Negara: Hong Kong

  • NJZ (NewJeans) Umumkan Vakum Sementara Usai Tampil di Hong Kong

    NJZ (NewJeans) Umumkan Vakum Sementara Usai Tampil di Hong Kong

    JAKARTA – Sehari setelah penampilan mereka di Hong Kong, NJZ atau NewJeans mengumumkan akan vakum sementara dari kegiatan publik mereka.

    Pada 23 Maret, mereka tampil sebagai NJZ dan membawakan lagu baru berjudul “Pit Stop”. Penampilan itu berlangsung dua hari setelah Pengadilan Pusat Seoul menerima permintaan agensi lama mereka, ADOR agar anggota NewJeans tidak bisa beraktivitas dengan nama NJZ secara individu mau pun grup.

    Pihak NJZ akan mengajukan banding dan tetap tampil di ComplexCon Hong Kong, namun pihak ADOR mengumumkan mereka akan mengirim staf untuk mendukung para anggota di lokasi.

    Pada konser tersebut, NJZ juga membacakan pernyataan resmi, mengatakan, “Menghormati keputusan pengadilan, kami memutuskan untuk menjeda seluruh aktivitas kami sekarang, tapi bukan berarti kami akan menyerang… ini langkah untuk jeda.”

    Senin, 24 Maret, NJZ merilis pernyataan kepada publik mengenai keputusan mereka untuk vakum.

    “Panggung ini sangat berarti bagi kami dan kalian semua yang memberi kami kekuatan. Sulit mengatakannya, tapi ini mungkin menjadi panggung terakhir kami untuk sejenak,” kata pihak NJZ.

    “Sejujurnya, kami tahu dari awal kalau perjalanan ini tidak mudah dan walaupun kami menerima hasil pengadilan, kami harus berbicara menjaga nilai yang kami percaya dan itu bukan pilihan yang kami sesali. Kami yakin kami berdiri untuk hak dan semua yang kami percaya,” lanjutnya.

    “Kami percaya pengumuman ini mengecewakan tapi ini bukan keputusan mudah untuk kami. Tapi momen ini juga menjadi refleksi agar kami kembali dengan kuat,” lanjut mereka.

    Pada pernyataan terpisah, ADOR menyesalkan anggota NewJeans tampil dengan nama baru kemudian memilih vakum. Mereka masih berharap bisa berdiskusi dengan para anggota untuk membicarakan masa depan NewJeans.

  • Indonesia Ekspansi Industri Konten ke Pasar Global di Hong Kong FILMART 2025 – Halaman all

    Indonesia Ekspansi Industri Konten ke Pasar Global di Hong Kong FILMART 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri konten Indonesia menjajaki ekspansi pasar ke market internasional dengan berpartisipasi membuka Indonesia Pavilion di Hong Kong International Film and TV Market (HK FILMART) 2025.

    HK FILMART 2025 merupakan pameran konten terbesar di Asia yang berlangsung pada 17-20 Maret 2025.

    Kehadiran Indonesia Pavilion di ajang ini diwakili oleh MetraMediaHub, salah satu unit bisnis TelkomMetra yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) dengan dukungan Kementerian Kebudayaan.

    Strategi ini diharapkan bisa memperkenalkan konten Indonesia secara berkelanjutan dan mengundang investor guna memperkuat industri film dan konten nasional.

    Hong Kong FILMART 2025 diinisiasi oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (HKTDC), berlangsung di the Hong Kong Convention and Exhibition Centre pada 17–20 Maret 2025.

    Event ini melibatkan lebih dari 7.500 praktisi industri dari produksi, distribusi, agen penjualan, penyedia layanan, dan investor serta 700 peserta pameran dari 50 negara dan kawasan untuk membangun jaringan dan mengembangkan peluang kerja sama di bidang konten kreatif. 

    Direktur Utama TelkomMetra Pramasaleh Haryo Utomo mengatakan, keikutsertaan MetraMediaHub di ajang ini bertujuan untuk mendukung para pembuat konten, pelaku bisnis, dan pembuat kebijakan Indonesia dengan pengetahuan dan strategi untuk berkembang secara internasional, memastikan bahwa produk kreatif lokal dapat bersaing dan berkembang di pasar global.

    “Kami ingin membangun ekosistem industri konten Indonesia yang berdaya saing internasional. Hong Kong FILMART 2025 adalah platform strategis untuk memperkuat kerja sama dengan pelaku industri global dan memperluas jaringan bisnis,” kata Pramasaleh dikutip Senin, 24 Maret 2025.

    Group Head of Strategic Business Unit MetraMediaHub, Iin Kusumastiwi, mengungkapkan, kehadiran Indonesia Pavilion di ajang Hong Kong FILMART 2025 diharapkan dapat menjadi pintu gerbang dalam memperkuat kerja sama dengan pemilik atau  pembuat konten dengan pemangku kebijakan bisnis ekosistem konten Indonesia. 

    “Hong Kong FILMART 2025 juga diharapkan menjadi sebuah wadah untuk menjajaki peluang bisnis baru untuk mendukung pertumbuhan bisnis konten di Indonesia serta ekspansi industri kreatif ke pasar internasional.”

    “MetraMediaHub sebagai Content Aggregation & Distribution Platform, berkomitmen untuk terus mendukung upaya ini melalui platform agnostik yang memungkinkan seluruh pelaku industri film dan pembuat konten menjangkau pasar global,” ujar Iin.

    Di Indonesia Pavilion, MetraMediaHub menghadirkan 14 exhibitor dari Production House, Asosiasi, dan pemilik konten terkemuka di Indonesia.

