Negara: Jepang

  • Terowongan Dibangun 392 M di Bawah Laut, Terdalam Sejagat

    Terowongan Dibangun 392 M di Bawah Laut, Terdalam Sejagat

    Jakarta

    Terowongan jalan bawah laut terpanjang dan terdalam dunia sedang dibuat di Norwegia dengan tujuan memangkas waktu tempuh antar kota besar. Terowongan sepanjang 27 kilometer ini dinamakan Rogfast, singkatan dari Rogaland fastforbindelse yang diambil dari nama wilayahnya berada. Di titik terdalam, terowongan ini dalamnya 392 meter di bawah permukaan laut.

    Konstruksi dimulai Januari 2018 tapi sempat disetop akhir 2019 karena prediksi pembengkakan biaya yang menyebabkan pembatalan kontrak serta restrukturisasi proyek. Pengerjaan dilanjutkan akhir 2021 dan kini dijadwalkan selesai tahun 2033, dengan biaya sekitar USD 2,4 miliar.

    “Terowongan ini akan signifikan meningkatkan konektivitas di sepanjang pantai barat Norwegia dengan menciptakan hubungan lebih cepat dan andal antara wilayah Stavanger dan Haugesund,” kata Anne Brit Moen, manajer proyek di Skanska, perusahaan konstruksi yang membangun bagian utara terowongan, bagian terdalam sepanjang 9 kilometer.

    Menggantikan feri saat ini, Rogfast akan memangkas waktu tempuh antara Bergen dan Stavanger, masing-masing kota terbesar kedua dan keempat di Norwegia, sekitar 40 menit dan membuat perjalanan harian jauh lebih mudah.

    Terowongan ini akan terdiri dari dua tabung, masing-masing dengan dua jalur. Uniknya, akan ada elemen desain tak biasa yaitu sebuah bundaran yang menghubungkan ke terowongan akses menuju pulau Kvitsoy, kotamadya terkecil di Norwegia.

    Terowongan terdalam di dunia dibangun. Foto: CNN

    Berteknologi Tinggi

    Membangun terowongan sepanjang itu di bawah laut menghadirkan sejumlah tantangan teknologi. Seperti kebanyakan terowongan modern, demi menghemat waktu, Rogfast dibangun dari kedua ujung secara bersamaan. Tujuannya adalah agar kedua tim konstruksi bertemu di tengah dengan margin kesalahan hanya 5 sentimeter.

    Mencapai tingkat presisi ini butuh pengukuran cermat menggunakan laser dan peralatan canggih lain. Pemindai laser mengukur terowongan yang baru digali, mengumpulkan 2 juta titik data per detik untuk membuat kembaran digital terowongan. Data itu dapat diperiksa untuk mendeteksi ketidakakuratan sekecil apa pun.

    Margin 5 sentimeter adalah salah satu standar yang terketat dunia, namun hal ini dapat menghemat waktu, uang, meminimalisir limbah, dan emisi dengan menghindari kesalahan.

    “Jika menyimpang, Anda menciptakan lebih banyak material yang perlu dikeluarkan, dan kemudian lebih banyak lagi yang harus diisi kembali, setara muatan banyak truk. Jadi, ini bukan hanya faktor risiko, tapi juga faktor finansial yang sangat besar,” jelas kata Burkhard Boeckem, CTO Hexagon, perusahaan yang menyediakan pengukuran itu.

    Saat ini, gelar terowongan terpanjang di dunia bawah laut dipegang oleh Terowongan Seikan di Jepang Utara, terowongan khusus kereta api yang memiliki panjang total 53,85 kilometer, dengan bagian bawah laut sepanjang 23,3 kilometer.

    Terowongan Channel, juga khusus kereta api dan menghubungkan Inggris ke Prancis, lebih pendek yaitu 50,46 kilometer, tapi bagian bawah lautnya (37,9 km) lebih panjang dari Rogfast. Namun, Rogfast akan berada jauh lebih dalam di bawah permukaan laut dibandingkan Seikan maupun Terowongan Channel, yang masing-masing mencapai kedalaman maksimal 240 meter dan 115 meter.

    (fyk/rns)

  • Indonesia Peringkat Dua Dunia dalam Belanja Online

    Indonesia Peringkat Dua Dunia dalam Belanja Online

    JAKARTA – Siapa yang bisa menolak kemudahan belanja online? Dari bahan pokok hingga gadget terbaru, semuanya bisa diakses dalam genggaman.

