Negara: Indonesia

  • PROFIL Masjid Fatahillah,Tempat Ibadah Dibangun Ahok di Balai Kota, Jadi Tempat Salat Id Pram & Rano

    PROFIL Masjid Fatahillah,Tempat Ibadah Dibangun Ahok di Balai Kota, Jadi Tempat Salat Id Pram & Rano

    TRIBUNJAKARTA.COM – Gubernur Jakarta, Pramono Anung dan wakilnya Rano Karno sudah menetapkan bakal melangsungkan Salat Idulfitri atau Salat Id di Masjid Fatahillah, Balai Kota, Jakarta.

    Pelaksanaan Salat Id bakal diikuti Pramono Anung dan Rano Karno, pada Senin (31/3/2025) pagi WIB.

    Kabar Pramono Anung dan Rano Karno salat id di Masjid Fatahillah pun sudah terkonfirmasi.

    “Saya salat id di Masjid Fatahillah di Balai Kota bersama pak gubernur (Pramono Anung),” ucap Rano Karno di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (28/3/2025).

    Setelah Salat Id bersama Pramono dan jajaran Pemprov DKI Jakarta lainnya, Rano menyebut, dirinya bakal menghabiskan waktu bersama keluarga.

    “Kemudian ya setelah (salat) saya pulang,” kata pemeran Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini.

    Diketahui, lokasi tempat ibadah yang bakal dipakai Pramono Anung dan Rano Karno merupakan masjid yang dibangun di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

    Saat itu, Ahok sudah memiliki ide membangun Masjid Fatahillah sejak tahun 2014.

    Sebanyak empat oknum polisi melakukan aksi pungli bermodus meminta THR ke sejumlah hotel di Menteng. Aksi tersebut berhasil terbongkar dan kini ditangani Propam Polres Metro Jakarta Pusat. Oknum polisi tersebut meminta THR dengan modus partisipasi Lebaran untuk para anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Pegangsaan Polsek Metro Menteng.

    Namun proses pembangunannya baru berjalan pada September 2015.

    Progres pembangunannya berjalan selama kurang lebih tiga bulan.

    Peresmian Masjid Fatahillah dilakukan pada 29 Januari 2016 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Masjid Fatahillah dibangun menggunakan APBD DKI Jakarta sebesar Rp18,8 miliar.

    Bangunan Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta di Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2016). Masjid tersebut dibangun selama tiga bulan dan menghabiskan biaya hingga Rp 18,8 milyar. (TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN)

    Masjid Fatahillah berwarna dominan putih yang dibangun di lingkungan Balai Kota Jakarta.

    Masjid ini dulunya hanya berupa musala dengan nama yang sama, Fatahillah dan hanya bisa menampung 200 jemaah.

    Kini Masjid Fatahillah telah berdiri megah terdiri dari dua lantai yang dapat menampung kurang lebih 1.513 jemaah.

    Lantai satu seluas 410 meter persegi dan lantai dua seluas 594 meter persegi.

    Masjid ini diberikan nama seorang pahlawan nasional yang berhasil mengusir penjajah yakni Fatahillah.

    Bangunan Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta di Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2016). Masjid tersebut dibangun selama tiga bulan dan menghabiskan biaya hingga Rp 18,8 milyar. (TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN)

    Saat masa penjajahan, sosok Fatahillah merupakan pahlawan yang banyak berjasa dalam membela Indonesia.

    Terlebih sosok ini merupakan tokoh yang memberikan nama Jayakarta.

    Hal lain yang menarik perhatian adalah Masjid Fatahillah merupakan masjid pertama yang dibangun di Balai Kota Jakarta.

    Sebelumnya, masjid ini dulunya hanya berupa musala kecil dengan nama yang sama.

    Bangunan Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta di Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2016). Masjid tersebut dibangun selama tiga bulan dan menghabiskan biaya hingga Rp 18,8 milyar. (TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN)

    Mengingat tak adanya masjid di Balai Kota, Ahok (Gubernur Jakarta saat tahun 2016) mewujudkan pembangunan masjid pertama di kompleks Balai Kota.

    Kemudian Masjid Fatahillah ini tampak gagah dan menawan dengan pilar yang menghiasi bangunan.

    Ada empat pilar yang diberi marmer berwarna krem.

    Kemudian bentuk kubah bergaya klasik yang membuat masjid ini tampak gagah dan mewah.

    Hal lain yang menarik perhatian di masjid ini yakni ada ventilasi yang membuat bangunan menjadi cantik.

    Ventilasi dibuat seperti deretan jendela mati yang hampir memenuhi tinggi dari lantai.

