Negara: Inggris

  • Panas! AS Hancurkan 9 Drone Tempur Houthi dalam Sehari

    Panas! AS Hancurkan 9 Drone Tempur Houthi dalam Sehari

    Washington DC

    Militer Amerika Serikat (AS) mengumumkan pasukannya telah menghancurkan sedikitnya sembilan drone tempur milik kelompok Houthi dalam 24 jam terakhir. Serangan militer Washington itu dimaksudkan untuk membalas rentetan serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan sekitarnya.

    Seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (19/6/2024), Komando Pusat AS atau CENTCOM dalam pernyataannya menyebut delapan drone di antaranya ditembak jatuh di wilayah Yaman, sedangkan satu drone lainnya dihancurkan di atas perairan Teluk Aden.

    CENTCOM juga menyatakan bahwa tidak ada korban luka atau kerusakan pada kapal-kapal AS, kapal koalisi atau kapal niaga dalam insiden tersebut.

    Sehari sebelumnya, seperti dilansir Reuters, militer AS melaporkan bahwa pasukannya telah menghancurkan empat radar Houthi, kemudian satu kapal permukaan yang tidak berawak dan satu drone yang juga milik Houthi.

    Menurut CENTCOM dalam pernyataan via media sosial X, radar dan kapal permukaan tidak berawak milik Houthi itu dihancurkan di wilayah Yaman yang dikuasai kelompok yang didukung Iran tersebut.

    Sementara drone tempur Houthi ditembak jatuh saat mengudara di atas Laut Merah.

    Kelompok Houthi, yang menguasai ibu kota dan area-area padat penduduk di Yaman, telah menyerang kapal-kapal di jalur pelayaran internasional di Laut Merah dan sekitarnya sejak November tahun lalu, atau setelah perang berkecamuk antara Hamas — sekutunya — dan Israel di Jalur Gaza.

    Kelompok itu menjelaskan bahwa serangan-serangannya merupakan bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza yang terus digempur Israel.

    Saksikan juga ‘Saat Houthi Klaim Serang Kapal Tutor di Laut Merah’:

    Sedikitnya satu kapal tenggelam dan beberapa kapal lainnya disita, serta tiga orang tewas, dalam rentetan serangan Houthi sejak tahun lalu.

    Meskipun mendapat serangan balasan dari koalisi militer AS-Inggris dan beberapa negara lainnya, Houthi justru semakin meningkatkan serangan mereka terhadap kapal-kapal komersial di salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia tersebut.

    Serangan Houthi memaksa para pemilik kapal mengubah rute pelayaran dengan menempuh jalur menjauhi jalan pintas penting Terusan Suez, yang membuat biaya semakin mahal dan memicu penundaan yang berdampak pada industri pelayaran penting yang dilewati 80 persen perdagangan internasional.

    Pada Senin (17/6) waktu setempat, Houthi melaporkan bahwa militer AS dan Inggris melancarkan enam serangan udara terhadap Bandara Internasional Hodeidah di Yaman dan empat serangan udara terhadap Pulau Kamaran di dekat pelabuhan Salif di lepas pantai Laut Merah.

    Serangan terhadap Kamaran itu menandai pertama kalinya pasukan koalisi pimpinan AS menargetkan pulau tersebut sejak serangan pembalasan terhadap Houthi dimulai pada awal Februari lalu.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • AS Hancurkan Kapal Patroli-Drone Houthi di Laut Merah

    AS Hancurkan Kapal Patroli-Drone Houthi di Laut Merah

    Washington DC

    Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan pihaknya telah menghancurkan kapal patroli dan drone tempur milik kelompok Houthi yang mengudara di atas Laut Merah. Ini menjadi upaya terbaru untuk melemahkan kemampuan kelompok yang didukung Iran itu dalam menyerang kapal-kapal di jalur pelayaran internasional.

    Seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Jumat (14/6/2024), Komando Pusat AS (CENTCOM) dalam pernyataannya menyebut pasukannya telah menghancurkan dua kapal patroli Houthi, kemudian satu kapal permukaan yang tidak berawak dan satu drone milik Houthi yang mengudara di atas Laut Merah.

    Militer AS juga mengatakan bahwa pasukannya telah menghancurkan sebuah sensor pertahanan udara di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

    Rentetan serangan AS terhadap target-target Houthi itu merupakan bagian dari operasi militer bersama sekutunya, Inggris, untuk melemahkan kemampuan kelompok itu dalam melancarkan serangan terhadap kapal-kapal di jalur pelayaran internasional di Laut Merah dan sekitarnya.

    Juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, dalam pidato terbaru pada Kamis (13/6) pagi mengklaim pasukannya telah menargetkan kapal kargo bernama Verbena di Laut Arab, serta kapal Seaguardian dan Athina di Laut Merah.

    Laporan terpisah CENTCOM menyebut serangan Houthi terhadap kapal Verbena yang berbendera Palau itu memicu kebakaran dan membuat satu awak kapal terluka parah.

    CENTCOM melaporkan bahwa Houthi meluncurkan dua rudal balistik antikapal dari wilayah Yaman ke arah Laut Merah yang menghantam kapal kargo tersebut.

    Disebutkan CENTCOM bahwa tidak ada laporan kerusakan atau korban luka lainnya akibat serangan tersebut.

    Lihat Video: Houthi Klaim Serang Kapal Tutor di Laut Merah

    Serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan sekitarnya semakin meningkat sejak November tahun lalu, setelah perang berkecamuk antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza pada Oktober tahun lalu.

    Houthi telah menjelaskan bahwa serangan-serangannya merupakan bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza yang terus digempur Israel. Hampir semuanya dari total 2,3 juta penduduk daerah kantong Palestina itu terpaksa mengungsi dan terjadi kelaparan serta kehancuran yang meluas.

    CENTCOM, dalam pernyataannya, menegaskan “akan terus bertindak dengan mitra-mitranya untuk meminta pertanggungjawaban Houthi dan menurunkan kemampuan militer mereka”.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Zelensky Ungkap Presiden China Janji Tak Akan Jual Senjata ke Rusia

    Zelensky Ungkap Presiden China Janji Tak Akan Jual Senjata ke Rusia

    Roma

    Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan dirinya telah mendapat penegasan dari Presiden China Xi Jinping bahwa Beijing tidak akan menjual senjata ke Rusia, yang berperang dengan Kyiv selama dua tahun terakhir.