    Riset YouGov 2025 menunjukkan masyarakat Indonesia menempati peringkat kedua dunia dalam preferensi belanja online. Artinya kita tak sekadar senang berbelanja, tapi juga pintar memilih dengan memperhatikan harga, kecepatan, dan pengalaman belanja nyaman serta sesuai kebutuhan.

    Konsumen kini punya kekuatan lebih untuk menentukan pilihan yang tepat dan hemat waktu. Fenomena ini sekaligus menjadi tanda bahwa masyarakat Indonesia semakin melek digital. Aktivitas belanja online yang nyaman membuat pengalaman konsumen lebih personal dan relevan dengan kebutuhan sehari-hari.

    Bagi para pelaku bisnis, tren ini bukan sekadar peluang, tapi juga tantangan. Dengan konsumen yang semakin terbiasa beraktivitas secara digital, bisnis perlu strategi yang cerdas agar tetap menarik dan relevan.

    Salah satu strategi yang tengah naik daun adalah lead generation yaitu cara cerdas untuk menemukan dan menjangkau calon pelanggan yang benar-benar potensial.

    Perusahaan layanan bisnis digital transcosmos Indonesia (TCID) menjadi contoh bagaimana lead generation dijalankan secara efektif.

    Menggabungkan keunggulan digital marketing dan call center, TCID memastikan setiap prospek bisa langsung ditindaklanjuti, sehingga pengalaman pelanggan terasa mulus dan konsisten.

    Berikut 6 keuntungan lead generation bagi bisnis menurut TCID dari keterangan resminya.

    1. Data Berkualitas & Performa Terukur

    Dengan lead generation, perusahaan bisa mendapatkan prospek yang benar-benar tertarik dan melihat performa kampanye secara jelas. Contohnya, salah satu kolaborasi TCID di industri elektronik berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitas prospek, bahkan click-through campaign melampaui target KPI hingga 200%.

    2. Proses Efisien & Hemat Waktu

    Semua proses berjalan otomatis, dari iklan hingga data masuk ke sistem. Tim hanya menindaklanjuti prospek relevan. TCID juga menambahkan sentuhan manusia untuk nurturing, conversion, dan menjaga loyalitas pelanggan. Strategi ini terbukti efektif di sektor layanan keuangan, dengan lebih dari 700 pembelian asuransi tercatat hanya dalam waktu singkat.

    3. Optimasi Biaya Pemasaran

    Strategi ini memungkinkan perusahaan menekan biaya karena tidak perlu tim sales besar untuk mencari prospek manual. Iklan digital di platform seperti Google, Meta, LinkedIn, dan TikTok menjadi lebih efektif dan terjangkau.

    4. Operasional Profesional dan Strategis

    TCID mengelola perjalanan pelanggan dalam tiga fase: menemukan pelanggan, mengonversi penjualan, dan menjaga loyalitas. Pendekatan ini berbasis data, kreatif, dan memastikan hasil yang lebih konsisten.

    5. Fleksibel untuk Berbagai Jenis Bisnis

    Lead generation bisa diterapkan untuk B2C maupun B2B. Selain sales, strategi ini juga mendukung rekrutmen, pendaftaran acara, membership, dan berbagai kebutuhan bisnis lainnya.

    6. Membangun Nilai Jangka Panjang

    Data yang terkumpul menjadi aset berharga untuk kampanye ulang dan pemeliharaan hubungan pelanggan. Salah satu contoh sukses adalah layanan perbankan yang berhasil membuka lebih dari 5 ribu rekening baru dalam dua bulan melalui kombinasi iklan digital dan landing page khusus.

    Vice President Director transcosmos Indonesia Ardi Sudarto, menjelaskan bahwa lead generation sudah menjadi kebutuhan utama dalam strategi pemasaran saat ini.

    “Banyak perusahaan ingin mendapatkan pelanggan baru tetapi tidak memiliki data yang jelas tentang siapa yang benar-benar tertarik. Lead generation memberikan kejelasan tersebut,” ujar Ardi.

    “Dengan pendekatan berbasis data, perusahaan dapat melihat perilaku konsumen sejak tahap awal dan melakukan konversi dengan lebih efisien. Kami ingin membantu perusahaan di Indonesia membangun jalur pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan,” tambahnya.

    Sebagai anak perusahaan transcosmos Inc., Jepang, yang berdiri sejak 1966, transcosmos Indonesia menghadirkan layanan terpadu untuk mendukung berbagai aspek bisnis, termasuk pengalaman pelanggan digital.

  • Perkara Pulau Sengketa Bikin Jepang dan China Bersitegang

    Perkara Pulau Sengketa Bikin Jepang dan China Bersitegang

    Jakarta

    Jepang dan China kembali bersitegang akibat pulau-pulau yang disengketakan. Kapal-kapal kedua negara terlibat perselisihan di sekitar Kepulauan Senkaku, di Laut China Timur.

