Negara: Indonesia

  • Jelang Idulfitri Transaksi Remitansi BSI Tembus Rp1,5 Triliun

    Jelang Idulfitri Transaksi Remitansi BSI Tembus Rp1,5 Triliun

    PIKIRAN RAKYAT – Transaksi remitansi PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama Ramadan 1446 H mencapai Rp1,5 triliun, naik sekitar 15% dari periode yang sama tahun lalu.

    Adapun jumlah transaksinya mencapai sekitar 250.000 yang didominasi transfer. Pencapaian tersebut tak terlepas dari kerja sama yang dijalin BSI dengan 13 mitra agen remitansi di negara-negara yang tersebar di benua Asia, Eropa dan Amerika.

    Terkait kinerja tersebut, Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, saat ini perseroan terus meningkatkan layanan agar nasabah dapat dengan mudah mengakses BSI baik di dalam maupun di luar negeri.

    “Untuk itu, salah satunya kami terus menjajaki potensi kerja sama mitra di beberapa negara agar WNI bisa dengan mudah bertransaksi khususnya para pekerja migran Indonesia,” ujar Anton.

    Di antara kemudahan yang diberikan BSI dalam layanan remitansi adalah nasabah dapat melakukan transaksi melalui aplikasi mitra remittance. Dengan demikian nasabah melakukan transaksi tidak perlu datang ke kantor cabang remittance.

    Dengan peningkatan layanan yang terus dilakukan BSI, Anton menuturkan rata-rata pertumbuhan transaksi remitansi di sejumlah negara mencapai sekitar 30%-40%. Adapun keunggulan dari layanan remitansi BSI yakni cepat, mudah diakses dengan tarif yang kompetitif.

    Selain itu, terkoneksi juga dengan BSI Call 14040 jika ada keluhan nasabah yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

    “Layanan-layanan tersebut akan terus kami tingkatkan sejalan dengan komitmen BSI untuk terus memperluas dan meningkatkan transaksi,” pungkasnya.

    Berikut beberapa mitra remitansi yang bisa diakses masyarakat/nasabah BSI saat berada di luar negeri:

    1. Malaysia – SMJ Teratai, Merchantrade, Berry Pay, Immer, Akbar Money
    2. Singapore – Lulu Money, Steadfast, Sing X, Dollarex
    3. Brunei Darussalam – Darul Trustee, Boza Remittance
    4. Jepang – Kyodai Remittance, JRF
    5. Korea Selatan – Gmoney Trans
    6. Hongkong – Wirease Limited, AT Service dan Warung Chandra Remitttance
    7. Australia – Aussie Forex
    8. New Zealand – Orbit Remit
    9. UAE – Direct Remit, Terrapay, Instant Cash, Alfanow
    10. Qatar – Arabian Exchange
    11. USA – Mastercard
    12. UK – Guavapay Limited
    13. Canada – Uremit. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Gelar RUPST 2025, BRI Bagikan Dividen Rp51,73 triliun dan Bersiap Lakukan Buyback Rp3 triliun

    Gelar RUPST 2025, BRI Bagikan Dividen Rp51,73 triliun dan Bersiap Lakukan Buyback Rp3 triliun


    PIKIRAN RAKYAT –
    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin, 24 Maret 2025, di Jakarta. Pada RUPST kali ini, BRI menyetujui untuk membagikan dividen sebesar besarnya Rp51,73 triliun, angka tersebut meningkat dibandingkan dengan dividen yang dibayarkan pada tahun 2024 sebesar Rp48,10 triliun. Di samping itu, BRI juga akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham dengan jumlah sebesar-besarnya Rp3 triliun.

    Pada RUPST BRI 2025 kali ini terdapat 10 mata acara rapat yang diputuskan dan telah disetujui. tiga diantaranya dijelaskan lebih lanjut oleh Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi, diantaranya adalah Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan (penetapan dividen tunai), Rencana Pembelian Kembali Saham (buyback) dan Perubahan Pengurus Perseroan.

    Penggunaan Laba Bersih Perseroan (Penetapan Dividen Tunai)

    Untuk tahun buku 2024, BRI mencatat laba bersih konsolidasian yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp60,15 triliun. Dari jumlah tersebut, perseroan menetapkan total dividen tunai yang dibagikan sebesar besarnya mencapai Rp51,73 triliun. Atas nilai dividen tersebut, sebelumnya pada 15 Januari 2025, BRI telah membagikan dividen interim sebesar Rp20,33 triliun atau Rp135 per lembar saham. Dengan demikian, sisa dividen yang akan dibayarkan adalah sebesar besarnya Rp31,40 triliun. ​

    Dari total nilai dividen tunai di atas, BRI menyetorkan dividen kepada negara Rp27,68 triliun (termasuk dividen interim yang telah dibagikan pada 15 Januari 2025 sebesar Rp10,88 triliun). Sedangkan sisanya dibayarkan secara proporsional kepada setiap Pemegang Saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal pencatatan (recording date).

    “Perseroan dalam memperhitungkan pembayaran dividen telah mempertimbangkan berbagai aspek, salah satunya adalah struktur modal perseroan yang kuat dan likuiditas yang cukup untuk ekspansi bisnis dan mitigasi risiko pengelolaan bank, termasuk CAR Perseroan yang diproyeksikan terjaga di atas 19% dalam jangka panjang”, jelas Hendy.

