Negara: Djibouti

  • 10 tahun Jokowi, pertahanan negara jadi investasi jangka panjang

    10 tahun Jokowi, pertahanan negara jadi investasi jangka panjang

    Jakarta (ANTARA) – Dalam 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo, ancaman terhadap pertahanan negara tidak hanya mencakup ancaman tradisional,  tetapi mulai meluas pada ancaman modern yang melibatkan kecerdasan buatan, bahkan ancaman biologis, sebagaimana yang terjadi selama pandemi COVID-19.

    Oleh karena itu, sejak periode pertama pemerintahannya yang berlanjut pada periode kedua, Presiden Jokowi menunjukkan komitmen dan konsistensinya memperkuat postur pertahanan negara sebagaimana yang dia tetapkan dalam dua peraturan presiden, yaitu Perpres Nomor 97 Tahun 2015 dan Perpres Nomor 8 Tahun 2021.

    Dua peraturan presiden itu kemudian dijalankan oleh dua menteri pertahanan berlatar militer, yaitu Jenderal TNI (Purn.) Ryamizad Ryacudu pada periode pertama pemerintahan Jokowi, kemudian berlanjut kepada Jenderal TNI (HOR) Prabowo Subianto pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi yang bakal berakhir pada 20 Oktober 2024. Dua perpres itu juga menjadi pedoman bagi seluruh kebijakan pertahanan pemerintahan Jokowi yang saat ini hampir menyentuh 10 tahun.

    Presiden Jokowi dalam pedoman kebijakan pertahanan yang dia buat menyoroti beberapa aspek penguatan postur pertahanan, yang di antaranya mencakup melanjutkan kebijakan modernisasi alutsista TNI, meningkatkan profesionalisme TNI, membentuk komponen cadangan, meningkatkan penguasaan terhadap teknologi pertahanan dan meningkatkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri, serta mengintegrasikan kekuatan pertahanan tiga matra TNI untuk menunjang kebijakan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

    Keinginan Presiden Jokowi meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia itu kemudian diwujudkan secara bertahap dalam 10 tahun terakhir. Langkah itu menjadi mutlak mengingat situasi geografis Indonesia yang strategis, kemudian situasi geopolitik dunia yang dalam beberapa tahun terakhir masih diliputi ketegangan dan adu unjuk kekuatan militer negara-negara kuat seperti China, Amerika Serikat, dan pakta pertahanan negara-negara Barat, misalnya, AUKUS (Australia, Inggris, dan AS).

    Modernisasi alutsista TNI

    Dalam deretan kebijakan pertahanan pemerintahan Presiden Jokowi, modernisasi alutsista menjadi salah satu agenda prioritas, mengingat Presiden berupaya mewujudkan TNI sebagai kekuatan yang punya daya tangkal serta mampu menghadapi ancaman perang yang berlarut. Keinginan mewujudkan kekuatan yang punya daya tangkal itu pun diwujudkan dalam berbagai pembelian alutsista baru terutama yang ditujukan untuk memperkuat matra udara dan matra laut TNI yang menjadi garda terdepan menangkal ancaman-ancaman dari luar. Bahkan, jika mengamati rencana pembelian sejumlah alutsista dalam beberapa tahun terakhir, pemerintahan Presiden Jokowi juga serius membentuk kekuatan TNI yang berproyeksi ke luar (outward looking), yang artinya kekuatan TNI punya kemampuan untuk bertempur di luar wilayah Indonesia.

    Kebijakan membeli alutsista baru, terutama yang berteknologi tinggi itu, bukan tanpa halangan. Ragam kritik juga mewarnai belanja alutsista baru yang dijalankan selama pemerintahan Presiden Jokowi. Debat antara belanja alutsista versus peningkatan kesejahteraan publik (gun vs butter) pun sempat menjadi komoditas politik khususnya saat memasuki masa Pilpres 2024. Anggaran pertahanan yang tahun ke tahun trennya naik pun kerap menjadi sorotan beberapa kelompok, terutama dari organisasi masyarakat sipil.

