Negara: Indonesia

  • Pertamina Gelar Berkah Mengaji & Bagi Takjil Gratis di SPBU

    Pertamina Gelar Berkah Mengaji & Bagi Takjil Gratis di SPBU

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina Patra Niaga kembali menghadirkan program tahunan Berkah Mengaji Surat Pilihan dan pembagian takjil gratis di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia selama Ramadan 2025. Inisiatif ini bertujuan untuk berbagi keberkahan dengan masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

    Program Berkah Mengaji Surat Pilihan digelar serentak di 145 SPBU ini menjadi bagian dari komitmen Pertamina dalam mendukung kegiatan ibadah selama bulan suci. Sebagai bentuk apresiasi, Pertamina memberikan e-voucher BBM senilai Rp 25 ribu kepada peserta yang mengikuti kegiatan Berkah Mengaji Surat Pilihan.

    “Kami mengundang masyarakat yang mampir ke SPBU untuk membaca beberapa surat pilihan seperti Ar-Rahman, Al-Waqiyah, Al-Mulk, dan Yasin. Sebagai bentuk apresiasi, kami memberikan e-voucher BBM senilai Rp25 ribu,” ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy dalam keterangannya, Minggu (23/3/2025).

    Menurut Heppy, pemilihan SPBU sebagai lokasi program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan peningkatan layanan yang dilakukan Pertamina. Selain meningkatkan pelayanan pengisian bahan bakar, Pertamina juga melakukan perbaikan fasilitas di SPBU, termasuk musala dan toilet, agar lebih nyaman digunakan oleh pelanggan.

    Di antara lokasi pelaksanaan program, SPBU Pertamina 3415317 Ciater BSD, Tangerang Selatan, menjadi salah satu yang menarik perhatian masyarakat. Antusiasme terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan mengaji dan menerima manfaat dari program ini.

    “Dengan adanya program ini, kita bisa mendapatkan keberkahan Ramadan melalui mengaji. Ditambah lagi, kita mendapatkan e-voucher BBM yang sangat bermanfaat,” kata Abdul Aziz Al-Islami, salah satu peserta.

    Ia berharap program serupa bisa terus berlanjut di luar bulan Ramadan agar manfaatnya bisa dirasakan lebih luas.

    Selain program mengaji, Pertamina juga membagikan takjil gratis di berbagai SPBU. Setiap SPBU menargetkan setidaknya 50 paket takjil untuk dibagikan kepada masyarakat yang masih dalam perjalanan menjelang waktu berbuka puasa.

    “Kami bekerja sama dengan pemilik SPBU dalam kegiatan ini. Harapannya, kegiatan ini dapat berbagi kebahagiaan dan keberkahan dengan masyarakat di bulan suci,” ujar Heppy.

    Banyak penerima manfaat menyampaikan rasa syukur atas adanya program ini. Pradipta, salah satu warga Tangerang Selatan, mengaku terbantu dengan pembagian takjil.

    “Alhamdulillah, sangat senang dan terbantu karena hari ini saya juga sedang berpuasa hingga magrib,” tuturnya.

    Kebahagiaan juga terlihat dari warga Ciputat, Jailani. Ia pun turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pertamina ini.

    “Masya Allah, luar biasa. Orang yang memberi makanan kepada orang yang berpuasa mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa. Semoga Pertamina semakin berkah dan sukses,” katanya.

    Sementara itu, Sigit, warga Ciputat Selatan lain yang sedang dalam perjalanan ke Jakarta, merasakan manfaat langsung dari pembagian takjil ini.

    “Takjil ini sangat menolong karena saya harus pulang ke Jakarta dan pasti terkena macet. Alhamdulillah, bisa berbuka dalam perjalanan,” ujarnya.

    Untuk diketahui, melalui program sosial ini, Pertamina berharap dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat serta meningkatkan kualitas layanan di SPBU agar lebih nyaman bagi pelanggan. Berkah Mengaji Surat Pilihan dan berbagi takjil diharapkan dapat menjadi momen kebersamaan dan keberkahan bagi masyarakat selama bulan Ramadan.

