Kementrian Lembaga: Kementerian Perhubungan

  • Pertamina Proyeksi Kebutuhan Bensin Saat Libur Nataru Naik 5 Persen

    Pertamina Proyeksi Kebutuhan Bensin Saat Libur Nataru Naik 5 Persen

    Bekasi, Beritasatu.com – Pertamina Patra Niaga, subholding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero) memproyeksi konsumsi atau kebutuhan atau BBM gasoline (untuk kendaraan mesin bensin) naik sebesar 5% dan konsumsi LPG meningkat 2,7% saat libur Natal dan Tahun Baru 2025 (nataru).

    “Bahwa untuk (kebutuhan) gasoline (bensin) ini akan ada peningkatan, kami prediksikan sebesar 5% kemudian (konsumsi) gasoil ini memang turun 3,3% dan untuk LPG memang akan ada peningkatan sebesar 2,7%,” ujar Corporate Secretary Subholding Commercial & Trading Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari saat jumpa pers di SPBG PGN Pondok Ungu, Bekasi, Kamis (19/12/2024).

    Dia menjelaskan, sesuai proyeksi Kementerian Perhubungan akan ada pergerakan masyarakat saat libur nataru sekitar 109 juta orang. Untuk itu, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang beroperasi 16 Desember 2024 sampai 9 Januari 2025, termasuk mengantisipasi kebutuhan bensin nataru.

    Heppy menjelaskan, Pertamina telah menyiapkan 7.600 SPBU yang tersebar di Indonesia dan 1.820 SPBU yang beroperasi selama 24 jam di sejumlah wilayah tertentu untuk mengantisipasi kebutuhan bensin nataru.

    “Khusus untuk wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik dan wisata, alur jalur tol, atau beberapa wilayah rawan bencana, kami menyiagakan 1.820 SPBU dan ini akan stand by selama 24 jam tersebar dari Medan sampai Papua,” papar Heppy.

    Heppy menuturkan, pihaknya memaksimalkan pelayanan Serambi MyPertamina, yakni fasilitas tempat singgah sementara yang akan hadir di luar SPBU, bandara, dan pelabuhan. “Yang pasti kami melihat bahwa nataru ini adalah momen spesial, oleh karena itu kami ingin berbagi layanan kepada masyaraka,” imbuhnya.

    Selain itu, Heppy menyampaikan, pihaknya menyiapkan fasilitas motoris untuk memberikan pelayanan antar bahan bakar kepada pengendara yang mengalami kesulitan menuju SPBU karena terjebak kemacetan, termasjk mengantisipasi kebutuhan bensin nataru.

    “Kami menyiapkan sekitar 245 motoris, tersebar di seluruh wilayah jalur mudik tidak hanya di Trans-Jawa karena nataru ini akan banyak fokusnya di luar Jawa, seperti Medan. Di Kalimantan ada di Pontianak dan beberapa wilayah Indonesia timur,” tutur Heppy.

    Untuk memenuhi kebutuhan bensin nataru, Heppy menyampaikan, Pertamina menyiapkan 4.442 outlet LPG siaga, 207 mobil tangki stand by, dan 56 kiosk layanan BBK khusus untuk Pertamax dan Pertamina Dex.

  • BPH Migas Buka Posko BBM Cs Natal & Tahun Baru Sampai 7 Januari 2025

    BPH Migas Buka Posko BBM Cs Natal & Tahun Baru Sampai 7 Januari 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) resmi membuka posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 yang akan bertugas selama 20 hari dimulai pada hari ini, Kamis (19/12/2024) hingga tanggal 7 Januari 2025 mendatang.

    BPH Migas sendiri, ditunjuk oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Posko Nataru 2024/2025 untuk sektor ESDM. Posko ini bertugas untuk melakukan koordinasi pengawasan, penyediaan, pendistribusian bahan bakar minyak (BBM), gas, listrik, serta antisipasi kebencanaan geologi untuk mengamankan momen Nataru 2024/2025.

    “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, posko nasional Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 secara resmi dimulai,” ujar Erika dalam Konferensi Pers Pembukaan Posko Nataru 2024/2025, di Kantor BPH Migas, Jakarta, Kamis (19/12/2024).

    Erika mengungkapkan, bahwa pihaknya bekerja sama dengan berbagai Kementerian hingga badan usaha di sektor ESDM untuk mengamankan pasokan selama Nataru 2024/2025 berlangsung.

    “Sinergitas ini tentu bukan hanya internal anggota Posko, tapi juga termasuk sinergitas dengan stakeholder lainnya, terkait dengan adanya rute-rute yang dilakukan pembatasan ataupun titik-titik kemacetan. Kemudian Kementerian Perhubungan, baik perhubungan darat, laut, dan udara, terkait dengan peningkatan aktivitas pergerakan orang dengan transportasi umum maupun dengan kendaraan pribadi,” jelasnya.