    Ke-14 exhibitor tersebut adalah Jakarta Film Week, KawanKawan Media, Adhya Pictures, Maxstream Studios, MNC Contents, MVP Pictures, Gambar Gerak Film, Metamora, Picklock Films, MD Entertainment, 13 Entertainment, Visinema, Unlimited Production, dan Paragon Pictures. 

    Film Indonesia di Festival Internasional

    Kehadiran Indonesia Pavilion di ajang ini juga untuk menghadiri dua agenda penting, yakni Business Meeting & Networking dan seminar.

    Agenda Business Meeting & Networking yang berlangsung 17-20 Maret 2025 memfasilitasi pertemuan antara exhibitor dengan calon investor dan mitra produksi. Fokus utamanya ada pada penjualan konten siap edar (canned content) serta pengembangan proyek baru melalui kolaborasi investasi dan co-production.

    Pada sesi seminar yang berlangsung pada 19 Maret 2025, Indonesia Pavilion mengangkat tema “Boosting Connection: Indonesia’s BioCultural Diversity Fuels Creative Global Partnerships” dengan sejumlah pembicara dari dalam dan luar negeri. 

    Menteri Kebudayaan Fadli Zon mengungkapkan, Indonesia tampil menjadi kekuatan baru dan memasuki masa keemasan di industri film. Hal ini terlihat dari pencapaian perfilman Indonesia di tahun 2024 yang mampu menarik lebih dari 81 juta penonton. 

    “Angka ini (81 juta penonton) melampaui jumlah penonton film asing di bioskop Indonesia. Ini bukti bahwa industri kita semakin kuat,” kata Fadli Zon. 

    Sepanjang 2024, lebih dari 200 film Indonesia berhasil dirilis dan sebagian di antaranya telah diakui secara internasional. “Dua tahun terakhir, 36 film Indonesia diputar di festival-festival bergengsi seperti Venice, Berlinale, Tokyo, Rotterdam, dan Busan,” ujarnya. 

    Salah satu film produksi Maxstream Studios dari Telkomsel Indonesia, Little Rebels Cinema Club yang diputar perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) pada Desember 2024 berhasil membuat debut internasional di 75th Berlin International Film Festival (Berlinale). 

    Selain itu, tiga film Indonesia terpilih untuk mengikuti Hong Kong Asia Film Financing Forum (HAF) 2025 dan HKIFF Industry Project Market2025, yaitu Pangku (On Your Lap) dan 2 project dari Jakarta Film Week yaitu First Breath After Coma  dan Fly. (tribunnews/fin)

  • Ador Menang di Pengadilan, NewJeans Terikat dalam Kontrak Eksklusif

    Ador Menang di Pengadilan, NewJeans Terikat dalam Kontrak Eksklusif

    Jakarta, Beritasatu.com – Pengadilan Distrik Pusat Seoul baru-baru ini memutuskan mendukung Ador, agensi yang menaungi grup idola K-Pop NewJeans dalam sengketa hubungan industrial yang tengah berlangsung. 

    Keputusan tersebut menghalangi inisiatif NewJeans untuk mengembangkan karier mereka secara independen di luar Ador, yaitu sebagai NJZ yang merupakan nama grup baru mereka.

    Menurut laporan dari New York Times, dikutip Minggu (23/3/2025), pengadilan mengonfirmasi hak Ador sebagai manajer eksklusif grup tersebut. Dengan demikian, NewJeans tetap terikat kontrak dengan agensi tersebut dan tidak dapat merilis karya musik baru, mengatur jadwal pertunjukan, atau menandatangani kontrak tanpa persetujuan dari label mereka.

    Sebelumnya, NewJeans mengungkapkan niat mereka untuk berpisah dari Ador pada November 2024 dan membentuk identitas baru dengan nama NJZ. Mereka menyatakan akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan tersebut.

    Dalam pernyataan resmi, NJZ menegaskan pengalaman buruk yang mereka alami akibat perlakuan tidak adil dan tidak setara dari pihak label, tidak sepenuhnya dipertimbangkan dalam keputusan pengadilan. 

    “Kami tidak diberi kesempatan yang cukup untuk menyajikan fakta secara menyeluruh di pengadilan,” kata NJZ.

    Sementara itu, Ador yang menolak klaim NewJeans, menyambut keputusan pengadilan dengan penuh positif. Mereka menyatakan bahwa putusan ini mengukuhkan status mereka sebagai agensi eksklusif NewJeans dan manajer para anggotanya.

    “Dengan keputusan hukum yang menegaskan posisi kami sebagai agensi eksklusif NewJeans, kami berkomitmen penuh untuk terus mendukung perkembangan para artis, dan kami sangat menantikan diskusi yang konstruktif dengan para anggota NewJeans pada masa yang akan datang,” ujar pernyataan resmi Ador.

    Baik Ador maupun NewJeans, keduanya telah mengonfirmasi bahwa grup tersebut akan tampil di festival ComplexCon yang diadakan di Hong Kong akhir pekan ini.

    Konflik antara NewJeans dan Ador telah berlangsung sejak Agustus 2024. Perselisihan ini terkait dengan penggantian Min Hee-Jin sebagai produser eksekutif grup tersebut. Pada tahun lalu, Hybe, induk perusahaan Ador telah memutuskan untuk menggantikan Min sebagai CEO Ador. 

