Jakarta, Beritasatu.com – Penumpang kereta cepat Whoosh meningkat tajam selama libur panjang akhir pekan serta Isra Mikraj dan Imlek 2025. Penjualan tiket Whoosh untuk periode 24 sampai 29 Januari 2025, telah mencapai 85.000.
KCIC mencatatkan sebanyak 44.500 penumpang telah diberangkatkan Whoosh sejak Jumat (24/1/2025) hingga Sabtu (25/1/2025), atau rata-rata 22.000 penumpang per hari. Jumlah ini naik 24% jika dibandingkan hari biasa yang berkisar di 17.000 penumpang per hari.
Sebagian besar penumpang yang diberangkatkan pada Sabtu (25/1/2025), berasal dari Stasiun Halim dengan total 14.000 penumpang, diikuti Stasiun Padalarang sebanyak 6.000 penumpang, 2.000 penumpang dari Stasiun Tegalluar Summarecon, dan 400 penumpang dari Stasiun Karawang.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan 85.000 tiket terjual untuk periode libur panjang Isra Mikraj-Imlek 24 sampai 29 Januari 2025.
Dari angka tersebut, 44.000 tiket merupakan penumpang yang sudah diberangkatkan pada 24 sampai 25 Januari, dan 41.000 sisanya merupakan jumlah tiket yang dijadwalkan untuk melakukan perjalanan pada 26 sampai 29 Januari.
Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah, seiring dengan antusiasme masyarakat yang memanfaatkan libur panjang ini untuk bepergian menggunakan Whoosh.
“Puncak perjalanan sejauh ini terjadi pada 25 Januari, dengan 22.000 penumpang di mana seluruh tiket dari 24 perjalanan Whoosh keberangkatan Stasiun Halim tujuan Karawang, Padalarang dan Tegalluar Summarecon telah habis terjual,” ujar Eva, Minggu (26/1/2025).
Untuk keberangkatan hari ini, tiket yang sudah terjual sampai dengan siang hari sudah mencapai 17.000. Diprediksi volume penumpang masih akan mencapai lebih dari 20.000 per hari hingga perjalanan Whoosh terakhir.
Untuk memberikan pengalaman perjalanan yang semakin nyaman dan berkesan, KCIC terus meningkatkan pelayanan di stasiun-stasiun Whoosh.
Beberapa inisiatif baru yang dihadirkan meliputi penambahan tenant baru di stasiun Halim dan Padalarang. Beragam tenant baru, termasuk kuliner, retail, UMKM, kini hadir di berbagai stasiun Whoosh untuk memenuhi kebutuhan penumpang.
KCIC juga menyediakan area bermain yang aman dan nyaman bagi penumpang cilik yang ingin menghabiskan waktu sambil menunggu waktu keberangkatan Whoosh. Berbagai hiburan tematik juga disiapkan untuk menciptakan suasana stasiun yang lebih nyaman di momen liburan kali ini.
Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, KCIC juga menyiagakan 50 petugas passenger service mobile yang siap membantu penumpang di berbagai area stasiun untuk memberikan informasi dan pelayanan langsung.
Banyaknya penumpang baru yang ingin menggunakan Whoosh di masa libur panjang kali ini, membuat KCIC melakukan penambahan petugas untuk melayani berbagai kebutuhan informasi penumpang.
Eva menyampaikan lonjakan jumlah penumpang ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Whoosh sebagai pilihan transportasi modern.