    Rencana Pembelian Kembali Saham (Buyback)

    Selain pembagian dividen, RUPST BRI 2025 juga menyetujui rencana BRI untuk melakukan pembelian kembali atau buyback saham dengan jumlah sebesar-besarnya Rp3 triliun. Buyback dilakukan melalui Bursa Efek maupun di luar Bursa Efek, baik secara bertahap maupun sekaligus, dan diselesaikan paling lama 12 (dua belas) bulan setelah tanggal RUPST. Langkah ini diambil sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan nilai pemegang saham dan mendukung program kepemilikan saham bagi karyawan.

    Perubahan Pengurus Perseroan

    Pada RUPST BRI 2025 ini juga menetapkan perubahan pengurus perseroan, diantaranya memberhentikan dengan hormat nama-nama sebagai berikut:

    Sunarso sebagai Direktur Utama Catur Budi Harto sebagai Wakil Direktur Utama Handayani sebagai Direktur Bisnis Konsumer Supari sebagai Direktur Bisnis Mikro  Amam Sukriyanto sebagai Direktur Commercial, Small and Medium Business Arga Mahanana Nugraha sebagai Direktur Digital dan Teknologi Informasi Agus Winardono sebagai Direktur Human Capital Agus Sudiarto sebagai Direktur Manajemen Risiko   Andrijanto sebagai Direktur Retail Funding and Distribution Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari sebagai Direktur Keuangan Kartika Wirjoatmodjo sebagai Komisaris Utama Rofikoh Rokhim sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Paripurna Poerwoko Sugarda sebagai Komisaris Independen Nurmaria Sarosa sebagai Komisaris Independen Haryo Baskoro Wicaksono sebagai Komisaris Independen Dwi Ria Latifa sebagai Komisaris Independen Agus Riswanto sebagai Komisaris     Rabin Indrajad Hattari sebagai Komisaris Heri Sunaryadi sebagai Komisaris Independen

    Dalam RUPST tersebut juga mengubah nomenklatur jabatan anggota-anggota Direksi Perseroan sebagai berikut:

    No.

    Semula

    Menjadi

    1

    Direktur Kepatuhan

    Direktur Human Capital & Compliance

    2

    Direktur Human Capital

    3

    Direktur Bisnis Konsumer

    Direktur Consumer Banking

    4

    Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan

    Direktur Corporate Banking

    5

    Direktur Bisnis Mikro

    Direktur Micro

    6

    Direktur Keuangan

    Direktur Finance & Strategy

    7

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi

    Direktur Information Technology

    8

    Direktur Commercial, Small, and Medium Business

    Direktur Commercial Banking

    9

    Direktur Retail Funding and Distribution

    Direktur Network dan Retail Funding

    10

    Direktur Treasury dan International Banking

    11

    Direktur Operations

    Kemudian, RPUST BRI 2025 mengangkat nama-nama sebagai berikut:

    Hery Gunardi sebagai Direktur Utama Hakim Putratama sebagai Direktur Operations Riko Tasmaya  sebagai Direktur Corporate Banking Aquarius Rudianto sebagai Direktur Network dan Retail Funding Farida Thamrin sebagai Direktur Treasury dan International Banking Akhmad Purwakajaya sebagai Direktur Micro Alexander Dippo Paris Y. S. Sebagai Direktur Commercial Banking Nancy Adistyasari sebagai Direktur Consumer Banking Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari sebagai Direktur Finance & Strategy Mucharom sebagai Direktur Manajemen Risiko Saladin Dharma Nugraha Effendi sebagai Direktur Information Technology Kartika Wirjoatmodjo sebagai Komisaris Utama Parman Nataatmadja sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Helvi Yuni Moraza sebagai Komisaris Edi Susianto sebagai Komisaris Independen Lukmanul Khakim sebagai Komisaris Independen

    Dalam RUPST juga mengalihkan penugasan nama nama berikut sebagai anggota Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:

    No.

    Nama

    Semula

    Menjadi

    1

    Agus Noorsanto

    Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan    

    Wakil Direktur Utama

    2

    Ahmad Solichin Lutfiyanto

    Direktur Kepatuhan  

    Direktur Human Capital & Compliance

    Sehingga Susunan Dewan Komisaris dan Direksi BRI menjadi sebagai berikut:

    Dewan Komisaris

    1

    Komisaris Utama

    Kartika Wirjoatmodjo

    2

    Wakil Komisaris Utama / Komisaris Independen

    Parman Nataatmadja*

    3

    Komisaris

    Awan Nurmawan Nuh

    4

    Komisaris

    Helvi Yuni Moraza*

    5

    Komisaris Independen

    Edi Susianto*

    6

    Komisaris Independen

    Lukmanul Khakim*

    *Anggota Dewan Komisaris yang diangkat tersebut baru dapat melaksanakan tugas dan fungsi dalam jabatannya apabila telah mendapat persetujuan dari OJK dan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Anggota Direksi

    1

    Direktur Utama

    Hery Gunardi*

    2

    Wakil Direktur Utama

    Agus Noorsanto*

    3

    Direktur Human Capital & Compliance

    Ahmad Solichin Lutfiyanto

    4

    Direktur Operations

    Hakim Putratama*

    5

    Direktur Corporate Banking

    Riko Tasmaya*

    6

    Direktur Network dan Retail Funding

    Aquarius Rudianto*

    7

    Direktur Treasury dan International Banking

    Farida Thamrin*

    8

    Direktur Micro

    Akhmad Purwakajaya*

    9

    Direktur Commercial Banking

    Alexander Dippo Paris Y S*

    10

    Direktur Consumer Banking

    Nancy Adistyasari*

    11

    Direktur Finance & Strategy

    Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari

    12

    Direktur Manajemen Risiko

    Mucharom*

    13

    Direktur Information Technology

    Saladin Dharma Nugraha Effendi*

    *Anggota Direksi yang diangkat tersebut baru dapat melaksanakan tugas dan fungsi dalam jabatannya apabila telah mendapat persetujuan dari OJK dan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Mata Acara RUPST BRI 2025

