Kementrian Lembaga: kemenparekraf

  • Menteri Pariwisata Baru Bakal Kebut Indonesia Tourism Fund

    Menteri Pariwisata Baru Bakal Kebut Indonesia Tourism Fund

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana berkomitmen untuk mempercepat hadirnya dana pariwisata berkelanjutan atau Indonesia Tourism Fund (ITF) di Indonesia. Pemerintah, kata Widi, masih terus mengkaji rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tersebut.

    “Itu nanti kita informasikan lebih lanjut ya. Kami masih mengkaji, kita lagi pelajari, tentunya itu akan diteruskan,” kata Widi, Kamis (31/10/2024).

    Widi sebelumnya berkomitmen melanjutkan momentum pengembangan pariwisata Tanah Air. Dia turut mengungkap program kerja prioritas yang akan dilakukan dalam enam bulan ke depan. 

    Keempat program itu yakni hearing aspirasi transformasi pariwisata dengan pihak-pihak terkait dan Tourism 5.0 seperti pemasaran Calendar of Events berbasis digital dan AI travel assistance.

    Selain itu, perumusan grand strategy penggunaan Indonesia Quality Tourism Fund untuk diversifikasi atraksi nusantara dan acara berskala internasional serta merancang kerja sama dengan instansi kelas dunia untuk transfer of knowledge guna mewujudkan sekolah unggulan pariwisata kelas dunia.

    Adapun regulasi terkait dana pariwisata dicanangkan pada masa pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi). Rancangan berupa Peraturan Presiden (Perpres) sudah masuk ke meja Presiden Jokowi usai melalui serangkaian pembahasan. 

    Dalam catatan Bisnis, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kala itu mengharapkan agar regulasi ini dapat rampung sebelum masa pemerintahan Presiden Jokowi berakhir pada Oktober 2024 dan berlaku mulai 2025. 

    “Inginnya sebelum Oktober 2024, diterapkannya 2025. Jadi [terbitnya] bisa September bisa Oktober,” ujarnya beberapa waktu lalu.

    Indonesia Tourism Fund nantinya akan diarahkan untuk mendanai kegiatan-kegiatan internasional, utamanya yang berdampak besar terhadap ekonomi nasional seperti F1 Powerboat dan MotoGP. Pada tahap awal, sumber dana ITF berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) senilai Rp2 triliun. 

    Sementara itu, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (Gipi) sempat mengusulkan agar dana pariwisata berkelanjutan dikelola oleh badan layanan umum. “Kita kepikiran bikin BLU khusus pengelola dana pariwisata, itu [sumber dananya] nanti bisa diambil dari APBN,” kata Ketua Umum Gipi Hariyadi Sukamdani, Jumat (10/5/2024). 

  • Serba-serbi Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi yang Penuh Filosofi

    Serba-serbi Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi yang Penuh Filosofi

    Liputan6.com, Banyuwangi – Festival Gandrung Sewu merupakan salah satu acara budaya yang rutin digelar setiap satu tahun sekali. Tak hanya sebagai hiburan semata, festival ini juga menyimpan filosofi dan makna mendalam.

    Tahun ini, ikon tahunan Banyuwangi tersebut telah sukses digelar pada 24-26 Oktober 2024. Festival ini menyuguhkan tontonan visual megah yang menyimpan filosofi tentang kehidupan masyarakat Banyuwangi, termasuk kaitannya dengan sejarah, nilai-nilai sosial, dan identitas daerah.

    Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut beberapa hal yang perlu diketahui dalam gelaran tahunan Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi:

    1. Festival yang menjadi simbol kekayaan budaya

    Nama gandrung dalam Festival Gandrung Sewu merupakan bentuk tarian tradisional khas Banyuwangi. Tarian gandrung memiliki akar kuat dalam sejarah Banyuwangi yang awalnya merupakan bentuk penghormatan kepada Dewi Sri.

