Kementrian Lembaga: Kementerian Perhubungan

  • Menko AHY mitigasi risiko hambat pembangunan infrastruktur

    Menko AHY mitigasi risiko hambat pembangunan infrastruktur

    Kami ingin mengawal dan memperbaiki kinerja pembangunan di berbagai sektor

    Denpasar (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (Menko Infra) Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) memitigasi sejumlah risiko yang berpotensi menghambat pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah di tanah air.

    “Kami ingin mengawal dan memperbaiki kinerja pembangunan di berbagai sektor,” kata Menko Infra Agus Harimukti Yudhoyono di sela forum manajemen risiko pembangunan nasional di Sanur, Denpasar, Bali, Senin.

    Ia mengungkapkan sejumlah risiko yang berpotensi menghambat pembangunan nasional itu di antaranya risiko konstruksi, sosial, hukum dan sejumlah tantangan lainnya di antaranya ketersediaan lahan, target waktu hingga terkait perencanaan yang kurang matang.

    “Anggaran yang bisa membengkak kalau feasibility study (studi kelayakan/FS) tidak lengkap, belum lagi kalau ada kebocoran termasuk inefisiensi karena sejak awal kurang terintegrasi,” imbuhnya.

    AHY juga menekankan agar proyek infrastrukkur vital yang dibutuhkan masyarakat dengan anggaran besar dapat rampung sesuai sasaran misalnya proyek bandara, dermaga hingga waduk yang penting untuk pertanian.

    Untuk itu, sebagai menteri koordinator yang mengkoordinasi lima kementerian teknis akan lebih serius memberikan panduan dan mengawal untuk memastikan proyek pembangunan berjalan mulus.

    Ada pun lima kementerian teknis yang berada di bawah kementeriannya yakni Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kementerian Transmigrasi dan Kementerian Perhubungan.

    Tak hanya pemerintah pusat, ia juga mengharapkan sinergi dari pemerintah daerah agar pembangunan tepat sasaran, memberi manfaat kepada masyarakat dan mendukung target pertumbuhan ekonomi delapan persen.

    “Jangan lagi ada proyek infrastruktur besar apalagi yang memakan anggaran yang juga tidak sedikit kemudian setelah jadi megah, tapi tidak optimal karena penggunaannya tidak sebanyak yang diharapkan,” imbuhnya.

    Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Kemenhub Siapkan Alternatif Angkutan Laut untuk Lanjutkan Mobilitas di NTT

    Dampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Kemenhub Siapkan Alternatif Angkutan Laut untuk Lanjutkan Mobilitas di NTT

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (10/11/2024) menyebabkan penghentian sementara operasional beberapa bandara dan penerbangan di sekitar wilayah erupsi.

    Untuk mengatasi dampak tersebut, Kementerian Perhubungan bersama pemangku kepentingan terkait tengah mencari solusi alternatif guna mendukung angkutan orang dan barang, salah satunya melalui angkutan laut.

    “Selama beberapa bandara dan penerbangan berhenti sementara, angkutan laut menjadi alternatif dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Budi Rahardjo, dalam keterangan resmi pada Senin (11/11/2024).

    Budi menjelaskan bahwa hingga saat ini, pengoperasian bandara masih disesuaikan dengan situasi abu vulkanik erupsi. Berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati sekitar ±1.500 meter di atas puncak gunung (±3.084 meter di atas permukaan laut), dengan arah angin yang mengarah ke utara. Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 14,8 mm dan durasi sekitar 2 menit 15 detik.

    Berdasarkan pengumuman Airnav Indonesia, terdapat beberapa bandara yang terdampak erupsi. Bandara yang masih beroperasi, antara lain Bandara Gewayantana Larantuka, Bandara Wunopito Lewoleba, Bandara Tambolaka, serta Waingapu. Sedangkan bandara yang tutup antara lain Bandara Internasional Komodo, Bandara Fransiskus Xaverius Seda, Bandara H. Hasan Ende, Bandara Soa, serta Bandara Frans Sales Lega.