    Secara keseluruhan RUPST BRI 2025 kali ini membahas dan memutuskan 10 mata acara yang diantaranya adalah sebagai berikut:​

    Persetujuan Laporan Tahunan dan Pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan, Persetujuan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris serta Pengesahan Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil Tahun Buku 2024, sekaligus Pemberian Pelunasan dan Pembebasan Tanggung Jawab Sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi atas Tindakan Pengurusan Perseroan dan Dewan Komisaris atas Tindakan Pengawasan Perseroan yang Telah Dijalankan Selama Tahun Buku 2024. Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2024. Penetapan gaji/Honorarium berikut Fasilitas dan Tunjangan Tahun Buku 2025, serta Tantiem/Insentif Kinerja/Insentif Khusus atas Kinerja Tahun Buku 2024 dan/atau Insentif Jangka Panjang Periode Tahun 2025-2027, untuk Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan. Penunjukan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik untuk Mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan Tahun Buku 2025 serta Laporan Keuangan dan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil untuk Tahun 2025. Persetujuan Laporan Realisasi Penggunaan Dana Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Tahap III Bank BRI Tahun 2024 Persetujuan Pengkinian Rencana Aksi Pemulihan (Recovery Plan) BRI. Penetapan Plafon (Limit) Hapus Tagih atas Piutang Pokok Macet yang Telah Dihapusbuku Persetujuan atas Rencana Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Perseroan (Buyback) dan Pengalihan Saham Hasil Buyback yang Disimpan Sebagai Saham Treasuri (Treasury Stock) Perseroan. Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan. Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

    Hasil lengkap putusan dari RUPST BRI Tahun 2025 dapat diakses pada website BRI melalui situs www.bri.co.id

    “Keputusan-keputusan yang diambil dalam RUPST ini mencerminkan komitmen BRI untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham serta pemangku kepentingan lainnya”, pungkas Hendy.​ ***

     

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Manfaat Asuransi Jiwa

    Manfaat Asuransi Jiwa

    PIKIRAN RAKYAT – Memiliki asuransi jiwa dapat memberikan berbagai manfaat perlindungan. Produk asuransi jiwa pun ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan kebutuhan. Yuk kita simak apa itu asuransi jiwa dan ragam manfaat yang ditawarkan.

    Apa itu Asuransi Jiwa?

    Mengutip dari berbagai sumber, secara umum, asuransi dapat dikatakan sebagai perjanjian khusus antara perusahaan asuransi (penanggung) dan nasabah (tertanggung) yang menjadi dasar penerimaan premi bagi perusahaan asuransi.

    Terdapat beberapa jenis produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Salah satunya adalah asuransi jiwa yang merupakan produk paling populer di kalangan masyarakat tanah air.

    Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan kepada keluarga dari nasabah yang meninggal dunia, cacat permanen, kecelakaan atau risiko lainnya yang tidak disengaja.

    Pada dasarnya, manfaat asuransi jiwa akan diperoleh ahli waris sesuai dengan kontrak perjanjian yang tertulis. Dengan proteksi jiwa, anggota keluarga akan tetap terjamin kehidupannya walaupun nasabah yang menjadi tulang punggung keluarga telah meninggal dunia.

    Perusahaan asuransi jiwa akan memberikan pembayaran kepada tertanggung atau pihak lain yang berhak jika tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup dalam periode waktu tertentu yang diatur dalam polis.

    Perlu diketahui bahwa polis asuransi adalah kontrak perjanjian antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dengan nasabah sebagai pihak tertanggung. Sesuai pasal 255 KUHD yang menjelaskan bahwa suatu pertanggungan harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta yang disebut polis.

    Dalam polis asuransi jiwa juga mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing pemegang polis, baik pihak penanggung maupun tertanggung. Bagi tertanggung ada beberapa kewajiban, seperti berikut.

    Membayar premi kepada penanggung (perusahaan asuransi jiwa) Memberikan keterangan-keterangan yang diperlukan oleh perusahaan asuransi dengan itikad baik. Sedangkan hak-hak yang dimiliki tertanggung sesuai polis, contohnya sebagai berikut. Hak mendapatkan ganti rugi (pengalihan risiko kerugian) apabila terjadi evenemen. Hak mendapatkan jumlah pertanggungan apabila tidak terjadi evenemen. Nasabah atau pihak tertanggung juga dapat mengajukan klaim asuransi kepada perusahaan asuransi. Dalam proses klaim, polis asuransi menjadi salah satu dokumen penting yang akan dibutuhkan. Pastikan status polis asuransi aktif agar proses klaim lancar.

    Perusahaan asuransi sebagai penanggung akan melakukan penilaian terhadap klaim yang diajukan. Apabila disetujui, akan dilanjutkan dengan pembayaran klaim asuransi.

    Manfaat Memiliki Asuransi Jiwa

    Setiap pemegang polis asuransi pasti akan mendapatkan perlindungan yang terjamin. Lantas, apa saja perlindungan dan manfaat yang didapatkan dengan memiliki asuransi jiwa? Berikut penjelasannya.

