Negara: India

  • Perintah Putin, Rusia-China Satukan Kekuatan Lawan AS di 2025

    Perintah Putin, Rusia-China Satukan Kekuatan Lawan AS di 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan jejeran pemerintah dan bank terbesar di negaranya, Sberbank, untuk membangun kerja sama dengan sistem kecerdasan buatan (AI) China.

    Instruksi Putin tersebut dipublikasikan di situs resmi Kremlin, tiga pekan setelah pengumuman Rusia akan berkolaborasi dengan anggota BRICS untuk mengembangkan AI.

    Untuk diketahui, BRICS merupakan forum kerja sama antar-pemerintah yang dibentuk oleh Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

    Kerja sama antara Rusia dan China ditegakkan untuk melawan dominasi Amerika Serikat (AS) di sektor teknologi kecerdasan buatan.

    “Sebagai ujung tombak rencana pengembangan AI Rusia, pemerintah dan Sberbank harus memastikan kerja sama yang lebih dalam dengan China di bidang riset dan pengembangan teknologi kecerdasan buatan,” kata Putin, dikutip dari Reuters, Kamis (2/1/2025).

    AS selama ini membatasi akses teknologi canggih seperti AI ke Rusia dan China. Hal ini membuat Moskow kesulitan untuk mengembangkan teknologi dalam perang melawan Ukraina.

    Dengan kemitraan strategis bersama negara non-Barat, Rusia ingin menantang dominasi AS yang saat ini sangat maju dalam pengembangan teknologi terkemuka di abad-21.

    Pada Desember lalu, Putin mengatakan Jaringan Aliansi AI yang baru akan memperkuat kolaborasi para spesialis dari negara-negara BRICS dan negara-negara lain untuk mengembangkan teknologi canggih.

    Saat ini Rusia berada di peringkat ke-31 dari 83 negara yang mengembangkan AI, diukur dari implementasi, inovasi, dan investasi, menurut laporan Global AI Index dari Tortoise Media yang berbasis di Inggris.

    Posisi itu tak hanya tertinggal dibandingkan AS dan China, tetapi juga masih kalah dari negara-negara BRICS lain seperti India dan Brasil.

    (fab/fab)

  • Aktivitas Manufaktur di Negara Asia Lesu, Kebijakan Baru Donald Trump Jadi Pemicu – Halaman all

    Aktivitas Manufaktur di Negara Asia Lesu, Kebijakan Baru Donald Trump Jadi Pemicu – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

    TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Sejumlah pusat manufaktur di kawasan Asia sepanjang tahun 2024 mencatatkan pelemahan usai pasar global mengalami perang harga imbas kebijakan yang diberlakukan Donald Trump, presiden terpilih AS ke-47.

    Mengutip data The Daily Star selama 2024 kemarin pabrik-pabrik telah mengalami tekanan akibat konflik Timur Tengah, namun di akhir tahun kondisi perekonomian manufaktur Asia semakin mencekik terdampak aturan baru yang diusulkan Donald Trump.

    Terbaru Trump memberikan isyarat  bahwa ia akan menjalankan kebijakan yang lebih agresif dari proteksionisme “America First” guna mendorong kenaikannya ke tampuk kekuasaan selama masa jabatan keduanya di Gedung Putih.

    Menurut cuitan Trump yang diunggah di platform Truth Social, pada 20 Januari mendatang pemerintah AS akan mengerek pajak sebesar 20 persen pada semua produk dari Meksiko dan Kanada serta tambahan tarif 60 persen untuk barang-barang asal China.

    Trump mengklaim pengetatan diperlukan untuk mengatasi aliran narkoba dan migran ke AS. Namun para ekonom mengatakan usulan Trump untuk mengenakan tarif besar-besaran akan meningkatkan biaya barang sehari-hari di AS dan mengganggu rantai pasokan di seluruh dunia.

    Kendati masih dalam tahap wacana, namun usulan tersebut telah memberikan pukulan bagi PMI manufaktur global Caixin/S&P untuk Tiongkok hingga amblas tipis menjadi 50,5 pada bulan Desember, lebih rendah dari perkiraan analis, yang mengindikasikan aktivitas akan tumbuh 51,5 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

    Kemerosotan serupa juga terjadi pada indeks PMI Korea Selatan, dimana pada bulan Desember kemarin indeks tersebut menunjukkan aktivitas penurunan output, sangat kontras dengan angka pertumbuhan ekspor yang lebih baik dari perkiraan yang dirilis pada hari Rabu.