    Migas

    Khusus untuk sektor minyak dan gas bumi (migas), Erika menyebutkan pihaknya bersama dengan PT Pertamina (Persero) telah menyiagakan fasilitas berupa 115 terminal BBM, 7.786 SPBU, 414 SPBUN, 55 SPBG, 6.802 Pertashop, 357 Agen Minyak Tanah, dan 71 DPPU, hingga tambahan fasilitas di wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi.

    “Secara umum kondisi ketahanan stok BBM aman, baik gasoline, gasoil, kerosin maupun avtur, dengan ketahanan stok di angka antara 18 sampai 20 hari,” ungkapnya.

    Erika memproyeksikan bahwa penyaluran BBM selama Nataru 2024/2025 di Indonesia akan mengalami peningkatan. Misalnya, pada jenis BBM bensin akan meningkat konsumsinya sebesar 5%, konsumsi BBM untuk penerbangan (avtur) meningkat 6,9%. Sedangkan, untuk jenis solar diproyeksi konsumsinya akan menurun sebesar 3,3%.

    Selain BBM, Erika menyebutkan pihaknya juga menyiagakan sebanyak 32 terminal LPG, 740 SPPBE, dan 6.478 Agen LPG.

    “Prognosa ketahanan stok LPG nasional dalam kondisi aman dengan coverage day LPG rata-rata 17,12 hari. Kondisi stok LPG dipertahankan tetap stabil selama periode Natal dan Tahun Baru, serta menyiapkan agen dan pangkalan LPG siaga 24 jam, khususnya di wilayah dengan demand tinggi,” paparnya.

    Sedangkan untuk gas bumi, lanjut Erika, pihaknya memproyeksikan kebutuhan masyarakat akan meningkat mencapai 853 BBTUD kepada 3.265 pelanggan komersial dan industri, 2.508 pelanggan kecil, 810.000 pelanggan rumah tangga jargas.

    “Serta pelanggan power termasuk PLN Group dengan mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur gas bumi lebih dari 32.000 km jaringan pipa gas, 13 SPBG, 3 MRU, dan 3 LNG terminal yang dikelola oleh PGN dalam kondisi andal dan aman,” jelasnya.

    Kelistrikan

    Selain sektor migas, Erika memastikan ketersediaan listrik selama momen Nataru 2024/2025. Dia memastikan sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan, dan sebagian besar Indonesia Timur pada periode Nataru dalam kondisi aman.

    “Ditjen Ketenagalistrikan dan PT PLN Persero meningkatkan kesiagaan semua unit kerja untuk menjaga keandalan dan kualitas pasokan listrik dengan menyiapkan prosedur operasi periode siaga Natal 2024 dan Tahun Baru 2025,” katanya.

    Kebencanaan

    Selain pasokan energi, BPH Migas juga melakukan penyiagaan sektor kebencanaan khususnya pada wilayah rawan bencana dan titik ramai pengunjung di lokasi wisata.

    “Daerah wisata yang menjadi destinasi masyarakat, jalur lintas utama maupun logistik serta wilayah rawan kemacetan maupun rawan bencana,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Erika menyebutkan pihaknya juga sudah membentuk tim tanggap darurat untuk respon cepat potensi kebencanaan yang siaga selama 24 jam.

    “Telah dibentuk juga tim tanggap darurat bencana geologi yang akan merespon dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam. Dan juga meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif,” tandasnya.

    (pgr/pgr)

  • Pelni siapkan layanan mudik gratis di libur Natal dan Tahun Baru 2025

    Pelni siapkan layanan mudik gratis di libur Natal dan Tahun Baru 2025

    Kalabahi, Alor (ANTARA) – PT Pelni (Persero) menyiapkan pelayanan mudik gratis pada libur Natal dan Tahun Baru 2025 secara nasional, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Mudik gratis itu akan membawa penumpang ke pelabuhan tujuan yang ditetapkan dalam arus mudik gratis, kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelni (Persero) Anik Hidayati kepada wartawan di Kalabahi, Alor, Kamis.

    “Pelni mendapat penugasan dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan untuk mudik gratis,” katanya terkait kesiapan angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Menurut dia, PT Pelni menyiapkan 3.100 tiket gratis untuk 13 lintasan pelayaran kapal penumpang Pelni. Setiap pelabuhan mendapat kuota tiket penumpang.

    Ke-13 rute pelayaran itu adalah Batam – Belawan, Manokwari – Sorong, Ende – Kupang, Bitung – Sorong, Timika – Tual, Tanjung Priok – Maumere, Jayapura – Serui, Jayapura – Biak, Makasar – Maumere, Makasar – Balikpapan, Jayapura – Nabire, Ambon – Tual.

