TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah mempersiapkan layanan LRT Jabodebek untuk periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.
Selama periode tersebut, yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI akan mengoperasikan total 5.598 perjalanan LRT Jabodebek.
Diketahui, jumlah perjalanan LRT Jabodebek pada tahun ini meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu.
KAI menargetkan untuk melayani sebanyak 929.428 pengguna selama periode Nataru, yang menunjukkan peningkatan sekitar 45 persen dibandingkan capaian Nataru 2023 dengan 638.690 pengguna.
Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, menyatakan bahwa peningkatan ini sejalan dengan bertambahnya minat masyarakat terhadap LRT Jabodebek serta penambahan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan transportasi.
Persiapan dan Fasilitas
Untuk mendukung operasional tersebut, KAI menyiapkan 1.221 petugas yang akan tersebar di seluruh stasiun dan kereta.
Petugas tersebut terdiri dari Train Attendant, Ticketing Officer, Passenger Officer, Station Officer, dan Petugas Kebersihan.
KAI juga telah menyediakan berbagai fasilitas di setiap stasiun, seperti toilet, musola, lift, eskalator, ruang menyusui, dan akses ramah disabilitas.
Di Stasiun Cawang, terdapat area bermain anak untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan keluarga.
Kemudian, bagi pengguna yang ingin membawa sepeda ukuran standar, KAI mengizinkan untuk membawa sepeda tersebut pada akhir pekan dan hari libur nasional.
Inspeksi dan Keamanan
KAI telah menjalani rampcheck (inspeksi kelaikan) oleh Direktorat Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada 9-13 Desember 2024 untuk memastikan seluruh sarana LRT Jabodebek siap beroperasi dengan standar keselamatan yang tinggi.
Ini bertujuan untuk memastikan seluruh armada beroperasi dengan kondisi terbaik demi kenyamanan dan keselamatan pengguna selama Nataru.
Fasilitas Pengering Payung di Stasiun LRT Jabodebek (https://www.kai.id/)
Mengingat masa Nataru bertepatan dengan musim hujan, KAI mengimbau pengguna untuk lebih berhati-hati selama perjalanan.
Untuk kenyamanan, fasilitas pengering payung juga disediakan di stasiun.
“Selama masa Nataru, kami ingin memastikan bahwa setiap perjalanan pengguna berlangsung lancar, aman, dan nyaman. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan LRT Jabodebek dan merencanakan perjalanan dengan baik,” tambah Mahendro.
Dengan berbagai persiapan tersebut, KAI berharap dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat selama periode Nataru 2024/2025.
Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).