Kementrian Lembaga: Kementerian Perhubungan

  • Libur Nataru, Indonesia AirAsia Tambah 554 Ribu Kursi Penerbangan

    Libur Nataru, Indonesia AirAsia Tambah 554 Ribu Kursi Penerbangan

    Jakarta: Indonesia AirAsia menyebut akan menyiapkan lebih dari setengah juta kursi penerbangan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai 15 Desember 2024 hingga 7 Januari 2025 mendatang.
     
    “Indonesia AirAsia telah mengambil langkah proaktif untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode Nataru. Salah satunya adalah dengan menambahkan lebih dari 180 penerbangan ekstra dan mengoperasikan 25 pesawat guna memastikan ketersediaan pilihan transportasi bagi perjalanan para penumpang. Sebagai bagian dari persiapan, kami juga mengimbau seluruh penumpang untuk tiba di bandara lebih awal guna memastikan proses check-in dan boarding berjalan lancar,” kata Veranita Yosephine, Direktur Utama Indonesia AirAsia di Jakarta, Rabu 12 November 2024.
     
    Veranita menambahkan bahwa rute-rute yang mendapatkan penambahan penerbangan ekstra meliputi Jakarta-Bali, Jakarta-Silangit, dan Banjarmasin-Bali. Langkah ini sejalan dengan komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung program pemerintah dalam memperkuat konektivitas domestik sekaligus membantu menekan harga tiket pesawat selama periode Nataru. 
    Selain rute-rute tersebut, Indonesia AirAsia juga menawarkan berbagai pilihan penerbangan lainnya yang dapat memudahkan masyarakat untuk menikmati liburan. Untuk destinasi domestik, tersedia rute seperti Jakarta-Labuan Bajo, Bali-Labuan Bajo, Balikpapan-Bali, dan Jakarta-Lampung. Sementara itu, bagi yang ingin menjelajahi destinasi internasional, tersedia penerbangan menuju Singapura, Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Australia. 
     
    Menurut Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang yang akan menggunakan moda transportasi udara selama periode Nataru diperkirakan mencapai 3,9 juta, atau meningkat 4% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Indonesia AirAsia siap untuk berkontribusi memberikan pelayanan terbaik guna mendukung kelancaran perjalanan penumpang, baik di Bandara maupun selama penerbangan.
     
    Tahun sebelumnya, Indonesia AirAsia juga telah menerbangkan 391 ribu penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), dari tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Prestasi ini dicapai melalui pengoperasian lebih dari 2.500 penerbangan, mencakup rute domestik maupun internasional. 
     
    Untuk memeriahkan libur akhir tahun, Indonesia AirAsia menawarkan promo spesial bagi penerbangan ke berbagai rute internasional. Seperti harga terendah untuk liburan ke destinasi seperti Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuching, Singapura, Bangkok, Phuket, Hong Kong, Brunei Darussalam, Perth, Cairns hingga Phnom Penh.
     
    Tiket promo ini sudah dapat dipesan mulai 9-15 Desember 2024 melalui aplikasi AirAsia Move (sebelumnya AirAsia Superapp) atau situs airasia dengan periode terbang dari 9 Desember 2024 hingga 30 Juni 2025.
     
    Untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan dan menghindari keramaian di konter check-in saat periode ini, Indonesia AirAsia kini juga telah menghadirkan layanan FastPass khusus untuk rute internasional. Layanan ini kemudahan seperti XtraCarryOn yang bisa membawa bagasi kabin hingga 14 kg (1 bagasi hingga 10 kg atau 2 bagasi dengan total maksimal 14 kg sesuai dimensi yang diperbolehkan), akses ke konter check-in khusus dan prioritas boarding di Zona 1. Layanan ini juga akan memudahkan penumpang untuk mendapatkan jalur cepat imigrasi khusus di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2), Malaysia.
     