    Dilansir AFP, Selasa (2/12/2025), cekcok terbaru itu terjadi saat hubungan kedua negara bersitegang sejak Perdana Menteri (PM) baru Jepang, Sanae Takaichi, bulan lalu mengisyaratkan bahwa negaranya dapat melakukan intervensi militer terhadap serangan China pada Taiwan.

    Dalam pernyataannya, Penjaga Pantai Jepang menyebut dua kapal patroli penjaga pantai China memasuki perairan teritorial Jepang, tepatnya di sekitar Kepulauan Senkaku, di Laut China Timur pada Selasa (2/12) dini hari.

    Disebutkan bahwa kapal-kapal itu meninggalkan wilayah perairan itu beberapa jam kemudian.

    Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang, juga dikenal sebagai Diaoyu di China. Pulau tersebut menjadi titik panas yang sering memicu konflik antara kedua negara dalam beberapa dekade terakhir.

    Setelah kapal-kapal patroli China itu berlayar menuju ke sebuah kapal penangkap ikan Jepang, sebut Otoritas Penjaga Pantai Jepang, salah satu kapal Penjaga Pantai Tokyo mengeluarkan tuntutan agar kapal-kapal asing itu meninggalkan perairan tersebut.

    “Aktivitas kapal-kapal penjaga pantai China yang bernavigasi di perairan teritorial Jepang di sekitar Kepulauan Senkaku, sembari menegaskan klaim mereka sendiri, pada dasarnya melanggar hukum internasional,” sebut Otoritas Penjaga Pantai Jepang dalam pernyataannya.

    Pernyataan Jepang itu menyebutkan bahwa dua kapal China, dan beberapa kapal-kapal lainnya, masih berada di area perairan tersebut.

    Kata Penjaga Pantai China

    Juru bicara Otoritas Penjaga Pantai China, Liu Dejun, dalam pernyataan terpisah menuduh sebuah kapal penangkap ikan Jepang telah “memasuki perairan teritorial China secara ilegal”.

    “Kapal-kapal Penjaga Pantai China telah mengambil langkah-langkah pengendalian yang diperlukan dan memberikan peringatan untuk mengusirnya,” ujar Liu dalam pernyataan via WeChat.

    “Penjaga Pantai China akan terus melakukan aktivitas perlindungan hak dan penegakan hukum di perairan sekitar Kepulauan Diaoyu, dengan tegas menjaga kedaulatan teritorial nasional dan hak maritim,” tegasnya.

    Insiden ini menyusul insiden serupa di sekitar kepulauan sengketa tersebut pada 16 November lalu, sekitar sepekan setelah komentar kontroversial Takaichi.

    Komentar Takaichi itu memicu kemarahan Beijing, yang menyerukan warganya untuk menghindari perjalanan ke Jepang dan berdampak pada sejumlah acara kebudayaan di China. Otoritas Beijing juga memberlakukan larangan impor makanan laut Tokyo.

    Tonton juga video “China Tebar Ancaman ke Jepang Buntut Pasang Rudal Dekat Taiwan”

    Halaman 2 dari 2

    (lir/lir)

  • Kesempatan Terakhir Wakil RI Alter Ego Tampil di Grand Final PMGC 2025

    Kesempatan Terakhir Wakil RI Alter Ego Tampil di Grand Final PMGC 2025

    Jakarta

    Babak The Gauntlet dan Group Stage PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2025 telah berakhir. Wakil Indonesia, Alter Ego Ares, melaju ke babak Last Chance.

    Sesuai dengan namanya, babak tersebut merupakan kesempatan terakhir bagi mereka untuk bisa bertahan di ajang bergengsi ini. Jadi kalau Rosemary dan kawan-kawannya berhasil menjadi dua tim teratas di Last Chance, maka berhak lanjut ke Grand Final. Namun, jika Alter Ego Ares kalah, dipastikan tereliminasi dari kompetisi.

    Mereka harus bermain di Last Chance, karena gagal mengamankan posisi tiga teratas di Group Stage pada 28 November – 4 Desember 2025. Alter Ego hanya mampu finish di peringkat delapan, dan alhasil, tim ini turun ke Last Chance dan akan bertempur pada 6-7 Desember 2025.

    Padahal perjalanan mereka di pekan pertama Group Stage cukup baik. Alter Ego Ares yang tergabung di Grup Green dengan rencana mengamankan peringkat tiga besar agar dapat lolos ke partai puncak.

