan perangkat lunak modem,” kata ITSub, seorang YouTuber dengan 2,78 juta pelanggan.

    Diketahui, iPhone 17 menggunakan modem Qualcomm X80 5G — chip yang sama dengan yang digunakan pada Galaxy S25 Ultra dan Galaxy Z Fold 7 — tetapi kedua perangkat tersebut tampaknya tidak mengalami masalah ini.

    Namun bisa jadi Apple terlalu agresif mengonfigurasi mode hemat daya untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

    Beberapa pengguna bahkan mengusulkan gugatan class action, meskipun belum ada langkah resmi yang diverifikasi.

    Hingga kini, pihak Apple Korea belum memberikan komentar mengenai hal yang dikeluhkan oleh netizen Korsel tersebut.

  • Apple Luncurkan Grip iPhone Edisi Terbatas untuk Pengguna Disabilitas

    Apple Luncurkan Grip iPhone Edisi Terbatas untuk Pengguna Disabilitas

    JAKARTA – Apple kembali merilis aksesori edisi terbatas untuk iPhone, kali ini berupa grip ergonomis yang sekaligus berfungsi sebagai stand dan dirancang khusus untuk membantu pengguna disabilitas. Aksesori ini dibuat bekerja sama dengan desainer serta seniman asal Los Angeles, Bailey Hikawa.

    Sebelumnya, Apple sempat bermitra dengan rumah mode Jepang untuk meluncurkan iPhone Pocket. Kini, kolaborasi terbarunya berfokus pada tujuan yang lebih fungsional dan inklusif. Hikawa, yang dikenal dengan berbagai kreasi aksesori iPhone berdesain unik, merancang produk ini dengan orientasi aksesibilitas yang lebih jelas.

    Aksesori bernama Hikawa Phone Grip & Stand tersebut dibanderol 70  dolar AS dan memerlukan iPhone yang mendukung MagSafe. Apple menawarkan dua pilihan warna:

    “Grip ini dirancang melalui proses wawancara yang mendalam untuk mendukung berbagai cara memegang iPhone sambil mengurangi usaha untuk mempertahankannya tetap stabil,” kata Hikawa.

    Didedikasikan untuk 40 Tahun Inovasi Aksesibilitas Apple

    Apple menyebut aksesori baru ini hadir sebagai bagian dari peringatan 40 tahun desain aksesibilitas di perusahaan tersebut. Sarah Herrlinger, Kepala Aksesibilitas Apple, mengatakan kepada ELLE Decor bahwa grip ini merupakan perpanjangan dari komitmen Apple untuk menghadirkan produk yang inklusif bagi semua pengguna.

    “Tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa MagSafe memiliki potensi besar dalam menghadirkan aksesori yang benar-benar bermanfaat bagi komunitas kami,” ujar Herrlinger. “Ini hanyalah salah satu dari banyak aksesori yang bisa memecahkan masalah unik bagi sebagian pengguna.”

    Aksesori ini memiliki bentuk besar menyerupai bagian dari roda bergerigi, dibuat dari silikon premium bertekstur lembut, dan dirancang untuk menyesuaikan berbagai tingkat kekuatan genggaman tangan.

    Awal dari Banyak Produk Aksesibilitas Lainnya

    Meski sudah lama membuat berbagai aksesori iPhone, ini adalah kali pertama Hikawa secara khusus merancang produk untuk tujuan aksesibilitas. Ia mengaku kolaborasi ini sangat memengaruhi arah karyanya.

    “Ini benar-benar mengubah jalur pekerjaan saya,” kata Hikawa. “Ini adalah awal dari lebih banyak produk untuk berbagai jenis tubuh dan kebutuhan.”

    Hikawa menjelaskan bahwa dirinya merasa sangat puas ketika pengguna mengatakan bahwa aksesori buatannya membantu, nyaman, atau bahkan membuat mereka bertanya-tanya bagaimana mereka bisa hidup tanpa itu sebelumnya.

    Aksesori ini mudah dilepas-pasang karena menggunakan koneksi MagSafe. Namun, ukurannya yang besar membuat iPhone dengan grip ini hampir mustahil dimasukkan ke saku. Hikawa menambahkan, “Kami membuat casing untuk tangan, bukan untuk saku.”

    Saat berita ini ditulis, grip edisi terbatas tersebut belum tersedia di toko fisik Apple dan belum muncul di toko Apple wilayah Eropa. Namun, aksesori ini sudah dapat dibeli secara online di AS.

