Liputan6.com, Jakarta – Pengguna TikTok di Indonesia makin aktif menggunakan platform hiburan online TikTok. Berdasarkan data dari TikTok Shop by Tokopedia, pada awal Ramadan 2025, live streaming melalui fitur TikTok Live telah disaksikan lebih dari 2 miliar kali.
Live streaming TikTok tersebut menampilkan berbagai hal, termasuk produk-produk yang dijual oleh toko dan seller di TikTok Shop. Data yang sama mengungkap, ada sejumlah produk paling laris di TikTok Shop by Tokopedia yang terjual melalui live streaming.
Produk yang dimaksud meliputi baju muslim wanita, parfum, skincare, make up, hingga hampers untuk merayakan lebaran.
Paparan dari Communications Director TikTok Indonesia, Anggini Setiawan mengungkapkan, ada 72 juta short video yang diunggah di TikTok oleh kreator dan penjual, seminggu Ramadan 2025. Sekadar informasi, saat ini TikTok Indonesia memiliki 135 juta pengguna aktif bulanan.
“Partisipasi pengguna meningkat drastis dibandingkan tahun lalu, di mana ada jutaan short video yang diunggah ke TikTok sepanjang Ramadan 2024,” kata Anggini dalam sebuah diskusi bersama media, dalam Buka Puasa Bersama TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop by Tokopedia, Senin (17/3/2025).
Anggini mengungkap, peningkatan drastis dari jumlah video yang dibagikan ke platform TikTok itu lantaran TikTok menerapkan rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas daring yang kuat.
Adapun dari 72 juta video yang dibagikan kreator TikTok di awal Ramadan, jenisnya beragam. Mulai dari resep takjil, ide dekorasi rumah untuk hari raya, tips tampil gaya saat Ramadan, hingga rekomendasi tontonan untuk ngabuburit.
Hampir sebulan setelah TikTok dilarang di Amerika Serikat, aplikasi video pendek besutan ByteDance ini kembali ke toko aplikasi App Store untuk iPhone dan perangkat Apple lainnya.