Kementrian Lembaga: kemenperin

  • Jurus MG Biar Dapat Insentif Mobil Hybrid dari Pemerintah

    Jurus MG Biar Dapat Insentif Mobil Hybrid dari Pemerintah

    Jakarta

    Mobil MG VS HEV belum bisa mendapatkan insentif pajak penjualan atas barang mewah. Sebab mobil tersebut masih diimpor utuh dari Thailand

    He Guowei atau disapa Alec, Chief Executive Officer MG Motor Indonesia mengikuti regulasi insentif mobil hybrid yang bakal diterbitkan di Indonesia.

    “Sekarang masih diimpor dari Thailand, HEV benefit (insentif) hanya produksi lokal. Jadi kita tidak bisa menikmatinya,” kata Alec di Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2024).

    Dia memiliki agenda bakal meluncurkan mobil hybrid dari model ZS. Diketahui model ini juga bakal dapat penyegaran untuk model internal combustion engine (ICE). Rencananya peluncuran bakal dilakukan sekitar bulan Juli, MG bakal memperkenalkan dua model baru jenis SUV, salah satunya hybrid.

    “Tapi tahun depan proyek depan akan meluncurkan ZS baru dan hybrid itu akan produksi di sini,” kata Alec.

    “Sebelumnya kita punya HEV, ini akan diproduksi lokal. Jadi kita akan bisa menikmati insentif HEV,” tambahnya.

    Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kemenko Perekonomian telah mengumumkan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil hybrid sebesar tiga persen.

    Namun, aturan tersebut hanya berlaku untuk kendaraan produksi lokal. Kepastian tersebut disampaikan Rustam Effendi selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu RI. Sehingga, kendaraan hibrida yang masih berstatus impor tak bisa menikmati fasilitas tersebut.

    “PPnBM DTP 3 persen hybrid hanya untuk produksi dalam negeri peserta program Kemenperin, yang berhak mendapatkan reduced tarif PPnBM,” ujar Rustam Effendi.

    Seperti diketahui, pabrik MG Motor Indonesia sudah beroperasi sejak Januari 2024. Pabrik ini memproduksi dua mobil listrik andalan MG, New MG ZS EV dan MG 4 EV. Kedua model listrik ini menjadi bukti komitmen MG dalam berinvestasi di Indonesia.

    (riar/dry)

  • Geliatkan Manufaktur, Kemenperin Rilis Insentif untuk Kendaraan Listrik hingga Hybrid – Page 3

    Geliatkan Manufaktur, Kemenperin Rilis Insentif untuk Kendaraan Listrik hingga Hybrid – Page 3

    Menperin Agus menuturkan, upaya pemerintah tersebut memberikan sinyal kepada investor regulasi berupa insentif dan stimulus ini cukup kompetitif. Insentif bagi sektor otomotif sejalan dengan upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai hub produksi KBLBB.

    Di samping itu, Pemerintah juga memberikan Insentif Pembiayaan Industri Padat Karya yang merupakan skema untuk menjaga industri padat karya dan bertujuan membantu para pelaku industri dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan dalam revitalisasi mesin, guna meningkatkan produktivitas.

    “Skema ini ditujukan untuk kredit investasi dengan mengakomodasi kebutuhan Kredit Modal Kerja. Dengan kisaran plafon kredit tertentu, pemerintah memberikan subsidi bunga sebesar 5%,” papar Menperin.

    Pemerintah juga memberikan Insentif PPN 1% DTP bagi produk manufaktur yang merupakan bahan pokok penting (bapokting) atau yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat, termasuk minyak goreng, tepung terigu, dan gula industri.

    Diperkirakan, kebutuhan minyak goreng “MINYAKITA” pada 2025 mencapai 175.000 ton per bulan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp15.700 per liter. Kemudian, volume kebutuhan tepung terigu secara nasional pada 2025 diproyeksi mencapai 6,66 juta ton (harga rata-rata November 2023-November 2024 sebesar Rp13.139 per kilogram).

    Insentif PPN DTP 1% juga diberikan bagi gula industri. Sebagai pertimbangan, gula industri merupakan input penting bagi industri makanan minuman. Kontribusi sektor ini mencapai 36,3% terhadap total industri pengolahan.