    (dpu/dpu)

  • KAI Catat 2,6 Juta Tiket Kereta Lebaran Sudah Ludes Terjual

    KAI Catat 2,6 Juta Tiket Kereta Lebaran Sudah Ludes Terjual

    JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat tingginya antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran 2025.

    Total tiket yang sudah terjual mencapai lebih dari 2,6 juta per hari ini.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan hingga 23 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket terus menunjukkan tren positif.

    “Total tiket yang telah terjual mencapai 2.621.676 tiket atau sekitar 57,52 persen dari total kapasitas yang disediakan,” tuturnya dalam keterangan resmi, Minggu, 23 Maret.

    Dari jumlah tersebut, sambung Anne, 2.468.296 tiket merupakan KA Jarak Jauh dengan tingkat okupansi mencapai 72,10 persen.

    Sementara itu, tiket KA Lokal yang terjual sebanyak 153.380 tiket atau setara dengan 13,78 persen dari total kapasitas.

    Anne menambahkan bahwa penjualan tiket KA Lokal cenderung meningkat mendekati hari keberangkatan karena masyarakat biasanya melakukan pembelian secara spontan.

    “Kami optimis penjualan tiket KA Lokal akan terus bertumbuh seiring mendekatnya puncak arus mudik dan balik. KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi untuk memastikan pelayanan terbaik,” jelas Anne.

    Pada 22 Maret 2025 kemarin, volume penumpang yang diberangkatkan mencapai 174.461 penumpang, terdiri dari 146.524 penumpang KA Jarak Jauh dan 27.937 penumpang KA Lokal.

    “Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, realisasi ini mengalami peningkatan sebesar 42,45 persen,” katanya.

    Sementara dari tanggal 21 hingga 22 Maret 2025, total volume penumpang mencapai 345.017 orang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2024, terdapat peningkatan sebesar 20,59 persen.

    KAI juga mencatat bahwa pencapaian KA JJ telah melampaui program yang ditargetkan pada periode tersebut.

    Realisasi volume penumpang KA Jarak Jauh mencapai 109,05 persen dari target.

    “Kami terus berupaya memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan. KAI juga mengimbau para pelanggan agar memanfaatkan layanan online melalui aplikasi Access by KAI dan booking.kai.id untuk pembelian tiket dan informasi terkini,” tutup Anne.

  • Kecilkan Peneror, Pasti Stress Dia

    Kecilkan Peneror, Pasti Stress Dia

    PIKIRAN RAKYAT – Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan (PCO) Hasan Nasbi sempat menerima reaksi naik pitam dari publik, lantaran responsnya soal teror ‘kepala babi’ terhadap jurnalis Tempo. Ia kali ini meluruskan perkataannya tempo hari.

    Sebelumnya, Hasan Nasbi mewakili Istana Negara, menanggapi teror kepala babi itu dengan respons setengah guyon. Dia menyuruh korban bersangkutan untuk memasak objek teror, dari pelaku yang belum ketahuan identitasnya.

    Menuai kemarahan masyarakat, Hasan Nasbi akhirnya klarifikasi. Ia menegaskan bahwa maksudnya, agar insiden pengiriman paket berisi kepala babi kepada media Tempo tidak lantas dibesar-besarkan.

    Jika ditanggapi sedemikian masif, maka menurutnya itu hanya akan menyebarkan ketakutan lebih luas dan berlarut. Hasan Nasbi menekankan bahwa inilah hal yang menjadi target peneror.

    “Saya menyempurnakan respons itu ya, sekalian aja kan? Kalau orang kirim (paket) itu sebagai teror, ternyata bahan makanan dia dimasak aja lah. Peneror kan pasti stres kalau bahan kiriman dia dimasak kan gitu,” kata Hasan dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Sabtu, 22 Maret 2025.

    Hasan melanjutkan, pernyataannya itu sejalan dengan sikap yang ditampilkan wartawan Tempo yang dikirimi paket, Fransisca, di media sosial, yang terlihat tidak gentar akan teror yang dialamatkan kepadanya.

    Menurut Hasan, tujuan peneror mengirimkan paket itu adalah untuk menebar ketakutan, sehingga kemudian akan dibesar-besarkan oleh banyak pihak.