    Penumpang dapat memilih kursi HotSeat untuk kenyamanan terbaik, serta membeli layanan tambahan seperti bagasi, asuransi perjalanan, dan FastPass. Setiap pembelian layanan tambahan ini juga berkesempatan mengikuti program Top Spender dengan hadiah utama 500 ribu AirAsia points dan total hadiah mencapai 3 juta AirAsia points.
     
    Indonesia AirAsia mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter checkindi Bandara keberangkatan.
     
    Indonesia AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (MMI)

  • PLN Klaim Ngecas Mobil Listrik di SPKLU Rest Area Kini Tak Antre

    PLN Klaim Ngecas Mobil Listrik di SPKLU Rest Area Kini Tak Antre

    Jakarta

    PT PLN (Persero) mengklaim, pengecasan mobil listrik di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di rest area tol saat ini bebas antre. Sebab, jumlahnya sudah banyak dan mulai tersebar ke banyak titik!

    Executive Vice President (VP) Retail Product Development PLN Ririn Rahmawardani mengatakan pihaknya sudah tak pernah menerima komplain mengenai antrean SPKLU di rest area. Meski demikian, timnya akan terus melakukan penambahan titik untuk memudahkan pemilik mobil listrik di Indonesia.

    “Untuk (SPKLU) di (rest area) jalan tol kami pastikan sudah tidak ada komplain antrean, karena kemarin waktu Lebaran kami membangun setiap rest area minimal 1 SPKLU,” ujar Ririn Rahmawardani saat berbincang bersama wartawan di Cikini, Jakarta Pusat.

    Ngecas Mobil Listrik Toyota bZ4X di SPKLU Ultrafast Charging 200 kW Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Ririn menjelaskan, penambahan jumlah SPKLU yang masif di rest area merupakan hasil kolaborasi antara pihak internal dengan mitra. Sebagai catatan, PLN memang membolehkan badan usaha mendirikan fasilitas terkait dengan konsep kerja sama.

    “Kecepatan PLN membangun (SPKLU) tidak bisa dilakukan sendiri, makanya kami bekerja sama dengan beberapa mitra. Saat ini sudah ada lima mitra besar yang bekerja sama bikin SPKLU,” ungkapnya.

    PLN terus menjalin kolaborasi dengan sejumlah kementerian terkait untuk menentukan angka SPKLU yang hendak dibangun di Indonesia. Sebab, jika penambahannya melampaui jumlah kebutuhan, maka akan terjadi over supply.

    “Kami berkolaborasi dengan Kementerian ESDM, Kementerian Infrastruktur, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian. Kami mengukur kemampuan industri penyedia EV dalam menyediakan unit per tahun,” tuturnya.

    “Kami juga koordinasi dengan Gaikindo soal berapa proyeksi penjualan (mobil listrik) per tahun. Kami juga koordinasi dengan Korlantas soal berapa mobil yang beredar. Kemudian kami meramu bersama. Jadi kami punya formulasi tepat berapa SPKLU yang harus dibangun,” kata Ririn menambahkan.

    (sfn/rgr)

  • Ancaman Pandemi ‘Black Death’ Mengintai, Perbaiki Sanitasi yang Buruk Sekarang Juga – Halaman all

    Ancaman Pandemi ‘Black Death’ Mengintai, Perbaiki Sanitasi yang Buruk Sekarang Juga – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sistem sanitasi yang baik dan terawat memegang peranan penting dalam mencegah terjadinya pandemi atau wabah. Kata Wakil Menteri Kesehatan Prof dr Dante Saksono Harbuwono pandemi ‘Black Death’ atau penyakit pes yang dibawa oleh kutu tikus pada tahun 1347 hingga 1352 dan menewaskan jutaan orang di Eropa, Asia, dan Afrika Utara disebabkan oleh sanitasi yang buruk.

