Negara: Italia

  • Pelindo: Kapal Amerigo Vespucci milik Italia bersadar di Belawan

    Pelindo: Kapal Amerigo Vespucci milik Italia bersadar di Belawan

    Medan (ANTARA) – PT Pelindo Regional 1 Belawan mengatakan kapal layar Amerigo Vespucci milik Angkatan Laut Italia bersandar di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, selama tiga hari pada 1-3 November 2024.

    “Amerigo Vespucci bukan sekadar kapal layar, tetapi juga ikon budaya dan sejarah maritim dunia,” ujar Executive General Manager PT Pelindo Regional 1 Belawan Joenadi Ramli di Medan, Sabtu.

    Joenadi mengatakan kehadiran kapal legendaris di Pelabuhan Belawan ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi PT Pelindo Regional 1 Belawan.

    Lebih lanjut, dia mengatakan, kehadiran kapal tersebut dapat menambah wawasan dan inspirasi bagi masyarakat mengenai dunia pelayaran, serta budaya maritim internasional.

    “Setiap sudut kapal mencerminkan keahlian dan keindahan tradisi maritim dengan interior yang didesain penuh detail, menghadirkan perpaduan unik antara seni pelayaran klasik dan kecanggihan teknologi modern,” kata Joenadi.

    Dengan perjalanan keliling dunia yang membawa budaya dan tradisi Italia, Amerigo Vespucci berperan sebagai jembatan antarbangsa, mempromosikan kerjasama dan pemahaman melalui kunjungan di berbagai pelabuhan dunia.

    “Kedatangannya di Pelabuhan Belawan menandai momen penting bagi Indonesia, serta menjadi kesempatan berharga bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat dunia pelayaran internasional,” ucap Joenadi.

    Captain Giuseppe Lai mengatakan kunjungan ini adalah bagian dari tur dunia tahap ke-26, dimana Amerigo Vespucci berlayar ke berbagai negara untuk menjalin diplomasi dan memperkenalkan budaya maritim Italia.

    Dengan misi yang berlangsung sekitar dua tahun, kapal ini bertujuan menyelesaikan perjalanan keliling dunia yang membawa semangat persahabatan dan penghormatan antarbangsa.

    Setelah bersandar selam tiga hari di Pelabuhan Belawan, Medan. Kapal Amerigo Vespucci berlayar ke Phuket, Thailand.

    Baca juga: Kementerian PUPR selesaikan penanganan kawasan Belawan di Medan
    Baca juga: Kemhan umumkan pembelian dua kapal patroli lepas pantai buatan Italia
    Baca juga: Kapal pesiar tenggelam di Italia, satu tewas, 6 hilang, 15 selamat
     

    Pewarta: M. Sahbainy Nasution
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024

  • Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Malaysia, Pecco Bagnaia Jatuh!

    Jorge Martin Juara Sprint Race MotoGP Malaysia, Pecco Bagnaia Jatuh!

    Jakarta

    Pebalap Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin finis pertama di Sprint Race MotoGP Malaysia 2024, Sabtu (2/11). Sementara Francesco Bagnaia mengalami nasib sial setelah jatuh di putaran ketiga!

    Ketika perlombaan baru dimulai, tiga pebalap yang memimpin klasemen sementara, yakni Jorge Martin, Francesco Bagnaia dan Marc Marquez langsung tancap gas. Ketiganya terlibat persaingan ketat dengan gap yang sangat tipis.

    Saat balapan memasuki putaran ketiga, Bagnaia yang menempati urutan kedua jatuh di tikungan kesembilan. Kondisi tersebut membuat pebalap Italia itu makin sulit mengejar Martin di klasemen sementara. Bahkan, bisa dibilang, peluang juara makin tipis!

    Francesco Bagnaia gagal finis di Sprint Race MotoGP Malaysia 2024. Foto: Corbis via Getty Images/Joan Cros Garcia – Corbis

    Ketika Bagnaia jatuh, kamera langsung menyorot ke arah kru tim dan kekasihnya yang berada di paddock. Semuanya langsung menunjukkan wajah kecewa sekaligus tak percaya.

    Jorge Martin bisa melesat dengan tenang setelah Bagnaia mengalami crash di awal perlombaan. Sementara Marc Marquez yang berada persis di belakangnya tak memberikan perlawanan berarti.

    Hingga akhir perlombaan, tak ada perubahan di barisan depan. Martin tetap mengunci kemenangan, sedangkan Marquez di urutan kedua dan Bastianini di tempat ketiga.

    Sprint Race MotoGP Malaysia 2024. Foto: AP/Antonio Calanni

    Hasil tersebut membuat Bagnaia makin tertekan. Pebalap 27 tahun itu butuh keajaiban untuk bisa mengejar Martin dari puncak klasemen. Kini, selisih keduanya mencapai 29 poin.