    Masyarakat bisa memperoleh tiket melalui aplikasi Pelni secara daring atau bisa mendatangi kantor Pelni terdekat agar mendapat informasi mengenai syarat untuk pembelian tiket.

    Anik mengatakan saat ini terus dilakukan persiapan menjelang mudik terus dilakukan. Pemetaan bahkan sudah dilakukan pascapandemi Covid-19.

    “Kita sudah punya pola. Untuk wilayah-wilayah yang melakukan Natal kita akan melakukan beberapa perubahan yaitu re-load,” kata Anik.

    Dia menjelaskan bahwa beberapa kapal yang sebelumnya tidak melintasi rute itu telah diubah agar bisa melintas seperti dalam kesepakatan bersama Kementerian Perhubungan. Kapal itu akan mengambil rute pada saat Natal dan Tahun Baru.

    Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelni (Persero) Anik Hidayati (dua dari kanan) berbincang dengan Kepala Terminal Poin Pelni Kalahabi Alor Aris Andreas (kanan) saat meninggalkan KMP Kendhaga Nusantara 7. (ANTARA/HO-Bernadus Tokan)

    Secara keseluruhan ada 15 kapal yang berubah rute pelayaran. Adapun kapal-kapal itu adalah KM Ciremai, Dobonsolo, Ngapulu, Labobar, Dorolonda, Sinabung, Lambelu, Awu, Binaya.

    “Ada juga penambahan frekuensi pelayaran yaitu KM Kelud. Itu dari Jakarta, Batam dan Medan. Itu yang dari Batam ke Medan ini banyak. Sekarang dari Batam balik lagi ke Medan. Rute ini padat,” katanya.

    Kemudian perbantuan dua kapal yakni KM Lawit dan Tidar yang akan dipersiapkan mengisi rute-rute yang selama ini digunakan KM Umsini karena KM Umsini tahun ini tidak berlayar pascakejadian terbakar di Makasar.

    Program mudik gratis itu, kata dia, setiap tahun selalu ada. Selain Natal dan Tahun Baru ada juga untuk lebaran.

    “Jumlahnya tiket gratis memang terbatas yang di bagi ke beberapa wilayah yang masyarakatnya merayakan hari raya keagamaan,” kata Anik Hidayati.

    Pewarta: Bernadus Tokan
    Editor: Indra Arief Pribadi
    Copyright © ANTARA 2024

  • Xanh SM Resmi Luncurkan Taksi Listrik di Indonesia

    Xanh SM Resmi Luncurkan Taksi Listrik di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Xanh SM Green and Smart Mobility secara resmi meluncurkan layanan taksi listriknya, Xanh SM, di Indonesia. Langkah ini merupakan bagian dari strategi global perusahaan, ‘Go Green Global’, untuk mempercepat adopsi mobilitas berkelanjutan.

    Peluncuran ini menjadikan Indonesia negara ketiga di Asia Tenggara yang menjadi rumah bagi Xanh SM, setelah Vietnam dan Laos.

    CEO Global GSM, Nguyen Van Thanh, menyatakan bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat menjanjikan, dengan peralihan menuju solusi mobilitas hijau dan cerdas yang semakin cepat. Komitmen Indonesia yang jelas untuk mencapai Net Zero pada 2060 sangat selaras dengan misi mereka untuk memimpin elektrifikasi transportasi global.

    “Kami yakin Xanh SM akan memberikan pengalaman transportasi premium bagi masyarakat Indonesia sekaligus mendorong gerakan lebih besar menuju mobilitas hijau di seluruh dunia, menciptakan masa depan berkelanjutan bagi semua,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/12).

    Memulai operasinya di Indonesia, Xanh SM diposisikan secara strategis untuk memenuhi lonjakan permintaan perjalanan selama musim Tahun Baru 2025. Perusahaan pun berkomitmen memberikan pengalaman mobilitas bintang lima melalui ‘5 Janji Hijau’ yang diterapkan di seluruh pasar.

    Kelima janji tersebut antara lain Pengalaman yang Unggul, Pengemudi Profesional, Kendaraan Berkualitas Tinggi, Harga Terjangkau, dan Kepedulian terhadap Lingkungan.

    Seluruh armada terdiri dari mobil listrik VinFast Limogreen, menawarkan perjalanan bebas emisi, tanpa kebisingan, dan bebas bau bahan bakar, yang menjamin kenyamanan, keamanan, dan keunggulan ramah lingkungan di setiap perjalanan.

    Sebagai pelopor industri taksi listrik, Xanh SM juga siap menetapkan standar kualitas dan keandalan di pasar ride-hailing Indonesia yang dinamis.

    Dengan memanfaatkan armada kendaraan listrik modern dan tim pengemudi profesional yang terlatih, Xanh SM akan berkontribusi pada transisi Indonesia menuju transportasi listrik, sekaligus meningkatkan standar kualitas layanan dalam industri ride-hailing regional.

    Peluncuran Xanh SM di Indonesia. (Foto: Arsip VinFast)

    Deputi Pengembangan Iklim Investasi Kementerian Investasi/BKPM Indonesia, Riyatno, menyampaikan bahwa dalam upaya mempercepat transisi menuju energi bersih, layanan seperti ini memainkan peran penting dalam mengurangi emisi, meningkatkan kualitas udara, dan mendukung tujuan ekonomi rendah karbon yang berkelanjutan.

    “Saya yakin peluncuran ini akan menginspirasi lebih banyak investasi dalam ekonomi hijau, menciptakan peluang inovasi, lapangan kerja, dan kualitas hidup yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia,” harap dia.

    Dia melanjutkan, tentunya pekerjaan ini tidak berhenti di sini. Menurutnya ini baru langkah awal, dan ia berharap Xanh SM terus tumbuh dan memberikan kontribusi pada tujuan yang lebih besar untuk membangun ekonomi hijau yang tangguh bagi Indonesia.

    Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Ta Van Thong, menambahkan bahwa mereka berharap perdagangan dua arah antara Vietnam dan Indonesia mencapai US$15 miliar, selaras dengan target yang dicanangkan para pemimpin negara sebesar US$18 miliar dalam beberapa tahun ke depan.

    “Ada minat yang kuat dari perusahaan-perusahaan Vietnam untuk berbisnis di Indonesia. Saya percaya Indonesia adalah tanah yang baik, dan burung-burung akan datang ke tanah yang baik. Saya berharap dengan kesuksesan VinFast dan Xanh SM, banyak perusahaan Vietnam akan mengikuti jejak mereka untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang makmur,” paparnya.

    Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Tatan Rustandi, perwakilan pemerintah daerah, perwakilan Kedutaan Besar Laos, Uzbekistan, Timor-Leste, Serbia, India, dan Sri Lanka di Indonesia, serta hampir 100 mitra strategis Xanh SM.

    Calon pelanggan di Indonesia dapat merasakan masa depan mobilitas listrik dengan mengunduh aplikasi Xanh SM di App Store iOS atau Google Play Android. Selain itu layanan ini juga bisa didapatkan dengan menghubungi hotline di 14068, memanggil taksi dengan lampu hijau di jalan atau di lokasi parkir umum di Jakarta.

    Dalam rangka merayakan peluncurannya, Xanh SM juga menawarkan diskon 30% (hingga IDR 50.000) untuk dua perjalanan per hari, berlaku selama lima hari dari 18 hingga 22 Desember 2024. Pelanggan di Jakarta kini dapat menikmati layanan taksi listrik yang inovatif dengan aplikasi ride-hailing yang modern dan cerdas.

    Sebagai informasi, sejak diluncurkan di Vietnam pada April 2023, Xanh SM dengan cepat menjadi pemimpin transportasi hijau di tingkat regional. Ekspansi ke Indonesia ini menandai langkah maju yang signifikan, memperkuat visinya untuk ‘Go Green Global’ dan mengukuhkan statusnya sebagai simbol inovasi dan keberlanjutan dalam industri ini.

    (rir/rir)

  • Menteri ATR Akan Temui Sultan HBX Bahas Lahan Keraton yang Diklaim KAI

    Menteri ATR Akan Temui Sultan HBX Bahas Lahan Keraton yang Diklaim KAI

    Yogyakarta, CNN Indonesia

    Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Nusron Wahid bakal menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait polemik gugatan Keraton Yogyakarta senilai Rp1.000 kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI).

    Keraton sebelumnya telah melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Yogyakarta menyangkut kepemilikan tanah yang diklaim sebagai aset PT KAI.

    “Kita akan bicara dengan Kanjeng Sultan mengenai masalah implementasi hak-hak atas tanah di Yogyakarta,” kata Nusron di Kantor PP Muhammadiyah, Kota Yogyakarta, Rabu (18/12).

    Nusron menuturkan, pihaknya akan membicarakan perihal tanah di Yogyakarta, utamanya yang berstatus bukan tanah Keprabon.

    Tanah Keprabon adalah lahan Kasultanan yang dipakai untuk bangunan istana beserta kelengkapannya.

    “Yang tanah Keprabon itu, secara isu sudah selesai. Memang itu haknya Kanjeng Sultan,” imbuh Nusron.