    “Jangan sampai kita justru ikut membesar-besarkan ketakutan, karena itu target si peneror. Kita harus mengecilkan dia. Menurut saya cara yang paling tepat untuk mengecilkan peneror itu ya dimasak aja lah kirimannya dia kan gitu,” ucap Hasan.

    Kebebasan Pers Sudah Berjalan di Indonesia

    Mengenai kebebasan pers, Hasan juga menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada media atau jurnalis yang dilaporkan akibat sikap kritis terhadap pemerintah.

    Hasan berpendapat bahwa hal ini menunjukkan bukti nyata bahwa pemerintah tidak membatasi kebebasan pers. Presiden Prabowo Subianto pun tidak memberikan komentar khusus tentang insiden Tempo dan kebebasan pers, karena dianggap tidak ada masalah yang perlu dibahas.

    “Enggak ada yang dilarang masuk Istana gara-gara kritis. Enggak ada. Enggak ada yang dilarang liputan misalnya di kantor-kantor pemerintahan gara-gara kritis. Enggak ada. Jadi kalau bagi pemerintah itu sudah bukti nyata (mendukung kebebasan pers),” ucapnya.

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Top! BRI Raih Penghargaan Internasional Best SME Bank in Indonesia

    Top! BRI Raih Penghargaan Internasional Best SME Bank in Indonesia

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) meraih penghargaan Best SME Bank in Indonesia dalam ajang The Asian Banker (TAB) Global Excellence in Retail Finance Awards 2025 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Penghargaan ini kembali menjadi penegasan bagi BRI sebagai pemimpin dalam layanan perbankan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

    Mengutip publikasi dari TAB Global Excellence in Retail Finance Awards 2025, penghargaan ini mencerminkan visi dan eksekusi BRI dalam menghadirkan solusi keuangan bagi UMKM secara konsisten.

    “BRI telah menunjukkan keunggulannya dalam mendukung UMKM melalui solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, inovasi, mendukung pertumbuhan berkelanjutan, serta berhasil mencatatkan kinerja yang lebih baik dibandingkan pesaing,” tulis The Asian Banker dikutip Minggu (23/3/2025).

    Sebagai bank yang konsisten berkomitmen pada perkembangan UMKM, BRI terus mengedepankan strategi pemberdayaan di depan pembiayaan untuk memberikan layanan finansial yang inklusif. Keunggulan ini membuat BRI unggul dibandingkan bank-bank lain dalam mendukung ekosistem UMKM yang dinamis dan kompetitif.

    Terkait dengan hal tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas pencapaian tersebut.

    “Penghargaan Best SME Bank in Indonesia 2025 ini merupakan apresiasi dan bukti nyata dari upaya berkelanjutan BRI dalam memberdayakan UMKM. Keberhasilan ini juga mencerminkan peran BRI sebagai mitra strategis bagi para pengusaha UMKM di seluruh Indonesia,” ujar Sunarso.

    Keunggulan BRI dalam sektor UMKM didukung oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk akses pembiayaan serta program-program pemberdayaan berkelanjutan. Berikut adalah komitmen nyata BRI dorong peningkatan kualitas dan daya saing UMKM:

    1. Jadi Penyalur Kredit UMKM Terbesar Dengan Porsi 81,21%

    BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui akses pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Hingga akhir Desember 2024 BRI mencatatkan penyaluran kredit sebesarRp1.354,64 triliun atau tumbuh 6,97% yoy dan seluruh segmen pinjaman tercatat tumbuh positif. Penyaluran kredit BRI didominasi oleh segmen UMKM dengan porsi mencapai 81,97% dibandingkan dengan total kredit BRI, atau dengan nominal sebesar Rp1.110,37 triliun.