    Berikut Hasil Sprint Race MotoGP Malaysia 2024Jorge MartinMarc MarquezEnea BastianiniAlex MarquezFabio QuartararoFranco MorbidelliBrad BinderJack MillerPedro AcostaMarco BezzecchiAlex RinsAleix EspargaroAugusto FernandezMaverick VinalesLuca MariniJoan MirTakaaki NakagamiRaul Fernandez.

    (sfn/lth)

  • Asia Makin Panas, Jepang & Eropa Keluarkan Tanda Siap Perang

    Asia Makin Panas, Jepang & Eropa Keluarkan Tanda Siap Perang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Jepang dan Uni Eropa (UE) akan mengumumkan kemitraan keamanan baru pada Jumat (1/11/2024). Menurut laporan media lokal, pakta ini akan mencakup lebih banyak latihan militer bersama, dialog tingkat senior, dan kerja sama industri pertahanan.

    Kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell akan bertemu dengan mitranya dari Jepang Takeshi Iwaya. Ia mengatakan kepada wartawan minggu ini bahwa pakta tersebut muncul “saat Jepang dan UE menghadapi lingkungan keamanan yang semakin menantang”.

    Sebenarnya, ia tidak menyebut China. Tetapi Jepang sebelumnya menyebut tetangganya sebagai tantangan keamanan terbesarnya saat Beijing membangun kapasitas militer di kawasan tersebut.

    “Kunjungan saya ke dua mitra terdekat kami di Indo-Pasifik merupakan tonggak penting dalam upaya kami selama lima tahun terakhir untuk memperkuat keterlibatan aktif UE,” kata Borrell dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, seperti dikutip AFP.

    “Kami telah mengamankan keselarasan pada isu-isu geopolitik dan memajukan nilai-nilai yang kami miliki bersama,” katanya, menjanjikan “babak baru dalam hubungan kami yang semakin dekat”.

    Setelah pembicaraan Tokyo, Borrell akan menuju Korea Selatan (Korsel) untuk membahas Korea Utara (Korut) sebagai agenda utama. Amerika Serikat (AS) sebelumnya mengatakan ribuan tentara Korea Utara berada di Rusia dan siap bertempur di Ukraina.

    Pyongyang juga menguji coba salah satu rudal terbarunya dan terkuat pada hari Kamis. Ini menunjukkan ancamannya terhadap daratan AS beberapa hari menjelang pemilihan umum.

    Sementara Iwaya pada Selasa mengatakan Kemitraan Keamanan dan Pertahanan Jepang-UE diumumkan bertujuan untuk lebih mengembangkan, memperdalam, dan memperkuat kerja sama dan dialog di semua bidang keamanan dan pertahanan. Secara khusus, ia membayangkan kerja sama di bidang keamanan maritim, ruang angkasa, keamanan siber, dan ancaman hibrida, termasuk disinformasi dan campur tangan asing.

    “Keamanan kawasan Asia-Pasifik tidak dapat dipisahkan dari keamanan Eropa dan Atlantik”, tambah Iwaya.

    Jepang telah meningkatkan pengeluaran pertahanan ke standar NATO sebesar dua persen dari PDB pada tahun 2027. Sebagian untuk melawan China, yang meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan.

    Beijing mengklaim pulau yang diperintah sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak mengesampingkan kemungkinan menggunakan kekerasan untuk menguasainya. Jepang, yang selama beberapa dekade bergantung pada AS untuk perangkat keras militer, juga sedang mengembangkan jet tempur baru dengan anggota UE Italia dan Inggris yang akan mengudara pada tahun 2035.

    (sef/sef)

  • Mendagri: Peran BPSDM penting wujudkan Indonesia Emas 2045

    Mendagri: Peran BPSDM penting wujudkan Indonesia Emas 2045

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan peran penting Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

    Tito Karnavian juga mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) perlu memahami visi ini secara mendalam dan turut serta dalam pengembangannya, terutama melalui peningkatan kualitas SDM yang unggul dan dukungan terhadap inovasi di berbagai sektor.

    “Indonesia Emas sebetulnya suatu yang possible. Kita nantinya akan didominasi oleh middle class, negara maju. Kuncinya di sini yang ingin saya sampaikan adalah pentingnya peran SDM untuk mencapai Indonesia Emas itu,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

    Mendagri menyebut berbagai lembaga internasional seperti Bank Dunia, IMF, McKinsey, dan Global Insight (GI) memprediksi Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar keempat atau kelima di dunia pada tahun 2045.

    Indonesia bahkan akan menempati peringkat ekonomi atas melampaui negara-negara maju seperti Jepang, Rusia, Jerman, Inggris, Italia, dan Prancis.

    Indonesia juga diproyeksikan akan bergabung dengan negara-negara perekonomian global teratas seperti Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

    “Indonesia Emas yang diproyeksi oleh para futuris yang memikirkan dari tren perkembangan Indonesia, perkembangan dunia yang ada, Indonesia akan diperkirakan akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor empat atau nomor lima di dunia terbesar,” ujarnya.

