Negara: Italia

  • Mobil Listrik Pertama Suzuki Pakai Baterai LFP, Segini Jarak Tempuhnya

    Mobil Listrik Pertama Suzuki Pakai Baterai LFP, Segini Jarak Tempuhnya

    Milan

    Suzuki Motor Corporation resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Suzuki e Vitara. Mobil listrik pertama Suzuki ini menggunakan baterai LFP atau lithium iron-phosphate.

    Suzuki meluncurkan e Vitara pertama kali di Eropa, tepatnya di Milan, Italia. Produksi akan dimulai di Suzuki Motor Gujarat di India pada 2025. Mobil ini akan mulai dijual di berbagai negara, termasuk Eropa, India, dan Jepang, sekitar pertengahan tahun 2025.

    “e VITARA adalah BEV pertama kami, yang dikembangkan melalui uji coba berulang kali untuk menciptakan BEV yang mudah digunakan bagi pelanggan kami. Untuk mewujudkan masyarakat yang netral karbon, kami akan menyediakan berbagai pilihan, termasuk BEV, kendaraan hybrid, dan kendaraan CNG, yang disesuaikan dengan wilayah tertentu. Peluncuran e VITARA merupakan tonggak penting dalam mencapai netralitas karbon. Setelah peluncuran e VITARA, kami akan terus memperluas jajaran BEV kami dan mengusulkan solusi mobilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan negara dan wilayah tertentu,” kata Toshihiro Suzuki, Representative Director and President Suzuki Motor Corporation dikutip dari siaran persnya.

    Suzuki e Vitara dengan baterai 49 kWh 2WD memiliki total tenaga hingga 106 kW dengan torsi maksimal 189 Nm. Lalu untuk e Vitara 61 kWh 2WD tenaga maksimalnya mencapai 128 kW dengan torsi maksimal 189 Nm. Sedangkan versi 4WD menghasilkan total tenaga hingga 135 kW dengan torsi maksimal 300 Nm. Suzuki tidak merilis jarak tempuh dari e Vitara ini. Namun, dikutip dari Auto Express, versi long range-nya bisa menjangkau jarak hingga 400 km.

    Menurut Suzuki, sistem penggerak BEV terdiri dari eAxle yang sangat efisien yang mengintegrasikan motor dan inverter. Mobil ini juga dilengkapi baterai lithium iron-phosphate yang dirancang demi keamanan dan keandalan.

    “Sistem ini menghasilkan akselerasi lincah yang menjadi ciri khas dari posisi diam dan akselerasi tajam saat menyalip dari kecepatan rendah ke tinggi,” sebut Suzuki.

    Suzuki e VITARA didasarkan pada model konsep “eVX,” yang sempat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli 2024 lalu.

    Suzuki e Vitara mengandalkan sistem 4WD elektrik “ALLGRIP-e” yang tidak hanya memberikan kemampuan off-road tetapi juga performa yang bertenaga. ALLGRIP-e adalah sistem 4WD elektrik yang memanfaatkan keahlian Suzuki dalam teknologi penggerak empat roda, yang dilengkapi dua eAxle independen di bagian depan dan belakang. Sistem ini tidak hanya memberikan kinerja yang bertenaga tetapi juga memungkinkan kontrol yang presisi dengan respons yang sangat baik. Selain itu, sistem ini mencakup mode Trail yang memungkinkan keluar dengan mulus dari medan kasar dengan menerapkan rem pada ban yang berputar dan mendistribusikan torsi penggerak ke ban yang berlawanan (fungsi LSD).

    Suzuki eVitara menggunakan platform “HEARTECT-e” yang baru dikembangkan khusus untukBEV. Platform ini memiliki struktur yang ringan, perlindungan tegangan tinggi, dan interior yang luas karena overhang yang pendek.

    Suzuki tidak merilis jarak tempuh dari e Vitara ini. Namun, dikutip dari Auto Express, versi long range-nya bisa menjangkau jarak hingga 400 km.

