UNIQLO Sumbang Rp 11,1 M dan Puluhan Ribu Baju Baru ke Korban Banjir Sumatera
Tim Redaksi
MAGELANG, KOMPAS.com
– Perusahaan ritel global asal Jepang, PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO), menyumbang Rp 11,1 miliar serta puluhan ribu pakaian baru bagi korban banjir dan longsor di sejumlah wilayah Sumatera.
Sumbangan ini diumumkan pada peringatan
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional
(HKSN) dengan tema ‘Solidaritas untuk Sumatera 2025’, yang digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, bekerja sama dengan Kementerian Sosial, Minggu (21/12/2025).
“Total bantuan dana tunai
UNIQLO
untuk Sumatera kini mencapai Rp 11,1 miliar, ditambah puluhan ribu potong pakaian baru yang disesuaikan dengan kebutuhan para penyintas,” ujar Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita.
Sebelumnya, UNIQLO telah menyalurkan Rp 1,1 miliar dana tunai serta 6.500 potong pakaian baru.
Kini, jumlah tersebut ditambah Rp 10 miliar dana tunai yang berasal dari UNIQLO Global, serta 30.000 potong pakaian baru tambahan.
“Donasi ini kami salurkan melalui PMI, Save the Children, Plan International Indonesia, dan kementerian terkait, agar distribusinya tepat sasaran,” jelas Irma.
Irma menegaskan, jenis pakaian yang disalurkan tidak dipilih berdasarkan pemetaan kebutuhan di lapangan bersama mitra dan relawan.
“Kebutuhan paling mendesak itu justru pakaian dalam, innerwear, pakaian anak, dan pakaian laki-laki,” katanya.
UNIQLO punya program Heart of LifeWear, inisiatif donasi pakaian yang telah berjalan selama dua tahun, baik di tingkat global maupun di Indonesia.
UNIQLO ingin mendonasikan satu juta potong pakaian setiap tahun dari seluruh jaringan toko di dunia.
Dia bilang, di negara empat musim, pakaian yang dibagikan umumnya berupa Heattech atau pakaian penghangat.
Sementara di Indonesia, bantuan disesuaikan dengan iklim dan kebutuhan masyarakat.
“Untuk Indonesia, kami mendonasikan AIRism (jenis produk perusahaan tersebut untuk cuaca panas), pakaian yang ringan, nyaman, dan memang dibutuhkan sehari-hari,” ujarnya.
UNIQLO juga menjalankan program Recycle Box di seluruh tokonya.
Pelanggan dapat menyumbangkan pakaian UNIQLO yang sudah tidak terpakai.
“Yang masih layak pakai akan kami donasikan, yang tidak layak pakai akan kami daur ulang,” jelas Irma.
Dalam rangkaian acara HKSN di Magelang, UNIQLO juga menyerahkan 15.500 potong pakaian baru kepada Kementerian Sosial.
Bantuan ini kemudian didistribusikan kepada masyarakat di sembilan desa sekitar Borobudur sebagai bentuk solidaritas nasional.
“Hari ini penyerahan secara simbolis. Harapannya pakaian ini bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat sekitar Borobudur,” tutur Irma.
Selain bantuan di Magelang, perhatian UNIQLO difokuskan pada wilayah Sumatera yang terdampak bencana banjir dan longsor, seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.
Irma menegaskan, tantangan terbesar dalam donasi kemanusiaan adalah memastikan bantuan sampai kepada penerima yang benar-benar membutuhkan. “Itu kekhawatiran terbesar kami,” katanya.
Karena itu, UNIQLO mengombinasikan kerja sama dengan pemerintah, lembaga swasta, dan organisasi internasional.
Setiap penyaluran bantuan disertai laporan distribusi, dokumentasi visual, hingga sistem pelacakan.
“Kami harus melaporkan semua ke global. Mekanisme kontrolnya sangat ketat, dan itu kami terapkan juga di Indonesia,” ujar Irma.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Negara: Jepang
-

China Mobile Bakal Tarik Kabel Laut (SKKL) Baru ke RI pada 2026
Bisnis.com, JAKARTA — PT Indonesia China Mobile akan menarik kabel laut baru yang menghubungkan Singapura dengan Jakarta. Kabel laut tersebut akan menambah kapasitas untuk meningkatkan layanan internet di Tanah Air.
China Mobile telah meluncurkan jaringan kabel laut dari Singapura ke Jepang pada Juni 2025, yang menghubungkan pusat ekonomi Asia Tenggara dan Asia Timur.