    Terdapat empat ventilasi dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

    Bangunan Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta di Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2016). Masjid tersebut dibangun selama tiga bulan dan menghabiskan biaya hingga Rp 18,8 milyar. (TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN)

    Profil Masjid Fatahillah

    Nama: Masjid Fatahillah Balai Kota Jakarta

    Alamat: Jl. Medan Merdeka Sel. No.8-9 11, RT.11/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

    Daya Tampung: 1.513 jemaah

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • IHSG Menguat 4,03% di Pekan Terakhir Ramadan

    IHSG Menguat 4,03% di Pekan Terakhir Ramadan

    Jakarta

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat di pekan terakhir bulan Ramadan, Kamis (27/3) kemarin. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat penguatan IHSG sebesar 4,03% sepanjang periode 24 hingga 27 Maret 2025 pada level 6.510,620 dari 6.258,179.

    “Data perdagangan saham BEI selama sepekan ditutup mayoritas pada zona positif,” kata Sekretaris Perusahaan BEI, Kautsar Primadi Nurahmat, dikutip Minggu (30/3).

    Kautsar mengatakan, peningkatan tertinggi terjadi pada rata-rata nilai transaksi harian Bursa selama sepekan sebesar 22,26% menjadi Rp 18,60 triliun dari Rp 15,21 triliun pada pekan sebelumnya.

    Kapitalisasi pasar Bursa menguat sebesar 2,81% menjadi Rp 11.126 triliun dari Rp 10.822 triliun pada sepekan sebelumnya. Sedangkan, rata-rata volume transaksi harian Bursa pekan ini melemah 8,60% menjadi 18,77 miliar lembar saham dari 20,53 miliar lembar saham di pekan sebelumnya.

    Rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa juga melemah 16,16%, menjadi 1,02 juta kali transaksi dari 1,21 juta kali transaksi di pekan sebelumnya. Investor asing mencatatkan nilai beli bersih pada Kamis (27/3) sebesar Rp 623,65 miliar.

    “Sepanjang tahun 2025 ini, investor asing mencatatkan nilai jual bersih Rp 29,92 triliun,” tutupnya.

    (rrd/rrd)

  • KAI Sumut Gandeng BBMKG Medan Perkuat Mitigasi Dampak Cuaca

    KAI Sumut Gandeng BBMKG Medan Perkuat Mitigasi Dampak Cuaca

    MADAN – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) menjalin koordinasi dengan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan untuk memperkuat mitigasi demi peningkatan keselamatan perjalanan kereta api.

    Vice President (VP) KAI Divre I Sumut Sofan Hidayah di Medan, Sabtu, mengatakan pihaknya telah bertemu dengan BBMKG Wilayah I Medan dalam upaya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.

    Pihaknya mengoperasikan jalur aktif sepanjang 476.460 km, meliputi 43 stasiun di 13 kabupaten/kota di Sumut serta tiga stasiun di Provinsi Aceh.

    “Dengan jalur yang cukup panjang, diperlukan koordinasi intensif untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api,” katanya.

    Dalam pertemuan itu, kata dia, dibahas pentingnya informasi terkini mengenai kondisi cuaca dan potensi gempa bumi agar KAI dapat melakukan mitigasi dini serta respons cepat terhadap situasi darurat di lapangan.

    “Informasi terbaru mengenai kondisi cuaca, potensi gempa, dan dampaknya sangat kami perlukan agar dapat melakukan mitigasi dini dan mengambil tindakan cepat dalam penanganan di lapangan. Dengan adanya sistem komunikasi yang baik antara KAI Divre I Sumut dan BBMKG Wilayah I Medan, keselamatan perjalanan kereta api dapat lebih terjamin,” katanya.

    Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho menyambut baik inisiatif tersebut dan menegaskan komitmen BBMKG Wilayah I Medan dalam mendukung KAI Divre I Sumut.

    Dengan sinergi yang semakin erat antara KAI Divre I Sumut dan BBMKG Wilayah I Medan, kata dia, diharapkan keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran layanan kereta api semakin meningkat, serta memberikan manfaat maksimal bagi seluruh pengguna jasa transportasi kereta api.

    “Kunjungan ini memiliki nilai strategis dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. BBMKG Wilayah I Medan siap memberikan informasi terkini guna mendukung kelancaran operasional kereta api,” katanya.

  • KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir PP, Ini Jadwal dan Tarifnya – Halaman all

    KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir PP, Ini Jadwal dan Tarifnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jadwal perjalanan kereta api untuk arus balik Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah atau Lebaran 2025.

    Selama arus balik Lebaran 2025, KAI akan mengoperasikan kereta api tambahan rute Stasiun Yogyakarta tujuan Stasiun Gambir PP.

    “Kabar gembira! Daop 6 Yogyakarta operasikan KA Tambahan YK-GMR (PP) untuk memenuhi kebutuhan perjalanan selama masa angkutan Lebaran 2025,” tulis @sahabatenam dalam sebuah caption di akun Instagram.

    KA Tambahan YK-GMR ini akan mulai dijalankan pada 30 Maret 2025 hingga 13 April 2025 mendatang.

    Adapun KA Tambahan YK-GMR memiliki layanan full kelas eksekutif dengan menggunakan sarana Kereta Eksekutif New Generation.

    Jadwal Keberangkatan

    KA Tambahan YK-GMR yang menggunakan sarana Kereta Eksekutif New Generation akan berjalan satu kali dari Yogyakarta menuju Gambir dengan jam keberangkatan pukul 00.25 WIB.

    Sementara untuk rute sebaliknya yakni dari Gambir tujuan Yogyakarta akan diberangkatkan pada pukul 15.20 WIB.

    Harga Tiket

    KAI mematok harga tiket untuk KA Tambahan YK-GMR yakni mulai dari Rp 500.000 untuk sekali perjalanan.

    Meski begitu, harga tiket dapat berubah menyesuaikan dengan ketersediaan seat atau tempat duduk.

    Isi Saldo KAIPay

    KAI telah meluncurkan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi Access by KAI.

    KAIPay hadir untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi Access by KAI.

    Pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. 

    Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja.

    Untuk mengaktifkan fitur KAIPay, pengguna perlu mengupdate aplikasi Access by KAI ke versi terbaru terlebih dahulu. 

    Setelah itu, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp. Apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS.

    Cara Top Up KAIPay

    Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer virtual account di beberapa bank (ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking) dan melalui minimarket Alfamart. 

    Berikut langkah-langkah atau cara top up KAIPay yang bisa Anda ikuti: 

    – Buka aplikasi Access by KAI 

    – Pilih menu KAIPay di halaman beranda 

    – Klik ikon KAIPay

    – Pilih menu “Top Up” 

    – Selanjutnya akan tertera beberapa pilihan metode pengisian saldo, baik dari ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, atau gerai ritel 

    – Klik metode yang diinginkan

    – Setelah itu, akan muncul nomor virtual account untuk top up KAIPay

    – Ikuti petunjuk yang tersedia untuk menyelesaikan transaksi.

    Setelah berhasil mengisi saldo KAIPay, Anda dapat menggunakannya untuk membeli tiket kereta api.

    Adapun langkah-langkah membeli tiket kereta api dengan metode pembayaran KAIPay yakni sebagai berikut:

    – Buka aplikasi Access by KAI 

    – Pilih menu “Antar Kota” 

    – Masukkan kota asal dan tujuan 

    – Pilih tanggal keberangkatan, lalu tap “Cari Tiket Antar Kota” 

    – Pilih kereta dan lakukan pengisian data penumpang (nama, email, dan nomor HP) 

    – Klik “Lanjutkan” 

    – Jika data sudah sesuai, klik “Ya, Lanjutkan” 

    – Pilih kursi dan klik “Lanjutkan” 

    – Pada halaman “Rincian Pemesanan”, centang kotak persetujuan syarat dan ketentuan 

    – Kemudian klik “Bayar” 

    – Saat masuk ke menu Metode Pembayaran, silakan pilih “Bayar KAIPay” 

    – Ikuti petunjuk berikutnya hingga transaksi berhasil.

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Kumpulan Tulisan Unik di Motor Pemudik ‘Tuku Pilus Karo Kecap, Wayahe Wong Tulus Mulih Cilacap’ – Halaman all

    Kumpulan Tulisan Unik di Motor Pemudik ‘Tuku Pilus Karo Kecap, Wayahe Wong Tulus Mulih Cilacap’ – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kumpulan tulisan unik para pemudik yang ditempel di kendaraan saat perjalanan ke kampung halaman mencuri perhatian.

    Pemudik biasanya menempelkan tulisan berisi pesan lucu yang diletakkan di balik barang bawaan.

    Seperti tulisan pemudik yang melintas di Jalur Kalimalang, Jalan KH Noer Ali Kota Bekasi pada Jumat (28/3/2025) ini. 

    Tulisan pemudik itu, berbunyi “Bikin dosa di kota minta maaf di kota, lama gak mudik sekali mudik gak lama,”. 

    Kemudian, tulisan “Tuku pilus karo kecap, wayahe wong tulus mulih Cilacap, Tangerang-Cilacap Mudik 2025”. 

    Dikutip dari TribunJakarta.com, menurut pemudik bernama Galih, sengaja memasang tulisan unik di belakang kendaraannya untuk seru-seruan. 

    “Mudik dari Jaksel mau ke Pekalongan, sendiri aja, bikin tulisan biar ada kesannya aja gitu. Seru-seruan aja.”

    “Alhamdulillah enggak ada kendala selama perjalanan,” kata Galih saat dijumpai di Bekasi.

    Lebih lanjut, Galih menceritakan, ini pertama kalinya ia mudik menggunakan sepeda motor, biasanya pulang ke kampus halaman menggunakan bus. 

    “Masih jauh perjalanan masih delapan jam lagi, baru kali ini mudik bawa motor, biasanya naik bus. Pengen tahu rasanya mudik pake motor gitu,” ungkapnya.

    Selain itu, ada pemudik di Jalan Kalimalang, yang menuliskan “Bikin dosa di kota, minta maaf di desa. Lama gak mudik, sekali mudik gak lama, Jaksel-Banjarnegara-Semarang”.

    Tulisan unik lainnya, juga dijumpai di Jalan Raya Kalimalang, Cipinang, Jakarta Timur.

    Seorang pemudik menempelkan tulisan berbahasa Jawa ‘Wayae Wong Mumet Tampil #panturarace Tangerang-Pemalang’.

    Bila diartikan ke Bahasa Indonesia, tulisan itu berbunyi ‘saatnya orang Mumet tampil’.

    Kemudian, ketika berjalan menuju Simpang BCP, Bekasi, ada pemudik motor juga menempelkan secara kertas di barang bawaannya.

    Pemudik itu, menuliskan kata-kata “Setelah Minta Maaf Sama Orang Rumah, Jangan Lupa Minta Maaf Sama Orang Yang Pernah Jadi Rumah #Tangerang-Cilacap 2025”.

    Ada lagi pemudik yang menggunakan jaket dan helm ojek online, menempelkan kertas di barang bawaan bagian belakangnya.

    Kertas tersebut, bertuliskan bahasa Jawa ‘Golek Duit’E NGOJOL Ngentek`e Duit’EJUDOL. Sepurane Mbok Mudik kali iki gur Gowo Awak mergo golek Duit lagi gak kepenak, GAS TIPIS-TIPIS. TANGSEL-TEMANGGUNG’.

    Bila diartikan dalam Bahasa Indonesia, ‘Nyari duit lewat Ngojol, ngabisin duit lewat Judol. Mohon maaf bu Mudik kali ini cuma bawa diri sendiri, masalahnya nyari duit lagi gak enak’.

    Kemudian, tim Wartakotalive.com juga menemui pemudik motor yang menempelkan secarik kertas bertuliskan lucu ‘Mudiklah rindu mantan pacar bro…’.

    Tak hanya itu, pemudik yang menggunakan mobil atau roda empat pun menempelkan kertas di kaca belakang.

    Sementara itu, di Jalur Pantura Cirebon, Selasa (25/3/2025), berbagai tulisan nyeleneh ditempel di bagian belakang motor pemudik.

    Ada yang berisi motivasi, harapan, hingga humor yang mengundang tawa.

    Sejumlah pemudik menuliskan pesan yang mencerminkan perasaan dan pengalaman mereka selama perjalanan, di antaranya:

    “Tulus’e ati bakal kalah karo baguse rai.” (Tulusnya hati bakal kalah sama bagusnya wajah)

    “Tetap merendah soale sing duwur kui langit karo seleramu.” (Tetap merendah, karena di atas itu cuma ada langit dan seleramu)

    “Royal tok nek ra nganteng yo sodakoh.” (Royal saja kalau nggak ganteng, ya sedekah)

    “Gass mudik ngetan…”

    Cerita Pemudik Tempel Tulisan Unik di Kendaraan

    Deni (32), seorang pemudik asal Jakarta, mengaku sengaja menempelkan tulisan di motornya agar perjalanan lebih seru.

    “Buat hiburan saja, biar nggak terlalu stres di jalan. Ya, sekalian pembelaan diri kalau jatuh cinta jangan sampai buat gila,” kata Deni di sebuah warung di Cirebon, Selasa (25/3/2025), dilansir TribunJabar.id.

    Selain bersifat humor, ada tulisan yang mengandung doa dan harapan. 

    Seperti tulisan yang dibuat pemudik asal Tangerang, Iwan (40).

    Ia menuliskan “Semoga selamat sampai tujuan, istri dan anak menunggu di rumah.”

    “Biar lebih semangat di jalan. Saya bawa istri dan anak juga, jadi semoga perjalanan lancar,” ucap Iwan.

    Tulisan-tulisan ini menjadi hiburan tersendiri bagi pemudik lain.

    Di sisi lain, petugas kepolisian tetap mengingatkan agar para pemudik mengutamakan keselamatan di perjalanan.

    Hal tersebut, disampaikan Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Ngadiman.

    “Silakan berkreasi, tapi tetap patuhi aturan lalu lintas. Jangan sampai tulisan di motor malah mengganggu visibilitas pengendara lain,” katanya.

    Sebagian artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Para Pemudik Menuliskan Pesan Unik dan Lucu, Ditempelkan ke Bodi Kendaraan dan TribunJakarta.com dengan judul ‘Bikin Dosa di Kota, Minta Maaf di Desa’ Kumpulan Tulisan Unik Pemudik di Kalimalang Bikin Senyum

    (Tribunnews.com/Suci Bangun DS, TribunJabar.id, Arie Puji Waluyo, TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar, TribunJabar.id/Eki Yulianto)

  • Mengungkap Peran Teknologi AI Dalam Membantu Riset Pasar

    Mengungkap Peran Teknologi AI Dalam Membantu Riset Pasar

    Jakarta

    Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) mampu menjawab kebutuhan bisnis terhadap perilaku konsumen yang semakin dinamis. Apa saja peran AI dalam bidang penelitian terhadap riset pasar?

    Dalam bidang riset pasar yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan lebih dari 100 responden secara bersamaan, yang secara khusus dirancang untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan secara real-time. Hal itu yang diperlihatkan Kantar, perusahaan dalam bidang data, insight, dan konsultan riset pasar dengan menghadirkan solusi berbasis AI bernama Kantar Art.ai.

    “Art.ai merupakan solusi yang memadukan metodologi kualitatif digital dengan analisis data kuantitatif, serta feedback yang cepat, dan mampu merepresentasikan persepsi pasar yang dinamis untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif,” ujar CEO Kantar Insights APAC, Cheong Tai Leung, dalam keterangan tertulisnya.

    Kantar ART.AI memiliki format pertanyaan yang interaktif seperti teks, suara, dan video, serta fitur voting dan probing berbasis AI secara real-time. Solusi ini juga menawarkan berbagai fitur canggih berbasis AI, termasuk pemberian instruksi kepada responden, dekoding gambar, terjemahan langsung dari berbagai bahasa, hingga perancangan panduan diskusi otomatis.

    Solusi berbasis AI ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penyusunan pertanyaan penelitian, termasuk proses pengumpulan data dan analisis, hanya dalam waktu kurang dari 90 menit. Sebagai solusi yang mampu memastikan efisiensi, kecepatan, dan insight yang komprehensif, Kantar ART.AI diklaim menjadi pilihan yang tepat dalam mendukung proses pengambilan keputusan secara real-time dan dapat diimplementasikan secara langsung ke dalam operasional bisnis.

    “Kami yakin solusi ini dapat menjadi alternatif untuk menjawab tantangan bisnis yang saat ini semakin dinamis dan mudah berubah. Kantar terus berkomitmen untuk bermitra, baik dengan perusahaan lokal maupun multinasional, untuk terus berkembang dan membangun masa depan merek usaha mereka,” tambah Cheong Tai Leung.

    Melalui solusi berbasis AI ini, Kantar memperkuat posisinya di bidang data, insight, dan juga konsultan riset pasar.

    Kantar selalu berkomitmen untuk memberikan solusi dan menjawab kebutuhan pasar baik melalui solusi berbasis teknologi terbaru dan solusi strategis yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan jangka panjang.

    Sebagai contoh, World of Consumption 2025 merupakan salah satu solusi Kantar Insights, yang mampu menghasilkan analisis komprehensif tentang perilaku konsumen Indonesia dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

    “Laporan ini membantu produsen makanan dan minuman untuk lebih memahami kebutuhan konsumen, termasuk bagaimana konsumen memilih produk. Laporan ini juga menyoroti peluang pasar yang membantu produsen menyempurnakan strategi produk, portofolio, dan merek mereka,” jelas Nadya Ardianti, Managing Director Kantar Insights Indonesia.

    (agt/agt)

  • 30 Maret Hari Film Nasional, Peringatan Penting Lahirnya Perfilman Tanah Air

    30 Maret Hari Film Nasional, Peringatan Penting Lahirnya Perfilman Tanah Air

    Liputan6.com, Yogyakarta – Hari Film Nasional (HFN) diperingati setiap 30 Maret. Tahun ini merupakan peringatan HFN ke-75 tahun.

    Mengutip dari laman Badan Perfilman Indonesia (BPI), Hari Film Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 25 Tahun 1999. Ini menandai pentingnya industri film dalam memperkuat kebudayaan nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

    Hari Film Nasional hadir untuk merayakan karya sinematik Indonesia, mengenang perjalanan perfilman Indonesia, serta mengenal tokoh-tokoh penting dalam industri film Tanah Air. Melalui perayaan ini, diharapkan kesadaran tentang peran penting industri film dalam membentuk identitas dan budaya bangsa bisa lebih meningkat.

    Adapun pemilihan 30 Maret sebagai tanggal Hari Film Nasiomal merujuk pada sejarah dimulainya syuting film Darah dan Doa oleh Usmar Ismail. Film tersebut merupakan film panjang pertama Indonesia.

    Pada 1962, Djamaluddin Malik mengusulkan agar pemilihan tanggal Hari Film Nasional merujuk pada tanggal produksi film Darah dan Doa, yakni pada 30 Maret 1950. Pasalnya, film Darah dan Doa dianggap sebagai tonggak bersejarah karena merupakan film panjang pertama yang disutradarai dan diproduksi oleh sineas Indonesia.

    Tahun ini, Hari Film Nasional 2025 mengusung tagline “Sejuta Kisah Satu Indonesia”. Tagline ini menegaskan bahwa film adalah ruang kolaborasi bagi semua pihak, baik itu filmmaker, penonton, akademisi, industri, maupun pemerintah untuk bersama-sama memperjuangkan kemajuan perfilman nasional.

    Setiap tahunnya, BPI merilis logo untuk perayaan Hari Film Nasional yang penuh makna. Logo resmi Hari Film Nasional merupakan simbol kolaborasi dan komitmen bersama untuk membangun ekosistem perfilman yang lebih kuat dan berdaya saing global.

    Logo yang dirilis juga menggambarkan bahwa perfilman nasional adalah cita-cita bersama yang lahir dari kerja kolektif berbagai elemen masyarakat. Logo ini sekaligus merepresentasikan perjalanan panjang industri film Indonesia selama 75 tahun.

    Logo HFN ke-75 menampilkan visual futuristik dengan elemen wajah yang tersusun dari titik-titik. Hal ini menggambarkan keberagaman individu yang berkontribusi dalam membangun industri film.

    Pada elemen tersebut diiringi garis-garis dinamis yang melambangkan aliran cerita yang terus berkembang. Cerita tersebut menghubungkan sejarah, dari masa kini ke masa depan perfilman Indonesia.

    Melalui filosofi tersebut, dapat disimpulkan bahwa film adalah hiburan sekaligus medium yang mampu memperkuat identitas bangsa. Film juga menjembatani nilai-nilai budaya dalam skala nasional maupun global.

    Penulis: Resla

  • Solusi Digital Terintegrasi: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan di Industri Otomotif – Page 3

    Solusi Digital Terintegrasi: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan di Industri Otomotif – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Industri otomotif roda empat terus mengalami perkembangan, tidak hanya dalam inovasi produk tetapi juga dalam cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan.

    Dari proses pembelian hingga layanan purna jual di industri otomotif, pelanggan kini menginginkan pengalaman yang lebih personal, cepat, dan mudah diakses.

    Untuk memenuhi ekspektasi ini, perusahaan otomotif harus mengadopsi pendekatan digital yang terintegrasi agar interaksi dengan pelanggan menjadi lebih relevan dan efisien.

    Vice President Director Transcosmos Indonesia (TCID), Ardi Sudarto, menyoroti tantangan utama dalam industri otomotif, yaitu memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaik sejak sebelum membeli hingga memiliki kendaraan.

    Menurut Ardi, banyak pelanggan mengalami kesulitan mengakses layanan untuk kendaraan mereka, seperti booking service, melacak status kendaraan, atau mendapatkan dukungan purna jual yang cepat.

    Untuk itu, dibutuhkan solusi digital yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan tersebut. 

    “Solusi digital terintegrasi dan personalisasi menjadi kunci dalam meningkatkan pengalaman pelanggan,” ujar Ardi dalam siaran pers yang diterima, Minggu (30/3/2025). 

    Sebagai penyedia solusi customer experience (CX), TCID menghadirkan pendekatan berbasis digital yang menggabungkan layanan digital marketing dan contact center guna meningkatkan pengalaman pelanggan.

    Sejak 2018, TCID telah bekerja sama dengan salah satu merek otomotif roda empat terkemuka untuk mengembangkan platform mobile yang dipersonalisasi demi meningkatkan interaksi pelanggan di setiap tahap perjalanan mereka.

  • Sri Mulyani Ungkap 3 Hal yang Bikin Bos NDB Kagum Usai Bertemu Prabowo

    Sri Mulyani Ungkap 3 Hal yang Bikin Bos NDB Kagum Usai Bertemu Prabowo

    Jakarta

    Presiden of New Development Bank (NDB) Dilma Vana Rousseff kagum terhadap pemerintah Indonesia saat ini, usai bertemu dengan Presiden Prabowo Subianto, Selasa (25/3/2025).

    NDB merupakan Bank Pembangunan yang didirikan oleh negara BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan South Africa) pada 2014 dengan komitmen modal awal US$ 100 miliar.

    Mengutip dari Instagram Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati @smindrawati, Sabtu (29/3/2025), berikut 3 hal yang bikin Bos NDB sekaligus mantan Presiden Brasil itu kagum:

    1. Program Makan Bergizi Gratis hingga Hilirisasi

    Sri Mulyani mengatakan dalam pertemuan tersebut, Prabowo menjelaskan berbagai program prioritas nasional yang membuat Bos NDB kagum, yakni Makan Bergizi Gratis (MBG), Program Swasembada Pangan dan Program Hilirisasi.

    “Presiden Dilma menjelaskan NDB menghargai dan memuji Kepemimpinan Presiden Pabowo yang memiliki arah kebijakan pembangunan yang bertumpu pada penguatan fondasi nasional bidang pangan, hilirisasi, dan juga membahas program Makan Bergizi Gratis secara detail dengan berbagi pengalaman di Brazil dan juga yang dilakukan di India,” terang Sri Mulyani.

    2. Pengembangan Energi Hijau

    Dilma juga menyatakan kekaguman terhadap komitmen Indonesia mengembangkan renewable energy melalui Biofuel B-40. Brasil yang melakukan lebih dahulu, saat ini hanya mencapai B-14.

    3. Pembangunan Ekonomi

    Sri Mulyani mengatalan, Dilma juga kagum dengan arah pembangunan ekonomi Indonesia. Untuk itu Dilma tak segan mengajak Indonesia menjadi anggota NDB.

    “Pembangunan ekonomi Indonesia yang memiliki kinerja positif dan stabil yang berbasis perencanaan jangka panjang yang dimonitor secara kontinyu dan detail menjadikan Indonesia sebagai emerging market yang kuat dan menonjol,” papar Sri Mulyani.

    “Presiden Prabowo memutuskan menerima undangan menjadi anggota NDB. Selain mempertimbangkan dan mendapatkan kajian teknis dari Kementerian Keuangan – NDB juga diharapkan dapat berkolaborasi bersama institusi pembangunan Indonesia seperti Danantara,” pungkasnya.

    Tonton juga Video: Prabowo Optimistis RI Swasembada Pangan Kurang dari 4 Tahun

    (igo/hns)

  • Atta Halilintar dkk. Terancam Miskin, Sinyalnya Sudah Terlihat di AS

    Atta Halilintar dkk. Terancam Miskin, Sinyalnya Sudah Terlihat di AS

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dunia media sosial sekarang sudah tidak secuan dulu. Kini, industri yang membesarkan banyak nama influencer, seperti Atta Halilintar, dinilai semakin sesak dan memunculkan persaingan sengit untuk mendapat cuan.

    Laporan The Wall Street Journal menyebutkan bahwa platform tak seroyal dulu dalam memberikan komisi ke para kreator konten. Para jenama kawakan juga lebih pilih-pilih untuk bekerja sama dengan influencer.

    Salah satu contohnya adalah Clint Brantley yang merupakan kreator konten full-time sejak tiga tahun lalu. Brantley membagikan konten ke TikTok, YouTube, dan Twitch. Kebanyakan kontennya seputar tren yang berkaitan dengan game mobile Fortnite.

    Meski memiliki lebih dari 400.000 follower dengan rata-rata view pada kontennya lebih dari 100.000, penghasilan Brantley pada tahun lalu lebih kecil daripada gaji median tahunan pekerja full-time di AS pada 2023 sebesar US$ 58.084 atau Rp 950 jutaan.

    Pria berusia 29 tahun itu tak siap berkomitmen untuk menyewa apartemen karena penghasilannya yang tak tetap. Saat ini, Brantley masih tinggal dengan ibunya di Washington. “Saya sangat rentan,” ujarnya seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Minggu (30/3/2025).

    The Wall Street Journal menuliskan bahwa meraih penghasilan yang layak dan dapat diandalkan sebagai kreator konten adalah hal yang sulit, dan akan semakin sulit.

    Platform makin lama makin kecil membagikan uang untuk postingan populer. Di sisi lain, para brand lebih spesifik memilih kesepakatan dengan influencer.

    Kondisi ini diperparah dengan ancaman TikTok diblokir di AS. Banyak kreator konten yang waswas apakah masih bisa meraup penghasilan dari media sosial jika salah satu channel sumber uangnya dihapus.

    Industri Influencer Makin Sesak
    Menurut laporan Goldman Sachs pada 2023, ratusan juta orang di seluruh dunia mengunggah konten yang menghibur dan mengedukasi di media sosial. Sekitar 50 juta orang mengumpulkan uang dari sana.

    Bank investasi tersebut memperkirakan jumlah kreator yang menghasilkan pendapatan akan tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 10% hingga 20% pada tahun 2028. Hal ini berkontribusi pada penambahan jumlah pencari nafkah, meski Departemen Tenaga Kerja tidak melacak gaji para influencer.