    2. Salurkan KUR Rp184,98 Triliun Kepada Lebih dari 4 Juta Pelaku UMKM

    KUR merupakan program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM. Sumber dana KUR 100% berasal dari sumber dana bank, sedangkan sebagian porsi bunga yang harus dibayar oleh nasabah mendapat subsidi dari Pemerintah. Sepanjang tahun 2024, BRI berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp184,98 triliun, menjadikannya yang tertinggi diantara perbankan nasional lainnya. Penyaluran KUR BRI mampu menjangkau lebih dari 4 juta pelaku UMKM di seluruh wilayah Indonesia dan memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

    3. Perluas Akses Keuangan Ekonomi Grassroot, Holding Ultra Mikro BRI Group Layani 36,9 Juta Debitur dan 180 Juta Tabungan

    Holding Ultra Mikro (UMi) merupakan sinergi BRI sebagai induk bersama Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk memberikan akses layanan keuangan yang lengkap, terintegrasi, dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha, khususnya di segmen Ultra Mikro(UMi). Setelah terbentuk pada 2021, Holding UMi telah memperluas layanannya melalui 1.032 outlet Sentra Layanan Ultra Mikro(SSenyum) yang tersebar di seluruh Indonesia. Kini Holding Ultra Mikro telah melayani lebih dari 183 juta nasabah simpanan dan 35,9juta nasabah pinjaman.

    4. Berdayakan UMKM Melalui 38.574 Klaster Usaha

    Tak hanya pembiayaan semata, BRI juga memiliki berbagai program pemberdayaan UMKM, diantaranya adalah pemberdayaan melalui program Klasterku Hidupku dan Desa BRILiaN. Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam meningkatkan maupun pengembangan usaha para anggotanya. Hingga akhir Desember 2024 tercatat BRI telah memiliki 38.574 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku.

    5. Dorong Ekosistem Ekonomi Desa, Berdayakan 4.327 Desa BRILiaN

    Di samping itu juga ada program Desa BRILiaN. Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir Desember 2024 tercatat terdapat 4.327 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

    Penghargaan ini semakin memperkuat komitmen BRI untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan keuangan yang memberdayakan sektor UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sesuai Asta Cita pemerintah.

    (dpu/dpu)

  • Warga RI Jadi Korban Maling Facebook-Rekening Ludes, Begini Modusnya

    Warga RI Jadi Korban Maling Facebook-Rekening Ludes, Begini Modusnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Seiring perkembangan teknologi, penipuan banyak menyita korban melalui handphone (HP)-nya. Terbarunya, Modus penipuan baru berkedok trading saham dan mata uang kripto terdeteksi menyebar lewat media sosial Facebook.

    Aksi kejahatan siber ini melibatkan jaringan internasional. Setidaknya sudah ada 90 warga Indonesia yang menjadi korban dengan total kerugian mencapai Rp 105 miliar.

    Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah membongkar kasus penipuan online terbaru yang meresahkan warga. Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Himawan Bayu Aji, menyampaikan bahwa pengungkapan kasus ini berawal dari tiga laporan polisi yang diterima Bareskrim Polri pada Januari dan Februari 2025.

    Selain itu, pihaknya menindaklanjuti 13 laporan polisi dari berbagai wilayah Indonesia serta 11 pengaduan dari Indonesia Anti Scam Centre (IASC) OJK.

    “Saat ini jumlah korban mencapai 90 orang dan diperkirakan masih akan bertambah. Para korban tersebar di beberapa wilayah, dengan jumlah terbanyak di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar,” ungkap Brigjen Pol. Himawan dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, dikutip Minggu (23/3/2025).

    Foto: REUTERS/Dado Ruvic
    Figurines are seen in front of the Facebook logo in this illustration taken March 20, 2018. REUTERS/Dado Ruvic

    Modus Penipuan Baru di Facebook

    Kasus ini bermula pada September 2024, ketika korban melihat iklan di Facebook yang menawarkan peluang keuntungan besar melalui trading saham dan mata uang kripto.

    Korban yang tertarik diarahkan untuk berkomunikasi melalui WhatsApp dengan seseorang yang mengaku sebagai Prof. AS, yang memberikan pelatihan trading.

    Selanjutnya, korban diminta bergabung ke grup WhatsApp yang dikelola pelaku. Para korban diperkenalkan pada tiga platform trading, yakni:

    – JYPRX

    – SYIPC

    – LEEDXS

    Korban dijanjikan keuntungan antara 30% hingga 200%, serta diberikan hadiah jam tangan dan tablet jika mencapai target investasi tertentu. Namun, untuk berpartisipasi korban harus membuka akun di platform tersebut yang tersedia dalam bentuk web-based dan aplikasi Android.