Perusahaan telah memiliki koneksi ke Indonesia melalui Singapura-Jakarta sudah berjalan, dan rencananya jumlah kapasitas kabel laut tersebut akan ditingkatkan pada 2026.
“Nanti mau ditingkatkan kapasitasnya,” kata Assistant Sales Manager Indonesia China Mobile David Sugandi kepada Bisnis dikutip Minggu (21/12/2025).
Sugandi tidak menyebutkan dengan pasti kapa sistem komunikasi kabel laut (SKKL) tersebut akan beroperasi, juga kapasitas kabel laut tersebut.
Sekadar informasi, induk Indonesia China Mobile membukukan pendapatan sekitar RMB794,7 miliar atau naik 0,4% year-on-year (YoY) pada kuartal III/2025. Laba bersih sekitar RMB31,1 miliar, naik 1,4% YoY.
Perusahaan mengeklaim memiliki total pelanggan seluler sekitar 1 miliar pada akhir kuartal III/2025. Khusus pelanggan yang terhubugn ke 5G, total ada sekitar 622 juta. Pelanggan broadband tetap sekitar 329 juta.
China Mobile juga memiliki rencana membangun fasilitas data center di Indonesia, dengan studi yang dimulai sejak 2023.
Saat ini, perusahaan bekerja sama dengan provider data center lokal, sementara data center hyperscale terdekat berada di Singapura dengan kapasitas 10 megawatt.
Dia mengatakan keberadaan data center di Indonesia sangat penting untuk menghadirkan latensi yang lebih bagi perangkat-perangkat IoT perusahaan.
“Kami punya perencanaan untuk memiliki data center di Indonesia, tapi masih belum bisa diinformasikan secara detail,” ujar David.
Sugandi mengatakan perusahaan telah lama berinteraksi dengan pengguna di Indonesia melalui berbagai layanan, meskipun banyak yang belum menyadari keberadaan brand ini.
China Mobile membagi operasinya di Indonesia menjadi tiga pilar utama: Enterprise, Carrier, dan Mobile Business.
Sementara pilar Enterprise mencakup solusi bisnis seperti Internet of Things (IoT), konektivitas, data center, kecerdasan buatan (AI), dan Software-Defined Technology (SDT).
Pilar Carrier mirip dengan peran Huawei sebagai penyedia teknologi, termasuk peralatan seperti kabel fiber optik dan infrastruktur jaringan.
“Carrier itu menyediakan equipment, mirip kayak Huawei yang provide teknologi ke China Mobile, lalu diintegrasikan dan ditawarkan ke yang lain,” jelasnya.
Perusahaan juga menjalin hubungan bisnis dengan mitra seperti ISP dan operator telko di Indonesia, termasuk Telkom.
Sementara itu, Mobile Business fokus pada penjualan paket data roaming melalui e-commerce, bandara, dan kerja sama dengan penyedia tour.
“Mobile business ini yang jual paket data roaming, ada di bandara, marketplace, dan kerja sama dengan tour haji umrah,” tambah Sugandi.
Untuk tahun depan, lanjut David, perusahaan akan fokus pada momentum seperti musim haji dan umrah untuk memperbesar pangsa pasar untuk memacu bisnis roaming.
Sugandi menekankan bahwa ketiga pilar ini berjalan paralel dan akan diekspansi. “Semuanya yang mau digedein, ketiga-tiganya jalan paralel,” ungkapnya.
Bisnis Carrier sudah mapan dengan mitra existing seperti ISP dan Telkom, sementara Enterprise dan Mobile Business masih perlu peningkatan awareness brand.
Melalui pengalaman lebih dari satu dekade dan portofolio use case mencapai 20.000, perusahaan ini juga berencana membawa solusi pintar (smart solutions) lebih dekat ke kehidupan sehari-hari, khususnya di sektor industri kritis seperti kesehatan, manufaktur, otomotif, pertambangan, rantai pasok, dan pemerintahan.
Sugandi mengatakan tahun depan perusahaan akan makin mendekatkan smart solution kepada kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.
China Mobile akan menggandeng mitra lokal membawa teknologi secara masif dan cepat ke pasar potensial Indonesia. China Mobile akan mendukung beragam program pemerintah seperti ketahanan pangan, pertanian, perikanan, dan kelautan.