    Pemberian insentif tersebut berdasarkan perhitungan yang menunjukkan kenaikan PPN 1% (dari 11% menjadi 12%) akan menyebabkan kenaikan harga di tingkat konsumen.

     

     

  • Bikin LCGC Hybrid Nggak Gampang, Toyota Ungkap Alasannya

    Bikin LCGC Hybrid Nggak Gampang, Toyota Ungkap Alasannya

    Jakarta

    PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menanggapi pernyataan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang meminta produsen membuat mobil LCGC hybrid. Menurut TAM, tak mudah mewujudkan permintaan tersebut.

    Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, pengembangan LCGC hybrid harus melalui kajian panjang dan matang. Sebab, sebagai model baru, kendaraan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan konsumen.

    “Jadi itu suatu hal yang nggak mudah, karena kita ingin the next produk hybrid yang kita luncurkan memang menjadi suatu produk yang breakthrough dan menghasilkan volume serta market yang besar,” ujar Anton saat disinggung kembali soal LCGC Hybrid di Kuningan, Jakarta Selatan.

    Mobil LCGC Toyota. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Ketika ditanya apakah memungkinkan membuat LCGC hybrid untuk pasar Indonesia, Anton belum bisa menjawabnya dengan tegas. Menurutnya, masih terlalu dini untuk bicara mengenai segmen baru tersebut.

    “Intinya kita akan mencoba men-study produk mana yang tepat. Pastinya semua hal kita pertimbangkan mulai dari masalah production, masalah demand, masalah capacity, masalah fitur, dan market kesesuaian dari capability kustomer,” ungkapnya.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, usulan produsen bikin LCGC hybrid disampaikan Dodiet Prasetya selaku Direktur Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin.

    Dodiet mengatakan, penjualan LCGC cukup tinggi di Indonesia. Dia ingin, catatan baik tersebut ditingkatkan melalui peluncuran varian hybrid.

    “Kami mendorong para pabrikan untuk bisa menyematkan teknologi hybrid di LCGC. Poinnya satu, kita ingin meningkatkan pencapaian yang sudah bagus. Kemudian dalam rangka sumbangsih penurunan emisi dan ketahanan energo. Kami ingin meningkatkan apa yang sudah efisien menjadi lebih efisien,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Kemenperin Ingin Gen Z Terlibat Pembangunan Ekonomi Nasional di Masa Mendatang

    Kemenperin Ingin Gen Z Terlibat Pembangunan Ekonomi Nasional di Masa Mendatang

    JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong agar generasi muda, khususnya Gen Z bisa menjadi industrialis yang berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional di masa mendatang.

    Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemenperin Ronggolawe Sahuri mengatakan, Kemenperin akan terus mendukung pembangunan industri nasional dengan sasaran utama generasi muda.

    “Kami ingin mendorong generasi muda, khususnya Gen Z untuk tidak hanya menjadi karyawan, tetapi menjadi industrialis yang berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional,” ujar pria yang akrap disapa Ronggo dalam Factory Tour Rangkaian Acara Industrial Wrapped 2024 di PT Mulia Indah Cosmetindo (Micos), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 20 Desember.

    Ronggo menilai, pihaknya memiliki peran untuk memastikan Gen Z ini memahami apa saja produk yang Meraka gunakan, khususnya bahan-bahan apa saja yang ada di produk mereka.

    “Kami harus mampu menjadi tuan rumah dan bersaing di pasar global. Jika tidak, bahan baku akan terus didominasi dari luar negeri,” kata dia.

    Sementara, kata Ronggo, Kemenperin memiliki tugas untuk memastikan keamanan dan kualitas produk melalui regulasi dan sertifikasi, termasuk fasilitas sertifikasi halal untuk UKM.

    “Kemenperin adalah regulator yang memastikan kualitas produk kosmetik terjamin,” ucapnya.

    Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT Mulia Indah Cosmetindo Barnabas Anugerah W menuturkan, bahwa Gen Z memiliki potensi besar dalam membangun merek dan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.

    “Menurut saya, ini adalah solusi yang harus didukung pemerintah. Gen Z, akademisi dan influencer sangat aktif di media sosial, mereka adalah pasar yang sangat besar,” tuturnya.