    Walau begitu, Nusron mengakui ada selisih tafsir mengenai pengaturan tanah bukan Keprabon di Yogyakarta antara isi Undang-undang Pokok Agraria dan Undang-Undang (UU) Keistimewaan.

    “Karena terjadi selisih tafsir, maka kita perlu bicara antara Menteri BPN dengan Kanjeng Sultan. Akan kami agendakan secara lebih lanjut, termasuk tanah KAI yang menyangkut tanah bukan Keprabon,” ujar Nusron.

    Sultan HB X sendiri beberapa waktu lalu mengklaim gugatan terkait kepemilikan tanah yang diklaim PT. KAI dilayangkan berdasarkan kesepakatan antara Keraton Yogyakarta dan para pihak tergugat.

    Sultan menuturkan, pihaknya sudah sejak lama berkomunikasi dengan PT KAI soal aset milik Keraton Yogyakarta berupa lima bidang tanah berstatus Tanah Kasultanan (Sultan Ground) yang dicatat sebagai aktiva tetap BUMN penyelenggara jasa perkeretapaian itu.

    Maksud dari pembicaraan itu adalah guna penghapusbukuan atau pembatalan status aset Keraton Yogyakarta yang diklaim sebagai aktiva tetap PT KAI.

    “(Komunikasi) tidak hanya PT KAI, kejaksaan, Mahkamah Agung, (Kementerian) Keuangan semua sudah. Tapi tidak berani membatalin (status aset),” kata Sultan ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (15/11).

    Raja Keraton Yogyakarta itu mengatakan penghapusbukuan status aset hanya bisa dilakukan lewat putusan pengadilan. Sehingga, atas dasar kesepakatan para pihak terkait maka diputuskan pengajuan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta, Oktober 2024 lalu.

    “Prosesnya sudah lama, ya kalau mereka ndak sepakat ya saya ndak ke pengadilan,” katanya.

    Setelah penghapusbukuan berdasarkan putusan pengadilan, maka seluruh aset PT KAI yang dibangun di atas objek perkara akan tercatat statusnya sebagai Hak Guna Bangunan (HGB). Sultan tak mempermasalahkan Tanah Kasultanan dipakai oleh BUMN asal tertib administrasi.

    “Jadi nanti yang terjadi (usai putusan pengadilan) itu kira-kira PT KAI punya aset, HGB di atas Sultan Ground. Udah itu aja,” sambung Gubernur DIY itu.

    Sementara, kata Sultan, nominal tuntutan ganti rugi Rp1.000 kepada pihak tergugat hanya sebatas formalitas semata.

    “Ya harus ada kerugian, kalau tidak gimana, itu kan aspek hukumnya,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Keraton Yogyakarta melayangkan gugatan ke PN Yogyakarta terkait kepemilikan tanah yang diklaim sebagai aset PT KAI. Dalam gugatannya, mereka turut menuntut ganti rugi sebesar Rp1.000 kepada PT KAI.

    Dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Yogyakarta, perkara ini teregister dengan nomor 137/Pdt.G/2024/PN Yyk tertanggal 17 Oktober 2024.

    Gugatan ini diajukan Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang juga putri Sultan HB X, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono. Sebab klausul PT KAI mencatatkan aktiva tetap nomor ID aset 06.01.00053 nomor AM 400100002010 atas tanah emplasemen Stasiun Tugu Yogyakarta lintas Bogor-Yogyakarta KM 541+900-542+600 seluas 297.192 meter persegi.

    Dalam hal ini, penggugat memohon agar pengadilan menerima serta mengabulkan gugatan seluruhnya, dan menyatakan penggugat memiliki hak atas tanah di emplasemen Stasiun Tugu.

    Selain PT KAI sebagai tergugat I, ada pula Kementerian BUMN RI tergugat II. Sementara pihak turut tergugat meliputi Kantor Pertanahan BPN Kota Yogyakarta, Kementerian Keuangan RI dan Kementerian Perhubungan RI.

    (kum/kid)

  • ASTRA Infra sambut Nataru 2024/2025 dengan kenyamanan dan layanan optimal

    ASTRA Infra sambut Nataru 2024/2025 dengan kenyamanan dan layanan optimal

    Sumber foto: Yohanes Charles/elshinta.com.

    ASTRA Infra sambut Nataru 2024/2025 dengan kenyamanan dan layanan optimal
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Rabu, 18 Desember 2024 – 16:34 WIB

    Elshinta.com – Menjelang musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, kegembiraan keluarga yang merencanakan perjalanan menjadi pemandangan yang kerap terlihat. 

    Tidak hanya sekadar mencapai destinasi, pengalaman perjalanan darat yang nyaman dan aman menjadi prioritas utama. Dengan meningkatnya intensitas curah hujan di penghujung tahun, persiapan matang—seperti pengecekan kendaraan, kesiapan fisik pengemudi, dan saldo uang elektronik—menjadi langkah penting demi kelancaran perjalanan.