“Bagaimana teknologi itu sebenarnya ada atau dalam proses pengembangan, dan kita bisa bawa ke Indonesia, diimplementasikan di Indonesia, memperkuat fondasi ekonomi,” kata David.
Sugandi menegaskan bahwa teknologi yang dibawa bukan sekadar Internet of Things (IoT), melainkan ekosistem lengkap dari hulu ke hilir.
IoT hanya salah satu komponen, ujungnya saja, di belakang itu terdapat network, infrastruktur, big data, dan pengolahan data hingga dashboard atau command center.
Perusahaan juga berkolaborasi dengan asosiasi seperti Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan lembaga bisnis, pemerintahan, serta regulator untuk memperkaya pengetahuan dan mendorong teknologi masuk ke Indonesia.
“Bukan sekedar bisnis, tapi menjadi kekuatan ekonomi bersama-sama,” ungkap Sugandi.
-

China Mobile Bakal Tarik Kabel Laut (SKKL) Baru ke RI pada 2026
Bisnis.com, JAKARTA — PT Indonesia China Mobile akan menarik kabel laut baru yang menghubungkan Singapura dengan Jakarta. Kabel laut tersebut akan menambah kapasitas untuk meningkatkan layanan internet di Tanah Air.
China Mobile telah meluncurkan jaringan kabel laut dari Singapura ke Jepang pada Juni 2025, yang menghubungkan pusat ekonomi Asia Tenggara dan Asia Timur.
Perusahaan telah memiliki koneksi ke Indonesia melalui Singapura-Jakarta sudah berjalan, dan rencananya jumlah kapasitas kabel laut tersebut akan ditingkatkan pada 2026.
“Nanti mau ditingkatkan kapasitasnya,” kata Assistant Sales Manager Indonesia China Mobile David Sugandi kepada Bisnis dikutip Minggu (21/12/2025).
Sugandi tidak menyebutkan dengan pasti kapa sistem komunikasi kabel laut (SKKL) tersebut akan beroperasi, juga kapasitas kabel laut tersebut.
Sekadar informasi, induk Indonesia China Mobile membukukan pendapatan sekitar RMB794,7 miliar atau naik 0,4% year-on-year (YoY) pada kuartal III/2025. Laba bersih sekitar RMB31,1 miliar, naik 1,4% YoY.
Perusahaan mengeklaim memiliki total pelanggan seluler sekitar 1 miliar pada akhir kuartal III/2025. Khusus pelanggan yang terhubugn ke 5G, total ada sekitar 622 juta. Pelanggan broadband tetap sekitar 329 juta.
China Mobile juga memiliki rencana membangun fasilitas data center di Indonesia, dengan studi yang dimulai sejak 2023.
Saat ini, perusahaan bekerja sama dengan provider data center lokal, sementara data center hyperscale terdekat berada di Singapura dengan kapasitas 10 megawatt.
Dia mengatakan keberadaan data center di Indonesia sangat penting untuk menghadirkan latensi yang lebih bagi perangkat-perangkat IoT perusahaan.
“Kami punya perencanaan untuk memiliki data center di Indonesia, tapi masih belum bisa diinformasikan secara detail,” ujar David.
Sugandi mengatakan perusahaan telah lama berinteraksi dengan pengguna di Indonesia melalui berbagai layanan, meskipun banyak yang belum menyadari keberadaan brand ini.
China Mobile membagi operasinya di Indonesia menjadi tiga pilar utama: Enterprise, Carrier, dan Mobile Business.
Sementara pilar Enterprise mencakup solusi bisnis seperti Internet of Things (IoT), konektivitas, data center, kecerdasan buatan (AI), dan Software-Defined Technology (SDT).
Pilar Carrier mirip dengan peran Huawei sebagai penyedia teknologi, termasuk peralatan seperti kabel fiber optik dan infrastruktur jaringan.
“Carrier itu menyediakan equipment, mirip kayak Huawei yang provide teknologi ke China Mobile, lalu diintegrasikan dan ditawarkan ke yang lain,” jelasnya.
Perusahaan juga menjalin hubungan bisnis dengan mitra seperti ISP dan operator telko di Indonesia, termasuk Telkom.
Sementara itu, Mobile Business fokus pada penjualan paket data roaming melalui e-commerce, bandara, dan kerja sama dengan penyedia tour.
“Mobile business ini yang jual paket data roaming, ada di bandara, marketplace, dan kerja sama dengan tour haji umrah,” tambah Sugandi.