    Seperti dilansir Reuters, Jumat (14/6/2024), Zelensky menyebut penegasan itu didapatnya saat dirinya berbicara via telepon dengan Xi beberapa waktu terakhir. Dia tidak menyebut lebih lanjut soal kapan tepatnya percakapan telepon dengan Presiden China itu terjadi.

    Dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di sela-sela KTT G7 di Italia, pada Kamis (13/6) waktu setempat, Zelensky mengungkapkan penegasan yang diberikan Xi itu ke publik.

    “Saya telah melakukan percakapan tegas dengan pemimpin China. Dia mengatakan bahwa dia tidak akan menjual senjata apa pun ke Rusia,” tutur Zelensky dalam bahasa Inggris.

    “Kita lihat saja apakah dia orang terhormat atau bukan, karena dia telah memberikan janjinya kepada saya,” imbuhnya.

    Biden menimpali ketika Zelensky selesai berbicara dalam konferensi pers tersebut.

    “Omong-omong, China tidak memasok senjata, tapi (memasok) kemampuan untuk memproduksi senjata-senjata tersebut dan teknologi yang tersedia untuk melakukannya, jadi China pada faktanya membantu Rusia,” ujar Biden dalam konferensi pers yang sama.

    Zelensky kemudian mengatakan bahwa jika Kyiv dan Beijing memiliki pandangan yang sama mengenai perdamaian, maka akan ada dialog di antara keduanya, dan jika China memiliki pandangan alternatif, mereka bisa mempersiapkan “formula perdamaian” alternatif.

    Pemimpin Ukraina ini telah mempromosikan visinya untuk perdamaian di negaranya, yang disebutnya sebagai “formula perdamaian”.

    Swiss dijadwalkan menjadi tuan rumah bagi delegasi-delegasi internasional dari puluhan negara dan organisasi pada akhir pekan ini dalam pertemuan puncak yang bertujuan membawa perdamaian di Ukraina.

    Percakapan telepon antara Zelensky dan Xi yang terakhir kali diketahui publik adalah pada April 2024 lalu, dan itu menjadi satu-satunya percakapan telepon di antara kedua pemimpin sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Kapal Kargo Terbakar karena Rudal Houthi, 1 Orang Luka Parah

    Kapal Kargo Terbakar karena Rudal Houthi, 1 Orang Luka Parah

    Sanaa

    Sebuah kapal kargo terbakar setelah dihantam serangan rudal Houthi di perairan Teluk Aden, lepas pantai Yaman. Seorang pelaut sipil yang ada di kapal kargo itu dilaporkan mengalami luka parah akibat serangan tersebut.

    Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Jumat (14/6/2024), laporan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) yang dikelola Angkatan Laut Inggris, yang memantau insiden keamanan maritim, menyebut kapal kargo itu dihantam “dua proyektil tak dikenal, yang mengakibatkan kebakaran di kapal”.

    Secara terpisah, perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, pada Kamis (13/6) waktu setempat melaporkan bahwa sebuah kapal kargo terkena serangan rudal di perairan Teluk Aden, bagian selatan Yaman yang menjadi markas kelompok Houthi.

    “Pelayaran niaga disarankan untuk menjauhi kapal yang terdampak dan menghentikan pergerakan kru geladak,” demikian pernyataan Ambrey, sembari menambahkan bahwa kapal kargo itu “selaras dengan profil target Houthi”.

    Kelompok Houthi, yang didukung Iran dan bermarkas di Yaman, telah melancarkan rentetan serangan drone dan rudal terhadap kapal-kapal yang berlayar di jalur pelayaran internasional di Laut Merah dan Teluk Aden sejak November tahun lalu.

    Houthi berulang kali menjelaskan bahwa serangan-serangan mereka merupakan bentuk solidaritas untuk warga Palestina di Jalur Gaza yang terus digempur Israel, sejak perang melawan Hamas berkecamuk pada Oktober tahun lalu.

    Komandan Pusat pada militer Amerika Serikat (AS) atau CENTCOM mengecam Houthi atas serangan yang menghantam kapal kargo di Teluk Aden tersebut. CENTCOM melaporkan bahwa setidaknya satu pelaut sipil mengalami luka-luka akibat serangan tersebut.

    Houthi disebut menembakkan dua rudal jelajah anti-kapal (ASCM) ke Teluk Aden, yang menghantam kapal bernama M/V Verbena yang merupakan jenis bulk cargo carrier. Kapal kargo itu diketahui berbendera Palau, dimiliki oleh Ukraina dan dioperasikan oleh Polandia.

    “Houthi mengaku bertindak atas nama warga Palestina di Gaza, namun mereka menargetkan dan mengancam nyawa warga negara ketiga yang tidak ada hubungannya dengan konflik di Gaza,” sebut CENTCOM dalam pernyataannya.

    Laporan CENTCOM juga menyebut serangan Houthi itu memicu kebakaran pada kapal kargo tersebut, yang hingga saat ini masih berkobar.

    Seorang pelaut sipil, sebut laporan CENTCOM, mengalami luka parah akibat serangan tersebut.

    Salah satu pesawat militer AS yang dikerahkan dari USS Philippine Sea melakukan evakuasi medis terhadap pelaut yang luka-luka itu ke kapal pasukan mitra untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

    Dalam pernyataannya, CENTCOM menyebut kapal kargo M/V Verbena itu baru-baru ini berlabuh di Malaysia dan sedang dalam perjalanan ke Italia membawa muatan material konstruksi kayu.

    CENTCOM menyebut “perilaku sembrono secara terus-menerus” oleh Houthi mengancam stabilitas regional, dan mempersulit pengiriman bantuan kemanusiaan ke Yaman dan Jalur Gaza.

