Negara: Inggris

  • Polisi Ahmedabad Duga Tak Ada Korban Air India yang Selamat

    Polisi Ahmedabad Duga Tak Ada Korban Air India yang Selamat

    Jakarta

    Pesawat Air India tujuan London, Inggris, jatuh di Ahmedabad, India. Kepolisian setempat mensinyalir seluruh penumpang maskapai tersebut meninggal dunia.

    “Tampaknya tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat itu,” kata Komisaris Polisi Kota Ahmedabad, Komisaris G.S. Malik, dilansir The Associated Press, Kamis (12/6/2025).

    Pesawat Air India jatuh di daerah pemukiman yang juga diisi sejumlah perkantoran. Malik mengatakan sejumlah penduduk setempat juga ikut menjadi korban jiwa.

    “Angka pasti korban sedang dipastikan,” katanya.

    Diberitakan sebelumnya, pesawat Air India tujuan London, Inggris, jatuh usai lepas landas di Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel di Ahmedabad, Kota Ahmedabad, India. Pesawat itu membawa 242 orang yang terdiri dari warga negara India, Inggris, Kanada dan Portugal.

    “Penerbangan yang berangkat dari Ahmedabad pukul 13.38 itu membawa 242 penumpang dan awak pesawat Boeing 787-8. Dari jumlah tersebut, 169 adalah warga negara India, 53 warga negara Inggris, 1 warga negara Kanada, dan 7 warga negara Portugal,” ungkap Air India melalui akun X-nya, seperti dilansir AFP, Kamis (12/6/2025).

    Tayangan televisi setempat, seperti dilansir Associated Press, Kamis (12/6), memperlihatkan asap mengepul dari lokasi kecelakaan di dekat Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel di Ahmedabad — kota berpenduduk lebih dari 5 juta orang.

    Direktur Jenderal pada Direktorat Penerbangan Sipil India, Faiz Ahmed Kidwai, mengatakan kepada Associated Press bahwa penerbangan Air India nomor AI171 jatuh di area permukiman bernama Menghani Nagar sekitar lima menit setelah lepas landas pada Kamis (12/6) siang, sekitar pukul 13.38 waktu setempat.

    (ygs/aud)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • UI Waspadai Persaingan dengan Kampus Asing di Indonesia

    UI Waspadai Persaingan dengan Kampus Asing di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Reputasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan global seperti QS World University Ranking kini menjadi salah satu indikator penting dalam menarik minat publik. Seiring hal tersebut, perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia mulai mewaspadai potensi persaingan dari kehadiran universitas asing yang membuka cabang di Tanah Air.

    Kehadiran kampus luar negeri dinilai dapat menarik minat masyarakat kelas menengah ke atas—segmen yang selama ini menjadi pasar utama bagi kampus dalam negeri.

    Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Direktur Humas Media, Pemerintah, dan Internasional Universitas Indonesia (UI), Emir Chairullah, dalam diskusi bersama Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik) di Jakarta, Kamis (12/6/2025).

    Menurut Emir, masuknya universitas asing dapat menggeser preferensi masyarakat, terutama dari kalangan mampu, ke institusi luar negeri yang memiliki modal dan fasilitas yang lebih unggul.

    “Pasarnya orang Indonesia yang punya kemampuan finansial akan berpindah ke kampus asing. Modal mereka kuat dan bisa menawarkan banyak hal,” jelasnya.

    Emir juga menyinggung momentum diplomatik saat Utusan Khusus Perdana Menteri Inggris Bidang Pendidikan, Sir Steve Smith, dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Dominic Jermey, menemui Presiden Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, akhir Mei lalu. Dalam pertemuan itu, pemerintah Inggris menyampaikan ketertarikannya untuk mendirikan universitas asal Inggris di Indonesia.

    Menanggapi tantangan tersebut, Emir menekankan perlunya inovasi dari PTN untuk tetap kompetitif. Salah satunya melalui kolaborasi internasional dalam bentuk program double degree, yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar dari dua universitas berbeda.