    Ia mengemukakan bahwa visi Indonesia Emas berkaitan dengan kondisi Indonesia sebagai negara maju dengan masyarakat yang didominasi oleh kelas menengah sejahtera.

    Kondisi ini ditandai dengan kehidupan yang nyaman seperti dapat memiliki rumah, kendaraan, menyekolahkan anak, bahkan bisa berlibur ke luar negeri.

    “Punya uang untuk liburan dan seterusnya, itulah kelas menengah, bisa keluar negeri, seperti itu, sama seperti orang Jepang, orang Jerman, Inggris, UK,” tambah Tito.

    Mendagri optimistis visi Indonesia Emas ini bisa terwujud dengan upaya peningkatan kualitas SDM dalam mendorong transformasi secara bertahap dan signifikan.

    Tito lantas menggarisbawahi pentingnya peran dari para agen perubahan di kementerian dan lembaga pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, sebagai pendorong utama peningkatan SDM yang berkualitas di Indonesia.

    Hal ini sebagaimana dicontohkan oleh mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew dengan mengirim anak muda di negaranya ke berbagai universitas terbaik di dunia.

    “Lee Kuan Yew, bagaimana dia mengubah Singapore, dari pulau yang hanya untuk nelayan menjadi negara yang paling maju di Asia Tenggara, bahkan salah satu yang terbaik di dunia kesejahteraannya. Dia invest yang luar biasa pada sumber daya manusia,” pungkasnya.

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Spanyol Banjir Usai Kekeringan, Ahli di Barcelona Ungkap Pertanda

    Spanyol Banjir Usai Kekeringan, Ahli di Barcelona Ungkap Pertanda

    Jakarta, CNBC Indonesia – Chiva, sebuah kota kecil di pinggiran Valencia, Spanyol, mengalami badai dahsyat yang mengakibatkan banjir besar dan arus air berlumpur yang merusak rumah-rumah dan kendaraan serta menelan banyak korban jiwa.

    Padahal sebelumnya, wilayah tersebut mengalami kekeringan yang parah. Namun pada Selasa (29/10), kota kecil itu mendadak diguyur hujan lebat hanya dalam hitungan jam.

    Menurut para ilmuwan, “kiamat” perubahan iklim yang dipicu oleh aktivitas manusia makin meningkatkan frekuensi dan intensitas kejadian cuaca ekstrem.

    Ilmuwan menyebut, polusi bahan bakar fosil berperan dalam merusak siklus air, membuat orang dan tanaman kering. Tapi udara panas juga dapat menahan lebih banyak uap air sehingga meningkatkan potensi hujan lebat yang dahsyat.

    “Kekeringan dan banjir adalah dua sisi dari koin perubahan iklim yang sama,” kata Stefano Materia, seorang ilmuwan iklim Italia di Barcelona Supercomputing Center, dikutip dari The Guardian, Jumat (1/11/2024).

    Ia mengatakan penelitian telah menghubungkan kekeringan di Mediterania dengan darurat iklim melalui perubahan sirkulasi atmosfer pada saat yang sama ketika kenaikan suhu global telah memanaskan kawasan tersebut.

    “Itu berarti lebih banyak energi, lebih banyak uap air, lebih banyak ketidakstabilan – semua bahan yang memicu badai yang mengerikan saat kondisi atmosfer mendukung,” jelas Stefano

    “Laut Mediterania adalah bom waktu saat ini.” imbuh dia.

    Para ilmuwan mengatakan bahwa cuaca buruk yang melanda Spanyol dan negara-negara tetangganya merupakan pertanda dari peristiwa yang akan segera terjadi di seluruh Eropa.

    Sebuah survei dari Eurobarometer pada bulan Mei menemukan bahwa 61% orang Spanyol “sangat setuju” bahwa masalah lingkungan memiliki dampak langsung pada kehidupan sehari-hari mereka.

    Para ahli iklim mengatakan banjir seharusnya menjadi pengingat untuk mengurangi polusi yang memanaskan planet dan meningkatkan sistem peringatan dini dan respons cepat terhadap bencana.

    Hujan deras itu terjadi sebulan setelah banjir mematikan melanda Eropa Tengah, Afrika Barat, dan Asia Tenggara, dan dua minggu sebelum para diplomat bertemu untuk KTT iklim PBB Cop29 di Azerbaijan.

    “Konsekuensi tragis dari peristiwa ini menunjukkan bahwa kita masih harus menempuh jalan panjang,” kata Liz Stephens, seorang ilmuwan risiko iklim di University of Reading.

    “Orang-orang seharusnya tidak meninggal karena peristiwa cuaca yang diramalkan seperti ini di negara-negara yang memiliki sumber daya untuk berbuat lebih baik.” jelasnya.