    Sementara itu awal minggu ini, PMI Jepang turut melaporkan aktivitas menyusut, meskipun pada kecepatan yang lebih lambat pada bulan Desember. Disusul aktivitas manufaktur India tumbuh pada kecepatan terlemahnya untuk tahun 2024. Malaysia dan Vietnam juga melaporkan penurunan aktivitas pabrik.

    Sejauh ini hanya Taiwan yang menunjukkan titik terang yang langka, dengan aktivitas tumbuh pada kecepatan tercepat dalam lima bulan dengan responden survei PMI melaporkan penjualan yang kuat di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

    Dan di Singapura, yang dianggap sebagai penentu arah perdagangan global tumbuh pada laju tahunan tercepat sejak pandemi pada tahun 2024. Sebagian dibantu oleh dorongan untuk mengekspor sebelum tarif baru AS berlaku.

    Adapun sebelum kemerosotan tersebut terjadi, Oxford Economics sebuah firma penasihat sempat memperkirakan bahwa tarif yang diusulkan Trump dapat menyebabkan penurunan ekspor sebesar 3 persen dari negara Asia selain Cina. 

    “Asia Tenggara akan mengalami penurunan PDB dan perdagangan sebagai bagian dari PDB jika Trump mewujudkan obsesinya terhadap tarif,” Frederick Kleim, peneliti di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura.

  • Negara Ini Izinkan Transaksi Langsung di WhatsApp Mulai 2025

    Negara Ini Izinkan Transaksi Langsung di WhatsApp Mulai 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mengawali 2025, Meta mendapat kabar baik dari India. Negara tersebut telah menghapus pembatasan pada layanan pembayaran WhatsApp.

    Dengan begitu, masyarakat India bisa melakukan transaksi langsung di dalam aplikasi WhatsApp. Ini merupakan kemenangan besar bagi induk Meta, sebab India adalah negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak, mencapai lebih dari 500 juta orang.

    National Payments Corporation of India (NPCI), lembaga yang mengawasi sistem pembayaran di India yang disebut UPI, mengatakan WhatsApp kini bisa merilis ‘WhatsApp Pay’ ke semua pengguna di India.

    Sebelumnya, NPCI hanya mengizinkan WhatsApp Pay untuk diakses 40 juta pengguna di India pada 2020. Lalu, sempat diperluas menjadi 100 juta pengguna pada 2022. Kini, semuanya sudah bisa mengakses WhatsApp Pay.

    Saat ini, platform UPI India mengelola lebih dari 13 miliar transaksi setiap bulannya. Paling banyak berasal dari Google Pay dan PhonePe yang dibekingi Walmart. Keduanya secara kolektif menguasai 85% transaksi UPI di India.

    Dengan perluasan WhatsApp Pay di India, persaingan di industri pembayaran negara tersebut akan makin sengit.

    “Kami berkomitmen untuk membuat pembayaran di WhatsApp lebih simpel, bisa diandalkan, dan aman,” kata juru bicara WhatsApp, dikutip dari TechCrunch, Kamis (2/1/2025).

    “Tujuan kami untuk menambah nilai dan kemudahan di hidup pengguna untuk berbagai transaksi, mulai dari bayar tagihan, booking tiket, hingga belanja. Kami ingin mengakselerasi pembayaran digital dan adopsi UPI, serta berkontribusi terhadap rencana inklusi digital dan keuangan India,” ia menambahkan.

    (fab/fab)

  • Istri Wajib Tahu, Ternyata Ini Titik Sensitif yang Bikin Paksu Makin Bergairah

    Istri Wajib Tahu, Ternyata Ini Titik Sensitif yang Bikin Paksu Makin Bergairah

    Jakarta

    Ternyata pria memiliki bagian tubuh yang sensitif jika dirangsang, dan tentu memberikan kenikmatan seksual saat disentuh. Hal ini dapat membantu pasangan untuk meningkatkan gairahnya sebelum sesi bercinta.

    Dikutip dari Times of India, ada beberapa titik sensitif atau zona erotis pria yang membuatnya merasa sangat sensual dan seksi. Berikut daftarnya:

    1. Bibir dan mulut

    Mencium dan menggigit bibir dapat sangat sensual dan menjadi cara jitu untuk meningkatkan gairah pria. Dengan menggigit dan mengisap bibir bawah dengan lembut juga dapat menambah kenikmatan saat bercinta.

