Negara: Italia

  • Telkom Perkuat TIF Lewat ‘InfraNexia’, Fokus Kembangkan Bisnis Wholesale Fiber Connectivity Nasional  – Page 3

    Telkom Perkuat TIF Lewat ‘InfraNexia’, Fokus Kembangkan Bisnis Wholesale Fiber Connectivity Nasional  – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memperkuat pondasi bisnis infrastruktur digitalnya. Melalui anak usaha PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF), perusahaan menandatangani Kesepakatan Pemisahan Bersyarat (Conditional Spin-off Agreement/CSA) yang menjadi langkah strategis menuju pembentukan strategic holding di bidang infrastruktur konektivitas nasional.

    Langkah ini menandai babak baru perjalanan Telkom untuk mendorong efisiensi, optimalisasi aset, serta memperluas potensi kemitraan strategis. Dalam inisiatif tersebut, sebagian bisnis dan aset Wholesale Fiber Connectivity Telkom akan dialihkan kepada TIF dengan nilai transaksi mencapai Rp35,8 triliun.

    Setelah proses ini rampung, TIF akan mengelola lebih dari 50% total aset jaringan fiber Telkom, mencakup segmen access, aggregation, backbone, hingga infrastruktur pendukung lainnya. Meskipun Telkom masih memiliki lebih dari 99,9% saham TIF, anak usaha tersebut akan beroperasi secara netral dan independen, melayani baik pelanggan eksternal maupun internal TelkomGroup.

    Langkah ini sekaligus menegaskan komitmen Telkom dalam mendukung pemerataan konektivitas digital nasional.

    “Keberadaan TIF tidak hanya memperkuat posisi TelkomGroup sebagai penyedia infrastruktur digital utama di Indonesia, namun sekaligus memungkinkan kami menghadirkan layanan generasi terbaru yang lebih kompetitif serta memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan,” ujar Direktur Utama Telkom, Dian Siswarini, di Jakarta, Senin (20/10/2025). 

    Adaptif terhadap Tren Global 

    Dian menjelaskan, langkah pemisahan ini sejalan dengan transformasi besar di industri telekomunikasi dunia. Sejumlah operator global seperti Telstra (Australia), Telecom Italia (TIM), Telefonica, O2, dan CETIN (Republik Ceko), sukses mengadopsi model bisnis serupa untuk meningkatkan efisiensi dan valuasi perusahaan.

    “Langkah strategis yang sejalan dengan tren global ini diharapkan dapat memungkinkan TIF untuk menghadirkan struktur bisnis yang lebih fokus, transparan, dan kompetitif, yang pada gilirannya akan memperkuat daya saing bisnis di pasar global serta menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan,” tambah Dian. 

    TIF Luncurkan Identitas Baru: InfraNexia 

    Sebagai bagian dari transformasi tersebut, TIF kini hadir dengan identitas baru, “InfraNexia”, yang berarti koneksi infrastruktur Indonesia. Nama ini mencerminkan semangat perusahaan untuk menjadi tulang punggung konektivitas digital Tanah Air.

    “Pemisahan ini menjadi momentum bagi TIF untuk beroperasi secara lebih fokus dan efisien dalam mengelola infrastruktur jaringan. Kami berkomitmen untuk memperluas cakupan infrastruktur dan mendorong inovasi berkelanjutan sehingga dapat menghadirkan layanan wholesale connectivity yang andal, transparan, dan kompetitif,” ujar Direktur Utama PT Telkom Infrastruktur Indonesia, I Ketut Budi Utama.

    InfraNexia akan mengelola berbagai produk Wholesale Fiber Connectivity, seperti Metro-E, SL-WDM, Global Link, IP Transit, Passive Access, VULA, dan Bitstream. Tak hanya itu, layanan white label FTTX juga akan dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan wholesale di seluruh Indonesia.

    “Kami ingin memastikan bahwa kehadiran TIF mampu memberikan nilai tambah yang nyata, tidak hanya bagi pelanggan wholesale, tetapi juga bagi ekosistem digital nasional secara keseluruhan,” tutup Ketut. 

    Langkah Menuju Konektivitas Digital Merata 

    Pasca penandatanganan CSA, TelkomGroup akan segera memulai proses pemisahan sebagian bisnis dan aset Wholesale Fiber Connectivity secara transparan dan sesuai regulasi. Proses ini akan mengacu pada aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta melibatkan mitra profesional seperti BNI Sekuritas sebagai penasihat keuangan dan Ali Budiardjo, Nugroho, Reksodiputro (ABNR) sebagai penasihat hukum.