    Kemudian, NewJeans meminta agar Min kembali ke posisi tersebut, tetapi Hybe menolak  yang akhirnya memicu keputusan mereka untuk pergi dari agensi. Selain itu, Hybe juga dikenal sebagai rumah bagi BTS, salah satu grup K-Pop terbesar dan paling berpengaruh di dunia saat ini.

  • Sengkarut Bisnis Kurir Melawan E-Commerce, Payung Hukum Kapan Terbit?

    Sengkarut Bisnis Kurir Melawan E-Commerce, Payung Hukum Kapan Terbit?

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto bergerak menanggapi permasalahan yang terjadi di industri jasa kurir yang tengah dihadapkan persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan oleh sebagian kecil platform e-commerce.

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan dan telah menerima aspirasi dari para pelaku usaha di sektor ini.  

    “Kami sudah dengarkan aspirasinya, kami memantau terus melalui media. Kemarin juga kami terima teman-teman dari asosiasi terkait. Mudah-mudahan sebelum Lebaran kita bisa keluarkan aturan yang lebih berpihak terhadap kurir lokal asli Indonesia. Mohon doanya,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (21/3/2025) malam.  

    Menteri Ekonomi Kreatif (Menekraf) Teuku Riefky Harsya menekankan pentingnya komunikasi langsung antara platform jasa kurir dengan pemerintah.

    Hingga saat ini belum ada pembicaraan substantif dengan Kementerian Ekonomi Kreatif terkait permasalahan yang dihadapi.  

    “Kami berharap bisa mendengar aspirasi secara langsung agar dapat mendukung kendala-kendala yang dihadapi. Sejauh ini memang komunikasi dilakukan secara parsial, per perusahaan, tapi akan lebih baik jika pendekatannya lebih komprehensif,” katanya.

    Kemenekraf siap mendukung penyelesaian masalah ini, mengingat jasa kurir memiliki peran penting dalam distribusi produk ekonomi kreatif di Indonesia.  

    “Ini kaitannya kan juga ada dengan pegiat-pegiat yang terdistribusi dengan baik selama ini melalui platform tersebut. Jadi kami siap mendukung mencari solusinya,” ucap Teuku.

    Terpisah, Pengamat Transportasi dan Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai pemerintahan harus memikirkan dan memberikan jalan keluar nyata bagi nasib para kurir yang berada di titik nadir akibat perilaku persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan oleh sebagian kecil platform e-commerce.

    “Pemerintahan di bawah Presiden Prabowo Subianto yang memiliki visi besar dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera harusnya bersikap Merah Putih memperjuangkan nasib para kurir, Komdigi harusnya mengatur platform e-commerce karena membuat bisnis kurir tak sehat,” tuturnya.

    Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum terjadi oligopsoni di industri pos, kurir dan logistik nasional akibat dominasi oleh platform ecommerce asing bermodal besar antara lain Shopee (SEA Group), TikTok-Tokopedia (Bytedance) dan Lazada (Alibaba).

    Di sisi lain, platform e-commerce dalam negeri seperti BliBli (Grup Djarum) sudah hampir tidak terdengar, kondisi ini diperparah ketika Bukalapak (EMTEK) baru saja menutup layanan marketplace barang fisiknya.

    Untuk diketahui, ketiga platform e-commerce asing tersebut tidak hanya berbisnis dalam bidang e-commerce, tetapi beberapa tahun terakhir juga sudah melakukan ekspansi vertikal dalam kegiatan pos, kurir dan logistik melalui anak usaha dan affiliasinya.

    Menurut Yayat, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menemukan dan menginvestigasi beberapa platform ecommerce besar tersebut dimana telah dinyatakan melakukan monopoli pada pasar jasa pos, kurir dan logistik melalui intervensi algoritmanya baik kepada penjual ataupun pembeli

    Dia menilai persaingan tidak sehat dan tekanan harga dari platform e-commerce ini juga diperkeruh oleh adanya perusahaan pos, kurir dan logistik asing yang melakukan predatory pricing di pasar industri pos, kurir dan logistik nasional.

    Salah satunya, J&T Ekspres yang terafiliasi dengan J&T Global Ekspress, perusahaan China yang berdomisili di Cayman Island dan pada 2023 melakukan penawaran saham perdana kepada publik (IPO) di Hong Kong.

    “Dominasi asing tidak bisa dibantah dan terjadi eksploitasi terhadap kurir. Mereka para kurir tidak punya pilihan. Akibatnya mereka dibayar fluktuatif karena besaran pendapatan mereka adalah volume yang bisa diantarkan,” tutur Yayat. 

    Hal ini terjadi karena perang harga di segment ecommerce yang cenderung berkembang disebabkan perubahan gaya hidup membuat pelaku pos, kurir dan logistik nasional melakukan efisiensi secara ekstrem.

    Menurut Yayat, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) yang bertanggungjawab terhadap platform digital seharusnya berkolaborasi dengan kementerian lain seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan merumuskan aturan yang mengatur platform ecommerce yang bergerak di industri pos, kurir dan logistik nasional.

    “Kalau perlu gandeng Pemda, sehingga industri pos, kurir dan logistik bisa lebih mensejahterakan masyarakat. Potensi 15 juta pengiriman per hari dan lebih dari US$2.400 juta per tahun bukan hal kecil dan harusnya disadari Menteri Komdigi,” tuturnya. 

  • 5 Negara Paling Butuh Tenaga Kerja Indonesia, Jumlahnya Ratusan Ribu!