    Dewi Sri merupakan dewi kesuburan dalam mitologi Jawa. Tarian tersebut muncul sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

    Seiring berjalannya waktu, tarian ini pun berevolusi. Tak hanya sekadar menjadi tarian pemujaan, tari gabdrung kemudian berkembang menjadi simbol identitas dan semangat kebersamaan masyarakat Banyuwangi.

    Sementara itu, nama sewu berarti seribu. Nama tersebut menggambarkan jumlah penari yang terlibat dalam festival ini.

    Setiap tahunnya, ribuan penari akan memeriahkan Festival Gandrung Sewu di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Mereka mengenakan pakaian tradisional mencolok dengan warna merah dan emas.

    2. Arti setiap gerakan tarian gandrung

    Tari gandrung menyimpan filosofi tersendiri di setiap gerakannya. Gerakan tangan yang lembut dan dinamis melambangkan rasa syukur dan penghormatan.

    Tarian ini juga memiliki gerakan kaki yang khas dan berirama. Gerakan kaki tersebut melambangkan kerja keras dan ketekunan.

    Tarian gandrung secara khusus juga menjadi cerminan kebersamaan dan keharmonisan masyarakat Banyuwangi. Hal itu tergambar dari ratusan penari yang mampu bergerak serempak dan harmonis.

    Tarian ini juga menggambarkan hubungan yang harmonis antara manusia, alam, dan spiritualitas. Selain sebagai hiburan kepada sesama manusia, tarian ini juga ditujukan kepada alam semesta yang telah memberikan kehidupan dan keberkahan.

     

  • DKI buka lintasan angkutan perairan ke Pulau Kelor dan Pulau Onrust

    DKI buka lintasan angkutan perairan ke Pulau Kelor dan Pulau Onrust

    Kami akan buka lintasan baru yang selama ini banyak pengunjungnyaJakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lintasan angkutan perairan ke Pulau Kelor dan Pulau Onrust untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu.

    “Kami akan buka lintasan baru yang selama ini banyak pengunjungnya tapi belum terlayani angkutan perairan seperti Pulau Kelor, Pulau Bidadari, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust. Lokasi-lokasi ini bisa ditempuh kurang lebih 15 menit dari Jakarta,” ujar Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Anthon R. Parura di Jakarta, Rabu.

    Baca juga: Ruang publik jadi faktor penting majukan ekraf dan pariwisata Jakarta

    Anthon mengatakan Pemerintah Provinsi DKI menetapkan empat waktu perjalanan ke pulau-pulau tersebut dimulai pukul 08.00,  pukul 10.00, 12.00, dan pukul 14.00 WIB.

    “Jadi ke depan, kami berencana membuka lintasan baru dan bisa dilakukan perjalanan sampai empat kali dalam satu hari, sehingga akan membantu meningkatkan pariwisata di pulau-pulau ini,” kata dia.

    Sejauh ini, sudah ada empat rute atau lintasan menuju sembilan pulau di Kepulauan Seribu yakni pulau Untung Jawa, Tidung, Lancang, Pari, Payung, Pramuka, Kelapa, Panggang, dan Sabira, yang terlayani dengan angkutan perairan milik Pemprov DKI.

    Baca juga: Ekraf dan pariwisata dinilai jadi kunci stabilitas ekonomi Jakarta

    Empat rute ini yaitu rute pertama mulai dari Muara Angke- Untung Jawa-Lancang-Payung- Tidung. Rute 2 dari Muara Angke-Untung Jawa- Pari- Panggang-Pramuka.

    Lalu, rute 3 dari Muara Angke-Untung Jawa-Pari-Pramuka-Kelapa, dan rute 4 atau pulau terluar dari DKI Jakarta yakni Muara Angke-Kelapa-Sabira.

    “Dari rute 1 hingga 3 ditempuh kurang lebih satu jam. Lalu rute 4 atau pulau terluar dari DKI Jakarta ditempuh kurang lebih 3 jam. Pulau terluar ini lebih dekat ke Lampung kalau di Pulau Sabira hanya satu jam ke Lampung,” ujar Anthon.