    Cobalah untuk menjelajahi area sensitif pria di sekitar mulut, seperti sudut-sudutnya, yang dpat meningkatkan sensasi tersebut.

    2. Leher dan cuping telinga

    Leher adalah area yang sangat sensitif. Dengan memberikan ciuman ringan atau gigitan dapat menimbulkan sensasi yang menyenangkan.

    Cobalah berbisik pelan di leher juga dapat memberikan rangsangan seksual. Jangan lupa cuping telinga, berikan belaian dan gigitan lembut bisa sangat membangkitkan gairah bagi banyak pria.

    3. Puting dan dada

    Puting adalah zona sensitif seksual yang bisa sangat sensitif dan menyenangkan saat dirangsang. Coba berikan ciuman, cubitan, hingga jilatan lembut untuk menciptakan gairah.

    Selain itu, menggerakkan jari atau bibir di dada dan memijat otot dada dengan lembut juga bisa menyenangkan.

    4. Paha bagian dalam dan perineum

    Paha bagian dalam sering menjadi zona sensitif seksual yang terabaikan. Membelai atau mencium paha bagian dalam dengan lembut, hingga mendekati alat kelamin, dapat menciptakan peningkatan gairah.

    Perineum, yaitu area antara skrotum dan anus, juga sangat sensitif. Memberikan tekanan lembut atau menggunakan gerakan memutar ringan dengan jari-jari dapat membangkitkan gairah.

    5. Area genital

    Penis dan testis sangat sensitif dan menjadi pusat kenikmatan seksual. Membelai, memijat, atau membelai penis dengan lembut bisa sangat membangkitkan gairah.

    Cobalah dengan berbagai teknik, untuk menemukan apa yang terasa menyenangkan bagi pasangan. Memperhatikan testis dan dengan lembut menangkup, membelai, atau menariknya dengan ringan juga bisa menyenangkan bagi banyak pria.

    Namun sebelum melakukannya, cobalah untuk bertanya pada pasangan apakah dia merasa nyaman dengan itu atau tidak.

    (sao/kna)

  • 5 Zodiak yang Dikenal Suka Flirting, Gemini dan Leo Jagoannya!

    5 Zodiak yang Dikenal Suka Flirting, Gemini dan Leo Jagoannya!

    Jakarta, Beritasatu.com – Beberapa zodiak dikenal punya hobi genit atau flirting karena sifatnya yang mudah bergaul dan menawan. Meskipun siapa saja bisa menggoda terlepas dari zodiaknya, astrologi mengungkapkan ada beberapa zodiak suka flirting lebih dari yang lain.

    Zodiak-zodiak ini cenderung terlibat dalam percakapan yang ringan, serta mudah menarik perhatian orang lain.

    Berikut ini beberapa zodiak yang dikenal suka flirting yang dikutip dari Times of India, Kamis (2/1/2025).

    1. Gemini
    Sebagai zodiak yang mudah bergaul, Gemini tidak pernah kesulitan untuk membuka percakapan. Mereka ramah, luwes, dan selalu tahu cara membuat orang merasa nyaman, sehingga percakapan dapat terus mengalir dengan baik. Sifat mereka yang menyenangkan menjadikan mereka sering terlibat dalam flirting tanpa terasa dipaksakan.

    2. Leo
    Leo adalah zodiak yang percaya diri dan suka menjadi pusat perhatian. Saat tertarik pada seseorang, mereka tidak akan ragu untuk menunjukkan perasaan mereka dengan cara yang jelas dan terang-terangan. Pujian dan perhatian yang diberikan Leo sering kali bisa dianggap sebagai bentuk flirting yang halus dan mengesankan.

    3. Aries
    Dikuasai oleh Mars, planet yang melambangkan energi dan aksi, Aries sangat ambisius dalam urusan hati. Mereka impulsif dan langsung mengungkapkan perasaan mereka, tanpa banyak basa-basi. Aries cenderung suka flirting dengan cara yang spontan dan tanpa ragu-ragu, membuat mereka sering kali dianggap sebagai zodiak yang paling berani dalam hal ini.

    4. Sagitarius
    Dipengaruhi oleh Jupiter, planet pertumbuhan, Sagitarius tidak takut untuk melangkah keluar dari zona nyaman mereka. Mereka sering menunjukkan minat dengan cara yang ceria dan tidak terlalu langsung, seperti menggunakan emoji nakal atau kontak fisik yang tidak disengaja. Sagitarius suka menggoda dengan cara yang ringan dan menyenangkan, menjadikan mereka zodiak yang asyik dalam hal flirting.

    5. Libra
    Libra terkenal dengan pesona dan daya tarik sosialnya. Mereka cenderung sangat pandai berkomunikasi dan menyukai hubungan harmonis dengan orang lain. Sifat mereka yang charmant dan sikap terbuka membuat mereka mudah terlibat dalam flirting, baik dalam pertemuan santai maupun percakapan lebih dalam. Mereka selalu tahu kapan saat yang tepat untuk memberikan perhatian lebih.

    Zodiak suka flirting tidak hanya dipengaruhi oleh tanda bintang mereka, tetapi juga oleh kepribadian masing-masing individu. Setiap orang memiliki cara unik dalam menunjukkan minat dan menggoda, yang membuat interaksi sosial semakin menarik. Apapun zodiaknya, sifat flirtatious ini sering kali menjadi bagian dari cara mereka berinteraksi dengan orang lain.

  • KBRI Dalami Kronologi Kasus Gadis Aceh Dijual ke Malaysia lalu Diperkosa 5 WNA

    KBRI Dalami Kronologi Kasus Gadis Aceh Dijual ke Malaysia lalu Diperkosa 5 WNA

    Jakarta, Beritasatu.com – KBRI Kuala Lumpur sedang mendalami kronologi kasus perdagangan manusia dan dugaan pemerkosaan yang menimpa gadis asal Kabupaten Pidie, Aceh berinisial M alias PAF (17) di Malaysia. KBRI turut berkoordinasi dengan Polda Aceh.

    “Kemenlu dan KBRI Kuala Lumpur tengah menangani kasus WNI asal Aceh berinisial M yang diduga menjadi korban perdagangan manusia di Malaysia,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu RI Judha Nugraha dalam keterangan diterima Beritasatu.com, Kamis (2/12/2024).

    Menurut Judha, saat ini korban M alias PAF telah berada aman di shelter KBRI Kuala Lumpur. 

    “Pendalaman informasi sedang dilakukan KBRI untuk mengetahui kronologis lengkap kasus M. Koordinasi juga dilakukan dengan pihak Polda Aceh,” ujar Judha.

    Dia menambahkan KBRI Kuala Lumpur siap memberikan pendampingan hukum dan konseling psikologis terhadap gadis asal Aceh yang diperkosa oleh WNA di Malaysia itu untuk memastikan terpenuhinya hak-hak yang bersangkutan.

    Sementara itu Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Indera Hermono mengatakan, meminta Polda Aceh untuk menyelidiki kasus tindak pidana perdagangan manusia (TPPO) dialami gadis itu. 

    “Kami meminta Polda Aceh untuk melakukan pendalaman lebih lanjut pihak yang bertanggung jawab mengirimkan yang bersangkutan karena ada pemalsuan dokumen yang mengubah nama dan usia yang bersangkutan,” ujar Indera. 

    “Ini jelas masuk kategori TPPO karena usia sebenarnya masih di bawah umur, hanya penggunaan dokumen yang dipalsukan untuk menambah umur,” pungkasnya. 

    Sebelumnya diberitakan, gadis asal Aceh berinisial PAF diduga menjadi korban TPPO dan diperkosa oleh warga asing di Malaysia. Kasus itu viral di media sosial.

    Dalam video singkat yang beredar di grup-grup WhatsApp dan akun platform media sosial disebutkan, gadis itu diikat lalu diperkosa oleh lima pria dari Banglades, China, India, Melayu, dan Jepang dalam satu malam di sebuah hotel di Malaysia.

    Gadis yang jadi korban pemerkosaan itu kemudian diselamatkan oleh komunitas warga Aceh di Malaysia dan sedang diupayakan untuk dipulangkan ke Indonesia. 

    Dalam video yang disebar ke media sosial, seorang warga Aceh di Malaysia mengatakan, gadis itu baru berusia 17 tahun, kemudian direkrut oleh agen untuk dipekerjakan ke Malaysia. Agennya memalsukan identitas dia dan umurnya diubah menjadi 24 tahun.  