    5 Negara Paling Butuh Tenaga Kerja Indonesia, Jumlahnya Ratusan Ribu!

    Jakarta

    Bekerja di luar negeri menjadi salah satu opsi untuk mencari peruntungan atau mendapatkan penghasilan lebih besar. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat saat ini tersedia 278.984 lowongan pekerjaan yang tersebar 40 negara penempatan.

    Dilansir dari keterangan tertulis Kemnaker, Sabtu (22/3/2025), lima besar negara penyedia lowongan pekerjaan terbanyak semuanya berada di Benua Asia. Mereka berlokasi di Asia Timur, Asia Tenggara hingga di Timur Tengah.

    Berikut daftar 5 negara penyedia lowongan berdasarkan data Kemnaker:

    1. Taiwan 126.408 lowongan
    2. Malaysia 118.316 lowongan
    3. Hong Kong 59.588 lowongan
    4. Singapura 26.075 lowongan
    5. Arab Saudi 9.706 lowongan.

    Untuk 5 sektor terbesar dalam penempatan tenaga kerja luar negeri meliputi, sektor domestik 114.069 lowongan kerja, aktivitas jasa lainnya seperti pemetikan buah 66.260 lowongan, pertanian, kehutanan, dan perikanan 59.681 lowongan, manufaktur 54.902 lowongan, kesehatan dan pelayanan sosial 33.949 lowongan.

    Lalu di dalam negeri terdapat 62.102 lowongan kerja yang berasal dari 16.166 perusahaan. Ada lima sektor pekerjaan dengan jumlah lowongan kerja terbanyak terdiri dari penjualan 4.015 lowongan, manufaktur, transportasi & logistik; 3.563 lowongan, hospitality dan pariwisata 3.370 lowongan, ritel & produk konsumen 3.186 lowongan, dan akuntansi 2.536 lowongan.

    Adapun lima lowongan kerja yang paling banyak dibutuhkan meliputi enumerator sensus penduduk 1.000 lowongan, kasir/pramuniaga 960 lowongan, operator mesin jahit 801 lowongan; operator mesin 622 lowongan; dan sales 537 lowongan.

    Jika dilihat dari segi wilayah, Daerah Khusus Jakarta menjadi daerah dengan jumlah lowongan kerja terbanyak, yaitu 25.115 lowongan, disusul Jawa Barat 6.946 lowongan, Jawa Timur 4.335 lowongan, Jawa Tengah 4.301 lowongan, dan Banten 3.343 lowongan.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli mengatakan,data ini menunjukkan bahwa pasar kerja saat ini sangat dinamis, dengan banyaknya kesempatan kerja di berbagai sektor dan wilayah. Bagi para pencari kerja, ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan peluang tersebut.

    “Pemerintah dan berbagai platform kerja online terus berupaya memfasilitasi para pencari kerja dengan informasi lowongan yang akurat dan terbaru,” ucapnya.

    Ditambahkannya, para pencari kerja juga dapat mengakses berbagai lowongan ini melalui platform online, termasuk portal kerja swasta, job fair nasional dan daerah, serta media sosial. Karirhub mencatat terdapat 11.511 lowongan dari 241 perusahaan, sementara portal Pekerja Migran Indonesia mencatat 278.984 lowongan dari 40 negara.

    “Dengan peluang kerja yang semakin luas, diharapkan pencari kerja dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan karier mereka baik di dalam maupun luar negeri,” ujar Yassierli.

    Ia menambahkan pasar tenaga kerja Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. Yassierli menyampaikan kabar baik mengenai tersedianya 341.086 lowongan kerja berdasarkan data dari Pusat Pasar Kerja Kemnaker.

    “Angka ini mencerminkan pertumbuhan positif pasar tenaga kerja Indonesia dan membuka peluang besar bagi masyarakat untuk mengembangkan karier di berbagai sektor industri,” tutupnya.

    (ily/fdl)

  • Spesifikasi Ponsel Gaming Baru dari Asus

    Spesifikasi Ponsel Gaming Baru dari Asus

    Bisnis.com, JAKARTA – ASUS Republic of Gamers (ROG) meluncurkan 3 ponsel gaming series terbaru, yakni ROG Phone 9 Pro, ROG Phone 9 Pro Edition, dan ROG Phone 9 FE di Indonesia.

    ASUS ROG Phone 9 Series resmi tersedia di Indonesia melalui dealer resmi ASUS dengan harga ritel mulai dari Rp10.999.000.

    Ponsel anyar ini didesain ramping dan futuristik, dilengkapi layar mini-LED AniMe Vision untuk animasi yang dapat dipersonalisasi.

    Ditenagai oleh Qualcomm® Snapdragon® 8 Elite (ROG Phone 9 Pro Series) dan Snapdragon® 8 Gen 3 (ROGPhone 9 FE), perangkat ini menawarkan pengalaman gaming berbasis AI serta sistem pendingin canggih ROG GameCool untuk performa yang stabil.

    Phyllis Wong, Business Development Manager of ASUS Indonesia, Philippines, dan Hong Kong,mengatakan, ROG Phone 9 Series mendefinisikan ulang ponsel gaming dengan optimasi AI, materialpremium, dan performa luar biasa.

    “Tetap setia pada warisan ROG Phone, seri ini dilengkapi dengan kontrol AirTrigger layaknya konsol danekosistem aksesori gaming yang lengkap.

    Dari sisi kamera utamanya 50 MP Sony Lytia 700 dengan 6-Axis HybridGimbal Stabilizer 4.0.

    Jessica Huang, Country Product Manager of ASUS Technology, menambahkan, dengan stabilisasikamera canggih, fotografi berbasis AI, dan daya tahan baterai lebih lama, ROG Phone 9 Series dirancanguntuk gaming, kreasi konten, dan aktivitas sehari-hari.

