Negara: Indonesia

  • Kapolri Ungkap Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Balik Lebaran Masih Tersedia
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        29 Maret 2025

    Kapolri Ungkap Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Balik Lebaran Masih Tersedia Nasional 29 Maret 2025

    Kapolri Ungkap Tiket Kereta Api untuk Mudik dan Balik Lebaran Masih Tersedia
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    Kapolri
    Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa moda transportasi
    kereta api
    masih tersedia untuk
    mudik Lebaran
    2025.
    Sebab, menurut dia, penjualan tiket kereta api baru mencapai 86 persen berdasarkan data yang diterima.
    “Dari data yang kita lihat bahwa untuk kereta api ini masih digunakan 86 persen. Jadi masih ada sisa cukup banyak,” kata Kapolri dalam jumpa pers di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2025).
    Kapolri mengatakan hal itu setelah melihat langsung situasi keamanan dan kenyamanan arus mudik di Stasiun Gambir, didampingi tiga menteri yakni Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, Menko PMK Pratikno dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.
    Oleh karena itu, Listyo Sigit menyarankan agar masyarakat yang ingin mudik dapat menggunakan kereta api.
    Terlebih, dia menyampaikan bahwa tiket kereta api untuk arus balik juga masih tersisa.
    “Jadi bagi masyarakat ingin melaksanakan mudik hari ini dan juga nanti balik (disarankan). Ini yang balik yang pesan tiket balik masih separuhnya,” ujar jenderal polisi bintang empat ini.
    Di lain sisi, Kapolri menilai bahwa sisi keamanan dan kenyamanan pada moda transportasi kereta api sudah baik.
    Ketepatan waktu kereta api, menurut dia, juga bisa menjadi pertimbangan para pemudik untuk menggunakan moda transportasi ini.
    “Tentunya ini bisa juga digunakan untuk mengurangi kepadatan di jalur darat. Karena memang ruang yang disiapkan oleh jalur kereta api masih cukup banyak dan ini bisa menjadi alternatif,” katanya.
    Sebelumnya diberitakan, PT
    Kereta Api
    Indonesia (Persero) melaporkan bahwa penjualan tiket kereta
    mudik Lebaran 2025
    baru mencapai 60 persen dari jumlah kursi yang disediakan.
    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyebutkan, pihaknya telah menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk selama periode mudik
    Lebaran 2025
    .
    Dari jumlah tersebut, 3.443.832 kursi dialokasikan untuk kereta jarak jauh dan 1.147.678 kursi untuk kereta api lokal.
    “Hingga per hari ini jumlah tiket yang sudah terjual sekitar 60,18 persen dari total kapasitas yang kami sediakan, atau sebanyak 2.763.025 tiket,” ujarnya usai menggelar Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2025 di Halaman Stasiun Gambir, Jakarta pada 24 Maret 2025.
    Didiek memaparkan, dari jumlah tersebut, 2.577.897 tiket merupakan tiket KAJJ dengan tingkat okupansi mencapai 74,86 persen.
    Sementara itu, tiket KA Lokal yang telah terjual sebanyak 185.128 tiket atau 16,13 persen dari total kapasitas.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Viral Video Wanita Diminta Bayar Rp3 Juta Saat Lapor Kasus, Polres Metro Jakarta Timur Bantah

    Viral Video Wanita Diminta Bayar Rp3 Juta Saat Lapor Kasus, Polres Metro Jakarta Timur Bantah

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

    TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA – Sebuah video merekam seorang wanita mempertanyakan kinerja Polres Metro Jakarta Timur dalam menangani laporan warga terkait kasus tindak pidana viral.

    Berdasarkan narasi yang beredar di media sosial, korban diminta penyidik membayar uang Rp3 juta agar laporan kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dapat ditindaklanjuti.

    Disebutkan juga bahwa karena korban menolak membayar uang Rp3 juta kepada penyidik, maka laporan kasus Curanmor dihentikan pihak Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur.

    “Ingat seragam, atribut, segala macam itu melindungi dan mengayomi, bukan manipulasi,” kata seorang wanita sebagaimana dalam video yang beredar di media sosial.

    Dalam videonya dia juga mempertanyakan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pelayanan masyarakat, karena dianggap tidak dijalankan seluruh jajaran anggota Polri.

    Berdasar latar dalam video wanita tersebut merekam keluhannya secara langsung di Mapolres Metro Jakarta Timur, tepatnya di lantai 3 atau persis di depan ruang Kapolres Metro Jakarta Timur.