    Barnabas pun memberikan motivasi kepada para peserta yang merupakan generasi muda untuk memulai bisnis mereka sendiri.

    “Semua orang bisa jadi pebisnis. Caranya dengan membuat produk merek sendiri atau jual produk yang sudah ada (reseller). Kalian bisa memilih berbisnis dengan mereka yang sudah bermitra dengan kami,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Kemenperin telah menggelar Industrial Festival 2024 tahap pertama yang berkolaborasi dengan kegiatan Halal Indo di Tangerang pada September 2024.

    Kemudian, pelaksanaan Industrial Festival 2024 kedua dikemas melalui kolaborasi dengan kegiatan Hari Batik Nasional di Jakarta pada Oktober 2024.

    Selanjutnya, pada 4-5 Desember 2024, Kemenperin menggelar Industrial Festival 2024 ketiga di Surabaya dengan rangkaian kegiatan, seperti talk show, workshop dan coaching clinic, mini expo, juga factory tour ke PT Nestle di Pasuruan, Jawa Timur, dengan target audiens utama mahasiswa dan generasi muda di Surabaya dan sekitarnya.

    Terakhir, Kemenperin menggelar diskusi interaktif pada 18 Desember 2024 bertajuk “Kaleidoskop Industrial Wrapped 2024 & Branding Jakarta Digital Industrial Parkway”, sekaligus menjadi momen untuk memperkenalkan Jakarta Industrial Digital Parkway (JIDP) sebagai kawasan industri digital modern yang diharapkan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

  • Sederet Mobil Hybrid Buatan Indonesia Layak Dapat Insentif PPnBM DTP

    Sederet Mobil Hybrid Buatan Indonesia Layak Dapat Insentif PPnBM DTP

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sejumlah mobil hybrid yang dijual di dalam negeri berpotensi mendapat insentif berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 3 persen.

    Para perusahaan otomotif seperti Toyota, Hyundai, SGMW Motor Indonesia (Wuling) hingga Suzuki kemungkinan dapat menekan kenaikan harga mobil hybrid tahun depan karena insentif itu sehingga bisa menumbuhkan minat beli konsumen.

    Salah satu syarat bisa mendapatkan insentif PPnBM DTP 3 persen adalah mobil hybrid mesti diproduksi di dalam negeri. Setidaknya ada tujuh model mobil hybrid yang punya status demikian.

    Saat ini tarif PPnBM yang berlaku untuk mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6 persen sampai 14 persen, sementara PHEV berkisar 5-8 persen (skema I dan skema II).

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga sudah meminta para produsen mendaftarkan model mobil hybrid mereka ke Kemenperin supaya bisa menikmati insentif tersebut.

    “Untuk hybrid ini, saya minta agar segera para produsen mobil hybrid di Indonesia untuk segera mendaftarkan merek-mereknya kepada kami, supaya tahun depan mulai 1 Januari sudah bisa menikmati insentif stimulus yang sudah disiapkan pemerintah,” kata Agus dalam Konferensi Pers Paket Stimulus Ekonomi untuk Kesejahteraan, Senin (16/12).

    Berikut daftar model mobil hybrid yang berpotensi dapat insentif:

    Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 jutaSuzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 jutaWuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 jutaHyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 jutaGWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 jutaToyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 jutaToyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Capai Tujuan Industri 4.0, Kemenperin Inisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway

    Capai Tujuan Industri 4.0, Kemenperin Inisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway

    Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai kota metropolitan dan pusat bisnis Indonesia, Jakarta didominasi oleh kegiatan jasa, termasuk jasa industri digital. Data Jasa Industri Digital di Kota Jakarta menunjukkan, setidaknya ada tiga klaster utama lokasi jasa industri digital di kota ini, yaitu Koridor Simatupang, Koridor Kuningan, dan Koridor Sudirman. Ketiga koridor tersebut merupakan kawasan strategis di Kota Jakarta yang berpotensi besar untuk pengembangan jasa industri digital.