  • Mengenang 3 Kereta Bersejarah yang Mengubah Wajah KRL Jabodetabek
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        23 November 2025

    Mengenang 3 Kereta Bersejarah yang Mengubah Wajah KRL Jabodetabek Megapolitan 23 November 2025

    Mengenang 3 Kereta Bersejarah yang Mengubah Wajah KRL Jabodetabek
    Penulis

    JAKARTA, KOMPAS.com –
    KRL Commuter Line selama bertahun-tahun menjadi tulang punggung mobilitas masyarakat Jabodetabek, dan di balik layanan tersebut terdapat tiga rangkaian kereta pionir yang menandai awal modernisasi, yakni Tokyu 8500, TM 7000, dan JR East 203.
    Kehadiran ketiganya memperkenalkan fasilitas yang lebih bersih, nyaman, serta ber-AC, sebuah lompatan besar dari layanan kereta ekonomi sebelumnya.
    Bagi banyak negara, termasuk Indonesia, transportasi umum menjadi pilar pembangunan berkelanjutan.
    Dengan meningkatnya jumlah penduduk di kota besar dan kepadatan lalu lintas yang makin kompleks, kebutuhan akan transportasi yang aman, efisien, dan ramah lingkungan menjadi krusial untuk memastikan mobilitas yang merata bagi seluruh kalangan.
    Commuter Line yang dioperasikan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memegang peran utama sebagai moda transportasi massal di Jabodetabek.
    Tarif yang terjangkau dan rute yang luas menjadikan
    KRL
    pilihan harian jutaan penumpang.
    Dilansir dari
    Antara
    , data KAI Commuter menunjukkan bahwa jumlah pengguna KRL Jabodetabek pada triwulan III 2025 mencapai 89.088.257 orang, meningkat sekitar 4,7 persen dibanding periode yang sama tahun 2024.
    Stasiun Bogor menjadi yang tersibuk dengan 4.554.774 pengguna, disusul Stasiun Tanah Abang (4.073.502) dan Bekasi (2.923.291).
    Pertumbuhan KRL tak lepas dari kehadiran tiga rangkaian generasi pertama, yakni
    Tokyu 8500
    ,
    TM 7000
    , dan
    JR East 203
    .
    Ketiganya diimpor dari Jepang antara 2006–2011, ketika KCI masih bernama Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ).
    Sebelum itu, ketiganya telah beroperasi di Jepang selama sekitar 25 tahun (batas usia operasional yang ditetapkan regulasi Jepang).
    PT KCI kemudian mengadopsinya sebagai upaya modernisasi, menggantikan rangkaian lama tanpa AC.
    Ketiganya menjadi simbol peningkatan kualitas layanan dengan menghadirkan kenyamanan pendingin udara.
    Namun usia yang telah mencapai setengah abad serta kelangkaan suku cadang membuat KCI menghentikan operasionalnya pada 2025.
    Sebagai bentuk penghormatan, Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) bersama KAI Commuter menggelar pameran “Arigato KRL!” di Stasiun Jakarta Kota pada 11 November 2025.
    Acara ini dihadiri
    railfans
    , masyarakat umum, perwakilan Kedutaan Besar Jepang Kamigaki Reiko, serta Direktur Utama PT KCI, Asdo Artiviyanto.
    Pameran menyajikan perjalanan sejarah ketiga rangkaian melalui poster edukatif, foto-foto kronologis, miniatur kereta dari berbagai era, hingga tampilan seragam petugas dan warna asli kursi penumpang.
    Unsur budaya Jepang turut dihadirkan lewat dekorasi Noren, lampion tradisional, dan ornamen bunga sakura.
    Antusiasme pengunjung terlihat dari lonjakan jumlah kedatangan.
    “Di hari
    weekday
    kemarin, kita rata-rata pengunjung di atas 1.500. Terus, untuk per hari ini, Sabtu tanggal 15, per jam 12 ini, kita sudah menyentuh angka lebih dari 2.000 pengunjung,” jelas Tianza, petugas pameran “Arigato KRL!”.
    Ia juga menyebut variasi pengunjung yang datang. Saat hari kerja, rombongan sekolah mendominasi, sementara akhir pekan dipadati keluarga yang membawa anak-anak.
    Kehadiran Tokyu 8500, TM 7000, dan JR East 203 menjadi titik awal transformasi layanan KRL yang lebih nyaman, bersih, dan modern.
    Walau kini memasuki masa purnatugas, warisan ketiganya tetap hidup melalui peningkatan standar layanan yang diterapkan KAI Commuter hingga hari ini, sebuah fondasi penting bagi sistem transportasi berkelanjutan di Jabodetabek.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Gran Max Masa Depan Muncul di Jepang, Bisa Jalan Sendiri dan Bantu Kerja!

    Gran Max Masa Depan Muncul di Jepang, Bisa Jalan Sendiri dan Bantu Kerja!

    Tokyo

    Bayangkan Gran Max yang bisa berjalan sendiri, mencari tempat parkir, hingga mengantar barang tanpa sopir. Gambaran itu kini bukan lagi mimpi, karena Daihatsu telah memamerkannya lewat Kayoibako-K di Japan Mobility Show (JMS) 2025.