    “Terlapor bayar berapa sih? Gue jual ginjal juga nih buat bayar hukum. Jangan semuanya dimanipulasi dong, berdasarkan fakta, kerja itu yang benar. Kacau banget ya Polres Metro Jakarta Timur,” ujarnya.

    Menanggapi video, Polres Metro Jakarta Timur membantah terdapat anggota mereka yang meminta uang kepada korban dan menghentikan penyelidikan kasus Curanmor secara sepihak.

    Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Armunanto Hutahean menuturkan narasi dan keterangan video disampaikan wanita tersebut tidak benar.

    Menurut Polres Metro Jakarta Timur narasi dalam video bahwa korban dimintai uang agar kasus dapat ditindaklanjuti juga tidak disampaikan dalam keterangan video dibuat korban.

    “Penyidik tidak pernah meminta sejumlah uang sebagaimana narasi dalam video tersebut. Kami penyidik Polres Metro Jakarta Timur tidak pernah meminta uang sepeser pun,” tutur Armunanto.

    Polres Metro Jakarta Timur menyebut kasus yang dilaporkan wanita dalam video awalnya bermula dari transaksi jual beli mobil bekas BMW X5 pada sebuah showroom mobil bekas.

    Korban sebagai pembeli merasa ditipu karena mendapat penjelasan terkait pajak dan kondisi kendaraan yang dibeli, sehingga membuat laporan polisi ke Polres Metro Jakarta Timur.

    “Ada dua laporan polisi yang dibuat. Laporan Pasal 378 KUHP atau penipuan, terkait laporan oleh penyelidik telah dihentikan penyelidikannya dengan alasan bukan tindak pidana,” lanjut Armunanto.

    Penghentian penyelidikan laporan kasus penipuan dilakukan pada 23 Mei 2022 melalui mekanisme gelar perkara yang dilakukan penyelidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur.

    Namun setelah korban mengajukan gelar perkara khusus, Polres Metro Jakarta Timur kembali membuka penyelidikan kasus penipuan dan hingga kini kasusnya masih di tahap penyelidikan.

    Sementara laporan kedua awalnya dibuat korban ke Polda Metro Jaya, namun pada 24 Maret 2023 Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) melimpahkan penanganan ke tingkat Polres.

    “Perkara tentang dugaan tindak pidana terkait UU Konsumen sebagaimana diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1999, dan atau Pasal 378 KUHP. Terlapor OHS, pelapor CA,” kata Armunanto.

    Menurut Armunanto pihaknya sudah melakukan pemeriksaan tujuh orang saksi untuk mengusut kasus, di antaranya saksi dari pihak Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta.

    Kemudian saksi dari pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Kementerian Hukum RI, hasil pemeriksaan saksi ini sudah dibahas saat gelar perkara pada 18 Maret 2025.

    “Hasil gelar perkara, merekomendasikan kepada penyelidik agar kasus yang dilaporkan dihentikan penyelidikannya. Alasannya tidak ditemukan peristiwa pidana,” ujar Armunanto.

     

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Mudah dan Aman, Kini Kirim THR Lebih Praktis Lewat BRImo

    Mudah dan Aman, Kini Kirim THR Lebih Praktis Lewat BRImo

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memastikan bakal terus menghadirkan kemudahan kepada seluruh nasabah dalam melakukan transaksi selama momen Hari Raya Idul Fitri 2025. Bahkan untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kini sudah bisa memanfaatkan aplikasi BRImo.

    Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengatakan BRI terus berinovasi untuk menghadirkan layanan perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Terutama dalam momen penting seperti Lebaran, di mana transaksi keuangan cenderung meningkat pesat.

    Inovasi itu terlihat dari fitur-fitur seperti transfer instan ke berbagai bank, pembagian THR melalui transfer terjadwal, hingga top-up e-wallet, memastikan proses transaksi berjalan lancar tanpa hambatan di aplikasi BRImo. Tidak hanya itu, BRI juga menghadirkan opsi pemberian THR dalam bentuk tabungan emas, yang semakin diminati sebagai bentuk investasi jangka panjang.

    “Bagi penerima THR, pengalaman menerima dana pun kian praktis dan nyaman. Dengan notifikasi real-time di BRImo, THR yang masuk ke rekening dapat langsung diketahui. Dana tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari belanja dengan QRIS, top-up e-wallet, hingga transfer ke keluarga atau kerabat. Selain itu, dengan BRImo, THR dalam bentuk tunai bisa langsung disetor ke CRM/ATM Setor Tarik BRI terdekat agar bisa ditabung,” kata Agustya dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/3/2025).