    Langkah strategis ini diharapkan menjadi fondasi penting bagi TelkomGroup untuk memperkuat bisnis digital nasional sekaligus menghadirkan konektivitas yang merata, inklusif, dan berdaya saing global.

  • Spanyol Jadi Negara Paling Sehat di Dunia, Ini 7 Kebiasaan Warganya

    Spanyol Jadi Negara Paling Sehat di Dunia, Ini 7 Kebiasaan Warganya

    Jakarta

    Menurut Indeks Kesehatan Global Bloomberg tahun 2024, Spanyol menjadi negara paling sehat nomor satu di dunia. Negeri Matador melampaui Italia, dengan rata-rata harapan hidup 86 tahun.

    Spanyol memang memiliki sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan akses ke layanan pencegahan, namun gaya hidup dan pola makan memiliki kontribusi yang setara dalam pencapaian tersebut.

    Lalu, apa ‘rahasia’ masyarakat Spanyol dalam menjaga kesehatan mereka? Berikut jawabannya, dikutip dari Times of India.

    1. Minyak Zaitun di Tiap Masakan

    Masakan Spanyol mengandalkan minyak zaitun extra virgin, salah satu bahan utama diet tradisional Mediterania. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol, senyawa yang terbukti melindungi kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

    Dalam sebuah penelitian, menemukan bahwa peserta yang menjalani diet Mediterania dengan suplemen minyak zaitun extra virgin mengalami penurunan signifikan dalam insidensi kejadian kardiovaskular mayor, penurunan angka mortalitas secara keseluruhan, serta perbaikan profil lipid dan faktor risiko kardiovaskular lainnya.

    2. Hidup Lebih ‘Lambat’

    Sebuah studi yang diterbitkan di ScienceDirect mencatat bahwa budaya yang lebih santai, seperti Spanyol, mengalami tingkat stres yang lebih rendah dan kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan karena memprioritaskan waktu bersosialisasi dan istirahat daripada produktivitas yang konstan.

    Ritme kehidupan orang Spanyol jauh lebih lambat. Waktu makan tidak terburu-buru, bersifat sosial, dan sering kali disantap bersama. Tradisi siesta (istirahat siang singkat) dan makan siang bersama yang panjang mendorong gaya hidup seimbang yang memungkinkan pemulihan dan mengurangi tingkat stres.

    3. Budaya Tapas

    Budaya tapas di Spanyol adalah gaya makan berupa hidangan porsi kecil dan dinikmati sambil bersosialisasi.

    Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, makan di lingkungan yang santai dan sosial mendorong konsumsi yang penuh kesadaran dan meningkatkan hasil metabolisme. Hal ini nantinya akan berdampak pada pencernaan yang baik.

    4. Spanyol Kaya Akan Vitamin D

    Iklim Spanyol menyediakan vitamin D yang melimpah, yang penting untuk kesehatan tulang, fungsi kekebalan tubuh, dan pengaturan suasana hati. Paparan sinar matahari setiap hari dan aktivitas luar ruangan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat di sana.

    5. Saling Terkoneksi

    Koneksi merupakan kebiasaan sehat di Spanyol. Dari pertemuan di lingkungan sekitar hingga pertemuan di kafe, ikatan sosial sangat erat, dan komunitas merupakan elemen penentu budaya Spanyol.

    Sebuah studi kohort besar di Spanyol yang disebut Proyek SUN menemukan bahwa partisipan dengan hubungan sosial yang kuat memiliki risiko depresi dan kematian dini yang jauh lebih rendah.

    6. Merawat Orang Tua

    Menurut The Lancet, isolasi sosial telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian. Sebaliknya, budaya hidup antargenerasi di Spanyol membuat lansia tetap terlibat secara emosional dan aktif secara mental.

    Salah satu studi terlama yang dilakukan oleh Harvard menemukan bahwa hubungan merupakan prediktor terbesar umur panjang.

    7. Ritual Paseo

    Paseo merupakan aktivitas jalan kaki santai di sore hari. Biasanya masyarakat di sana akan mengitari alun-alun atau daerah pesisir.

    erjalan kaki secara teratur dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Menurut WHO, bahkan berjalan kaki dengan kecepatan sedang pun dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kematian dini.

    Halaman 2 dari 3

    Simak Video “Video: Kemenkes Ungkap Masalah Kesehatan Tertinggi dari Hasil CKG”
    [Gambas:Video 20detik]
    (dpy/naf)

  • Link Live Streaming MotoGP Malaysia 2025

    Link Live Streaming MotoGP Malaysia 2025

    Jakarta

    Balapan inti atau race MotoGP Malaysia akan digelar sore ini, Minggu (25/10). Kalau detikers tak mau ketinggalan serunya perlombaan tersebut, berikut kami rangkum link live streaming MotoGP Malaysia 2025.