    Proteksi terhadap aset

    Meski manfaatnya tidak didapatkan secara langsung, tetapi setiap nasabah asuransi akan mendapatkan proteksi yang terjamin. Salah satunya adalah proteksi terhadap aset apabila orang tua atau pihak yang tertanggung meninggal dunia.

    Asuransi dapat melindungi aset pemegang polis karena nantinya asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris dari nasabah yang tertanggung. Nominal pertanggungan disesuaikan dengan premi asuransi yang telah dibayarkan.

    Memberikan jaminan pendidikan bagi anak

    Dalam perjalanan hidup manusia tidak terlepas dari risiko yang tidak bisa diprediksi atau di luar kendali. Misalnya risiko terhentinya sumber penghasilan karena meninggal dunia. Bukan hanya dampak finansial secara umum, risiko ini juga dapat berpengaruh pada masa depan pendidikan anak.

    Nah, dengan asuransi jiwa ada uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris dan dapat digunakan untuk menjamin pendidikan anak di masa depan. Apabila tulang punggung keluarga yang tertanggung di polis asuransi meninggal dunia atau tidak bisa lagi bekerja, uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris yang bisa digunakan untuk biaya pendidikan.

    Mencegah kerugian besar

    Bagi kepala keluarga atau kamu yang menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga, sangat penting untuk memiliki asuransi jiwa. Proteksi ini akan memberikan jaminan perlindungan apabila risiko buruk terjadi seperti meninggal dunia, cacat permanen atau risiko lainnya yang menyebabkan pemasukan terhenti.

    Salah satu manfaat asuransi jiwa yang akan dirasakan terutama bagi anggota keluarga adalah jaminan finansial setelah tulang punggung yang tertanggung di polis asuransi meninggal dunia. Dengan menyiapkan asuransi jiwa, kamu berarti sudah melakukan langkah preventif untuk melindungi finansial keluarga dari kerugian besar apabila sumber penghasilan utama terhenti.

    Memberikan ketenangan secara psikologis 

    Selain sebagai langkah preventif untuk mencegah kerugian besar. Memiliki asuransi jiwa juga dapat membuat hidup lebih tenang sebab risiko tersebut sudah kamu alihkan kepada pihak lain yang bersedia memberikan jaminan (penanggung).

    Menikmati hidup dengan lebih percaya diri dan bahagia menjadi manfaat yang akan dirasakan secara psikologis.

    Persiapan tabungan untuk masa pensiun

    Kemampuan atau produktivitas seseorang dalam bekerja bisa menurun seiring bertambahnya usia. Ketika masa pensiun tiba, kamu akan merasakan manfaatnya memiliki asuransi jiwa. Jaminan perlindungan yang bisa menjadi tabungan pensiun ini merupakan salah satu manfaat di masa depan nanti.

    Kamu bisa membeli asuransi sejak muda atau di usia produktif sebagai persiapan untuk masa tua nanti. Memiliki asuransi sedini mungkin akan membuat kamu bisa membayar premi dengan lebih rendah dibanding membeli asuransi mendekati masa pensiun.

    Ketika kamu akan membeli produk asuransi jiwa, pastikan premi dan uang pertanggungan yang ditawarkan sesuai kebutuhan.

    Rekomendasi Perusahaan Asuransi Jiwa :

    PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia

    PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) merupakan bagian dari Generali Group yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2008 dan mengembangkan bisnis asuransi melalui jalur multi distribusi yaitu keagenan, bancassurance, corporate solution dan direct channel. Selaras dengan visi untuk menjadi Lifetime Partner bagi nasabah, Generali Indonesia menghadirkan solusi produk inovatif untuk proteksi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, hingga perencanaan pensiun baik untuk nasabah individu maupun korporasi.

    Produk Asuransi jiwa terbaik dari Generali Group antara lain BeSmart Lite, Cemerlang Prime, Raya Pro Maxima.

    PT Central Asia Financial

    PT Central Asia Financial (CAF) adalah perusahaan asuransi jiwa yang merupakan bagian dari Salim Group dan mendapatkan izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 13 Maret 2013.
    Berdirinya JAGADIRI pada tanggal 27 Januari 2015 merupakan terobosan dari CAF yang menjawab kebutuhan pelanggan akan Instant Protection (Perlindungan Instan dan Langsung), Claim Certainly Process (Jaminan Penerimaan Klaim), dan Best Transparent Price (Biaya Ringan dan Transparan).

    PT Asuransi Jiwa Taspen

    PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) berdiri sejak tanggal 26 Februari 2014, dengan memperoleh izin usaha melalui Keputusan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor : Kep-30/D.05/2014, tanggal 10 April 2014. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan PT TASPEN (Persero) dengan kepemilikan saham 99,97% dan 0,03% saham yang dimiliki oleh Koperasi Karyawan Taspen Jakarta.

    Taspen Life menyediakan beragam solusi produk asuransi jiwa kumpulan dan individu, yang memiliki manfaat proteksi jiwa, perencanaan masa depan dan hari tua, dana pendidikan serta asuransi penyakit kritis. Dalam perkembangannya Taspen Life telah berhasil meraih beragam apresiasi publik di antaranya Best Life Insurance dari Media Asuransi (2016, 2018, 2020) dan Best Insurance dari Majalah Investor (2019-2020). 