    Sementara itu, bagi penerima THR dalam bentuk tabungan emas, investasi akan langsung bertambah tanpa perlu repot. Saldo emas yang langsung masuk, nasabah bisa langsung mengeceknya melalui BRImo, memastikan investasi tetap terpantau dan mudah dikelola. Jika ingin menambah jumlah kepemilikan, emas tersebut dapat dibeli kembali melalui fitur transaksi emas di BRImo.

    “Kami memahami bahwa di momen Lebaran, masyarakat membutuhkan akses transaksi yang lebih cepat dan fleksibel, termasuk dalam penyaluran THR. BRImo hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan fitur-fitur yang memungkinkan nasabah mengirim THR secara instan, terjadwal, atau bahkan dalam bentuk emas sebagai alternatif investasi,” ujarnya.

    Dia mengatakan dengan 38,61 juta user, aplikasi ini terus berkembang dengan berbagai fitur inovatif yang mempermudah nasabah dalam mengelola keuangan. Dukungan untuk transaksi lintas batas juga memungkinkan pengguna melakukan berbagai jenis pembayaran dengan lebih praktis dan efisien.

    Kemudahan yang ditawarkan BRImo mendorong peningkatan jumlah transaksi secara signifikan sepanjang tahun 2024. Total transaksi yang diproses mencapai 4,34 miliar, tumbuh 40,54% (YoY). Dari sisi nilai, volume transaksi BRImo mencapai Rp 5.596 triliun, meningkat 34,57% dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Ke depan, BRI berkomitmen untuk terus mengembangkan BRImo dengan menghadirkan fitur-fitur baru dan meningkatkan keamanan, sehingga dapat memberikan layanan perbankan digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutupnya.

    (akn/ega)

  • Anak Pertama Dari 7 Bersaudara, Soleh Operator Judol yang Tewas di Kamboja Tulang Punggung Keluarga

    Anak Pertama Dari 7 Bersaudara, Soleh Operator Judol yang Tewas di Kamboja Tulang Punggung Keluarga

    Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

    TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI BARAT – Soleh Darmawan (24), pemuda asal Kota Bekasi diduga jadi korban perdagangan manusia setelah diajak kerja ke Kamboja. 

    Jenazah warga Jalan Swadaya Raya, RT 002 RW 021, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi itu telah tiba di rumah duka dan telah disemayamkan pada Sabtu, 15 Maret 2025. 

    Ibunda Soleh, Diana (43), mengatakan, putra sulungnya merupakan tulang punggung yang membantu perekonomian keluarga. 

    “Soleh anak pertama dari tujuh bersaudara, adik-adiknya masih banyak yang sekolah,” kata Diana, Jumat (28/3/2025). 

    Soleh merupakan pribadi yang ramah dan aktif bergaul, pemuda lulusan SMK Negeri 1 Kota Bekasi itu sudah aktif berorganisasi sejak duduk di bangku sekolah. 

    Setelah lulus sekolah, keinginannya untuk belajar tak pernah padam. Soleh berhasil mendapatkan beasiswa penuh dari sebuah yayasan sosial untuk kaum duafa. 

    “Kuliah di AKPINDO (Akademi Pariwisata Indonesia), lulusan D3 jurusan Chef,” ungkap Diana. 

    Karirnya sebelum terjerumus kerja di Kamboja, Soleh pernah berkarir di sebuah hotel di daerah Tangerang sebagai juru masak. 

    Sejak Soleh bekerja, dia dapat membantu ekonomi keluarga bersama satu orang adiknya yang juga sudah bekerja. 

    Sementara itu, sang ayah Saifullah mengatakan, Soleh merupakan pribadi yang baik dan sangat peduli dengan lingkungannya. 

    “Dari jama sekolah dia emang aktif orangnya, pas kuliah dia juga katanya di senat (organisasi mahasiswa), makanya yang bantuin marem temen-temannya dia di senat,” terang Saifullah. 

    Sebelumnya diberitakan, Nasib tragis dialami pemuda asal Bekasi bernama Soleh Darmawan (24), kerja jadi admin judi online (judol) di Kamboja pulang tinggal nama. 