Untuk tahun depan, lanjut David, perusahaan akan fokus pada momentum seperti musim haji dan umrah untuk memperbesar pangsa pasar untuk memacu bisnis roaming.
Sugandi menekankan bahwa ketiga pilar ini berjalan paralel dan akan diekspansi. “Semuanya yang mau digedein, ketiga-tiganya jalan paralel,” ungkapnya.
Bisnis Carrier sudah mapan dengan mitra existing seperti ISP dan Telkom, sementara Enterprise dan Mobile Business masih perlu peningkatan awareness brand.
Melalui pengalaman lebih dari satu dekade dan portofolio use case mencapai 20.000, perusahaan ini juga berencana membawa solusi pintar (smart solutions) lebih dekat ke kehidupan sehari-hari, khususnya di sektor industri kritis seperti kesehatan, manufaktur, otomotif, pertambangan, rantai pasok, dan pemerintahan.
Sugandi mengatakan tahun depan perusahaan akan makin mendekatkan smart solution kepada kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.
China Mobile akan menggandeng mitra lokal membawa teknologi secara masif dan cepat ke pasar potensial Indonesia. China Mobile akan mendukung beragam program pemerintah seperti ketahanan pangan, pertanian, perikanan, dan kelautan.
“Bagaimana teknologi itu sebenarnya ada atau dalam proses pengembangan, dan kita bisa bawa ke Indonesia, diimplementasikan di Indonesia, memperkuat fondasi ekonomi,” kata David.
Sugandi menegaskan bahwa teknologi yang dibawa bukan sekadar Internet of Things (IoT), melainkan ekosistem lengkap dari hulu ke hilir.
IoT hanya salah satu komponen, ujungnya saja, di belakang itu terdapat network, infrastruktur, big data, dan pengolahan data hingga dashboard atau command center.
Perusahaan juga berkolaborasi dengan asosiasi seperti Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan lembaga bisnis, pemerintahan, serta regulator untuk memperkaya pengetahuan dan mendorong teknologi masuk ke Indonesia.
“Bukan sekedar bisnis, tapi menjadi kekuatan ekonomi bersama-sama,” ungkap Sugandi.
-

Bisa Bawa Bencana bagi Manusia
Pyongyang –
Korea Utara (Korut) mengatakan ambisi nuklir Jepang ‘harus dicegah dengan segala cara’. Hal itu disampaikan Korut, yang punya senjata nuklir, setelah seorang pejabat Tokyo dilaporkan menyarankan agar negara tersebut memiliki senjata atom.
Dilansir AFP, Minggu (21/12/2025), reaksi Pyongyang muncul setelah pejabat yang tidak disebutkan namanya di kantor Perdana Menteri Jepang yang dikutip oleh Kyodo News pada hari Kamis mengatakan ‘Saya pikir kita harus memiliki senjata nuklir’.
Pejabat tersebut dilaporkan terlibat dalam merancang kebijakan keamanan Jepang. Laporan Kyodo juga mengutip sumber tersebut yang mengatakan ‘Pada akhirnya, kita hanya bisa mengandalkan diri kita sendiri’ ketika menjelaskan perlunya hal tersebut.
Pyongyang mengatakan pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Tokyo ‘secara terbuka mengungkapkan ambisi mereka untuk memiliki senjata nuklir, melampaui garis merah’.
“Upaya Jepang untuk memiliki senjata nuklir harus dicegah dengan segala cara karena akan membawa bencana besar bagi umat manusia,” kata Direktur Institut Studi Jepang di bawah Kementerian Luar Negeri Korea Utara dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).
“Ini bukan pernyataan yang salah atau klaim yang gegabah, tetapi jelas mencerminkan ambisi Jepang yang telah lama diidam-idamkan untuk mempersenjatai diri dengan senjata nuklir,” kata pejabat Korea Utara yang tidak disebutkan namanya.
Pejabat itu menambahkan, jika Jepang memperoleh senjata nuklir, ‘negara-negara Asia akan menderita bencana nuklir yang mengerikan dan umat manusia akan menghadapi bencana besar’. Pernyataan itu tidak membahas program nuklir Pyongyang sendiri, yang mencakup uji coba atom pertama yang dilakukan pada tahun 2006 yang melanggar resolusi PBB.
Korea Utara diyakini memiliki puluhan hulu ledak nuklir dan telah berulang kali bersumpah untuk mempertahankannya meskipun ada sejumlah sanksi internasional. Korut mengatakan mereka membutuhkannya untuk mencegah ancaman militer yang dirasakan dari Amerika Serikat dan sekutunya.