    Para korban kemudian diminta mentransfer dana ke beberapa rekening bank atas nama perusahaan yang ditampilkan di platform tersebut. Setelah diselidiki, polisi menemukan 67 rekening yang digunakan pelaku, tersebar di sejumlah bank nasional.

    Pada Januari 2025, korban mulai menerima pesan WhatsApp dari pusat perdagangan JYPRX Global, yang menginformasikan bahwa akun mereka ditangguhkan sementara.

    Korban diminta membayar pajak dan biaya tambahan agar dapat menarik dana mereka. Saat korban mencoba melakukan penarikan, dana mereka tidak dapat dicairkan, sehingga mereka menyadari telah menjadi korban penipuan.

    3 Tersangka WNI

    Ada tiga tersangka tersangka WNI yang terlibat dalam kejahatan ini, yakni AN, MSD, dan WZ. Polisi telah memblokir dan menyita uang sebesar Rp 1,53 miliar dari 67 rekening bank yang digunakan para pelaku.

    Brigjen Pol. Himawan menambahkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan terhadap kemungkinan tersangka lain. Polisi juga telah berkoordinasi dengan Interpol untuk menerbitkan Red Notice terhadap pelaku warga negara asing yang diduga terlibat dalam jaringan ini.

    “Kami juga telah menetapkan dua tersangka lain sebagai DPO, yaitu AW dan SR. Untuk pelaku warga negara asing, kami sudah bekerja sama dengan Divhubinter Polri dan Interpol agar segera menerbitkan Red Notice,” tegasnya.

    Kasus ini kembali mengingatkan kita untuk terus berhati-hati di internet. Jangan gampang terkecoh dengan keuntungan menggiurkan yang ditawarkan orang asing di media sosial maupun platform pesan singkat seperti WhatsApp dan Telegram. Semoga informasi ini membantu!

    (wur)

  • Mantap! Layanan Porter Serambi MyPertamina Bikin Mudik Lebih Praktis

    Mantap! Layanan Porter Serambi MyPertamina Bikin Mudik Lebih Praktis

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pertamina Patra Niaga kembali memberikan layanan terbaik dalam menyambut arus mudik Idul Fitri 2025, dengan menghadirkan Serambi MyPertamina. Layanan ini dihadirkan sebagai layanan ekstra untuk memberikan kenyamanan yang memanjakan masyarakat, saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

    Serambi MyPertamina merupakan layanan singgah sementara yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pemudik khususnya para pengguna setia aplikasi MyPertamina.

    Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra menjelaskan bahwa layanan Serambi MyPertamina dihadirkan untuk mendukung kelancaran perjalanan pemudik agar bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

    “Serambi MyPertamina di tahun ini kami sebar lebih luas, tidak hanya di Rest Area Tol tetapi juga di Bandara, Pelabuhan dan Kawasan Wisata untuk membuat perjalanan masyarakat semakin lancar dan aman selama masa libur lebaran,” jelas Ega dalam keterangan resmi, Minggu (23/3/2025).

    Khusus di bandara, Serambi MyPertamina juga menyediakan game console untuk menunggu jam terbang pesawat, dan juga layanan Porter gratis yang membantu penumpang saat check in tiket, sehingga perjalanan mudik lewat jalur udara lebih praktis. Layanan ini tersedia di terminal keberangkatan Bandara YIA Yogyakarta, Bandara Juanda Sidoarjo, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Lobby Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

    Sementara itu, untuk area kedatangan tersedia di Bandara Kualanamu Medan dan Bandara Sepinggan Balikpapan. Secara keseluruhan terdapat 27 titik Serambi dan Mini Serambi MyPertamina yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik. Selain lima Serambi MyPertamina Rest Area Tol, juga disiapkan 22 titik Mini Serambi berupa Area Santai dan Mini Klinik yang tersedia di Bandara, Pelabuhan, Kawasan Wisata.

    Layanan Serambi MyPertamina tersedia mulai 22 Maret hingga 9 April 2025. Fasilitas yang ditawarkan Serambi MyPertamina adalah berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari snack corner, barbershop, ruang menyusui, hingga kursi pijat untuk relaksasi para pemudik.