    Soleh dikabarkan jadi korban perdagangan manusia, disiksa hingga ginjalnya diambil paksa. Hal ini berdasarkan informasi di akun X @FaktaHitsPlus62. 

    Unggahan akun X tersebut berisi foto kolase, terdiri dari gambar Soleh bersama sejumlah orang diduga penyalur kerja dan kondisi terakhir korban dalam keadaan meninggal dunia. 

    Diana mengatakan, putranya pamit kerja di luar negeri sejak Senin (17/2/2025). Soleh bilang ke keluarga bekerja di Thailand sebagai juru masak di sebuah hotel. 

    “Bilangnya ke Thailand, tapi pas udah meninggal adanya di Kamboja,” kata Diana kepada TribunJakarta.com, Jumat (28/3/2025). 

    Selama empat hari pertama di luar negeri, Soleh masih kerap menghubungi keluarga melalui video call. 

    Kejanggalan mulai terlihat saat Diana menerima sambungan telepon dari Soleh pada Minggu (2/3/2025) malam. 

    Kamera sambungan telepon video menampik kondisi Soleh yang terkulai di kasur, kondisi lemas tak berdaya. 

    Suara pada sambung telepon diduga teman sesama rekan kerja, menggambarkan ke Diana kondisi anaknya sakit. 

    Diana waktu itu tak bisa berbuat banyak, dia hanya bisa melihat anaknya sakit melalui sambungan telepon tanpa bisa berbuat apa-apa. 

    Pagi datang, kabar duka dari luar negeri sampai ke keluarga. Soleh dinyatakan meninggal dunia pada Senin (3/3/2025). 

    “Saya diteleponnya malam. Pas malamnya nelfon. Besok pagi dia meninggal,” terang dia. 

    Diana dibantu teman kuliah anaknya berusaha mencari tahu keberadaan Soleh, sampai akhirnya diketahui berada di Kamboja. 

    Melalui Kedutaan Besar RI di Kamboja, jenazah Soleh berhasil dipulangkan ke tanah air untuk diserahkan ke pihak keluarga pada Sabtu (15/3/2025). 

    Setibanya di rumah duka, jenazah Soleh langsung dimandikan untuk selanjutnya disalatkan dan dikubur di pemakaman keluarga samping kediamannya. 

    Pada saat dimandikan, Diana melihat kejanggalan. Ada luka seperti jahitan di bagian dekat perut posisi ginjal. 

    Hal ini yang menimbulkan kecurigaan, Soleh meninggal bukan karena sakit dan diduga menjadi korban perdagangan manusia. 

    “Enggak ngerti deh saya. Pokoknya di bagian perut gitu dah (ada bekas luka) jahitan. Anak saya nggak pernah operasi-operasi,” terang Diana. 

    Belakangan, Diana baru mengetahui anaknya kerja di Kamboja diduga menjadi admin Judol. Saat ini, dia bingung harus berbuat apa untuk menuntut keadilan atas kematian anaknya. 

    “Penyebabnya itu (meninggal) nggak tahu dah, saya kemarin sih sempat ikhlas, cuma saya pengennya enggak ada lagi yang kejadian kayak anak saya,” ucap Diana.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

    Caption: Saifullah dan Diana, orang tua Soleh Darmawan, pemuda asal Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi yang diduga korban perdagangan manusia di Kamboja. 

  • 131 Warga di Daerah Ini Dapat Bantuan Sarana Infrastruktur Air Bersih, Tak Lagi Cemas Saat Musim Kemarau Tiba – Page 3

    131 Warga di Daerah Ini Dapat Bantuan Sarana Infrastruktur Air Bersih, Tak Lagi Cemas Saat Musim Kemarau Tiba – Page 3

    Apa yang menjadi keresahan Paulus Johnson Aritos dan masyarakat Desa Tanaduen akhirnya mendapatkan jalan keluar di akhir 2024. Berkat dukungan dari Pemerintah Daerah dan PT Pertamina (Persero), mereka mendapatkan dukungan pembangunan sarana infrastruktur air bersih. Hal ini meliputi pengeboran sumur, instalasi pompa, tempat penyimpanan air bersih berkapasitas 4.600 liter, filterisasi dan kelistrikan, serta sistem distribusi yang menjangkau rumah-rumah warga.