    (dem/dem)

  • Cara Bikin Dering WhatsApp Sebut Nama Tanpa Aplikasi Tambahan

    Cara Bikin Dering WhatsApp Sebut Nama Tanpa Aplikasi Tambahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak yang belum tahu kalau kita bisa membuat notifikasi WhatsApp sendiri. Menariknya, platform yang menyediakan layanan tersebut bisa diakses secara gratis.

    Anda juga bisa kreasikan teks nada dering WA dengan kalimat lainnya.

    Seperti diketahui, aplikasi pesan singkat itu memiliki nada dering bawaan untuk setiap notifikasi. Namun bagi sebagian orang ringtone bawaan terdengar membosankan.

    Nah, berikut ini cara membuat nada dering notifikasi WhatsApp sendiri.

    1. Sound of Text

    Sound of Text merupakan salah satu situs yang bisa membuat file audio MP3 dari teks. Suara yang dihasilkannya sama seperti suara Google Assistant saat membacakan teks.

    Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

    – Buka situs https://soundoftext.com/
    – Ketik atau salin nama yang ingin kamu gunakan untuk nada dering pada kolom yang tersedia.
    – Pilih voice untuk suara dan pilih aksen yang diinginkan. Mereka menyediakan banyak pilihan, mulai dari gaya pengucapan bahasa Indonesia, Inggris, hingga Italia.
    – Klik tombol Submit.
    – Di bawah akan muncul otomatis hasil suaranya yang Anda bisa play dan download.

    2. FreeTTS

    FreeTTS adalah platform yang bisa digunakan untuk mengkonversikan teks menjadi ucapan secara gratis, dengan file dalam format MP3.

    Agar bisa menambahkan lebih banyak karakter huruf, Anda perlu melakukan sign up. Berikut cara menggunakannya.

    Buka https://freetts.com/
    Ketik nama yang ingin Anda jadikan nada dering.
    Pilih karakter suara.
    Pilih tombol ‘Convert to MP3’.
    Lanjutkan dengan pilih Download

    Perlu diingat, bisa jadi setiap tipe jenis smartphone punya cara yang berbeda dalam mengganti nada dering WA dari audio lain.

    (dem/dem)

  • Kreativitas Ros yang mengubah goni jadi karya bernilai tinggi

    Kreativitas Ros yang mengubah goni jadi karya bernilai tinggi

    Bandung (ANTARA) – Goni selama ini banyak digunakan sebagai bahan baku karung wadah berbagai komoditas seperti beras, kopi, gula pasir, atau biji-bijian. Namun di tangan Neneng Rosita, serat alami ini menjadi beragam kriya yang cantik dan bernilai ekonomi tinggi.

    Serat goni itu oleh  Rosita diolah menjadi tas, sepatu, sandal, ransel, aksesori, hingga dekorasi rumah (home decor) dengan sentuhan seni dan kearifan lokal. Selain itu, lewat penggunaan aksen kain nusantara seperti batik, eceng gondok, batu, hingga manik kayu, yang menunjukkan keanggunan sekaligus dukungan terhadap keberlanjutan lingkungan.

    Ros, sapaan Neneng Rosita, menceritakan awalnya dia terinspirasi dari cerita orang tuanya mengenai kelam dan menyedihkannya kehidupan di bawah penjajahan Jepang. Kala itu, selain pangan yang susah, sandang pun sulit sehingga harus menggunakan goni sebagai bahan pakaian.

    Berangkat dari kisah pada masa lalu, Ros memutuskan membuat karya-karya yang unik dan eksklusif dari bahan goni sejak 2016. Ide datang dari dia sendiri dan dikembangkan secara autodidak. Karya Ros dengan jenama Arcisu itu bercirikan unik dengan sentuhan kreativitas tinggi.

    Seiring perjalanan waktu, akhirnya Ros bisa memasarkan produknya tidak hanya Indonesia, bahkan menembus pasar Amerika Serikat, Korea Selatan, Uzbekistan, Timur Tengah, Hungaria, Italia (Milan). Produknya juga menjadi salah satu suvenir yang dipilih pada KTT-G20 pada 2022 di Bali.

    Bahkan, usahanya ini telah berkembang sedemikian rupa sehingga sedikitnya beromzet Rp60 juta sebulan dan memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat sekitar, termasuk pekerja yang memiliki keterbatasan fisik.

    Iwan Hermawan, penderita strok (stroke) sebagian, turut berkarya sebagai pengrajin. Ia berkarya bukan hanya rentang waktu hitungan bulanan. Sudah 5 tahun lamanya Iwan belajar hingga bisa berkontribusi lebih dalam membantu usaha Neneng Rosita yang kini memiliki enam karyawan.

    Perjalanan Ros bisa sejauh ini dan mencapai hasil membanggakan karena selain aktif mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pemerintah daerah, dia juga menerima bantuan pelatihan terkait pemasaran online dan bantuan permodalan dari berbagai pihak termasuk PT Pertamina.