    (dpu/dpu)

  • Begini Prospek Jualan Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Begini Prospek Jualan Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Jakarta

    Mitsubishi Fuso eCanter merupakan truk listrik pertama yang resmi dijual di Indonesia. Meluncur sejak tahun lalu, sudah berapa banyak populasinya?

    “Sampai saat ini yang sudah terealisasi penjualannya ada di salah satu perusahaan logistik di Jakarta,” kata Aji Jaya, selaku Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian di Jakarta Timur, Jumat (21/3/2025).

    Kendaraan komersial nonemisi itu dibeli PT Yusen Logistics Indonesia (YLI) selaku konsumen pertama di Tanah Air.

    PT Yusen Logistics Indonesia mengoperasikan truk listrik Fuso eCanter dengan spesifikasi baterai berukuran M berkapasitas 83kWh, yang sanggup menempuh perjalanan sejauh 140km dengan GVW sebesar 6ton dalam sekali pengisian daya penuh.

    Sebagai catatan, sebelum membeli unitnya, PT Yusen Logistics Indonesia sempat melakukan uji coba atau Proof of Concept (PoC) Fuso eCanter tahun lalu. Pada kesempatan itu, mereka memberikan penilaian positif terhadap kendaraan tersebut.

    Aji menambahkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan kepada beberapa perusahaan global yang bermarkas di Indonesia. Dia berharap realisasi pembelian truk listrik bisa terjadi setelah momen lebaran.

    Di sisi lain Pemerintah Indonesia pun tetap terus mendorong perusahaan-perusahaan menjalankan bisnisnya dengan pendekatan tiga aspek utama yakni economic, social, and governance (ESG). Pemerintah juga berusaha memberikan contoh. Misalnya, dalam hal pengembangan pembiayaan, pemerintah menerbitkan portofolio kredit hijau, dan instrumen keuangan berbasis lingkungan.

    “Dari hasil beberapa approach kepada perusahaan yang prospek dengan EV ini. Kami telah mendapatkan banyak prospek, harapannya setelah lebaran ini, kita akan, bukan panen, isa menerima realisasi prospek-prospek ini sejak kami launching,” kata Aji.

    “Dari launching sampai Maret. Banyak aktivitas dari kami dan juga dealer yang diberi tugas memasarkan eCanter ini melakukan approach kepada calon-calon konsumen terutama global company yang menjadi target kami, mereka sudah feedback, realisiasinya masih dalam negosiasi,” jelasnya lagi.

    (riar/din)

  • Kapan Sidang Isbat Idulfitri 2025? Cek Jadwal Resminya Sekarang!

    Kapan Sidang Isbat Idulfitri 2025? Cek Jadwal Resminya Sekarang!

    Jakarta, Beritasatu.com – Menjelang hari raya Idulfitri 2025, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Syawal 1446 Hijriah. Sidang ini menjadi momen krusial bagi umat Islam di Indonesia karena akan menentukan kapan hari kemenangan setelah ibadah puasa Ramadan selama satu bulan.

    Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan dua metode utama, yaitu hisab (perhitungan astronomi) dan rukyat (pengamatan hilal). Metode hisab digunakan untuk memperkirakan posisi hilal secara matematis, sementara rukyat dilakukan dengan pengamatan langsung di berbagai titik pemantauan di Indonesia.

    Keputusan dari sidang ini akan menjadi acuan bagi umat Islam dalam menentukan perayaan Idulfitri, baik secara serempak maupun berbeda, tergantung hasil pengamatan hilal.

    Apa Itu Sidang Isbat?

    Sidang isbat adalah pertemuan resmi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menetapkan awal bulan dalam kalender Hijriah, seperti Ramadan, Syawal (Idulfitri), dan Zulhijah (Iduladha). Kata isbat sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti penetapan atau keputusan.

    Sidang ini melibatkan berbagai pihak, termasuk ulama, pakar astronomi, ahli ilmu falak dari organisasi masyarakat Islam, serta instansi terkait. Tujuan utama dari sidang ini adalah mencapai kesepakatan dalam penetapan awal bulan Hijriah, sehingga umat Islam di Indonesia memiliki pedoman yang sama dalam menjalankan ibadah.

