Jakarta (ANTARA) – Di tengah gencarnya pembangunan jaringan kereta cepat di China, yang dikenal sebagai salah satu yang paling maju di dunia, masih ada kereta-kereta berkecepatan rendah yang setia melintas di jalur pedesaan.
Kereta ini, yang akrab disebut sebagai kereta lambat (slow train), tetap dipertahankan oleh pemerintah sebagai sarana penting bagi masyarakat di daerah terpencil.
Kereta lambat berbeda dengan kereta cepat yang mengutamakan efisiensi dan modernitas.
Fungsinya lebih dekat dengan kebutuhan rakyat kecil, yakni menyediakan akses transportasi murah dan stabil bagi petani, pelajar, serta pedagang desa.
Bagi masyarakat pedesaan, kereta lambat bukan hanya sarana bepergian, melainkan juga “jalur distribusi hasil alam.”
Petani memanfaatkan gerbong kereta untuk membawa sayuran segar, buah-buahan, hasil hutan, maupun ternak kecil menuju pasar kota.
Dengan tarif tiket yang sangat terjangkau, bahkan hanya beberapa yuan atau sekitar Rp20.000 saja, kereta lambat menjadi solusi transportasi yang tidak membebani perekonomian warga.
Di berbagai wilayah pegunungan dan perbatasan di China, seperti Guizhou, Sichuan, Yunnan, hingga Xinjiang, kereta lambat menjadi jalur vital yang menghubungkan desa-desa terpencil dengan pusat kota. ANTARA/Xinhua
“Kami tiba di sini dengan kereta, kereta lambat. Kami menikmati kebijakan yang menguntungkan karena kami dapat menjual produk kami di sini tanpa biaya tambahan. Dan produk-produk kami terjual cepat dengan harga yang lebih baik,” kata Zhao Shuying, seorang petani asal Provinsi Yunnan, kepada Xinhua beberapa waktu lalu.
Di Indonesia, yang juga memiliki tantangan geografis luas dan populasi besar di wilayah pedesaan, sejumlah layanan juga diterapkan pemerintah guna memfasilitasi perjalanan dan penghidupan warga di wilayah pedesaan.
Selain fungsi ekonominya, kereta lambat juga memiliki makna sosial.
Di dalam gerbong, warga desa dapat berinteraksi, saling bertukar cerita, hingga menjual hasil panen secara langsung.
Banyak yang menyebutnya sebagai “kereta harapan” karena membantu membuka jalan keluar dari kemiskinan melalui akses yang lebih mudah ke pasar dan peluang kerja di kota.
“Banyak penumpang menggunakan kereta ini, dan sebagian besar adalah pelajar yang menikmati diskon pelajar. Dan para petani dari berbagai desa dan kota di sepanjang rute kereta juga menaiki kereta ini menuju kota-kota tetangga untuk menjual hasil pertanian mereka yang segar guna menambah pendapatan. Setelah bekerja di rute ini selama lebih dari 10 tahun, saya merasa kereta ini membawa aspirasi masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik,” tutur Yuan Qizhen, kondektur Kereta No. 5652, salah satu kereta lambat yang beroperasi dari Kunming di Provinsi Yunnan, China barat daya, menuju Liupanshui di Provinsi Guizhou.
Di berbagai wilayah pegunungan dan perbatasan di China, seperti Guizhou, Sichuan, Yunnan, hingga Xinjiang, kereta lambat menjadi jalur vital yang menghubungkan desa-desa terpencil dengan pusat kota. ANTARA/Xinhua
Di Indonesia, yang juga memiliki tantangan geografis luas dan populasi besar di wilayah perdesaan, sejumlah layanan juga diterapkan pemerintah guna memfasilitasi perjalanan dan penghidupan warga di wilayah perdesaan.
Ada beberapa perbedaan mencolok tentang kereta lambat atau dengan tiket lebih murah di China dan Indonesia, salah satu alasan muncul dari arah pembangunan infrastruktur.
China telah memiliki jaringan kereta cepat terbesar di dunia. Di tengah modernisasi tersebut, pemerintah tetap mempertahankan kereta lambat sebagai strategi keberlanjutan sosial agar tidak ada wilayah yang tertinggal.
Kereta lambat di China juga menjadi sarana penting dalam pariwisata pedesaan, di mana wisatawan yang sudah kelelahan dengan pola “hidup tergesa-gesa” dapat menikmati waktu luang secara perlahan dengan kereta lambat, yang juga mengingatkan pada memori masa lalu mereka.
Sementara itu, Indonesia masih berada di fase memperluas jaringan rel nasional. KA Perintis dan kereta khusus petani-pedagang berfungsi sebagai alat pembuka wilayah baru, bukan pelengkap layanan modern.
Salah satu contohnya adalah kereta api (KA) Perintis yang tarifnya terjangkau berkat subsidi dari pemerintah.
KA Perintis mendukung akses transportasi di wilayah-wilayah yang belum terlayani optimal. Layanan ini telah beroperasi di lima wilayah di Indonesia yang tersebar di pulau Jawa, Sumatra, hingga Sulawesi.
Terdapat juga layanan Kereta Penumpang Kelas Ekonomi (K3) Khusus Petani-Pedagang yang rencananya diluncurkan pada November ini.
ANTARA/Xinhua
Namun, baik China maupun Indonesia memiliki titik kesamaan penting, yakni kereta lambat atau kereta khusus merupakan bagian dari upaya negara untuk memastikan bahwa akses transportasi tidak hanya tersedia bagi masyarakat kota, tetapi juga bagi warga yang tinggal di daerah terpencil.
Ke depannya, pendekatan China dapat menjadi inspirasi bagi Indonesia, terutama dalam mengoptimalkan kereta sebagai sarana pendukung distribusi hasil pertanian dan penguatan ekonomi desa.
Dengan meningkatnya fokus pada pemerataan pembangunan dan transformasi logistik nasional, kemungkinan peran kereta lambat sebagai penghubung pasar dan bukan sekadar kendaraan bisa semakin relevan.
Di tengah perubahan zaman, kereta lambat di China menunjukkan bahwa kemajuan tidak selalu berarti meninggalkan yang lama.
Sebaliknya, inovasi dapat berjalan berdampingan dengan pelayanan publik yang menjaga akses dan kesejahteraan masyarakat paling jauh dari pusat kota.
Untuk Indonesia, cerita ini membuka ruang refleksi, yakni bahwa transportasi bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga tentang akses, keberlanjutan sosial, dan siapa yang benar-benar mendapatkan manfaat dari kemajuan tersebut.
Pewarta: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2025
Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.