    Militer AS bersumpah untuk terus menargetkan Houthi dalam serangan balasan yang bertujuan melemahkan kemampuan militer kelompok tersebut.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Kisah Jemaah Palestina Kena Tipu Travel Haji Palsu: Gagal Ibadah, Uang Lenyap

    Kisah Jemaah Palestina Kena Tipu Travel Haji Palsu: Gagal Ibadah, Uang Lenyap

    Jakarta

    Suleiman al-Shaer duduk di kantor Komite Nasional untuk Haji dan Umrah di Arab Saudi. Pemuda Palestina pemegang paspor Mesir ini merasa kecewa dan syok karena telah ditipu oleh biro perjalanan haji yang mengirimnya izin ibadah haji palsu.

    Seminggu sebelumnya, Suleiman datang ke Mekah dari Mesir dengan mengantongi visa turis.

    Saat mendarat di Mekah, ia menghubungi perusahaan yang menjual paket perjalanan haji di media sosial dengan harga yang menurut Suleiman cukup “menggiurkan”.

    Ia berharap bisa mendapatkan izin untuk menunaikan ibadah haji.

    Namun, Suleiman tertipu oleh iklan “menyesatkan” yang diunggah oleh perusahaan yang mengklaim berbasis di Uni Emirat Arab (UEA).

    “Saya membayar mereka [perusahaan] 6.000 dirham (setara Rp26,6 juta) untuk mendapatkan izin menyelenggarakan ibadah haji.

    “Mereka mengirimkan saya izin dan kode untuk haji. Tapi saya kemudian menyadari saya ditipu karena semua dokumen itu ternyata palsu.”

    Ia mengaku tidak bisa mendapatkan kembali biaya haji yang telanjur ia transfer karena perwakilan perusahaan tidak bisa dihubungi.

    “Saya merasa kaget sekaligus kecewa. Saya kehilangan uang dan kesempatan menjalankan haji,” kata Suleiman.

    Getty ImagesPara peziarah berkumpul untuk menunaikan haji 2024, termasuk di Masjid al-Haram.

    Tidak bisa masuk Tanah Suci

    Saad al-Qurashi merupakan penasihat Komite Nasional untuk Haji dan Umrah, lembaga yang mengawasi perusahaan pariwisata Arab Saudi dan memeriksa apakah izin haji yang diterbitkan resmi atau tidak.

    Ia mengatakan kepada BBC bahwa orang-orang seperti Suleiman baru menyadari izin haji yang mereka pegang palsu setelah sampai di kantor pusat Komite Haji Arab Saudi.

    Baca juga:

    Kekagetan itu timbul saat mereka menjalani prosedur guna mendapatkan gelang haji, yang biasa dipakai jemaah sebagai tanda bukti mereka berada di sana secara resmi.

    “Ketika [calon jemaah haji] datang ke kami dengan membawa izin haji dan kode, kami menemukan bahwa dokumen dan kartu identitas mereka berasal dari perusahaan palsu.

    “Dengan begitu, jemaah tersebut tidak diperbolehkan mengikuti ibadah haji. Bahkan, mereka sudah kehilangan uang dalam jumlah besar karena ditransfer ke perusahaan [penerbit izin].”

    Al-Qurashi, anggota komite dari Dewan Kamar Dagang Saudi, menyatakan kelompok-kelompok penipu cukup aktif di Mesir, Suriah, dan Irak selama musim haji.

    Ia sendiri menemukan paling tidak tiga kasus penipuan dalam satu minggu.

    Getty ImagesPara peziarah pemegang izin haji berkumpul di halaman Masjid al-Haram untuk berdoa.

    Hati-hati terhadap penawaran paket haji mendadak

    Al-Qurashi memperingati calon jemaah haji agar berhati-hati terhadap perusahaan yang menawarkan “paket [haji] mendadak” dengan harga murah dan promosi besar-besaran di media sosial.

    Suleiman al-Shaer, yang berbicara kepada BBC melalui sambungan telepon, mengatakan ia menyesal mengirim uang kepada sebuah perusahaan tanpa memverifikasi keabsahaannya.

    Ia menyarankan agar calon jemaah haji tidak langsung mentransfer dana kepada individu atau perwakilan dari perusahaan asing, yang berpotensi menerbitkan izin haji tidak resmi.

    Ulasan palsu dan iklan menyesatkan

    Suleiman bukanlah satu-satunya calon jemaah yang gagal mendapatkan izin menjalani ibadah haji.

    Farouk Abdel Wahab, seorang dokter dari Inggris, mengatakan kepada BBC bahwa ia tak menyangka dirinya dan keluarga akan mendapat harapan palsu setelah mendaftar ke sebuah biro perjalanan berbasis di Inggris.

    Farouk Abdel WahabFarouk Abdel Wahab berhasil sampai di Mekah, tiga tahun setelah perusahaan operatur tur yang dia bayar gulung tikar.

    Farouk yang berasal dari Pakistan, mengatakan bahwa ia lama berjuang melawan perusahaan yang memberikannya harapan palsu.

    Ia akhirnya mendapatkan kembali uangnya senilai Pound 7.000 (Rp145,7 juta) yang sebelumnya ia transfer ke perusahaan sebagai deposit untuk membeli paket haji.

    Uang itu baru ia dapatkan setelah meluncurkan kampanye untuk meminta pengembalian dana.

    Tiga tahun kemudian, ia berhasil sampai ke Mekah di luar musim haji dengan memesan paket dari perusahaan pariwisata jalur utama.

    Farouk Abdel WahabFarouk Abdel Wahab membutuhkan waktu tiga tahun untuk mendapatkan kembali dana yang ia setor kepada perusahaan yang ternyata sudah tidak beroperasi.

    Nusuk, platform resmi bagi jemaah haji

    Pengalaman Farouk terjadi pada 2020, dua tahun sebelum pemerintah Arab Saudi mendirikan platform resmi pemesanan paket haji bagi umat Islam di Eropa, AS dan Australia.

    Platform haji resmi ini disebut Nusuk.

    Dengan memesan paket melalui Nusuk, jemaah dapat memilih beragam jenis paket haji, mengirimkan dokumen yang diperlukan, dan melakukan pembayaran kepada entitas resmi dan perusahaan terpercaya.

    Nusuk platformPlatform Nusuk kini merupakan situs resmi bagi umat Islam dari berbagai negara untuk memesan paket haji.