    “Yang paling mungkin dilakukan UI saat ini adalah kolaborasi, bikin double degree, supaya tidak semua devisa langsung ke kampus-kampus asing itu,” ujar Emir.

    Ia juga mengingatkan, tanpa pengelolaan yang tepat, kehadiran kampus asing berpotensi menjadi pintu keluar devisa dalam jumlah besar.

    “Kalau semua orang memilih kuliah di institusi asing, entah di luar negeri atau kampus asing yang buka di Indonesia, otomatis devisanya lari ke mereka,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, Emir menyampaikan PTN tidak bisa terus-menerus bergantung pada uang kuliah tunggal (UKT) sebagai sumber utama pendanaan. Inovasi dalam sistem pembiayaan pendidikan tinggi sangat diperlukan agar operasional kampus tetap berjalan optimal.

    “Kalau cuma mengandalkan UKT atau SPP itu, kampus sudah tidak bisa hidup. Makanya mungkin ada yang bilang ini komersialisasi, padahal sebenarnya tidak juga. Jalur reguler tetap ada, tidak diabaikan. Tapi kampus harus mampu berinovasi,” jelasnya.

    Sebagai penutup, Emir menekankan bahwa peran negara tetap krusial, bahkan untuk universitas elite dunia seperti Harvard. Ia mencontohkan bagaimana Harvard pun menerima subsidi dari pemerintah Amerika Serikat, termasuk saat menghadapi pemotongan dana hibah pada era Presiden Donald Trump.

    “Artinya, peran negara tetap penting, tidak bisa semuanya dibebankan ke kampus,” pungkas Emir.

  • Detik-Detik Pesawat Air India Jatuh Menurut Pelacakan Flight Radar – Page 3

    Detik-Detik Pesawat Air India Jatuh Menurut Pelacakan Flight Radar – Page 3

    Penerbangan Air India Ahmedabad (India)-London (Inggris), yang jatuh di dekat bandara Ahmedabad pada hari Kamis (12/6/2025), sempat memberikan panggilan mayday setelah lepas landas ke Air Traffic Control (ATC) atau Pengendali Lalu Lintas Udara, beberapa saat sebelum jatuh di luar batas bandara.

     Penerbangan tersebut, Boeing 787-8 Dreamliner, membawa 242 orang, termasuk 230 penumpang dan 12 awak.

    Penerbangan Air India Ahmedabad-London memberikan panggilan mayday ke ATC, beberapa saat sebelum jatuh di dekat bandara Ahmedabad, kata Directorate of Civil Aviation (DGCA)/Direktorat Penerbangan Sipil dalam sebuah pernyataan.

    DGCA mengonfirmasi bahwa kopilot memberikan panggilan mayday ke ATC tetapi setelah itu tidak ada respons dari pesawat.

    “Ada 242 orang di dalam pesawat yang terdiri dari 2 pilot dan 10 awak kabin. Pesawat itu di bawah komando Kapten Sumeet Sabharwal dengan Perwira Pertama Clive Kundar dan Kapten Sumeet Sabharwal adalah seorang LTC dengan pengalaman 8.200 jam. Kopilot memiliki pengalaman terbang 1.100 jam. Menurut ATC, pesawat berangkat dari Ahmadabad pada pukul 13.39 IST (08.09 UTC) dari landasan pacu 23,” bunyi pernyataan DGCA.

    Pernyataan itu juga menyebut, “Pesawat itu memberikan Panggilan mayday kepada ATC, tetapi setelah itu tidak ada respons yang diberikan oleh pesawat terhadap panggilan yang dibuat oleh ATC. Pesawat tak lama setelah berangkat dari Landasan Pacu 23, jatuh ke tanah di luar batas bandara. Asap hitam pekat terlihat keluar dari lokasi kecelakaan.”