    (rgr/dry)

  • Honda Luncurkan ADV350, Siap Libas Segala Medan

    Honda Luncurkan ADV350, Siap Libas Segala Medan

    Milan

    Honda resmi meluncurkan skuter matik (skutik) Honda ADV350. Motor ini hadir dengan gaya ala motor petualang.

    Honda ADV350 meluncur di pameran otomotif roda dua di EICMA, Milan, Italia. Motor ini mengadopsi desain ala Honda X-ADV dengan sudut yang kokoh dan warna blok yang mempromosikan tampilan off-road.

    Gaya petualang memamerkan bagian depan ADV350 yang unik. Garpu terbalik (upside-down) berdiameter 37 mm dan shock breaker belakang dengan tabung telah direvisi untuk menghadirkan performa bantingan suspensi yang premium.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Roda depan berukuran 15 inci dan belakang 14 inci. Velg yang ringan dibalut ban tubeless dengan ukuran 120/70-15 di depan dan 140/70-14 di belakang. Ban berpola ala motor dual purpose memungkinkan ADV350 memiliki cengkeraman yang cukup baik di semua kondisi. Untuk pengereman, ada rem cakram tunggal 256mm di depan dipadukan cakram belakang 240mm.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Kepraktisan tidak dilupakan, ada ruang untuk dua helm full-face di bawah jok (sekarang dengan lampu internal), soket USB di glovebox dan kenyamanan pengoperasian Smart Key. Windshield bisa diatur ketinggiannya dengan empat tahap penyesuaian. Layar TFT lima inci yang baru mengintegrasikan konektivitas smartphone Honda RoadSync dengan sakelar kontrol empat arah yang intuitif.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Honda ADV350 ditenagai mesin SOHC empat katup Smart Power+ (eSP+) 330cc yang disempurnakan. Mesin itu diklaim menghasilkan performa yang kuat sekaligus ramah lingkungan.

    Daya puncaknya mencapai 21,5 kW @ 7.500 rpm diimbangi dengan torsi 31,5 Nm @ 5.250 rpm. Diameter dan langkah ditetapkan pada 77 mm x 70,8 mm, dengan rasio kompresi 10,5:1.

    Rocker arm tipe rol dan bak mesin tertutup memberikan keandalan jangka panjang bersama dengan kinerja yang kuat. Untuk meningkatkan pendinginan piston, ada oil jet seperti yang digunakan pada CRF450R, untuk menyemprotkan oli langsung ke bagian belakang piston, memajukan waktu pengapian dan meningkatkan kinerja pembakaran. Kapasitas olinya adalah 1,8 liter.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Pengaturan ECU telah diperbarui, bersama dengan struktur internal knalpot (serta penutup luar pelindungnya) baru, katalisator yang ditingkatkan, dan sensor O2 ditambahkan untuk memastikan motor lebih ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 28,6 km/liter (mode WMTC). Dengan kapasitas tangki bahan bakar 11,7 L, motor ini bisa menjangkau jarak hingga lebih dari 330 km.

    Keamanan disediakan dalam bentuk Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Emergency Stop Signals.

    (rgr/dry)

  • Spesifikasi e Vitara, Mobil Listrik Pertama Suzuki

    Spesifikasi e Vitara, Mobil Listrik Pertama Suzuki

    Jakarta

    Suzuki resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, Suzuki e Vitara. Mobil listrik ini merupakan versi produksi massal dari konsep Suzuki eVX yang sempat dipamerkan Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

    Suzuki e Vitara melakoni debut global di Eropa, tepatnya di Milan, Italia. Produksi akan dimulai di Suzuki Motor Gujarat di India pada 2025. Mobil ini akan mulai dijual di berbagai negara, termasuk Eropa, India, dan Jepang, sekitar pertengahan tahun 2025.

    “e VITARA adalah BEV pertama kami, yang dikembangkan melalui uji coba berulang kali untuk menciptakan BEV yang mudah digunakan bagi pelanggan kami. Untuk mewujudkan masyarakat yang netral karbon, kami akan menyediakan berbagai pilihan, termasuk BEV, kendaraan hybrid, dan kendaraan CNG, yang disesuaikan dengan wilayah tertentu. Peluncuran e VITARA merupakan tonggak penting dalam mencapai netralitas karbon. Setelah peluncuran e VITARA, kami akan terus memperluas jajaran BEV kami dan mengusulkan solusi mobilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan negara dan wilayah tertentu,” kata Toshihiro Suzuki, Representative Director and President Suzuki Motor Corporation dikutip dari siaran persnya.

