Negara: Indonesia

  • BPKH Limited Kirim 475 Ton Bumbu Khas Nusantara ke Saudi untuk Jemaah Haji Indonesia

    BPKH Limited Kirim 475 Ton Bumbu Khas Nusantara ke Saudi untuk Jemaah Haji Indonesia

    loading…

    BPKH Limited mengirimkan 475 ton bumbu khas Indonesia ke Arab Saudi. Foto/istimewa

    JAKARTA – Untuk meningkatkan kualitas makanan bagi jemaah haji Indonesia, BPKH Limited mengirimkan 475 ton bumbu khas Indonesia ke Arab Saudi. Bumbu-bumbu ini akan digunakan di dapur-dapur yang menyiapkan konsumsi jemaah haji di Mekkah dan Madinah selama musim haji tahun ini.

    Proyek ini merupakan hasil seleksi ketat terhadap produsen bumbu Indonesia yang telah dilakukan sejak November 2024. Dari hasil seleksi tersebut, tujuh produsen bumbu terpilih untuk menyediakan 22 jenis bumbu khas Indonesia, seperti bumbu nasi goreng, semur, gulai, rendang, tumis, balado, dan lain-lain.

    Mudir BPKH Limited Sidiq Haryono menyampaikan inisiatif ini bertujuan untuk memberikan cita rasa makanan yang lebih familiar bagi jemaah haji Indonesia, sehingga mereka dapat menikmati makanan yang sesuai dengan selera.

    “Dengan makanan yang lebih sesuai dengan lidah mereka, stamina dan semangat jemaah dalam menjalankan ibadah haji diharapkan tetap terjaga,” ujarnya.

    Mudir BPKH Limited lainnya Iman Ni’matullah mengungkapkan jumlah bumbu yang didatangkan dari Indonesia meningkat secara signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    “Tahun lalu, jumlah bumbu yang kami distribusikan hanya 76 ton. Tahun ini meningkat menjadi 475 ton, atau naik sebesar 625%. Ini menunjukkan tingginya kebutuhan akan bumbu khas Indonesia di dapur-dapur penyedia konsumsi jemaah haji,” jelasnya.

    Lebih dari sekadar meningkatkan kualitas konsumsi jemaah, inisiatif bisnis ini juga membawa manfaat finansial bagi penyelenggaraan ibadah haji. Seluruh keuntungan yang diperoleh dari pemenuhan kebutuhan bumbu ini akan dikembalikan sebagai nilai manfaat keuangan haji dan digunakan untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji tahun berikutnya.

    Keberhasilan program ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Kementerian Agama, Kantor Urusan Haji Jeddah, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, serta para importir di Arab Saudi.

  • Petrokimia Gresik jamin distribusi pupuk subsidi lancar meski Lebaran

    Petrokimia Gresik jamin distribusi pupuk subsidi lancar meski Lebaran

    truk-truk pengangkut pupuk bersubsidi dan nonsubsidi tetap bisa beroperasi untuk menyalurkan pupuk ke berbagai daerah

    Surabaya (ANTARA) – PT Petrokimia Gresik menjamin distribusi pupuk bersubsidi tetap lancar selama momen arus mudik dan balik Lebaran 2025/Idul Fitri 1446 Hijriah di mana pemerintah menerapkan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang.

    Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, mengatakan bahwa pupuk masuk kategori kebutuhan pokok yang dikecualikan dari pembatasan operasional angkutan barang.

    “Sehingga truk-truk pengangkut pupuk bersubsidi dan nonsubsidi tetap bisa beroperasi seperti biasa untuk menyalurkan pupuk ke berbagai daerah di Indonesia,” kata Dwi Satriyo.

    Ia menjelaskan dalam hal pendistribusian pupuk ke berbagai wilayah di Indonesia telah disiapkan dengan baik agar tidak terganggu selama masa libur Lebaran 2025 yang relatif panjang.

    Ia juga menegaskan operasional perusahaan tetap berjalan optimal guna memenuhi kebutuhan pupuk nasional.

    Oleh karena itu, ia meminta petani untuk tidak khawatir dan berharap dapat mengoptimalkan stok yang telah disiapkan guna meningkatkan hasil panen dan mendukung swasembada pangan nasional.

    Terkait stok, Petrokimia Gresik menyiapkan stok nasional sebanyak 431.852 ton per 25 Maret 2025 guna memenuhi kebutuhan petani hingga musim tanam pada April 2025.

    Stok tersebut, lanjutnya, terdiri atas pupuk Urea sebanyak 68.314 ton, NPK sebanyak 347.756 ton dan pupuk Organik 15.782 ton.