  • Sambut Kejuaraan Dunia Selancar di Lampung, Polisi Turis yang Fasih Berbahasa Asing Disiagakan Saat Krui Pro 2025

    Sambut Kejuaraan Dunia Selancar di Lampung, Polisi Turis yang Fasih Berbahasa Asing Disiagakan Saat Krui Pro 2025

    Sebagai bentuk keseriusan dalam melayani turis mancanegara, seluruh personel Polisi Turis dibekali pelatihan komunikasi bahasa asing, terutama bahasa Inggris, bekerja sama dengan penutur asli dari Australia.

    “Polisi Turis dilengkapi dengan personel terlatih yang mampu berkomunikasi dalam beberapa bahasa asing,” jelas Bestiana.

    Pelatihan tersebut dirancang untuk menjawab tantangan komunikasi lintas budaya di lapangan, terutama saat wisatawan atau peserta membutuhkan bantuan informasi, pengawalan, atau penanganan situasi darurat.

    Terdiri atas 21 anggota dan 2 perwira, yang akan disebar di titik-titik strategis di sekitar lokasi acara, termasuk area pantai, penginapan, dan jalur utama akses menuju arena lomba.

  • Raja Ojol Tutup di RI, Makin Ganas Bawa Kiamat Driver Online

    Raja Ojol Tutup di RI, Makin Ganas Bawa Kiamat Driver Online

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa ride hailing, Uber bekerja sama dengan perusahaan teknologi tanpa pengemudi, Wayve. Ini menjadi tanda perusahaan yang pernah beroperasi di Indonesia itu ikut masuk ke sektor mobil otonom.

    Wayve yang berasal dari London, Inggris merupakan pengembang software untuk kendaraan tanpa pengemudi. Perusahaan itu menggunakan AI untuk kendaraan bisa menilai lingkungan di sekitarnya.

    Kolaborasi keduanya akan meluncurkan uji coba kendaraan otonom di Inggris pada 2026 mendatang. Nantinya penumpang bisa menggunakan Uber tanpa pengemudi atau sebagai standar Level 4 pada uji coba yang jadi pertama untuk perusahaan.

    “Kerja sama dengan Wayve membawa selangkah lebih dekat dengan visi menjadikan otonom sebagai pilihan aman dan andal bagi pengendara di mana saja,” kata Presiden dan kepala operasi Uber, Andrew MacDonald, dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (12/6/2025).

    Sementara itu, CEO dan salah satu pendiri Wayve, Alex Kendall menjelaskan ini menjadi momen penting bagi kendaraan otonom di Inggris. Pihak perusahaan juga tengah menyiapkan penerapan AI Driver di jalanan kota London.

    “Bersama Uber dan mitra OEM global, kami mempersiapkan diri menerapkan teknologi AI Driver kami di jalanan London,” jelasnya.

    Baik Uber dan Wayve menyatakan bekerja sama dengan pemerintah Inggris serta Transport for London, otoritas utama pengawas transportasi di kota tersebut. Dari keduanya, mereka mendapatkan persetujuan dan izin sebelum bisa melakukan uji coba.

    Pemerintah Inggris diketahui sudah membuka jalan untuk menguji kendaraan tanpa supir di negaranya. Tahun lalu aturan soal itu telah disahkan untuk bisa dijalankan mulai tahun depan.

    Sebagai informasi, Uber dulunya pernah tersedia di Indonesia dan menjadi salah satu ‘raja’ platform ojek online. Namun, Uber akhirnya angkat kaki dari Indonesia dan menjual semua unit bisnisnya di Asia Tenggara ke Grab pada 2018 silam.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Air India Jatuh, Video dan Foto Peristiwa Viral di Media Sosial

    Air India Jatuh, Video dan Foto Peristiwa Viral di Media Sosial

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pesawat Air India AI171 penerbangan Ahmedabad menuju London Gatwick jatuh sesaat setelah take off. Sejumlah video, termasuk yang diklaim sebagai penampakan video sebelum jatuh tersebar di media sosial X.