    Untuk mengatasi gangguan ini, selain angkutan laut, juga sedang dibahas alternatif lainnya, seperti penambahan frekuensi penerbangan di bandara yang tidak terdampak erupsi. KM Egon, yang sebelumnya melayani rute Waingapu-Lembar, telah melakukan penyesuaian rute menjadi Labuan Bajo-Lembar. Kapal yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan Lembar pada Senin pukul 18.00 Wita tersebut akan mengangkut 100 wisatawan yang ada di Labuan Bajo.

    Kapal RoRo Dharma Lautan yang bersandar di Labuan Bajo pada 11 dan 12 November 2024 akan diberikan dispensasi jumlah penumpang, disesuaikan dengan jumlah alat keselamatan yang tersedia. Selain itu, kapal cepat juga dikerahkan melayani rute Labuan Bajo-Sape, yang akan diarahkan menuju Bandara Bima atau Lembar yang tidak terdampak erupsi.

    Untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi selama evakuasi, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Surabaya diminta untuk memberangkatkan kapal patroli KNP Chundamani menuju Bali, dengan estimasi perjalanan selama 30 jam menuju Labuan Bajo.

    Sebagai langkah pengamanan tambahan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Labuan Bajo juga membuka Posko Kesiapan Transportasi Laut di terminal penumpang dan mengeluarkan Notice to Marine (NTM) Keselamatan serta melakukan siaran informasi melalui stasiun radio pantai (SROP) setiap 4 jam untuk memastikan kelancaran transportasi laut di wilayah terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki..

  • Erupsi Gunung Lewotobi, Kemenhub Sediakan Alternatif Angkutan Laut

    Erupsi Gunung Lewotobi, Kemenhub Sediakan Alternatif Angkutan Laut

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penyesuaian layanan angkutan laut sebagai alternatif angkutan orang dan barang menyusul ditutupnya sejumlah bandara akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Flores Timur, NTT. 

    Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Budi Rahardjo mengatakan Kemenhub bersama pemangku kepentingan terkait terus berupaya mencari alternatif untuk mendukung angkutan orang dan barang, salah satunya melalui angkutan laut.

    “Selama beberapa bandara dan penerbangan berhenti sementara, angkutan laut menjadi alternatif dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan,” kata Budi dalam keterangan resmi, Senin (11/11/2024). 

    Saat ini, telah dilakukan penyesuaian rute pada KM Egon yang reguler melayani rute Waingapu-Lembar menjadi Labuan Bajo-Lembar. Kapal yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan Lembar pada Senin (11/11/2024) pukul 18.00 WITA tersebut mengangkut 100 wisatawan yang ada di Labuan Bajo. 

    Kemudian, kapal RoRo milik Dharma Lautan yang sandar di Labuan Bajo pada 11 dan 12 November 2024 akan diberi dispensasi jumlah penumpang, sesuai banyaknya alat keselamatan yang tersedia. Kapal cepat juga dikerahkan melayani rute Labuan Bajo-Sape, untuk selanjutnya diarahkan menuju Bandara yang tidak terdampak seperti Bima atau Lembar. 

    Tidak hanya itu, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Surabaya juga diminta memberangkatkan kapal patroli KNP.  Chundamani ke Bali pada Senin (11/11/2024) dini hari, dengan estimasi perjalanan 30 jam sampai Labuan Bajo. 

    Kemudian, untuk memperkuat koordinasi, komunikasi, serta sinkronisasi evakuasi, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Labuan Bajo membuka Posko Kesiapan Transportasi Laut di terminal penumpang, serta mengeluarkan Notice to Marine (NTM) Keselamatan dan broadcast melalui stasiun radio pantai (SROP) setiap 4 jam.

    Sementara itu, hingga saat ini pengoperasionalan bandara masih menyesuaikan situasi abu vulkanik erupsi. Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati ±1.500 m di atas puncak (±3.084 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Utara. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 14.8 mm dan durasi sementara ±2 menit 15 detik. 