    Layar AniMe

    Versi terbaru dari ponsel gaming premium ikonik ini menghadirkan layar AniMe Vision yang lebih canggih, performaluar biasa, dan beragam fitur gaming berbasis AI.

    Dirancang untuk Gamer ROG Phone 9 Series hadir dengan desain ramping yang memancarkan nuansa futuristik dan elegan, menggunakan lapisan matte dengan tekstur nano kristal untuk rasa lembut seperti sutra serta ketahanan ptimal terhadap sidik jari.

    Layar tambahan AniMe Vision menjadi fitur unik pada kedua model. Pada ROG Phone 9 Pro, layar ini dilengkapi dengan 648 mini-LED yang dapat diprogram untuk menampilkan berbagai animasi eksklusif yang merespons interaksi pengguna.

    Selain itu, mini-LED merah yang baru ditambahkan semakinmemperkuat aura gaming. Pengguna juga dapat menyesuaikan tampilan AniMe Vision untukmemberikan sentuhan pribadi pada pengalaman visual mereka.

    Saat tidak aktif, layar ini benar-benar takterlihat, memungkinkan gamer beralih antara tampilan minimalis dan estetika gaming sesuai keinginan. AniMe Vision juga menghadirkan AniMe Play2 eksklusif pada ROG Phone 9 Pro, menghadirkan kembalipesona game pixel klasik dalam versi modern.

    Dengan dukungan ROG Air Trigger, gamer dapat menikmati petualangan nostalgia dengan kontrol sentuhan yang responsif dan presisi tinggi.

    Berbasis AI

    ROG Phone 9 Series menghadirkan rangkaian fitur gaming berbasis AI yang dikembangkan oleh ROG. X Sense 3.0 – memanfaatkan pengenalan gambar berbasis AI untuk menyederhanakan tugas dalam game, seperti mendeteksi momen penting dan mengumpulkan item secara otomatis.

    Versi terbaru inibahkan dapat meningkatkan keterampilan karakter mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dengan mudah.

    secara otomatis, memungkinkan gamerX Capture 2.0 – menggunakan AI untuk mengenali momen penting dalam permainan, secara otomatismerekam kemenangan, pertempuran tim, dan saat pemain mendapatkan kartu karakter. AI Grabber 2.0 – memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengenali teks dalam game, memudahkanpencarian tips.

    Kini, fitur ini juga mendukung terjemahan, memastikan komunikasi yang lebih lancar.AI Noise Cancelation – menggunakan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi berbagai frekuensisuara, memungkinkan gamer menghilangkan suara yang tidak diinginkan demi komunikasi yang lebihjernih saat bermain.

    ROG GameCool hadir dengan 360° SoCCooling System Design, menggunakan berbagai material termal berkinerja tinggi.

    Sistem ini dirancangdengan struktur berbasis SoC yang unik dan diperkuat dengan AeroActive Cooler X Pro, memastikan ponsel tidak cepat panas.

    Untuk pengalaman gaming dan streaming yang luar biasa, ROG Phone 9 Series dilengkapi dengan layar E6 AMOLED 6,78 inch 185 Hz, yang mendukung refresh rate adaptif hemat daya serta sistemaudio yang kuat.

    Dengan casing resmi ROG Phone 9 Series, fitur Audio Redirect menghadirkan suara imersif yang mengarah ke depan.

    Ditambah lagi, subwoofer bawaan di AeroActive Cooler X Prosemakin meningkatkan realisme audio.

    Untuk kontrol gaming tanpa tanding, ROG Phone 9 Series menghadirkan AirTrigger, sistem kontrol sentuh inovatif yang memberikan pengalaman bermain intuitif di ujung jari gamer.

    Fitur ini mendukung berbagai gesture, seperti Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming, memberikan tingkatpenguasaan yang luar biasa.

  • Hong Kong Jadi Tujuan Favorit TKI, Nyaris 100 Ribu Orang

    Hong Kong Jadi Tujuan Favorit TKI, Nyaris 100 Ribu Orang

    Jakarta

    Sebanyak 297.434 Warga Negara Indonesia (WNI) tercatat berangkat kerja ke luar negeri pada periode Januari-Desember 2024. Dari jumlah itu Hong Kong berada di urutan pertama sebagai tujuan favorit Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI).

    Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), nyaris 100 ribu orang memilih Hong Kong sebagai negara tujuan. Hong Kong mengungguli negara lainnya seperti Taiwan, Arab Saudi dan Jepang.

    “Total Penempatan PMI pada tahun 2024 sampai bulan Desember berjumlah 297.434 orang,” tulis Kemnaker di situs Satudata Kemnaker, dilihat Jumat (21/3/2025).

    Sementara itu negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura turut menjadi tujuan utama para PMI.

    Daftar 5 Negara Paling Diserbu PMI:

    1. Hong Kong sebanyak 99.773 orang
    2. Taiwan sebanyak 84.581 orang
    3. Malaysia sebanyak 51.723 orang
    4. Jepang sebanyak 12.720 orang
    5. Singapura sebanyak 10.819 orang

    Sementara itu berdasarkan asal provinsinya, Jawa Timur menempati posisi pertama dengan jumlah 79.339 orang atau setara 26,67%. Mereka paling banyak berangkat ke Hong Kong yang mencapai 33,54 persen.

    “PMI paling banyak berasal dari Provinsi Jawa Timur (26,67 persen) dan penempatan terbanyak di negara Hongkong (33,54 persen),” tulis Kemnaker.