    Selain lewat platform Nusuk, Arab Saudi juga memperbolehkan jemaah dalam negeri untuk mendapatkan izin haji domestik setelah mendaftar pada situs resmi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

    Sementara, jemaah dari negara Muslim lain dapat menjalankan haji setelah mendapatkan visa haji dari kementerian dan lembaga resmi di negara-negara tersebut.

    Setiap tahun, Arab Saudi menyedikan kuota jemaah haji untuk negara-negara tertentu. Kurang lebih 1.000 orang per satu juta umat Islam di setiap negara.

    EPABagi kebanyakan umat Muslim, pergi ke Mekah selama musim haji memberikan sebuah kepuasan religius.

    “Sebelum pandemi, saya dan enam anggota keluargaku ingin menjalankan ibadah haji,” kata Farouk.

    “Tapi pada tahun itu, ibadah haji dibatalkan karena pandemi. Jadi saya meminta pengembalian dana, tapi tidak mendapatkan jawaban sepanjang tahun. Akhirnya, saya gugat mereka ke pengadilan.”

    Pengadilan memerintahkan perusahaan untuk mengembalikan uang Farouk.

    Saat Farouk menjalani proses untuk mendapatkan uangnya kembali, ia memeriksa legalitasnya pada situs pemerintah.

    Ia menyadari perusahaan itu ternyata sudah berhenti beroperasi.

    “Saat saya sedang mencatat informasi terkait perusahaan untuk gugatan saya, seperti nomor registrasi dan alamat tercantum, saya menyadari perusahaan itu telah gulung tikar dan tidak beroperasi lagi.

    Farouk Abdel WahabFarouk Abdel Wahab memotret papan yang melarang pengunjung menjalani Haji tanpa izin resmi saat ia mengunjungi negara itu

    Percayalah, saudara’

    Farouk mengatakan saat ia berupaya mendapatkan pengembalian dana, perwakilan dari perusahaan itu menggunakan “istilah-istilah keagamaan”.

    Mereka menggunakan frasa-frasa seperti “percayalah, saudara” dan mengatakan bahwa mereka “berkomitmen mengembalikan dana itu”.

    Akhirnya, Farouk mengatakan bahwa ia tidak menemukan cara lain untuk mendapatkan kembali uang itu selain mempermalukan mantan pemilik perusahaan dengan membagikan pengalaman buruknya di media sosial.

    Alhasil, perusahaan lain menghubunginya dan mengatakan mereka akan mengembalikan uangnya dalam bentuk cicilan.

    “Baru setelah video saya viral, perusahaan mulai menghubungi saya dan mengembalikan uang itu lewat perusahaan lain,” ujarnya.

    Baca juga:

    BBC telah mencoba menghubungi perusahaan yang mengatur pengembalian dana Farouk lewat cicilan.

    Namun, mereka tidak memberikan tanggapan terhadap pesan yang disampaikan lewat email, nomor telepon maupun akun media sosial.

    Farouk Abdel WahabFarouk akhirnya melakukan ibadah umrah, ziarah Islam ke Mekah, tiga tahun setelah ia memesan paket haji dengan perusahaan yang tutup.

    Tips menghindari penipuan haji

    Pihak kepolisian Inggris menyarankan agar masyarakat berhati-hati dalam memilih biro perjalanan haji

    Beberapa contoh mencakup Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asosiasi Operator Tur Pakistan, Federasi Asosiasi Pariwisata Nigeria dan Dewan Agen Perjalanan dan Pariwisata di Uni Emirat Arab.

    Perusahaan pariwisata bidang logistik, Ezus, memiliki daftar asosiasi pariwisata di berbagai negara.

    Getty ImagesMenyentuh Kabah – sebuah bangunan kubik di halaman Masjid al-Haram – adalah salah satu tradisi utama dalam ibadah haji.

    Perusahaan pariwisata bidang logistik, Ezus, memiliki daftar asosiasi pariwisata di berbagai negara.

    ABTA di Inggris menyarankan agar semua perjanjian antara pelancong dengan perusahaan tercatat dan ditandatangani dalam bentuk kontrak yang berisi syarat dan ketentuan.

    ABTA menyarankan agar calon jemaah tidak hanya berpegangan pada percakapan lewat telepon atau perjanjian lisan dengan pihak yang menawarkan paket.

    Pelajaran penting

    Dari pengalamannya, salah satu pelajaran yang didapat oleh Farouk adalah jangan mudah percaya dengan ulasan positif di dunia maya.

    “Banyak perusahaan bodong membayar orang untuk menulis ulasan-ulasan positif palsu dan membagikannya secara daring.

    “Dan banyak orang akhirnya menjadi korban penipuan setelah membeli paket haji karena iklan yang menyesatkan,” ujar Farouk.

    Menurut data dari pemerintah Arab Saudi, jumlah jemaah haji tahun lalu melebihi 1,8 juta jiwa, dengan 90% berasal dari luar negeri.

    Dewan Kamar Dagang Saudi memperkirakan hanya 3% dari total orang yang tertipu penawaran paket Haji mengajukan laporan resmi.

    Getty ImagesUmat Muslim dari seluruh dunia beribadah, membaca Al-Qur’an, dan mengelilingi Kabah untuk menunaikan ibadah haji di Mekah,

    Menurut laporan itu, usia rata-rata jemaah yang paling rentan terhadap penipuan adalah mereka yang berusia 42 tahun.

    Seorang juru bicara dari Dewan itu mengatakan kepada BBC bahwa penggunaan platform Nusuk mengurangi secara signifikan angka penipuan terkait haji.

    Nusuk menyederhanakan proses pendaftaran bagi jemaah dari 126 negara dan memverifikasi semua dokumen dan pembayaran untuk pemesanan paket haji.

    Lihat juga Video ‘Saat Timwas Soroti Kapasitas Tenda Arafah-Kecilnya Kasur Buat Jemaah RI’:

    (haf/haf)

  • Perlukah Mencabut Colokan Barang Elektronik Saat Badai Petir?

    Perlukah Mencabut Colokan Barang Elektronik Saat Badai Petir?