    Terkait hal tersebut, Per Senin (11/11/2024) pukul 06.12, Airnav Indonesia telah mengeluarkan informasi mengenai bandara-bandara yang buka maupun tutup akibat terdampak di sekitar wilayah erupsi. Bandara yang buka antara lain Bandara Gewayantana Larantuka, Bandara Wunopito Lewoleba, Bandara Tambolaka, serta Waingapu. 

    Adapun, bandara yang tutup antara lain Bandara Komodo, Bandara Fransiskus Xaverius Seda, Bandara H. Hasan Ende, Bandara Soa, serta Bandara Frans Sales Lega.

    Untuk mengatasi hal tersebut, selain dengan angkutan laut, sedang dilakukan pembahasan alternatif lainnya seperti penambahan frekuensi penerbangan di bandara terdekat yang tidak terdampak.

    “Jika hingga Senin penerbangan dari Labuan Bajo belum bisa dilakukan, terbuka kemungkinan untuk kembali melakukan penyesuaian rute KM Egon. Jadi setelah tiba di Lembar, kapal tersebut kembali lagi ke Labuan Bajo,” kata Budi.

  • Bandara Labuan Bajo Ditutup, Pelni Sesuaikan Rute Kapal

    Bandara Labuan Bajo Ditutup, Pelni Sesuaikan Rute Kapal

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) akan melakukan penyesuaian rute kapal penumpang miliknya menyusul ditutupnya Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, akibat letusan Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, NTT. 

    Sekretaris Perusahaan PELNI Evan Eryanto menyebutkan bahwa penyesuaian jadwal kapal dilakukan untuk memberikan bantuan evakuasi bagi wisatawan yang sedianya terbang dari Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo namun batal akibat penutupan aktivitas penerbangan. 

    “Permintaan ini segera kami respon dan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan ijin melakukan penyesuaian rute. KM Egon direncanakan tiba di Labuan Bajo pukul 16.00 dan diberangkatkan pukul 19.00 waktu setempat,” kata Evan dalam keterangan resmi, Minggu (10/11/2024). 

    Evan menjelaskan KM Egon yang sedianya berlayar dari Waingapu menuju Lembar, akan dideviasikan untuk tiba di Labuan Bajo, NTT, Minggu (10/11/2024) waktu setempat. 

    Dari Labuan Bajo, KM Egon akan berlayar dengan tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok Barat dan dijadwalkan tiba Senin (11/11) pukul 18.00 WITA. KM Egon sendiri merupakan kapal tipe RoRo dengan kapasitas angkut 500 orang dan 85 unit kendaraan roda empat. Rute regular KM Egon sendiri antara lain Surabaya – Batulicin – Pare Pare – Bontang – Pare Pare – Batulicin – Surabaya – Lembar – Waingapu (PP). 

    “Kami menyampaikan permohonan maaf kepada calon penumpang yang terganggu akibat penyesuaian ini. Semoga imbas letusan Gunung Lewotobi dapat segera berlalu dan masyarakat dapat segera beraktivitas seperti sedia kala,” tambah Evan. 

    Seperti yang diketahui, sejumlah Bandara ditutup dan penerbangan dibatalkan imbas erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Flores, NTT. Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki yang memicu penerbitan NOTAM (Notice to Airmen) dari AirNav Indonesia terkait penutupan sementara beberapa bandara di wilayah terdampak.

    Adapun sejumlah bandara yang sementara ditutup meliputi Bandar Udara Bajawa, Bandar Udara Haji Hasan Aroeboesman, Ende, Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Bandar Udara Frans Seda, Maumere, Bandar Udara Frans Lega, Ruteng. 

    Penutupan sementara bandara dan pembatalan penerbangan ini dilakukan sebagai langkah antisipatif guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan di sekitar wilayah terdampak erupsi.

  • 2 Perusahaan Logistik Ini Gandengan Perkuat Jaringan Distribusi – Page 3

    2 Perusahaan Logistik Ini Gandengan Perkuat Jaringan Distribusi – Page 3

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginginkan biaya logistik di Indonesia semakin rendah. Harapannya, hal itu meringankan masyarakat.