  • VinFast, Memimpin Pasar Lokal dan Menembus Batas Global di 2024

    VinFast, Memimpin Pasar Lokal dan Menembus Batas Global di 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    VinFast, merek otomotif asal Vietnam, mencatatkan sejarah baru pada 2024 dengan menjadi pemimpin pasar mobil di negara asalnya. Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan dominasi lokal tetapi juga menandai langkah penting dalam ekspansi global perusahaan.

    Di tengah persaingan ketat dan tantangan industri yang terus berkembang, VinFast berhasil melampaui ekspektasi, membuktikan bahwa inovasi dan dedikasi mampu membawa perubahan besar. Bahkan, pada 2024 ini perusahaan memperluas jangkauan ke pasar-pasar baru dengan potensi pertumbuhan tinggi.

    Perusahaan memanfaatkan momen ini dengan mengadopsi strategi yang terencana, fokus pada kontrol kualitas, dan inovasi produk. Di tengah perlambatan pasar otomotif global, VinFast berhasil memperkuat posisinya dan membangun fondasi yang kokoh untuk keberlanjutan bisnis.

    Pada awal 2024, terjadi perubahan besar ketika Pham Nhat Vuong, pengusaha terkemuka Vietnam, beralih dari posisi Ketua menjadi CEO VinFast. Langkah tegas ini memungkinkannya untuk secara langsung memimpin operasional, termasuk produksi global, penjualan, dan strategi pasar.

    Di bawah kepemimpinan dinamisnya dan dedikasi seluruh tim VinFast, perusahaan mencatatkan pertumbuhan yang luar biasa selama tahun lalu.

    Keberhasilan ini mencerminkan pendekatan lincah mereka dan komitmen terhadap keunggulan. Hal ini tidak terlepas dari visinya yang mencerminkan semangat ambisius perusahaan serta determinasi mereka untuk berhasil.

    “Tidak ada Rencana B, hanya Rencana A dan A+!” tegas Vuong dalam wawancara dengan pers Vietnam pada Agustus 2024, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (2/1).

    Pada saat industri otomotif secara umum mengalami pertumbuhan yang lebih moderat, VinFast menunjukkan ketangguhan yang luar biasa. Perusahaan ini secara strategis memperluas kehadirannya pada bulan-bulan awal tahun, yang berpuncak pada kinerja kuat sepanjang sisa tahun tersebut.

    Menjangkau Pasar Global

    Kinerja VinFast di tahun 2024 menunjukkan efektivitas strategi multiproduk dan multipasar yang didukung oleh kemitraan dagang yang kuat dengan negara-negara kunci.

    Melanjutkan kesuksesannya dalam IPO Nasdaq, VinFast memperluas kehadirannya di pasar Amerika Utara dan Eropa. Pada 2024, perusahaan secara resmi meluncurkan global VF 3 mini e-SUV, VF Wild concept pickup truck, dan sepeda listrik Drgn Fly di CES 2024.

    VinFast juga memperkuat keberadaannya di AS dengan memperluas jaringan dealernya, yang berkontribusi pada optimalisasi biaya serta peningkatan pengenalan merek. Hingga 31 Oktober 2024, perusahaan telah memiliki 173 showroom EV global serta 160 showroom dan bengkel layanan untuk e-skuter, termasuk showroom VinFast dan showroom dealer.

    Sebagai bukti komitmennya terhadap transformasi hijau, VinFast memperluas kehadirannya di luar pasar utama seperti Eropa dan Amerika Utara. Perusahaan memasuki pasar Filipina, meluncurkan mereknya secara resmi, dan memulai pengiriman kendaraan listrik.

    Di samping itu, VinFast memulai pembangunan fasilitas manufaktur baru di India, menandai ekspansi strategisnya ke pasar regional kunci.

    Di Indonesia, VinFast memulai debutnya dengan kuat di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Perusahaan memperkenalkan kendaraan listrik pintarnya, meluncurkan kebijakan penjualan dan garansi menarik, serta secara aktif memperluas jaringan dealernya.

    Tak hanya itu saja, VinFast juga telah memulai pembangunan pabrik perakitan di Indonesia, sebuah langkah penting untuk meningkatkan kapasitas produksi guna mendukung strategi ekspansi globalnya.

    Maka dari itu, CNN Indonesia memberikan penghargaan ‘Most Contributed Automotive Brand in Indonesia Toward Sustainable Environment” atas kontribusinya terhadap transformasi hijau di Indonesia.

