Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the acf domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/xcloud.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 6121
Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 54 55 56 57 58 59 Subtema 2 Pembelajaran 1 Iklan – Xcloud.id
Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 54 55 56 57 58 59 Subtema 2 Pembelajaran 1 Iklan

Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 54 55 56 57 58 59 Subtema 2 Pembelajaran 1 Iklan

Kunci Jawaban Buku Tematik 9 Kelas 5 SD Halaman 54 55 56 57 58 59 Subtema 2 Pembelajaran 1 Media Iklan

TRIBUNJATENG.COM – Berikut kunci jawaban tema 9 Kelas 5 SD halaman 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi.

Kunci jawaban ini bisa digunakan orangtua untuk mengoreksi jawaban anak.

Namun itu yang perlu dipahami adalah beberapa soal adalah pertanyaan terbuka.

Artinya, siswa bisa mempunyai jawaban berbeda dengan yang ada di kunci jawaban ini.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 1   halaman 54, 55, 56, 57, 58, 59, 60, 61, 62, 63, 64, 65 dan 66 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Halaman 54

Pada Minggu siang Lani asyik menonton televisi. Di televisi ada iklan sirop.

Lani terpengaruh iklan sirop di televisi. Lani ingin membuat es sirop.

Lani kemudian meminta ibu untuk mengajarkan cara membuat es sirop.

Saat hendak membuat es sirop, ternyata gula di dapur habis. Ibu lalu meminta Lani membeli gula di warung.

Dengan senang hati, Lani membeli gula ke warung. Setelah membeli gula, Lani dan ibunya melanjutkan membuat es sirop.

Dalam larutan sirop terdapat dua penyusun larutan, yaitu air dan gula. Oleh karena itu, sirop termasuk zat campuran.

Air dan gula sebagai penyusun larutan sirop merupakan zat tunggal.

Itulah contoh zat tunggal dan zat campuran. Bagaimanakah perbedaan antara zat tunggal dan zat campuran?

Temukan jawabannya pada uraian materi berikut.

Halaman 55

Lani telah terpengaruh iklan dari televisi, yaitu iklan sirop. Iklan yang ditayangkan melalui televisi merupakan salah satu contoh iklan elektronik.

Mengapa demikian? Alasannya televisi merupakan salah satu media elektronik.

Adapun yang dimaksud iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik.

Apa saja bentuk iklan elektronik itu?

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari saat ini.

Ketiga jenis iklan tersebut adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

Bagaimanakah karakteristik ketiga iklan elektronik tersebut? Ayo baca satu per satu uraian singkat berikut.

1. Iklan Radio

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya.

Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

2. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar.

Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

3. Iklan Internet

Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar.

Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.

Halaman 57

Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut.

1. Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan.

Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara.

Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario. Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.

Iklan Pewangi Ruangan

Efek suara     : (suara lalat )

Anak Perempuan : Mama kamar adik banyak lalat.

Mama : Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik.

Anak Perempuan : Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya.

Mama : Tenang, mama punya antinya.

Efek suara     : (Suara semprotan nyamuk)

Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Ma.

Mama : Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap langsung KO.

Musik : Gitar klasik bernuansa ceria UP-IN-DOWN.

Narasi : Ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung hilang.

Musik : (down-Out)

Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas?

Jawaban:

Berdasarkan naskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan untuk menggunakan Segar Wangi, pengharum ruangan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.

2. Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah).

Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.

Halaman 58

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahuiisi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi.

Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

3. Paparan Iklan Melalui Internet

Itulah salah satu contoh iklan yang dipaparkan melalui internet. Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner.

Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.

Isi iklan internet tersebut adalah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan adalah mi instan dengan merk Yumi Mie.

Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman.

Yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Merangkum Semua Peristiwa