Kementrian Lembaga: kemenparekraf

  • Sandiaga Uno Berharap Agar Caketum PPP Bisa Dari Luar Partai

    Sandiaga Uno Berharap Agar Caketum PPP Bisa Dari Luar Partai

    FAJAR.CO.ID, Solo– Politikus PPP, Sandiaga Salahudin Uno menyampaikan soal peluang non-kader partai menjadi calon ketua umum (caketum).

    Dalam penyampaian yang bertempat di Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Solo, pada Minggu 27 April 2025, Sandi mengatakan PPP harus menjadi organisasi yang semakin terbuka.

    Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu juga memberikan tanggapan terkait kemungkinan ketua umum PPP dari luar partai.

    “Sekarang ini tentunya kita harus membuka diri karena setiap organisasi membutuhkan suntikan-suntikan talenta baru,” kata Sandi, dikutip Selasa, (29/4/2025).

    Dikesempatan yang sama, ia mencontohkan Wali Kota Solo, Respati Ardi. Penerus Gibran Rakabuming Raka di Solo itu sudah menjadi salah satu pengusaha di Solo sebelum terjun ke dunia politik.

    Sandi juga menyebut sudah mengenal Respati sejak masih menjadi pengurus BPC HIPMI Kota Solo.

    “Mas Wali ini kan adalah talenta dari dunia usaha bukan dari perpolitikan. Makanya saya kenal beliau karena dari HIPMI,” tuturnya.

    Selain itu, Sandi juga menyoroti Muktamar PPP yang rencananya digelar pada Agustus-September 2025. Namun karena ragam pertimbangan sehingga Muktamar ini mundur dan kembali ke jadwal semula, yaitu April 2025.

    “Jadi kami meyakini pimpinan PPP akan mengambil keputusan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

    Menurut Sandi, mundurnya Muktamar PPP tidak akan berdampak besar terhadap masyarakat.

    Pasalnya, saat ini banyak masalah perekonomian yang tengah dihadapi masyarakat.

    ‘”Memang masyarakat saat ini tidak berpikir tentang politik tapi berpikirnya tentang bagaimana membalikkan keadaan ekonomi,” kata dia.

  • Tokopedia dan TikTok Shop Bikin Kreator Panen Cuan! Ini Tren Belanja Kuartal I 2025

    Tokopedia dan TikTok Shop Bikin Kreator Panen Cuan! Ini Tren Belanja Kuartal I 2025

    Jakarta: Tokopedia dan TikTok Shop melaporkan lonjakan transaksi yang luar biasa di Kuartal I-2025, berkat kampanye berbasis konten video. 
     
    Program Beli Lokal menyumbang 90 persen lonjakan transaksi, Promo Guncang 100 persen, bahkan Ramadan Ekstra Seru mencatat kenaikan nilai transaksi hingga 24 kali lipat!
     
    Melihat tren ini, Tokopedia dan TikTok Shop semakin menggencarkan program Creators Lab untuk mendukung kampanye #BelanjaAman.

    “Lonjakan transaksi menunjukkan makin banyak masyarakat berbelanja online setelah menonton konten video dari kreator sehingga edukasi soal #BelanjaAman jadi makin krusial untuk memperkuat perlindungan konsumen. Karena itu, Tokopedia dan TikTok Shop menggencarkan program Creators Lab untuk melatih kreator merekomendasikan penjual terpercaya, demi memastikan pengalaman #BelanjaAman,” jelas Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, dikutip Senin, 28 April 2025.

    Apa itu kampanye #BelanjaAman?
    Kampanye #BelanjaAman bertujuan menciptakan pengalaman belanja online yang aman, nyaman, dan terpercaya. 
     
    Melalui kampanye ini, pembeli dan kreator, terutama yang bergabung di program afiliasi, diedukasi untuk mengenali penjual terpercaya, membaca ulasan dan membandingkan harga, dan memanfaatkan fitur keamanan seperti membeli dari ‘Power Shop’ dan ‘Mall’.
     
    Kreator konten pun didorong untuk membuat rekomendasi yang lebih bertanggung jawab, guna membantu konsumen berbelanja lebih aman di Tokopedia dan TikTok Shop.
     