    Pertamina disebutnya telah menjadi pembinanya sejak awal. Pada tahun 2016, ia diberi pinjaman modal Rp25 juta dengan cicilan Rp300 ribu per bulan.

    Ia juga rutin dilibatkan mengikuti pameran di Jakarta, Bandung, Bali, Makassar, bahkan sampai ke luar negeri seperti Houston (AS) dan Seoul (Korea Selatan) untuk memperkenalkan produknya sekaligus budaya Indonesia.

    Semula Ros tidak tahu apa-apa, tapi karena rajin ikut pelatihan-pelatihan, termasuk dari Pertamina, yang juga membantu permodalan, akhirnya memiliki pengetahuan bagaimana cara promosi online dan menjual di jagat maya.

    Satu hal yang melekat pada karya-karyanya, Ros senantiasa mempertahankan kekhasan produk di tengah persaingan yang makin sengit saat ini.  

    Neneng Rosita bersama karya-karyanya di gerainya di Bandung. ANTARA/Ricky Prayoga

    Kolaborasi

    Usaha yang selama ini Neneng Rosita geluti disebutkan Manager CSR & SMEPP Management PT Pertamina Patra Niaga Subholding C&T Retno Wahyuningsih sejalan dengan tujuan pihaknya dalam membantu perkembangan usaha rakyat dalam hal ini usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

    Komitmen BUMN itu memberikan pembinaan dan bantuan permodalan pada UMKM dalam program kemitraan, telah dimulai sejak 2003, dan makin intens pada 2020 demi membantu usaha kecil dan menengah yang terdampak pandemi COVID-19 agar bisa mandiri dan memastikan keberlanjutannya, bahkan sampai mengorbit ke pasar global.

    Tujuan Pertamina memberi bantuan dan pelatihan untuk membuka kesempatan usaha skala mikro, kecil, dan menengah mampu menembus pasar global sehingga nantinya bisa mandiri.

    Sampai saat ini, BUMN tersebut telah menyalurkan kepada lebih dari 60 ribu mitra binaan dengan total dana bantuan senilai Rp3,3 triliun, yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

    Penyaluran bantuan itu tersebar di berbagai sektor yakni industri (8.213 usaha), jasa (9.130), perdagangan (23.584), perikanan (3.304), perkebunan (5.470), pertanian (7.938), peternakan (4.005), dan sektor lainnya (761).

    Hubungan BUMN itu dengan UMKM sebagai pendamping dan binaannya, merupakan kolaborasi positif guna menaikkan kelas usaha, dari semula berjangkauan pasar lokal menjadi regional, hingga internasional melalui dukungan sertifikasi, pembinaan, hingga permodalan.

    Menurut pengamat ekonomi Universitas Padjadjaran Yayan Satyakti hal tersebut patut diapresiasi. Namun, alangkah lebih baik bila ada juga jalinan hubungan yang kuat antara BUMN dengan UMKM.

    Hal ini bertujuan sebagai jaring pengaman ketika terjadi instabilitas pasar, baik di level lokal atau internasional sehingga produk-produk UMKM tetap bisa terserap.

    “Kalau bisa ada juga UMKM yang lini bisnisnya tidak jauh. Jadi BUMN ini bisa jadi off-tacker (penampung produk), agar jika terjadi instabilitas pasar, BUMN bisa sebagai off-tacker-nya, kemudian secara perlahan melakukan ekskalasi lagi,” ujar Yayan.

    Setelah itu, diperlukan juga peta jalan yang jelas sebagai jalur pengembangan UMKM dari usaha kecil, menengah, hingga menjadi besar.

    Perlunya perhatian serius pada UMKM karena usaha skala ini merupakan soko guru perekonomian Indonesia, mengingat 80–90 persen dari perekonomian Indonesia digerakkan oleh UMKM.

    Karena itu, UMKM harus didukung penuh dan ada pembinaan berkelanjutan, seperti yang dilakukan Korea Selatan pada tahun 1960-an.

    Apa yang dilakukan Neneng Rosita dengan produk-produk dengan sentuhan kreativitas tinggi, menunjukkan pasar domestik dan mancanegara selalu terbuka menerima karya-karya pelaku UMKM.

    Jumlah UMKM yang mencapai lebih dari 64 juta unit usaha sejauh ini telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional dengan menyerap 97 persen tenaga kerja dan berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB nasional. 

    Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama banyak pihak, termasuk BUMN, untuk berkolaborasi dalam pengembangan UMKM demi kemajuan Indonesia.

    Editor: Achmad Zaenal M

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024

  • Inflasi Zona Euro Tembus 2% Oktober 2024, Bank Sentral Eropa Lanjut Pangkas Suku Bunga?

    Inflasi Zona Euro Tembus 2% Oktober 2024, Bank Sentral Eropa Lanjut Pangkas Suku Bunga?

    Bisnis.com, JAKARTA – Tingkat inflasi di negara kawasan pengguna mata uang Euro atau zona euro meningkat lebih cepat dari perkiraan. Hal tersebut sesuai dengan target Bank Sentral Eropa dan meningkatkan argumen untuk menurunkan suku bunga secara bertahap.