    Dia mencatat, biaya logistik saat ini menjadi salah satu tantangan dalam pertumbuhan ekonomi. Utamanya pada sektor transportasi yang cukup menjadi beban bagi masyarakat.

    Hal tersebut dibahas AHY bersama dengan Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi. Biaya logistik ini jadi perhatian penting untuk diatasi keduanya.

    “Cost of logistics ini juga sering menjadi tantangan, kita tidak ingin biaya pembangunan itu besar sekali kontribusi, besar sekali yang menjadi beban transportasinya, kita harus kurangi,” kata AHY di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (30/10/2024).

    Melalui penurunan biaya logistik, dia menargetkan persentase dalam pembentukan biaya nantinya bisa semakin kecil. Bisa dibilang, biaya produksi akan ikut semakin rendah, serta berpengaruh pada harga produk nantinya.

    “Sehingga prosentase antara biaya logistik atau transportasi logistik tadi bisa ditekan lebih baik,” ucapnya.

    AHY menegaskan, penurunan biaya logistik bisa membuka ruang keuntungan yang lebih besar bagi masyarakat. Pada saat yang sama, ada manfaat yang juga lebih luas.

    “Sehingga keuntungan atau manfaat ekonomi-nya bisa lebih besar dirasakan oleh masyarakat dan daerah,” kata dia.

    Cari Cara Turunkan Biaya LogistikSebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi kantor Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi guna membahas biaya logistik di Indonesia. Dia melihat perlu upaya lebih lanjut untuk membuat biaya logistik dalam negeri semakin murah.

    Menurut dia, penurunan biaya logistik di sektor transportasi untuk mendukung program swasembada pangan, energi dan hilirisasi yang menjadi program utama Presiden Prabowo Subianto.

  • KPU antisipasi distribusi logistik ke daerah rawan bencana

    KPU antisipasi distribusi logistik ke daerah rawan bencana

    Batu, Malang (ANTARA) – Anggota Komisi Pemilihan Umum RI Yulianto Sudradjat mengatakan lembaganya telah memetakan titik-titik rawan bencana sehingga distribusi logistik Pilkada Serentak 2024 harus melalui jalur udara dan laut.

    “Ini sudah kami lakukan pemetaan jalur distribusinya karena distribusi ini kan juga berjenjang, dari KPU kemudian ke PPK di kecamatan, kemudian ke PPS di tingkat desa-kelurahan, kemudian H-1 PPS mengirim ke seluruh TPS,” kata Yulianto saat ditemui awak media di Kantor KPU Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

    Dia menjelaskan KPU menggunakan moda transportasi darat, laut, hingga udara untuk memastikan pendistribusian logistik Pilkada Serentak 2024 tiba sampai tempat tujuan sebelum hari pemungutan suara pada 27 November 2024.

    “Kemudian yang terpencil, yang jauh-jauh juga bekerja sama dengan TNI, dengan Polri, Kementerian Perhubungan yang mempunyai armada yang sangat tangguh,” ujarnya.

    Baca juga: KPU targetkan logistik pilkada tiba di TPS pada hari pemungutan suara

    Yulianto mencontohkan untuk daerah-daerah seperti Papua, KPU membutuhkan helikopter untuk mendistribusikan logistik. Begitupun dengan daerah-daerah kepulauan, distribusi logistik menggunakan speedboat dan kapal laut.

    “Untuk menembus daerah-daerah pedalaman, kami kadang di Papua butuh helikopter, di daerah-daerah kepulauan kami butuh speedboat, itu sudah terlaksana juga waktu pemilu serentak 2024,” jelas Yulianto.

    Sebelumnya, Kamis (7/11), Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin memastikan kesiapan Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang sudah mencapai 99 persen.