    Baca juga: Kemenparekraf ajak DKI tingkatkan pariwisata dari pameran dagang

    Pemprov DKI Jakarta saat ini memiliki 18 unit kapal, terdiri dari 11 kapal untuk angkutan penumpang yang berkapasitas 50-80 penumpang, kemudian 2 unit kapal sekolah yang melayani anak-anak sekolah antarpulau, 2 unit kapal barang, dan sisanya yakni 3 kapal kerja.

    “Akhir Desember ini kami berencana menambah dua kapal dengan kapasitas 80 penumpang dan ada revitalisasi kapal yang sudah lama tidak jalan, itu ada enam unit kapal. Fungsinya kapal direvitalisasi sebagai penghubung antarpulau sehingga akan memudahkan masyarakat melakukan perjalanan,”  jelas Anthon.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024

  • Aplikasi Crossborder e-Commerce RI Master Bagasi Kini Jangkau 100 Negara

    Aplikasi Crossborder e-Commerce RI Master Bagasi Kini Jangkau 100 Negara

    Jakarta

    Jutaan diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh dunia menjadi potensi pasar yang besar agar produk-produk dalam negeri masuk dalam mata rantai ekonomi global. Kondisi inilah yang melatarbelakangi pendirian Master Bagasi sebagai aplikasi crossborder e-commerce pertama di Indonesia yang berisi etalase ribuan produk asal Indonesia.

    Saat ini, Master Bagasi telah memperluas jangkauan lebih dari 100 negara di dunia. Hal tersebut bisa dimanfaatkan para pelaku usaha dalam negeri agar produknya dapat dipasarkan secara luas ke berbagai penjuru negara.

    Founder dan CEO Master Bagasi, Amir Hamzah, mengatakan perusahaan yang ia dirikan sejak 2021 lalu tersebut akan memudahkan diaspora Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya yang mungkin terbatas di luar negeri. Dari negaranya masing-masing, diaspora Indonesia dapat berbelanja online dengan mudah berbagai produk, mulai dari makanan, minuman, fesyen, kosmetik, dan hasil kerajinan tangan.

    “Saya membayangkan diaspora Indonesia yang selama ini kesulitan memperoleh bumbu makanan asli Indonesia, atau mungkin oleh-oleh kerajinan tangan atau kain pakaian batik khas nusantara, kini dapat dengan mudah mengaksesnya lewat Master Bagasi,” ujar Hamzah dalam keterangan tertulisnya.

    Hamzah menuturkan Master Bagasi juga dapat menjadi sarana bagi diaspora Indonesia untuk mengenalkan berbagai macam produk asli Indonesia kepada kolega maupun mitra kerja mereka yang merupakan warga negara asing.

    “Selain dapat berbelanja, diaspora juga bisa sekaligus mengirimkan barang dari Indonesia melalui Master Bagasi. Jadi, belanja kebutuhan produk Indonesia dan pengiriman barang pribadi dapat diakses dengan mudah dalam satu aplikasi,” ujar Hamzah lebih lanjut.

    Hamzah menyampaikan bahwa Master Bagasi merupakan salah satu startup Indonesia yang memiliki potensi besar untuk terus tumbuh secara berkelanjutan di masa depan.

    Disampaikannya, Master Bagasi termasuk 30 top startup dalam Indonesia Business StartUp Matchmaking (IndoBisa) 2024 besutan Kemenparekraf dan Kode Creative Hub. Selain itu, Master Bagasi juga terpilih sebagai salah satu peserta dalam NextHub Global Summit 2024 yang digelar di Bali pada akhir September lalu.

    “Terpilihnya kami dalam ajang IndoBisa 2024 maupun NextHub Global Summit 2024 menunjukkan peluang Master Bagasi untuk terus berekspansi di pasar global. Ke depan, kami berharap Master Bagasi dapat menjadi sarana UMKM untuk naik kelas dengan masuk dalam mata rantai perdagangan dunia. Produk-produk mereka dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja,” ungkap Hamzah.