    Rosemary cs hampir sempurna menerapkan strateginya di match day pertama dan kedua. Wakil Indonesia ini sukses mendapatkan winner winner chicken dinner (WWCD) di match kedelapan dan menutup match day kedua di peringkat dua.

    Sayangnya pada match day ketiga mereka tergelincir. Alter Ego Ares hanya mampu mengamankan lima poin dari total enam match yang dilakoni pada hari tersebut. Mereka pun terpaksa turun ke peringkat delapan dari sebelum kedua, sehingga gagal mengantongi tiket fast-track menuju Grand Final PMGC 2025.

    Sementara deretan tim yang berhasil melesat ke Grand Final dari Group Stage ialah Alpha Gaming, Dplus, dan Goat Team yang tergabung di Grup Green. Sedangkan tiga tim yang lolos dari Grup Red masih menunggu hasil pertandingannya mulai 2-4 Desember 2025, pantauan detikINET dari Instagram resmi PUBG Mobile Esports ID, Selasa (2/12/2025).

    Sedikit informasi, terdapat 40 tim yang akan bersaing memperebutkan titel tim PUBG Mobile terkuat di dunia. Mereka berasal dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Arab Saudi, Brasil, Meksiko, Myanmar, Afrika Selatan, China, India, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, Paskitan, Irak, Mesir, Turki, Malasyia, Vietnam, Turki, Mongolia, Thailand, Amerika Utara, tim yang berasal dari wilayah Eropa. Adapun tim yang berpartisipasi adalah sebagai berikut.

    Vampire EsportsD’XaviereArenaVirtus.proAlpha GamingMadbullsRegnum Carya EsportsULF EsportsKara EsportsGS TeamR8 EsportsGeekay EsportsWolves EsportsAlpha7 EsportsThunderTalk GamingOrangutanDRXAlter Ego AresAlliance MYTeam FlashTeam SecretInner Circle EsportsArcredGOAT TeamPapara SuperMassiveTeam FalconsBoars GamingTwisted MindsNuclear ZoneGen.G Esports9z TeamInfluence RageLoops EsportsETSH EsportsBurmese GhoulsWeibo GamingTianbaDplusRejectTrue Rippers

    (hps/rns)

  • BOJ Beri Sinyal Kenaikan Suku Bunga Acuan Jepang pada Desember 2025

    BOJ Beri Sinyal Kenaikan Suku Bunga Acuan Jepang pada Desember 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Bank of Japan (BOJ) Kazuo Ueda baru-baru ini menyatakan keyakinannya terhadap prospek ekonomi Jepang dan mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan.

    Dilansir dari Reuters, Ueda mengindikasikan bahwa BOJ berada dalam jalur menuju suku bunga lebih tinggi dengan tetap berpegang teguh pada garis standarnya. Dia menegaskan kembali bahwa jika proyeksi BOJ mengenai aktivitas ekonomi dan inflasi terealisasi, bank sentral akan melanjutkan kenaikan suku bunga acuan dari posisi saat ini di level 0,50%.

    Pernyataan tersebut sempat menimbulkan kebingungan di masyarakat, terutama mengenai apakah BOJ memiliki pandangan yang berbeda dengan pemerintah terkait kondisi ekonomi.

    Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Jepang Satsuki Katayama menegaskan bahwa pemerintah dan BOJ berada pada posisi yang sama. Ia memastikan bahwa kedua pihak memiliki pandangan serupa bahwa perekonomian Jepang tengah pulih secara moderat.

    “Kami yakin tidak ada perbedaan antara pandangan BOJ dan pemerintah bahwa perekonomian Jepang pulih secara moderat, jadi kami tidak melihat hal ini sebagai masalah,” ujarnya dalam konferensi pers rutin pada Selasa (2/12/2025).

    Perekonomian Jepang terkontraksi untuk pertama kalinya dalam enam kuartal, memperkuat alasan bagi Perdana Menteri Sanae Takaichi untuk meluncurkan paket stimulus fiskal besar guna menopang pertumbuhan.

    Laporan Kantor Kabinet Jepang yang dikutip dari Bloomberg pada Senin (17/11/2025) mencatat, produk domestik bruto (PDB) riil turun 1,8% secara tahunan pada kuartal III/2025. Capaian tersebut lebih baik dari konsensus ekonom yang memperkirakan kontraksi 2,4%.

    Pelemahan ekonomi tersebut sebelumnya telah banyak diproyeksikan, setelah pertumbuhan ekonomi Jepang kuartal II/2025 mencapai 2,3%, setelah revisi data, atau empat kali lipat dari potensi pertumbuhan negara itu. Penurunan tajam kali ini juga diperparah oleh anjloknya investasi perumahan yang terkontraksi 9,4% secara kuartalan.