Dalam pidato di PBB pada bulan September, Wakil Menteri Luar Negeri Pyongyang, Kim Son Gyong, mengatakan negaranya tidak akan pernah menyerahkan senjata nuklirnya.
“Kami tidak akan pernah menyerahkan senjata nuklir yang merupakan hukum negara kami, kebijakan nasional, dan kekuasaan kedaulatan kami serta hak untuk hidup. Dalam keadaan apa pun, kami tidak akan pernah meninggalkan posisi ini,” katanya.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un juga mengatakan bahwa dia terbuka untuk berdialog dengan Washington asalkan Pyongyang diizinkan untuk mempertahankan persenjataan nuklirnya.
Halaman 2 dari 2
(haf/imk)
-

Ilmuwan Jepang Teliti Bakteri Usus Katak untuk Sembuhkan Kanker Ganas
Jakarta –
Sebuah terobosan medis mengejutkan datang dari alam liar Jepang. Para peneliti menemukan bahwa bakteri yang hidup di dalam usus katak pohon Jepang menunjukkan potensi luar biasa dalam mengobati kanker kolorektal (kanker usus besar).
Tim riset dari Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST) mengungkapkan bahwa bakteri bernama Ewingella americana terbukti jauh lebih efektif dibandingkan metode pengobatan konvensional yang ada saat ini.
Selama ini, penelitian mengenai hubungan mikrobiota usus dan kanker hanya berfokus pada pengaturan pola makan atau transplantasi tinja. Namun, dalam studi yang dipublikasikan di jurnal internasional Gut Microbes ini, peneliti melakukan langkah ekstrem: mengisolasi, membiakkan, dan menyuntikkan jenis bakteri spesifik langsung ke pembuluh darah untuk menyerang tumor.
Setelah menyisir isi usus dari katak pohon Jepang, salamander perut merah Jepang, dan kadal rumput Jepang, tim peneliti berhasil mengidentifikasi sembilan jenis bakteri dengan efek antitumor. Dari semuanya, E. americana menjadi yang paling unggul.
“Penelitian ini membuktikan bahwa biodiversitas yang belum tereksplorasi adalah harta karun bagi pengembangan teknologi medis baru,” ungkap tim penulis studi tersebut dikutip dari NYPOst.
Hasil penelitian
Dalam uji coba menggunakan model tikus dengan kanker kolorektal, tim menemukan fakta yang mencengangkan. Satu kali suntikan intravena (IV) E. americana mampu melenyapkan tumor secara keseluruhan.
Hasilnya menunjukkan 100% complete response (CR), angka yang jauh melampaui statistik pengobatan standar seperti imunoterapi maupun kemoterapi.
Hebatnya lagi, bakteri ini memiliki profil keamanan yang sangat baik. Berbeda dengan kemoterapi yang seringkali merusak organ tubuh lain, E. americana hanya menumpuk di jaringan tumor. Dalam 24 jam, bakteri tersebut sudah tidak terdeteksi di aliran darah, dan dalam 72 jam, respons peradangan tubuh kembali normal.
Meski hasil awalnya sangat menjanjikan, tim mencatat perlunya penelitian lebih lanjut. Fokus ke depan adalah menguji efektivitas bakteri ini pada jenis kanker sulit lainnya, seperti kanker payudara dan kanker pankreas. Peneliti juga berharap dapat menentukan apakah terapi E. americana ini dapat dikombinasikan dengan pengobatan standar medis lainnya di masa depan.
Halaman 2 dari 2
Simak Video “Jabatan Baru Raja Charles di Bidang Penelitian Kanker”
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna) -
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/3391559/original/072206500_1614745374-david-dvoracek-QiPe0UpC0_U-unsplash.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
QR Antarnegara Dorong Transaksi Mata Uang Lokal dan Perluas Inklusivitas Pembayaran
Liputan6.com, Jakarta – Steering Committee Indonesia Fintech Society (IFSoc), Dyah N.K. Makhijani, menyatakan pengembangan QRIS lintas negara menjadi langkah strategis Indonesia dalam mendorong transaksi berbasis mata uang lokal sekaligus memperkuat inklusivitas sistem pembayaran di kawasan regional. Menurutnya, kebijakan QR Antarnegara ini sejalan dengan upaya mengurangi ketergantungan pada mata uang asing dalam transaksi ritel lintas batas.