    PT Lippo Life Insurance

    PT Lippo Life Assurance adalah perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2010. Produk asuransi yang ditawarkan meliputi Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan Diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, Program Kesejahteraan Karyawan dan Asuransi Jiwa Kredit.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Berkah Ramadan, Pertamina Gelar Program Mengaji Berhadiah Voucher BBM di SPBU

    Berkah Ramadan, Pertamina Gelar Program Mengaji Berhadiah Voucher BBM di SPBU

    Lombok: Pada bulan suci Ramadan 2025 ini PT Pertamina Patra Niaga menyelenggarakan  program mengaji bertajuk ‘Mengaji Surat Pilihan’ di SPBU Pertamina. Program ini berlangsung pada 14-30 Maret 2025 dan berhadiah e-voucher BBM senilai Rp25.000 bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.
     
    Program Mengaji Surat Pilihan ini dapat ditemui di SPBU Lombok. Ada tiga lokasi SPBU yang menggelar kegiatan tersebut di Lombok. Ketiga lokasi tersebut, yaitu SPBU 54.833.07 Rintam, SPBU 54.833.11 Gerung, dan SPBU 54.832.08 Lingkar. Kegiatan mengaji berlangsung setiap hari pada pukul 15.00 hingga 17.00 waktu setempat.
     
    Untuk mengikuti program ini peserta diwajibkan memiliki aplikasi MyPertamina serta mengikuti akun media sosial resmi @mypertamina dan @pertaminantb. Pendaftaran dilakukan melalui pengawas SPBU, dan peserta dapat memilih salah satu dari empat surat pilihan, yaitu Ar-Rahman, Al-Waqiah, Al-Mulk, atau Yasin.
     

    Salah satu peserta, Salwa Khaerina, mengaku senang dengan adanya program ini. “Saya melihat brosur dan tertarik untuk mengikuti kegiatan Mengaji Surat Pilihan dari Pertamina ini. Rasanya enak dan adem. Kemudian saya dikasih voucher BBM Rp25.000. Alhamdulillah berkah Ramadan,” ujar Salwa.

     
    Ia juga menyampaikan apresiasinya terhadap Pertamina yang sudah menggelar program ini. “Saya senang dapat voucher ini karena mengaji. Terima kasih Pertamina, sukses selalu.”
     
    Selain menggelar program Mengaji Surat Pilihan, Pertamina juga memanfaatkan momen Ramadan ini untuk menggelar program lainnya seperti membagikan takjil di SPBU. Program ini bertujuan untuk berbagi keberkahan dengan masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa.
     

    Bukan hanya di Lombok. Kegiatan serupa pun digelar serempak di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia. Ini juga menjadi program tahunan yang digelar Pertamina setiap bulan suci Ramadan.

    SPBU dipilih sebagai lokasi program ini untuk memperkenalkan peningkatan layanan yang dilakukan Pertamina. Selain meningkatkan pelayanan pengisian bahan bakar, Pertamina juga memperbaiki fasilitas di SPBU, termasuk musala dan toilet agar lebih nyaman bagi masyarakat.

    Pertamina juga menawarkan promo-promo menarik berupa I Like Monday dan Thanks God It’s Fuel Day (TGIF). Program ini memberikan Harga Hemat sebesar Rp300/liter untuk pembelian bahan bakar tertentu pada hari-hari tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Selain itu, ada banyak cashback jika pembayaran dilakukan dengan aplikasi MyPertamina yang dihubungkan dengan source of fund, misalnya: cashback senilai Rp45.000 untuk pembayaran dengan kartu Kredit Co Brand MyPertamina-BNI, cashback hingga Rp30.000 untuk pembayaran dengan kartu Kredit Co Brand MyPertamina-Mandiri, cashback hingga 15.000 OVO points, dan cashback hingga 20 persen dengan Astrapay. Promo cashback dengan berbagai source of fund ini dengan syarat dan ketentuan berlaku.

    Lombok: Pada bulan suci Ramadan 2025 ini PT Pertamina Patra Niaga menyelenggarakan  program mengaji bertajuk ‘Mengaji Surat Pilihan’ di SPBU Pertamina. Program ini berlangsung pada 14-30 Maret 2025 dan berhadiah e-voucher BBM senilai Rp25.000 bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.
     
    Program Mengaji Surat Pilihan ini dapat ditemui di SPBU Lombok. Ada tiga lokasi SPBU yang menggelar kegiatan tersebut di Lombok. Ketiga lokasi tersebut, yaitu SPBU 54.833.07 Rintam, SPBU 54.833.11 Gerung, dan SPBU 54.832.08 Lingkar. Kegiatan mengaji berlangsung setiap hari pada pukul 15.00 hingga 17.00 waktu setempat.
     
    Untuk mengikuti program ini peserta diwajibkan memiliki aplikasi MyPertamina serta mengikuti akun media sosial resmi @mypertamina dan @pertaminantb. Pendaftaran dilakukan melalui pengawas SPBU, dan peserta dapat memilih salah satu dari empat surat pilihan, yaitu Ar-Rahman, Al-Waqiah, Al-Mulk, atau Yasin.
     

    Salah satu peserta, Salwa Khaerina, mengaku senang dengan adanya program ini. “Saya melihat brosur dan tertarik untuk mengikuti kegiatan Mengaji Surat Pilihan dari Pertamina ini. Rasanya enak dan adem. Kemudian saya dikasih voucher BBM Rp25.000. Alhamdulillah berkah Ramadan,” ujar Salwa.
     

     
    Ia juga menyampaikan apresiasinya terhadap Pertamina yang sudah menggelar program ini. “Saya senang dapat voucher ini karena mengaji. Terima kasih Pertamina, sukses selalu.”
     