    Dalam wawancara terbaru dengan Mekong ASEAN, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Denny Abdi, menyoroti pentingnya kesuksesan VinFast di Indonesia.

    “Jika VinFast berhasil di Indonesia, itu akan menjadi inspirasi kuat bagi banyak bisnis dan startup Indonesia, mendorong mereka untuk mencapai tingkat kesuksesan serupa sebagai pemimpin dalam manufaktur berteknologi tinggi,” ujarnya.

    Berdasarkan visi Vuong untuk masa depan berkelanjutan, VinFast juga memanfaatkan ekosistem hijau yang mencakup V-GREEN dan Xanh SM. Melalui layanan ride-hailing Xanh SM, konsumen dapat lebih mudah mencoba kendaraan listrik cerdas VinFast, meningkatkan pengenalan merek dan produk.

    Baru-baru ini, V-GREEN dan Prime Group menandatangani MoU untuk membangun jaringan stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia. Target ambisius mereka adalah membangun sekitar 100.000 stasiun pengisian daya VinFast dalam tiga tahun ke depan dengan total investasi hingga US$1,2 miliar.

    Momentum 2024

    Dalam rangka dapat bertahan di pasar otomotif yang dinamis, VinFast mengadopsi pendekatan multi-aspek dengan menawarkan berbagai kendaraan listrik, termasuk delapan mobil, satu bus, sembilan sepeda motor, dan satu sepeda. Strategi ini terbukti sukses di pasar Vietnam, dengan VinFast menjadi merek mobil terlaris dalam sepuluh bulan pertama 2024.

    Dengan filosofi ‘Vuong Way’ yang berfokus pada efisiensi, inovasi, dan kepuasan pelanggan, VinFast berhasil menciptakan permintaan baru di pasar serta mendorong adopsi mobilitas listrik di Vietnam.

    Sebagai pionir EV yang terdaftar di Nasdaq, VinFast terus memperkuat kehadirannya di pasar global, menjadikan kesuksesannya di Vietnam sebagai katalis untuk ekspansi internasional lebih lanjut.

    Strategi multiproduk dan multipasar VinFast terbukti menjadi faktor penting dalam keberhasilannya, memungkinkan perusahaan untuk menavigasi tantangan secara efektif dan memperkokoh posisinya sebagai pemimpin dalam revolusi hijau.

    Dengan langkah-langkah strategis yang berani dan kepemimpinan yang inspiratif, VinFast siap menatap masa depan dengan optimisme. Perusahaan optimis, 2024 hanyalah awal dari perjalanan yang menjanjikan untuk menciptakan warisan yang abadi dalam industri otomotif.

    (rir/rir)

  • Honda, Nissan, Mitsubishi Merger, Bakal Sebesar Apa?

    Honda, Nissan, Mitsubishi Merger, Bakal Sebesar Apa?

    Jakarta

    Nissan, Honda, dan Mitsubishi tengah dalam pembicaraan serius soal merger. Akan seberapa besar ketiganya bila bergabung?

    Dua pabrikan raksasa Jepang, Honda dan Nissan, dikabarkan tengah serius membicarakan soal potensi merger antar kedua perusahaan. Tak menutup kemungkinan, Mitsubishi juga masuk dalam daftar merger tersebut. Diberitakan Nikkei Asia, di Benua Kuning, ketiganya disebut tengah tertinggal dari para rivalnya.

    Dengan merger, ketiganya diharapkan bisa bersaing dengan para kompetitor di era perkembangan kendaraan listrik, hybrid, dan teknologi lainnya yang lebih bersih. Hasil dari gabungan dua perusahaan raksasa ini baru akan hadir secara penuh mulai tahun 2030 dan seterusnya, demikian diungkap Presiden dan CEO Honda Toshihiro Mibe.

    Pada saat itu, pasar di Asia Tenggara dan India, kemungkinan besar akan makin diperhitungkan. Sementara pasar di negara maju seperti Eropa, Amerika Utara, dan Jepang mulai melambat. Lalu sebesar apa nantinya bila tiga perusahaan tersebut resmi bergabung?

    Nikkei dalam analisa dari data yang dihimpun Marklines di lima negara kawasan ASEAN serta India, posisi perusahaan tersebut akan kuat. Di Indonesia misalnya, diperkirakan merger tersebut akan menempatkan Honda,dan Nissan di posisi kedua di bawah Toyota. Saat ini, Toyota memang cukup dominan di pasar otomotif Tanah Air. Selain di Indonesia, di Vietnam, Thailand, dan Filipina, juga memprediksi perusahaan merger menempati posisi kedua.