    Namun, perdebatan untuk menentukan salah satu yang menjadi prioritas pada akhirnya kontraproduktif karena luput mempertimbangkan peran penting pertahanan negara yang fungsinya tidak sekadar menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, tetapi juga menjaga kepentingan nasional, yang dimensinya menjangkau sektor-sektor di luar pertahanan, yaitu kepentingan ekonomi, politik, sosial, dan budaya nasional. Terkait itu, contoh paling tepat melihat bagaimana China memutuskan untuk membuat pangkalan militer di Djibouti, Afrika Timur, pada 2017, dan saat ini dalam proses membangun pangkalan militer kedua di Guinea Ekuatorial di Afrika Barat, kemudian AS pun merespons itu dengan mengubah Komando Pertahanan Pasifik-nya (USPACOM) menjadi Komando Pertahanan Indo-Pasifik (USINDOPACOM) pada 2018. Komando pertahanan itu, yang terbentuk sejak 77 tahun lalu, mengendalikan armada dan aset-aset militer AS yang tersebar dari Samudera Pasifik hingga Samudera Hindia, kawasan yang saat ini dikenal dengan Indo-Pasifik.

    Jika membandingkan kekuatan militer Indonesia dengan dua negara kuat itu, tentu jaraknya masih relatif jauh. Namun, upaya menuju ke arah itu perlu dimulai jika memang tujuan bangsa ke depan ingin menjadi negara maju pada 2045. Visi itu yang saat ini dikenal luas dengan slogan Indonesia Emas 2045.

    Oleh karena itu, pemenuhan kekuatan pokok minimum (MEF) secara bertahap terus dilakukan semasa pemerintahan Presiden Jokowi. Sejak periode pertama pemerintahannya, pemenuhan MEF terus berjalan hingga saat ini mendekati akhir masa kerja periode kedua pemerintahan Jokowi. Rata-rata pencapaian MEF untuk memperkuat tiga matra TNI mendekati 70 persen. Targetnya, pemenuhan kekuatan pokok minimum itu tuntas pada akhir 2024.

    Dari matra udara, belanja alutsista penting yang menjadi sorotan, di antaranya pembelian 42 unit pesawat tempur generasi 4.5 Rafale dari Dassault Aviation Perancis, lima pesawat angkut C-130 J Super Hercules buatan Lockheed Martin Amerika Serikat, ada juga delapan helikopter angkut berat Airbus H225M yang perakitan dan kustomisasinya dikerjakan oleh perusahaan plat merah PT Dirgantara Indonesia (DI), kemudian ada program pembaruan Falcon Star-Enhance Mid Life Update (eMLU) untuk 10 pesawat tempur F-16 TNI AU, dua pesawat angkut Airbus A400M, limaTNI unit pesawat angkut Casa NC-212i buatan PT DI, delapan unit drone tempur CH-4 Rainbow buatan China Academy of Aerospace Aerodynamics (CASC), Radar Leonardo RAT-31 DL/M yang mampu mendeteksi rudal nuklir buatan Italia, dan 25 radar baru yang 13 di antaranya radar Ground Control Interception (GCI) GM-403 buatan Thales Perancis bekerja sama dengan PT Len Industri dan 12 lainnya buatan Retia dari Ceko. Pemerintah Indonesia saat ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Korea Selatan dan Korea Aerospace Industry membangun pesawat tempur generasi 4.5 KF-21 Boramae.

     

    Editor: Achmad Zaenal M
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kapal Migran Tenggelam di Lepas Pantai Yaman, 39 Orang Tewas-150 Hilang

    Kapal Migran Tenggelam di Lepas Pantai Yaman, 39 Orang Tewas-150 Hilang

    Sanaa

    Sebuah kapal yang membawa lebih dari 200 migran tenggelam di lepas pantai Yaman. Sedikitnya 39 orang tewas dalam insiden terbaru di jalur migrasi berbahaya dari kawasan Afrika tersebut.

    “Insiden tragis di lepas pantai Yaman: Kapal yang membawa 260 migran tenggelam kemarin (10/6). Sedikitnya 39 orang tewas, 150 orang lainnya hilang, 71 orang selamat,” demikian pernyataan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) via media sosial X, seperti dilansir AFP, Selasa (11/6/2024).

    Pernyataan IOM yang merupakan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini tidak menyebut lebih spesifik soal asal kewarganegaraan para migran tersebut.

    Setiap tahunnya, puluhan ribu migran dari Tanduk Afrika nekat melintasi perairan Laut Merah dalam upaya mencari negara-negara Teluk yang kaya minyak, untuk menghindari konflik, bencana alam, atau prospek ekonomi yang buruk.