    “Jadi, kalau kita tidak ingin pandemi ‘Black Death’ itu terulang, kita harus memperbaiki sanitasi yang ada di masyarakat,” ujarnya saat memberikan sambutan pada gelaran pemberian Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pelabuhan Bandar Udara Sehat, dan Keamanan Pangan Olahan Siap Saji Tahun 2024 yang berlangsung di Hotel The St. Regis Jakarta, Rabu(11/12/2024). 

    Mengutip Yuval Noah Harari dalam buku “Homo Deus”, Dante menyatakan, kematian pada sejarah umat manusia disebabkan oleh tiga hal, yaitu kelaparan, wabah, dan perang.  Dari tiga hal itu, wabah penyakit dapat dicegah dengan sanitasi sehat.

    “Ternyata, jumlah angka kematian akibat wabah sama dengan jumlah angka kematian akibat perang. Bahkan, lebih cepat lagi,” tambah Dante.

    Ia pun menegaskan, gerakan sanitasi sehat bukan gerakan individu. Tapi merupakan gerakan masyarakat bersama dan upaya multisektor yang melibatkan kolaborasi berbagai pihak, termasuk Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kementerian Dalam Negeri.

    “Nanti tahun depan, saya pesan kepada Dirjen P2P untuk melaksanakan kegiatan penilaian outcome-nya setelah sanitasi ini diperbaiki, apakah angka diarenya turun, angka penyakit menularnya turun, dan sebagainya,” lanjutnya.

    Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Anas Maruf menyatakan, penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan bentuk dukungan dan komitmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam mencapai pembangunan kesehatan berkelanjutan di bidang kesehatan lingkungan, yang selaras dengan RPJMN dan SDGs 2030​.

    “Tentunya juga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya baik itu pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten kota, hingga tingkat terkecil, yaitu desa dan kelurahan,” ujar Anas.

    Anas menambahkan, penghargaan STBM diberikan melalui proses seleksi yang ketat. Tahapannya mencakup verifikasi dokumen, survei lapangan, dan pleno penetapan oleh tim lintas kementerian, lembaga, serta mitra pembangunan.

    STBM Awards diberikan kepada 1 gubernur yang telah berhasil menyelesaikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) di seluruh wilayahnya yaitu gubernur Jawa Tengah.  Penghargaan juga diberikan kepada 42 kabupaten/kota yang pada 2024 telah mencapai keberhasilan dalam perubahan perilaku masyarakat untuk menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan tiga kategori, yakni pratama, madya, dan paripurna. 

    Rinciannya, kategori pratama sebanyak 23 kabupaten/kota, kategori madya sebanyak 15 kabupaten/kota, dan kategori paripurna sebanyak 4 kabupaten/kota. Kedua, penghargaan pelabuhan dan bandara sehat diberikan kepada 30 pelabuhan dan 26 bandar udara yang telah mencapai keberhasilan menyelenggarakan kesehatan lingkungan dengan indikasi aman, nyaman, bersih, dan sehat.

    Ketiga, penghargaan program keamanan pangan olahan siap saji diberikan kepada 2 provinsi pembina terbaik dan 10 kabupaten/kota yang telah melakukan upaya percepatan dalam rangka untuk penciptaan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi (SLHS) dan label Hygiene Sanitasi Pangan (HSP).

  • Perlu Persiapan Terukur, DPR Optimistis Zero Accident Bisa Tercapai di Masa Libur Nataru

    Perlu Persiapan Terukur, DPR Optimistis Zero Accident Bisa Tercapai di Masa Libur Nataru

    Jakarta, Beritasatu.com – Anggota Komisi V DPR, Novita Wijayanti, optimistis target zero accident selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 dapat tercapai. Novita menekankan pentingnya persiapan yang terencana dan terukur dari semua pihak, baik pemerintah maupun swasta, untuk mencegah kecelakaan lalu lintas selama masa liburan.

    Optimisme ini disampaikan Novita merespons tingginya angka kecelakaan di jalan tol dalam beberapa bulan terakhir, termasuk kecelakaan beruntun di ruas Tol Cipularang yang menyita perhatian publik.