    Sebagai pengelola infrastruktur jalan tol terkemuka, ASTRA Infra hadir untuk menjadikan momen Nataru tahun ini lebih ceria dan berkesan. 

    Beragam upaya telah disiapkan guna memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran lalu lintas. Mulai dari kesiapan kondisi jalan, tim petugas yang siaga 24 jam, pengelolaan rest area, hingga koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Korlantas Polri, dan Kementerian Perhubungan.

    Wakil Menteri Pekerjaan Umum RI, Ir. Diana Kusumastuti, M.T., menyampaikan apresiasinya dalam acara Media Gathering Nataru 2024/2025 yang digelar oleh ASTRA Infra di Jakarta. 

    “Layanan tanggap dan kesiapsiagaan petugas 24 jam dari ASTRA Infra diharapkan mampu menciptakan perjalanan liburan yang lancar, aman, dan menyenangkan,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta Y. Charles, Rabu (18/12). 

    ASTRA Infra memprediksi arus kendaraan selama libur Nataru akan mencapai 5,4 juta unit, meningkat 2,1% dibandingkan tahun lalu. Untuk itu, ASTRA Infra telah menyiagakan lebih dari 800 petugas lapangan, 90 kendaraan operasional (patroli, derek, ambulans, rescue), serta lebih dari 500 unit CCTV yang terintegrasi dengan 7 traffic counter dan pusat komunikasi 24 jam.

    Untuk mendukung kenyamanan pengendara, 29 rest area di seluruh ruas tol ASTRA Infra telah dipastikan siap melayani kebutuhan pengguna, mulai dari fasilitas dasar seperti toilet, tempat makan, SPBU, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). 

    Lokasi SPKLU ini tersebar di ruas Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Semarang-Solo, dan Tol Jombang-Mojokerto.

    Firman Yosafat Siregar, Group CEO ASTRA Infra, menegaskan komitmennya, melalui kampanye Nataru Ceria, pihaknya berupaya menghadirkan layanan cepat tanggap, ramah, dan informatif demi menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Antisipasi Bencana, Kantor SAR Jakarta Gelar Latihan Gabungan Mulai Basarnas hingga Pengelola Gedung – Page 3

    Antisipasi Bencana, Kantor SAR Jakarta Gelar Latihan Gabungan Mulai Basarnas hingga Pengelola Gedung – Page 3

    Sebelumnya, Polri akan menggelar Operasi Lilin 2024 mulai dari 21 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. Sebanyak 141.605 personel gabungan dikerahkan.

    Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menyatakan Operasi Lilin bertujuan memastikan keamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat selama perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Kegiatan ini adalah upaya kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan menjalankan aktivitas, baik untuk ibadah, perjalanan mudik, maupun rekreasi. Dengan dukungan 141.605 personel gabungan, Polri akan memberikan pengamanan di berbagai titik keramaian yang menjadi pusat aktivitas masyarakat,” kata Sandi dalam keterangannya, Rabu (18/12/2024).

    Sandi mengatakan, Operasi Lilin 2024 berlangsung selama 13 hari. Sandi kemudian mengutip data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    Di mana, potensi pergerakan masyarakat dengan berbagai moda transportasi pada Natal dan Tahun Baru kali ini diprediksi mencapai 110,67 juta orang.

    Angka ini mengalami peningkatan sebesar 2,83 persen atau sekitar 3,04 juta orang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Lonjakan ini diprediksi akan terjadi pada puncak arus mudik tanggal 21 dan 28 Desember 2024, serta puncak arus balik pada 29 Desember 2024 dan 1 Januari 2025.

    “Melihat tingginya mobilitas masyarakat, rekayasa lalu lintas seperti contra flow dan one way akan diterapkan di sejumlah titik sesuai kebutuhan. Strategi ini telah terbukti efektif dalam Operasi Ketupat 2024 dan akan kembali digunakan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik,” ujar dia.

     

  • Amankan Natal dan Tahun Baru, 141.605 Personel Disiapkan dalam Operasi Lilin 2024 – Page 3

    Amankan Natal dan Tahun Baru, 141.605 Personel Disiapkan dalam Operasi Lilin 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Polri akan menggelar Operasi Lilin 2024 mulai dari 21 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. Sebanyak 141.605 personel gabungan dikerahkan.

    Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menyatakan Operasi Lilin bertujuan memastikan keamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat selama perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Kegiatan ini adalah upaya kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan menjalankan aktivitas, baik untuk ibadah, perjalanan mudik, maupun rekreasi. Dengan dukungan 141.605 personel gabungan, Polri akan memberikan pengamanan di berbagai titik keramaian yang menjadi pusat aktivitas masyarakat,” kata Sandi dalam keterangannya, Rabu (18/12/2024).