    Kementerian Perindustrian mencatat, aktivitas-aktivitas penting yang dilakukan di koridor digital Jakarta meliputi business entrepreneurship, community engagement, innovation and research, education and training, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Dari data Kementerian Perindustrian, total investasi di tiga koridor digital di Jakarta tersebut mencapai Rp 12 Triliun, dengan perincian Koridor Sudirman sebesar Rp 7,71 Triliun, Koridor Kuningan sebesar Rp 3,87 Triliun, dan Koridor Simatupang Rp 424 Miliar.

    “Untuk mendorong pengembangan klaster jasa industri digital di Kota Jakarta, Kementerian Perindustrian menginisiasi Jakarta Digital Industrial Parkway (JDIP), sebuah konsep pengembangan kawasan khusus yang difokuskan pada pengembangan jasa industri digital,” ujar Plt Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Eko S. A Cahyanto pada kegiatan Kaleidoskop Industrial Wrap 2024 & Branding Jakarta Digital Industrial Parkway di CIBIS Park, kawasan TB Simatupang, Jakarta, Rabu (18/12/2024).

    Plt Dirjen KPAII menyebutkan, adanya JDIP sejalan dengan tujuan peta jalan Making Indonesia 4.0. JDIP diharapkan bisa menjadi katalisator dalam pengembangan ekosistem jasa industri digital di Indonesia, yang pada akhirnya dapat mendorong inovasi di berbagai sektor industri.

    Pengembangan JDIP diharapkan bisa menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dengan menarik investasi dan menciptakan lapangan kerja di bidang jasa industri digital. Selain itu, juga diharapkan mampu mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru di bidang jasa industri digital, juga meningkatkan daya saing industri nasional.

    Untuk mengembangkan JDIP secara optimal, Eko mengatakan bahwa perlu tindak lanjut, seperti pengembangan infrastruktur untuk peningkatan kualitas infrastruktur jasa industri digital seperti transportasi dan energi, pengembangan SDM di bidang jasa industri digital dengan perguruan tinggi dan sekolah vokasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, juga promosi JDIP sebagai lokasi yang menarik untuk investasi jasa industri digital.

    “Selain itu, perlu regulasi yang inovatif untuk mendukung iklim dan pertumbuhan jasa industri digital, juga penguatan kemitraan antara pemerintah, pelaku usaha jasa industri digital dan akademisi,” jelas Eko.

    Terdapat 17 Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) Kegiatan jasa industri digital di JDIP yang diantaranya didominasi oleh kegiatan Penerbitan Piranti Lunak (Software), Aktivitas Pengembangan Video Game, Aktivitas Pengembangan Aplikasi Perdagangan melalui Internet (E-Commerce), Aktivitas Pemrograman Komputer Lainnya, Aktivitas Konsultasi Keamanan Informasi, Aktivitas Pengolahan Data, Aktivitas Hosting, Portal Web dan/atau Platform Digital, dan Jasa Penyedia Layanan Internet of Things (IoT).

    Eko menambahkan, Koridor Simatupang, Koridor Sudirman dan Koridor Kuningan merupakan JDIP yang sangat potensial untuk terus dikembangkan. Di parkway Koridor Simatupang yang membentang sejauh sekitar 8 kilometer, dari Perempatan Pasar Minggu hingga Perempatan Pondok Pinang, terdapat 34 perusahaan industri digital.

    Di Koridor Simatupang, Koridor Sudirman dan Koridor Kuningan terdapat banyak gedung perkantoran dan pusat bisnis, didukung oleh aksesibilitas yang tinggi, serta tersedianya infrastruktur telekomunikasi dan lokasi yang dekat dengan pusat permukiman dan beberapa kampus/universitas.

    Koridor Simatupang, Koridor Sudirman dan Koridor Kuningan memiliki kesempatan yang besar untuk pengembangannya, salah satunya untuk kolaborasi antar kegiatan industri digital yang berdekatan dapat menumbuhkan ekosistem yang baik. Rencana pengembangan akses transportasi umum di sepanjang Jalan TB Simatupang juga potensial untuk mendukung pertumbuhan JDIP.

  • Menperin Soal Investasi Apple USD 1 Miliar: Jawab Hadiri Rapat Saja Belum Ada Kabar – Page 3

    Menperin Soal Investasi Apple USD 1 Miliar: Jawab Hadiri Rapat Saja Belum Ada Kabar – Page 3

    Apple telah memberikan informasi tertulis terkait investasi yang akan mereka lakukan, termasuk detail mengenai bentuk investasi dan vendor yang akan berkolaborasi di Indonesia.