    Kapan Sidang Isbat Idulfitri 1446 H/2025?

    Kementerian Agama dijadwalkan menggelar sidang isbat untuk menetapkan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1446 Hijriah pada Sabtu (29/3/2025). Menteri Agama Nasaruddin Umar mengungkapkan bahwa ada kemungkinan Lebaran akan jatuh pada Senin (31/3/2025), yang berpotensi dirayakan serentak oleh pemerintah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah.

    “Potensinya ada untuk berbarengan. Iya, potensinya sama Lebaran 31 Maret 2025,” kata Nasaruddin Umar pada Sabtu (22/3/2025).

    Menurut Nasaruddin, potensi perayaan Idulfitri yang sama antara pemerintah dan Muhammadiyah didasarkan pada kondisi objektif perhitungan hilal. Berdasarkan metode hisab, posisi hilal masih di bawah nol derajat, tepatnya minus tiga derajat.

    Sementara itu, elongasi hilal juga masih rendah dan belum memenuhi kriteria standar yang telah ditetapkan, yaitu ketinggian hilal minimal tiga derajat dengan elongasi sekitar enam derajat.

    Meski demikian, Nasaruddin mengimbau masyarakat untuk menunggu hasil resmi sidang isbat yang akan digelar pada Sabtu (29/3/2025). Penentuan awal Syawal ini akan diawali dengan pemantauan hilal di berbagai titik lokasi di seluruh Indonesia sebelum diputuskan secara resmi melalui sidang isbat.

    Dengan demikian, umat Islam di Indonesia diharapkan dapat mengikuti keputusan resmi pemerintah setelah melaksanakan sidang isbat dalam penentuan perayaan Idulfitri, demi menjaga kebersamaan dan persatuan dalam menjalankan ibadah.

  • Awas Neraka Macet! Jangan Berangkat Mudik dan Balik di Tanggal Ini

    Awas Neraka Macet! Jangan Berangkat Mudik dan Balik di Tanggal Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Momen Lebaran bagi sebagian orang merupakan momen untuk kembali ke kampung halaman bertemu dengan keluarga. Pada Lebaran tahun 2025 diprediksi akan jatuh pada tanggal 31 Maret/1 April 2025.

    Artinya, musim libur dan mudik Lebaran sebentar lagi tiba. Apalagi, pemerintah telah menetapkan libur siswa sekolah dalam rangka Hari Raya Nyepi dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2025 ini mulai tanggal 21 Maret.

    Untuk itu, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) termasuk Jasa Marga pun sudah mulai mewanti-wanti masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik di musim libur Lebaran 2025.

    Jasa Marga memprediksi ada beberapa waktu favorit atau pilihan banyak orang yang biasa digunakan pemudik saat libur Lebaran. Karenanya waktu ini sebaiknya dihindari, dengan begitu tidak terjebak dalam kemacetan arus lalu lintas.

    “Waktu yang menjadi favorit ketika berangkat bagi pemudik pertama habis sahur dulu, kemudian baru habis maghrib,” kata Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita di kantornya, dikutip Minggu (23/3/2025).

    Foto: Kendaraan terjebak kemacetan di KM 48 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Jawa Barat, Senin (15/4/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
    Kendaraan terjebak kemacetan di KM 48 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Jawa Barat, Senin (15/4/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Hal itu berbeda dengan waktu keberangkatan ketika arus balik dari kampung halaman atau tempat liburan ke Jabodetabek.

    “Arus balik lebih sore lagi. Katakan dari Bandung habis checkout hotel langsung pulang, jadi sore, lalu dari Semarang juga sama sekitar dari siang,” kata Atika.

    Dia pun mengimbau masyarakat untuk mudik di waktu-waktu senggang, termasuk di awal sebelum puncak arus mudik yang diperkirakan beberapa hari sebelum Lebaran.

    “Dimulai H-6 udah ada kepadatan Jakarta-Cikampek,” sebut Atika.

    Sebelumnya Kapolri Listyo Sigit Prabowo memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 28-30 Maret 2025. Sementara arus balik terjadi pada 5-7 April 2025.