    Kini, menyaksikan balap motor tak harus melalui televisi atau TV konvensional. Kita bisa menontonnya melalui layanan daring yang tersedia di internet melalui perangkat ponsel maupun tablet. Itulah mengapa, tak heran jika banyak yang mencari link live streaming MotoGP Malaysia 2025.

    Musim lalu, MotoGP Malaysia dimenangkan pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia. Ketika itu, dia berhasil mengalahkan Jorge Martin dan Enea Bastianini yang sama-sama tampil mengesankan.

    Link live streaming MotoGP Malaysia 2025. Foto: AFP/ANDREAS SOLARO

    Musim ini, MotoGP Malaysia terasa agak spesial. Sebab, publik mengenang 10 tahun insiden Sepang Clash yang ‘melegenda’. Peristiwa tersebut menyeret dua tokoh utama di lintasan, yakni Marc Marquez dan Valentino Rossi.

    Pada balapan yang berlangsung panas tersebut, Valentino Rossi diduga mengayunkan kaki ke arah motor Marc Marquez. Gerakan tersebut membuat The Baby Alien terjatuh dan berujung pada pengurangan poin.

    Secara umum, MotoGP Malaysia 2025 memang selalu menarik disaksikan. Lantas, akankah ada kejutan atau drama lagi yang tersaji di Sirkuit Sepang, Malaysia? Biar tak ketinggalan, berikut kami rangkum link live streaming-nya!

    Link Live Streaming MotoGP Malaysia 2025

    MotoGP Malaysia 2025 disiarkan secara langsung melalui saluran Trans7. Namun, jika tak sempat menyaksikannya di televisi, kalian bisa menontonnya melalui layanan streaming.

    MotoGP Malaysia 2025 ditayangkan secara streaming melalui sejumlah platform online, mulai dari laman resmi MotoGP hingga Vidio.com. Kalian tinggal membuka salah satu laman berikut untuk menyaksikannya.

    Berikut Jadwal MotoGP Malaysia 2025

    Minggu, 26 Oktober 2025

    08:45 WIB: IATC – Race 209:40-09:50 WIB: MotoGP – Warm Up11:00 WIB: Moto3 – Grand Prix (15 lap)12:15 WIB: Moto2 – Grand Prix (17 lap)14:00 WIB: MotoGP – Grand Prix (20 lap).

    (sfn/rgr)

  • Kode Calon Mobil Nasional Sudah Tampil di GIIAS 2025, Ini Kisi-kisinya

    Kode Calon Mobil Nasional Sudah Tampil di GIIAS 2025, Ini Kisi-kisinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Proyek mobil nasional menjadi salah satu agenda penting pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan bahwa mobil nasional yang dimaksud sudah pernah ditampilkan ke publik dalam ajang otomotif terbesar di Indonesia, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.

    Meski tidak merinci nama mobilnya, namun sorotan mengarah pada konsep mobil listrik yang diperkenalkan oleh PT Teknologi Mobilitas Indonesia (TMI) di GIIAS 2025. Mobil ini menjadi salah satu bintang utama pameran, menarik perhatian pengunjung dan pelaku industri karena menampilkan desain dan teknologi yang dikembangkan langsung oleh talenta Indonesia.

    Mobil konsep bernama Concept Car i2C ini merupakan hasil kerja sama antara tim TMI dan rumah desain otomotif kenamaan asal Turin, Italia, Italdesign. Desainnya memadukan elemen identitas lokal Indonesia dengan gaya modern berstandar internasional.

    TMI menampilkan mobil tersebut dalam bentuk clay model berskala 1:1 di booth utama mereka, sekaligus debut perdana konsep kendaraan listrik itu di hadapan publik. Proyek ini merupakan simbol nyata dari upaya mewujudkan kemandirian bangsa di sektor otomotif.

    “Kolaborasi ini adalah langkah penting bagi kami untuk menunjukkan potensi kompetensi di bidang otomotif dan bagaimana visi Presiden Prabowo Subianto terhadap kemandirian bangsa dapat diterjemahkan dalam sebuah karya nyata,” tulis TMI, Minggu (26/10/2025).

    TMI menjelaskan bahwa mobil konsep ini lahir dari kerja sama erat antara desainer dalam negeri dan pakar otomotif berpengalaman dari luar negeri.