    Ueda sebelumnya juga menyampaikan bahwa BOJ akan mempertimbangkan berbagai pro dan kontra sebelum memutuskan apakah suku bunga akan dinaikkan. Keputusan tersebut rencananya akan diumumkan pada pertemuan kebijakan berikutnya pada 19 Desember 2025.

    Berdasarkan sinyal yang muncul sejauh ini, para ekonom menilai bahwa peluang kenaikan suku bunga cukup besar pada Desember ini, atau paling lambat pada Januari 2026.

    Katayama menambahkan bahwa dia berharap BOJ terus bekerja sama dengan pemerintah dalam menjalankan kebijakan moneter untuk mencapai target inflasi 2% yang didukung oleh kenaikan upah. 

    “Pada titik ini, mengingat ekspektasi tersebut, saya tidak perlu menambahkan apa pun lagi. Ke depannya, kita perlu memantau apakah kenaikan harga akan berlanjut, serta perkembangan kebijakan perdagangan AS. Selain itu, mengingat berbagai fluktuasi di pasar keuangan dan modal global, kita harus mencermati tren korporasi,” sambungnya. (Putri Astrian Surahman)

  • China-Jepang Cekcok Lagi Terkait Pulau Sengketa

    China-Jepang Cekcok Lagi Terkait Pulau Sengketa

    Tokyo

    Kapal-kapal patroli China dan Jepang kembali terlibat perselisihan di perairan sekitar pulau-pulau yang disengketakan. Beijing dan Tokyo saling menuduh adanya pelanggaran wilayah perairan dalam insiden terbaru pada Selasa (2/12) waktu setempat.

    Cekcok terbaru itu terjadi saat hubungan kedua negara bersitegang sejak Perdana Menteri (PM) baru Jepang, Sanae Takaichi, bulan lalu mengisyaratkan bahwa negaranya dapat melakukan intervensi militer terhadap serangan China pada Taiwan.

    Otoritas Penjaga Pantai Jepang dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Selasa (2/12/2025), menyebut dua kapal patroli penjaga pantai China memasuki perairan teritorial Jepang, tepatnya di sekitar Kepulauan Senkaku, di Laut China Timur pada Selasa (2/12) dini hari.

    Disebutkan bahwa kapal-kapal itu meninggalkan wilayah perairan itu beberapa jam kemudian.

    Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang, juga dikenal sebagai Diaoyu di China. Pulau tersebut menjadi titik panas yang sering memicu konflik antara kedua negara dalam beberapa dekade terakhir.

    Setelah kapal-kapal patroli China itu berlayar menuju ke sebuah kapal penangkap ikan Jepang, sebut Otoritas Penjaga Pantai Jepang, salah satu kapal Penjaga Pantai Tokyo mengeluarkan tuntutan agar kapal-kapal asing itu meninggalkan perairan tersebut.

    “Aktivitas kapal-kapal penjaga pantai China yang bernavigasi di perairan teritorial Jepang di sekitar Kepulauan Senkaku, sembari menegaskan klaim mereka sendiri, pada dasarnya melanggar hukum internasional,” sebut Otoritas Penjaga Pantai Jepang dalam pernyataannya.

    Ditambahkan dalam pernyataan itu bahwa dua kapal China, dan beberapa kapal-kapal lainnya, masih berada di area perairan tersebut.

    Juru bicara Otoritas Penjaga Pantai China, Liu Dejun, dalam pernyataan terpisah menuduh sebuah kapal penangkap ikan Jepang telah “memasuki perairan teritorial China secara ilegal”.

    “Kapal-kapal Penjaga Pantai China telah mengambil langkah-langkah pengendalian yang diperlukan dan memberikan peringatan untuk mengusirnya,” ujar Liu dalam pernyataan via WeChat.

    “Penjaga Pantai China akan terus melakukan aktivitas perlindungan hak dan penegakan hukum di perairan sekitar Kepulauan Diaoyu, dengan tegas menjaga kedaulatan teritorial nasional dan hak maritim,” tegasnya.

    Insiden ini menyusul insiden serupa di sekitar kepulauan sengketa tersebut pada 16 November lalu, sekitar sepekan setelah komentar kontroversial Takaichi.