    Pada April lalu, dua kapal pengangkut migran tenggelam di lepas pantai Djibouti dalam waktu berselang dua pekan, yang menyebabkan kematian puluhan orang.

    Pada saat itu, IOM mengatakan bahwa telah mencatat total 1.350 kematian di jalur migrasi berbahaya itu sejak tahun 2014 lalu. Angka itu belum termasuk insiden-insiden yang terjadi sepanjang tahun ini.

    Untuk tahun 2023 saja, IOM mencatat sedikitnya 698 kematian di rute migrasi berbahaya tersebut, termasuk 105 orang yang hilang di lautan.

    IOM mengatakan pada Selasa (11/6) waktu setempat bahwa pihaknya “memberikan bantuan segera kepada para korban selamat”.

    Para migran yang berhasil mencapai wilayah Yaman seringkali menghadapi ancaman lebih lanjut terhadap keselamatan mereka. Negara termiskin di Semenanjung Arab ini terjerumus ke dalam perang sipil berkepanjangan yang berkecamuk selama satu dekade terakhir.

    Banyak migran yang berusaha mencapai wilayah Arab Saudi dan negara-negara Teluk Arab lainnya agar bisa bekerja sebagai buruh atau pekerja rumah tangga.

    Pada Agustus tahun lalu, Human Rights Watch (HRW) menuduh penjaga perbatasan Saudi membunuh “sedikitnya ratusan” warga Ethiopia yang berupaya melintasi perbatasan untuk masuk ke Saudi dari Yaman antara Maret 2022 hingga Juni 2023. Dalam beberapa kasus, sebut HRW, Saudi menggunakan senjata peledak.

    Riyadh membantah tuduhan HRW tersebut, yang disebutnya “tidak berdasar dan tidak didasarkan pada sumber-sumber yang biasa dipercaya”.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Panas! Houthi Serang 4 Kapal di Laut Merah-Samudra Hindia

    Panas! Houthi Serang 4 Kapal di Laut Merah-Samudra Hindia

    Sanaa

    Kelompok pemberontak Houthi yang bermarkas di Yaman menargetkan sebuah kapal kontainer berbendera Portugal dalam serangan drone di Samudra Hindia. Tiga kapal lainnya, termasuk dua kapal militer Amerika Serikat (AS), juga menjadi target serangan Houthi di perairan Laut Merah.

    Seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Selasa (30/4/2024), laporan data LSEG menyebut bahwa sebuah kapal kontainer bernama MSC Orion, yang berbendera Portugal, sedang berlayar di antara pelabuhan Sines di Portugal dengan pelabuhan Salalah di Oman ketika dihantam serangan drone Houthi.

    Kapal kontainer MSC Orion, menurut data LSEG, terdaftar dimiliki oleh Zodiac Maritime, yang sebagian dimiliki oleh seorang pengusaha Israel bernama Eyal Ofer. Belum ada tanggapan dari Zodiac Maritime terkait serangan tersebut.

    Tidak diketahui lebih lanjut apakah serangan drone Houthi terhadap MSC Orion itu memicu kerusakan atau menyebabkan korban jiwa.

    Juru bicara Houthi, dalam pernyataan yang disiarkan televisi afiliasi kelompok itu pada Selasa (30/4) waktu setempat, mengumumkan bahwa pasukannya menargetkan sebuah kapal komersial bernama Cyclades dan dua kapal penghancur milik militer AS di Laut Merah.

    Perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, mengatakan bahwa sebuah kapal kontainer berbendera Malta pada Senin (29/4) waktu setempat melaporkan mereka menjadi target serangan tiga rudal saat berlayar dari Djibouti menuju ke Jeddah, Arab Saudi.

    Houthi menyebut kapal Cyclades berada di rute pelayaran tersebut ketika pasukannya menyerangnya.

    Ambrey, dalam laporannya, menilai kapal tersebut menjadi target serangan karena operatornya diketahui sedang melakukan perdagangan dengan Israel.

    Kelompok Houthi semakin meningkatkan serangan dengan melibatkan drone dan rudal di Laut Merah, Selat Bab al-Mandab, dan Teluk Aden sejak November tahun lalu.