    “Saya ingin memastikan bahwa persiapan pilkada sudah 99 persen,” kata Afifuddin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

    Baca juga: KPU: Tahap kedua distribusi logistik pemilu capai 98,63 persen

    Dia menyebutkan KPU telah menyiapkan seluruh logistik pilkada. Bahkan, pada hari ini secara serentak KPU se-Indonesia melaksanakan pelantikan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

    Namun, dia mengakui masih ada beberapa wilayah yang belum terjangkau karena lokasinya terlalu jauh. “Tapi insyaallah, nanti pada hari H-nya, seluruh persiapan yang sudah kita laksanakan,” ujarnya.

    Pilkada 2024 akan digelar serentak di 545 daerah. Sebanyak 1.557 pasangan calon akan berkontestasi memperebutkan kursi kepala dan wakil kepala daerah, dengan 37 daerah di antaranya hanya diikuti calon tunggal.

    Baca juga: KPU: Pelaksanaan debat lebih banyak yang kondusif daripada ricuh
    Baca juga: KPU: Pilkada ulang direncanakan pada September 2025

    Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
    Editor: Didik Kusbiantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tambah Lagi Produsen Rakit Bus Listrik di Indonesia, Gandeng Karoseri Lokal

    Tambah Lagi Produsen Rakit Bus Listrik di Indonesia, Gandeng Karoseri Lokal

    Jakarta

    Produsen bus berlomba-lomba melakukan perakitan dengan penggunaan komponen dalam negeri. SAG misalnya yang menggandeng karoseri lokal untuk mewujudkan hal itu.

    Pemerintah tengah gencar menggenjot percepatan kendaraan listrik di Tanah Air. Tak hanya mobil listrik yang dapat karpet merah berupa insentif PPN dari 11 persen jadi 1 persen, bus listrik juga bisa mendapat keistimewaan tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi para produsen kendaraan listrik untuk bisa mendapat insentif tersebut.

    Persyaratan itu dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

    Pada pasal 3 ayat (1), mobil dan bus listrik tertentu yang berhak mendapatkan insentif PPN ini harus memenuhi kriteria nilai TKDN (tingkat komponen dalam negeri). Adapun kriteria nilai TKDN yang dimaksud sebagai berikut:

    a. KBL Berbasis Baterai Roda Empat Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen);

    b. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 40% (empat puluh persen); dan

    c. KBL Berbasis Baterai Bus Tertentu dengan nilai TKDN paling rendah 20% (dua puluh persen) sampai dengan kurang dari 40% (empat puluh persen).

    Guna memenuhi aturan tersebut, produsen bus berlomba-lomba untuk meningkatkan TKDN pada produknya. Salah satunya PT Sinar Armada Globalindo yang menggandeng karoseri lokal PT Piala Mas Industri (Piala Mas) guna merakit bus dengan penggunaan komponen lokal sesuai aturan.

    “SAG bangga mengumumkan kerja sama terbarunya dengan Piala Mas. Kemitraan yang kami lakukan ini memperkuat komitmen kami terhadap transportasi publik yang lebih rendah emisi sehingga berkontribusi terhadap transisi Indonesia menuju ekonomi yang lebih bersih,” ungkap Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis SAG Andre Jodjana dalam siaran pers yang diterima detikOto.

    SAG gandeng Piala Mas tingkatkan TKDN bus listriknya. Foto: Dok. SAG

    Selain peningkatan penggunaan komponen lokal, kemitraan ini juga diharapkan bisa terjadi transfer teknologi antara kedua belah pihak. Dengan begitu, kualitas komponen buatan lokal bisa meningkat dan dapat bersaing di pasar internasional.

    Di sisi lain, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah meluncurkan Dokumen Peta Jalan Implementasi E-Mobility untuk program transportasi massal berbasis bus rapid transit (BRT) yang bertujuan untuk mencapai target 90 persen elektrifikasi armada transportasi publik perkotaan pada tahun 2030. Atau setara dengan lebih dari 45.000 unit bus listrik di 42 kota, dan target 100 persen pada 2040. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor transportasi darat.

    SAG juga meyakini bahwa dengan penerapan TKDN terhadap bus listrik yang akan diproduksinya dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan kembali menghidupkan industri-industri kecil dalam negeri. Dengan demikian, perekonomian nasional bisa terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan.