    Sebuah video memperlihatkan gambar pesawat yang terbang rendah sebelum akhirnya meledak. Video berdurasi 18 detik itu telah diunggah ulang oleh banyak pengguna X hingga Kamis sore (12/6/2025).

    [Gambas:Twitter]

    Selain itu juga ada beberapa video yang nampaknya diambil di sekitar pesawat jatuh. Video tersebut memperlihatkan asap hitam pekat terlihat di wilayah yang padat dengan penduduk.

    [Gambas:Twitter]

    Belum diketahui apakah video yang beredar benar berasal dari pesawat Air India.

    Dalam akun X resminya, Air India mengonfirmasi pesawat dengan penerbangan AI171 kecelakaan setelah lepas landas. Pesawat tersebut membawa 242 penumpang dan awak pesawat dengan jumlah terbanyak berasal dari warga negara India berjumlah 169 orang.

    Pesawat Boeing 787-8 juga membawa beberapa warga negara asing, 53 warga negara Inggris, 1 warga negara Kanada, dan 7 warga negara Portugal.

    Air India tak menyebutkan apa penyebab pesawatnya sampai jatuh serta berapa jumlah korban dalam kejadian tersebut. Pihak maskapai hanya menyampaikan korban luka telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Spesifikasi 48 Jet Tempur Turki yang Dibeli Indonesia

    Spesifikasi 48 Jet Tempur Turki yang Dibeli Indonesia

    Jakarta

    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bakal ekspor 48 jet tempur untuk Indonesia. Berikut ini spesifikasinya.

    “Dalam kerangka perjanjian yang kami tandatangani dengan teman dan saudara kami Indonesia, 48 KAAN akan diproduksi di Turki dan diekspor ke Indonesia,” tulis Erdogan dalam akun X miliknya dikutip Kamis (12/6/2025).

    “Kemampuan lokal Indonesia juga akan digunakan dalam produksi KAAN,” tambah dia.

    Dilansir Antara, Kamis (12/6/2025), jet tempur KAAN ini dibeli lewat nota kesepahaman (MoU) kerja sama antara Kementerian Pertahanan RI dan Sekretariat Industri Pertahanan Turki (Savunma Sanayii Baskanligi/SSB). MoU dilakukan pada hari pertama Indo Defence Expo & Forum di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/6).

    “Saya berharap bahwa perjanjian ini, yang mencerminkan perkembangan dan capaian industri pertahanan domestik dan nasional kita, akan membawa manfaat bagi Türkiye dan Indonesia,” kata Erdogan.

    “Saya ingin menyampaikan salam dan terima kasih kepada rekan saya yang terhormat, Presiden Indonesia Prabowo Subianto, yang telah memainkan peran besar dalam penandatanganan perjanjian ini melalui tekad yang ditunjukkannya,” tambahnya lagi.

    KAAN Jet Tempur Turki Foto: Screenshot X Erdogan

    Menilik kemampuan terbangnya, dikutip dari Armyrecognition, Jet tempur KAAN, yang sebelumnya dikenal sebagai TF-X, merupakan pesawat tempur generasi kelima andalan Turki yang dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI).

    Pesawat ini merupakan bagian dari inisiatif strategis Turki untuk menggantikan armada F-16 yang menua dan menegaskan kedaulatan teknologi di sektor pertahanan. Proyeknya dimulai pada tahun 2010 dengan nama TF-X, dan pengembangan resminya diluncurkan pada tahun 2016. Momentum proyek ini meningkat secara signifikan setelah Turki dikeluarkan dari program F-35 Lightning II pada 2019 karena pembelian sistem rudal S-400 buatan Rusia.

    Pesawat tempur KAAN dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries dengan bantuan teknis dari BAE Systems Inggris, juga suplai mesin dari General Electric.