    5 Asal Provinsi PMI:

    1. Jawa Timur sebanyak 79.339 orang
    2. Jawa Tengah sebanyak 66.611 orang
    3. Jawa Barat sebanyak 61.556 orang
    4. Nusa Tenggara Barat sebanyak 31.031 orang
    5. Lampung sebanyak 25.162 orang

    Di sisi lain, Kemnaker mencatat saat ini ada 278.984 lowongan pekerjaan yang tersebar 40 negara penempatan. Lima besar negara penyedia lowongan pekerjaan terbanyak semuanya berada di Benua Asia, yakni di Asia Timur, Asia Tenggara hingga di Timur Tengah.

    5 Negara Penyedia Lowongan:

    1. Taiwan 126.408 lowongan
    2. Malaysia 118.316 lowongan
    3. Hongkong 59.588 lowongan
    4. Singapura 26.075 lowongan
    5. Arab Saudi 9.706 lowongan

    (ily/hns)

  • LK21 & IndoXXI Bahaya, Cek 24 Link Nonton Film Online Resmi di 2025

    LK21 & IndoXXI Bahaya, Cek 24 Link Nonton Film Online Resmi di 2025

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia Ada banyak platform yang tersedia untuk menontong film atau serial televisi secara online. Sebaiknya Anda mengakses situs dan aplikasi resmi agar aman dari ancaman malware.

    Memang, platform streaming online seperti IndoXXI, LK21, Layarkaca21, Idlix, Rebahin, Indofilm, dan Layarfilm21, masih mudah diakses dan memiliki koleksi film yang banyak. Selain itu, platform ilegal ini juga gratis.

    Namun, tak jarang platform streaming online ilegal penuh dengan iklan-iklan berbahaya. Sekali klik, bisa-bisa perangkat Anda diserang malware yang berpotensi mencuri identitas dan menguras rekening.

    Baru-baru ini, Microsoft melaporkan ada 2 situs streaming video ilegal yang menyebarkan malware ke 1 juta pengguna lewat tayangan iklan di websitenya.

    Oleh karena itu, sebaiknya selalu memilih berlangganan layanan streaming resmi dan legal. Selain aman, Anda juga turut mendukung industri perfilman.

    Berikut 24 platform streaming online resmi yang bisa jadi pilihan Anda, dirangkum CNBC Indonesia:

    1. Netflix

    Netflix memberikan akses ke beragam tayangan dari berbagai negara, termasuk konten lokal Indonesia, Hollywood, serta produksi internasional lainnya. Selain itu, Netflix juga dikenal dengan berbagai produksi asli yang eksklusif hanya tersedia di platformnya.

    Terdapat beberapa opsi paket berlangganan yang bisa dipilih, mulai dari yang paling terjangkau hingga yang menawarkan fitur lebih lengkap.

    Paket-paket tersebut antara lain Ponsel, Dasar, Standar, dan Premium, dengan harga mulai sekitar Rp 50.000 hingga Rp 186.000 per bulan. Perbedaan tiap paket terletak pada jumlah perangkat yang dapat mengakses akun Netflix secara bersamaan serta kualitas video yang ditawarkan.

    2. Disney+ Hotstar

    Disney+ Hotstar menghadirkan berbagai pilihan film dan serial dari banyak negara, termasuk beberapa konten eksklusif. Platform ini juga menawarkan serial orisinal buatan Indonesia yang semakin memperkaya pilihan tayangan untuk penggunanya. Untuk menikmati tayangan tersebut, Disney+ Hotstar menawarkan dua jenis paket langganan, yaitu Basic dan Premium, yang bisa dipilih berdasarkan langganan bulanan atau tahunan.

    Harga langganan dimulai dari Rp 65.000 hingga Rp 119.000 per bulan memberikan opsi sesuai dengan preferensi pengguna.

    3. HBO Max

    HBO Max mulai menggantikan HBO Go sejak bulan November lalu, membawa berbagai konten menarik untuk para penggemar hiburan. Platform ini menawarkan berbagai tayangan orisinal, termasuk produksi dari HBO Asia dan Hollywood, serta film-film populer lainnya.

    Untuk berlangganan, HBO Max menyediakan tiga pilihan paket, yaitu Mobile, Standard, dan Ultimate. Pengguna dapat memilih paket dengan durasi langganan bulanan atau tahunan, dengan harga mulai dari Rp 49.000 hingga Rp 119.000 per bulan.

    4. Vidio

    Vidio menawarkan berbagai jenis tayangan, mulai dari film hits hollywood dan serial korea hingga siaran olahraga. Beberapa konten dapat dinikmati secara gratis, sementara ada juga yang memerlukan langganan. Untuk akses premium, harga langganan Vidio dimulai dari Rp 19.000 hingga Rp 149.000 per bulan.

    5. iQiyi

    iQiyi memang menjadi salah satu platform favorit bagi pecinta film Asia, termasuk anime, drama Korea, drama China, dan konten lainnya. Biaya langganan VIP $6.99 hingga $9.99 per bulan memberikan akses ke berbagai fitur eksklusif.

    6. Klik Film

    Klik Film adalah pilihan menarik bagi para pecinta film yang ingin menikmati tayangan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Korea, Thailand, dan Hong Kong. Dengan opsi sistem sewa, pengguna dapat menikmati fleksibilitas dalam memilih film yang ingin ditonton tanpa perlu berlangganan bulanan.