    Sandi mengatakan, Operasi Lilin 2024 berlangsung selama 13 hari. Sandi kemudian mengutip data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    Di mana, potensi pergerakan masyarakat dengan berbagai moda transportasi pada Natal dan Tahun Baru kali ini diprediksi mencapai 110,67 juta orang.

    Angka ini mengalami peningkatan sebesar 2,83 persen atau sekitar 3,04 juta orang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Lonjakan ini diprediksi akan terjadi pada puncak arus mudik tanggal 21 dan 28 Desember 2024, serta puncak arus balik pada 29 Desember 2024 dan 1 Januari 2025.

    “Melihat tingginya mobilitas masyarakat, rekayasa lalu lintas seperti contra flow dan one way akan diterapkan di sejumlah titik sesuai kebutuhan. Strategi ini telah terbukti efektif dalam Operasi Ketupat 2024 dan akan kembali digunakan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik,” ujar dia.

     

  • 110,6 Juta Masyarakat Diprediksi Padati Libur Nataru

    110,6 Juta Masyarakat Diprediksi Padati Libur Nataru

    loading…

    Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut sebanyak 110,6 juta masyarakat diprediksi bakal padati libur Nataru. Foto/SINDOnews/muhammad refi sandi

    JAKARTA – Korlantas Polri membagi tiga klaster strategi dalam pemetaan rawan kecelakaan dan kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) 2025 dengan Operasi Lilin sejak 21 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 mendatang. Diketahui berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan ada peningkatan mobilisasi masyarakat saat Nataru sebesar 2,80%.

    “Melihat survei dari Kementerian Perhubungan 2,80% artinya 110,6 juta masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan selama Libur Natal dan Tahun Baru 2025 ada yang berkegiatan ke tempat wisata, keagamaan, dan kegiatan rutin ada sekitar 40% penduduk Indonesia akan melakukan mobilisasi di jalan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan di Gedung NTMC Polri, Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu (18/12/2024).

    “Jadi setelah mendapat angka tadi kita melakukan survei ke jalan, jalan tol, jalan arteri, jalur menuju tempat wisata, dari penyeberangan, Bakaheuni-Merak sampai Ketapang-Gilimanuk sudah kita survei semua. Dan mendapatkan beberapa potensi kerawanan lalu lintas baik kecelakaan, kemacetan maupun pelambatan di jalur tersebut,” tambahnya.

    Irjen Pol Aan menyebut tiga klaster masih menjadi favorit masyarakat untuk pulang ke kampung halaman termasuk jalan tol dan telah dipetakan titik rawan kecelakaan dan kemacetan di ruas tol, arteri hingga jalur menuju tempat wisata termasuk penyeberangan kapal di Merak-Bakauheni maupun Ketapang-Gilimanuk.

    “Tiga klaster di jalan tol masih favorit masyarakat pulang kampung melalui jalan tol, rawan kecelakaan, rawan kemacetan. Kemudian arteri sudah kita survei ada beberapa potensi rawan kemacetan, kecelakaan kita sudah menyiapkan strategi termasuk jalur wisata juga demikian. Penyeberangan ini salah satu titik krusial terutama Jalur Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk dan beberapa penyeberangan di luar Jawa lainnya,” ucapnya.

    Sekadar informasi, wawancara ekslusif dengan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan dapat disaksikan dalam tayangan OneOnOne SINDOnewsTV pada Jumat, 20 Desember 2024 malam.

    (cip)

  • Awas Liburan Maut, Lakukan Ini Sebelum Beli Tiket Bus Pariwisata

    Awas Liburan Maut, Lakukan Ini Sebelum Beli Tiket Bus Pariwisata

    Jakarta, CNBC Indonesia – Hasil survey Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait potensi peregerakan nasional libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) menunjukkan, sebanyak 110,67 juta orang akan melakukan perjalanan. Sebanyak 45,68% atau 50,55 juta orang diantaranya melakukan perjalanan dengan alasan berlibur ke lokasi wisata.

    Survey itu menemukan, sebanyak 36,07% atau 39,92 juta akan melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi dan 17,71% atau 19,60 juta orang dengan sepeda motor pribadi.

    Selain itu, sebanyak 15,04% atau 16,65 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan menggunakan bus. Meski, jika menurut prediksi terkoreksi, potensi warga berlibur menggunakan bus selama libur Nataru 2024/2025 adalah 6,54 jut orang. Angka prediksi terkoreksi diperoleh setelah memperhitungkan realisasi di periode sama tahun sebelumnya.