    Berdasarkan data terkini, aplikasi Master Bagasi telah diunduh lebih dari 20 ribu kali dan telah memenuhi kebutuhan belanja diaspora Indonesia di lebih dari 100 negara dunia.

    (agt/agt)

  • Fujifilm-GoVirtual kolaborasi promosikan pariwisata lewat teknologi

    Fujifilm-GoVirtual kolaborasi promosikan pariwisata lewat teknologi

    Kerja sama ini adalah langkah penting untuk mendukung pariwisata Indonesia, yang merupakan salah satu sektor vital bagi IndonesiaJakarta (ANTARA) – Perusahaan terkemuka di bidang teknologi imaging Fujifilm Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan platform yang fokus pada pengembangan pariwisata digital di Indonesia, GoVirtual.

    Kolaborasi ini adalah bentuk kelanjutan dukungan perusahaan bidang teknologi imaging itu kepada GoVirtual yang telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam bidang pariwisata Indonesia.

    Kerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan meningkatkan daya tarik destinasi lokal dan akan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kolaborasi konten konten kreatif fotografi mengenai keindahan Indonesia yang dipresentasikan dengan teknologi virtual reality, untuk mendukung pelestarian budaya dan kemajuan pariwisata Indonesia.

    “Kerja sama ini adalah langkah penting untuk mendukung pariwisata Indonesia, yang merupakan salah satu sektor vital bagi Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi fotografi, kami berharap dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih menarik dan tak terlupakan bagi para wisatawan,” ujar Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Masato Yamamoto lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

    Sementara itu, Direktur GoVirtual Bobby Cendrawanto, menambahkan kemitraan dengan Fujifilm akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pengguna.

    “Kami percaya dengan kolaborasi ini, Indonesia dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Indonesia melalui virtual fotografi,” ujarnya.

    Kerja sama ini akan mencakup pengembangan berbagai inisiatif, termasuk mengembangkan virtual tur yakni menciptakan tur virtual untuk berbagai daerah wisata di Indonesia, memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menjelajahi destinasi sebelum mengunjungi secara langsung.

    Mempromosikan pariwisata Indonesia dengan memanfaatkan teknologi kedua perusahaan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan meningkatkan daya tarik destinasi lokal, serta memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menyediakan informasi mengenai keindahan Indonesia melalui fotografi yang dihasilkan dengan teknologi untuk para wisatawan dan para peminat fotografi.

    Sejalan dengan fokus utama Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan, kedua perusahaan berharap dapat berkontribusi dalam memperkenalkan keindahan dan keragaman budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

    Baca juga: FUJIFILM dukung pemanfaatan teknologi melawan TB di Indonesia
    Baca juga: FUJIFILM luncurkan dua kamera dan dua lensa baru

    Pewarta: Sinta Ambarwati
    Editor: Ahmad Wijaya
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kemenparekraf apresiasi BPOLBF gelar kegiatan aktivasi Parapuar

    Kemenparekraf apresiasi BPOLBF gelar kegiatan aktivasi Parapuar

    Tapi ini baru awal, kami harapkan semakin banyak event di sini, sengaja saya bawa satu promotor dari Jakarta hari ini untuk melihat Natas ParapuarManggarai Barat, NTT (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengapresiasi Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) yang menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengaktivasi destinasi wisata Parapuar Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

     

    “Tapi ini baru awal, kami harapkan semakin banyak event di sini, sengaja saya bawa satu promotor dari Jakarta hari ini untuk melihat Natas Parapuar, rupanya beliau juga tertarik buat event di sini,” kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu di Labuan Bajo, Jumat.
     

    Vinsensius Jemadu menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan bernama Wana Rhapsodya dan bertajuk ‘Bergembira Bersama di Parapuar’ yang menghadirkan musisi asal Makassar Pusakata di Natas Parapuar Labuan Bajo pada Jumat sore.
     