    Dwi Satriyo memastikan stok tersebut mencukupi kebutuhan petani serta menjamin ketersediaan pupuk yang dibutuhkan para petani.

    “Dengan persediaan ini, tidak akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan pupuk petani. Kami akan memastikan stok sebaik mungkin,” ucapnya.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sistem penebusan pupuk bersubsidi kini lebih mudah karena petani yang terdaftar hanya perlu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kios resmi sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan.

    “Stok pupuk bersubsidi ini sudah siap untuk didistribusikan ke kios-kios, dan petani terdaftar sudah bisa melakukan penebusan pupuk bersubsidi sesuai dengan alokasi,” tuturnya.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • AHY Buka Peluang China Masuk di Proyek Giant Sea Wall

    AHY Buka Peluang China Masuk di Proyek Giant Sea Wall

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap potensi kerja sama dengan China untuk turut serta menggarap proyek Giant Sea Wall (GSW).

    Hal itu disampaikannya dalam pertemuan bilateral bersama Wakil Perdana Menteri China (26/3/2025).

    “Pertemuan bilateral bersama Wakil Perdana Menteri RRT [China] merupakan mitra dagang penting, dengan nilai kerja sama hingga 133 miliar dolar AS pada 2023. Selain itu, kerja sama selama ini sejalan dengan Asta Cita Presiden serta akan mendorong terwujudnya Indonesia Emas 2045,” ucap AHY dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (28/3/2025).

    AHY menjelaskan, kerja sama China untuk menggarap proyek Giant Sea Wall itu bukan tidak mungkin, lantaran RI – China telah berhasil menjalin kerja sama salah satu pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung yang telah diresmikan pada 2023.

    Pasalnya, saat ini proyek duet RI – China membangun Kereta Cepat Jakarta – Bandung telah berhasil mengurangi waktu tempuh yang sangat signifikan.

    Di samping itu, AHY menyebut China juga telah berpengalaman melakukan pembangunan infrastruktur pengendalian banjir seperti Tianjin Coastal Management.

    “Pengalaman Tiongkok pada sejumlah proyek rekayasa skala besar, seperti Sistem Pengendalian Banjir di Shanghai dan Tianjin Coastal Management Initiative, dapat membuka pemahaman kami lebih baik lagi. Kami harapkan bantuan teknis serta dukungan pendanaan dari RRT untuk merancang dan mengimplementasikan proyek tersebut,” tambahnya.

    Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyebut konstruksi proyek Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall (GSW) yang membentang dari Tangerang hingga Gresik memang bakal menggandeng investor swasta. 

    Wakil Menteri (Wamen) PU Diana Kusumastuti menjelaskan bahwa rencananya GSW yang bakal terbentang dari Banten hingga Gresik bakal memiliki total panjang mencapai 946 kilometer (Km).

    “Ini seharusnya membentang dari Banten sampai ke Jawa Timur, dari Tangerang sampai ke Gresik. Mungkin total panjangnya 946 km dan ini perkiraan investasinya cukup gede banget,” kata Diana.

    Terkait progres terbarunya, Diana menyebut saat ini pelaksanaan pembangunan Giant Sea Wall masih dalam tahap pengkajian. Di mana, dalam perjalanan terbaru pemerintah telah membentuk satuan tugas (Satgas) yang bakal mengeksekusi proyek tersebut. 

    Apabila proses kajian telah rampung, nantinya pemerintah melalui Satgas Penanganan Pesisir Pantai Utara Jawa itu bakal menggaet swasta untuk mendukung pembangunan megaproyek tersebut. 

    “Nanti tidak hanya dengan APBN, diharapkannya juga malah justru swasta. Ya, swasta ini bisa menjadi mitra strategis untuk pengembangan Giant Sea Wall Jabodetabek,” pungkasnya.

  • Daop 8 catat 49.103 orang gunakan KA puncak arus mudik Lebaran 2025

    Daop 8 catat 49.103 orang gunakan KA puncak arus mudik Lebaran 2025

    Hari ini menjadi puncak arus mudik dengan jumlah pelanggan terbanyak, terdiri dari 27.569 pelanggan yang naik dan 21.534 pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya hingga pukul 09.00 WIB

    Surabaya (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 49.103 orang menggunakan transportasi kereta api (KA) saat puncak arus mudik Lebaran 2025, dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan jumlah penumpang tersebut merupakan yang tertinggi selama periode Angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung sejak 21 Maret hingga 11 April.

    “Hari ini menjadi puncak arus mudik dengan jumlah pelanggan terbanyak, terdiri dari 27.569 pelanggan yang naik dan 21.534 pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya hingga pukul 09.00 WIB,” ucap Luqman, saat ditemui di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat.