    Tim detikcom datang langsung ke JMS 2025 bersama Astra Daihatsu Motor beberapa pekan lalu untuk melihat visi dan kendaraan masa depan Daihatsu. Salah satu yang paling menarik adalah Kayoibako-K.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Mobil ini merupakan versi terkecil dari seri kendaraan konsep Kayoibako yang pertama kali diperkenalkan di JMS 2023.

    Kayoibako-K dirancang sebagai kendaraan komersial masa depan dengan kemampuan otonom dan konektivitas tinggi. Melalui konsep ini, Daihatsu mencoba mendefinisikan ulang arti mobil kerja ringan.

    Sesuai namanya, “Kayoibako” dalam bahasa Jepang berarti kotak yang bisa digunakan kembali untuk pengiriman atau pengantaran. Filosofinya sederhana namun kuat, menghadirkan efisiensi dan keberlanjutan dalam mobilitas harian.

    Daihatsu mengembangkan konsep ini agar bisa digunakan oleh siapa saja, baik untuk pengiriman barang, layanan publik, hingga aktivitas sosial di komunitas lokal.

    Yang menarik, Kayoibako-K tidak hanya bisa dikendarai manusia, tetapi juga mampu bergerak secara otomatis. Mobil ini terhubung dengan pusat data yang memungkinkan fitur seperti pemanggilan kendaraan otomatis dan parkir mandiri.

    Fungsinya bisa diperluas untuk membantu pekerjaan di berbagai sektor, bahkan hingga memantau kondisi lansia di lingkungan sekitar.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Public Relation Daihatsu Motor Corporation (DMC), Kadomae, menjelaskan bahwa Kayoibako-K juga dirancang agar dapat menjaga orang tua di area sekitarnya.

    “Selain pengiriman, layanan ini juga mendukung layanan baru seperti membantu memantau orang lanjut usia di komunitas lokal,” ujar Kadomae kepada jurnalis asal Indonesia yang mengikuti tur booth Daihatsu di JMS 2025.

    Kehadiran Kayoibako-K di pameran ini menjadi simbol arah baru Daihatsu dalam mengembangkan kendaraan kecil yang cerdas dan adaptif.

    Konsep ini terasa sangat dekat dengan karakter Gran Max yang selama ini dikenal sebagai tulang punggung usaha kecil di Indonesia.

    Jika suatu hari teknologi Kayoibako-K diterapkan pada Gran Max, bukan tidak mungkin mobil niaga legendaris itu akan berevolusi menjadi kendaraan pintar yang bisa bekerja sendiri. Dari mobil angkut sederhana menjadi mitra usaha digital yang efisien dan ramah lingkungan.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Pada ajang JMS 2025 ini, Daihatsu membawa tema “DAIHATSUMEI”. Menurut DMC, tema itu berfokus pada pengelana visi kendaraan Daihatsu yang kecil tapi mumpuni.

    Istilah Daihatsumei merupakan gabungan antara “Daihatsu” dan “Hatsumei” yang berarti penemuan atau inovasi, menggambarkan semangat merek dalam menghadirkan solusi mobilitas praktis untuk semua kalangan.

    “Sejak didirikan pada tahun 1907, Daihatsu telah menciptakan mobil-mobil yang menggabungkan kegembiraan, kemudahan, dan kenyamanan dalam bodi kecil, dengan harga terjangkau dan selalu dekat dengan kehidupan masyarakat,” ujar Kadomae.

    “Kali ini kami menampilkan penemuan-penemuan unik Daihatsu yang diekspresikan melalui tampilan stan dan pertunjukan, mulai dari Midget hingga berkembang ke masa depan,” tutupnya.

    (mhg/rgr)

  • Harga Beda Rp 80 Juta Pilih Toyota bZ4X Buatan Lokal atau BYD Sealion 7 Termahal?

    Harga Beda Rp 80 Juta Pilih Toyota bZ4X Buatan Lokal atau BYD Sealion 7 Termahal?

    Jakarta

    Toyota bZ4X rakitan lokal dibanderol Rp 799 juta. Sama BYD Sealion 7 beda harga Rp 80 juta. Kalau disuruh pilih di antara dua model itu, kamu pilih mana nih?

    Mobil listrik pertama Toyota di Indonesia kini diproduksi lokal. Sebelumnya, Toyota mendatangkan crossover langsung dari Jepang secara utuh. Berkat diproduksi dalam negeri, harga Toyota bZ4X pun ikut terpangkas dari Rp 1,2 miliaran menjadi Rp 799 juta. Turunnya sekitar Rp 400 jutaan.

    Adapun di segmen crossover listrik, Toyota bZ4X rakitan itu akan bertarung dengan BYD Sealion 7 versi termahal. Tapi urusan harga, antara BYD Sealion 7 dan Toyota bZ4X itu berselisih Rp 80 juta. BYD Sealion 7 versi tertinggi itu dibanderol Rp 719 juta. Kalau kamu lagi cari crossover listrik dengan opsi BYD Sealion 7 varian termahal dan Toyota bZ4X, kira-kira pilih mana?