    Harga sewa satu judul film, yaitu Rp10.000 (+ biaya administrasi) untuk pembayaran dengan dompet elektronik dan Rp7.000 (+ PPN) jika menggunakan pulsa.

    Adapun film yang ditonton semuanya (tidak termasuk film Premium) bebas berulang kali dengan satu kali pembayaran; Rp30.000,- per 30 hari atau Rp4.400,- per 3 hari.

    7. Bioskop Online

    Konsep Pay-per-View Bioskop Online memang sangat menarik karena menghadirkan pengalaman seperti menonton film di bioskop, tetapi dengan kenyamanan menonton dari rumah. Mulai dari Rp 5.000,- per konten dengan kualitas standar dan berlaku untuk 48 jam dari selesainya transaksi.

    8. Cinema Box

    Cinema Box adalah platform yang sangat cocok bagi para pecinta film yang menginginkan fleksibilitas menonton, baik secara online maupun offline. Streaming film ini juga tersedia di Play Store dan App Store.

    9. Viu

    Viu adalah salah satu platform streaming yang populer, terutama bagi para pecinta drama Korea, variety show, dan konten Asia lainnya, termasuk dari Indonesia. Langganan Viu Premium dimulai dari Rp33.000 per bulan.

    10. CatchPlay+

    Catchplay+ adalah platform streaming yang menawarkan koleksi film beragam, termasuk film kartun dan animasi, serta berbagai genre dari berbagai negara. Platform ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Konten bisa diakses secara gratis dan untuk menikmati seluruh konten perlu berlangganan yang dimulai Rp 22.500 per bulan atau sewa per-film Rp 15.000 per film.

    11. WeTV

    WeTV menampilkan beragam film, series, anime hingga tayangan variety show dari beberapa negara Asia. Konten di dalamnya dapat ditonton gratis, ada juga yang harus menggunakan akun VIP dengan harga Rp 39.000 per bulan.

    12. Genflix

    Genflix adalah platform streaming serba ada yang menawarkan beragam pilihan konten, termasuk film Indonesia, Hollywood, drama Korea, hingga tayangan live show. Dengan fleksibilitas pilihan paket langganan, Genflix cocok untuk berbagai kebutuhan hiburan. Berapa biaya berlangganan Genflix? Rp 49.000,- per bulan.

    13. iFlix

    iFlix menghadirkan berbagai pilihan hiburan seperti film box office, serial TV, drama Korea, film lokal Indonesia, hingga tontonan anak-anak. Beberapa kontennya dapat dinikmati secara gratis, namun akses penuh membutuhkan langganan seharga $5.99 di bulan pertama.

    14. Viki

    Viki adalah platform alternatif untuk menikmati drama Korea, dengan tambahan konten dari negara lain, termasuk Indonesia. Sebagian besar tayangan tersedia gratis, namun langganan diperlukan untuk fitur premium.

    15. Prime Video

    Prime Video menawarkan koleksi film dan serial dari berbagai negara, termasuk produksi Hollywood. Biaya langganan bulanan sebesar Rp59.000 memberikan akses penuh ke konten di platform ini.

    16. Apple TV+

    Apple TV+ menghadirkan film, serial, dan karya orisinal eksklusif dari Apple. Biaya langganannya adalah Rp99.000 per bulan, dengan opsi uji coba gratis selama tujuh hari atau paket Apple One.

    17. Lions Gate Play

    Lions Gate Play menyuguhkan beragam konten dari berbagai negara, termasuk karya orisinal eksklusif. Langganan bulanan dapat dinikmati dengan harga Rp35.000.

    18. CubMU

    CubMU, layanan dari Transvision, menawarkan ratusan saluran Live TV dan ribuan Video on Demand (VOD) dengan kualitas HD. Paket langganannya tersedia mulai dari Rp9.900.

    19. Mola

    Mola menyajikan beragam hiburan, termasuk siaran langsung pertandingan sepak bola. Langganannya dimulai dari Rp60.000 hingga Rp160.000, tergantung pada paket yang dipilih.

    20. MAXstream

    MAXstream menghadirkan berbagai video on demand dari serial lokal hingga internasional, termasuk beberapa konten orisinal. Platform ini dapat diakses melalui paket langganan.

    21. Vision+

    Vision+ memberikan akses ke berbagai tayangan melalui paket berlangganan, dengan harga mulai dari Rp35.000 per bulan.

    22. iQIYI

    iQIYI adalah layanan hiburan daring di Tiongkok. Platform iQIYI menampilkan konten asli iQIYI, serta pustaka lengkap konten lain yang diproduksi secara profesional, konten yang dibuat pengguna secara profesional, dan konten yang dibuat pengguna.

    Langganan iQIYI tersedia mulai US$ 1,99 per bulan atau sekitar Rp 33 ribu.

    23. Youtube Movie

    YouTube Movie adalah layanan di platform YouTube yang menyediakan berbagai film (movie) yang bisa ditonton secara online. Film yang tersedia bisa berupa film gratis (dengan iklan) maupun film berbayar (sewa atau beli). Harga sewa per film mulai dari Rp 25.000.

    24. DramaBox

    Platform ini menyediakan beragam video pendek berseri yang bisa dinikmati di waktu senggang. Tren yang disebut ‘bite-sized entertainment’ ini menyuguhkan konten hiburan yang lebih fleksibel dinikmati di mana saja, misalnya ketika menunggu macet atau antrean.

    Ada ribuan jam konten original dan eksklusif di DramaBox dalam berbagai genre. Anda bisa menontonnya dan melakukan pembelian dalam aplikasi ‘in-app purchase’ dari harga mulai Rp 15.000-an.

    Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi Apple App Store dan Google Play Store.

    Nah, itu dia beragam platform resmi yang bisa Anda gunakan untuk menonton film dan serial televisi. Semoga informasi ini membantu!

    (fab/fab)

  • DEN rencanakan pengembangan KEK Pusat Keuangan-Family Office di Bali

    DEN rencanakan pengembangan KEK Pusat Keuangan-Family Office di Bali

    Jakarta (ANTARA) – Dewan Ekonomi Nasional (DEN) merencanakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pusat Keuangan dan Family Office di Bali untuk menarik investasi asing masuk ke dalam negeri.

    Menurut Ketua DEN Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari akun Instagram @luhut.pandjaitan di Jakarta, Jumat, tingkat foreign direct investment (FDI) Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara tetangga, seperti Singapura dan Vietnam. Luhut juga membandingkan rendahnya FDI Indonesia dengan Dubai.

    Bersamaan dengan itu, arus modal keluar terus meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 20 miliar dolar AS per tahun.

    Jika kondisi tersebut tak diatasi, maka industrialisasi, infrastruktur, dan pertumbuhan usaha produktif dinilai akan sulit berkembang optimal.

    “Salah satu strategi yang kami siapkan adalah pengembangan KEK Pusat Keuangan yang dilengkapi dengan Family Office dan instrumen keuangan lainnya,” ujar Luhut.

    Kawasan itu akan menjadi gerbang bagi dana investasi luar negeri yang akan masuk dan diinvestasikan ke berbagai sektor riil di Indonesia.

    Luhut pun menyebut investor juga berkesempatan menjadi co-investor bersama Badan Pengelola Investasi (BPI) Daya Anagata Nusantara (Danantara) Indonesia dan Indonesia Investment Authority (INA).

    “Strategi seperti ini telah terbukti sukses di Abu Dhabi, Dubai, Hong Kong, dan Singapura,” tambah Luhut.

    Agar KEK Pusat Keuangan dan Family Office berhasil, diperlukan kebijakan yang kuat dan ekosistem yang menunjang kualitas hidup.

    “Kami tidak ingin pusat keuangan ini sekadar menjadi booking centre, melainkan kawasan yang nyaman untuk bekerja dan ditinggali. Oleh karena itu, fasilitas berstandar global seperti sekolah, rumah sakit, residensial, dan perkantoran menjadi faktor penting,” kata dia lagi.

    Hingga sejauh ini, DEN mempertimbangkan Bali menjadi lokasi potensial untuk KEK Keuangan Pusat dan Family Office. Sebab, Bali sudah dikenal sebagai work heaven bagi investor global dan akan menjadi salah satu kandidat wilayah Indonesia Financial Centre (IFC).

    “Kami akan segera menetapkan kriteria terbaik untuk KEK ini. Jika ingin mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, kita harus membangun ekosistem keuangan yang progresif dan kompetitif. Bukan sekadar pendukung, tetapi akselerator utama pembangunan nasional,” tuturnya.

    Rencana itu didiskusikan oleh DEN bersama dengan investor Ray Dalio dan kementerian/lembaga (K/L) terkait melalui konferensi video. Diskusi itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Prabowo Subianto dengan Ray. Luhut menyatakan diskusi itu mencerminkan makin intensnya upaya Indonesia dalam memperkuat sektor keuangan.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Azhari
    Copyright © ANTARA 2025

  • IHSG Bergerak Zig-zag dengan Tendensi Turun ke 6.380,78, Sebanyak  274 Saham Merosot – Halaman all

    IHSG Bergerak Zig-zag dengan Tendensi Turun ke 6.380,78, Sebanyak  274 Saham Merosot – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak liar mengawali perdagangan akhir pekan hari ini, Jumat 21 Maret 2025.

    Mengutip RTI pukul 09.12 WIB, indeks terkoreksi tipis 0,01 persen atau 0,887 poin ke level 6.380,787.

    Sebanyak 274 saham turun, 119 saham naik, dan 193 saham stagnan. Total volume perdagangan 1,45 miliar saham dengan nilai transaksi capai Rp 1,86 triliun.

    Sebanyak 10 indeks sectoral membebani Langkah IHSG pagi ini. Tiga sector dengan penurunan terdalam yakni: IDX-Finance 1,19%, IDX-Cyclic 0,79%, dan IDX-Health 0,68%.

    Saham-saham top losers LQ45:

    – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) turun 3,43%

    – PT Vale Indonesia Tbk (INCO) turun 2,61%

    – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) turun 2,60%

    Saham-saham top gainers LQ45:

    – PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) naik 2,97%

    – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) naik 1,36%

    – PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) naik 1,33%

    Pasar saham Asia-Pasifik diperdagangkan mixed pada Jumat (21/3), tertekan oleh kerugian di Wall Street dan ketidakpastian ekonomi AS yang terus membayangi sentimen investor.

    Pergerakan Indeks:

    Australia – S&P/ASX 200 naik 0,12%

    Jepang – Nikkei 225 menguat 0,49%, Topix bertambah 0,27%

    Korea Selatan – Kospi melemah 0,16%, Kosdaq turun lebih dalam 0,86%

    Hong Kong – Hang Seng Index turun 0,56%

    China – CSI 300 naik tipis 0,18%

    Pasar masih mencermati prospek kebijakan moneter global dan perkembangan ekonomi AS, yang menjadi faktor utama dalam volatilitas saham di kawasan.

     

    Laporan Reporter: Yudho Winarto | Sumber: Kontan