    Sebagai pesawat multirole yang mampu melakukan misi siluman, KAAN dirancang untuk keunggulan udara dan misi serangan presisi.

    Penerbangan perdana pesawat KAAN dilakukan pada Februari 2024, sebuah momen penting bagi industri kedirgantaraan Turki. Hingga pertengahan tahun 2025, satu prototipe telah berhasil terbang, sementara prototipe kedua sedang dalam proses perakitan dan diharapkan akan bergabung dalam fase pengujian dalam tahun ini.

    Secara dimensi, jet tempur KAAN berkursi tunggal dan ganda ini memiliki panjang 21 meter, lebar sayap 14 meter, dan tinggi 6 meter. Berat lepas landas maksimum pesawat sekitar 27.215 kg. Pesawat diklaim mampu menempuh jarak lebih dari 2.000 km.

    KAAN menggunakan mesin General Electric F110-GE-129 Turbofan yang memiliki daya dorong 76,31 kN (17,155 lbf) thrust each dry, 131 kN (29,000 lbf) dengan afterburner, sama seperti yang ditemukan di F-16 Turki. Mesin pesawat ini diklaim bisa mencapai kecepatan maksimal 1,8 mach dan membawa pesawat sampai ketinggian maksimal 17.000 meter.

    Salah satu fitur paling canggih di pesawat generasi kelima seperti KAAN adalah fitur elektroniknya alias avionik. KAAN sudah dilengkapi Advanced Navigation Features (ICNI), Integrated Electro-Optical Systems (IEOS) Infrared Search and Track (IRST), Electro-Optical Targeting System (EOTS) etc.), Advanced Cockpit, Human Machine Interface.

    KAAN juga bakal mendapatkan teknologi radar AESA (Active Electronically Scanned Array) yang canggih. Radar ini mampu mendeteksi pergerakan, melacak pesawat musuh, baik target darat maupun laut, juga dapat mengendalikan peluru kendali. Saking canggihnya radar ini, hanya AS, Inggris, Prancis, Swedia, dan Israel yang bisa membuatnya.

    Fitur lain yang penting di KAAN adalah fitur siluman. Bodi pesawat ini dirancang supaya bisa menyerap gelombang radar pesawat musuh. Selain itu, bodi pesawat juga dibekali lapisan khusus yang membuatnya tidak terdeteksi dari radar pesawat musuh.

    Dari segi persenjataan, KAAN bisa menggendong banyak armament canggih nan mematikan. Seperti rudal udara ke udara BVR dan BVRAAM, rudal udara ke permukaan Kuzgun, Akbaba, dan MBDA Spear 3. Juga bisa menggendong berbagai bom, dari seri HGK, KGK, SARB, NEB, dan Aselsan.

    (riar/din)

  • Intip Kilang Gas Terbesar RI di Papua Barat

    Intip Kilang Gas Terbesar RI di Papua Barat

    Suasana Kilang LNG Tangguh yang dioperasikan oleh BP Berau Ltd, di Teluk Bintuni, Papua Barat, Selasa (10/6/2025). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa operasional BP, perusahaan minyak dan gas bumi asal Inggris, di Teluk Bintuni, Papua Barat mempunyai peran yang cukup penting, khususnya dalam mendukung ketahanan energi nasional. (Dok. Kementerian ESDM)

  • Pilu Terserang Stroke di Umur 21, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Jadi Pemicu

    Pilu Terserang Stroke di Umur 21, Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Jadi Pemicu

    Jakarta

    Banyak yang mengira stroke hanya menyerang usia tua. Tapi siapa sangka, seorang wanita di Inggris mengalami stroke di usianya yang masih 21 tahun.

    Phoebe O’Shaughnessy, awalnya mengeluhkan sakit kepala selama empat hari. Sakitnya tak kunjung reda meski dia meminum obat apapun sehingga dirinya memutuskan ke rumah sakit.