    Luqman menjelaskan, tingginya antusiasme masyarakat juga terlihat dari data akumulasi keberangkatan selama periode Angkutan Lebaran hingga 28 Maret 2025.

    Daop 8 Surabaya mencatat, sebanyak 317.520 pelanggan telah melakukan perjalanan menggunakan kereta api, dengan rincian 169.087 pelanggan diberangkatkan dan 148.433 pelanggan tiba di stasiun wilayah tersebut.

    Adapun tiga stasiun keberangkatan dengan jumlah pelanggan terbanyak pada puncak arus mudik tahun ini, yakni Stasiun Surabaya Gubeng dengan 10.515 pelanggan yang diberangkatkan dan 5.667 tiba di stasiun tersebut.

    Kemudian, Stasiun Surabaya Pasar Turi mencatat 8.144 pelanggan berangkat dan 6.294 orang tiba, sementara Stasiun Malang melayani keberangkatan 4.020 pelanggan dan 4.134 tiba.

    Selama masa Angkutan Lebaran, Daop 8 Surabaya mengoperasikan 58 perjalanan kereta api jarak jauh setiap hari, terdiri dari 49 perjalanan reguler dan 9 perjalanan tambahan.

    “Total tempat duduk yang disediakan per hari mencapai 25.966 tempat duduk,” katanya.

    Luqman menambahkan, demi kelancaran perjalanan, pihaknya mengimbau pelanggan agar memesan tiket lebih awal melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id.

    Selain itu, pelanggan juga disarankan tiba lebih awal di stasiun untuk mengantisipasi kemacetan yang berpotensi menyebabkan keterlambatan.

    Sebagai alternatif, pelanggan dapat memanfaatkan layanan face recognition yang tersedia di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang.

    “Teknologi ini memungkinkan pelanggan melakukan boarding tanpa harus menunjukkan tiket fisik atau identitas,” ucapnya.

    Luqman menegaskan, KAI terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan selama periode Angkutan Lebaran.

    “Kami mengapresiasi kepercayaan masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan saat Lebaran. KAI berupaya memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan,” ujarnya.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Guru Besar UI Kritisi Program Bersama 7 Lembaga Kemenkeu untuk Genjot Penerimaan Negara

    Guru Besar UI Kritisi Program Bersama 7 Lembaga Kemenkeu untuk Genjot Penerimaan Negara

    Bisnis.com, JAKARTA — Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Haula Rosdiana mengkritisi langkah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang kembali melaksanakan joint programme alias program bersama antar lembaga di Kementerian Keuangan untuk menggenjot penerimaan negara.

    Haula menjelaskan joint programme merupakan cara lama. Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), program serupa sempat dilaksanakan oleh Sri Mulyani.

    Masalahnya, masih ditemukan kelemahan dari program tersebut sehingga tidak secara maksimal menambah kas negara. Haula mengaku sudah sempat melakukan evaluasi terhadap program tersebut.

    Dia mencontohkan, pertukaran data antara lembaga yang ikut dalam joint programme tersebut tidak terlaksana secara otomatis dalam sistem. Artinya, antar lembaga masih harus meminta konfirmasi apabila ingin menerima atau meminta data.

    Oleh sebab itu, Haula meyakini joint programme tersebut hanya sekadar kebijakan yang dipaksakan dari atas ke bawah. Masing-masing lembaga masih memiliki ego sektoral dan fokus ke target kelembagaan masing-masing.

    Akibatnya, nilai kerja sama antar lembaga tidak terinternalisasi di lingkungan Kementerian Keuangan. Akhirnya, simpul Haula, joint programme hanya sekedar formalitas saja.

    “Kata Einstein gitu kan, ‘Insanity [kegilaan] itu adalah kalau kamu mengharapkan result [hasil] yang berbeda tapi masih dengan cara-cara yang sama,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (28/3/2025).

    Profesor perempuan bidang perpajakan pertama di Indonesia ini melanjutkan, pelaksanaan kembali joint programme menunjukkan bahwa adanya suatu kelemahan mendasar dari aspek kelembagaan dalam hal memungut penerimaan negara.

    Oleh sebab itu, dia mendorong agar pemerintah menggunakan cara baru dalam menggenjot penerimaan negara. Menurutnya, akan lebih baik apabila Presiden Prabowo Subianto segera merealisasi pembentukan Badan Penerimaan Negara (BPN) seperti janji kampanyenya.

    Haula menjelaskan jika ada BPN maka tidak perlu ada joint programme karena otomatis sudah tersinergi dalam suatu lembaga.