    Apple telah menyampaikan beberapa poin penting dalam rencana investasi mereka. Salah satunya adalah komitmen Apple untuk membawa vendor besar ke Indonesia, yang diperkirakan dapat menghasilkan nilai investasi hingga USD 1 miliar.

    “Poin-poinnya sudah ada, bentuk investasi seperti apa, kemudian vendornya yang mereka akan bawa ke sini seperti apa dan untuk investasinya, pembeliannya juga sampai USD 1 miliar juga mereka sudah cantumkan,” ujarnya.

    Kata Rosan, Apple juga berharap dapat memproduksi komponen untuk iPhone 16 di Indonesia, dengan melibatkan lebih dari 320 vendor untuk mendukung produksi perangkat tersebut.

    Namun, proses ini masih dalam tahap “fine tuning” atau penyempurnaan, di mana kementerian terkait, terutama Kementerian Perindustrian, tengah membahas teknis pelaksanaan investasi ini.

    “Nah, teknisnya kita sudah berikan kepada Kementerian Perindustrian. Nah, karena memang ini kita ada fine tuning juga karena kita ketahui bersama kan mereka juga menginginkan adanya pada saat investasi ini supaya iPhone 16-nya juga bisa berjalan di sini,” pungkasnya.

  • Rupiah Ambrol, Kemenperin Minta Impor Alihkan dari Negara LCT China hingga Jepang

    Rupiah Ambrol, Kemenperin Minta Impor Alihkan dari Negara LCT China hingga Jepang

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyarankan agar industri dapat meminimalisir dampak kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menggunakan fasilitas Local Currency Transaction (LCT) untuk importasi. 

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif mengatakan fasilitas tersebut dapat mengurangi beban industri yang masih banyak bergantung pada impor dengan menggunakan dolar AS. 

    “Kami mengimbau industri untuk memakai fasilitas Local Currency Transaction (LCT) untuk bahan baku itu juga bisa untuk mengantisipasi untuk meredam kenaikan nilai tukar rupiah,” ujar Febri saat ditemui di Kantor Kemenperin, Jumat (20/12/2024). 

    Namun, Febri mengakui memang baru beberapa negara saja yang telah memiliki kerja sama transaksi ekonomi dan keuangan melalui Bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) tersebut. 

    “Memang beberapa negara, tapi itu aja, misalnya dengan China, Jepang, Malaysia udah. Mereka bisa impor bahan baku tanpa dolar, bisa pakai transaksi rupiah atau mata uang negara tersebut,” imbuhnya. 

    Di samping itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga tak memungkiri bahwa kenaikan dolar beberapa waktu terakhir cukup memberatkan bagi industri yang bahan baku nya masih tergantung impor. 

    “Untuk bahan baku berat sekali, bahan baku yang selama ini masih harus didapatkan dari mpor itu pasti akan memberikan impact yang cukup berat bagi industri yang akan berkaitan dengan daya saing kita,” jelasnya. 

    Diberitakan sebelumnya, Mata uang rupiah ditutup menguat ke level Rp16.221,5 per dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat (20/12/2024).  

    Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup menguat 0,56% atau 91 poin ke level Rp16.221,5 per dolar AS. Pada saat yang sama, indeks dolar AS melemah 0,16%. Sejumlah mata uang kawasan Asia lainnya bergerak variatif terhadap dolar AS. 

    Misalkan, yen Jepang dan dolar Singapura ikut menguat masing-masing 0,43% dan 0,22%. Selanjutnya, peso Filipina dan rupee India masing-masing menguat 0,32% dan 0,09%.

  • Respons Mitsubishi soal Insentif Mobil Hybrid: Lebih Besar, Lebih Baik

    Respons Mitsubishi soal Insentif Mobil Hybrid: Lebih Besar, Lebih Baik

    Jakarta

    Mitsubishi Indonesia merespons kebijakan pemerintah yang bakal menerbitkan aturan insentif untuk mobil hybrid. Pabrikan asal Jepang ini berharap agar insentif mobil hybrid bisa lebih besar dari yang ditawarkan sekarang.