    BYD Sealion 7 Foto: Rifkianto NugrohoDimesin BYD Sealion 7 vs Toyota bZ4X

    Dari sisi dimensi, BYD Sealion 7 punya panjang 4.830 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu roda 2.930 mm. Dibandingkan dengan Toyota bZ4X, bodinya lebih besar tapi kalah tinggi. Toyota bZ4X punya panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Ground clearance yang ditawarkan Toyota bZ4X itu lebih tinggi yakni 201 mm sedangkan BYD Sealion 7 hanya 163 mm.

    Baterai BYD Sealion 7 vs Toyota bZ4X

    Urusan tenaga, Toyota bZ4X bisa menyemburkan 165 kW dan torsi 286,6 Nm. Baterainya berkapasitas 73,11 kWh dan menjanjikan jarak tempuh hingga 525 km. Tenaga itu disalurkan melalui penggerak roda depan. Sementara pada BYD Sealion 7 varian tertinggi mengusung baterai berkapasitas 82,56 kWh dengan jarak tempuh 542 km. BYD Sealion 7 varian termahal ini merupakan versi performa. Makanya akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 detik. Tenaganya tembus 390 kW dan torsi 690 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui keseluruhan rodanya alias All-Wheel Drive (AWD).

    Fitur BYD Sealion 7 vs Toyota bZ4X

    Beralih ke fitur, Toyota membekali bZ4x dengan 8 SRS airbag, vehicle stability control, parking view monitor, dynamic radar cruise control, lane departure alert, lane tracing assist, adaptive high-beam system, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, safe exit assist, parking support brake, serta advanced parking.

    Fitur yang disajikan BYD Sealion 7 tak kalah lengkap, terlebih pada varian tertinggi. BYD juga menyematkan 8 airbag pada Sealion 7. Selanjutnya tersedia traction control system, electronic brake force distribution, auto hold, adaptive cruise control, emergency lane keeping assist, lane departure assist, traffic sign recognition, intelligent speed alert, intelligent speed limit information, automatic emergency braking, forward collision warning, front cross traffic alert, front cross traffic brake, rear collision warning, rear cross traffic alert, rear cross traffic brake, door open warning, blind spot detection, lane departure warning, driver attention warning, driver fatigue warning, head up display, dan intelligence torque adaption control. Secara fitur keamanan, BYD Sealion 7 terlihat lebih banyak ketimbang bZ4X.

    Toyota bZ4X versi lokal ini hanya ditawarkan dalam satu opsi. Sedangkan BYD Sealion 7 jika varian Performance ini dirasa kemahalan, maka bisa meminang varian termurahnya dengan banderol Rp 629 juta. Gimana nih, kira-kira di antara dua mobil di atas kamu pilih mana?

    (dry/rgr)

  • Menko Airlangga: KTT G20 Bahas Pertumbuhan Ekonomi Global hingga Pembiayaan Internasional

    Menko Airlangga: KTT G20 Bahas Pertumbuhan Ekonomi Global hingga Pembiayaan Internasional

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan sejumlah poin penting dalam KTT G20 Leaders Summit Johannesburg, Afrika Selatan, yang dihadiri oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming. 

    Airlangga menyampaikan KTT G20 kali ini mengambil tema Solidarity, Equality, dan Sustainability. Dalam KTT G20 itu, Wapres Gibran mengikuti dua sesi Leaders Summit. 

    Sesi pertama, lanjutnya, membahas tentang ekonomi inklusif, berkelanjutan, serta pembiayaan pembangunan. Sementara itu, sesi kedua mengangkat topik pengurangan risiko bencana, perubahan iklim, transisi energi, dan sistem pangan. 

    Berdasarkan catatan Airlangga, Wapres menyampaikan beberapa poin penting. Salah satunya, pertumbuhan ekonomi global harus kuat, stabil, dan inklusif dengan pembiayaan internasional yang mudah diakses, dapat diprediksi, setara khususnya bagi negara-negara berkembang. 

    “Upaya-upaya ini dapat dilakukan dengan berbagai cara a.l. penghapusan utang, mekanisme pembiayaan yang inovatif, pembiayaan campuran, dan transisi hijau,” paparnya dalam konferensi pers, Minggu (23/11/2025). 

    Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono menyampaikan bahwa negara-negara berkembang, terutama Indonesia, sangat menekankan pembiayaan internasional yang adil.

    Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan bahwa Wapres Gibran menyampaikan contoh solusi digital sederhana yang dilakukan Indonesia dan berbiaya rendah. Salah satunya, sistem pembayaran dengan QRIS yang kini sudah diadopsi beberapa negara lain di Asean, bahkan negara lain di Asia termasuk Jepang dan Korea.

    Wapres, kata Airlangga, juga mendorong dialog di G20 mengenai kecerdasan artifisial (AI) dengan mempertimbangkan teknologi keuangan yang semakin maju.