    Foto: I2C (Indigenous Indonesia Car) di bawah naungan Teknologi Militer Indonesia (TMI) di GIIAS 2025. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
    I2C (Indigenous Indonesia Car) di bawah naungan Teknologi Militer Indonesia (TMI) di GIIAS 2025. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

    “Team work yang kuat berada di balik lahirnya Concept Car dan ini adalah berdasarkan pengalaman industri selama puluhan tahun baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan ide-ide segar dan identitas lokal untuk menciptakan karya yang relevan secara global,” jelas TMI.

    Dari sisi desain, Concept Car i2C membawa nuansa kuat Indonesia. Burung Garuda sebagai simbol kekuatan dan kedaulatan tampil sebagai elemen ikonik dalam desain, sementara motif batik diolah secara modern untuk memperkuat karakter nasional. Siluet eksteriornya tegas dan dinamis, menggambarkan semangat petualangan, sementara interiornya didominasi garis bersih dengan sentuhan elegan, memberikan kenyamanan dan kesan premium bagi penumpang.

    Sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang memastikan kesiapan industri otomotif dalam menyambut proyek mobil nasional ini. Ia mengaku sudah bertemu langsung dengan pihak perusahaan yang akan menjadi pelaksana program tersebut.

    “Oh industri sudah siap, saya juga sudah berbicara kok dengan perusahaan. Mereknya sudah ada, dan perusahaannya juga saya sudah ketemu, tapi mungkin saya tidak bisa buka sekarang atau tidak bisa menampilkan sekarang ke publik, tapi semuanya sudah siap sebetulnya,” ungkapnya.

    Ia juga memastikan bahwa mobil nasional yang dimaksud bukanlah konsep baru. Menurutnya, mobil tersebut sudah sempat dipamerkan kepada publik di ajang otomotif terbesar di Indonesia, GIIAS 2025.

    “Saya udah liat, waktu itu sudah ditampilkan di GIIAS, GIIAS yang terakhir kemarin. Itu sudah ditampilkan jadi calon mobnas. Itu yang kemarin disampaikan oleh Bapak Presiden dalam rapat paripurna kabinet sebetulnya sudah ditampilkan ke publik di dalam GIIAS kemarin,” jelasnya.

    (fys/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Skandal Gereja Italia, 4.400 Orang Jadi Korban Pelecehan Pastor

    Skandal Gereja Italia, 4.400 Orang Jadi Korban Pelecehan Pastor

    GELORA.CO – Hampir 4.400 orang di Italia dilaporkan menjadi korban pelecehan oleh pastor Katolik sejak tahun 2020, menurut data yang dirilis oleh sekelompok korban pada Jumat (24/10/2025). Temuan tersebut menambah tekanan bagi para uskup untuk menghadapi maraknya kasus pelecehan seksual yang telah membayangi gereja Katolik sebagai salah satu institusi keagamaan terbesar di dunia.

    Melansir Reuters, perkiraan jumlah korban tersebut berasal dari penghitungan tidak resmi Rete l’Abuso, sebuah kelompok korban pelecehan gereja terbesar di Italia. Pendiri organisasi tersebut, Francesco Zanardi, menjelaskan bahwa angka itu disusun berdasarkan laporan para korban, sumber peradilan, serta pemberitaan media.

    Rete l’Abuso tidak mengatakan berapa lama kasus-kasus pelecehan yang dituduhkan itu terjadi. Konferensi Uskup Italia (CEI), yang dikritik oleh komisi perlindungan anak Vatikan minggu lalu, tidak memberikan komentar mengenai temuan tersebut, kata seorang juru bicara.

    Selama beberapa dekade, gereja Katolik di seluruh dunia diguncang oleh skandal pelecehan seksual yang melibatkan pastor pedofilia serta upaya sistematis untuk menutupinya. Namun di Italia, para pemimpin gereja lokal dinilai masih kurang transparan dalam menghadapi persoalan tersebut.

    Paus Leo yang baru saja menjabat sejak tahun 2025, mengambil langkah awal dengan bertemu para penyintas pelecehan seksual oleh imam untuk pertama kalinya minggu ini.

    Ia menyerukan kepada para uskup agar tidak lagi menyembunyikan tuduhan pelanggaran. Sebelumnya, mendiang Paus Fransiskus juga menjadikan penanganan kasus pelecehan seksual sebagai salah satu prioritas utama selama 12 tahun masa kepemimpinannya, meski hasilnya dinilai masih beragam.

    Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada 16 Oktober, komisi perlindungan anak Vatikan mengatakan hanya 81 dari 226 keuskupan di Italia yang menanggapi kuesioner tentang praktik perlindungan yang telah disusunnya.

    Rete l’Abuso mengatakan telah mendokumentasikan 1.250 kasus dugaan pelecehan – beberapa di antaranya melibatkan banyak korban termasuk 1.106 kasus yang diduga dilakukan oleh pendeta, sedangkan sisanya diduga dilakukan oleh biarawati, guru agama, relawan awam, pendidik, dan anggota pramuka.

    Laporan tersebut menyebutkan 4.451 korban selamat berusia di bawah 18 tahun, dan jumlah yang hampir sama besarnya 4.108 adalah laki-laki, kata Rete l’Abuso, seraya menambahkan bahwa lima biarawati, 156 orang dewasa rentan, dan 11 penyandang disabilitas juga termasuk di antara para korban.

    Menurut asosiasi tersebut, dari 1.106 pastor yang diduga predator, hanya 76 yang diadili di gereja, dengan 17 orang diskors sementara, tujuh orang dipindahkan ke paroki lain, dan 18 orang dicopot atau mengundurkan diri dari jabatan pastor. Lima orang meninggal karena bunuh diri, tambahnya.

  • Fokus Tingkatkan Pendapatan, Telkom Perkuat Bisnis Infrastruktur Lewat TIF – Page 3

    Fokus Tingkatkan Pendapatan, Telkom Perkuat Bisnis Infrastruktur Lewat TIF – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Sebagai bagian dari transformasi bisnis, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF) menandatangani Kesepakatan Pemisahan Bersyarat atau Conditional Spin-off Agreement (CSA). Kesepakatan yang berlangsung di Jakarta, Senin (20/10/2025), ini menandai langkah strategis pemisahan sebagian bisnis dan aset Wholesale Fiber Connectivity dari Telkom kepada TIF.

    Langkah strategis ini merupakan bagian dari aksi korporasi menuju strategic holding yang berfokus pada penguatan fondasi bisnis infrastruktur digital. Melalui upaya ini, Telkom berupaya menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dengan mengoptimalkan aset, menekan biaya operasional dan investasi, serta membuka peluang monetisasi dan kemitraan strategis. Inisiatif tersebut juga mempertegas komitmen Telkom dalam mempercepat pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia.

    Setelah aksi korporasi, TIF akan memiliki lebih dari 50% dari total aset infrastruktur jaringan fiber Telkom yang meliputi segmen access, aggregation, backbone, serta infrastruktur pendukung lainnya, dengan nilai transaksi bisnis dan aset mencapai Rp.35,8 triliun.

    Meskipun Telkom memiliki lebih dari 99,9% saham TIF, TIF berkomitmen akan beroperasi secara netral dalam menyediakan layanan wholesale fiber connectivity kepada pelanggan eksternal maupun internal TelkomGroup untuk memastikan tersedianya konektivitas berkualitas tinggi dengan jangkauan luas yang selaras dengan arah strategis perusahaan. Langkah ini dipandang Telkom sejalan dengan dinamika industri telekomunikasi global.

    Direktur Utama Telkom Dian Siswarini, menjelaskan bahwa pemisahan ini menjadi upaya strategis Telkom dalam merespon pesatnya transformasi digital dan tingginya kebutuhan konektivitas berkapasitas tinggi.

    “Keberadaan TIF tidak hanya memperkuat posisi TelkomGroup sebagai penyedia infrastruktur digital utama di Indonesia, namun sekaligus memungkinkan kami menghadirkan layanan generasi terbaru yang lebih kompetitif serta memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan,” jelas Dian.

    Pendekatan yang diadopsi Telkom sejalan dengan praktik terbaik global. Sejumlah operator Telekomunikasi besar dunia seperti Telstra (Australia), Telecom Italia (TIM), Telefonica, O2, dan CETIN (Republik Ceko) terbukti sukses meningkatkan efisiensi, valuasi, serta potensi kemitraan strategis melalui pembentukan entitas pengelola bisnis infrastruktur jaringan secara terpisah.

    “Langkah strategis yang sejalan dengan tren global ini diharapkan dapat memungkinkan TIF untuk menghadirkan struktur bisnis yang lebih fokus, transparan, dan kompetitif, yang pada gilirannya akan memperkuat daya saing bisnis di pasar global serta menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan,” tambah Dian.

  • Pengganti Starlink Siap Meluncur, Selamat Tinggal Elon Musk!

