Kunci Jawaban Buku Tematik 6 Kelas 5 SD Halaman 122 123 124 125 Subtema 2 Perpindahan Panas
TRIBUNJATENG.COM – Berikut kunci jawaban tema 6 Kelas 5 SD halaman 122 123 124 125 subtema 2 pembelajaran 5 tentang perpindahan kalor di sekitar kita.
Kunci jawaban ini bisa digunakan orangtua untuk mengoreksi jawaban anak.
Namun itu yang perlu dipahami adalah beberapa soal adalah pertanyaan terbuka.
Artinya, siswa bisa mempunyai jawaban berbeda dengan yang ada di kunci jawaban ini.
Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD / MI Subtema 2 pembelajaran 5 halaman 122 123 124 125 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:
Halaman 122
Nyalakan lilin dengan menggunakan korek api yang telah disiapkan. Dekatkan tanganmu ke nyala api pada jarak 2 cm, gunakan penggaris untuk mengukur jarak (hati-hati jangan sampai menyentuh api). Apa yang kamu rasakan dan catatlah! Pindahkan tanganmu pada jarak 4 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah! Pindahkan tanganmu pada jarak 8 cm dari nyala api. Apa yang kamu rasakan? Catatlah!Pertanyaan :
1. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?
Jawaban : Saya merasakan ketika mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm adalah tangan terasa panas.
2. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api 4 cm?
Jawaban : Saya merasakan ketika mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 4 cm adalah tangan terasa hangat.
3. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm?
Jawaban : Saya merasakan ketika mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm adalah tangan terasa agak hangat.
4. Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan?
Jawaban : Panasnya nyala api ini bisa saya rasakan karena terjadinya perpindahan panas dari sumber api.
5. Apakah nama perpindahan panas yang terjadi pada percobaan di atas?
Jawaban : Nama perpindahan panas yang terjadi pada percobaan di atas adalah radiasi.
6. Sebutkan 3 contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita!
Jawaban : Tiga contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita adalah panas matahari terasa sampai ke bumi dengan melalui ruang hampa, proses penetasan telur dengan menggunakan lampu dan pakaian yang menjadi kering saat dijemur di bawah terik matahari.
Halaman 123
Jawaban :
Kesimpulan Apa kesimpulan dari percobaan yang kamu lakukan?
Kalor dapat berpindah ke obyek/tempat lain tanpa memakai perantara. Perpindahan kalor tersebut dinamakan dengan perpindahan kalor secara radiasi. Semakin jauh jarak dari sumber kalor, maka efek/akibat dari kalor tersebut makin sedikit.
Halaman 124-125
Ayo Berlatih
Ingat dengan beberapa macam pola lantai yang digunakan penari dari beberapa daerah?
Pelajari kembali contoh pola lantai tersebut.
Cobalah untuk membedakan pola lantai tersebut berdasarkan jenis tari tunggal atau berkelompak dan ukuran tarian.
Apakah ditarikan dalam kelompok kecil atau kolosal yang melibatkan lebih banyak orang? Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang.
Pilihlah sebuah tari daerahmu yang paling kamu tahu. Pelajari pola lantai yang digunakan pada tari tersebut. Apakah semua pola lantai yang kamu ketahui ada pada tari tersebut? Perhatikanlah kembali gerakan-gerakan tari pada pola lantai tertentu. Ubahlah pola lantai pada beberapa gerakan tari dengan pola lantai yang mungkin belum ada sebelumnya. Kamu juga dapat mengubah urutan pola lantai pada tari tersebut. Cobalah pola lantai yang telah kamu ubah pada tari tersebut. Perhatikan apakah pola tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan atau sesuai dengan rencana awalmu. Jika pola lantai tersebut kamu anggap tidak cukup baik diterapkan pada tari tersebut, kamu dapat melakukan perubahan kembali. Demikian seterusnya hingga kamu dapat mencoba semua pola lantai yang kamu modifikasi dari tari tersebut. Tunjukkan pola lantai yang telah kamu kembangkan pada tari daerah pilihanmu di depan kelas.Jawaban pertanyaan ini sendiri sesuai dengan yang kamu dapatkan
*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.