    Suzuki e Vitara ditawarkan dengan tiga trim. Pertama adalah e Vitara dengan baterai 49 kWh 2WD. Lalu ada e Vitara dengan baterai 61 kWh 2WD dan 61 kWh 4WD. Khusus varian 2WD, motornya menggerakkan roda depan. Sedangkan yang 4WD menggerakkan semua roda dengan teknologi 4WD elektrik “ALLGRIP-e”.

    Suzuki e Vitara Foto: Dok. Suzuki

    ALLGRIP-e adalah sistem 4WD elektrik yang memanfaatkan keahlian Suzuki dalam teknologi penggerak empat roda, yang dilengkapi dua eAxle independen di bagian depan dan belakang. Sistem ini tidak hanya memberikan kinerja yang bertenaga tetapi juga memungkinkan kontrol yang presisi dengan respons yang sangat baik. Selain itu, sistem ini mencakup mode Trail yang memungkinkan keluar dengan mulus dari medan kasar dengan menerapkan rem pada ban yang berputar dan mendistribusikan torsi penggerak ke ban yang berlawanan (fungsi LSD).

    Suzuki e Vitara dengan baterai 49 kWh 2WD memiliki total tenaga hingga 106 kW dengan torsi maksimal 189 Nm. Lalu untuk e Vitara 61 kWh 2WD tenaga maksimalnya mencapai 128 kW dengan torsi maksimal 189 Nm. Sedangkan versi 4WD menghasilkan total tenaga hingga 135 kW dengan torsi maksimal 300 Nm.

    Suzuki tidak merilis jarak tempuh dari e Vitara ini. Namun, dikutip dari Auto Express, versi long range-nya bisa menjangkau jarak hingga 400 km.

    Suzuki e Vitara memiliki dimensi panjang 4.275 mm, lebar 1,800 mm, dan tinggi 1.635 dengan wheelbase 2.700 mm. Mobil ini punya ground clearance 180 mm.

    (rgr/dry)

  • Mobil Listrik Pertama Suzuki Pakai Baterai LFP, Segini Jarak Tempuhnya

    Suzuki Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya, e Vitara

    Jakarta

    Suzuki Motor Corporation resmi meluncurkan mobil listrik bertenaga baterai (BEV) pertamanya. Mobil listrik hasil produksi massal dari eVX itu dijual dengan nama e Vitara.

    Suzuki meluncurkan e Vitara pertama kali di Eropa, tepatnya di Milan, Italia. Produksi akan dimulai di Suzuki Motor Gujarat di India pada 2025. Mobil ini akan mulai dijual di berbagai negara, termasuk Eropa, India, dan Jepang, sekitar pertengahan tahun 2025.

    “e VITARA adalah BEV pertama kami, yang dikembangkan melalui uji coba berulang kali untuk menciptakan BEV yang mudah digunakan bagi pelanggan kami. Untuk mewujudkan masyarakat yang netral karbon, kami akan menyediakan berbagai pilihan, termasuk BEV, kendaraan hybrid, dan kendaraan CNG, yang disesuaikan dengan wilayah tertentu,” kata Toshihiro Suzuki, Representative Director and President Suzuki Motor Corporation dikutip dari siaran persnya

    “Peluncuran e VITARA merupakan tonggak penting dalam mencapai netralitas karbon. Setelah peluncuran e VITARA, kami akan terus memperluas jajaran BEV kami dan mengusulkan solusi mobilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan negara dan wilayah tertentu”.

    Suzuki e VITARA didasarkan pada model konsep “eVX,” yang sempat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli 2024 lalu. Ini menandai model BEV strategis global pertama Suzuki.