    Pengganti Starlink Siap Meluncur, Selamat Tinggal Elon Musk!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Eropa sepakat membuat perusahaan layanan satelit sendiri. Keputusan itu jadi jawaban untuk melawan dominasi raksasa penyedia satelit Starlink milik perusahaan Elon Musk, SpaceX.

    Tiga perusahaan Airbus, Thales, dan Leonardo akan membuat usaha patungan dengan nama sandi Proyek Bromo berpusat di Toulouse, Perancis. Rencananya perusahaan baru akan mulai beroperasi pada 2027 mendatang, dikutip dari Reuters, Sabtu (25/10/2025).

    Pembicaraan tiga perusahaan soal Proyek Bromo sudah dimulai sejak tahun lalu. Kesepakatan akan menggabungkan aktivitas Thales Alenia Space dan Telespazio milik Leonardo dan Thales, serta bisnis antariksa dan digital dari Airbus.

    Reuters melaporkan Airbus jadi pemegang saham terbesar sebanyak 35%. Sementara Thales dan Leonardo memiliki masing-masing 32%.

    Sumber menyebutkan akan ada pembayaran berimbang untuk nilai aset yang disumbangkan. Airbus nantinya akan mendapatkan kompensasi dari seberapa baik aktivitas berjalan setelah 2027.

    Terkait kesepakatan awal ini, Menteri Keuangan Prancis Roland Lescure mengatakan bakal memperkuat kedaulatan Eropa untuk persaingan global.

    Hal serupa juga diungkapkan Menteri Perindustrian Italia Adolfo Urso. Dia menyebut pihaknya mendukung pertumbuhan Eropa menjadi juara untuk bersaing secara global.

    Sementara itu CFO Thales Pascal Bouchiat memuji usaha baru namun tetap mewaspadai soal persaingan di masa depan. Dia juga menjelaskan soal penjualan triwulanan termasuk kontrak jaringan satelit aman yang direncanakan Eropa, IRIS².

    “Kontrak pengembangan pertama IRIS² tidak menghilangkan tantangan yang dihadapi industri Eropa,” ungkapnya kepada wartawan.

    Usaha baru akan memperkerjakan 25 ribu orang. Pendapatannya diperkirakan bisa mencapai 6,5 miliar euro atau Rp 125,3 triliun.

    Pembuat satelit di benua Eropa telah lama bersaing untuk menempatkan pesawat di orbit geostasioner. Namun kemudian mereka terdampak dengan kehadiran perusahaan seperti SpaceX yang memiliki satelit Starlink untuk di orbit rendah Bumi.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Performa Bagnaia Melempem, Valentino Rossi Bilang Begini

    Performa Bagnaia Melempem, Valentino Rossi Bilang Begini

    Jakarta

    Valentino Rossi angkat bicara soal performa muridnya Francesco Bagnaia yang belakangan melempem. Ini fakta yang diungkap Rossi.

    Francesco Bagnaia hanya meraih dua kemenangan dari total 19 seri pada balapan utama musim ini. Persaingan antara Bagnaia dan Marc Marquez yang diramal bakal sengit juga justru tak terjadi. Bagnaia seolah tak memberikan ancaman serius bagi Marquez dalam perebutan titel juara dunia musim ini. Alhasil Marquez dengan mulus meraih titel juara dunianya yang kesembilan.

    Sejak liburan musim panas, performa Pecco memang terus menurun. Sebenarnya harapan itu sempat ada kala rider dengan nomor motor 63 itu memenangi balapan utama dan Sprint Race MotoGP Jepang. Hal ini diyakini lantaran Ducati menggunakan beberapa komponen 2024 yang sudah dijajal di sesi tes Misano sebelum balapan di Motegi. Tapi dalam dua seri terakhir, setelah Jepang, Bagnaia malah terus merosot.

    Valentino Rossi ikut mengomentari situasi yang dialami Pecco saat ini. Menurutnya, menjadi rekan setim Marquez turut mempengaruhi menurunnya performa anak muridnya itu.

    “Pecco adalah juara dunia tiga kali, termasuk satu kali di Moto2 dengan tim kami. Dia sangat cepat tapi sayangnya tahun ini dia kesulitan. Dalam tiga tahun belakangan, dia selalu berusaha untuk merebut gelar juara dunia,” ujar Rossi dalam wawancara dengan Sky News Italia belum lama ini.

    “Dia menang dua gelar, tapi tahun lalu dia kalah di seri terakhir. Dia membuktikan kemampuannya. Tahun ini, dengan berbagai alasan, dia sangat tidak nyaman dengan Ducati baru,” sambungnya lagi.