    Komentar Takaichi itu memicu kemarahan Beijing, yang menyerukan warganya untuk menghindari perjalanan ke Jepang dan berdampak pada sejumlah acara kebudayaan di China. Otoritas Beijing juga memberlakukan larangan impor makanan laut Tokyo.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • iPhone Lipat Siap Meluncur Tahun Depan dengan Harga Bisa Tembus Rp40 Jutaan

    iPhone Lipat Siap Meluncur Tahun Depan dengan Harga Bisa Tembus Rp40 Jutaan

    Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan rumor dan sumber terkait, Apple diperkirakan akan meluncurkan iPhone lipat terbaru mereka pada tahun depan.

    Rumor mengenai kemunculan iPhone lipat ini sudah santer terdengar beberapa kali, namun kepastiannya belum terlihat.

    Baru-baru ini, kehadiran iPhone lipat semakin banyak dibicarakan oleh sumber terdekat Apple. Diperkirakan bahwa 2026 menjadi tahun pas untuk merilis iPhone lipat generasi pertama.

    Melansir MacRumors, terdapat sejumlah bocoran spesifikasi mengenai iPhone lipat ini. Di antaranya yakni bentuk ponsel yang akan terlihat seperti sebuah buku kecil.

    Bentuk iPhone lipat, menurut Mark Gurman dari Bloomberg, memiliki gaya yang mirip dengan Galaxy Z Fold milik Samsung.

    Kemudian analis industri Ming-Chi Kuo memperkirakan iPhone lipat ini akan berukuran antara 9 hingga 9,5 mm saat dilipat, dan sekitar 4,5 hingga 4,8 mm saat dibuka.

    Baru-baru ini, pembocor Instant Digital yang berbasis di Weibo mengatakan bahwa iPhone lipat ini akan memiliki ketebalan setidaknya 4,8 mm.

    Saat ponsel dilipat, pengguna akan melihat layar luar berukuran 5,5 inci yang mirip dengan layar iPhone pada umumnya. Sementara saat dibuka, akan terlihat layar bergaya iPad berukuran 7,8 inci yang lebih besar.

    Untuk badannya, iPhone lipat ini akan memiliki sasis titanium dengan engsel yang terbuat dari kombinasi titanium dan baja tahan karat, menurut analis Ming-Chi Kuo.

    Rangkanya sendiri akan menggunakan paduan titanium untuk mencegah masalah tekukan, solusi yang terbukti efektif untuk iPhone Air ultra-tipis terbaru Apple.

    Namun analis Jeff Pu yakin Apple menggunakan aluminium dan titanium, sementara Kuo yakin campuran baja tahan karat dan titanium yang dipilih.

    Pada ponsel ini juga diprediksi oleh Kuo bahwa autentikasi Face ID akan dihilangkan dan diganti dengan tombol samping Touch ID untuk menghemat ruang internal.

    Apple saat ini hanya menguji variasi warna hitam dan putih untuk ponsel lipat dengan pemasok, menurut Mark Gurman dari Bloomberg. Meskipun ia mengatakan bahwa rencana Apple dapat berkembang sebelum perangkat tersebut diluncurkan.

    Harga iPhone Lipat

    Jelang peluncuran iPhone lipat, hal paling dinanti dari penggemar Apple adalah prediksi harga. Disinyalir bahwa ponsel ini akan menjadi yang paling mahal dari jajaran ponsel Apple lainnya.

    Beberapa laporan menunjukkan bahwa iPhone lipat akan dibanderol antara $2.000 dan $2.500 atau sekitar Rp30-40 jutaan di Amerika Serikat (AS).

    Sementara itu, analis di perusahaan perbankan investasi UBS dan Fubon Research memperkirakan harga ponsel ini akan berkisar antara $1.800 dan $2.000, atau sekitar $2.399.

    Tanggal perilisan iPhone lipat

    Terbaru, menurut analis industri Jeff Pu, perangkat tersebut memasuki fase Pengenalan Produk Baru (NPI) di Foxconn pada Maret 2025. Sementara laporan November dari situs Tiongkok UDN melaporkan bahwa perangkat tersebut kini telah memasuki tahap validasi rekayasa dan Apple sudah bersiap untuk produksi massal.

    Foxconn diharapkan secara resmi mulai memproduksi iPhone lipat Apple pada awal kuartal keempat (Oktober). Laporan terbaru menunjukkan Apple sudah menimbun komponen untuk praproduksi.

    Meskipun hingga kini tanggal peluncuran yang tepat untuk ponsel lipat pertama Apple ini belum diketahui. Tetapi Kuo dan Pu mengatakan produksi massal direncanakan untuk paruh kedua tahun 2026.

    Reporter Bloomberg Mark Gurman mengatakan ia mengharapkan perangkat tersebut diluncurkan tahun depan di musim gugur. Namun, perusahaan perbankan Mizuho Securities Jepang telah menyarankan penundaan hingga 2027 masih bisa terjadi karena Apple membutuhkan waktu lebih lama untuk memutuskan elemen desain utama seperti engsel.