    “Dari tahun ke tahun, kita sudah memiliki pengalaman. Jadi, kesalahan di tahun sebelumnya harus diperbaiki sekarang agar target zero accident bisa tercapai,” ujar Novita kepada wartawan, Rabu (11/12/2024).

    Menurutnya, sinergi antara berbagai pihak seperti Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jasa Marga, Kementerian Pekerjaan Umum (PU), pihak kepolisian, serta Kementerian Perhubungan menjadi kunci utama menciptakan lalu lintas yang aman selama libur Nataru.

    “Kita meminta pihak pengelola jalan tol untuk mengambil langkah antisipasi. Salah satunya adalah memastikan rambu penanda pengerjaan proyek ditempatkan pada jarak yang cukup jauh dari lokasi perbaikan, sehingga pengendara dapat lebih siaga. Kami juga meminta agar perbaikan jalan tol maupun jalan alternatif diselesaikan sebelum libur Nataru,” jelas Novita.

    Novita juga menyoroti pentingnya pemeriksaan kelayakan kendaraan, terutama armada transportasi umum. Beberapa kecelakaan sebelumnya disebabkan oleh kendaraan yang tidak layak pakai, seperti rem yang tidak berfungsi, sehingga membahayakan pengguna jalan lainnya.

    “Pengecekan kendaraan ini sangat penting. Jangan sampai ada armada yang tidak layak jalan lolos dari pemeriksaan. Keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas utama,” tegasnya.

    Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, diperkirakan terdapat 110,67 juta pergerakan masyarakat selama libur Nataru 2024/2025. Sekitar 53,8 persen perjalanan diprediksi menggunakan kendaraan pribadi. Dengan angka tersebut, sinergi antara penyedia jasa jalan tol dan pihak terkait diperlukan untuk menekan angka kecelakaan demi tercapainya target zero accident.

  • Cuaca Ekstrem Ancam Penyeberangan di Merak

    Cuaca Ekstrem Ancam Penyeberangan di Merak

    Jakarta, CNN Indonesia

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama sejumlah pihak melakukan langkah untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem yang mengancam jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, salah satu lintasan transportasi laut terpadat di Indonesia.

    BMKG menggandeng sejumlah stakeholder terkait, termasuk Kementerian Perhubungan, KSOP, ASDP, TNI AL, Polres, Polda, Polairud, Basarnas, dan Jasa Raharja.

    “Cuaca ekstrem adalah ancaman nyata, terutama di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni yang menjadi penghubung vital bagi mobilitas masyarakat,” ujar Dwikorita dalam sebuah keterangan, Senin (9/12).

    “Dengan sinergi yang solid dan penerapan SOP kontingensi, kita dapat memitigasi risiko dan memastikan keselamatan operasional,” imbuhnya.

    Langkah antisipasi tersebut salah satunya BMKG bersama KSOP Banten memeriksa kesiapan sistem pengawasan dan pengendalian operasional kapal. Langkah ini bertujuan mengintegrasikan informasi cuaca yang akurat ke dalam pengambilan keputusan operasional, sehingga arus penyeberangan tetap lancar meski menghadapi kondisi cuaca yang dinamis.

    Kemudian, Dwikorita juga meninjau sistem monitoring, analisis, dan diseminasi informasi cuaca maritim di Stasiun Meteorologi Maritim Kelas 1 Merak.

    Sistem tersebut dirancang untuk memberikan informasi real-time terkait cuaca, gelombang, dan arus laut kepada pihak-pihak terkait, termasuk operator kapal.

    “Sistem yang andal memungkinkan kita memberikan peringatan dini, sehingga semua pihak dapat mempersiapkan langkah mitigasi secara tepat waktu,” katanya.

    Sebelumnya, dalam rapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (4/12), Dwikorita menyebut periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 akan berbarengan dengan puncak musim hujan.