    “Dia mulai mengalami kesulitan sedikit saat bersaing dengan rekan setim yang cepat seperti Marquez,” tutur Rossi.

    Menurutnya, saat ini dia juga ikut memberi dukungan penuh untuk Pecco sembari mencari jalan keluar dari situasi ini. Tapi Rossi yakin Bagnaia bakal segera bisa kembali ke performa terbaiknya.

    “Kami juga belum memahami apa yang terjadi, tapi kami yakin Pecco akan kembali ke barisan depan dan berjuang untuk meraih kemenangan lagi,” tegas Rossi.

    (dry/rgr)

  • Marc Marquez Resmi Absen di Sisa Musim MotoGP 2025

    Marc Marquez Resmi Absen di Sisa Musim MotoGP 2025

    Jakarta

    Ducati mengonfirmasi bahwa Marc Marquez tidak akan tampil lagi di sisa musim MotoGP 2025. Marquez masih menjalani pemulihan akibat cedera bahu yang dideritanya di MotoGP Indonesia.

    Pebalap berusia 32 tahun itu terlibat kecelakaan di lap pertama Sirkuit Mandalika setelah bertabrakan dengan pebalap Aprilia Marco Bezzecchi. Karena insiden itu, Marquez mengalami patah tulang dan kerusakan ligamen pada bahu kanan.

    Awalnya, dokter di Madrid memastikan cedera tersebut tidak memerlukan tindakan operasi. Namun, seminggu kemudian, kondisi sang juara dunia tujuh kali itu memburuk, hingga akhirnya harus menjalani prosedur bedah.

    Cedera tersebut membuat Marquez absen di GP Australia dan Malaysia, serta hampir pasti tak turun di GP Portugal. Ducati akhirnya memastikan bahwa Marquez akan absen hingga akhir musim 2025. Artinya, Marquez juga absen di seri pamungkas MotoGP 2025 di Sirkuit Valencia, Spanyol.

    Marquez harus menjalani masa pemulihan ketat, dengan empat minggu pertama lengannya sama sekali tidak boleh digerakkan sebelum memulai rehabilitasi.

    “Setelah menganalisis keseluruhan, kami yakin bahwa tindakan yang paling tepat, cerdas, dan konsisten adalah menghormati waktu biologis cedera, meski itu berarti saya tidak akan bisa lagi balapan musim ini atau menghadiri sesi tes,” kata Marquez.

    “Kami tahu bahwa musim dingin yang sulit menanti kami dengan banyak pekerjaan untuk memulihkan otot saya hingga 100% dan siap untuk tahun 2026,” tambah Marquez.

    Meski Marquez sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2025, dan Ducati juga mengunci gelar juara tim dan konstruktor, ketidakhadiran Marquez menjadi kerugian besar bagi pabrikan Italia yang tengah menyiapkan motor baru untuk musim depan.

    Ducati sendiri akan menurunkan Michele Pirro sebagai pengganti Marquez di GP Malaysia. Namun, mereka belum memutuskan siapa yang akan turun di Portugal dan Valencia. Pebalap WSBK Nicolo Bulega disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti Marquez di dua seri terakhir MotoGP 2025.

    (lua/din)

  • Dedi Mulyadi Bingung Air Aqua dari Sumur Bor, di Negara Lain Begini

    Dedi Mulyadi Bingung Air Aqua dari Sumur Bor, di Negara Lain Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Proses produksi di pabrik produsen air merek Aqua di Subang membuat Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi kaget. Pasalnya, air yang digunakan untuk produksi diambil dari sumur bor, bukan dari mata air di permukaan Bumi.

    Kebingungan Dedi juga dialami oleh banyak warga RI di netizen. Mereka terbiasa mendengar bahwa air mineral Aqua berasal dari “mata air pegunungan.”

    Faktanya, industri air minum dalam kemasan (AMDK) memang mengambil air dari bawah tanah sebagai bahan baku air mineral. 

    Badan PBB yang fokus dalam riset soal air tanah, IGRAC, menyatakan 70 persen hingga 85 persen dari AMDK yang diproduksi di Jerman, Kanada, Indonesia, dan Italia berasal dari air bawah tanah. Namun, badan yang sama menyatakan penggunaan air untuk air botolan masih jauh lebih sedikit dibanding air yang digunakan untuk irigasi.

    Sistem produksi air botolan di RI diatur dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) dan regulasi Menteri Perindustrian. Aturan terbaru yang berisi tentang kategori AMDK atau air botol di Indonesia adalah Peraturan Menteri Perindustrian no. 26/2019.