    Di industri bus dalam negeri, SAG pada tahun 2019 telah meluncurkan bus Low Deck 12M ke Indonesia. Bus tersebut telah beroperasi pada tahun 2023. SAG rencananya akan mengoperasikan bus High Deck 12M yang akan beroperasi sebagai armada TransJakarta mulai Desember 2024.

    (dry/din)

  • Indonesia dan China Kerja Sama Tingkatkan Keselamatan Pelayaran – Page 3

    Indonesia dan China Kerja Sama Tingkatkan Keselamatan Pelayaran – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC) tentang Keselamatan Maritim dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kesepakatan ini bertujuan memperkuat keselamatan maritim dan perlindungan lingkungan laut di kedua negara.

    Penandatanganan MoC dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi, dan Executive Director General Administrasi Keselamatan Maritim RRT, Xu Wei.

    Kerja sama ini mencakup beberapa aspek penting, termasuk pengawasan keselamatan kapal, perlindungan lingkungan, keselamatan navigasi, dan fasilitasi transportasi maritim. Melalui kerja sama ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan di kawasan perairan.

    Capt. Antoni menjelaskan bahwa kerja sama ini didorong oleh keinginan kedua negara untuk mengurangi jumlah kapal yang tidak memenuhi standar keselamatan, yang dapat membahayakan keselamatan jiwa dan mencemari laut.

    “Selama periode 2023-2024, Administrasi Keselamatan Maritim RRT telah menahan 14 kapal berbendera Indonesia karena masalah sertifikat yang belum diakui secara penuh di Tiongkok,” ujarnya, Sabtu (9//11/2024).

    Kendala Sebelumnya

    Kendala ini terkait dengan status Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) yang belum diakui oleh IACS (International Association of Classification Societies) dan belum memiliki izin beroperasi di Tiongkok.

    Penahanan kapal-kapal tersebut berdampak negatif pada posisi Indonesia sebagai negara pemilik kapal (Flag State).

    Oleh karena itu, kerja sama ini diharapkan dapat menjaga posisi Indonesia di daftar putih (white list) Tokyo Memorandum of Understanding on Port State Control (Tokyo MoU) melalui peningkatan komunikasi dan hubungan bilateral dengan negara anggota International Maritime Organization (IMO).

     

  • Pekan Nasional Keselamatan Jalan Jadi Upaya Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas

    Pekan Nasional Keselamatan Jalan Jadi Upaya Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas

    Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan apresiasi kepada insan keselamatan jalan pada puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2024 dengan tema Lintas Batas (Langkah Pintar dan Cerdas Berkendara untuk Keselamatan Lalu Lintas).
     
    “Pekan Nasional Keselamatan Jalan menjadi solusi dalam rangka mencegah daripada mengobati suatu kecelakaan. Ini merupakan upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang perlu dilakukan secara bersama-sama dengan instansi yang lainnya,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Suntana saat membacakan sambutannya, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 9 November 2024.
     
    Berdasarkan data Korlantas Polri, sebagian besar kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor human error atau kesalahan pengemudi. Selain itu juga sesuai amanah RUNK LLAJ pada pilar ketiga, Kemenhub wajib menciptakan kendaraan berkeselamatan.
    Kegiatan PNKJ sejalan dengan kampanye keselamatan dunia yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) dengan tujuan untuk menurunkan fatalitas kecelakaan lalu lintas di Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas.
     
    “Penting bagi kita melibatkan masyarakat dalam melakukan edukasi dan sosialisasi keselamatan jalan. Jangan jadikan masyarakat sebagai objek saja. Maka kita perlu mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mendukung keselamatan jalan sebagaimana yang kita lakukan dengan memberikan apresiasi kepada insan keselamatan jalan,” papar Suntana.
     