    Ia menambahkan Kemenparekraf tengah berusaha menghadirkan musisi legendaris Indonesia yang dikenal dengan lagu-lagunya yang bertemakan alam Ebiet G Ade untuk tampil di Parapuar Labuan Bajo.
     

    Ia juga meminta dukungan semua pihak untuk secara kolektif mendukung berbagai kegiatan di Parapuar Labuan Bajo.
     

    “Ini baru awal, kita sama-sama dukung untuk event-event selanjutnya di Natas Parapuar dan Parapuar semakin viral, dan banyak pengusaha akan investasi di sini yang mempertahankan prinsip-prinsip keberlanjutan yang bisa memberikan dampak ekonomi, budaya dan dampak lingkungan yang paling penting,” katanya.
     

    Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Stefanus Jemsifori juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan kesenian yang mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).
     

    “Mesti memperbanyak kegiatan seperti ini mungkin direncanakan dengan baik lagi,” ujarnya.
     

    Ia juga meminta dukungan dan mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam pengembangan sektor pariwisata sehingga sektor pariwisata dapat terus berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat.
     

    Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh mengatakan, pihaknya menyelenggarakan kegiatan bernama Wana Rhapsodya dengan tajuk ‘Bergembira Bersama di Parapuar’ untuk memadukan keindahan alam dan alunan musik di Natas Parapuar Labuan Bajo.
     

    “Wana Rhapsodya adalah mini event musik yang diadakan di tengah hutan dengan memadukan keindahan alam dengan irama pertunjukan langsung, konsep ini tentu sangat cocok dengan kondisi Parapuar yang mampu menawarkan kedua hal ini,” katanya.
     

    Dikelilingi oleh pepohonan dan pemandangan lansekap Labuan Bajo dari ketinggian kurang lebih 238 mdpl, lanjut dia, kegiatan ini mengajak para pecinta musik untuk merasakan perpaduan antara suara dan ketenangan alam yang harmonis.
     

    Kegiatan Wana Rhapsodya diselenggarakan di Natas Parapuar dengan memanfaatkan area yang telah dibangun dan layak pakai dengan terlebih dahulu mempertimbangkan faktor-faktor keselamatan bagi pengunjung dan juga dengan menghitung kapasitas atau daya dukung lokasi, sehingga event ini bersifat terbatas.
     

     

     

    Pewarta: Gecio Viana
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Biaya MotoGP Mandalika Rp 231 Miliar Dibayar 2 Kali, Sumbernya dari Mana?

    Biaya MotoGP Mandalika Rp 231 Miliar Dibayar 2 Kali, Sumbernya dari Mana?

    Jakarta

    Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tuan rumah seri ke-15 MotoGp 2024 pada 27-29 September. Dalam ajang tersebut penyelenggara perlu membayar biaya penyelenggaraan atau hosting fee sesuai mekanisme yang ada.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, hosting fee penyelenggaraan MotoGp adalah sebesar Rp 231 miliar. Sandiaga memastikan pembayaran biaya hosting dirampungkan sesuai mekanisme yang ada.

    “Hosting fee sudah selesai. Kita akan menyesuaikan mekanisme hosting fee ,” ujar Sandiaga, dikutip dari Antara, Sabtu (28/9/2024).

    Adapun pembayaran dilakukan dalam dua kali periode. Menurut dia, untuk tahap pertama penyelesaian beberapa saat sebelum ajang MotoGP Mandalika berlangsung dan berikutnya penyelesaian setelah kejuaraan internasional itu selesai.

    “Metode pembayarannya adalah dua kali dalam periode beberapa saat sebelum MotoGP dan mungkin satu bulan setelah MotoGP,” tutur Menparekraf.

    Sebelumnya, pada Rabu (18/9) pekan lalu, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) menyatakan pembayaran hosting fee kepada Dorna sport sedang dalam proses dan dipastikan ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, 27-29 September 2024 tetap digelar.