    Suzuki e Vitara Foto: Dok. Suzuki

    Dengan konsep “Emotional Versatile Cruiser,” e VITARA menampilkan desain yang menggabungkan kesan teknologi canggih dan kekuatan. Tema desainnya adalah “Teknologi Canggih & Petualangan,” yang mewujudkan nuansa canggih dari BEV dan sifat tangguh dari SUV. Eksteriornya menampilkan desain mencolok yang ditandai dengan ban berdiameter besar dan jarak sumbu roda yang panjang, sementara interiornya menggabungkan layar terintegrasi dengan peralatan canggih dan panel serta konsol tengah yang tampak tangguh.

    Mobil ini ditenagai powertrain BEV yang memberikan pengalaman berkendara yang lincah dan tajam. Sistem penggerak BEV terdiri dari eAxle yang sangat efisien yang mengintegrasikan motor dan inverter, bersama dengan baterai lithium iron-phosphate yang dirancang untuk keselamatan dan keandalan.

    Suzuki e Vitara Foto: Dok. Suzuki

    Suzuki e Vitara mengandalkan sistem 4WD elektrik “ALLGRIP-e” yang tidak hanya memberikan kemampuan off-road tetapi juga performa yang bertenaga. ALLGRIP-e adalah sistem 4WD elektrik yang memanfaatkan keahlian Suzuki dalam teknologi penggerak empat roda, yang dilengkapi dua eAxle independen di bagian depan dan belakang. Sistem ini tidak hanya memberikan kinerja yang bertenaga tetapi juga memungkinkan kontrol yang presisi dengan respons yang sangat baik. Selain itu, sistem ini mencakup mode Trail yang memungkinkan keluar dengan mulus dari medan kasar dengan menerapkan rem pada ban yang berputar dan mendistribusikan torsi penggerak ke ban yang berlawanan (fungsi LSD).

    Suzuki e Vitara menggunakan platform yang baru dikembangkan “HEARTECT-e” khusus untuk BEV. Platform ini menggunakan “HEARTECT-e” yang baru dikembangkan khusus untuk BEV. Platform ini memiliki struktur yang ringan, perlindungan tegangan tinggi, dan interior yang luas karena overhang yang pendek.

    (rgr/din)

  • Tim Folklore SMA Labschool Cibubur Raih Juara Diajang Sopravista International Festivals Italia – Page 3

    Tim Folklore SMA Labschool Cibubur Raih Juara Diajang Sopravista International Festivals Italia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Tim Misi Budaya SMA Labschool Cibubur yang bernama meraih juara 1 dalam ajang Sopravista International Festivals: International Dance & Vocal Contest “All Colours of Art” di Rimini, Italia.

    Adapun dalam festival yang digelar 1-4 November 2024 itu, SMA Labschool Cibubur total meraih 3 gelar juara 1, 4 gelar juara 2, dan 1 gelar juara 3 dari berbagai kategori yang dilombakan.

    Kepala SMA Labschool Cibubur, Ali Chudori merasa bangga dan bersyukur atas apa yang diraih oleh pihaknya.

    “Mengapresiasi atas kerja keras seluruh tim Kalanritya Vadyagarvita,bapak dan ibu guru pendamping, dan tim pelatih dari Bangga Bangsa Studio yang telah bekerja keras selama 2,5 bulan terakhir hingga bisa mencapai prestasi puncak yang turut mengharumkan nama Indonesia di festival internasional ini,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/11/2024).

    Diketahui, tim Kalanritya Vadyagarvita ini terdiri dari 31 penari dan musisi yang semuanya berasal dari SMA Labschool Cibubur dari level kelas X dan XI.

    Di mana, pada puncak penampilan untuk kategori Group-Folk Choreography, Folk Stylized Dance, dan Ethnic Dance, Tim SMA Labschool Cibubur membawakan koreografi bertema sejarah perjuangan pahlawan Aceh, Laksamana Malahayati berperang melawan penjajah.

    Laksamana Malahayati dikenal dengan keberaniannya memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee, yang merupakan janda-janda pahlawan Aceh, yang berperang untuk mengusir penjajah dari bumi Aceh.