    “Karena Pak Sumitro [Sumitro Djojohadikoesoemosaja, mantan menteri keuangan, ayah Prabowo], tahun 1955 itu sudah bilang kelembagaan itu satu hal yang krusial, satu hal yang penting. Jadi kalau mau ingin mengadakan transformasi di dalam penerimaan negara, ya memang kelembagaan itu menjadi hal yang penting,” jelas Haula.

    Joint Programme Kemenkeu Resmi Beroperasi

    Sebelumnya, Sri Mulyani meresmikan penyelenggara joint programme antara tujuh lembaga di lingkungan Kementerian Keuangan untuk menggenjot penerimaan negara pada Kamis (27/3/2025) kemarin.

    Sri Mulyani meyakini program bersama tersebut bisa membuat penerimaan pajak, kepabeanan dan cukai, serta penerimaan negara bukan pajak akan terus meningkat.

    “Optimalisasi penerimaan negara tahun 2025 melalui joint program dimulai hari ini,” ungkap Sri Mulyani dalam keterangannya, Kamis (27/3/2025).

    Program bersama ini akan mensinergikan unit Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak atau DJP), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Sekretariat Jenderal (Setjen), Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Inspektorat Jenderal (Itjen), dan Lembaga National Single Window (LNSW).

    Nantinya, tujuh lembaga tersebut akan melakukan analisis, pengawasan, pemeriksaan, penagihan, hungga intelijen bersama. Sri Mulyani mengungkapkan, kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Presiden Prabowo Subianto untuk meningkatkan rasio perpajakan Indonesia.

    “DJP, DJBC, Setjen, BKF, DJA, Itjen, dan LNSW yang akan saling bekerja sama menerjemahkan amanat Presiden ke dalam tugas dan fungsi Kemenkeu untuk meningkatkan penerimaan negara dan menciptakan fondasi fiskal yang berkelanjutan,” tutup bendahara negara tersebut.

    Cara Lama

    Pada 2018, notabenenya DDJP, DJBC, dan DJA sudah pernah melakukan program joint analysis atau kegiatan analisis bersama dalam rangka melakukan penelitian pemenuhan kewajiban terhadap 13.748 wajib pajak (WP).

    Kemudian pada 2019, melanjutkan dari tahun sebelumnya, dilakukan perluasan kepada 3.390 WP (termasuk WB PNBP), yang dicantumkan dalam Daftar Sasaran Analisis Bersama (DSAB).

    Selain itu, dilakukan pula kegiatan pemblokiran akses kepabeanan bagi WP yang belum memenuhi kewajiban perpajakannya (1243 WP pada 2018, di mana 424 WP memenuhi kewajibannya; dan 2181 WP pada 2019).

    Selanjutnya, joint audit yang merupakan pemeriksaan terhadap kewajiban pajak dan kepabeanan dari WP, yang pada 2019 terdapat 31 WP yang menjadi objek joint audit dan sudah melibatkan kantor vertikal DJP dan DJBC.

    Adapun dalam rangka mempercepat pencairan piutang pajak, dilakukan kegiatan penagihan bersama antara DJP dan DJBC (joint collection). Pada 2019, telah berhasil dilakukan joint collection antara KPU BC Tanjung Priok dengan Kanwil DJP Jakarta Utara, Kanwil DJP Jawa Barat I, Kanwil DJP Jawa Barat II, dan Kanwil DJP Jawa Barat III.

    Sementara itu, terkait dengan efektivitas penegakan hukum, dilakukan investigasi bersama antara DJP dan DJBC terhadap arus lalu lintas barang (ekspor/impor) dan cukai.

    Berikutnya, joint proses bisnis, IT, dan pembentukan single profile WB (DJP, DJBC, DJA, dan K/L terkait) untuk memberikan perlakuan yang sama kepada WP berdasarkan tingkat risikonya.

    Hasilnya, program bersama tersebut ‘hanya’ mampu menghasilkan penerimaan sebesar Rp6,5 triliun pada 2019.

  • Hiboo Bukukan Pendanaan USD1 Juta, Perkuat Posisinya di Pasar Skincare Bayi

    Hiboo Bukukan Pendanaan USD1 Juta, Perkuat Posisinya di Pasar Skincare Bayi

    Jakarta: Hiboo, merek terkemuka untuk perawatan kulit bayi, berhasil mengamankan pendanaan sebesar USD1 juta (setara 15,5 miliar) dalam putaran pendanaan ekuitas. Pendanaan ini dipimpin oleh Trihill Capital, Kopital Ventures, dan Mulia Sky Capital, yang menandai pencapaian signifikan dalam perjalanan perusahaan untuk menjadi pemimpin pasar di industri perawatan bayi di Indonesia.