    Selain itu, sejumlah fenomena yang berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem juga diperkirakan akan terjadi pada periode tersebut.

    “Saat ini kita sedang memasuki musim hujan, dan puncak musim hujan di sebagian wilayah di Sumatera dan Jawa itu ada di bulan Desember akhir. Kemudian di sebagian wilayah tersebut mengalami puncak musim hujan di bulan Januari,” ujarnya.

    “Artinya selama mudik Nataru ini kebetulan berada atau menuju puncak musim hujan,” imbuhnya.

    Tak hanya puncak musim hujan, wilayah barat Indonesia juga akan semakin basah oleh adanya fenomena La Nina lemah. Menurut Dwikorita, dua fenomena itu, puncak musim hujan dan La Nina, bisa berdampak pada skenario terburuk curah hujan ekstrem hingga banjir bandang.

    Kondisi ini juga diperparah oleh pergerakan seruak udara dingin dari dataran tinggi Siberia.

    Dwikorita menjelaskan seruak dingin menyebabkan terjadinya angin kencang, gelombang tinggi, dan peningkatan curah hujan. Kecepatan angin dan peningkatan gelombang tinggi ini akan terjadi terutama di Laut Natuna.

    Pada kasus paling ringan, seruak dingin tersebut adalah terganggunya aktivitas pelayaran. Dwikorita mencontohkan bagaimana seruak dingin pada 2022 mengganggu aktivitas penyeberangan di pelabuhan.

    Sementara itu, skenario terburuknya adalah potensi banjir parah, mengulang bencana banjir Jakarta yang terjadi pada Januari 2020.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Pastikan Saldo Cukup, Tak Ada Diskon Tol Saat Libur Nataru 2024

    Pastikan Saldo Cukup, Tak Ada Diskon Tol Saat Libur Nataru 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Perusahaan pelat merah urusan jalan tol, Jasa Marga, menyatakan tak memberi diskon tarif jalan tol semasa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Bagi Anda yang ingin berkendara melintasi jalan tol akhir tahun ini pastikan saldo kartu uang elektronik cukup.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan keputusan itu mempertimbangkan pengeluaran biaya cukup besar untuk pelebaran jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan fungsional jalan-jalan tol.

    “Tadi lebih dari 120 km jalan tol yang difungsionalkan, itu perlu biaya juga untuk memfungsionalkan, sehingga untuk Natal-Tahun Baru kali ini kita tidak memberikan diskon, karena untuk biaya memfungsionalkan ini juga cukup besar. Disamping itu trafiknya sebenarnya juga tidak sebanyak kalau Lebaran,” jelas Subakti saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/12), diberitakan Antara.

    Subakti, yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), mengatakan biasanya Jasa Marga mempertimbangkan diskon tarif jalan tol saat Lebaran. Sebelum melakukan itu dia bilang akan berdiskusi dengan ATI.

    Perusahaan konstruksi dan investasi milik negara, Hutama Karya, menjelaskan diskon tarif tol perlu kesepakatan dengan ATI dan merupakan inisiatif masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Jadi ada kemungkinan BUJT menerapakan diskon, sementara ada pula yang tidak.

    “Dari Hutama Karya saya kira diskon tarif tol juga sama, seperti yang disampaikan oleh Bapak Direktur Utama Jasa Marga tadi. Jadi diskon ini perlu kesepakatan bersama dengan ATI,” ujar Direktur Hutama Karya Budi Harto.

    Salah satu alasan utama BUJT menerapkan diskon tarif jalan tol adalah untuk mengurangi kemacetan di gerbang tol.

    Kementerian Perhubungan telah menyampaikan potensi pergerakan masyarakat saat libur Nataru mencapai 110,67 juta orang.