    Airlangga menambahkan Wapres menegaskan ketahanan pangan bukan hanya agenda ekonomi, tapi juga kebutuhan mendasar dan investasi strategis mengingat 270 juta penduduk dunia kelaparan.

    “Program Makan Bergizi Gratis (MBG) dapat menjadi contoh nyata yang turut mendorong pemanfaatan produk lokal, pemberdayaan petani, peternak serta perluasan kegiatan ekonomi yang supply chain-nya dapat mencapai seluruh pelosok Indonesia,” paparnya.

    Airlangga juga melaporkan KTT G20 juga membahas mengenai pengurangan risiko bencana, tak hanya bencana alam tetapi juga bencana akibat tindakan manusia seperti yang terjadi di Gaza, Ukraina, Sudan, Sahel dan banyak wilayah lain. 

    “Berbagai  peristiwa itu menegaskan perlunya menempatkan kemanusiaan di pusat tata kelola global dan mendorong G20 sebagai teladan.”

  • Ubur-ubur ‘Samurai’, Spesies Baru Nan Mencolok di Lepas Pantai Jepang

    Ubur-ubur ‘Samurai’, Spesies Baru Nan Mencolok di Lepas Pantai Jepang

    Jakarta

    Ubur-ubur perang Portugis (Portuguese man o’ war), atau Physalia, adalah makhluk seperti jeli yang menggunakan balon berisi gas khusus untuk mengapung di permukaan laut. Physalia menghuni area pertemuan laut dan atmosfer, berbeda dengan kebanyakan ubur-ubur yang melayang lebih dalam.

    Bagian tubuhnya yang serupa balon berfungsi sebagai layar, yang memungkinkannya meluncur mengikuti angin dan arus. Kelompok besar terkadang terbawa ke garis pantai, tempat mereka jarang terlihat karena perubahan angin dan suhu laut.

    Dalam studi yang dipublikasikan di Frontiers in Marine Science, mahasiswa Universitas Tohoku memaparkan spesies baru spesies ini yang berbisa. Nama Physalia mikazuki diambil dari nama Date Masamune, seorang samurai lokal yang terkenal karena mengenakan bulan sabit di helmnya.

    Ini adalah spesies Physalia pertama yang dideskripsikan secara resmi di Jepang, dan penampakan pertama di wilayah Tohoku yang dingin, hampir 2.000 km di utara habitat aslinya di sekitar Okinawa.

    Studi baru ini juga mengisyaratkan hal yang lebih besar. Bagaimana pemanasan laut dan perubahan arus laut mungkin mengarahkan kehidupan laut tropis ke perairan utara yang tak terduga.

    “Prosesnya sangat rumit, merekam semua struktur tubuh unik yang membedakannya dari empat spesies Physalia lainnya. Saya mengamati setiap bagian, membandingkan penampilannya dengan buku-buku kuno tempat para ilmuwan menggambar anatomi ubur-ubur dengan tangan. Tantangan yang nyata ketika Anda melihat betapa banyak bagian yang rumit,” kata Chanikarn Yongstar, penulis pertama studi ini, dikutip dari New Atlas.

    Selama bertahun-tahun, para ilmuwan mengira Physalia utriculus adalah satu-satunya ubur-ubur Portugis yang hanyut dari Okinawa ke Teluk Sagami. Namun, sebuah studi mendalam baru-baru ini, yang memadukan anatomi ubur-ubur, DNA, dan pemodelan laut, mengungkapkan sebuah kejutan: Physalia mikazuki telah ada di sana sejak lama.

    Penemuan ini dipicu oleh penampakan di ujung utara, di Pantai Gamo, Tohoku. Ternyata, kedua spesies itu berenang bersama, tersembunyi di tempat yang mudah terlihat, hingga salah satu dari mereka hanyut cukup jauh hingga mengundang tanda tanya.

    “Analisis morfologi dan DNA kami mengonfirmasi bahwa spesimen ini merupakan spesies baru, berbeda dari kerabat tropisnya. Temuan ini sendiri sangat menarik, tetapi kami masih memiliki pertanyaan tentang bagaimana spesies ini bisa ada di sini,” kata Kei Chloe Tan, yang melakukan analisis DNA.

    Para peneliti mempelajari suhu dan arus laut dari waktu ke waktu untuk memahami pergeseran di laut utara lepas pantai Jepang. Dengan menggabungkan data satelit dan simulasi, mereka mengungkap tren yang mencolok. Arus Kuroshio bergerak ke utara, dan perairan pesisir menghangat 2 hingga 4 °C.

    Perubahan ini memungkinkan Physalia mikazuki, yang umumnya dianggap sebagai ubur-ubur tropis, untuk pindah ke habitat utara yang lebih dingin. Ini merupakan tanda yang jelas bahwa pergeseran laut akibat iklim sedang membentuk kembali rute migrasi laut dan menulis ulang peta keanekaragaman hayati.