    Kategori produk terlaris di Tokopedia dan TikTok Shop 
    Tokopedia dan TikTok Shop membagikan data kategori produk yang paling banyak dibeli sepanjang kuartal I 2025. Berikut daftarnya:
     
    Tokopedia:
    – Makanan dan minuman
    – Otomotif
    – Rumah tangga
     
    TikTok Shop:
    – Makanan dan minuman
    – Fesyen
    – Kecantikan dan perawatan tubuh
     
    Industri makanan dan minuman mendominasi dua platform ini, apalagi bertepatan dengan momen besar seperti Imlek dan Lebaran. 
     
    Sementara itu, Tokopedia unggul di kategori Otomotif dan Rumah Tangga, sedangkan TikTok Shop lebih kuat di Fashion serta Kecantikan.
     
    “Konten video baik short video maupun live streaming adalah faktor kunci yang bisa mendorong pertumbuhan bisnis UMKM. Di Ramadan tahun ini, misalnya, live streaming di TikTok ditonton 2,8 miliar kali. Di sisi lain, ada lebih dari 200 juta pengguna gabungan TikTok dan Tokopedia. Kenaikan nilai transaksi di TikTok Shop karena live streaming saat sahur bahkan mencapai 24 kali lipat,” tutur Melissa.
    Creators lab: Program untuk melahirkan kreator handal
    Tokopedia dan TikTok Shop menggandeng berbagai pihak, termasuk Kemenparekraf RI dan Kemenpar RI, untuk menjalankan Creators Lab, sebuah program edukasi kreator agar:
     
    – Paham prinsip afiliasi dan personal branding.
    – Mahir membuat konten video efektif.
    – Tahu cara memilih dan merekomendasikan penjual terpercaya.
    – Meningkatkan kredibilitas lewat rekomendasi produk berkualitas.
     
    Kreator juga dibekali cara mengecek izin edar produk makanan atau obat dari BPOM atau PIRT agar rekomendasinya semakin terpercaya.
    Emak-emak Matic
    Tokopedia dan TikTok Shop menggelar program Emak-emak Matic untuk meningkatkan partisipasi perempuan di dunia kreator digital.
     
    “Bersama sejumlah mitra, seperti Tokopedia dan TikTok Shop, kami menargetkan memberdayakan 10.000 perempuan dan generasi muda hingga akhir tahun melalui program Emak-emak Matic,” kata Menteri Ekonomi Kreatif RI, Teuku Riefky Harsya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Muktamar PPP Diundur, Sandiaga Uno: Keputusan Terbaik bagi Masyarakat
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        27 April 2025

    Muktamar PPP Diundur, Sandiaga Uno: Keputusan Terbaik bagi Masyarakat Regional 27 April 2025

    Muktamar PPP Diundur, Sandiaga Uno: Keputusan Terbaik bagi Masyarakat
    Tim Redaksi
    SOLO, KOMPAS.com
    – Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP),
    Sandiaga Uno
    , menghormati keputusan pimpinan mengubah jadwal pelaksanaan muktamar yang beragendakan pemilihan ketua umum.
    Muktamar yang awalnya akan digelar pada bulan April ini mundur menjadi bulan Agustus atau September 2025.
    “Jadi kami meyakini pimpinan PPP akan mengambil keputusan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” kata Sandiaga Uno saat ditemui di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (27/4/2024).
    Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini berpandangan bahwa saat ini masyarakat tidak hanya berfokus pada situasi geopolitik saja, tetapi juga untuk mengembalikan
    situasi ekonomi
    .
    “Tapi berpikirnya tentang bagaimana membalikkan keadaan ekonomi. Itu yang harusnya menjadi prioritas dari setiap pimpinan lembaga, baik itu di politik maupun dunia usaha,” jelasnya.
    Kemudian, munculnya wacana calon ketua umum yang berasal dari sosok eksternal partai.
    Dia mengaku terbuka dengan pandangan tersebut.
    “Sekarang ini tentunya kita harus membuka diri karena setiap organisasi membutuhkan suntikan-suntikan talenta baru,” jelasnya.
    Dia mencontohkan kondisi serupa yang sedang terjadi di Pemerintahan Kota Solo, di mana talenta ditemukan di luar dunia perpolitikan, tetapi juga bisa berasal dari perkumpulan pengusaha.
    Kendati demikian, dia tetap menekankan agar kader internal terlebih dahulu diberikan ruang dan kesempatan untuk menjadi Ketua Umum Partai.
    “Tapi kita harus membuka setiap organisasi peluang kader terbaik atau talenta terbaik yang dimiliki bangsa ini untuk diberikan kesempatannya memimpin dan meningkatkan kontribusi bagi setiap organisasi bagi NKRI,” tegasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pengamat Sebut 3 Eks Menteri Indonesia Maju Ingin Berguru dengan Jokowi

    Pengamat Sebut 3 Eks Menteri Indonesia Maju Ingin Berguru dengan Jokowi

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengamat politik Boni Hargens memberikan pandangannya soal Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan eks menterinya di Kabinet Indonesia Maju.