    Jakarta

    Hujan badai disertai petir tentu membuat was-was manusia. Selain perlu berlindung di bangunan yang kokoh, detikers juga disarankan untuk mencabut seluruh kabel barang elektronik dari colokan.

    Soalnya, cara tersebut dapat menyelamatkan barang elektronik dari risiko kerusakan sambaran petir. Namun, apakah hal tersebut benar atau hanya sekadar mitos? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

    Pentingnya Mencabut Colokan Barang Elektronik saat Badai Petir

    Mengutip CNET, Department of Homeland Security menganjurkan untuk mencabut colokan semua barang elektronik yang ada di rumah. Hal tersebut dikarenakan petir yang menyambar di tiang listrik terdekat dapat menimbulkan lonjakan aliran listrik melalui saluran listrik.

    Hal senada juga diungkapkan oleh pihak Red Cross Inggris. Mencabut colokan seluruh barang elektronik dapat mencegah kerusakan yang ditimbulkan karena lonjakan listrik.

    “Ya, Anda harus mematikan dan mencabut seluruh peralatan elektronik selama terjadi badai petir untuk mencegah kerusakan akibat lonjakan listrik. Itu termasuk internet atau perangkat listrik apapun yang terhubung ke listrik,” tulis pihak Red Cross di laman resminya.

    Sebagai gambaran, stop kontak di Amerika Utara dirancang menggunakan daya 120 volt dan dapat menahan hingga 169 volt. Di wilayah lain, angkanya bisa naik mencapai 240 volt.

    Namun saat badai petir terjadi, hal tersebut bisa menciptakan lonjakan listrik. Jumlah tegangannya bisa lebih dari batas daya maksimal stop kontak, sehingga dapat menggosongkan peralatan yang tersambung listrik.

    Maka dari itu, disarankan untuk mencabut semua perangkat elektronik ketika terjadi badai disertai petir, seperti TV atau konsol game. Lebih disarankan lagi untuk mencabut barang elektronik dari colokan sebelum badai melanda untuk alasan keamanan.

    “Anda harus menunggu hingga badai berlalu sebelum bisa menonton TV dengan aman, namun Anda tetap dapat menggunakan tablet atau laptop jika tidak tersambung ke stop kontak. Sebaiknya hindari juga penggunaan telepon rumah yang dicolokkan ke dinding, tapi untuk penggunaan telepon seluler masih aman,” jelas Red Cross.

    Apakah Aman jika Menggunakan Sekring?

    Sejumlah orang berpendapat bahwa menggunakan pelindung lonjakan arus (sekring) dapat melindungi barang elektronik dari lonjakan listrik karena petir. Pada kenyataannya, tidak demikian.

    Sebab, sekring berfungsi untuk melindungi terhadap lonjakan kecil yang umum terjadi pada jaringan listrik. Kondisi itu dapat terjadi dari waktu ke waktu.

    Memang, penggunaan sekring dapat membantu mengurangi lonjakan listrik sebelum mencapai perangkat elektronik. Akan tetapi, tidak dirancang untuk melindungi barang elektronik dari lonjakan listrik yang besar, seperti saat tersambar petir.

    Agar bisa melindungi barang elektronik dari lonjakan listrik akibat sambaran petir, detikers bisa menggunakan surge protector atau suppressor di seluruh rumah. Namun, harganya jauh lebih mahal daripada sekring biasa.

    Namun perlu diingat, penggunaan surge protector atau suppressor hanya dapat membantu menekan lonjakan listrik besar yang disebabkan oleh petir, tetapi tidak dapat melindungi rumah agar tetap aman dari sambaran petir.

    Itu dia penjelasan mengenai pentingnya mencabut colokan barang elektronik saat terjadi badai petir. Semoga artikel ini bermanfaat.

    (ilf/fay)

  • Singapore Airlines Beri Kompensasi Rp 163 Juta ke Korban Turbulensi

    Singapore Airlines Beri Kompensasi Rp 163 Juta ke Korban Turbulensi

    Singapura

    Maskapai Singapore Airlines menyampaikan permintaan maaf pada Selasa (11/6) dan mengumumkan tawaran kompensasi uang sebesar US$ 10.000 (Rp 163 juta) untuk para penumpang yang mengalami luka-luka dalam insiden turbulensi ekstrem pada Mei lalu.

    Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (11/6/2024), puluhan penumpang dan awak mengalami luka-luka, mulai dari luka ringan hingga luka parah, dengan satu penumpang meninggal usai turbulensi ekstrem melanda Boeing 777 yang digunakan Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ321 pada 20 Mei lalu.

    Maskapai Singapore Airlines (SIA) menawarkan kompensasi uang kepada seluruh 211 penumpang dalam penerbangan yang mengalami insiden mengerikan itu. Bagi para penumpang yang mengalami luka ringan akibat insiden itu, SIA menawarkan kompensasi sebesar US$ 10.000 atau setara Rp 163 juta.

    “Bagi mereka yang mengalami luka-luka lebih serius akibat insiden itu, kami telah mengundang mereka untuk mendiskusikan tawaran kompensasi demi memenuhi kondisi spesifik mereka ketika mereka merasa sudah sehat dan siap untuk melakukan diskusi,” demikian pernyataan SIA via Facebook.

    “Para penumpang yang dinilai secara medis mengalami luka serius, membutuhkan perawatan medis jangka panjang, dan meminta bantuan keuangan akan diberikan pembayaran di muka sebesar US$ 25.000 (Rp 407,5 juta) untuk memenuhi kebutuhan mendesak mereka. Ini akan menjadi bagian dari kompensasi akhir yang akan diterima penumpang-penumpang ini,” imbuh pernyataan SIA tersebut.

    Pengembalian dana (refund) penuh atas tiket pesawat, sebut SIA, akan ditawarkan kepada semua penumpang SQ321, termasuk penumpang yang tidak mengalami cedera apa pun dalam insiden tersebut.

    Ditambahkan SIA bahwa para penumpang juga akan menerima kompensasi keterlambatan sesuai dengan peraturan Uni Eropa atau Inggris, mengingat penerbangan SQ321 memiliki rute London-Singapura.