    Di Thailand dan Filipina, merger Nissan dan Honda diprediksi berada di bawah Toyota. Sementara di Vietnam, perusahaan gabungan itu akan ada di bawah Hyundai-Kia. Tapi lain ceritanya dengan di Negeri Bollywood, India. Meski bergabung, Honda dan Nissan tak akan bisa menembus posisi lima besar. Honda dan Nissan masih akan kalah dengan Suzuki, Hyundai-Kia, dan juga Tata.

    Kehadiran Mitsubishi dalam merger ini memang sangat krusial bagi perusahaan. Pasalnya, Mitsubishi memiliki peran cukup penting di pasar Filipina dan juga Vietnam. Rumornya, kelanjutan dari potensi merger ini akan dibahas lebih lanjut pada akhir Januari 2025.

    Di sisi lain, bos Mitsubishi cukup menyambut baik adanya potensi merger antara Nissan dan Honda.

    “Kami bisa mendukung bisnis global mereka dengan menggunakan kekuatan kami, termasuk bisnis di ASEAN, juga truk pikap kompak,” ungkap President dan CEO Mitsubishi Motors Takao Kato.

    Analis menilai, merger antara ketiga perusahaan itu diharapkan bisa menghasilkan produk yang menarik perhatian konsumen.

    “Kesepakatan potensial ini adalah tentang meningkatkan skala untuk menurunkan biaya per kendaraan, menurunkan biaya pengembangan dengan dapat menerapkan teknologi baru di lebih banyak kendaraan dan dengan demikian mendapatkan nilai lebih dari investasi dalam teknologi tersebut,” kata Stephanie Brinley, Direktur Asosiasi Intelijen Otomotif di S&P Global Mobility.

    “(Namun) dalam banyak hal, (membuat) produk yang menarik masih menjadi inti kesuksesan,” katanya lagi.

    Stephanie menilai, gabungan ketiga produsen tersebut dapat memberikan kesempatan lebih besar untuk pengembangan namun nilai investasinya lebih sedikit. Tapi lagi-lagi, produk menarik jadi kata kuncinya.

    (dry/din)

  • Strategi Garuda Indonesia Minimalisir Delay Penerbangan Haji 2025

    Strategi Garuda Indonesia Minimalisir Delay Penerbangan Haji 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) menyiapkan strategi untuk meminimalisir keterlambatan atau delay pada penerbangan haji 2025.

    Pasalnya, pada penerbangan haji 2024, terdapat 157 kloter yang mengalami delay, dengan on time performance (OTP) 85,8%.

    Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susardi mengatakan, salah satu strategi perseroan untuk mengurangi keterlambatan penerbangan haji yaitu dengan menambah jumlah armada sekitar 15 unit pesawat.

    “Ya persiapan, gini, kan kami punya pesawat tahun lalu itu 6 dari kami, 8 kami sewa. Tahun ini sekitar 8 dari kami, 6 yang kami sewa, lalu kami tambah siapkan 1 back up. Jadi ada 15 pesawat yang kami siapkan,” jelas Ade, dikutip Kamis (2/1/2025).

    Mengacu laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 221.000 jemaah pada operasional haji 2025 atau 1446 Hijriah. Namun, Ade mengatakan untuk penerbangan haji 2025, GIAA masih menunggu keputusan resmi dari Kemterian Agama.

    “Prosesnya memang masih menunggu, penentuan segala macam dari Kementerian Agama, lagi in-process, kami harapkan di Januari semua keputusannya sudah lebih clear, tapi kalau dari kami proses persiapan sudah dimulai,” katanya.

    Terkait ketepatan waktu alias OTP, menurutnya, dipengaruhi beberapa faktor, selain perencanaan penerbangan pesawat, tergantung juga keberadaan slot di bandara. GIAA pun saat ini sudah mengajukan lebih awal ke Jeddah dan Madinah. 

    “Yang berikutnya adalah faktor cuaca, kan kami tidak bisa handling ya. Jadi begitu kejadian beberapa kali dalam beberapa tahun ini di Madinah itu panasnya sekitar 40 derajat. Lalu, itu pesawat disarankan, kita minta lebih malam supaya suhunya lebih rendah,” katanya.