     

    Kondisi keselamatan jalan masih jadi ancaman

    Sejalan dengan hal itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Irjen Pol Risyapudin Nursin mengatakan, di Indonesia kondisi keselamatan jalan masih menjadi ancaman nyata sehingga sepatutnya menjadi perhatian serius kita bersama. 
     
    “Berdasarkan data Kepolisian RI pada tahun 2023, korban meninggal dunia akibat kecelakaan mencapai 27.895 jiwa dengan jumlah kejadian laka sebanyak 152.008 kejadian,” jelas dia.
     
    Lebih lanjut, ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun sejak 2007 oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Berkolaborasi dengan 33 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di seluruh Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Kementerian PU Dukung Program Ketahanan Pangan dengan Bangun Waduk dan Irigasi

    Kementerian PU Dukung Program Ketahanan Pangan dengan Bangun Waduk dan Irigasi

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengatakan pihaknya mendukung program utama pemerintahan Presiden Prabowo Subianto terkait ketahanan pangan dengan membangun waduk dan irigasi. Selain itu, Kementerian PU  juga membangun jembatan untuk mendukung konektivitas menuju sentra pangan.

    “Kami mendukung ketahanan pangan melalui pembangunan dan peresmian bendungan/waduk, pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, serta pembangunan jalan dan jembatan untuk mendukung konektivitas menuju sentra pangan, termasuk Food Estate di Kalteng, Merauke Papua Selatan, NTT dan lain-lain,” ujarnya di kantor Kementerian PU, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2024).

    Dody mengatakan ketahanan pangan merupakan salah satu dari 14 agenda untuk mendukung program utama pemerintahan Prabowo-Gibran. Selain ketahanan pangan, kata dia, program utama pemerintahan Prabowo-Gibran adalah revitalisasi sekolah atau madrasah untuk memperkuat SDM generasi muda Indonesia.

    “Mendukung program wajib belajar 13 tahun melalui pembangunan dan renovasi sekolah dan madrasah di berbagai pelosok dan Tanah Air. Kami mentargetkan mampu membangun dan merenovasi sekolah 11.400 unit mulai dari TK hingga SMK, SMA, SLB atau juga madrasah,” tandas dia.

    Dody juga memberikan program quick wins Kementerian PU untuk mendukung program unggulan strategis kementerian/lembaga (K/L) negara lainnya di pemerintahan Prabowo-Gibran. Program tersebut, di antaranya pembangunan Giant Sea Wall/NCICD (National Capital Integrated Coastal Development), Ibu Kota Nusantara (IKN), konektivitas, seperti jalan dan jembatan.

    Selain itu, program pasar rakyat, air minum, sanitasi/air limbah, persampahan, sarana olahraga, sarana kesehatan, dan penataan kawasan, yakni pariwisata, industri, dan area pengungsian.

    Dody memaparkan tiga strategi penyusunan program infrastruktur PU TA 2026. “Pertama, melaksanakan arahan Bapak Presiden Prabowo untuk selalu mempedomani Asta Cita beliau, antara lain fokus pada swasembada pangan, air, dan energi, hilirisasi industri, pembangunan perkotaan-perdesaan hingga pemerataan wilayah,” ungkapnya.

    Strategi kedua, Kementerian PU akan mengoptimalkan pemerataan infrastruktur yang sudah terbangun agar segera bermanfaat untuk masyarakat. Dia mencontohkan bendungan yang sudah dibangun, akan dipastikan dapat berfungsi semua untuk mengairi daerah-daerah irigasi, menambahkan supply air baku, mengendalikan banjir, dan memberikan manfaat bagi tenaga listrik, serta dapat dimanfaatkan untuk pariwisata.

    Ketiga, meningkatkan kerja sama lintas kementerian dan pemerintah daerah untuk mencapai target-target pembangunan nasional di bidang infrastruktur, seperti kerja sama dengan Kementerian Pertanian dalam mencapai swasembada pangan, dengan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk menyediakan hunian layak dengan infrastruktur yang memadai.

    “Dengan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan konektivitas, hingga pemerintah daerah dalam menyediakan area untuk pembangunan infrastruktur,” pungkas Dody.