    “Tentu insentifnya kalau lebih tinggi lebih baik,” ujar Takao Kato, President & Chief Executive Officer of Mitsubishi Motors Corporation di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    Seperti diketahui mobil hybrid pun mendapat stimulus dari pemerintah. Mobil yang mengusung mesin konvensional dengan baterai itu, mendapat insentif berupa PPnBM-DTP sebesar tiga persen.

    Mengacu pada kriteria tersebut, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021, mobil hybrid dikenakan tarif PPnBM sebesar 15-20 persen dengan dasar pengenaan pajak yang berbeda mulai dari 40 persen hingga 55 1/3 persen dari harga jual. Setelah dihitung, pajak mobil hybrid itu sekitar 6-8 persen. Dengan ditanggung pemerintah tiga persen, maka tarif PPnBM mobil hybrid menjadi 3-5 persenan.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga meminta agar para produsen mobil hybrid mendaftarkan kendaraannya. Dengan begitu, mulai 1 Januari 2025, produsen mobil hybrid bisa menikmati insentif tersebut.

    Terkait hal itu, Takao mengatakan pihaknya bersama merek mobil lain di Indonesia sedang berdiskusi bersama Kementerian Perindustrian untuk membuat peta jalan mobil elektrifikasi di Tanah Air.

    “Setelah diskusi dengan Menteri Perindustrian, tidak hanya dengan kami, tapi juga brand lain, dari sekarang mereka juga akan bikin roadmap gimana mengembangkan lini elektrifikasi. Lewat diskusi bersama Menperin, saya kira yang penting adalah untuk menentukan bagaimana insentif yang baik untuk model hybrid,” kata Takao.

    “Sekali lagi, insentif yang lebih tinggi, tentu lebih baik” jelasnya lagi.

    Di sisi lain, Mitsubishi berencana untuk memproduksi mobil hybrid di Indonesia.

    “Terkait rencana ke depan, Mitsubishi Motors akan meningkatkan volume produksi MMKI lebih banyak. Kita akan mengenalkan banyak model baru, termasuk elektrifikasi seperti model hybrid,” tambahnya lagi.

    Pabrik Mitsubishi ini berdiri di kawasan Industri GIIC di Kabupaten Bekasi, Cikarang, Jawa Barat. Ini merupakan perusahaan manufaktur bersama yang didirikan oleh Mitsubishi Motors, Mitsubishi Corporation, dan mitra lokal PT Krama Yudha.

    Pabrik ini mulai berproduksi pada April 2017 dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 160.000 kendaraan. Pada tahun fiskal 2019, kapasitas produksi tersebut ditingkatkan menjadi 220.000 kendaraan. Tercatat Mitsubishi ‘Made in Cikarang’ ini sudah diekspor ke sekitar 50 negara.

    Takao bilang ekspor Mitsubishi buatan Cikarang sudah merambah ke Timur Tengah, Afrika, ASEAN, dan banyak negara lain. Salah satu rencananya Mitsubishi bakal memproduksi hybrid yang juga menyasar pasar ekspor.

    “Kita akan produksi mungkin model hybrid, jadi nantinya model hybrid itu akan diekspor ke negara-negara tersebut,” kata dia.

    Saat disinggung lebih jauh apakah modelnya Xpander Hybrid yang bakal diproduksi dalam negeri, Takao tidak memberikan informasi secara terang-terangan. Mengingat Xpander sudah berhasil membetot perhatian publik.

    “Mungkin (Xpander Hybrid), tapi masih rahasia,” jelasnya lagi.

    Mitsubishi juga didorong pemerintah untuk memperluas segmen elektrifikasi di Tanah Air.

    “Pemerintah sangat menghargai komitmen tinggi Mitsubishi untuk bisa partisipasi dalam perlindungan terhadap lingkungan dan bumi dengan memproduksi mobil EV. Ini menunjukkan komitmen yang bukan hanya untuk pemerintah hari ini tapi juga untuk generasi kita yang akan datang,” ujar Wakil Menteri (Wamen) Perindustrian Faisol Riza.