    Secara rata-rata, kreator konten butuh waktu bulanan bahkan tahunan untuk mengumpulkan pendapatan dari platform media sosial, kerja sama brand, hingga link affiliate. Namun, makin banyak yang mencari rezeki dari industri ini, makin kecil pula ‘kue’ yang harus dibagi-bagi.

    Menurut NeoReach, pada 2023, sebanyak 48% influencer mengumpulkan kurang dari US$ 15.000 atau Rp 245 jutaan. Hanya 14% yang mengumpulkan uang lebih dari US$ 100.000 atau Rp 1,6 miliar.

    Ketimpangan pemasukan influencer ini ditentukan beberapa faktor. Misalnya apakah influencer bekerja secara full-time atau part-time, tipe konten yang dibagikan, hingga durasi mereka berkarir sebagai influencer.

    Beberapa orang yang terkenal saat pandemi Covid-19 dan fokus pada topik yang populer seperti fesyen, investasi, dan lifestyle hack, mengaku sangat terbantu karena momentumnya pas.

    Namun, di balik itu semua, kreator konten mengaku pekerjaan ini sangat menguras energi dan mental. Mereka harus selalu memikirkan konten apa yang akan disukai audiens dan mengambil momentum yang tepat.

    Influencer menghabiskan waktu berhari-hari untuk merencanakan konten, memproduksi, hingga melalui proses edit untuk diunggah ke media sosial. Mereka juga harus selalu berinteraksi dengan para fans untuk menjaga popularitas.

    “Ini adalah pekerjaan yang sangat berat dibandingkan apa yang dikira kebanyakan orang,” kata analis Emarketer, Jasmine Enberg.

    “Kreator yang bisa hidup dengan menjadi influencer telah melakukan pekerjaan ini selama bertahun-tahun. Kebanyakan tak jadi besar dalam waktu singkat,” kata analis tersebut.

    Terlebih lagi, para influencer yang bekerja secara mandiri tidak mendapatkan keuntungan seperti pekerja kantoran. Mereka tak mendapatkan jaminan kesehatan, uang pensiun, serta bonus tahunan.

    Di tengah inflasi dan ketidakpastian ekonomi, influencer menghadapi tekanan yang kian sulit untuk mengamankan keuangan mereka.

    Penghasilan dari Platform Makin Kecil
    Pada 2020-2023, TikTok memiliki program pendanaan untuk kreator hingga US$ 1 miliar. YouTube melalui fitur Shorts juga memungkinkan kreator menghimpun uang sekitar US$ 100-10.000 per bulan dengan program pendanaan sementara.

    Lalu, Instagram Reels memberikan penghargaan ke kreator dalam jumlah yang fluktuatif. Bonus besar itu menjadi taktik agar makin banyak orang membuat konten di platform mereka.

    Namun, kini platform mulai mengubah kebijakan pembayaran untuk kreator konten. Ketentuan untuk penghasilan TikToker kini diperbanyak. Setidaknya harus memiliki 10.000 follower dengan view minimum 100.000 dalam sebulan.

    Instagram juga sedang menguji coba program ‘invitation-only’ yang memberikan penghargaan uang bagi kreator yang membagikan Reels dan foto.

    YouTube memperkenalkan program pembagian uang iklan pada tahun lalu untuk kreator Shorts yang memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan 10 juta view dalam 90 hari. Mereka akan diberikan pembagian pendapatan iklan 45% untuk konten yang mereka bagikan.

    Makin lama, TikToker mengaku makin susah cari duit. Salah satunya Ben-Hyun yang mengatakan pada Maret lalu mendapatkan US$ 200-400 per satu juta view. Namun, kini pendapatannya kian menurun meski followernya bertambah banyak hingga 2,9 juta.

    Ben-Hyun mengaku kini hanya mendapat US$ 120 untuk video yang menghimpun 10 juta view. Hal ini menunjukkan, meski influencer memiliki audiens banyak, tetap sulit untuk memonetisasinya jika hanya berharap pada pendapatan dari platform.

    Danisha Carter juga membagikan keresahan serupa. Ia mengatakan TikTok-nya memiliki 1,9 juta pengikut.

    Menurutnya, para konten kreator berhasil membuat audiens ‘ketagihan’ di platform daring dan mendatangkan pendapatan miliaran dolar AS ke TikTok dan sejenisnya.

    Tapi, bayaran untuk influencer tak setimpal. Ia mengaku mendapatkan pendapatan dari TikTok dengan total US$ 12.000. Untuk menambah pendapatan, ia memutuskan membuat merchandise dan mampu menghasilkan uang US$ 5.000 pada tahun lalu.

    “Kreator harus dibayar adil dengan persentase yang sesuai dengan pendapatan yang diraih aplikasi,” kata Carter.

    “Harus ada transparansi soal bagaimana kami dibayar, dan kebijakannya harus konsisten,” ia menyarankan.

    (miq/miq)