    Menggunakan simulasi partikel, para ilmuwan menemukan bahwa Physalia mikazuki kemungkinan besar hanyut ke utara mengikuti Arus Kuroshio, menyatu dengan sepupunya, P. utriculus, di sepanjang perjalanan. Hanya butuh 30 hari untuk mencapai Teluk Sendai, dan 45 hari untuk berlayar hingga Aomori.

    Perjalanan tersembunyi ini menunjukkan bagaimana perubahan arus dan pemanasan laut dapat secara diam-diam membentuk kembali peta kehidupan laut.

    “Saya menjalankan simulasi partikel, seperti menjatuhkan bola pantai merah terang ke dalam air, lalu membuat estimasi berbasis data untuk melacak di mana bola-bola itu akan berakhir beberapa hari atau bulan kemudian,” jelas rekan penulis studi Muhammad Izzat Nugraha.

    “Kami sangat senang menemukan bahwa dalam simulasi kami, semua bola pantai pada dasarnya membentuk jejak dari Teluk Sagami hingga tepat di tempat kami menemukan ‘man-o-war helm bulan sabit’ di wilayah Tohoku,” jelasnya.

    Penemuan Physalia mikazuki merupakan peringatan sekaligus tonggak sejarah ilmiah. Ubur-ubur ini perlu diawasi ketat di sepanjang pantai untuk memastikan keselamatan pengunjung pantai karena sengatannya yang menyakitkan dan tentakelnya yang dapat tumbuh hingga beberapa meter panjangnya.

    Namun, ini juga mengingatkan kita betapa banyak yang masih harus kita pelajari. Dengan memadukan taksonomi, analisis DNA, dan pemodelan laut, para peneliti mengungkap spesies tersembunyi dan melacak bagaimana perubahan iklim mengubah batas-batas kehidupan laut. Di tengah lautan yang terus berubah, mengamati pantai juga bisa berarti melihat sekilas masa depan.

    (rns/asj)

  • 6
                    
                        Keakraban Gibran dan Petinggi Negara di KTT G20: Peluk Presiden Brasil hingga Gandeng Erdogan
                        Nasional

    6 Keakraban Gibran dan Petinggi Negara di KTT G20: Peluk Presiden Brasil hingga Gandeng Erdogan Nasional

    Keakraban Gibran dan Petinggi Negara di KTT G20: Peluk Presiden Brasil hingga Gandeng Erdogan
    Tim Redaksi
    JOHANNESBURG, KOMPAS.com
    – Keakraban Wakil Presiden (Wapres) RI Gibran Rakabuming Raka dengan sejumlah petinggi negara pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Johannesburg Expo Centre menjadi sorotan.
    Forum internasional di
    Johannesburg
    , Afrika Selatan, ini merupakan forum internasional perdana yang dihadiri Gibran sebagai Wakil Presiden RI.
    Jurnalis Kompas.com Rahel Narda Chaterine ikut serta dalam kunjungan kerja rombongan Wapres Gibran di Afrika Selatan.
    Ikuti laporan langsung tentang kegiatan Wakil Presiden Gibran
    di sini
    .
    Di sela ajang
    KTT G20
    , Gibran sempat menyapa dan berbincang dengan beberapa tokoh dunia, termasuk
    Presiden Brasil
    Luiz Inácio Lula da Silva.
    Gibran dan Lula pun berjabat tangan dan saling berpelukan di sela forum internasional tersebut.
    Setelahnya, mereka sempat berbincang singkat.
    Lula terdengar menanyakan kabar Presiden Prabowo kepada Gibran, menggunakan bahasa asalnya.
    Namun, orang di sisi kirinya menerjemahkan ucapan orang nomor satu di Brasil itu.
    “Bagaimana kabar Presiden Prabowo?” tanya Lula, lewat penerjemah.
    “Dia (Presiden Prabowo) baik, terima kasih,” jawab Gibran, dalam bahasa Inggris.
    Sambil menanyakan kabar Prabowo, Lula terus menggenggam kedua tangan Gibran.
    Selain Lula, Gibran juga sempat bercengkrama dengan Presiden Finlandia Alexander Stubb dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni di sela KTT G20.
    Momen ini terjadi di akhir pertemuan bilateral Gibran dan Stubb.
    Saat keduanya hendak berpisah, tiba-tiba Meloni mendekat dan berbicara ke arah mereka.
    Gibran dan Stubb pun tertawa usai mendengar kata-kata dari Meloni, namun tidak terdengar jelas percakapannya.
    Meloni kemudian tertawa lepas dan langsung berjalan meninggalkan Gibran dan Stubb.
    Sorotan lain terhadap Gibran adalah saat putra sulung Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) itu fokus dan intens berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Sanae Takaichi jelang foto bersama para petinggi negara G20.
    Gibran dan Takaichi yang berdiri di barisan depan sisi sebelah kanan panggung, sangat asyik dan ekspresif saat berbicara berdua.
    Tangan Gibran turut digerakkan saat ngobrol dengan PM Jepang itu.
    Selain itu, Gibran juga tersorot berbincang dengan Ursula von der Leyen selaku Presiden Komisi Eropa.
    Di momen menjelang sesi foto KTT G20, Gibran bersama Presiden Turkiye Recep Tayyip
    Erdogan
    dan PM Jepang juga melakukan percakapan singkat.
    Erdogan dan Gibran saling menghadap satu sama lain, sementara Takaichi berada di tengah saat ketiganya asyik ngobrol di forum G20.
    Selama sesi foto berlangsung, Gibran berdiri diapit oleh dua tokoh pemerintah dunia, yakni Takaichi dan Ursula.
    Untuk Erdogan, ia berdiri di sebelah Takaichi.
    Selepas sesi foto dilakukan, semua petinggi negara G20 pun meninggalkan panggung yang merupakan tempat sesi foto bersama.
    Ketika Erdogan menuruni panggung acara, Gibran dengan sigap menggandeng tangan untuk membantunya.
    Dalam ajang KTT G20 ini, Gibran berpidato dalam sesi. Untuk sesi pertama digelar pada 22 November 2025.
    Di sesi pertama, ia turut menyampaikan salam Prabowo untuk Lula.
    Di sesi kedua, Gibran menyorot soal ketahanan pangan, Makan Bergizi Gratis (MBG), serta bencana kemanusiaan.
    Sesi ketiga akan digelar pada Minggu (23/11/2025).
    Tema pada sesi ketiga akan membahas isu pekerjaan layak (
    decent work
    ) dan tata kelola kecerdasan buatan (
    artificial intelligence
    ).
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Fakta-fakta Internet Rakyat Koneksi 100 Mbps Harga Rp 100 Ribu