    Didirikan dengan misi untuk menyediakan produk perawatan kulit berkualitas tinggi untuk bayi, Hiboo dengan cepat mendapatkan perhatian di pasar, terutama di sektor e-commerce. Baru-baru ini, Hiboo juga telah berhasil memenangkan Brand Choice Award tahun 2024 untuk kategori baby balm.

    Beberapa produk unggulan Hiboo, seperti Hiboo All Purpose Baby Balm dan Mochi Skin Serum, telah diterima dengan baik oleh orang tua yang mencari solusi yang aman, efektif, dan lembut untuk perawatan kulit anak-anak mereka.

    Juan Adiputra Kartawidjaja, Founder dan CEO Hiboo mengatakan pendanaan ini merupakan bentuk apresiasi besar atas konsistensi, kerja keras dan dedikasi tim. “Pendanaan ini akan memungkinkan Hiboo untuk mendukung skalabilitas bisnis sekaligus tetap berfokus pada misi kami untuk menyediakan solusi perawatan kulit terbaik bagi bayi. Kami sangat antusias untuk fase selanjutnya dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para investor kami,” ungkapnya.

    Suntikan pendanaan ini akan dimanfaatkan untuk mempercepat pengembangan bisnis Hiboo. Sebagian besar dana akan difokuskan untuk memperkuat kehadiran merek melalui kampanye pemasaran yang lebih terarah, memperkuat identitas merek, serta membangun kepercayaan di mata konsumen.

    Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk merekrut talenta-talenta berkualitas yang dapat mendukung akselerasi pertumbuhan dan inovasi. Selebihnya, dana ini juga akan dialokasikan untuk pengembangan produk, riset pasar yang mendalam, serta penguatan operasional bisnis.

    “Kesadaran masyarakat terhadap kualitas produk meningkat dengan pesat. Hal ini didukung oleh perkembangan media sosial dan digital marketing. Brand nasional memiliki posisi yang strategis karena dapat merespon secara lebih cepat terhadap aspirasi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, kami juga melihat perkembangan yang cepat di sisi jaringan ritel yang juga mendukung pertumbuhan pasar ini.”

    “Di landscape pasar yang dinamis ini, Hiboo Baby muncul sebagai pendatang baru yang mampu mendapatkan kepercayaan pasar dengan cepat melalui produk-produk inovatifnya, seperti Baby Balm, Zzz Baby Cream, dan Mochi Skin Serum,” ungkap Valerianus Ian Sulaiman, VP of Investments Trihill Capital.

    “Trihill Capital melihat potensi besar dalam pertumbuhan Hiboo Baby, terutama dengan dukungan pendanaan yang tepat. Keyakinan ini diperkuat oleh rekam jejak pendiri Hiboo Baby yang terbukti mampu mengeksekusi strategi distribusi dengan efektif. Oleh karena itu, Trihill Capital dengan bangga mengumumkan investasinya di Hiboo Baby,” lanjut Valerianus.

    Trihill Capital mengaku sangat optimistis terhadap masa depan industri babycare di Indonesia, didorong oleh struktur demografi, tren adopsi internet, tren meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kualitas produk, dan inovasi produk, Trihill percaya bahwa industri babycare memiliki potensi yang sangat besar.

    Pasar skincare bayi Indonesia diperkirakan akan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 5,27%, dari USD1,925 miliar pada 2025 menjadi USD 2,490 miliar pada 2030. Hiboo berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkan pertumbuhan ini, dengan kehadiran yang kuat di pasar dan komitmen terhadap keunggulan.

    “Melalui komitmen kami untuk terus berkembang, Hiboo bertekad untuk menjadi pemimpin pasar dalam skincare bayi dan juga kids supplements di Indonesia pada 2025. Kami akan terus memperluas produk yang kami tawarkan dan memperkuat posisi di pasar yang semakin kompetitif, demi memberikan yang terbaik bagi konsumen dan keluarga Indonesia,” tutup Juan.

    Jakarta: Hiboo, merek terkemuka untuk perawatan kulit bayi, berhasil mengamankan pendanaan sebesar USD1 juta (setara 15,5 miliar) dalam putaran pendanaan ekuitas. Pendanaan ini dipimpin oleh Trihill Capital, Kopital Ventures, dan Mulia Sky Capital, yang menandai pencapaian signifikan dalam perjalanan perusahaan untuk menjadi pemimpin pasar di industri perawatan bayi di Indonesia.
     