    Boni mengatakan pertemuan itu adalah hal yang lumrah dilakukan, karena Jokowi sukses memimpin dua periode.

    “Para menteri yang mau berguru. Tentu saja insight, pemikiran, dan nasihat Pak Jokowi diperlukan,” kata Boni saat dihubungi, Rabu (23/4).

    Menurutnya, Jokowi saat ini masih menjadi sentrum dari narasi politik nasional. “Wajar sekali kalau para menteri masih mau berguru ya,” katanya.

    “Apa pun yang terjadi dengan Jokowi niscaya menjadi sorotan karena magnetnya masih kuat. Rakyat masih ingat dan masih cinta,” tutup Boni.

    Pertemuan Jokowi dengan para mantan menteri berlangsung sekitar 30 menit di salah satu restoran Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/4).

    Tiga mantan menteri yang hadir ialah mantan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, serta mantan Menteri Koperasi Teten Masduki.

    Jokowi tampak mengenakan kemeja batik cokelat. Sementara para mantan menteri mengenakan kemeja.

    “Iya ngobrol-ngobrol saja,” ujar Wishnutama seusai pertemuan.

    Setelah pertemuan dengan para mantan menteri, Jokowi melanjutkan pertemuan dengan tim kuasa hukumnya. Mereka berbincang di salah satu ruangan. (Pram/Fajar)

  • 2
                    
                        Jokowi Bertemu 3 Mantan Menterinya hingga Kuasa Hukum Terkait Ijazah Palsu di Jakarta
                        Nasional

    2 Jokowi Bertemu 3 Mantan Menterinya hingga Kuasa Hukum Terkait Ijazah Palsu di Jakarta Nasional

    Jokowi Bertemu 3 Mantan Menterinya hingga Kuasa Hukum Terkait Ijazah Palsu di Jakarta
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Presiden ke-7 RI,
    Joko Widodo
    (Jokowi) bertemu dengan tiga mantan menterinya di Kabinet Indonesia Maju, di sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (22/4/2025) sore.
    Ketiga eks menteri itu yakni mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama, mantan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dan mantan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
    Pengamatan Kompas.com, pertemuan sudah digelar sejak pukul 15.00 WIB hingga berakhir pukul 15.39 WIB.
    Setelah bertemu, pada pukul 15.39 WIB, Teten tampak berjalan bersama Budi Karya.
    Keduanya mengaku sebatas melakukan silaturahmi.
    “Silaturahmi,” kata Teten.
    Sementara itu, Whisnutama yang berjalan di belakangnya mengaku ia dan Jokowi hanya mengobrol-ngobrol.
    “Iya, ngobrol-ngobrol saja,” ujar Whisnutama.
    Sesudah mengantar para mantan menterinya pulang, Jokowi tampak mengadakan pertemuan tertutup dengan kuasa hukumnya soal ijazah palsu, salah satunya Yakup Hasibuan.
    Pertemuan dilangsungkan di lokasi yang sama, yakni restoran Seribu Rasa.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kampung Satwa Moyudan, Kebun Binatang di Perkampungan Sleman

    Kampung Satwa Moyudan, Kebun Binatang di Perkampungan Sleman

    Pengunjung dapat berinteraksi dengan kelinci, kucing, serta berbagai reptil, burung, dan mamalia lainnya. Pengunjung sekaligus akan mendapatkan informasi dan pendidikan terkait lingkungan serta konservasi hewan.

    Pihak pengelola juga mengajak pengunjung untuk memberi makan atau memegang hewan peliharaan. Berbagai aktivitas menarik ini menjadikan Kampung Satwa Moyudan sebagai salah satu destinasi rekreasi sekaligus edukatif di Yogyakarta.

    Mengutip dari laman Jadesta Kemenparekraf RI, saat ini Kampung Satwa Moyudan menjadi satu-satunya desa wisata di Indonesia yang menghadirkan edukasi satwa, tumbuhan, dan lingkungan ekologinya. 