    Selain menggelar program Mengaji Surat Pilihan, Pertamina juga memanfaatkan momen Ramadan ini untuk menggelar program lainnya seperti membagikan takjil di SPBU. Program ini bertujuan untuk berbagi keberkahan dengan masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa.
     

     
    Bukan hanya di Lombok. Kegiatan serupa pun digelar serempak di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia. Ini juga menjadi program tahunan yang digelar Pertamina setiap bulan suci Ramadan.

     
    SPBU dipilih sebagai lokasi program ini untuk memperkenalkan peningkatan layanan yang dilakukan Pertamina. Selain meningkatkan pelayanan pengisian bahan bakar, Pertamina juga memperbaiki fasilitas di SPBU, termasuk musala dan toilet agar lebih nyaman bagi masyarakat.
     
    Pertamina juga menawarkan promo-promo menarik berupa I Like Monday dan Thanks God It’s Fuel Day (TGIF). Program ini memberikan Harga Hemat sebesar Rp300/liter untuk pembelian bahan bakar tertentu pada hari-hari tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
     

     
    Selain itu, ada banyak cashback jika pembayaran dilakukan dengan aplikasi MyPertamina yang dihubungkan dengan source of fund, misalnya: cashback senilai Rp45.000 untuk pembayaran dengan kartu Kredit Co Brand MyPertamina-BNI, cashback hingga Rp30.000 untuk pembayaran dengan kartu Kredit Co Brand MyPertamina-Mandiri, cashback hingga 15.000 OVO points, dan cashback hingga 20 persen dengan Astrapay. Promo cashback dengan berbagai source of fund ini dengan syarat dan ketentuan berlaku.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • TNI Didesak Pikir Ulang Strategi Pengamanan di Papua Setelah KKB Serang Guru dan Nakes

    TNI Didesak Pikir Ulang Strategi Pengamanan di Papua Setelah KKB Serang Guru dan Nakes

    TNI Didesak Pikir Ulang Strategi Pengamanan di Papua Setelah KKB Serang Guru dan Nakes
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Anggota Komisi I DPR Fraksi Nasdem
    Amelia Anggraini
    mendesak TNI untuk memikirkan ulang strategi pengamanan di Papua.
    Sebab, baru-baru ini, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan menyerang guru dan tenaga kesehatan (nakes) di Papua.
    “Kami mendorong pemerintah dan TNI untuk mendesain ulang strategi pengamanan di Papua yang lebih terintegrasi, efektif, dan efisien, terutama dalam perlindungan bagi tenaga guru, nakes, serta warga sipil,” ujar Amelia, saat dimintai konfirmasi, Senin (24/3/2025).
    “Langkah ini harus segera dilakukan, negara tidak boleh tunduk dengan aksi teror. Kami tidak akan membiarkan saudara kita di Papua hidup dalam ketakutan, sebab hal ini bakal mengganggu stabilitas nasional,” sambung dia.
    Amelia berpandangan, penyerangan ini sudah di luar batas perikemanusiaan.
    Dia menegaskan, membunuh guru dan menyerang nakes adalah perbuatan di luar nalar.
    “Kita semua sepakat keberadaan guru dan nakes di Papua adalah untuk mendukung kesejahteraan dan pembangunan bagi masyarakat Papua. Ini tindakan keji, bukan lagi serangan biasa, tapi sudah menjadi ancaman bagi keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tegas Amelia.
    Menurut Amelia, penyerangan KKB kepada guru dan nakes sudah terjadi berulang kali.
    Dia meminta pemerintah memastikan kejadian serupa tidak terjadi lagi ke depannya.
    “Kehadiran pemerintah pasca penyerangan ini sangat diperlukan dalam penanganan traumatis bagi para korban dan keluarganya, karena keberadaan mereka di sana adalah bagian dari tugas negara,” imbuh dia.
    Diketahui, total 46 guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di Kabupaten Yahukimo dievakuasi ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu (22/3/2025).
    Evakuasi ini dilakukan menggunakan Pesawat Perintis milik Adventist Aviation Indonesia.
    Langkah evakuasi tersebut diambil setelah terjadi penyerangan oleh KKB terhadap enam orang guru dan tenaga medis di Distrik Anggruk, Kabupaten Yahukimo, pada Jumat (21/3/2025).
    Keenam korban, yang bertugas di Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Kristen (SD YPK) dan Puskesmas Anggruk, dikabarkan tewas akibat serangan tersebut.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Polisi Tangkap 2 WNA China Pengirim SMS Phising Pakai Fake BTS

    Polisi Tangkap 2 WNA China Pengirim SMS Phising Pakai Fake BTS

    Bisnis.com, JAKARTA – Bareskrim Polri meringkus dua warga negara asing (WNA) asal China yang menyebarkan SMS phising secara ilegal melalui teknologi fake BTS.

    Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada mengatakan dua tersangka WNA China berinisial YXC dan XY ditangkap saat mengendarai mobil Toyota Avanza yang dilengkapi perangkat fake BTS. 

    Kedua tersangka WNA China yang diamankan itu, kata Wahyu, berperan jadi operator lapangan dan ditugaskan berkeliling ke area ramai masyarakat, sehingga sinyal palsu yang disiapkan dua tersangka itu menjangkau lebih banyak ponsel milik warga.