    SIA, yang merupakan maskapai nasional Singapura ini, juga mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan masing-masing US$ 1.000 (Rp 16,3 juta) kepada semua penumpang pada saat keberangkatan dari Bangkok dengan penerbangan alternatif untuk memenuhi kebutuhan langsung mereka usai insiden turbulensi terjadi.

    Diketahui bahwa sejumlah besar penumpang diberangkatkan dari Bangkok ke Singapura dengan penerbangan alternatif usai insiden terjadi, sedangkan puluhan penumpang yang mengalami luka-luka masih menjalani perawatan medis di ibu kota Thailand tersebut.

    SIA menambahkan bahwa pihaknya menanggung biaya pengobatan para penumpang yang luka-luka, dan mengatur agar anggota keluarga mereka bisa terbang ke Bangkok jika ingin menjenguk.

    “SIA tetap berkomitmen untuk mendukung para penumpang yang terdampak di penerbangan SQ321. Semua penumpang yang terkena dampak seharusnya menerima tawaran kompensasi melalui email, bersama dengan informasi tentang bagaimana mereka dapat memproses klaim mereka,” imbuh SIA dalam pernyataannya.

    Saat ditanya oleh Channel News Asia soal berapa banyak penumpang yang telah menerima tawaran kompensasi itu, pihak SIA menolak untuk memberikan rincian spesifik dengan mengutip alasan privasi.

    Seorang penumpang asal Inggris bernama Geoff Kitchen (73) meninggal di dalam pesawat, kemungkinan besar karena serangan jantung. Dalam pernyataannya, SIA menyatakan siap mendiskusikan tawaran kompensasi dengan keluarga mendiang Kitchen ketika “mereka mampu dan siap melakukannya”.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Kereta Haramain Canggih Melesat Bawa Jamaah Haji Lintasi Arab

    Kereta Haramain Canggih Melesat Bawa Jamaah Haji Lintasi Arab

    Jakarta

    Dahulu, jemaah haji datang ke kota suci Makkah dengan berjalan kaki. Namun kini mereka bisa datang dengan kereta berkecepatan tinggi Haramain High Speed Railway (HHSR).

    Sekitar 50 kali sehari, transportasi ramping bermoncong panjang ini melesat melintasi gurun panas terik di Arab Saudi, mencapai kecepatan hingga 300 kilometer per jam, membawa para peziarah dan penumpang lain.

    Kereta api tersebut, yang termasuk dalam 10 kereta tercepat di dunia, hanyalah permulaan dari jaringan kereta api yang diperkirakan akan berkembang di seluruh kerajaan Timur Tengah karena negara tersebut menginvestasikan miliaran dolar dalam infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata dan mendiversifikasi pendapatan selain minyak.

    Dari Jeddah, kota terbesar kedua di negara ini, para peziarah dan wisatawan kini dapat berpindah dari terminal kedatangan Bandara Internasional King Abdulaziz ke stasiun tempat kereta ekspres listrik melaju ke seluruh negeri.

    Memasuki musim haji, negara ini menambah sejumlah kereta untuk menangani banyaknya wisatawan yang datang untuk melaksanakan haji dan umrah.

    “Dengan jaringan jalan dan kereta api yang terhubung dengan baik, layanan shuttle bus, dan infrastruktur terintegrasi, jemaah dijamin mendapatkan pengalaman perjalanan yang lancar, terlepas dari bahasa atau kebutuhan unik mereka,” kata Tawfiq Al Rabiah, Menteri Urusan Haji Kerajaan Arab Saudi, dikutip dari CNN, Selasa (11/6/2024).

    Meskipun hanya umat Islam yang dapat mengunjungi Makkah, semua wisatawan dapat menikmati kereta cepat Haramain di jalur sepanjang 450 kilometer yang membentang di sepanjang garis pantai Laut Merah Saudi.

    Haramain, yang berarti ‘dua tempat suci’ dalam bahasa Arab, diambil dari nama kota suci Makkah dan Madinah yang terletak di ujung garis yang berlawanan. Dibuka pada tahun 2018, bandara ini juga menghubungkan bandara Jeddah, Jeddah Al-Sulimaniyah (dekat pusat kota) dan Kota Ekonomi Raja Abdullah.

    Menggunakan Kereta Haramain

    Calon penumpang kereta Haramain bisa membeli tiket melalui aplikasi HHR Train yang tersedia di App Store dan Play Store dalam bahasa Inggris dan Arab. Jangan lupa siapkan paspor, karena calon penumpang harus mengisi informasi ID sebelum klik ‘bayar.’

    Tiket ekonomi antara Jeddah Al-Suleimanyah dan King Abdullah Economic City (KAEC) adalah 57,50 riyal Saudi, (sekitar Rp 248 ribu), sedangkan kursi kelas bisnis berharga 97,75 riyal (sekitar Rp 424 ribu). Aplikasi ini menerima Apple Pay dan opsi dompet digital lainnya.

    Aplikasi ini menunjukkan tata letak gerbong kereta sehingga penumpang dapat memilih tempat duduk dekat jendela atau lorong dan memutuskan apakah mereka ingin menghadap ke arah perjalanan atau tidak. Saat memesan untuk grup atau keluarga, aplikasi akan secara otomatis memilih kursi bersebelahan jika tersedia.

    Untuk jalur ziarah, perjalanan dari Jeddah ke KAEC yang jaraknya 111 kilometer, bisa ditempuh hanya dalam waktu 32 menit saja.

    Masa depan kereta cepat Arab Saudi

    Menariknya, meskipun penumpang tidak dapat melihat pengemudi kereta, ada kemungkinan kereta dikemudikan oleh masinis perempuan. Pada Januari 2023, angkatan pertama yang terdiri dari 32 orang perempuan lulus dari program pelatihan satu tahun di Politeknik Kereta Api Arab Saudi, sehingga mereka mendapatkan lisensi untuk menjalankan kereta berkecepatan tinggi di jaringan Haramain.

    Sebaliknya, pada tahun 2018, ketika jalur kereta api pertama kali dibuka, perempuan di Kerajaan Arab Saudi baru diperbolehkan mengemudikan mobil.