    Pilihan moda transportasi diprediksi kendaraan pribadi sebesar hingga 53,78 persen atau 59,52 juta unit, yang terdiri dari 39,2 juta mobil dan 19,6 juta motor. Sisanya menggunakan bus, kereta api, pesawat dan kapal penyeberangan.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Pastikan Saldo Cukup, Tak Ada Diskon Tol Saat Libur Nataru 2024

    Pastikan Saldo Cukup, Tak Ada Diskon Tarif Tol Saat Libur Nataru 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Perusahaan pelat merah urusan jalan tol, Jasa Marga, menyatakan tak memberi diskon tarif jalan tol semasa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Bagi Anda yang ingin berkendara melintasi jalan tol akhir tahun ini pastikan saldo kartu uang elektronik cukup.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan keputusan itu mempertimbangkan pengeluaran biaya cukup besar untuk pelebaran jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan fungsional jalan-jalan tol.

    “Tadi lebih dari 120 km jalan tol yang difungsionalkan, itu perlu biaya juga untuk memfungsionalkan, sehingga untuk Natal-Tahun Baru kali ini kita tidak memberikan diskon, karena untuk biaya memfungsionalkan ini juga cukup besar. Disamping itu trafiknya sebenarnya juga tidak sebanyak kalau Lebaran,” jelas Subakti saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/12), diberitakan Antara.

    Subakti, yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), mengatakan biasanya Jasa Marga mempertimbangkan diskon tarif jalan tol saat Lebaran. Sebelum melakukan itu dia bilang akan berdiskusi dengan ATI.

    Perusahaan konstruksi dan investasi milik negara, Hutama Karya, menjelaskan diskon tarif tol perlu kesepakatan dengan ATI dan merupakan inisiatif masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Jadi ada kemungkinan BUJT menerapakan diskon, sementara ada pula yang tidak.

    “Dari Hutama Karya saya kira diskon tarif tol juga sama, seperti yang disampaikan oleh Bapak Direktur Utama Jasa Marga tadi. Jadi diskon ini perlu kesepakatan bersama dengan ATI,” ujar Direktur Hutama Karya Budi Harto.

    Salah satu alasan utama BUJT menerapkan diskon tarif jalan tol adalah untuk mengurangi kemacetan di gerbang tol.

    Kementerian Perhubungan telah menyampaikan potensi pergerakan masyarakat saat libur Nataru mencapai 110,67 juta orang.

    Pilihan moda transportasi diprediksi kendaraan pribadi sebesar hingga 53,78 persen atau 59,52 juta unit, yang terdiri dari 39,2 juta mobil dan 19,6 juta motor. Sisanya menggunakan bus, kereta api, pesawat dan kapal penyeberangan.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Jasa Marga sesuaikan SOP lalin tol saat libur Natal dan tahun baru

    Jasa Marga sesuaikan SOP lalin tol saat libur Natal dan tahun baru

    Sumber Foto: Antara

    Jasa Marga sesuaikan SOP lalin tol saat libur Natal dan tahun baru
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 10 Desember 2024 – 20:25 WIB

    Elshinta.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan standar operasi prosedur atau SOP rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow di jalan tol terus mengalami penyesuaian berdasarkan masukan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Korlantas Polri.

    “Untuk mendukung Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Angkutan Natal 2024 Dan Tahun Baru 2025, terutama pada saat sibuk diperlukan misalnya contraflow atau one way, kita melakukan penyesuaian SOP kita dengan berbagai macam,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur di Jakarta, Selasa (10/12).

    Menurut dia, SOP ini sudah dilakukan penyesuaian semua secara detail mengacu pada teori-teori pengaturan management traffic terkini.

    Selain itu, melalui teknologi informasi yang dikembangkan Jasa Marga termasuk deteksi insiden ketika ada yang mogok mendadak maka bisa langsung direspons.

    “Jadi memang SOP-nya sudah kita lakukan penyesuaian dan kita juga sudah uji cobakan bersama Korlantas Polri,” kata Subakti Syukur.