    Adapun sarana air bersih yang sudah dibangun tersebut diserahkan langsung kepada Kepala Desa Tanaduen sebagai hak milik desa. Pemanfaatannya sendiri bisa dikelola untuk seluruh masyarakat desa. Sarana air bersih ini juga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat dengan mengurangi biaya pengadaan air. Serta, meningkatkan efisiensi waktu masyarakat untuk kegiatan produktif.

    Upaya Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

    Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan komitmen Pertamina dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan sebagaimana yang tertuang dalam poin 6 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

    Tercatat Pertamina Group sudah membangun 131 titik sanitasi air bersih pada tahun 2024. Lokasinya sendiri tersebar di sekitar wilayah operasi, seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat Daya.

    “Pertamina tidak hanya melayani energi nasional, tetapi juga peduli dan mendukung kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, pemberdayaan dan ekonomi, pelestarian lingkungan, dan pendidikan. Salah satunya melalui program Sanitasi Air Bersih yang kami harapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan fasilitas dan sanitasi layak yang diperlukan sehari-hari,” tutup Fadjar.

    Sejalan dengan Hari Air Sedunia yang jatuh pada 23 Maret 2025, Pertamina berkomitmen menjaga ketahanan energi, sekaligus mendorong kesejahteraan Indonesia melalui program sanitasi air bersih.

    Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

  • 1,4 Juta Pemudik Pilih Berangkat Naik Kereta – Halaman all

    1,4 Juta Pemudik Pilih Berangkat Naik Kereta – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memberangkatkan 1.445.965 pemudik selama periode angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2025/1446 Hijriah berdasar data per Jumat, 28 Maret 2025.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, selama angkutan Lebaran total penjualan tiket mencapai di atas 3,3 juta dan hingga 28 Maret pukul 24.00 WIB KAI telah melayani 1.445.965 pelanggan.

    “Puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan tiket mencapai 215.646 dalam sehari yang terdiri dari 184.008 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dan 31.638 tiket KA lokal yang dikelola KAI,” ujar Anne di Jakarta Pusat, Sabtu (29/3/2025).

    Angka tersebut merupakan capaian penjualan tertinggi selama periode angkutan Lebaran 21 Maret – 11 April 2025 dengan tingkat okupansi 115,56 persen untuk KA JJ dan 60,65 persen untuk KA lokal. Lalu, tingkat okupansi yang melebihi 100 persen terjadi karena adanya pola perjalanan penumpang yang fleksibel.

    “Pelanggan naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan, bukan hanya dari stasiun awal hingga tujuan akhir,” ujarnya.

    Anne memaparkan, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan periode 21 Maret – 11 April 2025, yang terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk KAJJ dan 1.147.678 tempat duduk untuk KA lokal.

    “Hingga 29 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.303.774 tiket telah terjual, atau sekitar 71,95 persen dari total kapasitas yang disediakan,” ucapnya.

     

  • Mudik Sehat Jadi Tren, Booth Ini Beri Layanan Bebaskan Pemudik dari Gangguan Masuk Angin – Halaman all

    Mudik Sehat Jadi Tren, Booth Ini Beri Layanan Bebaskan Pemudik dari Gangguan Masuk Angin – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mudik bukan sekadar perjalanan pulang kampung, tetapi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

    Seiring dengan berkembangnya tren wellness, pemudik kini semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kenyamanan selama perjalanan jauh.

    Bukan hanya menyiapkan kendaraan dan barang bawaan, pemudik juga mulai mengutamakan kondisi tubuh agar tetap prima saat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

    Perubahan ini terlihat dari meningkatnya permintaan terhadap fasilitas pendukung di jalur mudik, seperti rest area yang nyaman, layanan kesehatan, hingga pilihan konsumsi yang lebih sehat.

    Head of Marketing PT Bintang Toedjoe, Arwin Nugraha Hutasoit, mengatakan saat ini pemudik tidak hanya mencari tempat istirahat, tetapi juga solusi yang dapat membantu mereka tetap bugar dan bebas dari masuk angin selama perjalanan panjang.

    “Untuk mendukung kebutuhan ini, kami menghadirkan booth Pertolongan Anti Angin-Anginan (Pertangina) di 51 titik strategis jalur mudik, seperti rest area, terminal, stasiun, pelabuhan, SPBU, dan titik-titik favorit lainnya,” katanya, Sabtu (29/3/2025).

    Ia mengatakan, booth ini menyediakan berbagai fasilitas yang dirancang untuk membantu pemudik tetap fit dan bebas masuk angin.