    “Kami berharap PT MMKI bisa terus percepat inovasi dan teknologi elektrifikasi untuk jawab kebutuhan mobilitas masa depan,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • Prabowo Disebut Beri Lampu Hijau Investasi Apple, Ini Kata Menperin

    Prabowo Disebut Beri Lampu Hijau Investasi Apple, Ini Kata Menperin

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian merespons isu terkait kabar bahwa Presiden Prabowo Subianto telah memberikan lampu hijau atas rencana Apple Inc., yang akan berinvestasi US$1 miliar atau setara Rp15,9 triliun untuk pembangunan pabrik di Indonesia. 

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, hingga saat ini, Kementerian Perindustrian belum menerima proposal resmi dari Apple terkait komitmen investasi tersebut. 

    “Jujur, saya dan Kemenperin belum mendapatkan proposal secara resmi yang datang dari Apple berkaitan dengan langkah-langkah mereka selanjutnya termasuk rencana mereka untuk investasi. Sampai hari ini kami belum menerima,” kata Agus di Kantor Kemenperin, Jumat (20/12/2024). 

    Dalam hal ini, Kemenperin mengaku telah mengundang pihak Apple untuk datang langsung dan melakukan negosiasi dengan tim yang sudah dibentuk. 

    Agus meminta untuk pertemuan secara langsung dengan pihak Apple agar lebih memahami minat dari Apple secara mendalam. Undangan untuk Apple telah dilayangkan sejak bulan lalu. 

    “Tapi memang sampai hari ini, sekali lagi belum ada jawaban dari Apple. Jangankan untuk proposal resmi, jawaban untuk menghadiri, menghadiri rapat, menghadiri undangan rapat yang kami sudah kirim itu juga belum ada kabarnya. Memang dari pihak Apple yang rupanya ditunjuk sebagai negosiator namanya Nick Ackman,” ujarnya. 

    Dia mengatakan bahwa Nick telah menyampaikan perhatian atas undangan tersebut dan tengah mencari waktu untuk dapat datang ke Indonesia. 

    Sebelumnya, dikutip dari Bloomberg, Jumat (20/12/2024), Presiden Prabowo disebut telah memberikan persetujuan untuk menerima komitmen investasi US$1 miliar dari Apple Inc., untuk pembangunan pabrik AirTags sebagai upaya melobi pemerintah untuk dapat memberikan izin edar penjualan iPhone 16. 

    Sumber Bloomberg yang tidak diidentifikasi menyebut bahwa Prabowo juga telah memberikan arahan terkait proposal Apple Inc selama akhir pekan lalu pada pertemuan yang membahas tarik tambang antara pemerintah dan Apple. 

    Sebagaimana diketahui, Indonesia melarang penjualan perangkat andalan Apple bulan lalu, dengan mengatakan bahwa Apple telah gagal mematuhi persyaratan konten domestik untuk smartphone dan tablet.

    Pada pertemuan itu, Prabowo memberi lampu hijau kepada pemerintah untuk menerima proposal Apple dan mendesak kabinetnya untuk mendapatkan lebih banyak investasi di masa depan, kata orang-orang yang terlibat. 

    Raksasa teknologi AS itu mendapatkan persetujuan Prabowo berdasarkan rencana investasinya yang diperluas, yang telah disajikan Apple kepada pemerintah dalam proposal tertulis resmi. Aspek kunci tambahan adalah bahwa salah satu pemasok Apple akan mendirikan pabrik yang memproduksi AirTags di Pulau Batam. 

    Pabrik tersebut diharapkan mempekerjakan sekitar 1.000 pekerja pada awalnya dan Apple telah memilih Batam, sekitar 45 menit perjalanan feri dari Singapura karena status zona perdagangan bebasnya, yang membebaskan perusahaan dari pajak pertambahan nilai dan barang mewah, serta bea masuk, kata orang-orang.

    Pabrik tersebut pada akhirnya akan menyumbang 20% dari produksi global AirTags, sebuah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk melacak bagasi, hewan peliharaan, atau barang-barang lainnya.

    Bagian lain dari investasi $1 miliar akan digunakan untuk mendirikan pabrik di Bandung, sekitar tiga jam tenggara Jakarta, untuk membuat jenis aksesori lainnya, serta mendanai akademi Apple di negara Asia Tenggara, yang membekali siswa dengan keterampilan teknologi seperti pengkodean.