    “Mereka hanya disuruh mutar-mutar saja, semua sistem sudah diatur dari pusat. Bahkan siapa pun bisa melakukannya, karena tidak butuh keahlian teknis khusus,” tuturnya di Bareskrim Polri Jakarta, Senin (24/3/2025).

    Wahyu menjelaskan perkara itu terungkap setelah adanya laporan dari salah satu bank swasta yang menerima aduan dari 259 nasabah terkait SMS mencurigakan. 

    Dia juga menjelaskan delapan korban yang telah mengklik tautan phishing dalam SMS tersebut mengalami kerugian hingga Rp289 juta. Menurut Wahyu, total kerugian yang tercatat telah mencapai Rp473 juta dari 12 korban.

    “Pelaku menggunakan perangkat fake BTS untuk mencegat sinyal asli BTS 4G dan menurunkannya ke 2G, kemudian pelaku mengirimkan SMS blast ke perangkat handphone di sekitar agar diklik,” katanya.

    Wahyu menjelaskan bahwa tersangka XY diketahui baru masuk ke Indonesia pada Februari 2025 dan dijanjikan gaji Rp22,5 juta per bulan.

    Sementara tersangka YXC sudah keluar masuk Indonesia sejak 2021 dengan visa turis, dan tergabung dalam grup Telegram bernama Stasiun Pangkalan Indonesia yang membahas operasional fake BTS.

    “Jadi karena sinyal palsu ini lebih kuat, ponsel korban secara otomatis menerima pesan berisi tautan palsu yang menyerupai situs resmi bank,” ujarnya.

  • Pemudik Padati Pelabuhan Yos Soedarso Ambon Jelang Lebaran 2025

    Pemudik Padati Pelabuhan Yos Soedarso Ambon Jelang Lebaran 2025

    Ambon, Beritasatu.com – Menjelang H-6 Lebaran atau Idulfitri 2025, Pelabuhan Nusantara Yos Soedarso di Kota Ambon dipadati pemudik yang hendak menuju wilayah barat Indonesia. Sekitar 1.900 pemudik memadati pelabuhan ini untuk naik ke kapal Pelni KM Labobar.

    Begitu pintu gerbang pelabuhan dibuka, ribuan pemudik yang telah menunggu sejak sore langsung berebut melewati pintu utama. Mereka rela berdesakan sambil membawa barang bawaan, demi mendapatkan tempat tidur di kapal KM Labobar yang akan membawa mereka ke berbagai tujuan.

    Sebagian besar pemudik ini hendak menuju wilayah Indonesia bagian tengah hingga barat, dengan tujuan seperti Baubau, Makassar, Surabaya, dan Jakarta.

    Sementara itu, di sisi lainnya, sekitar 1.800 pemudik turun di Pelabuhan Nusantara Yos Soedarso di Kota Ambon, umumnya berasal dari Tual dan wilayah Irian.

    Suasana arus mudik H-6 Lebaran 2025 di Pelabuhan yang berada di Kota Ambon. – (Beritasatu.com/Fitriansa Sima sima Sohilauw)

    Kepala Seksi Lalu Lintas Laut KSOP Ambon Ruswan menjelaskan, pergerakan penumpang di pelabuhan ini terus meningkat setiap harinya hingga diperkirakan akan terjadi pada puncak arus mudik 27 Maret 2025.

    “Pergerakan penumpang terus naik dan puncaknya diperkirakan terjadi pada 27 Maret nanti,” ungkap Kepala Seksi Lalu Lintas Laut KSOP Ambon Ruswan kepada wartawan, Senin (24/3/2025).

    Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, pihak pelabuhan telah menyiapkan tiga armada kapal laut yang akan melayani rute menuju wilayah tengah dan barat.

    “Kami berharap seluruh pemudik dapat terangkut dengan lancar,” lanjutnya.

    Hingga H-6 Lebaran, lebih dari 6.000 pemudik sudah berangkat dari Pelabuhan Nusantara Yos Soedarso di Kota Ambon. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat menjelang puncak arus mudik pada 27 Maret 2025.

    Oleh karena itu, pihak pelabuhan mengimbau para pemudik Lebaran 2025 untuk segera membeli tiket secara online atau melalui loket penjualan tiket di Pelabuhan Nusantara Yos Soedarso di Kota Ambon.

  • Serapan Pupuk Bersubsidi Naik 33% Kuartal I/2025 Tembus 1,6 Juta Ton

    Serapan Pupuk Bersubsidi Naik 33% Kuartal I/2025 Tembus 1,6 Juta Ton

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Pupuk Indonesia (Persero) mencatat peningkatan penyaluran pupuk bersubsidi menjadi 1,6 juta ton pada kuartal I/2025 atau naik 33% menjadi 1,2 juta ton pada periode yang sama tahun lalu. 

    Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mengatakan dengan capaian periode pertama tahun ini, optimistis ketersediaan dan keterjangkauan pupuk bersubsidi terjamin dan menjadi prioritas perusahaan.

    “Kalau kita lihat year-on-year (yoy) sampai dengan tanggal 22 Maret 2025 ini peningkatan serapan atau penyaluran Pupuk Bersubsidi ini meningkat sebesar 33% dari tahun 2024 1,2 juta ton dan di tahun 2025 ini sebesar 1,6 juta ton,” ujarnya dalam RDP Komisi IV, Senin (24/3/2025).  

    Secara rinci, ketersediaan pupuk mencapai 1,63 juta ton per 20 Maret 2025 yang terdiri dari 1,19 juta ton pupuk bersubsidi dan 445.000 ton pupuk non-subsidi. 