    Mereka menegaskan rentetan serangannya sebagai bentuk solidaritas untuk warga Palestina di Jalur Gaza yang terus digempur Israel dalam perang melawan Hamas.

    Serangan-serangan Houthi itu memaksa kapal-kapal yang membawa muatan kargo untuk mengubah rute ke jalur pelayaran yang lebih lama dan lebih mahal melewati Afrika Selatan, dan memicu kekhawatiran bahwa perang Hamas-Israel bisa meluas dan semakin memicu destabilisasi kawasan Timur Tengah.

    Pada Maret lalu, pemimpin Houthi mengumumkan bahwa kelompoknya memperluas wilayah serangannya untuk mencegah kapal-kapal, yang memiliki keterkaitan dengan Israel, berlayar melintasi Samudra Hindia menuju ke Tanjung Harapan.

    AS bersama sekutunya, Inggris, melancarkan serangan terhadap target-target Houthi sebagai pembalasan atas serangan kelompok itu terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan sekitarnya.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Kapal Migran Terbalik di Pantai Djibouti, 21 Penumpang Tewas

    Kapal Migran Terbalik di Pantai Djibouti, 21 Penumpang Tewas

    Djibouti

    Sebuah kapal migran terbalik di lepas pantai Djibouti. Sebanyak 21 orang dilaporkan tewas.

    Dilansir AFP, Rabu (24/4/2024), kecelakaan ini merupakan kecelakaan fatal kedua dalam 2 minggu terakhir di Djibouti. Diketahui, Djibouti terletak di jalur migrasi dari Afrika ke Timur Tengah.

    Kepala misi Organisasi Internasional untuk Migrasi di Djibouti, Tanja Pacifico, mengatakan kepada AFP bahwa 21 jenazah telah ditemukan, sementara 23 orang masih hilang dan 33 orang selamat.

    “Tragedi ketika sebuah kapal terbalik di lepas pantai Djibouti dengan 77 migran di dalamnya termasuk anak-anak,” pernyataan Organisasi Internasional untuk Migrasi dalam postingan di X.

    Organisasi Internasional untuk Migrasi menyatakan “mendukung pemerintah daerah dalam upaya pencarian dan penyelamatan”.

    Juru bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi, Yvonne Ndege, mengatakan korban jiwa termasuk anak-anak dan seorang bayi. Namun ia tak memberikan rincian lebih lanjut.

    Melalui akun X-nya, Duta Besar Ethiopia untuk Djibouti, Berhanu Tsegaye, mengatakan kapal tersebut membawa migran Ethiopia dari Yaman ketika tenggelam pada Senin (22/4) malam di lepas pantai Godoria di timur laut Djibouti.

    Lihat juga Video: Tabrak Karang, Kapal Ikan Kandas di Nusa Penida Bali

    (isa/isa)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Diserang Houthi, Kapal Kargo Inggris Terancam Tenggelam

    Diserang Houthi, Kapal Kargo Inggris Terancam Tenggelam

    Sanaa

    Kelompok Houthi mengklaim pasukannya menyerang sebuah kapal kargo Rubymar, yang berbendera Belize dan terdaftar di Inggris, di perairan Teluk Aden. Houthi menyebut serangan itu memicu kerusakan parah pada kapal dan membuat kapal itu terancam tenggelam.

    Seperti dilansir Reuters, Selasa (20/2/2024), juru bicara militer Houthi, Yahya Sarea, dalam pernyataannya menyebut kapal kargo itu berhenti total dan berisiko tenggelam di Teluk Aden. Namun Sarea juga menyatakan bahwa para awak kapal itu selamat.

    “Kapal itu terkena serangan serius yang menyebabkannya berhenti total. Akibatnya, kerusakan parah dialami kapal tersebut, kini kapal itu berisiko tenggelam di Teluk Aden,” sebut Sarea dalam pernyataannya.

    Perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey, dalam pernyataan terpisah menyebut kapal kargo berbendera Belize, yang terdaftar di Inggris dan dioperasikan oleh Lebanon itu diserang di Selat Bab al-Mandab, lepas pantai Yaman, pada Minggu (18/2) waktu setempat.

    Menurut Ambrey, kapal kargo itu sedang berlayar menuju utara dalam perjalanan dari Khor Fakkan di Uni Emirat Arab, menuju ke Varna, Bulgaria, ketika serangan terjadi.