    “Saat bangun, saya tidak bisa berbicara atau berjalan, dan sisi kanan wajah saya mulai melemah,” ucap Phoebe.

    Kejadian yang sama juga dirasakan oleh Elsa, seorang wanita di Tangerang. Dia terkena stroke di usia 29 tahun, usia yang masih sangat muda.

    Tiga hari sebelum stroke, Elsa mengeluh pusing tak tertahankan. Kala itu, dokter tidak mengira Elsa kena stroke dan langsung diperbolehkan pulang. Mengira gejalanya mereda, tiga hari kemudian seluruh badan di area kirinya tidak bisa digerakkan dan dia sulit berbicara.

    “Pola makan saya nggak sehat, sukanya yang fast food, nggak pernah olahraga apalagi tidur selalu jam 2 subuh, sekarang hanya bisa terapi,” beber Elsa kepada detikcom Jumat (7/2/2025).

    Penyebab Stroke Usia Muda

    Terkait meningkatnya angka stroke di usia muda, Dr dr Jacub Pandelaki, SpRad(K), mengatakan ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Pertama, catatan pelaporan kasus yang relatif baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

    Kedua, teknologi deteksi dini sehingga pasien muda yang terserang stroke lebih mudah diketahui. Ketiga, faktor gaya hidup yang juga berperan memicu stroke usia muda.

    Gejala Stroke

    Gejala stroke yang harus dikenali yakni:

    Kesulitan berbicaraMati rasa, kelemahan atau kelumpuhan pada wajah, lengan atau kakuMasalah penglihatan pada satu atau kedua mataSakit kepalaKesulitan berjalan6 Kebiasaan yang Bisa Picu Stroke

    Stroke yang terjadi di usia muda bisa dipicu faktor gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan saat ini yang cenderung instan juga bisa menjadi pemicu terjadinya stroke.

    “Jadi pola hidup mempunyai pengaruh yang besar, itulah kenapa pada usia muda sekarang ini bisa dimungkinkan terkena stroke,” terang dr Jacob.

    1. Terlalu banyak makan garam

    Orang yang mengonsumsi makanan tinggi garam atau makanan yang kaya lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol berisiko tinggi terkena stroke dan penyakit jantung.

    “Makanan tinggi garam meningkatkan tekanan darah dan merupakan faktor risiko stroke,” kata Dr Praveen Gupta, Direktur Utama & Kepala, Departemen Neurologi, Fortis Memorial Research Institute, Gurugram.

    2. Rebahan terus

    Rebahan terus tanpa dibarengi dengan aktivitas fisik yang teratur bisa memicu stroke. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan lain seperti obesitas yang terkait dengan stroke.

    3. Terlalu stres

    Stres mungkin sulit untuk dihindari sepenuhnya. Tapi paparan stres tidak terkontrol yang terus menerus bisa menyebabkan masalah kronis. Tekanan yang diberikan pikiran ke tubuh saat menghadapi situasi yang membuat stres bisa meningkatkan tekanan darah. Kemudian selanjutnya meningkatkan kemungkinan terkena stroke.

    4. Kebiasaan begadang

    Spesialis neurologi dr Sigit Dewanto H, SpN, FINS, FINA mengatakan secara tidak langsung, kebiasaan begadang dan kurang tidur bisa memicu stroke.

    “Kalau kita kurang tidur, metabolisme kita terganggu. Jadinya korelasinya gampang terkena faktor-faktor risikonya. Jadi nggak direct, tapi indirect. Jadi faktor risikonya dulu yang muncul. Seperti darah tinggi, gula, itu semua bisa muncul. Itu korelasinya kecapekan tadi kurang istirahat,” terangnya saat ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

    5. Berlebihan minum energy drink

    Spesialis saraf dari Perhimpunan Dokter Neurologi Seluruh Indonesia (Perdosni), dr Henry Riyanto, SpN, menyebut energy drink memiliki kandungan neurostimulan. Konsumsi berlebihan tak cuma mempengaruhi saraf, tapi juga bisa meningkatkan tekanan darah serta denyut jantung.