    Sejarah perjuangan yang diwujudkan dalam bentuk koreografi ini berhasi memukau dewan juri dan menobatkan Tim SMA Labschool Cibubur yang mewakili Indonesia meraih Juara 1 dikategori utama Group-Folk Choreography, Folk Stylized dance, Ethnic Dances dalam festival tersebut.

     

     

  • Andrea Iannone Kewalahan Geber Ducati Desmosedici GP23, Begini Katanya

    Andrea Iannone Kewalahan Geber Ducati Desmosedici GP23, Begini Katanya

    Jakarta

    Andrea Iannone mengaku kewalahan saat menggeber Desmosedici GP23 pada MotoGP Malaysia 2024 akhir pekan lalu. Iannone sudah lama tidak merasakan sensasi mengendarai motor balap kasta tertinggi usai menjalani larangan balapan selama 4 tahun akibat kasus penggunaan doping.

    Iannone turun di MotoGP Malaysia 2024 bersama tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Pebalap asal Italia itu menggantikan sementara posisi Fabio Di Giannantonio, yang harus naik ke meja operasi untuk penyembuhan cedera bahunya.

    Pertamina Enduro VR46 Racing Team memilih Iannone lantaran dia menampilkan performa impresif musim ini bersama tim satelit Ducati di ajang WSBK 2024. Iannone sukses finis posisi kedelapan di akhir klasemen 2024. Iannone juga sempat naik podium WSBK beberapa kali pada musim ini.

    Andrea Iannone turun di MotoGP Malaysia 2024 bareng tim balap Valentino Rossi Foto: Tangkapan layar Instagram

    Tapi di kelas MotoGP lain ceritanya. Kali terakhir Iannone mengendarai MotoGP adalah pada tahun 2019 bersama tim Aprilia. Artinya, dia sudah lima tahun tak mengikuti perkembangan motor balap prototipe itu. Pebalap berjuluk The Maniac itu pun tampak kesulitan ketika harus menggeber Ducati Desmosedici GP23 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

    “Saya kehilangan lebih banyak tenaga daripada ban. Jadi, saya sudah selesai. Ini sulit – lengan saya, bahu saya, semuanya, tubuh bagian atas (kelelahan semuanya),” terang Iannone dikutip dari Motosan. Iannone hanya mampu finis di urutan ke-19 sprint race dan urutan ke-17 balap utama MotoGP Malaysia 2024.

    Lanjut Iannone menambahkan, kesulitan terbesarnya di era MotoGP saat ini adalah ketika harus melakukan pengereman. “Saya memiliki masalah di lengan ketika melakukan pengereman. Saya tidak punya kekuatan untuk tetap (tegak),” ungkap Iannone.

    “Tidak mungkin untuk mengerem dengan intensitas yang baik, dengan 100% kekuatan saya dan saya kehilangan banyak hal – semuanya pada titik pengereman,” tambahnya.

    Sebagai informasi, momen pengereman di ajang balap MotoGP menjadi momen-momen melelahkan bagi seorang pebalap. Betapa tidak, mereka bisa mengurangi laju motor dari kecepatan 300 km/jam ke kecepatan 80 km/jam dalam waktu yang singkat.

    “Jadi batasannya adalah Andrea (diri saya sendiri), bukan motornya,” bilang Iannone.

    Andrea Iannone hanya dikontrak untuk balapan di Sepang. Belum diketahui apakah Iannone juga akan digunakan jasanya di seri terakhir MotoGP 2024 di Catalunya, Spanyol.

    (lua/dry)

  • Sederet Kebiasaan yang Merusak Ginjal, Hindari Biar Tak Harus Cuci Darah

    Sederet Kebiasaan yang Merusak Ginjal, Hindari Biar Tak Harus Cuci Darah

    Jakarta

    Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk tubuh. Itu berfungsi sebagai penyaring limbah dan kotoran dari dalam darah, serta penjaga keseimbangan dalam tubuh manusia.

    Jika ginjal rusak, organ tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya secara efektif. Seiring berjalannya waktu, kerusakan ginjal pada akhirnya dapat berakibat fatal, termasuk menyebabkan penyakit ginjal kronis (CKD) dan gagal ginjal.

    Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat merusak ginjal:

    Kebiasaan Merusak Ginjal

    1. Terlalu banyak makan protein

    Dikutip dari Health Shot, protein hewani menghasilkan kadar asam yang tinggi dalam darah yang dapat menyebabkan asidosis. Itu merupakan kondisi ginjal tidak dapat membuang cukup asam, yang menyebabkan efek buruk pada organ.

    Disarankan untuk menjalani pola makan yang seimbang, dengan mengkonsumsi protein, buah, dan sayuran.

    2. Kurang tidur

    Jika merasa lelah, segera tidur dan jangan terlalu banyak begadang. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja organ 24 jam.

    Peneliti dari Rumah Sakit Brigham and Women di Boston mempelajari kebiasaan tidur relawan wanita dan menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat.

    3. Kurang minum

    Saat kurang minum, kesehatan ginjal bisa terganggu. Dikutip dari National Kidney Foundation, air membantu ginjal membuang limbah dan dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

    4. Terlalu banyak konsumsi garam

    Pola makan yang tinggi garam mengandung banyak natrium dapat meningkatkan tekanan darah dan pada akhirnya mempengaruhi fungsi ginjal.

    Sebuah penelitian oleh Rumah Sakit San Giovanni Bosco, Italia, menemukan terlalu banyak garam memiliki efek langsung pada jaringan ginjal, yang menyebabkan hipertrofi dan fibrosis. Terlalu banyak garam juga dapat menyebabkan batu ginjal.

    5. Sering mengkonsumsi makanan olahan

    Makanan olahan merupakan gudang natrium dan fosfor yang dapat menyebabkan penyakit ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang sebagian besar bergantung pada junk food dan makanan olahan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada ginjal dan juga memicu diabetes.

    Bagi penderita diabetes, karena tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup, gula dari makanan olahan dapat terakumulasi dalam darah dan menyebabkan penyakit ginjal diabetes.

    6. Makan terlalu banyak gula

    Gula berkontribusi terhadap obesitas yang dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal. Gula dapat ditemukan di banyak makanan, seperti makanan penutup, minuman, dan makanan yang mungkin tidak anggap manis.

    Perhatikan bahan-bahannya saat membeli barang kemasan untuk menghindari gula tambahan dalam makanan.

    7. Merokok

    Selain tidak baik untuk paru-paru, rokok juga dapat membahayakan ginjal. Orang yang merokok lebih mungkin memiliki protein dalam urine, yang menjadi salah satu tanda kerusakan ginjal.

    8. Terlalu banyak duduk

    Terlalu banyak berdiam duduk ternyata dapat merusak ginjal. Disarankan untuk rajin berolahraga, terutama bagi orang dengan penyakit ginjal.

    Satu penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penyakit ginjal lanjut yang berolahraga secara teratur memiliki risiko kematian sekitar 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

    9. Minum alkohol

    Orang yang sering minum alkohol dapat membahayakan dan mengubah cara kerja ginjal. Selain menyaring darah, ginjal membantu menjaga jumlah air yang tepat dalam tubuh. Alkohol dapat mengganggu keseimbangan ini dengan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

    Minum alkohol terlalu banyak juga dapat meningkatkan tekanan darah, penyebab utama penyakit ginjal, dan membahayakan hati, sehingga ginjal bekerja lebih keras.

    10. Overtraining

    Dikutip dari WebMD, berolahraga terlalu keras dalam waktu terlalu lama dapat menyebabkan rhabdomyolysis, suatu kondisi di mana jaringan otot yang rusak rusak sangat cepat. Kondisi ini membuang zat-zat ke dalam darah yang dapat merusak ginjal dan membuatnya gagal berfungsi.

    Jadi, jangan berlebihan. Tingkatkan intensitas latihan secara bertahap. Jika bisa, hindari berolahraga di tempat yang panas dan lembab. Temui dokter jika mengalami nyeri otot dan urine berwarna gelap.