    “Mobilitas masyarakat pada periode Nataru menunjukkan tingginya animo masyarakat yang bepergian di akhir tahun untuk mengunjungi tempat-tempat wisata karena periode tersebut bersamaan dengan liburan sekolah. Maka, keselamatan transportasi wisata harus benar-benar mendapat perhatian khusus,” kata Wakil Ketua Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat Djoko Setijowarno dalam keterangan diterima CNBC Indonesia, dikutip Rabu (18/12/2024). 

    “Warga yang akan menyewa bus wisata tidak hanya memperhatikan tarif sewa yang murah. Namun aspek fasilitas keselamatan perlu mendapat perhatian, seperti ketersediaan alat P3K, palu pemecah kaca, pemadam kebakaran, dan pintu darurat,” tambahnya.

    Menurut Djoko, sampai saat ini masih ada sejumlah bus yang tidak memiliki izin dan tidak melakukan uji kelayakan kendaraan bermotor atau kir.

    “Warga jangan terjebak dengan harga sewa yang murah, namun tidak memberikan layanan dan jaminan keselamatan. Pengemudi diminta yang mengetahui rute mencapai lokasi wisata yang dituju,” tegasnya.

    Pemerintah, lanjutnya, sebenarnya telah mengeluarkan kebijakan untuk menjamin keselamatan menggunakan transportasi wisata. Hal itu, diantaranya tercantum dalam Surat Edaran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No. SE/8/DI.01.01/MK/2022 tentang Keselamatan Transportasi Wisata.

    “Surat Edaran itu menyebutkan, pertama, pengguna jasa transportasi wisata (Biro Perjalanan Wisata dan Wisatawan) menggunakan transportasi wisata yang sesuai dengan persyaratan wisata yang sesuai dengan persyaratan teknis dan laik jalan serta memiliki perizinan resmi,” paparnya. 

    Kedua, agar tempat wisata dan taman rekreasi ikut serta mendukung dengan menyediakan tempat istirahat bagi pengemudi transportasi wisata.

    Ketiga, perusahaan jasa transportasi wisata melakukan pengecekan secara rutin pelaksanaan dan pengawasan terhadap penerapan sistem manajemen keselamatan. Keempat, perusahaan jasa transportasi wisata yang telah memiliki izin resmi memastikan telah melakukan pengutipan iuran wajib sebagai bentuk tanggung jawab dalam memberikan jaminan perlindungan dasar pada wisatawan yang menjadi korban kecelakaan penumpang umum. Kelima, perusahaan jasa transportasi wisata harus memperhatikan jumlah penumpang agar tidak melebihi kapasitas.

    Keenam, pemerintah daerah, asosiasi dan khususnya pengguna transportasi wisata serta seluruh pihak diharapkan turut membantu pengawasan terhadap penerapan standar manajemen keselamatan transportasi pada angkutan transportasi wisata dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat pelanggaran,” bebernya.

    “Keberhasilan pemerintah menyelenggarakan Nataru 2024/2025 akan menjadi modal awal persiapan membenahi penyelenggaraan musim mudik Lebaran 2025 yang berlangsung tidak lama lagi,” tukas Djoko.

    Foto: cara cek kelayakan bus. (Dok: https://mitradarat.dephub.go.id/ )
    cara cek kelayakan bus. (Dok: https://mitradarat.dephub.go.id/ )

    Cek Kelayakan Bus Pakai Cara Ini

    Mengutip situs resmi Kementerian Perhubungan, calon penumpang dapat melakukan pengecekan sendiri untuk memastikan bus pariwisata yang ditumpanginya layak jalan atau tidak.

    Salah satunya dengan meminta pengemudi menunjukkan surat Uji KIR dan kelengkapan kendaraan lainnya.

    Atau, pengecekan izin dan kelaikan armada bus juga bisa dilakukan melalui https://mitradarat.dephub.go.id/.

    Sebelumnya, melansir detikoto, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, kebanyakan sopir truk atau bus tidak dibekali pelatihan dalam menjalankan tugas profesinya.

    Jika melihat catatan peristiwa beberapa waktu lalu, kecelakaan maut melibatkan bus terjadi pada Sabtu (11/5/2024)pukul 18.45 WIB di Jalan Raya Kp. Palasari Ds. Palasari, Ciater, Subang, Jawa Barat.

    Kronologinya, bus Trans Putera Fajar yang bernomor polisi AD 7524 OG itu membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana, Depok. Bus yang mengarah dari Bandung menuju Subang itu tiba-tiba oleng ke arah kanan dan menabrak sepeda motor yang berada di jalur berlawanan dan bahu jalan sehingga bus terguling. 11 orang dilaporkan meninggal akibat kecelakaan itu.

    (dce/dce)