    Mengutip Bloomberg pada Kamis (31/10/2024), data dari Eurostat menyebut indeks harga konsumen Eurozone naik 2% pada Oktober 2024 secara year on year (YoY), naik dari 1,7% bulan sebelumnya dan melebihi perkiraan analis sebesar 1,9%.

    Penurunan harga energi yang lebih kecil merupakan pendorong utama langkah ini. Inflasi inti yang diawasi dengan ketat, yang tidak termasuk barang-barang volatil, secara tak terduga tetap stabil di angka 2,7%, sementara kenaikan harga pangan terjadi lebih cepat.

    Angka-angka tersebut akan mendukung para pejabat bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) yang telah memperingatkan penurunan suku bunga yang terlalu besar untuk mendukung perekonomian yang lesu di kawasan tersebut. 

    Investor telah mengurangi spekulasi mengenai pemotongan yang lebih besar untuk menutup tahun 2024, setelah data pertumbuhan pada hari Rabu menunjukkan bahwa blok tersebut berada pada pijakan yang lebih kuat, dengan Jerman menghindari resesi

    Perdebatan di antara para pengambil kebijakan mengenai masa depan semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir. Pekan lalu, beberapa pihak berpendapat bahwa pemotongan setengah poin harus dipertimbangkan pada bulan Desember setelah survei bisnis menunjukkan memburuknya momentum di sektor swasta.

    Sementara itu, beberapa pihak yang lain telah menolak. Anggota Dewan Eksekutif ECB Isabel Schnabel mengatakan pendekatan “bertahap” terhadap pelonggaran moneter tetap tepat, sementara Presiden Bundesbank Joachim Nagel mengatakan para pejabat tidak boleh terburu-buru mengambil langkah lebih lanjut.

    Pernyataan Nagel mengikuti berita tentang lonjakan inflasi Jerman yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan pada bulan ini. Angka ini mencapai 2,4% dari 1,8% pada bulan September – menyoroti bahwa tantangan masih ada.

    “Tujuannya sudah terlihat, tetapi saya tidak akan memberi tahu Anda bahwa inflasi terkendali. Kita juga tahu bahwa inflasi akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang, hanya karena efek dasar (base effect),” ujar Presiden ECB, Christine Lagarde kepada Le Monde dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Kamis.

    Sementara itu, faktor lain seperti perang di Timur Tengah dan Ukraina dapat menyebabkan biaya energi dan pengangkutan menjadi lebih tinggi. Lalu ada potensi kembalinya Donald Trump – yang menerapkan paket tarif perdagangan yang drastis – ke Gedung Putih. 

    Sementara itu di Eropa, kenaikan gaji mendorong inflasi di sektor jasa. Pertumbuhan harga di bagian perekonomian tersebut tidak berubah pada bulan Oktober sebesar 3,9%.

    ECB meningkatkan laju penurunan suku bunga pada bulan ini karena data menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah dan inflasi yang lebih lambat. Pada hari Kamis, Fabio Panetta dari Italia memperingatkan risiko pertumbuhan harga tidak mencapai 2%.

    “Kondisi moneter masih ketat dan diperlukan pemotongan baru,” katanya. “Seiring dengan meredanya inflasi, fokus kita seharusnya tertuju pada kelesuan ekonomi riil: Tanpa pemulihan yang berkelanjutan, risiko inflasi akan terdorong jauh di bawah target.”

    Meskipun biaya energi menjadi hambatan akhir-akhir ini, para pejabat hanya berharap dapat memenuhi target secara berkelanjutan pada tahun depan. Salah satu alasannya adalah ketahanan pasar tenaga kerja di kawasan euro, dengan data terpisah pada hari Kamis menunjukkan bahwa tingkat pengangguran turun ke rekor terendah 6,3% pada bulan Oktober.

  • Subsidi Mobil Perusahaan di Jerman Hambat Adopsi EV

    Subsidi Mobil Perusahaan di Jerman Hambat Adopsi EV

    Jakarta

    Menelusuri distrik Bad Godesberg di Bonn, Jerman, akan terlihat banyak vila megah peninggalan awal abad ke-20. Jalanan juga dipenuhi dengan pohon-pohon tua yang menjulang tinggi, dengan daunnya yang berguguran di atas mobil-mobil yang terparkir di bawahnya. Dicat dengan warna hitam pekat, mobil-mobil ini adalah kendaraan berukuran besar dari produsen mobil ternama seperti Porsche, Mercedes, Audi, dan BMW.

    Bad Godesberg di Bonn, Jerman, adalah lingkungan tempat tinggal dari banyak karyawan yang berpenghasilan tinggi yang bekerja di perusahaan besar, seperti Deutsche Telekom dan Deutsche Post, di mana mereka mendapatkan fasilitas berupa mobil perusahaan, bermerek ternama seperti Porsche, Mercedes, Audi, dan BMW.