    “Oleh karena itu, kita melaksanakan rencana kegiatan Operasi Ketupat yang dibagi menjadi dua versi, untuk operasi di wilayah mulai dari Lampung sampai Bali, itu akan dilaksanakan 17 hari. Sedangkan untuk 28 Polda yang lain akan dilaksanakan 14 hari,” ujar Listyo.

    (wur)

  • Bareskrim Analisa Rekaman CCTV, Usut Kasus Teror Kepala Babi dan Bangkai Tikus ke Tempo – Halaman all

    Bareskrim Analisa Rekaman CCTV, Usut Kasus Teror Kepala Babi dan Bangkai Tikus ke Tempo – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyidik Dittipidum Bareskrim Polri melakukan penyelidikan terkait kasus teror kepala babi dan bangkai tikus ke media Tempo Jakarta.

    Hal ini sesuai intruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta agar kasus tersebut diusut tuntas.

    “Tim mendatangi TKP Gedung Tempo dalam rangka koordinasi terkait laporan polisi dengan mendata saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro melalui keterangannya, Minggu, (23/3/2025).

    Djuhandani menyebut pihaknya juga melakukan klarifikasi ke sejumlah saksi dan mengecek CCTV di pos sekuriti Kantor Tempo hingga sepanjang jalan depan kantor untuk nantinya dianalisa dan bisa mengetahui terduga pelaku teror.

    “Tim sudah menerima hasil rekaman CCTV Gedung Tempo, Grogol, Jakarta Selatan. Selanjutnya, tim melakukan analisa video dengan mengutamakan pencarian terhadap 1 orang terduga pelaku yang belum teridentifikasi,” ucapnya.

    Djuhandani mengatakan penyidik tengah mendalami dugaan tindak pidana ancaman kekerasan dan/atau menghalang-halangi kerja jurnalistik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 335 KUHP dan/atau Pasal 18 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

    Diteror Kepala Babi dan Bangkai Tikus 

    Untuk informasi, Media Tempo mendapatkan teror dari orang tak dikenal. Kali ini, satu paket berisikan kepala babi dikirimkan ke kantor Tempo. 

    Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Tempo, Bagja Hidayat mengatakan paket itu ditujukkan untuk wartawannya yang juga host ‘Bocor Alus’ bernama Francisca Christy Rosana atau Cica. 

    “Jadi paket itu ditujukan buat Cica, Cica itu kan host Bocor Alus ya, Francisca,” kata Bagja kepada Tribunnnews.com, Kamis (20/3/2025). 

    Bagja mengatakan Cica baru menerima paket tersebut pada hari ini setelah selesai liputan bersama rekannya bernama Hussein Abri Yusuf Muda Dongoran sekira pukul 15.00 WIB. 

    Sementara itu, paket tersebut disebut Bagja, sudah diterima pihak petugas keamanan Tempo pada Rabu (19/3/2025) sekira pukul 16.13 WIB. 

    “Nah begitu dibuka udah menyengat baunya. Nah udah menyengat baunya, lalu dibawa keluar. Begitu dibuka ya kepala babi dengan telinga yang potong,” tuturnya. 

    Beberapa hari kemudian, tepatnya pada Sabtu (22/3/2025), kantor Tempo kembali diteror dengan sebuah kotak berisi enam ekor tikus sudah dipenggal bagian kepalanya. 

    Petugas kebersihan Tempo mulanya menduga kotak kardus yang dibungkus dengan kertas kado bermotif bunga mawar merah itu berisi mi instan.  

    Bentuk kotak itu sedikit penyok. Tak ada tulisan apa pun di kotak kardus tersebut. 

    Pemeriksaan sementara oleh manajemen gedung, bungkusan berisi bangkai tikus itu dilempar orang tak dikenal pada pukul 02.11 WIB dari luar pagar kompleks kantor Tempo. 

    Petugas keamanan menduga kotak bangkai tikus itu mengenai mobil yang sedang diparkir sebelum membentur aspal.  

    Ada jejak baret pada mobil yang terkena lemparan kotak tikus itu. 

    Kasus teror ini pun dilaporkan pihak media Tempo bersama Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) ke Bareskrim Polri pada Jumat (21/3/2025).