    Didirikan dengan misi untuk menyediakan produk perawatan kulit berkualitas tinggi untuk bayi, Hiboo dengan cepat mendapatkan perhatian di pasar, terutama di sektor e-commerce. Baru-baru ini, Hiboo juga telah berhasil memenangkan Brand Choice Award tahun 2024 untuk kategori baby balm.
     
    Beberapa produk unggulan Hiboo, seperti Hiboo All Purpose Baby Balm dan Mochi Skin Serum, telah diterima dengan baik oleh orang tua yang mencari solusi yang aman, efektif, dan lembut untuk perawatan kulit anak-anak mereka.

    Juan Adiputra Kartawidjaja, Founder dan CEO Hiboo mengatakan pendanaan ini merupakan bentuk apresiasi besar atas konsistensi, kerja keras dan dedikasi tim. “Pendanaan ini akan memungkinkan Hiboo untuk mendukung skalabilitas bisnis sekaligus tetap berfokus pada misi kami untuk menyediakan solusi perawatan kulit terbaik bagi bayi. Kami sangat antusias untuk fase selanjutnya dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para investor kami,” ungkapnya.
     
    Suntikan pendanaan ini akan dimanfaatkan untuk mempercepat pengembangan bisnis Hiboo. Sebagian besar dana akan difokuskan untuk memperkuat kehadiran merek melalui kampanye pemasaran yang lebih terarah, memperkuat identitas merek, serta membangun kepercayaan di mata konsumen.
     
    Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk merekrut talenta-talenta berkualitas yang dapat mendukung akselerasi pertumbuhan dan inovasi. Selebihnya, dana ini juga akan dialokasikan untuk pengembangan produk, riset pasar yang mendalam, serta penguatan operasional bisnis.
     
    “Kesadaran masyarakat terhadap kualitas produk meningkat dengan pesat. Hal ini didukung oleh perkembangan media sosial dan digital marketing. Brand nasional memiliki posisi yang strategis karena dapat merespon secara lebih cepat terhadap aspirasi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, kami juga melihat perkembangan yang cepat di sisi jaringan ritel yang juga mendukung pertumbuhan pasar ini.”
     
    “Di landscape pasar yang dinamis ini, Hiboo Baby muncul sebagai pendatang baru yang mampu mendapatkan kepercayaan pasar dengan cepat melalui produk-produk inovatifnya, seperti Baby Balm, Zzz Baby Cream, dan Mochi Skin Serum,” ungkap Valerianus Ian Sulaiman, VP of Investments Trihill Capital.
     
    “Trihill Capital melihat potensi besar dalam pertumbuhan Hiboo Baby, terutama dengan dukungan pendanaan yang tepat. Keyakinan ini diperkuat oleh rekam jejak pendiri Hiboo Baby yang terbukti mampu mengeksekusi strategi distribusi dengan efektif. Oleh karena itu, Trihill Capital dengan bangga mengumumkan investasinya di Hiboo Baby,” lanjut Valerianus.
     
    Trihill Capital mengaku sangat optimistis terhadap masa depan industri babycare di Indonesia, didorong oleh struktur demografi, tren adopsi internet, tren meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kualitas produk, dan inovasi produk, Trihill percaya bahwa industri babycare memiliki potensi yang sangat besar.
     
    Pasar skincare bayi Indonesia diperkirakan akan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 5,27%, dari USD1,925 miliar pada 2025 menjadi USD 2,490 miliar pada 2030. Hiboo berada pada posisi yang tepat untuk memanfaatkan pertumbuhan ini, dengan kehadiran yang kuat di pasar dan komitmen terhadap keunggulan.
     
    “Melalui komitmen kami untuk terus berkembang, Hiboo bertekad untuk menjadi pemimpin pasar dalam skincare bayi dan juga kids supplements di Indonesia pada 2025. Kami akan terus memperluas produk yang kami tawarkan dan memperkuat posisi di pasar yang semakin kompetitif, demi memberikan yang terbaik bagi konsumen dan keluarga Indonesia,” tutup Juan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (MMI)

  • Pemerintah Siapkan 30.000 Rumah Subsidi untuk Tenaga Kesehatan

    Pemerintah Siapkan 30.000 Rumah Subsidi untuk Tenaga Kesehatan

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah akan membangun 30.000 rumah subsidi dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk perawat, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya (nakes) di seluruh Indonesia.

    Penyediaan rumah subsidi khusus itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditanda tangani oleh Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS), dan Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti.