    Namun tidak lama lagi, kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel akan mulai berkurang di distrik ini.

    Sejak tahun lalu, perusahaan Deutsche Telekom, yang sebagian sahamnya dimiliki oleh negara itu telah mengizinkan karyawannya untuk hanya mendaftarkan kendaraan listrik bertenaga baterai (BEV) sebagai mobil perusahaan yang baru.

    Mobil listrik untuk perusahaan di Jerman masih sedikit

    Mulai 2025, pembuat perangkat lunak Jerman, SAP, hanya akan mengizinkan mobil listrik dan hibrida sebagai mobil perusahaannya. Selain itu, perusahaan kimia BASF, juga hanya memiliki sekitar 320 BEV dari total hampir 1.600 mobil perusahaan.

    “Kami telah menetapkan batas Karbondioksiada (CO2) untuk semua pesanan mobil perusahaan,” kata BASF kepada DW dalam sebuah pernyataan. Itu berarti kendaraan dengan bahan bakar masih menjadi bagian dari armada perusahaan yang masih dapat dipesan.

    Sementara model mobil hibrida banyak dikritik oleh para karyawan, karena sebagian besar perusahaan hanya memberikan kompensasi untuk tagihan bahan bakar konvensional, tetapi tidak untuk biaya listrik pengisian daya.

    Sementara SAP telah mengatasi masalah itu dengan mengizinkan kartu pengisian untuk bahan bakarnya untuk digunakan baik mengisi bahan bakar maupun pengisian daya.

    Dampak iklim negatif yang bertahan lama

    Dua dari tiga mobil baru yang terdaftar di Jerman dibeli oleh badan usaha. Hampir setengahnya adalah mobil perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan untuk keperluan bisnis dan pribadi.

    Mobil-mobil tersebut biasanya hanya digunakan selama beberapa tahun dan kemudian dijual kembali ke pasar mobil bekas, di mana kendaraan itu akan terus memberikan dampak pada emisi keseluruhan selama bertahun-tahun.

    Menurut organisasi nirlaba Eropa yang mengadvokasi kendaraan berkelanjutan, Transport & Environment (T&E), mobil perusahaan menyumbang tiga perempat dari emisi yang dihasilkan oleh seluruh mobil baru.

    Selain itu. banyak perusahaan Jerman kini juga semakin memilih mobil berukuran besar, kata organisasi T&E, di mana satu dari tiga mobil baru yang terdaftar saat ini adalah model SUV, atau setidaknya kendaraan berukuran medium.

    Jerman masih mensubsidi mobil perusahaan yang menghasilkan polusi

    Meskipun pemerintah Jerman bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi hingga nol pada 2045, tetapi sejauh ini bidang bisnis belum banyak membuat kemajuan ke arah itu. Pada paruh pertama 2024, hanya ada sekitar 12% mobil perusahaan baru yang terdaftar di Jerman yang sepenuhnya bertenaga listrik .

    Menurut studi terbaru dari Environmental Resource Management (ERM) yang ditugaskan oleh T&E, pemerintah Jerman setiap tahunnya mensubsidi mobil berbahan bakar fosil yang dibeli perusahaan sebesar €13,7 miliar (sekitar Rp233,3 triliun).

    Studi ERM juga menunjukkan bahwa, diantara enam negara yang menjadi pasar mobil terbesar Eropa, Jerman menjadi negara kedua teratas dalam hal pemberian subsidi tersebut, di mana Italia menjadi urutan pertama yang memberikan subsidi swebesar €16 miliar (sekitar Rp272,4 triliun).

    Sementara, total dari enam negara teratas pemberi subsidi mobil berbahan bakar fosil, yang berbahaya bagi lingkungan itu, menghabiskan sekitar €42 miliar (sekitar Rp715 triliun) per tahun.

    Pada akhir tahun lalu, pemerintah Jerman juga telah menghentikan subsidi mobil listrik bagi masyarakat umum, di mana Menteri Transportasi Jerman Volker Wissing berpendapat, “menciptakan pasar secara permanen dengan subsidi bukanlah solusi.”

    Wissing juga mengatakan, pasar mobil listrik harus bisa bertahan secara mandiri. Pada saat bersamaan, ia justru menolak untuk menghentikan subsidi pada mobil perusahaan, baik mobil listrik maupun konvensional.

    Industri otomotif Jerman desak dukungan negara

    Lambatnya transisi armada perusahaan di Jerman ke kendaraan listrik telah membebani penjualan mobil listrik dari produsen-produsennya karena rendahnya permintaan, kata Susanne Goetz, seorang ahli dari T&E.

    “Merek-merek seperti Volkswagen (VW) dan BMW menghasilkan 70% penjualan mereka di Eropa tahun lalu di pasar mobil perusahaan, jadi potensinya sangat besar,” katanya kepada DW.