“QRIS cross-border ini kan basisnya local currency transaction, jadi itu bagian dari upaya mengurangi dolarisasi dan membuat transaksi lintas negara jadi lebih efisien,” ujar Dyah dalam acara Media Briefing Catatan Akhir Tahun IFSoc, dikutip Minggu (21/12/2025).
Ia menjelaskan, kekuatan QRIS terletak pada standarisasi dan kemudahan penggunaan yang memungkinkan sistem pembayaran nasional terhubung dengan negara lain tanpa harus bergantung pada instrumen berbasis kartu. Hal tersebut dinilai penting untuk memperluas akses pembayaran digital, khususnya bagi UMKM dan sektor pariwisata.
“Yang paling penting dari QRIS itu adalah standarnya dan inklusivitasnya, karena siapa pun bisa pakai QR, tidak harus kartu dan tidak hanya untuk tempat-tempat besar,” katanya.
Adopsi QRIS
Data menunjukkan adopsi QRIS terus meningkat dan menjadi fondasi bagi perluasan QR Antarnegara. Nilai transaksi QRIS domestik tercatat sebesar Rp 231,3 triliun pada 2023, melonjak menjadi Rp 659,9 triliun pada 2024, dan kembali meningkat hingga Rp 959,7 triliun per Januari–September 2025.
Dari sisi volume, transaksi QRIS mencapai 2,1 miliar pada 2023, naik menjadi 6,2 miliar pada 2024, dan menembus 10,3 miliar transaksi per September 2025..
Implementasi QR Antarnegara saat ini telah berjalan dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura, serta dilanjutkan dengan Jepang, sementara China dan Korea masih dalam tahap sandbox.
Interoperabilitas tersebut mencerminkan keterbukaan Indonesia terhadap kerja sama pembayaran digital regional dan memperkuat posisi QRIS sebagai instrumen strategis dalam ekosistem sistem pembayaran Indonesia.
-

Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025
Jakarta –
Ada lima mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Paling banyak dicari adalah Kijang Innova. Berikut daftar lengkapnya.
Mobil-mobil Toyota masih memuncaki daftar mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Dari lima mobil bekas paling banyak dicari, tiga di antaranya berasal dari merek Toyota.
Toyota Kijang Innova masih menjadi mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia sepanjang tahun 2025. Data internal yang dihimpun situs OLX periode Januari-November 2025 menunjukkan Kijang Innova berada di puncak pencarian. Innova mempertahankan takhtanya sejak tahun lalu. Tahun 2024, Kijang Innova juga tercatat sebagai mobil bekas yang paling banyak dicari.
Populernya Kijang Innova di pasar mobil bekas bukan tanpa alasan. Direktur OLXMobbi pernah mengungkap nilai jual kembali Innova memang masih cukup bagus. Inilah yang menjadi faktor utama yang membuat Innova masih banyak dicari.
“Faktor resale value yang tinggi menjadi pertimbangan krusial bagi konsumen. Keunggulan ini diperkuat oleh adanya ekosistem purnajual, dengan jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang merata hingga ke pelosok negeri,” terang Agung kepada detikOto beberapa waktu lalu.
Kalau merujuk pada laman OLX, harga Kijang Innova bekas memang masih cukup baik. Bahkan Innova berusia lima tahun, harga jualnya masih di atas Rp 250 juta. Padahal harga baru Innova baik itu Zenix ataupun Reborn Rp 400 jutaan. Makin muda usianya, harganya juga masih tinggi. Misalnya Innova Zenix tahun 2023, harga bekasnya Rp 400 juta ke atas.
5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari di Indonesia sepanjang 2025
Kijang Innova diikuti oleh adiknya Toyota Avanza di posisi kedua mobil bekas paling banyak dicari. Selanjutnya di tempat ketiga ada Toyota Fortuner. Tren pencarian itu belum berubah sejak tahun lalu. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia
1. Toyota Kijang Innova
2. Toyota Avanza
3. Toyota Fortuner
4. Honda HR-V
5. Honda BrioKalau bicara merek, deretan mobil Jepang memang masih diminati di pasar mobil bekas. Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi adalah lima merek yang paling banyak dicari di pasar mobil bekas.
Selanjutnya kalau bicara jenis, MPV masih ada di puncak pencarian dengan angka 22 persen. Angka serupa juga ditorehkan oleh mobil jenis SUV. Baru kemudian hatchback, sedan, dan LCGC.