    Rumah subsidi FLPP itu diperuntukkan bagi 15.000 perawat, 10.000 bidan, dan 5.000 tenaga kesehatan lainnya. Tahap awal, sebanyak 300 rumah itu ditargetkan bisa diserah terima kepada para pekerja medis itu pada Senin (28/4/2025).

    “Jadi, kita kerja benar dan cepat dengan tata kelola yang benar. Jangan terlalu banyak basa-basi ya, mari kita berlomba-lomba berbuat kebaikan. Segera ya, kalau yang bisa cepat jangan dibuat lambat,” kata Maruarar saat penekenan MoU di Kantor Kementerian PKP, Jakarta Pusat, Kamis (27/3/2025).

    Pria yang akrab disapa Ara itu meminta Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyiapkan seremonial serah terima kunci 300 rumah subsidi untuk nakes itu di Semarang, Magelang, atau Solo, Jawa Tengah, sesuai rekomendasi Menkes Budi Gunadi Sadikin.

    Ara meminta rumah subsidi untuk perawat, bidan, dan nakes tersebar dibangun di delapan daerah, termasuk Sumatera Utara yang merupakan kampung asalnya. Kemudian Karawang, Jawa Barat yang merupakan daerah pemilihan Putih Sari, wakil ketua Komisi IX DPR juga inisiator pembangunan rumah subsidi untuk nakes.

    Kedelapan daerah yang akan dibangun 30.000 rumah subsidi untuk nakes itu, adalah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. 

    Menkes Budi Gunadi mengatakan hingga kini sudah ada 42.000 perawat, bidan, dan nakes yang sudah mendaftar untuk mendapatkan rumah subsidi tersebut, tetapi baru 37.000 yang memenuhi kriteria.

    Budi mengatakan jika rumah subsidi khusus itu seharga Rp 160 juta per unit, maka pemerintah setidaknya butuh dana Rp 4,8 triliun untuk pembangunan 30.000 rumah tersebut.

  • Ternyata Ini yang Bikin Konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid Bisa Irit

    Ternyata Ini yang Bikin Konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid Bisa Irit

    Jakarta

    Iritnya bahan bakar pada Kijang Innova Zenix Hybrid jadi daya pikat buat banyak calon pembeli. Ternyata ini yang bikin konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid itu bisa irit.

    Kijang Innova Zenix Hybrid turut berkontribusi terhadap penjualan model Innova keseluruhan. Berkat kontribusinya itulah, Kijang Innova bisa menjadi mobil terlaris di Indonesia. MPV ramah lingkungan ini memang cukup memikat, khususnya bila bicara soal konsumsi bahan bakar.

    Dalam catatan Toyota, MPV ramah lingkungan ini punya konsumsi BBM di rentang 15-25 km/liter. Konsumsi BBM itu pulalah yang membuat konsumen puas, bahkan melampaui ekspektasi.

    “Mayoritas konsumen mengatakan performa mesin dan efisiensi bahan bakar telah melampaui ekspektasi, diperkirakan 15-25 km/liter,” demikian dikutip dari laman Instagram Pressroom Toyota belum lama ini.

    Lalu apa kuncinya Innova Zenix Hybrid bisa irit BBM? Untuk diketahui, Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut memadukan mesin bensin, dua motor listrik, dan transmisi e-CVT. Perpaduan ketiga komponen tersebut dapat memastikan aliran energi lebih optimal di dalam kendaraan. Seperti kendaraan hybrid pada umumnya, energi kinetik dipulihkan saat mobil melakukan deselerasi dan pengereman. Hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.

    Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova Zenix hybrid dibekali mesin M20A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik compact. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi CVT K120 yang mengadopsi mode Sequential Shiftmatic 10-speed. Mesinnya memiliki tenaga 152 PS pada 6.000 rpm.

    Mesin dengan kapasitas silinder 1.987 cc itu dipadukan dengan motor listrik 113 PS dan torsi 21 kgm. Perpaduan antara keduanya menghasilkan daya maksimum 186 PS. Kijang Innova Zenix secara khusus memakai platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan ladder-on-frame. Penggunaan platform baru membuat mobil lebih rigid hingga mengurangi bising di kabin. Bobot mobil kini berkurang hingga 170 kg.

    Berkat penggunaan platform baru, kabin Innova jadi lebih lapang, Ini menjadi faktor yang menambah kenyamanan pengendara maupun penumpang sepanjang perjalanan. Fitur-fitur di dalam Innova juga tak kalah penting. Innova Zenix dilengkapi sistem keselamatan Toyota berbasis sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense 3 yang terdiri dari Pre-Collision System(PCS),Dynamic Radar Cruise Control(DRCC),Lane Departure Alert(LDA) &Lane Tracing Assist(LTA),serta Automatic High Beam(AHB).