    Aktivasi ini berlangsung pada 28-30 Maret 2025 dan akan lebih menarik setelah tiba waktu buka puasa.

    “Pemudik dapat menikmati layanan interaktif Angin Detector, yang akan mengidentifikasi tingkat masuk angin mereka dalam tiga kategori: Angin One Way, Angin Traffic, dan Angin Fatigue,” katanya.

    Setelahnya, mereka bisa mendapatkan Angin Treatment, yang mencakup Pertolongan Medium, Pertolongan Maximum, hingga Pertolongan Maximum Plus, dengan fasilitas seperti pijat relaksasi dan minuman hangat Bejo Jahe Merah.

    Rindu Melati Siregar, Group Brand Manager Natural Wellness Category, menambahkan bahwa booth ini tidak hanya memberikan pertolongan anti angin-anginan saja,

    “Tetapi juga menciptakan pengalaman menyenangkan yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan selama perjalanan mudik,” katanya.

  • Mewah! Ariel Noah Mudik Lebaran Naik Motor Matik ‘Sultan’

    Mewah! Ariel Noah Mudik Lebaran Naik Motor Matik ‘Sultan’

    Jakarta

    Setiap memasuki momen Lebaran, Nazriel Irham alias Ariel Noah kerap kali membagikan momen mudik ke kampung halaman naik sepeda motor. Kali ini, pria 43 tahun itu kedapatan mengendarai skuter matik ‘sultan’ Italjet Dragster!

    Dilihat dari akun Instagram resminya, Ariel terlihat melakukan swafoto bersama motornya tersebut. Dia juga membuat video menggunakan kamera 360 saat berkendara di jalan raya. Kabarnya, dia hendak menuju kampung halaman di Bandung, Jawa Barat.

    Meski hanya menunjukkan bagian atas dan belakang, namun motor yang dikendarai Ariel Noah sangat mudah dikenali. Kendaraan tersebut merupakan Italjet Dragster 200 yang punya banderol ‘selangit’.

    “Mudik ready! Pada mudik ke mana nih tahun ini? Hati-hati di jalan semuanya, selamat sampai tujuan!” demikian tulis akun Instagram @arielnoah, dikutip Sabtu (29/3).

    Ariel Noah naik Italjet Dragster. Foto: Doc. Instagram @arielnoah

    Melalui kolom komentar unggahan, Ariel membenarkan, motor listrik yang dipakainya tersebut merupakan Italjet Dragster 200 besutan Italia. Dia sebelumnya pernah mengendarai tunggangan itu saat touring jarak pendek bersama teman-teman SMA-nya.

    Namun, Italjet Dragster yang biasa dipakai Ariel Noah biasanya merupakan versi A.R.L dengan sentuhan warna biru, merah dan emas. Namun, motor yang dipakai mudik kali ini terlihat menggunakan warna standar kuning dan silver.

    Italjet Dragster 200 memiliki panjang 1.890 mm, lebar 750 mm, tinggi tempat duduk 770 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm dan bobot kosong 124 kg. Sementara kapasitas tangkinya sembilan liter.

    Motor tersebut menggunakan mesin DOHC berkapasitas 180,7cc dengan silinder tunggal dan pendingin cairan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 19,8 dk dan torsi 17 Nm.

    Dahulu, Italjet Dragster dijual di Indonesia melalui importir umum Utomocorp. Namun, kini kendaraan tersebut dipasarkan melalui PT Cuprum Performance Indonesia (CPI). Sementara harganya berkisar Rp 155-175 jutaan dengan status on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • H-2 Lebaran, Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik Sejak Dini Hari

    H-2 Lebaran, Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik Sejak Dini Hari

    Bisnis.com, BANTEN – Pelabuhan Merak, Banten, mulai dipadati pemudik sejak dini hari, Sabtu (29/3/2025) pukul 01.00 WIB. Situasi di lokasi terpantau ramai namun tetap lancar.

    Kapolsek Pelabuhan Merak, Iptu Ignatius Andrean Setianto, menyatakan bahwa lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak sesuai dengan prediksi.

    “Memang sudah sesuai dengan apa yang kami prekdisikan, pada H-3, H-2, yakni sekitar tanggal 27, 28, merupakan puncak dari arus mudik,” ujarnya kepada tim Jelajah Lebaran 2025, Sabtu dini hari (29/3/2025).

    Saat ini, petugas kepolisian, ASDP, dan KSOP bekerja sama untuk mengatur arus kendaraan di dalam dan luar Pelabuhan Merak.