    (sao/kna)

  • ITS Amerigo Vespuci rampungkan kunjungan persahabatannya di Belawan

    ITS Amerigo Vespuci rampungkan kunjungan persahabatannya di Belawan

    Jakarta (ANTARA) – Kapal latih layar tiang tinggi Angkatan Laut Italia ITS Amerigo Vespuci merampungkan kunjungan persahabatannya di Belawan, Sumatera Utara, Minggu, setelah sandar selama 3 hari sejak Jumat (1/11).

    Kunjungan persahabatan ITS Amerigo Vespuci di Belawan merupakan rangkaian dari Tur Keliling Dunia Ke-2 kapal kebanggaan Italia itu yang berlangsung pada tahun 2023—2025.

    Dinas Penerangan Komando Armada I dan Dinas Penerangan Lantamal I Belawan, dalam siaran resmi masing-masing yang dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa kunjungan ITS Amerigo Vespuci ke Belawan merupakan kehormatan bagi TNI AL, terutama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan.

    “Kunjungan persahabatan ini penting untuk meningkatkan persaudaraan angkatan laut dua negara, dan juga dapat meningkatkan bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Italia,” kata Pejabat Sementara (Pjs.) Wakil Komandan Lantamal I Kolonel Laut (P) Hendrik Kurniawan mewakili Komandan Lantamal I Brigjen TNI Mar. Jasiman Purba saat acara penyambutan, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Lantamal I Belawan.

    Kedatangan ITS Amerigo Vespuci di Belawan, Jumat, disambut oleh jajaran pejabat Lantamal I Belawan, iring-iringan musik dan tari tortor yang merupakan tarian tradisional Sumatera Utara.

    Baca juga: Panglima Koarmada II cek pos TNI AL di pulau paling utara Indonesia
    Baca juga: Indonesia-Malaysia lakukan Latma “Kekar Malindo-47” di Singkawang

    Selepas acara penyambutan, Komandan ITS Amerigo Vespuci Captain (Navy) Giuseppe Lai didampingi oleh Atase Pertahanan Italia untuk Indonesia Captain (Navy) Maurizio Pitton menyambangi Markas Komando Lantamal I Belawan, dan bertemu dengan Komandan Lantamal I Belawan.

    Di Belawan, ITS Amerigo Vespuci membuka pintunya untuk warga sipil yang ingin melihat kapal latih Angkatan Laut Italia itu. Kegiatan buka kapal (open ship) itu berlangsung sejak Jumat sampai Minggu pukul 17.00 WIB.

    Sejumlah warga di beberapa media sosialnya membagikan momen mereka di masuk ke dalam kapal ITS Amerigo Vespuci berinteraksi dengan pengawak kapal dan berfoto di area kapal.

    ITS Amerigo Vespuci dalam siaran resminya, Minggu, juga mengumumkan kegiatan mereka di Belawan berakhir pada hari ini.

    “Terima kasih Belawan karena telah sama-sama menunjukkan garis pantai (coastline) bukanlah batas, melainkan tempat untuk mempertemukan nilai-nilai bersama,” demikian siaran resmi ITS Amerigo Vespuci.

    Indonesia menjadi negara ke-21 yang disambangi ITS Amerigo Vespuci setelah kapal itu sandar di Singapura dan Darwin, Australia.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Panglima Koarmada II cek pos TNI AL di pulau paling utara Indonesia

    Panglima Koarmada II cek pos TNI AL di pulau paling utara Indonesia

    Jakarta (ANTARA) – Panglima Komando Armada (Koarmada) II TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo, Minggu, mengecek Pos TNI AL (Posal) Miangas, yang merupakan pulau paling utara dan salah satu pulau terluar di Indonesia.

    Ariantyo, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL yang dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa pengecekan itu untuk memastikan prajurit dapat menjalankan tugasnya dengan optimal.

    “Jaga kesehatan kalian karena kesehatan adalah modal utama bertugas dengan baik. Selain itu, terus tingkatkan profesionalisme dalam menjalankan setiap tanggung jawab yang diemban,” kata Panglima Koarmada II memberi arahan kepada jajaran prajurit TNI AL di Posal Miangas di sela-sela kunjungannya.

    Dalam sesi pengarahan itu, jajaran prajurit TNI yang menyambut kedatangan Panglima Koarmada II mencakup Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) di Miangas dan Satgas Pam Puter Marampit.

    Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu wilayah terluar di Indonesia yang berbatasan dengan Filipina. Di pulau terluar Indonesia itu, TNI menempatkan prajurit-prajuritnya yang salah satunya tergabung dalam Satgasmar Pam Puter yang dirotasi tiap setahun sekali.

    Baca juga: TNI AL beri sinyal PPA dari Italia bakal memperkuat Koarmada II
    Baca juga: KRI GNR-332 berlayar menuju Darwin ikut Latma Kakadu 2024

    Di hadapan jajaran prajurit, Pangkoarmada II juga menginstruksikan kepada mereka untuk selalu menjaga integritas dan menghindari berbagai kegiatan yang merusak nama baik TNI, misalnya menggunakan narkoba atau berbuat pidana.

    Laksda Ariantyo juga meminta kepada prajurit untuk bijak menggunakan media sosial.

    “Gunakan media sosial secara bijak. Hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan citra TNI AL,” kata dia.

    Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada II Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, sebagaimana dikutip dari siaran resmi yang sama, menjelaskan bahwa kunjungan Pangkoarmada II ke Posal Miangas menegaskan komitmen Panglima Komando Armada II untuk memperkuat soliditas dan profesionalisme prajurit.

    “Kunjungan Pangkoarmada II di Posal Miangas menambah semangat para prajurit menjaga kedaulatan dan keamanan di perbatasan, sekaligus bukti nyata perhatian pimpinan TNI AL terhadap prajuritnya di garis terdepan,” kata Kadispen Koarmada II.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Mengintip Canton Fair, Pameran Dagang Impor dan Ekspor Terbesar di China – Page 3

    Mengintip Canton Fair, Pameran Dagang Impor dan Ekspor Terbesar di China – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Berbagai produk buatan China mejeng di pameran dagang impor dan ekspor Canton Fair ke-136 yang digelar di Canton Fair Complex, Guangzhou, China Selatan sejak 15 Oktober 2024. Pameran Canton Fair ini dibagi dalam tiga fase atau gelombang.

    Liputan6.com, berkesempatan mengunjungi fase ketiga Canton Fair ke-136 yang dibuka pada Kamis, 31 Oktober 2024 atas undangan dari Yangcheng Evening News Group yang bermarkas di Guangzhou. Fase ketiga Canton Fair ini bakal berakhir pada 4 November 2024.

    Adapun Canton Fair dihelat oleh Kementerian Perdagangan China dan Pemerintah Provinsi Guangdong yang menggandeng Pusat Perdagangan Luar Negeri China.

    Pada fase tiga Canton Fair, berbagai produk tekstil rumah tangga, karpet & permadani, pakaian pria dan wanita, perlengkapan mandi, produk perawatan pribadi, mainan, makanan, hingga pakaian anak-anak dipamerkan. Sebagian besar produk, memang didominasi produsen asal China.

    Total, lebih kurang 11.000 perusahaan ikut berpartisipasi dalam Canton Fair ke-136 fase tiga. Selain perusahaan asal China, produk asal Turki, Korea Selatan, Amerika, Iran, Rusia, Prancis Myanmar, Italia, India, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia turut menjadi peserta di Canton Fair ke-136.

    Memasuki area Canton Fair, dijumpai mereka yang datang mengenakan beberapa tanda pengenal dengan warna yang berbeda-beda. Warna biru untuk buyer atau para pembeli, warna ungu untuk exhibitor atau pedagang, dan warna merah untuk jurnalis.

    Canton Fair sendiri digelar dua kali setiap tahunnya, yakni pada Mei dan Oktober di Guangzhou, China. Baik para pedagang maupun para pembeli harus mengisi formulir jauh-jauh hari di laman resmi Canton Fair sebelum acara dimulai untuk memperoleh tanda pengenal.

    Hampir semua komoditas yang diperdagangkan di Canton Fair merupakan barang grosir yang tidak bisa dibeli secara eceran atau satuan. Oleh sebab itu, Canton Fair menjadi surga bagi para pedagang seluruh dunia yang berburu berbagai produk dengan harga miring.