    Fakta-fakta Internet Rakyat Koneksi 100 Mbps Harga Rp 100 Ribu

    Jakarta

    Internet cepat tapi dengan harga terjangkau sudah mulai tersedia. Berikut fakta-fakta terkait internet murah dengan tawaran koneksi 100 Mbps yang harganya sekitar Rp 100 ribuan.

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengatakan kolaborasi penyediaan layanan internet cepat menjadi terobosan nyata untuk mempercepat akses digital di seluruh Indonesia.

    “Ini bukan sekadar formalitas, melainkan sebuah deklarasi yang kuat akan visi, komitmen, dan tindakan bersama menuju Indonesia yang berdaya digital,” tegasnya usai menyaksikan penandatanganan kontrak komersial antara SURGE, OREX SAI Jepang, dan distributor lokal beberapa waktu lalu.

    Teknologi yang diadopsi dalam proyek internet murah ini berbasis Fixed Wireless Access (FWA) 5G di pita frekuensi 1,4 GHz.

    Teknologi ini memungkinkan layanan internet berkecepatan tinggi tanpa perlu menunggu pembangunan jaringan fiber optik yang selama ini menjadi kendala utama di banyak wilayah.

    “Ini bukan hanya tentang menghubungkan orang. Ini tentang menyediakan akses berkecepatan tinggi yang terjangkau. Teknologi ini dirancang untuk melewati proses pemasangan fiber optik bagi semua orang yang tradisional, mahal, dan memakan waktu,” tutur Nezar Patria.

    Data menunjukkan tingkat penetrasi internet pita lebar tetap di Indonesia masih rendah, dengan kecepatan unduh yang berada di posisi kesembilan dari sepuluh negara ASEAN. Biaya internet tetap juga masih tergolong tinggi dibanding negara lain di kawasan.

    “Masalahnya bukan hanya teknis, tapi menyangkut keadilan digital. Internet cepat tidak boleh hanya dinikmati segelintir wilayah. Dengan kolaborasi ini, kita bawa akses setara ke seluruh masyarakat,” jelas Nezar.

    Cara Daftar Internet Rakyat

    Surge resmi meneken kerja sama komersial berskala penuh dengan OREX SAI Inc. keduanya resmi menghadirkan layanan internet murah bersinyal 5G FWA 1,4GHz berbasis Open RAN pertama di dunia.

    Melalui kolaborasi ini, Surge dan OREX SAI membuka jalan bagi hadirnya Internet Rakyat, layanan internet rumah yang menawarkan kecepatan hingga 100 Mbps, kuota unlimited, tarif flat sekitar Rp 100.000 per bulan, dan bahkan beberapa media menyebutkan adanya promo Rp 29.000 untuk periode terbatas.

    Kedua situs ini digunakan untuk mengumpulkan sebaran calon pelanggan, sebelum layanan 5G FWA Surge dikomersialkan secara penuh.

    Surge menyediakan dua kanal pendaftaran awal, yakni:

    Situs Internetrakyat.id di https://internetrakyat.id atau klik link iniSitus resmi Telemedia di MyTelemedia.id di https://mytelemedia.id atau klik link ini

    Langkah pra-pendaftaran ini bisa dilakukan dengan hanya mengklik website tersebut, lalu isi semua data yang diperlukan.