    Sebab, menurutnya, jika pesawat terbang dalam kondisi suhu tinggi, untuk naiknya itu akan lebih boros bahan bakar, dan menyebabkan harus transit technical landing di India.

    “Pernah juga kejadian kami turunkan bagasinya, orangnya dibawa supaya lebih ringan. Faktor waktu itu juga memengaruhi ketepatan waktu. Jadi semua kami koordinasikan supaya mungkin bisa lebih baik,” pungkasnya.

    Berdasarkan catatan Bisnis, ada 157 kloter mengalami delay pada haji 2024. Faktor penyebabnya yaitu dari sisi teknis yaitu mesin terbakar, kebocoran bahan bakar di pesawat, penggantian roda pesawat, aircraft auxiliary power unit bermasalah, serta AC bermasalah sehingga efek domino penerbangan selanjutnya.

    Kemudian untuk faktor operasional berasal dari keterlambatan pesawat yang menyebabkan perubahan slot time pada penerbangan selanjutnya, rotasi pesawat, gate limitation, proses imigrasi, masalah cuaca, masalah kru, jamaah sakit, hingga ATC clearance. 

  • Vidio Terapkan PPN 12%, Langganan Streaming Platinium jadi Segini Harganya

    Vidio Terapkan PPN 12%, Langganan Streaming Platinium jadi Segini Harganya

    Bisnis.com, JAKARTA – Platform video berbasis permintaan, Vidio, menerapkan pajak pertambahan nilai 12% untuk paket platinium. 

    Berdasarkan salah satu tangkapan layar, pelanggan harus membayar paket Vidio Platinium senilai Rp32.480/bulan, dengan perincian Rp3.480 untuk pajak dan Rp29.000 untuk paket bulanan. Adapun jika dihitung kembali, nilai pajak mencapai 12% dari harga pokok langganan.

    Dengan paket tersebut, pengguna dapat mengakses sejumlah layanan seperti video streaming sport, movies, dan series. 

    Vidio adalah streaming service yang menyediakan konten olahraga lokal dan internasional, original series Vidio, dan serial pilihan dari Indonesia, Korea, Thailand, India. 

    Harga paket langganan Platinium Vidio, Kamis 2 Januari 2025Perbesar

    Dari pertama kali berdiri pada 2019 hingga saat ini, Vidio telah merilis 77 judul original yang menjadikan perusahaan sebagai platform OTT dengan judul konten original paling banyak dari seluruh. 

    Berdasarkan laporan Media Partners Asia (MPA) Asia Pacific Video & Broadband Industry 2024 jumlah pelanggan Vidio telah menembus angka 4 juta orang hingga akhir 2023.

    Vidio menempati posisi pertama di Indonesia, disusul penyedia layanan streaming video asal Hong Kong, Viu dan Disney+ Hotstar dengan jumlah pelanggan mendekati 4 juta, dan Netflix di urutan ke empat dengan jumlah pelanggan sekitar 2 juta.

    JP Morgan sempat menyampaikan bahwa Emtek Grup memiliki peluang besar untuk membawa Vidio mencatatkan saham perdana alias initial public offering (IPO) di masa mendatang. 

    Kabar mengenai peluang IPO Vidio sejatinya telah berembus sejak 2022. Namun, pada Juni 2023, manajemen SCMA selaku induk dari Vidio menyatakan belum memiliki rencana IPO dalam waktu dekat lantaran layanan OTT ini dianggap belum profitable. 

    SCMA lantas menyiapkan sejumlah rencana bisnis untuk memacu kinerja Vidio. Salah satunya dengan menggandakan jumlah pelanggan dalam kurun 2 hingga 3 tahun ke depan. 

    Berdasarkan laporan The Business Time pada Mei 2024, Direktur Utama SCMA Sutanto Hartono menargetkan Vidio meraih 8 juta pelanggan selama 2 – 3 tahun ke depan. Dia pun menyatakan Vidio akan melantai di Bursa ketika sentimen pasar mulai membaik.

    Selain menggenjot jumlah pelanggan, Vidio juga tengah berupaya melakukan penghimpunan pendanaan baru pada tahun ini. Langkah tersebut dilakukan untuk menopang ekspansi dan pertumbuhan layanan streaming perseroan. 

    Manajemen SCMA, dalam paparan publik yang digelar pada Juni 2024, menyatakan bahwa perseroan meyakini Vidio akan terus bertumbuh, sehingga memberikan kontribusi terhadap kinerja pendapatan perseroan.