    Stok pupuk subsidi sebesar 1,19 juta ton tersebut terdiri dari 581.000 ton urea, 552.000 ton NPK, 22.000 ton NPK Formula Khusus dan 33.000 ton organik. Lalu stok pupuk non-subsidi sebesar 445.000 ton terdiri dari 361.000 ton pupuk urea dan 84.000 ton NPK.

    “Jika ini dibandingkan dengan persyaratan yang diwajibkan maka rata-rata ini sudah di atas 300% dibandingkan dengan yang dibutuhkan sehingga dapat kami sampaikan bahwa stok pupuk aman,” katanya. 

    Pupuk Indonesia juga menerapkan sistem monitoring secara real time sehingga dapat dipastikan tidak ada lagi petani yang gagal tanam lantaran tidak mendapatkan stok pupuk bersubsidi. 

    “Kalau swasembada pangan menjadi sasaran tentu tidak bisa dilepaskan dari pupuk karena pupuk berkontribusi 62% dari produktivitas pertanian, dan pupuk subsidi menurunkan biaya produksi dari 23% menjadi 9% tentu ini menjadi sangat penting terkait ketersediaan dan keterjangkauan pupuk,” ucapnya. 

    Sebagai informasi, perusahaan plat merah ini juga tengah menantikan petunjuk teknis atau mekanisme baru dari perubahan tata kelola distribusi pupuk bersubsidi. Adapun revisi aturan tata kelola telah diterbitkan melalui Perpres 6/2025. 

    Kebijakan tersebut akan mempermudah atau menyederhanakan tata kelola agar petani lebih mudah menebus pupuk. Mekanisme baru ini juga memasukkan rekomendari dari asosiasi distributor pupuk jateng jadi.

    “Namun secara sekilas dapat kami sampaikan bahwa distributor tetap akan memiliki peran dalam penyaluran pupuk bersubsidi, mekanisme nya bagaimana distributor itu perannya seperti apa sedang di definisikan di juknis yang akan segera diterbitkan oleh Kementan,” tutur Rahmad. 

  • KSAD dan Eks Kapolri Jadi Dewan Penasihat Dekopin

    KSAD dan Eks Kapolri Jadi Dewan Penasihat Dekopin

    Jakarta

    Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) periode 2024-2029 telah menetapkan susunan Dewan Penasihat. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak dan mantan Kapolri Jenderal (Purn) Badrodin Haiti menjadi dewan penasihat.

    Dalam Surat Keputusan (SKEP) Dekopin yang diterima detikcom, Senin (24/3/2025), Maruli menduduki jabatan Ketua Dewan Penasihat. Sementara, Badrodin menjadi anggota Dewan Penasihat.

    “Ketua Dewan Penasihat Dekopin KSAD dan mantan Kapolri,” kata Ketua Umum (Ketum) Dekopin Bambang Haryadi kepada wartawan.

    Bambang mengatakan Maruli mewakili Induk Koperasi Angkatan Darat (Inkopad) dan Badrodin mewakili Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Inkoppol). Dia menyebut penetapan mereka dalam struktur Dewan Penasihat telah terdaftar di Kementerian Hukum (Kemenkum).

    “Mewakili Inkopad dan Inkoppol. Sudah terdaftar di Menkum,” ujarnya.

    Bambang mengatakan pihaknya mendukung program Koperasi Desa (Kopdes) Merah Putih yang dijalankan pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

    (fca/haf)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • OLXmobbi Raih Pertumbuhan Positif di Tahun Pertama Operasi

    OLXmobbi Raih Pertumbuhan Positif di Tahun Pertama Operasi

    Selama periode ini, pelanggan bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp 25 juta dan cashback sampai Rp 4 juta untuk pembelian mobil bekas di lokasi yang berpartisipasi. 

    Ragam Pilihan Kendaraan Termasuk Hiace Premio

    OLXmobbi menghadirkan berbagai jenis kendaraan di dalam platform dan jaringan offline-nya. Salah satunya adalah Hiace Premio, kendaraan komersial yang banyak digunakan untuk transportasi kelompok maupun keperluan bisnis.

    Seluruh kendaraan yang tersedia di OLXmobbi telah melalui proses inspeksi. Sepanjang 2024, lebih dari 100 ribu unit mobil bekas telah diperiksa di berbagai inspection center OLXmobbi yang tersebar di 10 kota besar Indonesia.

    Fasilitas Booking Permudah Proses Transaksi

    OLXmobbi juga menyediakan layanan Booking, yang memungkinkan pelanggan memesan kendaraan secara online menggunakan sistem rekening bersama. Dengan layanan ini, pelanggan dapat melakukan pembayaran tanda jadi terlebih dahulu, lalu menjadwalkan sesi test drive di cabang OLXmobbi terdekat.

    Layanan ini bertujuan memberikan fleksibilitas serta kenyamanan bagi pelanggan dalam proses jual beli mobil bekas, tanpa harus langsung bertemu di tahap awal.

    Jaringan Store dan Pusat Inspeksi yang Luas

    Saat ini OLXmobbi mengoperasikan lebih dari 30 store dan pusat inspeksi di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, dan Medan.

    Didukung oleh ekosistem Astra, OLXmobbi menawarkan berbagai layanan pendukung, seperti pembiayaan, asuransi, dan inspeksi kendaraan, untuk memudahkan pelanggan dalam proses jual beli mobil bekas. Informasi lengkap mengenai layanan dan program OLXmobbi dapat diakses melalui www.olx.co.id/olxmobbi.(*)