    SOP tersebut terus menerus dilakukan penyesuaian berdasarkan masukan dari KNKT dan Korlantas Polri, kemudian diratifikasi oleh Kementerian Perhubungan.

    Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) secara resmi telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Angkutan Natal 2024 Dan Tahun Baru 2025. Pada SKB tersebut memuat pengaturan lalu lintas di libur natal dan tahun baru mendatang.

    Pada momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 diprediksi sekitar 110 juta orang akan melakukan pergerakan yang sebagian besar tujuannya adalah berlibur.

    “Saat libur nataru nanti akan ada pengaturan lalu lintas yang meliputi sistem satu arah (one way), dan sistem lajur pasang surut/tidal flow (contra flow),” ujar Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Ahmad Yani.

    Ia menambahkan hal tersebut dilakukan demi menciptakan kelancaran arus lalu lintas agar semua masyarakat yang berpergian merasakan kenyamanan dan keamanan dengan mengutamakan keselamatan.

    Sumber : Antara

  • Video : Kemenhub Uji Kelaikan Konversi Motor Bensin Jadi Listrik

    Video : Kemenhub Uji Kelaikan Konversi Motor Bensin Jadi Listrik

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kemenhub, melakukan pengujian massal terhadap sepeda motor listrik hasil konversi dari motor berbahan bakar bensin. Pengujian massal ini dilakukan untuk mendorong percepatan program konversi motor dari motor bensin jadi motor listrik.

    Selengkapnya dalam program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (10/12/2024).

  • Kemenhub Bantu Evakuasi Korban Kapal Fajar Lorena yang Tenggelam, 2 Tewas 1 Hilang

    Kemenhub Bantu Evakuasi Korban Kapal Fajar Lorena yang Tenggelam, 2 Tewas 1 Hilang

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) membantu proses evakuasi tenggelamnya KLM Fajar Lorena di perairan Sepudi-Situbondo. Tercatat, 2 orang penumpang tewas dan 1 penumpang lainnya masih hilang. 

    Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Aprilyanto mengatakan Kapal yang mengangkut 61 penumpang tenggelam akibat kerusakan pada papan belakang yang dihantam ombak. Insiden ini menyebabkan dua korban meninggal dunia, satu kritis, dan satu masih dalam pencarian.

    “DJPL melalui KPLP langsung berkoordinasi dengan KSOP Panarukan, Polairud, BPBD, TNI AL, dan tenaga kesehatan untuk memastikan keselamatan korban serta mempercepat proses evakuasi,” kata Herland dalam keterangan resmi, Selasa (10/12/2024). 

    Dia menambahkan bahwa seluruh korban yang selamat kini telah menerima pemeriksaan medis dan pendataan di Pelabuhan Jangkar. 

    Herland menjelaskan kronologi tenggelamnya KLM Fajar Lorena. Sekitar pukul 10.00 WIB KLM Fajar Lorena yang berangkat dari Pelabuhan Sapudi menuju Pelabuhan Kalbut Desa Pecinan kec Mangaran, Kab. Situbondo dengan membawa penumpang.

    Pukul 12.00 WIB KLM Fajar Lorena mengalami papan belakang bocor disebabkan dihantam ombak yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam, kemudian dievakuasi oleh kapal tanker milik pertamina yang kebetulan melintas di Perairan Sapudi kemudian dievakuasi menuju ke Pelabuhan Jangkar.

    Herland mengungkapkan Kapal Patroli KPLP KN.P 498 milik KSOP Panarukan langsung dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang dari Kapal Tanker Pertamina menuju Pelabuhan Jangkar.

    “Pukul 16.05-18.22 WIB penumpang dievakuasi dari Kapal Tanker Pertamina ke KN.P 498 dan KLM Barokah, kemudian dibawa ke Pelabuhan Jangkar dan bekerja sama dengan RSUD Asembagus, Puskesmas Jangkar, dan fasilitas kesehatan setempat untuk memberikan perawatan kepada korban,” ungkapnya.