    Berikut adalah definisi kategori AMDK di RI:

    1. Air Mineral adalah air minum dalam kemasan yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral dengan atau tanpa penambahan oksigen (02) atau karbondioksida (CO2).

    2. Air Demineral adalah air minum dalam kemasan yang diperoleh melalui proses pemurnian secara destilasi, deionisasi, reverse osmosis dan/atau proses setara lainnya, dengan atau tanpa penambahan oksigen (O2) atau karbondioksida (CO2).

    3. Air Mineral Alami adalah air minum yang diperoleh langsung dari air sumber alami atau dibor dari sumur dalam, dengan proses terkendali yang menghindari pencemaran atau pengaruh luar atas sifat kimia, fisika, dan mikrobiologi air mineral alami.

    4. Air Minum Embun adalah air minum yang diperoleh dari proses pengembunan uap air dari udara lembab menjadi tetesan air embun yang diolah lebih lanjut menjadi air minum embun yang dikemas.

    Berdasarkan pencarian di website BSN, kebanyakan AMDK yang dijual di pasaran adalah “Air Mineral” dengan kode SNI 3553:2015. Ada 609 produsen yang memiliki SNI jenis yang menjual produk Air Mineral dengan berbagai macam merek termasuk Aqua, Le Minerale, Ades, Pure Life, dan Oasis.

    Pencarian produk Air Mineral Alami dengan kode SNI di website yang sama hanya mencantumkan produk dari dua perusahaan yaitu PT Gelmax Indonesia Sentosa dan PT Bali Agung Waters.

    Di Amerika Serikat, pengelompokan soal AMDK atau air botol berdasarkan sumbernya lebih detail. Hal ini terkait dengan label yang digunakan oleh produsen, terutama nama “spring water” atau air dari mata air pegunungan.

    Badan Pangan dan Obat-obatan AS (FDA) juga mewajibkan penggunaan label tambahan “purified water” atau air yang dimurnikan untuk produk air botol yang berasal dari olahan air ledeng, termasuk AMDK yang diproduksi lewat distilasi atau reverse osmosis. 

    Ternyata, semua jenis AMDK atau air botol dalam kategori FDA juga berasal dari sumur. Berikut adalah kategorinya:

    1. Air dari sumur artesis

    Air dalam kategori ini berasal dari sumur yang bersumber dari aquifer yang kedap. Aquifer adalah lapisan tanah yang terdiri dari bebatuan, pasir, dan tanah yang mengandung air.

    Sumur artesis berarti tekanan di dalam ruang sumber air cukup kuat karena “dikurung” oleh bebatuan yang kedap, sehingga air mengalir sendiri ke atas, terkadang hingga ke permukaan.

    2. Air mineral

    Air mineral berasal dari sumber di bawah tanah yang mengandung paling tidak 250 ppm larutan zat padat. Mineral harus berasal dari sumber, tidak boleh ditambahkan.

    3. Air dari mata air (spring water)

    Kategori ini berarti sumber adalah air yang mengalir sendiri ke permukaan. Air bisa diambil dari mata air di permukaan atau melalui lubang ke sumber mata air yang ada di bawah tanah.

    Jika air didorong keluar (misalnya dengan pompa), komposisi air tersebut harus sama dengan komposisi air yang keluar secara alami ke permukaan.

    4. Air sumur

    Air diambil menggunakan sumur atau lubang. Berbeda dengan sumur artesis, air dalam kategori ini tidak mengalir sendiri ke atas atau bisa dipompa ke permukaan.

    FDA menggolongkan air botolan jenis lain seperti sparkling water dan tonic water sebagai “minuman ringan” atau soft drink. 

    Kehebohan soal sumber air Aqua berawal dari video kunjungan Dedi Mulyadi alias KDM ke pabrik di Subang. Di akun Youtube @KANGDEDIMULYADICHANNEL, Dedi bertanya kepada salah satu pekerja tentang asal bahan baku air mineral dalam kemasan.

    “Ngambil airnya dari sungai?” kata Dedi. “Airnya dari bawah tanah pak,” kata pekerja tersebut.

    Dedi kemudian tampak terkejut dan bertanya lagi apakah air yang diproduksi itu dari bawah tanah, bukan air permukaan.

    Lalu, ia ingin tahu asal air tanah yang digunakan untuk produksi air mineral. Pekerja perusahaan menjelaskan bahwa air diambil dari dalam tanah lewat sumur bor.

    “Dikira oleh saya dari air permukaan. Dari air sungai atau mata air. Berarti kategorinya sumur pompa dalam?” kata Dedi.

    [Gambas:Youtube]

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]