    Jika berbicara tentang kereta api berkecepatan tinggi, jalur Haramain hanyalah permulaan di Arab Saudi. Negara tersebut melakukan peningkatan pada jalur yang ada di barat laut, dengan rencana pembangunan kereta berkecepatan lebih tinggi.

    Pada Januari 2022, Menteri Investasi Arab Saudi Khalid al-Falih mengumumkan rencana untuk membangun rel kereta api sepanjang 8.000 kilometer di seluruh negeri.

    (rns/fay)

  • Modi Kembali Jadi PM India, Sudah Bentuk Kabinet

    Modi Kembali Jadi PM India, Sudah Bentuk Kabinet

    Anda sedang membaca kembali laporan Dunia Hari Ini edisi Selasa, 11 Juni 2024.

    Laporan 24 jam terakhir dari beberapa titik dunia telah kami sajikan, dimulai dari laporan dari Yunani.

    Apa penyebab tewasnya presenter TV Inggris?

    Pemeriksaan post-mortem menyimpulkan presenter TV Inggris Michael Mosley, 67 tahun, meninggal karena penyebab alamiah.

    Michael dilaporkan hilang di pulau liburan Yunani Symi, pekan lalu, kemudian ditemukan sudah meninggal.

    Polisi menjelaskan posisi tubuhnya ketika ditemukan, serta tidak adanya luka mendukung kesimpulan jika ia meninggal secara alamiah. Tapi penyelidikan masih berlanjut hingga sekarang.

    “Ia tidak ditemukan dalam posisi tengkurap, ia ditemukan dalam posisi telentang yang menandakan ia mungkin merasa pusing, tidak enak badan dan harus berbaring,” kata walikota Symi, Lefteris Papakaloudoukas.

    Sekretaris PDIP diperiksa selama empat jam

    Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto selama empat jam.

    Ia mengaku keberatan dengan keputusan penyidik untuk menyita ponselnya, hingga sempat berdebat dengan pihak penyidik.

    Hasto dipanggil sebagai saksi dalam kasus dugaan suap yang menjerat mantan calon legislatif PDIP Harun Masiku.

    “Saya di dalam ruangan yang sangat dingin, hampir sekitar 4 jam. Bersama penyidik face to face itu paling lama 1,5 jam, sisanya ditinggal, kedinginan,” ujar Hasto usai pemeriksaan.

    PBB dukung gencatan senjata Israel-Gaza

    Dewan Keamanan PBB mendukung rencana gencatan senjata Israel-Gaza, yang digariskan oleh Presiden Joe Biden untuk gencatan senjata antara Israel dan militan Palestina Hamas.

    Rusia abstain dari pemungutan suara, sementara 14 anggota dewan lainnya memberikan suara mendukung.

    Amerika Serikat menyelesaikan proposalnya setelah enam hari negosiasi di antara dewan.

    Pada tanggal 31 Mei, Presiden Biden memaparkan rencana gencatan senjata tiga fase yang digambarkannya sebagai inisiatif Israel.

    Wakil presiden Mawali hilang

    Operasi pencarian dan penyelamatan terus berlanjut hingga pesawat yang hilang yang membawa wakil presiden Malawi, Saulos Klaus Chilima, ditemukan.

    Saulos, 51 tahun, berada di dalam pesawat militer bersama sembilan orang lainnya yang meninggalkan kota Lilongwe pada pukul 09.17 pagi waktu setempat.

    Pesawat tersebut tadinya dijadwalkan mendarat di Bandara Mzuzu pada pukul 10:02 pagi.

    Dalam pidato yang disiarkan televisi, Presiden Lazarus Chakwera mengatakan pesawat tersebut tidak dapat mendarat di bandara karena jarak pandang yang buruk dan diperintahkan untuk kembali ke ibu kota.

  • Air Terjun Terbesar di Dunia Ada di Dalam Laut? Ini Fakta Menariknya

    Air Terjun Terbesar di Dunia Ada di Dalam Laut? Ini Fakta Menariknya

    Jakarta

    Kalau detikers berpikir bahwa air terjun tertinggi terletak di daratan, kamu salah besar. Dilansir IFL Science, nyatanya air terjun terbesar sekaligus tertinggi di dunia bukan berada di daratan, melainkan di dalam laut.

    Air terjun yang dimaksud adalah air terjun Denmark Strait Cataract yang berlokasi di dalam Selat Denmark. Lantas, seperti apa keunikan dari Selat Denmark sebagai lokasi dari air terjun terbesar di dunia ini?

    Fakta Menarik Denmark Strait

    Dikutip dari laman World Atlas dan Marine Insight, berikut sederet fakta menarik terkait Denmark Strait atau Selat Denmark, yang merupakan lokasi keberadaan air terjun tertinggi sekaligus terbesar di dunia bawah air.

    1. Memiliki Panjang Hingga 480 Km

    Denmark Strait yang kerap disebut juga sebagai Greenland Strait berada di antara dua wilayah yaitu Iceland dan Greenland. Selat yang bertempat di antara dua negara nordik ini membentang luas hingga 300 mil atau sepanjang 480 km.

    Air terjun terbesar di dunia yang berada di bawah air yang dalam (The World’s Largest Waterfall). Foto: The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

    Dengan lebar 180 mil atau 290 km, kedalaman dari selat ini mencapai 191 meter. Melihat luasnya, dapat dibayangkan betapa besarnya selat satu ini.

    2. Lokasi Air Terjun Terbesar di Dunia

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Selat Denmark merupakan lokasi persembunyian air terjun tertinggi di dunia yang dikenal dengan nama Denmark Strait Cataract. Diketahui, air terjun megah ini memiliki lebar mencapai 160 km dan berada di kedalaman sekitar 61 meter atau setara 2000 kaki di bawah permukaan laut.

    Detikers mungkin penasaran bagaimana bisa air terjun dahsyat ini tercipta di bawah laut? Meski terdengar mustahil, rupanya air terjun ini bisa terbentuk akibat adanya perbedaan suhu di kedua sisi Selat Denmark.

    Karakteristik air Laut Greenland yang dingin, padat dan berat tidak dapat menyatu dengan sifat air Laut Irminger yang hangat. Sehingga, mengakibatkan air terjun ke dasar laut dan menghasilkan fenomena air terjun raksasa Denmark Strait Cataract.