    Informasi terbaru dari website Telemedia yang merupakan anak perusahaan dari Surge, menunjukkan bahwa:

    Paket yang tersedia kini hanya paket 30 hari.Harga terbaru dipatok Rp 100.000 per 30 hari.Kecepatan internet hingga 100 Mbps.Unlimited data (tanpa batas kuota).Gratis sewa modem.Ada promo gratis bulan pertama untuk pendaftar awal.Cakupan awal mencakup Jawa, Maluku, dan Papua.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video Kemkomdigi: Program Internet Murah Akan Menyasar Daerah Dulu”
    [Gambas:Video 20detik]
    (agt/fay)

  • Apa Itu Daging Meltique? Proses, Manfaat, dan Risiko Kesehatan yang Perlu Diketahui

    Apa Itu Daging Meltique? Proses, Manfaat, dan Risiko Kesehatan yang Perlu Diketahui

    YOGYAKARTA – Daging meltique semakin populer di dunia kuliner, terutama di restoran dan hotel berbintang. Jenis daging ini dikenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang kaya. Banyak chef dan penikmat kuliner menjadikan meltique sebagai pilihan utama untuk steak atau grill.

    Popularitas daging meltique ini membuat banyak orang penasaran bagaimana daging ini diproduksi. Tidak seperti daging biasa, daging melitique diolah dengan teknik khusus yang menambah cita rasa. Berikut akan dibahas apa itu daging meltique, proses pembuatannya, hingga tips mengonsumsinya.

    Apa Itu Daging Meltique?

    Daging meltique adalah jenis daging sapi yang diproses menggunakan teknik injeksi lemak. Dalam prosesnya, lemak sapi cair atau mentega disuntikkan ke dalam serat daging. Injeksi ini bertujuan meningkatkan kelembutan dan cita rasa daging sehingga terasa lebih juicy.

    Tekni injeksi lemak ini pertama kali dikembangkan di Jepang untuk menghasilkan daging dengan tekstur mirip wagyu. Kini, metode ini telah menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia. Produk ini menjadi pilihan populer di restoran karena memberikan rasa mewah dengan harga lebih kompetitif.

    Proses pembuatan meltique dimulai dari pemilihan potongan daging yang cenderung lebih keras atau kurang berlemak. Lemak cair kemudian disuntikkan merata ke dalam serat daging menggunakan alat khusus. Setelah itu, daging didinginkan sebelum dipotong dan dikemas untuk distribusi.

    Dalam hal gizi, daging meltique mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Sebagai sumber protein hewani, daging ini membantu pembentukan otot dan perbaikan jaringan tubuh. Selain protein, daging meltique juga kaya lemak, vitamin, dan mineral.

    Vitamin B12 yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam fungsi saraf dan produksi sel darah merah. Sementara itu, mineral seperti zat besi, seng, dan selenium membantu berbagai fungsi penting tubuh. Namun, kandungan lemak yang tinggi membuat konsumsi harus lebih berhati-hati.

    Lemak yang masuk melalui proses injeksi memberikan rasa lebih gurih, namun juga meningkatkan kandungan lemak jenuh dan kalorinya. Kandungan lemak jenuh yang tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Karena itu, penting untuk mengatur porsi konsumsi.

    Selain lemak, kandungan sodium dalam daging meltique juga perlu diperhatikan. Proses injeksi lemak sering melibatkan penambahan garam untuk memperkaya rasa. Konsumsi sodium berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya.

    Konsumsi jangka panjang daging berlemak tinggi tanpa keseimbangan gizi dapat berdampak buruk pada kesehatan. Namun, daging meltique tetap bisa dinikmati asal diimbangi dengan makanan sehat lain. Kunci utamanya adalah moderasi dan pola makan seimbang.

    Untuk menikmati daging meltique secara sehat, ada beberpa tips yang bisa diikuti. Pertama, kombinasikan meltique dengan sayuran hijau untuk menambah asupan serat. Serat membantu pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

    Kedua, pilih metode masak seperti dipanggang atau dibakar tanpa minyak berlebih. Hindari menggoreng yang bisa menambah lemak jenuh. Selanjutnya batasi porsi meltique dan imbangi dengan sumber proten rendah lemak lainnya.

    Selain itu, perhatikan untuk mengurangi asupan sodium dari makanan lain agar tidak melebihi batas harian. Gaya hidup aktif dan olahraga teratur juga membantu menjaga kesehatan meski sesekali menikmati meltique. Dengan pola hidup seimbang, meltique bisa tetap dinikmati dengan aman.

    Demikian penjelasan apa itu daging meltique. Daging meltique memang lezat, tetapi kandungan lemak dan sodium yang tinggi menuntut konsumsi yang bijak. Mengerti proses produksi, kandungan gizi, dan risikonya akan membantu kita membuat pilihan yang lebih sehat.