    Industri otomotif Jerman sendiri sangat mendukung transisi ke energi listrik. “Mobil perusahaan adalah dorongan besar bagi penyebaran kendaraan listrik yang ramah untuk lingkungan dan jalanan di Jerman,” kata Hildegard Mller, presiden Asosiasi Industri Otomotif Jerman (VDA).

    Namun, pandangan ini tampaknya belum sepenuhnya diadopsi oleh para pelaku bisnis, termasuk BMW. Menanggapi pertanyaan DW mengenai mobil perusahaannya, perusahaan itu mengatakan: “Saat ini kami tidak merasa perlu untuk mengintervensi pilihan kendaraan bagi para eksekutif kami.” Tidak mengherankan jika kurang dari sepertiga mobil perusahaan BMW sepenuhnya bertenaga listrik.

    Subsidi mobil perusahaan ini juga utamanya menguntungkan 10% populasi terkaya, kata World Wildlife Fund (WWF). Sebuah studi bersama dengan organisasi lingkungan hidup, peneliti menemukan bahwa mobil perusahaan digunakan oleh karyawan yang pendapatan tahunannya melebihi €80.000 (sekitar Rp1,4 miliar).

    Baru-baru ini, pemerintah Jerman mengeluarkan “Inisiatif Pertumbuhan”, di mana perusahaan ditawarkan penghapusan pajak yang lebih cepat jika berinvestasi pada BEV dan kendaraan bebas emisi lainnya.

    Kepala Departemen Iklim dan Energi WWF Jerman, Viviane Raddatz, menyarankan agar pemerintah mengenakan pajak pada kendaraan, berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan, di mana semakin kecil emisi, semakin kecil pula pajaknya.

    Langkah-langkah lain, seperti mempromosikan sepeda perusahaan atau tiket transportasi umum, juga dapat membantu mengurangi emisi, kata Raddatz kepada DW. Selain itu, pemberian subsidi untuk kendaraan listrik juga mampu mengatasi masalah keterbatasan lahan parkir di kota-kota besar di Jerman, tambahnya.

    Artikel ini diadaptasi dari bahasa Jerman

    (ita/ita)

  • Vespa Perbarui Tampilan Vespa LX, Harga Rp 45 Jutaan

    Vespa Perbarui Tampilan Vespa LX, Harga Rp 45 Jutaan

    Jakarta

    PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa LX terbaru. Skuter dengan desain ikonik ini memiliki pilihan warna baru dan detail yang elegan.

    Vespa LX terbaru menghadirkan empat warna stylish yaitu Blue Capri, Yellow Curioso, Grey Materia, dan White Innocente. Pilihan warna tersebut memberikan tampilan yang lebih segar untuk Vespa LX.

    “Vespa LX terbaru adalah ikon keabadian dan modernitas yang mampu mengadopsi elemen desain modern kontemporer namun tetap setia pada akar klasiknya. Model ini dirancang untuk mereka yang menginginkan pengalaman berkendara premium penuh kenyamanan dengan posisi duduk yang ergonomis dan handling yang mulus. Dengan tampilan baru ini, Vespa LX bukan sekadar kendaraan roda dua; ini adalah pernyataan gaya hidup yang modern, stylish, muda, elegan, dan nyaman,” kata Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia.

    Vespa LX kini tampil dengan velg putih yang khas, jok cokelat elegan dengan jahitan putih, dan detail krom yang mempercantik tampilan, termasuk penutup knalpot krom. Bendera Italia pada panel belakang menekankan warisan Vespa yang identik dengan pengalaman berkendara autentik yang berkelas.

    Vespa LX hadir dalam empat pilihan warna yang memikat, dirancang untuk membuat kesan yang berani. Berikut pilihan warna yang bisa pengguna pilih:

    Blue Capri: Warna biru yang menyegarkan ini terinspirasi oleh ketenangan Laut Mediterania, cocok bagi mereka yang menyukai tampilan klasik namun modern. Warna ini menambah keceriaan dalam berkendara.

    Yellow Curioso: Cerah dan hidup, warna kuning ini menjadi simbol dari semangat petualangan yang playful, cocok bagi mereka yang suka tampil beda dan mencuri perhatian dengan penuh gaya, bahkan di tengah kerumunan sekalipun.

    Grey Materia: Dengan nuansa elegan dan urban, Grey Materia adalah pilihan yang tepat buat kamu untuk menciptakan tampilan yang sederhana namun berkelas.

    White Innocente: Warna putih yang tak lekang oleh waktu melambangkan keanggunan dan kelas, cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari kamu dengan penuh gaya.

    Vespa LX terbaru sudah diproduksi lokal di pabrik PT Piaggio Indonesia Industrial di Cikarang, Jawa Barat. Motor ini sudah tersedia di seluruh Indonesia. Vespa menjual LX terbaru dengna harga Rp 45.350.000 on the road Jadetabek.

    (rgr/din)