    “Kapal yang bermuatan sebagian itu melambat sebentar dari 10 knot menjadi 6 knot dan menyimpang jalurnya, dan menghubungi Angkatan Laut Djibouti, sebelum kembali ke jalur dan kecepatan sebelumnya,” sebut Ambrey dalam laporannya.

    Sementara Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) menyatakan pihaknya menerima laporan soal insiden di perairan berjalan 35 mil sebelah selatan Al Mukha, sebuah kota di pantai Laut Merah, Yaman, dan bahwa ledakan yang terjadi di dekat kapal itu mengakibatkan kerusakan.

    UKMTO melaporkan bahwa awak-awak kapal itu telah meninggalkan sebuah kapal di lepas pantai Yaman setelah terjadi ledakan — yang tampaknya merupakan insiden yang sama dengan yang dilaporkan Ambrey.

    “Otoritas militer melaporkan bahwa para awak telah meninggalkan kapal tersebut,” demikian pernyataan yang dirilis UKMTO pada Senin (19/2) waktu setempat.

    Disebutkan juga bahwa kapal itu kini sedang berlabuh dan semua awaknya selamat.

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Houthi Tembakkan Rudal Balistik ke Kapal Kargo Milik AS

    Houthi Tembakkan Rudal Balistik ke Kapal Kargo Milik AS

    Jakarta

    Pemberontak Houthi di Yaman menyerang sebuah kapal kargo milik Amerika Serikat (AS) dengan sebuah rudal. Hal ini meningkatkan kekhawatiran bagi wilayah yang bergejolak tersebut setelah serangan berulang kali terhadap kapal yang memicu serangan AS dan Inggris.

    Dilansir AFP, Selasa (16/1), setelah serangan Barat terhadap sejumlah sasaran pada Jumat (12/1) lalu, kelompok Houthi mengatakan mereka tidak akan tergoyahkan dan menyatakan bahwa kepentingan AS dan Inggris adalah target yang sah.

    Kapal kargo Gibraltar Eagle yang berbendera Kepulauan Marshall mengalami kebakaran, tetapi tidak ada korban jiwa dan tetap layak berlayar, kata Komando Pusat AS, setelah serangan terbaru dalam beberapa hari terakhir.

    “Militan Houthi yang didukung Iran menembakkan rudal balistik anti-kapal dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi dan menyerang M/V Gibraltar Eagle,” tulisnya di akun media sosial X.

    “Kapal tersebut melaporkan tidak ada korban luka atau kerusakan signifikan dan terus melanjutkan perjalanannya,” tambah CENTCOM, yang mengarahkan operasi militer AS di wilayah tersebut.

    Juru bicara militer Houthi Yahya Saree kemudian mengatakan pemberontak “melakukan operasi militer yang menargetkan kapal Amerika” di Teluk Aden dengan menggunakan “sejumlah rudal angkatan laut yang sesuai”.

    Sumber militer Houthi dan pemerintah Yaman mengatakan bahwa pemberontak menembakkan tiga rudal pada Senin (15/1). Sebuah rudal balistik anti-kapal yang diluncurkan sebelumnya menuju jalur pelayaran di Laut Merah Selatan gagal dalam penerbangan dan jatuh di darat, kata CENTCOM.

    Serangan-serangan yang dilakukan dan terhadap kelompok Houthi, yang merupakan bagian dari “poros perlawanan” kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran, telah meningkatkan kekhawatiran akan meluasnya kekerasan di wilayah tersebut akibat perang Gaza.

    Kelompok Houthi mengatakan serangan mereka terhadap kapal-kapal di Laut Merah merupakan bentuk solidaritas terhadap Gaza, yang didukung Iran telah berperang dengan Israel selama lebih dari tiga bulan.

    Sekitar 12% perdagangan global biasanya melewati Selat Bab al-Mandeb, pintu masuk Laut Merah antara Barat Daya Yaman dan Djibouti, namun serangan pemberontak telah menyebabkan banyak pengiriman dialihkan ribuan mil ke seluruh Afrika.

    Departemen Transportasi AS merekomendasikan agar kapal komersial yang terkait dengan AS tidak memasuki Laut Merah bagian Selatan, dan memperingatkan risiko tingkat tinggi dari potensi serangan balasan.

    (rfs/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini