Kementrian Lembaga: Kementerian Perhubungan

  • Driver Ojol Dapat Subsidi BBM, Nasib Taksi Online Diserahkan ke Bahlil

    Driver Ojol Dapat Subsidi BBM, Nasib Taksi Online Diserahkan ke Bahlil

    Jakarta

    Menteri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman menyerahkan nasib driver taksi online apakah masuk kriteria penerima subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia. Informasi ini sejalan dengan pengemudi ojek online (ojol) yang mendapatkan subsidi BBM skema terbaru.

    Maman mengatakan, kendaraan yang menerima subsidi BBM adalah yang berpelat kuning atau transportasi umum, termasuk kendaraan roda empat. Dia menegaskan nasib kendaraan roda empat yang bukan transportasi umum, termasuk taksi online masuk ke ranah Kementerian Perhubungan dan Kementerian ESDM.

    “Ya kalau yang roda 4, bagi kami itu saya pikir itu ranahnya kementerian Perhubungan, ranahnya Kementerian ESDM,” kata Maman di Kemenkop UKM, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2024).

    Maman menyebut pihaknya saat ini fokus pada pendataan pengemudi ojol untuk masuk penerima subsidi BBM. Sebab, dia menilai ojol menjadi salah satu rantai distribusi penting bagi pelaku usaha UMKM mikro dalam mengelola bisnisnya.

    “Yang menjadi ranah saya itu adalah ojol. Kenapa ojol? Karena mereka-mereka ini yang masuk dalam sistem distribusi barang-barang usaha mikro dan usaha kecil. Jadi, saya mau fokusnya di situ saja. Kalau terkait ojek online, karena itu masuk dalam kategori UMKM, itu kita berlakukan untuk mendapatkan BBM bersubsidi,” jelas Maman.

    Dia menegaskan, pemerintah terus mengupayakan agar BBM subsidi tepat sasaran. Sebab, kebijakan tersebut merupakan perintah dari Presiden Prabowo Subianto agar tetap menjaga basis ekonomi di lapisan masyarakat bawah. Untuk mengamankan perekonomian lapisan masyarakat di bawah, pemerintah terus memastikan sektor transportasi umum tidak sampai terganggu.

    “Sebetulnya kata kuncinya kalau terkait bahan bakar bersubsidi ini, baik yang BBM maupun yang LPG, sebetulnya kata kuncinya adalah tepat sasaran. Isu besarnya yang sedang menjadi pembahasan dari pemerintah adalah tepat sasaran,” terang Maman.

    (ara/ara)

  • Sukses Efisiensi Logistik Ekspor-Impor, LNSW Bakal Kembangkan Hal Ini

    Sukses Efisiensi Logistik Ekspor-Impor, LNSW Bakal Kembangkan Hal Ini

    Jakarta

    Berhasil Lakukan Efisiensi Logistik Impor-Ekspor, LNSW Bidik 6 Potensi Pengembangan ini

    Berdasarkan survei Prospera tahun 2023, transformasi digital perizinan yang dilakukan Lembaga National Single Window (LNSW) berhasil membuat waktu dan biaya logistik kegiatan ekspor-impor lebih efisien.

    Pada layanan Do Online misalnya, efisiensi yang berhasil dilakukan mengenai waktu sebesar 40,3% dan biaya 25,7%. SP2 Online berhasil membuat waktu lebih efisien 43% dan biaya 32,4%.

    Sedangkan SSm QC membuat waktu lebih cepat hingga 73,4% dan biaya 46,1%. SSm Pengangkut efisiensi waktu dan biaya masing-masing 21,6% dan 45%. Sedangkan SSm Perizinan, menghemat waktu 56,4% dan biaya 97,8%.

    Kepala LNSW Oza Olavia mengungkap, pihaknya juga akan melakukan berbagai pengembangan Indonesia National Single Window (INSW) dalam penguatan logistik ke depan.

    Pertama, tutur Oza, LNSW akan melakukan penguatan Maritime Single Window (MSW) melalui koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengintegrasikan layanan ke pelabuhan.

    “Artinya perluasan INSW untuk mengintegrasikan ke pelabuhan sesuai dengan mandat International Maritime Organization. Jadi IMO meminta adanya single window, teman-teman perhubungan minta kami dari LNSW untuk membantu terkait dengan single window kepelabuhanan,” ungkap Oza dalam acara Media Gathering: APBN Dorong Penguatan Logistik Guna Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Kedua, Oza juga menyebut LNSW akan mengembangkan National Tracking & Tracing yang dilakukan untuk memenuhi salah satu parameter penilaian dalam Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

    “Walaupun tidak keseluruhannya tidak di kita tapi setidaknya ada beberapa yang bisa kita lakukan. Ke depan,” jelasnya.

    Ketiga, Oza juga mengaku berharap dapat menjadi platform pada National Logistic Ecosystem (NLE) yang menyediakan fasilitas B2G dan juga G2G untuk pemrosesan dokumen kekarantinaan, larangan, dan pembatasan.

    “Kita juga berharap bisa masuk ke B2B-nya, kita bisa memfasilitasi yang business to business juga,” ungkapnya.

    Keempat, LNSW juga mendorong program digital trade yang saat ini banyak digunakan pada program internasional terkait dengan perdagangan seperti seperti e-invoice dan e-B/L. Untuk mendorong hal tersebut, Oza menilai diperlukannya portal untuk menerima data dari dokumen-dokumen tersebut.

    Kelima, LNSW juga akan berupaya mengembangkan teknologi di bidang logistik lantaran kebutuhan di era digital, di mana data menempati posisi yang sangat penting.

    “Teknologi seperti Al, analytic, machine learning, blockchain,” tegasnya.

    Di samping itu, Oza juga mengaku LNWS telah memiliki paten blockchain yang dilakukan melalui kerja sama dengan IPB dan LPDP dalam hal pendanaan.

    “Jadi kita sudah punya paten, namanya INSW blockchain. Kita berharap ini dikembangkan terus khususnya kemarin kita kembangkan di sisi Do Online dan kita juga akan kembangkan di SP2,” jelasnya.

    Terakhir, Oza menuturkan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan peraturan perdagangan pengangkutan antar pulau. Berdasarkan peraturan tersebut, LNSW juga berupaya melakukan pengembangan layanan pengangkutan antar pulau.

    “Di sini kita mencoba untuk membantu bagaimana mendukung efisiensi dari distribusi komoditasnya melalui kesisteman yang kita buat di Lembaga National Single Window,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Dekati 200 Ribu Unit!

    Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Dekati 200 Ribu Unit!

    Jakarta

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan, penjualan kendaraan listrik di Indonesia mengalami peningkatan signifikan sejak dua tahun terakhir. Bahkan, hingga November 2024, populasinya hampir tembus 200 ribu unit!

    Kemenperin yang mengutip data SRUT Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, ada 195.084 kendaraan listrik yang beredar di jalan raya Indonesia hingga pertengahan bulan lalu. Menariknya, dalam 11 bulan terakhir, ada peningkatan hingga nyaris 80 ribu unit.

    “Seiring dengan dilakukannya program percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, populasi kendaraan listrik setiap tahun mengalami peningkatan,” ujar Ketua Tim Kerja Industri Alat Transportasi Darat Non Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Andi Oscar La Galigo di Kuningan, Jakarta Selatan.

    Populasi kendaraan listrik di Indonesia nyaris tembus 200 ribu unit. Motor listrik menjadi kontributor utama. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Data yang sama mengatakan, populasi kendaraan listrik tahun 2022 hanya berada di angka 41.743 unit. Kemudian meningkat menjadi 116.438 unit pada 2023 dan melesat ke 195.084 unit hingga November 2024. Bukan mustahil, sebelum pergantian tahun, populasinya tembus 200 ribuan unit!

    Populasi kendaraan listrik di Indonesia nyaris tembus 200 ribu unit! Foto: Andhika Prasetia

    Secara rinci, jumlah kendaraan listrik di Indonesia masih didominasi roda dua dengan catatan 160 ribuan unit atau 80 persen dari total populasi. Sementara roda empat hanya 16 persen dan kendaraan-kendaraan lain sekira 1 persen atau lebih kecil.

    Berikut Populasi Kendaraan Listrik di IndonesiaMotor Listrik – 160.578 unitMobil listrik – 33.555 unitBus Listrik – 402 unitKendaraan Listrik Roda Tiga – 337 unitKendaraan Komersial Listrik – 212 unit.

    (sfn/din)

  • 3 Komponen yang Bikin Tiket Pesawat Nataru Turun 10 Persen

    3 Komponen yang Bikin Tiket Pesawat Nataru Turun 10 Persen

    Jakarta, CNN Indonesia

    Holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjelaskan tiga komponen yang bisa membuat harga tiket pesawat turun 10 persen selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) seperti yang ditetapkan pemerintah.

    Komponen pertama adalah penurunan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC) untuk seluruh penumpang pada penerbangan domestik. PJP2U ini dikenal awam sebagai pajak bandara.

    Kedua, penurunan tarif Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) bagi maskapai.

    “Jadi kita memberikan dua insentif. Satu untuk passenger, satu untuk airlines,” katanya dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jumat (6/1).

    Komponen ketiga adalah penurunan harga avtur yang dilakukan PT Pertamina (Persero).

    “Ketiga komponen ini kalau diakumulasikan kontribusinya 10 persen penurunan tiket,” katanya.

    Kebijakan penurunan harga tiket pesawat merupakan arahan Presiden Prabowo Subianto untuk membantu masyarakat mengurangi beban harga tiket pada seluruh bandara di Indonesia.

    Juru Bicara Kementerian Perhubungan Elba Damhuri mengungkapkan penurunan harga tiket diputuskan dalam rapat terbatas Prabowo bersama sejumlah menteri terkait, termasuk Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi pada Selasa kemarin.

    “Hasilnya, pemerintah sepakat menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sebesar 10 persen saat Nataru, di seluruh bandara di Indonesia,” ujar Elba dalam keterangan tertulis pada Rabu (27/11).

    Pemberlakuan penyesuaian tarif akan berlaku selama 16 hari pada masa periode Nataru 2024/2025, yakni 19 Desember 2024 – 03 Januari 2025 untuk tiket yang belum terjual.

    “Bagi penumpang yang sudah membeli tiket untuk penerbangan pada periode tersebut, dapat diberikan insentif sesuai kebijakan masing-masing maskapai jika masih memungkinkan,” terangnya.

    Pemerintah berharap kebijakan ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang saat masa Nataru.

    Ia pun yakin keputusan ini mampu mendongkrak perekonomian dan pariwisata dalam negeri di kuartal terakhir 2024.

    (fby/pta)

  • Cara Daftar Mudik Gratis Naik Kapal Laut saat Libur Nataru – Page 3

    Cara Daftar Mudik Gratis Naik Kapal Laut saat Libur Nataru – Page 3

    Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka layanan Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) atau mudik gratis motor pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Layanan ini tersedia untuk pendaftaran pada hingga 28 Desember 2024.

    Kepala Subdirektorat Angkutan Direktorat LLAKA Kemenhub, Arif Anwar mengatakan bahwa layanan tersebut hanya diperuntukkan bagi kendaraan di bawah 200 cc. Adapun per unit gerbong, kapasitas angkut Motor Gratis (Motis) sebesar 58 unit motor di bawah 200 cc.

    “Kenapa kami membatasi di 200 cc? Karena ada kaitannya juga dengan dimensi kendaraan. Dimensi kendaraan kami batasi agar kapasitas yang kami sediakan cukup sesuai dengan target,” kata Arif dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, dikutip Kamis (5/12/2024).

    Para penumpang yang hendak mendaftar layanan Motor Gratis (Motis) dapat mengakses laman motis.djka.kemenhub.go.id untuk informasi lebih lanjut.

    “(Baiknya) pengguna mendaftar dengan menyampaikan email aktif. l Karena nanti akan ada laporan-laporan yang disampaikan oleh panitia kepada teman-teman yang mendaftar. Jadi misalkan kendaraannya sampai mana itu nanti akan diinfokan melalui email,” terang Arif.

    Pada penyelenggaraan Motis tahun ini, Kemenhub menyediakan kuota pengangkutan motor hingga 232 unit per hari. Adapun 530 kursi per hari yang dibuka untuk penumpang.

    Meski angkutan motor gratis, ada pengenaan sejumlah biaya. Namun Arif mengungkapkan, taris yang dikenakan tersebut tergolong murah.

    Tarif penumpang pemanfaat Motis hanya dikenakan Rp.10.000 untuk jarak kurang dari 226 kilometer (km). Sementara jarak di atas 226 km dikenakan Rp.20.000.

    Adapun penyelenngaraan Motis libur Nataru tahun di dibuka dengan menggunakan jalur KA tengah dengan 8 stasiun yaitu, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Tangerang, Stasiun Bekasi, Stasiun Depok Baru, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutuarjo, dan Stasiun Lempuyangan.

     

     

  • Astra Tol Cipali mantapkan kesiapan sambut arus Nataru 2024/2025

    Astra Tol Cipali mantapkan kesiapan sambut arus Nataru 2024/2025

    Sumber foto: Yohanes Charles/elshinta.com.

    Astra Tol Cipali mantapkan kesiapan sambut arus Nataru 2024/2025
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Kamis, 05 Desember 2024 – 16:25 WIB

    Elshinta.com – Dua pekan menjelang lonjakan arus kendaraan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, Astra Tol Cipali terus memperkuat sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak. 

    Upaya ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan tol yang diprediksi akan mengalami peningkatan volume kendaraan.

    Menurut Direktur Operasional Astra Tol Cipali, Rinaldi, keberhasilan pengelolaan arus Nataru sangat bergantung pada kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. 

    “Kami telah menyusun rencana yang matang dan melibatkan kerja sama erat dengan pihak Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, hingga pemerintah daerah. Semua ini demi menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya kepada Kontributor Elshinta, Yohanes Charles, Rabu (4/12/2024) .

    Mengantisipasi kepadatan kendaraan, Astra Tol Cipali bersama kepolisian daerah telah merancang berbagai skenario rekayasa lalu lintas. Salah satu langkah inovatif yang dilakukan adalah pelaksanaan diskusi Tactical Floor Game (TFG) pada 21 November 2024. Dalam TFG, seluruh pihak yang terlibat memvisualisasikan skenario rekayasa lalu lintas menggunakan alat peraga interaktif berukuran besar yang menggambarkan situasi di Tol Cipali secara detail.

    Pendekatan ini memungkinkan identifikasi risiko dengan lebih akurat dan memberikan ruang bagi diskusi solusi terbaik. Dengan demikian, strategi yang disiapkan dapat diterapkan secara efektif untuk mengurai kemacetan dan menjaga kelancaran perjalanan.

    Tak hanya fokus pada kelancaran lalu lintas, Astra Tol Cipali juga meningkatkan kesiapan petugas dalam menghadapi situasi darurat. Bersama Basarnas Bandung, SAR Astra, dan Ditlantas Polda Jabar, Astra Tol Cipali mengadakan simulasi penyelamatan kecelakaan kendaraan atau Vehicle Accident Rescue (VAR) pada 28-29 November 2024.

    Simulasi yang berlangsung di akses Gerbang Tol Kertajati Utama ini melibatkan skenario penyelamatan lima korban kecelakaan yang terjebak dalam tiga kendaraan. Petugas dari berbagai unit, seperti patroli, ambulans, rescue, dan derek, dilatih untuk memberikan pertolongan pertama, mengevakuasi korban, hingga memastikan keamanan lokasi kejadian. 

    “Dengan latihan seperti ini, kami yakin kemampuan tim di lapangan akan terus meningkat,” tegas Rinaldi.

    Persiapan menghadapi arus Nataru juga mencakup peningkatan kualitas infrastruktur. Astra Tol Cipali telah melakukan normalisasi saluran air, memperkuat jalan untuk mengantisipasi risiko banjir dan longsor, serta meningkatkan fasilitas di rest area demi kenyamanan pengguna.

    Selain itu, survei jalur oleh Korlantas Polri pada 28 November 2024 menjadi momentum untuk mengevaluasi kesiapan pengamanan selama Nataru. Semua langkah ini dilakukan agar pengalaman berkendara di Tol Cipali tetap aman, nyaman, dan bebas hambatan.

    Dengan kolaborasi dan inovasi yang terus diperkuat, Astra Tol Cipali optimis dapat menyambut lonjakan arus kendaraan Nataru 2024/2025 dengan pelayanan prima. 

    Semua upaya ini menjadi bukti nyata komitmen Astra Tol Cipali untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Mudik Natal, Pelni Siapkan 3.100 Tiket Gratis untuk 13 Rute

    Mudik Natal, Pelni Siapkan 3.100 Tiket Gratis untuk 13 Rute

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aktivitas mudik untuk perayaan Natal 2024 sudah di depan mata. Sejumlah pihak terutama yang akan melayani pemudik sudah mulai mempersiapkan diri.

    Salah satunya adalah PT PT Pelni (Persero) Tbk. Penyedia transportasi laut itu bahkan menyediakan kuota mudik gratis dengan menggunakan moda kapal laut sebanyak 3.100 tiket selama libur natal dan tahun baru atau Nataru.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Nuraini Dessy W memastikan kuota tiket mudik gratis kapal laut ini sejalan dengan penugasan yang diterima dari Direktorat Jenderal Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    “Kami mendapatkan penugasan dari Kemenhub untuk melaksanakan tiket gratis untuk beberapa ruas, kami mendapat 13 ruas tiket gratis dan ini dengan jumlah 3.100 tiket,” kata Nuraini dalam konferensi pers di Jakarta, dilansir jawapos, Kamis (5/12).

    Dia memastikan bahwa pendaftaran mudik gratis kapal laut ini bisa dilakukan mulai hari ini, tepatnya Kamis, 5 Desember 2024. Adapun pendaftaran mudik gratis ini hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pelni yang dapat didownload dari aplikasi Playstore dan App Store.

    “Dan sudah mulai dibuka per hari ini, pendaftaran secara online melalui aplikasi yang memang kami buka,” sambungnya.

    Untuk diketahui, Pelni membuka kuota mudik gratis kapal laut menuju 13 rute, terdiri dari Batam-Belawan, Manokwari-Sorong, Ende-Kupang, Bitung-Sorong, Timika-Tual, Tg Priok-Maumere, Jayapura-Serui, Jayapura-Biak, Makassar-Maumere, Makassar-Balikpapan, Jayapura-Nabire, dan Ambon-Tual.

  • Erick Gandeng Airbus Hingga Comac Genjot Jumlah Pesawat RI

    Erick Gandeng Airbus Hingga Comac Genjot Jumlah Pesawat RI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kementerian BUMN akan menggandeng sejumlah pabrikan pesawat internasional untuk menggenjot jumlah pesawat di Indonesia mulai dari Airbus, Boeing, hingga Comac.

    Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan langkah ini dilakukan untuk mengatasi keterbatasan armada yang hanya berjumlah 390 unit usai pandemi Covid-19, jauh dari kebutuhan ideal sebanyak 700 pesawat.

    “Kita itu mandatori mesti punya 700 pesawat, tapi hari ini Indonesia pasca Covid hanya 390 pesawat. Jadi, solusi-solusi ini ya mau tidak mau harus bekerja sama, apakah dengan Airbus, Boeing, ataupun Comac dari China,” ujar Erick saat konferensi pers di Kementerian BUMN usai pertemuannya dengan delegasi sektor swasta Amerika Serikat, Kamis (5/12).

    Erick menekankan pentingnya langkah ini untuk mendukung konektivitas di Indonesia sebagai negara kepulauan.

    Menurutnya, jika tidak ada upaya signifikan, Indonesia berisiko terjebak dalam jumlah pesawat yang tidak memadai selama 10 tahun ke depan, yang dapat membahayakan pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat.

    “Kita tidak mungkin 10 tahun lagi terbelenggu dengan jumlah pesawat yang sama. Ini sangat membahayakan, mengingat kita adalah negara archipelagic. Oleh karena itu, kami bersama Kementerian Perhubungan mendorong inovasi dan investasi dalam sektor penerbangan,” tegasnya.

    Selain menggandeng produsen pesawat, Erick menyebut Kementerian BUMN juga akan berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mempermudah investasi di sektor ini.

    “Isu jumlah pesawat yang tidak memadai menjadi perhatian utama kami. Kami terus membicarakan hal ini dengan Menteri Perhubungan dan BKPM, apakah investasi di sektor penerbangan bisa lebih dimudahkan ke depan,” imbuhnya.

    Erick juga menyampaikan Kementerian BUMN tetap pro-pasar dan terbuka terhadap investasi asing, tetapi dengan menyeimbangkan nilai-nilai ekonomi kerakyatan sesuai prinsip ekonomi Pancasila.

    Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyinggung sejumlah kerja sama lain yang sedang berjalan dengan Amerika Serikat, termasuk di bidang kesehatan, energi terbarukan, dan pendidikan.

    Namun, fokus utamanya saat ini adalah memastikan pemenuhan kebutuhan pesawat untuk mendukung konektivitas nasional.

    “Kan saya tawarkan bagaimana misalnya Exim banknya, leasing company-nya bisa bernegosiasi langsung dengan Garuda, Citilink, dan Pelita. Tetapi sesuai dengan roadmap masing-masing maskapai. Itu yang kita lakukan,” pungkas Erick.

    (lau/sfr)

  • Bupati Hendy Serahkan Pengelolaan Bandara Jember ke Pemprov Jatim

    Bupati Hendy Serahkan Pengelolaan Bandara Jember ke Pemprov Jatim

    Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto melayangkan surat kepada Penjabat Gubernur Adhi Karyono untuk menyerahkan pengelolaan Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

    Dalam surat tertanggal 29 November 2024, Hendy menyampaikan bahwa kondisi pelayanan dan infrastruktur Bandara Notohadinegoro sangat minim karena keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Jember.

    Hendy juga menyampaikan, bahwa Pejabat Sementara Bupati Imam Hidayat dalam surat tertanggal pada 12 November 2024, telah mengusulkan bantuan keuangan sebesar Rp 100 miliar untuk memperpanjang landasan pacu, serta meningkatkan kualitas infrastruktur dan kinerja pelayanan transportasi udara.

    “Dalam rangka meningkatkan kelas layanan bandara serta tidak adanya tanggapan dari pemerintah pusat, dengan hormat kami mohon agar kiranya penyelenggaraan, pengelolaan, pengusahaan, dan pengembangan Bandata Notohadinegoro Kabupaten Jember dapat diambil alih Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” demikian pernyataan Hendy dalam suratnya.

    Dimintai konfirmasi mengenai surat tersebut, Hendy mengatakan, berat bagi Pemkab Jember untuk mengelola bandara tersebut. “Kalau kita pegang dan kita minta bantuan keuangan saja, untuk pembangunannya pun tidak ada ada anggaran,” katanya.

    Hendy mengatakan penyerahan ini bertujuan baik. “Ini untuk peningkatan kelas layanan. Bukan diserahkan begitu (saja). Ini karena Kementerian Perhubungan tidak mau menjadikan (Notohadinegoro) bandara perintis,” katanya.

    Kementerian Perhubungan menginginkan Notohadinegoro menjadi bandara komersial. Sementara Pemkab Jember berharap bandara itu menjadi bandara perintis. “Kalau komersial, berat di kita. Kalau perintis dibantu subsidi terus,” kata Hendy.

    Bandara Notohadinegoro membutuhkan biaya operasional besar. Penerbangan di bandara ini, menurut Hendy, juga membutuhkan okupansi penumpang tinggi. “Sebetulnya bukan kelas Pemkab Jember untuk menangani ini. Tentu perlu biaya tak sedikit untuk pengelolaan bandara. Sangat tepat sekali, kalau sekelas pemerintah provinsi yang turun tangan mengelola. Ini akan mengurangi beban Pemkab Jember,” katanya.

    “Intinya, bandara ini wajib dibangun pada 2025, dan harus difungsikan kembali, karena bandara ini tidaj mungkin dihapus. Diharapkan Pemprov Jatim bisa berkontribusi lebih banyak untuk bandara ini,” kata Hendy.

    Bagaimana soal bagi hasil pendapatan bandara? “Gampang. Yang penting pengelolaannya. Tidak ada bandara profit, apalagi perintis. Yang penting orang-orang bisa digaji,” kata Hendy.

    Bandara Notohadinegoro dibuka pada 2004 pada masa pemerintahan Bupati Samsul Hadi Siswoyo. Sebelumnya, Pemkab Jember sudah berkali-kali berupaya untuk menghidupkan kembali bandara Notohadinegoro untuk penerbangan komersial. Saat ini bandara tersebut hanya untuk rute penerbangan perintis ke Kabupaten Sumenep, Madura.

    Persoalan pengelolaan bandara tak juga selesai karena terbentur status lahan. Angkasa Pura tidak bisa mengelola bandara tersebut karena status tanahnya masih dimiliki PT Perkebunan Nusantara XII (sekarang PT Perkebunan Nusantara I Regional 5). Pengambilalihan lahan untuk keperluan bandara membutuhkan ganti rugi.

    Masalah status tanah ini membuat pembangunan bandara tidak berjalan maksimal. Apalagi rute penerbangan komersial Jember-Surabaya ternyata tidak cukup menjanjikan keuntungan besar bagi maskapai. Satu demi satu maskapai memilih tak lagi beroperasi karena mahalnya biaya penerbangan tidak sebanding dengan jumlah penumpang. [wir]

  • Pelni siapkan 3.100 tiket gratis angkutan Natal-Tahun Baru

    Pelni siapkan 3.100 tiket gratis angkutan Natal-Tahun Baru

    Jakarta (ANTARA) – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menyiapkan sebanyak 3.100 tiket gratis kapal laut selama angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy W dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melaksanakan tiket gratis di beberapa ruas pelayaran.

    “Kami mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk melaksanakan tiket gratis untuk beberapa ruas. Ini kami mendapatkan 13 ruas tiket gratis dan ini dengan jumlah 3.100 tiket,” kata Dessy.

    Dessy menyampaikan bahwa pendaftaran tiket gratis tersebut telah dibuka, dimulai pada hari ini 5 Desember 2024.

    “Sudah mulai dibuka per hari ini untuk tiket gratisnya, pendaftaran secara online melalui aplikasi yang memang kami buka,” ujarnya.

    Dia menyebutkan tiket gratis yang disediakan Pelni bisa didapatkan pada 13 ruas pelabuhan keberangkatan dan tujuan, yakni Batam-Belawan, Manokwari-Sorong, Sorong-Ambon, Ende-Kupang, Bitung-Sorong, Timika-Tual, Tanjung Priok-Maumere, Jayapura-Serui, Jayapura-Biak, Makassar-Maumere, Makassar-Balikpapan, Jayapura-Nabire, dan Ambon-Tual.

    Dessy juga menegaskan tidak ada pemberian diskon harga tiket kapal Pelni selama angkutan Natal dan Tahun Baru. Sebab, harga tiket yang telah ditetapkan telah disesuaikan untuk subsidi yang diberikan pemerintah.

    “Nggak ada, kami tidak ada penurunan harga tiket, karena tiket kami itu sebetulnya sudah disubsidi oleh pemerintah. Masyarakat itu cuma membayar saat ini dengan harga 30 persen dari HPP, 70 persen nya sudah disubsidi oleh pemerintah,” ucapnya.

    Dia menyampaikan bahwa hal itu juga mengacu pada Peraturan Menteri (PM) Nomor 8 Tahun 2021 tentang tarif.

    “Jadi tidak ada kenaikan atau penurunan tiket mau itu musim lebaran, Natal Tahun Baru, dan lain sebagainya, itu tarifnya sudah tetap,” terangnya.

    Selama angkutan Natal dan Tahun Baru, Pelni telah menyediakan total kapasitas penumpang sebanyak 60.212 seat dengan tiket sebanyak 547.549. Dengan periode angkutan ditetapkan pada tanggal 11 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025.

    Dessy menambahkan bahwa Pelni menyiapkan 55 kapal untuk melayani angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru, terdiri atas 25 kapal penumpang dan 30 kapal perintis.

    “Total kapasitas angkut untuk 25 kapal penumpang sebanyak 48.323 seat dan 11.889 seat untuk 30 kapal perintis. Untuk itu, gabungan kapasitas kapal penumpang dan perintis mencapai 60.212 seat,” kata Dessy.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024