    (dry/din)

  • Harga iPhone 16 Series Resmi di Indonesia, Siap Dibeli 11 April 2025 – Page 3

    Harga iPhone 16 Series Resmi di Indonesia, Siap Dibeli 11 April 2025 – Page 3

    Sebelumnya, Apple resmi mengumumkan deretan ponsel baru mereka, iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, dan iPhone 16e akan tersedia resmi di Indonesia.

    Mengutip keterangan resmi Apple, Rabu (26/3/2025), seluruh lini iPhone 16 dan iPhone 16e akan mulai dijual di authorised reseller mulai 11 April.

     Sayangnya, perusahaan teknologi berbasis di Cupertino tersebut belum mengungkap lebih detail tentang berapa harga iPhone 16 series di Indonesia.

    iPhone 16 memiliki layar OLED berukuran 6,1 inci, sedangkan varian Plus memiliki ukuran 6,7 inci. Seperti rumor beredar, kedua HP baru Apple ini dibekali dengan fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di varian Pro.

    Kedua HP Apple ini hadir dengan desain internal baru. Perubahan desain internal ini dilakukan untuk menampung baterai yang lebih besar dan mampu mengantarkan panas lebih baik.

  • Perbandingan Harga iPhone 16 di Indonesia Vs Malaysia dan Singapura, Murah Mana?

    Perbandingan Harga iPhone 16 di Indonesia Vs Malaysia dan Singapura, Murah Mana?

    Jakarta

    Setelah dinanti-nanti, iPhone 16 series sudah bisa dipesan di Indonesia. Dengan demikian, harga resmi dari berbagai varian iPhone 16, mulai dari model standar hingga iPhone 16 Pro Max, kini terkuak.

    Namun, pertanyaan besar muncul di benak para penggemar Apple: apakah harga di Indonesia lebih murah dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura? Mari kita bandingkan!

    Perbandingan Harga iPhone 16 di Indonesia, Singapura dan MalaysiaModelIndonesiaSingapuraMalaysiaiPhone 16e 128 GBRp 12.499.000Rp 11.198.200Rp 10.646.450iPhone 16e 256 GBRp 14.999.000Rp 12.968.200Rp 12.421.450iPhone 16e 512 GBRp 18.999.000Rp 15.918.200Rp 15.971.450iPhone 16 128 GBRp 14.999.000Rp 15.328.200Rp 14.196.450iPhone 16 256 GBRp 17.499.000Rp 17.098.200Rp 15.971.450iPhone 16 512 GBRp 21.999.000Rp 20.638.200Rp 19.521.450iPhone 16 Plus 128 GBRp 18.499.000Rp 16.508.200Rp 15.971.450iPhone 16 Plus 256 GBRp 19.499.000Rp 18.278.200Rp 17.746.450iPhone 16 Plus 512 GBRp 23.999.000Rp 21.818.200Rp 21.296.450iPhone 16 Pro 128 GBRp 18.499.000Rp 18.868.200Rp 17.746.450iPhone 16 Pro 256 GBRp 21.499.000Rp 20.626.200Rp 19.521.450iPhone 16 Pro 512 GBRp 25.999.000Rp 24.178.200Rp 23.071.450iPhone 16 Pro 1 TBRp 30.499.000Rp 27.718.200Rp 26.621.450iPhone 16 Pro Max 256 GBRp 22.499.000Rp 22.998.200Rp 21.296.450iPhone 16 Pro Max 512 GBRp 27.999.000Rp 26.538.200Rp 24.846.450iPhone 16 Pro Max 1 TBRp 32.999.000Rp 30.078.200Rp 28.396.450

    Harga iPhone 16 series di Singapura maupun Malaysia memang lebih murah dari Indonesia. Tapi banderol tersebut belum termasuk pajak IMEI jika dibawa ke Indonesia.

    Kisaran pajak IMEI iPhone 16 series mulai dari Rp 700 ribuan untuk versi terendah hingga di angka Rp 7 jutaan untuk model tertinggi. Setelah dikalkulasi beberapa varian memang lebih murah dibanding harga di Tanah Air.

    Namun dengan selisih harga yang tidak begitu besar sebaiknya membeli iPhone 16 resmi di Indonesia. Sebab kamu bisa mendapatkan benefit lebih, salah satu terpenting tambahan asuransi perlindungan perangkat yang diberikan gratis selama minimal setahun saat melakukan preorder.

    Belum lagi ada cash back dari bank yang bekerja sama dengan Apple Authorised Reseller. Serta bonus lainnya yang tidak kalah menggoda.

    (afr/afr)