(dry/din)
-

Honda Supra GTR 150 Terbaru Meluncur, Segini Harganya
Jakarta –
Produsen roda dua asal Jepang, Honda, resmi meluncurkan Honda Winner R untuk konsumen di Vietnam. Kendaraan tersebut berstatus sebagai kembaran Supra GTR 150 dan dibanderol tak sampai Rp 30 juta!
Disitat dari Greatbiker, Sabtu (20/12), Honda Winner R merupakan versi lebih sporty dari Winner X. Motor bebek kencang tersebut masih mengusung desain gambot dan berotot. Namun, bagian depannya dibuat bernuansa racy dengan wajah bermoncong, windshield minimalis dan lampu yang dirancang agak tersembunyi.
Kemudian bagian belakangnya juga dibuat aerodinamis dengan ekor yang didesain ‘buntung’. Permukaan joknya dirancang berundak dengan lapisan menipis di area buntutnya.
Honda Winner R. Foto: Doc. Honda
Secara umum, Honda Winner R membawa aura CBR1000RR-R yang sangat kental. Hal tersebut bisa terlihat melalui kombinasi warna tricolor yang khas, headlamp yang tajam, serta fairing yang cukup agresif.
Sebagai motor bebek, Honda Winner R punya fitur yang cukup lengkap. Pabrikan membekalinya dengan pencahayaan full LED, panel instrumen full digital, smart key system dengan remot, soket pengisian daya ponsel, assist and slipper clutch, rem double cakram dengan antilock braking system (ABS) dan masih banyak lagi.
Meskipun tanpa suspensi upside down, layar TFT dan konektivitas smartphone, namun fitur-fitur tersebut sudah cukup lengkap untuk motor bebek sekelasnya.
Honda Winner R. Foto: Doc. Honda
Honda Winner R dibekali mesin 149,2cc bersilinder tunggal dengan pendingin cairan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 15,4 dk pada 9.000 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 7.000 rpm. Sementara tangka bahan bakarnya hanya berkapasitas 4,5 liter.
Di Vietnam, kembaran Honda Supra GTR itu tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Standard yang dibanderol 46 juta VND (Rp 29 jutaan), Special seharga 50 juta VND (Rp 31 jutaan) dan Sport 51 juta VND (Rp 32 jutaan).
(sfn/dry)
-

Daftar Mobil Bekas yang Bakal Diburu Jelang Tahun Baru
Jakarta –
Penjualan mobil bekas di Indonesia umumnya naik menjelang pergantian tahun. Sebab, sejumlah masyarakat menggunakan momen tahun baru untuk berlibur ke luar kota. Lantas, model apa yang diprediksi menjadi buruan konsumen?
Direktur platform kendaraan bekas OLX, Agung Iskandar menjelaskan, mobil dengan ruang kabin lega masih menjadi incaran konsumen yang mau berlibur di akhir tahun. Sementara untuk model, kata dia, ada MPV dan SUV.
“Biasanya, liburan Natal dan Tahun Baru dijadikan momentum untuk pergi bareng keluarga. Jadi, orang yang mau beli mobil bekas di OLX, biasanya lebih kepengen upgrade kapasitas yang bisa mengangkut anggota keluarganya,” ujar Agung Iskandar melalui rilis resmi, Jumat (19/12).
“Nggak heran kalau mobil jenis SUV dan MPV banyak diincar sejak tahun lalu hingga November tahun ini, bahkan diprediksi akan terus menjadi favorit sampai akhir Desember 2025. Data ini bisa jadi inspirasi bagi para konsumen yang ingin ganti mobil jelang akhir tahun ini,” tambahnya.
Mobil bekas. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Berdasarkan data yang dihimpun OLX, preferensi konsumen mobil bekas sepanjang Januari hingga November 2025 masih mengarah ke Toyota. Tiga model yang paling banyak dicari adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, dan Toyota Fortuner. Ketiganya dibuntuti Honda HR-V dan Honda Brio.
Sehingga, kendaraan yang paling banyak dicari di akhir tahun ini, kemungkinan masih model-model tersebut. Selain itu, dari segi harga, mobil bekas di kisaran Rp 100-200 jutaan tetap menjadi primadona hingga penghujung 2025.
Minat konsumen dalam membeli mobil bekas di akhir tahun ini kurang lebih mirip dengan akhir tahun lalu. Pada bulan Desember 2024, jenis mobil yang diincar juga MPV, SUV dan hatchback buatan merek Jepang. Misalnya seperti Toyota Kijang Innova, Avanza dan Fortuner.