  • Harga RAM Menggila, Penjualan Motherboard PC Anjlok hingga 50%

    Harga RAM Menggila, Penjualan Motherboard PC Anjlok hingga 50%

    Jakarta

    Kisruh harga RAM yang terus meroket mulai memukul industri PC rakitan. Laporan terbaru menyebut penjualan motherboard merosot sampai 50% gara-gara dampak krisis memori yang tak kunjung reda. Di sisi lain, sebagian gamer menyerukan boikot RAM demi menekan harga–meski peluangnya untuk berhasil nyaris nol.

    Kenaikan harga DDR5 sudah berlangsung sejak awal ledakan permintaan dari data center AI, yang membutuhkan DRAM dalam jumlah besar dan stabil. Tekanan ini membuat pasokan ke pasar konsumen makin tipis, sementara harga naik tak terkendali.

    Media Jepang Gazlog menulis bahwa lonjakan harga DDR5 membuat pabrikan seperti Asus, MSI, dan Gigabyte harus memangkas target penjualan motherboard secara signifikan. Alasannya sederhana: pengguna yang ingin upgrade dari DDR4 maupun perakit PC pertama kali wajib menggunakan DDR5 untuk platform terbaru, tetapi harga RAM saat ini jauh dari ramah kantong.

    Situasinya bahkan sudah sampai ke titik absurd. Di beberapa negara, harga RAM 64 GB DDR5 kini lebih mahal daripada konsol PlayStation 5 atau kartu grafis RTX 5070. Beberapa toko di Jepang dan AS bahkan mencopot label harga tetap pada rak DDR5 karena tarifnya berubah dari hari ke hari mengikuti fluktuasi pasar.

    Dengan kondisi seperti ini, pasar motherboard ikut terjun bebas. Gazlog mencatat penjualan anjlok 40-50% dibanding periode yang sama tahun lalu. Diperkirakan, pasar CPU juga akan ikut tergerus dalam beberapa bulan ke depan karena mayoritas pembeli PC menunda upgrade.

    Di tengah kekacauan ini, muncul seruan di Reddit agar gamer memboikot pembelian RAM sampai harga kembali normal. Namun pakar industri menilai langkah tersebut hampir mustahil memberi dampak berarti, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (2/12/2025).

    Penjualan terbesar produsen memori bukan berasal dari pasar konsumen, melainkan dari sektor industri, enterprise, dan pusat data. Mayoritas kapasitas produksi DRAM sudah dikontrak oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menopang ekspansi infrastruktur AI mereka.

    Artinya, meski sebagian pengguna PC ikut aksi boikot, skala permintaan konsumen terlalu kecil untuk menekan pasar. Belum lagi selalu ada orang yang tetap mau membeli dengan harga berapa pun–fenomena yang sudah terlihat jelas di masa kelangkaan GPU saat pandemi Covid–ditambah para penimbun yang siap memanfaatkan situasi.

    Krisis memori ini juga menjalar ke sektor kartu grafis. AMD dilaporkan berencana menaikkan harga GPU sebesar 10%, sementara AMD dan Nvidia sama-sama disebut mempertimbangkan memangkas lini produk kelas menengah dan entry-level karena biaya produksi yang ikut naik.

    Industri PC kini kembali berada dalam babak sulit, dan selama permintaan DRAM untuk AI belum mereda, harga komponen–khususnya RAM–tampaknya masih akan jauh dari kata normal.

    (asj/asj)

  • Pramono bantah Jakarta sebagai kota terpadat di dunia

    Pramono bantah Jakarta sebagai kota terpadat di dunia

    Jakarta (ANTARA) – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung Wibowo membantah terkait laporan dari Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB yang menempatkan Jakarta sebagai kota terpadat di dunia dengan populasi sekitar 42 juta jiwa.

    “Jadi, menurut saya sebenarnya kalau disampaikan Jakarta kota terpadat, salah. Karena Jakarta dalam kepadatan nomor 30 sebenarnya,” kata Pramono saat dijumpai di kawasan Jakarta Pusat, Selasa.

    Namun, lanjut Pramono, karena aglomerasi itu, maka Jakarta dianggap penduduknya menjadi 42 juta mengalahkan Bangladesh, New Delhi, Tokyo, dan sebagainya.

    Kendati demikian, Pramono mengatakan bahwa dirinya justru menjadikan data tersebut sebagai referensi agar Pemerintah Jakarta semakin giat dalam membangun dan memperbaiki ibu kota.

    Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Rano Karno juga mengaku terkejut dengan laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menempatkan Jakarta sebagai ibu kota terpadat di dunia dengan 42 juta penduduk.

    Rano menilai angka tersebut berbeda jauh dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut jumlah penduduk resmi Jakarta adalah sekitar 11 juta jiwa.

    Meski terkejut, Rano mengatakan laporan tersebut mengindikasikan bahwa Jakarta masih menjadi pusat pergerakan penduduk dan ekonomi di wilayah Jabodetabek.

    Diketahui, laporan yang menempatkan Jakarta posisi pertama ibu kota terpadat di dunia dengan 42 juta penduduk itu dipublikasi pada 23 November 2025 oleh Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB dengan judul “World Urbanization Prospects 2025: Summary of Results”.

    Menurut laporan Prospek Urbanisasi Dunia 2025 dari Departemen Ekonomi dan Sosial PBB, kota-kota kini menampung 45 persen dari populasi global yang berjumlah 8,2 miliar jiwa.

    Jakarta kini menjadi kota terpadat di dunia, dengan hampir 42 juta penduduk. Di posisi kedua, ada ibu kota Bangladesh, Dhaka, dengan hampir 40 juta penduduk, dan ibu kota Jepang, Tokyo, dengan 33 juta penduduk.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Potensi Penerapan Direct License di Indonesia, Bisa Jadi Pelopor di ASEAN

    Potensi Penerapan Direct License di Indonesia, Bisa Jadi Pelopor di ASEAN

    JAKARTA – Sistem pengelolaan royalti di Indonesia masih berada dalam dinamika dan diskursus. Kebijakan blanket license yang selama ini diterapkan LMK-LMK dinilai tak memberi kepuasan dan transparansi yang dibutuhkan pihak-pihak terkait.

    Penerapan pembayaran kolektif ini juga menjadi dalih untuk penarikan royalti atas lagu-lagu yang masuk ranah public domain. Ujungnya, jumlah unclaimed royalty jadi membengkak dan peruntukannya sangat berpotensi disalahgunakan.

    Sejumlah musisi memperjuangkan sistem direct license yang lebih akurat dan akuntabel. Dengan bantuan perangkat digital, distribusi royalti akan tercatat rapi dan bisa dilacak sampai informasi terkecil. 

    Direct license juga memotong mata rantai birokrasi, membuat penyaluran royalti langsung mengarah ke pemilih hak cipta tanpa campur tangan pihak lain. Dari sisi pengusaha, transparansi ini juga dirasa lebih fair kepada para musisi dan pencipta lagu.

    Jerry Chen, CEO USEA Global, perusahaan teknologi audio global yang menyediakan platform manajemen musik terpusat berbasis cloud, merasa sistem direct license dapat membantu mengurai kusutnya distribusi royalti di beberapa negara, termasuk Indonesia.

    “Sepanjang pengalaman saya, baru Amerika Serikat yang berhasil menerapkan direct licensing di mana pemerintah tidak campur tangan. Dan menurut saya ini pendekatan yang baik untuk industri musik. Tapi ini akan jadi tantangan besar di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, karena ada uang besar yang dipertaruhkan,” tutur Jerry dalam wawancara dengan VOI belum lama ini.

    Direct License mendapat tentangan dari berbagai pihak karena dinilai sulit dikontrol, ketika musisi menerapkan harga mereka masing-masing dan berpotensi menimbulkan friksi dengan penggunanya. Namun Jerry melihat ini adalah hal yang lumrah, di mana pasar terbuka dan akan muncul persaingan sehat secara harga.

    “Boleh saja, kenapa tidak. Kalau ada musisi yang pasang harga mahal untuk memutar lagunya, akan ada musisi-musisi lain yang siap bersaing dengan harga lebih murah. Biarkan pasar yang memilih,” tegasnya.

    Selain Amerika Serikat, pendekatan direct license juga digunakan dengan ketentuan khusus di Jepang dan Korea Selatan. Bukan sebagai satu-satunya sistem, tapi pendekatan ini bisa jadi alternatif bagi musisi untuk menjual karyanya dengan cara masing-masing.

    Ahmad Dhani termasuk yang sudah memberlakukan sistem direct licensing terhadap para musisi yang membawakan lagunya. Meski belum diketok secara sah, ia bersama AKSI tengah menyiapkan Digital Direct License yang dianggap bisa jadi alternatif blanket license yang kurang transparan.

    “Mungkin Indonesia bisa jadi yang pertama di ASEAN yang melakukan ini. Tapi sekali lagi, tantangannya akan sangat berat,” tandas Jerry Chen.