    3. Selat Dengan Arus yang Kuat

    Denmark Strait kerap dikenal sebagai selat dengan ciri lautnya yang mempunyai arus kencang serta gunung es tinggi menjulang. Hal inilah yang mengakibatkan sulitnya navigasi sehingga tidak ada fasilitas pelabuhan yang didirikan di area Selat Denmark.

    Untuk kepentingan transportasi dan perdagangan, pelaut harus mengakses beberapa pelabuhan lainnya yang terletak di sepanjang garis pantai Islandia dan Greenland. Contohnya seperti Pelabuhan Nuuk, Reykjavik, Stykkisholmur, Akranes, dan pelabuhan Patreksfjordur.

    4. Lokasi Pulau Vulkanik Jan Mayen

    Selain menjadi lokasi air terjun tertinggi, Denmark Strait juga merupakan tempat mengapungnya sebuah pulau vulkanik terpencil bernama Pulau Jan Mayen. Lokasi pulau ini tepatnya ada di Samudra Arktik dan berjarak sekitar 920 km dari barat Norwegia serta 600 km dari sebelah timur laut Islandia.

    Sebagai pulau terpencil, pulau Jan Mayen memiliki populasi penduduk yang jarang. Bahkan, pulau ini hanya bisa diakses melalui perahu dan dibatasi untuk keperluan penelitian dan militer saja.

    Karena jarang dikunjungi, pesona flora dan fauna di pulau Jan Mayen masih sangat lestari. Pulau ini dikenal sebagai habitat bagi satwa liar seperti rusa kutub, rubah kutub, dan burung laut.

    Tak hanya itu, di Pulau Jan Mayen juga terdapat tiga danau dan satu gunung berapi aktif paling utara di dunia yang disebut Gunung Beerenberg.

    5. Habitat Berbagai Spesies Ikan

    Berbicara soal keragaman fauna, Selat Denmark ternyata juga merupakan habitat bagi berbagai spesies ikan, lho. Beberapa jenis ikan air dingin yang bisa ditemukan di selat ini diantaranya ada ikan Kod, ikan Kakap Merah, Capelin, dan ikan Haddock.

    Kekayaan ikan yang terdapat di selat ini pun menjadi sumber mata pencaharian tersendiri bagi masyarakat lokal Greenland dan Islandia. Sayangnya, belakangan ini isu pemanasan global dan perubahan iklim telah menyebabkan penurunan populasi ikan di Selat Denmark. Alhasil, nelayan semakin sulit mendapatkan stok ikan.

    6. Saksi Bisu Pertempuran Laut pada Perang Dunia II

    Fakta menarik berikutnya tentang Selat Denmark yaitu pernah menjadi titik pertempuran laut antara kapal Jerman dan Inggris pada Perang Dunia II. Pada 24 Mei 1941, kapal perang milik Jerman yakni Bismarck, mencoba menerobos lautan atlantik untuk menyerang kapal-kapal sekutu.

    Salah satun kapanya adalah kapal perang Inggris HMS Hood. Pertempuran antar kapal ini berujung pada tenggelamnya kapal HMS Hood milik Inggris.

    Bersamaan dengan kalahnya pihak Inggris, Kapal Bismarck dari Jerman kemudian berhasil masuk melewati perairan Samudra Atlantik.

    7. Spot Scuba Diving

    Denmark Strait dengan panorama alam lautnya yang indah menjadikan selat ini sebagai spot scuba diving terkenal bagi kalangan pecinta alam. Ketika menyelami laut Selat Denmark, penyelam akan dibuat terpukau dengan pemandangan gua-gua dan bangkai kapal yang tersembunyi di bawah laut.

    Selain mencoba scuba diving, lokasi ini juga menawarkan beragam kegiatan tamasya anti mainstream lainnya. Beberapa aktivitas yang dapat dieksplor oleh pelancong misalnya seperti memancing, bermain kayak, menyaksikan kecantikan cahaya aurora, dan mengamati ikan paus.

    8. Penghubung Laut Greenland dan Laut Irminger

    Terletak di antara Greenland dan Iceland, Denmark Strait berperan sebagai pintu gerbang yang menghubungkan Laut Irminger dan Laut Greenland. Di saat yang sama, Selat Denmark juga menautkan dua samudra yang berada di belahan bumi utara, yaitu Samudra Arktik dan Atlantik.

    Terkait laut Irminger, penamaan laut ini berasal dari nama seorang wakil laksamana asal Denmark, Carl Ludvig Irminger. Irminger sendiri dikenal sebagai tokoh laksamana pemberani yang sukses menangkap kapal bajak laut di Hindia Barat pada tahun 1800-an silam.

    9. Selat Pengangkut Gunung Es

    Faktanya, sebagian besar gunung es yang ada di Samudra Atlantik ternyata berasal dari Selat Denmark. Pasalnya, selat yang menghubungkan Samudra Arktik dan Samudra Atlantik ini dilewati oleh arus dari Laut Greendland Timur.

    Arus dari Laut Greenland yang melalui jalur Selat Denmark ini pun turut mengangkut gunung es, dan terbawa hingga sampai ke wilayah Samudra Atlantik Utara. Gunung es ini cukup berbahaya bagi navigasi laut dan berpotensi memengaruhi pola iklim dan arus laut.

    10. Terbentuk di Akhir Zaman Es

    Menurut pendapat para ilmuwan, Selat Denmark diperkirakan terbentuk pada penghujung zaman es sekitar 115.000 hingga 11.700 tahun yang lalu. Pada waktu itu, lapisan es yang bergerak maju dan mundur di atas perairan Samudra Atlantik Utara berubah menciptakan sebuah lanskap berbentuk cekungan.

    Selama ribuan tahun, cekungan tersebut pun berangsur-angsur membentuk Selat Denmark yang kita kenal sekarang.

    Nah, itu dia sejumlah fakta menarik terkait Denmark Strait sebagai lokasi air terjun tertinggi dan terbesar di muka bumi. Apakah detikers tertarik untuk mengunjunginya?

    (khq/khq)