“Jika konsumen ingin membeli mobil bekas dengan jenis SUV maupun MPV, mereka harus mengecek kondisi suspensi dan kaki-kaki yang merupakan area paling fundamental. Hal ini menentukan kenyamanan, keamanan, dan biaya perawatan ke depannya,” kata Agung.
(sfn/dry)
-

3 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Alasan Warga Jepang Panjang Umur
Jakarta –
Pernah penasaran kenapa orang di sejumlah negara bisa hidup lebih panjang dan tampak lebih bahagia? Mungkin kamu tidak asing dengan populasi di wilayah Blue Zones, seperti Okinawa di Jepang.
Blue Zones merupakan wilayah di dunia dengan jumlah penduduk berumur panjang terbanyak, bahkan rata-rata mencapai 100 tahun.
Dikutip dari CNBC, pakar umur panjang Dan Buettner menyebut rata-rata perempuan Okinawa hidup lebih lama dibandingkan perempuan dari wilayah mana pun di dunia. Selain itu, orang Okinawa memiliki angka kanker, penyakit jantung, dan demensia yang lebih rendah dibandingkan orang Amerika, lapor Buettner di situsnya.
Penduduk Okinawa yang tetap sehat hingga usia lanjut ini menarik perhatian penulis Héctor García dan Francesc Miralles. Keduanya mewawancarai lebih dari 100 orang tertua di Okinawa dan menuliskan prinsip serta kebiasaan yang dijalani para lansia Jepang tersebut dalam buku berjudul Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life.
Berikut beberapa praktik yang berkontribusi pada umur panjang dan kebahagiaan sebagian orang Jepang yang hidup paling lama.
3 kebiasaan sehari-hari yang dilakukan:
1. Aktivitas fisik ringan setidaknya 5 menit sehari
Hampir semua lansia berusia sangat panjang yang diwawancarai García dan Miralles mengatakan mereka rutin melakukan radio taiso, senam khas Jepang yang sudah dikenal selama puluhan tahun.
“Bahkan para penghuni panti jompo yang kami kunjungi tetap meluangkan setidaknya lima menit setiap hari untuk melakukannya, meski sebagian melakukannya dari kursi roda,” tulis mereka dalam buku tersebut.
Gerakan radio taiso bersifat ringan dan dapat diselesaikan dalam waktu lima menit atau kurang. Hal yang membuatnya istimewa, senam ini biasanya dilakukan secara berkelompok.
Salah satu tujuan utama radio taiso adalah untuk menumbuhkan semangat kebersamaan di antara para peserta, menurut García dan Miralles.
2. Menemukan tujuan hidup dan tetap aktif
Ada peribahasa Jepang yang berbunyi ‘tetaplah aktif, maka kamu akan ingin hidup sampai seratus tahun’. Orang Okinawa mewujudkannya dengan menemukan ikigai, atau tujuan hidup, yang mendorong mereka untuk fokus pada makna hidup yang lebih dalam.
Ikigai secara sederhana dapat diartikan sebagai kebahagiaan karena selalu sibuk. Banyak orang yang hidup paling lama justru tidak benar-benar pensiun.
Sebagai contoh, Hayao Miyazaki (83), sutradara film animasi Studio Ghibli. Sehari setelah pensiun pada era 1990-an, ia kembali ke kantor untuk membuat sketsa animasi baru, dan bahkan merilis film pada 2023.
3. Mencapai kondisi ‘flow’
“Tidak ada resep ajaib untuk menemukan kebahagiaan atau hidup sesuai ikigai,” tulis García dan Miralles. “Namun salah satu bahan kuncinya adalah kemampuan mencapai kondisi flow dan melalui kondisi itu memperoleh pengalaman optimal.”
Flow adalah konsep psikologis yang menggambarkan keadaan ketika seseorang sepenuhnya tenggelam dan terlibat dalam suatu aktivitas. Istilah ini diperkenalkan oleh psikolog Mihaly Csikszentmihalyi.
Saat berada dalam kondisi flow, seseorang menjadi lebih hadir, fokus meningkat, dan untuk sementara waktu melupakan kekhawatiran, menurut García dan Miralles.
“Orang yang paling bahagia bukanlah mereka yang mencapai paling banyak hal,” tulis mereka.
“Melainkan mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan orang lain dalam kondisi flow.”
Halaman 2 dari 2
(naf/kna)
/data/photo/2025/12/21/6947c4163e07d.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)