    “Pada orang-orang yang sudah memiliki faktor risiko sebelumnya, ada gangguan dinding pembuluh darah misalnya, akhirnya itu bisa terjadi kalau misalnya ada plak di pembuluh darahnya. Nantinya plaknya bisa menimbulkan stroke iskemik atau sumbatan,” kata dr Henry dalam perbincangan dengan detikcom.

    6. Kebanyakan minum soda

    Menurut penelitian yang dilakukan INTERSTROKE, minuman berkarbonasi, baik yang mengandung gula maupun pemanis buatan, seperti soda, dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan terkena stroke pertama atau pendarahan intraserebral sebesar 22 persen.

    “Kandungan gula yang tinggi dalam minuman berkarbonasi biasa dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan hipertensi, yang semuanya merupakan faktor risiko utama stroke iskemik dan pendarahan intraserebral,” kata Christopher Yi, dokter bedah vaskular di Memorial Orange Coast Medical Center, California.

    Tips mencegah stroke

    Stroke adalah penyakit yang bisa dicegah. Mengganti kebiasaan sehari-hari menjadi lebih sehat bisa mencegah penyakit mematikan ini. Beberapa yang bisa dilakukan yakni:

    Olahraga teraturPerbanyak minum air putih, kurangi asupan gulaTidur setidaknya 7-9 jam sehariKurangi stres dengan rutin melakukan meditasi atau yogaMengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, juga memilih protein yang rendah kadar lemak.Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin tekanan darah.

    (up/tgm)

  • Anggota DPR minta Kemenag evaluasi kinerja dan rekrutmen petugas haji

    Anggota DPR minta Kemenag evaluasi kinerja dan rekrutmen petugas haji

    Jakarta (ANTARA) – Anggota Tim Pengawas Haji DPR RI Satori meminta pemerintah khususnya Kementerian Agama segera mengevaluasi kinerja dan pola rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH).

    Menurut dia, profesionalitas petugas haji perlu ditingkatkan melalui penerapan sistem merit dan seleksi berbasis kompetensi, terlebih jika ke depan penyelenggaraan haji diambil alih Badan Pengelola Haji (BP Haji).

    “Saya lihat, petugas haji kita masih ada yang mengalami kendala komunikasi saat di Arab Saudi, terutama karena keterbatasan kemampuan bahasa. Ada petugas yang tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa Arab maupun Inggris,” kata Satori dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

    Menurut dia, evaluasi menyeluruh terhadap perekrutan petugas haji perlu dilakukan, termasuk pemberian pelatihan yang memadai sebelum bertugas. Jangan sampai ada komunikasi antara para petugas haji yang terputus di lapangan hanya karena sumber daya manusia yang tidak siap.

    “Apalagi setelah Armuzna (puncak haji), aktivitas petugas malah cenderung menurun, padahal mereka seharusnya membantu memfasilitasi pengadaan makanan bagi jemaah,” katanya.

    Untuk itu, Satori juga mendorong agar pengadaan petugas haji ke depannya dilakukan dengan sistem merit. Terlebih lagi penyelenggaraan haji selanjutnya akan ditangani BP Haji.

    “Pengadaan tenaga petugas dilakukan secara lebih selektif dan berbasis kemampuan,” katanya.

    Menurut dia, peningkatan kualitas SDM petugas haji sangat penting demi memastikan pelayanan terhadap jamaah semakin baik.

    Menurut ia, saat ini kinerja petugas haji masih harus dimaksimalkan lagi, terutama dalam mendampingi jamaah setelah puncak haji.

    “Terutama dari Muzdalifah ke Mina, petugas kelihatan kurang aktif memberikan arahan. Banyak jamaah yang akhirnya jalan kaki tanpa difasilitasi kendaraan. Ini harus jadi perhatian ke depan,” katanya.

    Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.