    Iptu Ignatius juga mengakui bahwa volume kendaraan meningkat signifikan, namun kondisi masih terkendali. Sistem delay juga masih bisa diterapkan jika diperlukan.

    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus berupaya memastikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan arus mudik Lebaran 2025 dengan memantau serta mengoptimalkan layanan penyeberangan.

    Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyatakan bahwa seluruh persiapan operasional telah dimaksimalkan guna memberikan pengalaman mudik yang lebih baik bagi pengguna jasa.

    “Kami telah meningkatkan kesiapan armada kapal, mengoptimalkan layanan di pelabuhan, serta memperkuat sistem digitalisasi melalui Ferizy agar pemudik dapat melakukan reservasi tiket dengan lebih mudah dan menghindari antrean panjang,” ujar Shelvy.

    Selain itu, ASDP mengklaim terus menjalin koordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran arus kendaraan dan penumpang di pelabuhan.

    Di lintasan Merak-Bakauheni, ASDP mengoperasikan 52 kapal pada H-4 atau Kamis (27/3), yang melayani penyeberangan melalui Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan BBJ Bojonegara. Dalam kurun waktu 24 jam, sebanyak 86.643 penumpang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera.

    Kemudian, secara kumulatif sejak H-10 hingga H-4, jumlah penumpang yang telah menyeberang mencapai 438.662 orang.

    Pergerakan kendaraan di lintasan ini juga terus berlangsung dengan total 23.439 unit yang telah menyeberang pada H-4, yang terdiri dari 9.173 unit sepeda motor, 11.985 unit kendaraan roda empat, 1.671 unit truk, dan 610 unit bus.

  • Peringatan Keras FBI Jangan Cas HP di sini, Pintu Masuk Petaka

    Peringatan Keras FBI Jangan Cas HP di sini, Pintu Masuk Petaka

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mengisi daya atau ngecas handphone (HP) di tempat yang salah bisa jadi awal petaka. Hal ini diungkapkan FBI dalam sebuah unggahannya di media sosial X.

    Dalam cuitannya itu, akun FBI Denver menginggatkan agar tidak mengisi daya HP di stasiun/ fasilitas umum pengisian daya HP yang ada di bandara, hotel, maupun mal.

    Sebaiknya, warning FBI, mengecas HP dengan menggunakan alat pengisi daya alias colokan HP milik sendiri.

    “Hindari penggunaan stasiun pengisian daya gratis di bandara, hotel, atau pusat perbelanjaan. Pelaku kejahatan menemukan cara memasukkan malware dan perangkat lunak pemantau perangkat menggunakan port USB publik,” tulis FBI Denver, dikutip Sabtu (29/3/2025).

    “Bawa pengisi data dan kabel USB Anda sendiri dan gunakan stopkontak listrik sebagai gantinya,” imbau FBI Denver.

    Peringatan FBI ini terkait modus juice jacking.

    Menurut situs resmi Komisi Komunikasi Federal AS (FCC), juice jacking adalah praktik ketika pelaku kejahatan memasukkan malware ke HP melalui port USB publik di stasiun pengisian daya umum. Malwar ini digunakan untuk mengakses perangkat elektronik orang lain saat sedang diisi dayanya.

    Malware yang dipasang melalui port USB yang rusak dapat mengunci perangkat atau mengekspor data pribadi dan kata sandi langsung ke pelaku kejahatan. Peretas dan pelaku kejahatan kemudian dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengakses akun daring atau menjualnya ke pelaku kejahatan lainnya.

    Berikut ini kiat untuk mencegah juice jacking menurut FCC:

    – Menggunakan stopkontak AC dapat membantu Anda menghindari risiko potensial, jadi pastikan untuk membawa AC, pengisi daya mobil, dan kabel USB Anda sendiri saat bepergian.

    – Bawa baterai eksternal.

    – Pertimbangkan untuk membawa kabel khusus pengisian daya, yang mencegah pengiriman atau penerimaan data saat pengisian daya, dari pemasok terpercaya.

    – Jika Anda mencolokkan perangkat ke port USB dan muncul perintah yang meminta Anda untuk memilih ‘share data’ atau ‘trust this computer’ atau ‘charge only’, selalu pilih ‘charge only’.

    Selain port USB publik, FCC mengingatkan potensi masuknya malware melalui jaringan WiFi publik.

    (dce/dce)