    Kampung satwa memiliki konsep sebagai pioneer living laboratory dengan dukungan dari Fakultas Biologi UGM, Fakultas Kedoteran Hewan UGM, Fakultas Saintek UIN Kali Jaga, BKSDA Yogyakarta, BKIPM Yogyakarta, berbagai komunitas pencinta satwa dan aktivis lingkungan, serta Yayasan Wahana Gerakan Lestari Indonesia (Wagleri).

    Penulis: Resla

  • Tokopedia dan TikTok Jadi Panggung Perempuan Lebih Kreatif dan Raup Cuan, Gimana Caranya?

    Tokopedia dan TikTok Jadi Panggung Perempuan Lebih Kreatif dan Raup Cuan, Gimana Caranya?

    Jakarta: Dalam semangat memperingati Hari Kartini, Tokopedia, Tiktopshop by Tokopedia, dan TikTok Shop by Tokopedia menegaskan komitmennya dalam mendukung perjalanan perempuan Indonesia di ranah ekonomi digital. 
     
    Menurut Communication Senior Lead Tokopedia dan TikTok e-commerce, Risky Juanita Azuz, perempuan telah menjadi penggerak penting dalam ekonomi digital Indonesia.
     
    “Kami selalu membuka panggung bagi perempuan untuk menjangkau bisnis online. Salah satunya melalui inisiatif Beli Lokal yang mendukung brand lokal milik perempuan Indonesia,” ujar Risky dalam Media Briefing Kita Hebat, Kita Bisa: Berdayakan Perempuan bersama TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop, Kamis, 17 April 2025.

    Inisiatif Beli Lokal merupakan langkah nyata untuk membantu pelaku usaha perempuan dalam memasarkan produk mereka di platform digital. 
     
    Selain itu, Tokopedia dan TikTok Shop juga menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui program Kreatif Lab Emak Emak Matic (Melek Digital).
     
    “Program ini memberikan pelatihan kepada perempuan untuk menjadi kreator konten dan penjual di TikTok dan TikTok Shop. Salah satu acaranya akan digelar pada 23 April di Makassar, setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Bekasi dan Tangerang. Totalnya, program ini akan hadir di 10 kota di Indonesia,” jelas Risky.
     

    Tingkat pembelian barang oleh perempuan naik
    Hingga saat ini, dia memaparkan, pembeli perempuan di TikTok Shop mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan menyebar ke berbagai daerah seperti Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Lampung, Sulawesi, dan Bali. 
     
    Penjualan produk yang digemari perempuan juga melonjak, seperti fesyen perempuan, ibu dan bayi, kecantikan, fesyen muslim, hingga fesyen anak dan bayi.
     
    “Subkategori kecantikan dan perawatan diri serta aksesori fesyen meningkat 2,5 kali lipat, sementara tas dan sepatu naik dua kali lipat. Ini menunjukkan perempuan sangat aktif sebagai pembeli sekaligus pelaku usaha,” ujar Risky.
    Kisah sukses bisnis perempuan
    Salah satu contoh pelaku usaha perempuan yang sukses memanfaatkan TikTok Shop adalah Dyah Laily Fardisa, pemilik usaha Bolo Sego. 
     
    “Saya mulai usaha saat pandemi, setelah kena PHK. Saya pikir perempuan nggak boleh pasrah. Saya kerja sama dengan ibu-ibu yang punya masakan enak, lalu saya bantu pasarkan. Sekarang sudah ada 80 ibu-ibu Bolo Sego,” cerita Dyah. Berkat TikTok Shop, omzet online Bolo Sego naik hingga 70 persen.
     
    Yumna Mercier, pendiri brand Animate, juga menceritakan kisah inspiratifnya. Berawal dari masalah kulit saat remaja, ia mencoba berbagai produk namun tak berhasil. Akhirnya, ia memutuskan belajar dan mengembangkan produk sendiri untuk mengatasi masalah kulitnya, yang kemudian menjadi bisnis kecantikan. Bisnis produk kecantikannya pun berkembang berkat berjualan via online dan pada akhirnya dapat mempekerjakan lebih banyak perempuan.

    Konten kreator juga berkembang
    Tak hanya pelaku usaha, para kreator konten perempuan juga turut berkembang lewat platform ini. Suci Ambar Wati, seorang guru dan kreator TikTok, mulai membuat konten bertema sejarah dan budaya yang kini digemari banyak orang. 
     
    “Karena remaja zaman sekarang itu siswa itu paling cepat itu rata-rata punya tiktok. Di 2023 aku mulai video ala-ala kemudian responsnya baik terusin. Sekarang sampai ketagihan sekarang setiap jalan cari tempat sejarah,” ungkap Suci.
     
    Sementara Amelia Hasanah, kreator TikTok Shop, memulai dari usaha online rumahan karena suami terkena PHK saat pandemi. Berkat ketekunan dan peluang yang ditawarkan platform TikTok Shop yakni affiliate, kini ia fokus menjadi Kreator affiliate TikTok Shop.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Sandiaga Uno: Diplomasi Jadi Satu-satunya Jalan Hadapi Perang Tarif

    Sandiaga Uno: Diplomasi Jadi Satu-satunya Jalan Hadapi Perang Tarif

    Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia tidak memiliki jalan lain selain melakukan diplomasi dan negosiasi di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China. 

    Pengusaha sekaligus Chief of Sandilogi Sandiaga Salahuddin Uno tidak menampik bahwa perekonomian Indonesia juga terkena imbas dari perang dagang tersebut, terlebih dengan adanya tarif timbal balik  sebesar 32% terhadap sejumlah produk yang masuk ke pasar AS.

    Menurutnya, beberapa sektor padat karya seperti tekstil, alas kaki, hingga perikanan, terutama ekspor udang, menjadi rentan terhadap kebijakan tarif tersebut.

    “Indonesia pasti akan terlibat. Tidak ada jalan lain selain bernegosiasi dan berdiplomasi agar produk-produk kita tidak terancam tarif tinggi yang bisa memukul industri,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (16/4/2025).

    Dia melanjutkan, adanya masa tenggang 90 hari atas pemberlakuan tarif oleh AS, harus dimanfaatkan pemerintah untuk melakukan diplomasi aktif. Tim negosiasi, tuturnya, perlu fokus pada penyelamatan industri padat karya yangmenyerap banyak tenaga kerja.

    Namun, lebih dari sekadar bertahan, Sandiaga melihat kondisi ini sebagai peluang bagi Indonesia untuk merevisi strategi ekspor. Salah satunya adalah diversifikasi pasar, agartidak terlalu bergantung pada satu negara tujuan utama seperti Amerika Serikat.

    “Kita harus mulai serius melirik pasar non-tradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dankawasan Asia lainnya. Selama ini masih banyak potensi ekspor yang belum kita sentuh,”jelasnya.

     Hilirisasi dan Investasi Bernilai Tambah

    Ketidakpastian global juga dinilai menjadi momentum bagi Indonesia untuk mempercepat hilirisasi industri. Sandiaga menyoroti pentingnya mengekspor produk dengan nilai tambah, bukan sekadar komoditas mentah.

    “Ini saat yang tepat untuk menarik investasi ke sektor-sektor bernilai tambah. Hilirisasi harus dilakukan secara ekosistem, bukan hanya satu atau dua komoditas saja,” kata matna Wakil Gubernir Jakarta itu. 

    Ia juga menekankan bahwa investasi harus diarahkan ke sektor-sektor strategis seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi digital, dan ekonomi hijau yang bukan hanya menjanjikan hasil positif, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja berkualitas di tengah turunnya daya beli masyarakat. 

    Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2020 – 2024 ini juga menyoroti pentingnya integrasi ekonomi kawasan, terutama di Asean. Menurutnya, sektor seperti pariwisata dan ekonomi kreatif yang tidak terdampak tarif justru bisa dijadikan andalan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi regional yang lebih tangguh. 

    “Kita belum maksimal menjalin kolaborasi dengan negara-negara Asean. Padahal, integrasi ekonomi bisa jadi tameng resiliensi menghadapi turbulensi seperti perang dagang,” ucapnya. 

    Kendati situasi global sedang bergejolak, Sandiaga tetap menekankan pentingnyamenjaga optimisme. Ia mengajak semua pihak untuk melihat situasi ini sebagai peluang di balik tantangan.

    Indonesia, tuturnya, punya keunggulan, baik dari sisi sumber daya alam maupun demografi sepanjang dikelola dengan tata kelola yang baik, kita masih sangat menarik bagi investor jangka menengah dan panjang.

  • Pantangan Mengejek Anak Gimbal Dieng, Diyakini Undang Nasib Buruk

    Pantangan Mengejek Anak Gimbal Dieng, Diyakini Undang Nasib Buruk

    Liputan6.com, Banjarnegara – Masyarakat dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, masih memegang teguh sejumlah larangan adat yang diwariskan turun-temurun. Salah satu pantangan yang paling dijaga adalah larangan mengejek anak berambut gimbal.

    Mengutip dari laman Kemenparekraf, pelanggaran aturan ini dapat mendatangkan nasib buruk bagi si pengejek. Anak gimbal merupakan fenomena unik di kawasan Dieng.

    Rambut mereka tumbuh secara alami dalam bentuk ikal atau keriting. Masyarakat setempat meyakini, anak gimbal adalah titipan leluhur dan memiliki kedekatan dengan dunia spiritual.

    Karena itu, anak-anak ini mendapat perlakuan khusus, termasuk larangan untuk diejek atau diolok-olok. Pantangan mengejek anak gimbal dianggap memiliki konsekuensi nyata.

    Kepercayaan yang beredar menyebutkan, orang yang menertawakan atau merendahkan anak gimbal akan mengalami kesialan. Bentuk nasib buruk itu bervariasi, mulai dari sakit mendadak, gagal panen, hingga kecelakaan dalam perjalanan.

    Selain larangan mengejek, masyarakat Dieng juga memperlakukan anak gimbal dengan sejumlah aturan lain. Misalnya, mereka tidak boleh dipotong rambutnya secara sembarangan.

    Pemotongan rambut gimbal harus melalui prosesi adat yang disebut ruwat gimbal. Ritual ini dilakukan dengan tata cara khusus dan dihadiri oleh tetua adat serta warga setempat.

    Kepercayaan terhadap pantangan ini tidak hanya dipegang oleh generasi tua. Generasi muda Dieng juga banyak yang tetap mematuhi aturan adat tersebut.

    Mereka menganggap, melanggar larangan berarti tidak menghormati leluhur. Beberapa warga bahkan mengaku pernah menyaksikan langsung orang yang mengalami musibah setelah mengejek anak gimbal.

    Larangan adat ini juga berpengaruh pada interaksi wisatawan dengan anak gimbal. Pengunjung Dieng sering kali diingatkan untuk tidak bersikap kurang sopan, seperti memotret tanpa izin atau mengolok-olok penampilan mereka.

    Selain pantangan terkait anak gimbal, Dieng memiliki sejumlah larangan adat lain yang masih diikuti. Contohnya, warga tidak boleh menebang pohon besar tanpa izin tetua adat.

    Ada juga kepercayaan bahwa mengambil benda-benda dari sekitar kawah dapat mendatangkan malapetaka. Aturan-aturan ini turut menjaga kelestarian alam Dieng.

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

  • Novita tagih komitmen Kemenparekraf kembangkan pariwisata Trenggalek

    Novita tagih komitmen Kemenparekraf kembangkan pariwisata Trenggalek

    Trenggalek, Jatim (ANTARA) – Legislator Komisi VII DPR RI sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merealisasikan dukungannya terhadap pengembangan pariwisata di daerahnya.

    Permintaan itu disampaikan Novita usai menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyelenggara Event Berbasis Budaya di Hotel Jaas Permai Trenggalek, Jawa Timur, Jumat.

    “Kita menodong kementerian supaya tidak hanya berhenti dengan beberapa bimtek ini. Hasilnya harus bisa ditindaklanjuti,” katanya.

    Ia berharap program pengembangan wisata yang digagas Kemenparekraf tidak berhenti pada pelatihan teknis saja, tetapi berlanjut pada langkah konkret seperti promosi event daerah melalui kanal resmi kementerian, hingga menjembatani kolaborasi dengan investor.

    “Yang paling penting, jaringan (network) yang dimiliki kementerian harus bisa diserap dan diakses oleh Pemkab Trenggalek. Spiritnya harus disengkuyung (didorong) bareng antara pemerintah daerah, masyarakat, dan kementerian,” ujarnya.

    Novita juga menyebut sejumlah agenda wisata di Trenggalek yang tengah dipersiapkan, seperti Goa Lowo Run, bisa menjadi daya tarik baru untuk menggaet wisatawan, khususnya pecinta sport tourism.

    “Kita bersama-sama membenahi sistem birokrasi agar lebih berdampak bagi sektor pariwisata. Harapannya Trenggalek bisa naik kelas,” kata dia.

    Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
    Editor: Budi Suyanto
    Copyright © ANTARA 2025