    “Pembayaran biaya hosting MotoGP cukup banyak yang mendukung. Artinya perlombaan dipastikan tetap berlangsung,” kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka.

    Ia mengatakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan perhatian khusus terkait dengan biaya hosting MotoGP Indonesia 2024.

    Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI direncanakan kembali memberikan dukungan untuk ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

    Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah Lombok Tengah yang telah memiliki wacana untuk mendukung pembayaran hosting fee ajang MotoGP Indonesia tersebut, meskipun secara resmi belum disampaikan.

    Selain itu, untuk persiapan ajang MotoGP Indonesia 2024 telah mencapai 95 persen dan dipastikan bisa berjalan dengan baik, karena ajang ini tidak melaksanakan tahun ini saja, namun telah dilaksanakan sebelumnya.

    Pada 27-29 September 2024, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP untuk ketiga kalinya. Seri kejuaraan balap sepeda motor itu terletak di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

    MotoGP Mandalika 2024 dirancang menjadi pergelaran yang inklusif, tidak hanya untuk para penggemar otomotif, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

    (ily/hns)

  • Muncul Wacana Pembangunan Jalan Tol Bali Utara, Kapan Dibangun?

    Muncul Wacana Pembangunan Jalan Tol Bali Utara, Kapan Dibangun?

    Jakarta

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bicara tentang wacana pembangunan jalan tol di kawasan Bali Utara. Hal ini mulanya disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

    Basuki menjelaskan, rencana pembangunan jalan tol di kawasan Bali Utara belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Proyek tersebut juga belum terjadwal untuk dilakukan lelang.

    “Yang lagi PQ (prakualifikasi) dari Mengwi ke Gilimanuk kan? Kalau Bali Utara belum,” terang Basuki, saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2024).

    Ditemui terpisah, Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, pembangunan jalan tol di Bali bertujuan untuk pemerataan pembangunan agar tidak menumpuk di bagian selatan. Saat ini prosesnya tengah dalam pengkajian.

    “Intinya kalau Bali semangatnya kan untuk memeratakan pertumbuhan. Supaya tidak numpuk di Bali bagian selatan, jadi kita sebar ke bagian timur, ke bagian barat, termasuk ke utara,” kata Endra, di hari yang sama.

    Di sisi lain, menurutnya proses pengkajian pembangunan infrastruktur di Bali perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan. Apalagi mengingat ukuran Pulau Bali yang terbilang kecil dan memiliki banyak kekayaan alam yang harus dilindungi.

    “Kemudian juga ada Gunung Agung, kan gunung aktif. Jadi kita harus betul-betul consider hal-hal semacam itu. Jadi kalau dari kami, kita akan cek betul-betul secara lebih cermat rencananya seperti apa,” ujarnya.

    Dalam rencana besarnya, tol ini ditargetkan bisa rampung pada tahun 2029. Endra mengatakan, panjang jalan bebas hambatan ini tidak begitu panjang, namun ia belum dapat merincikannya.

    “Kalau lihat dari jarak kan tidak terlalu jauh, tapi kan ini (pembangunannya) bukan soal jarak, soal sosial budaya, lingkungan juga harus kita dengar. Dan yang jelas nanti jadi program dari pemerintah berikutnya, apakah akan diprogramkan atau tidak. Kita kan sudah selesai dengan yang kita programkan. Mudah-mudahan di akhir tahun target 2.700 km jalan tol baru sudah bisa kita kejar,” pungkasnya.

    Sebagai tambahan informasi, kabar mengenai rencana pembangunan Tol Bali Utara ini pertama kali disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

    Katanya, pemerintah tengah menyusun rencana pembangunan jalan tol di Bali Utara, untuk mendukung aksesibilitas menuju destinasi wisata di kawasan itu.

    “Untuk yang ke utara (Bali) ini juga sedang digagas,” ujar Sandi, dalam jumpa pers mingguan yang digelar secara hybrid, dikutip dari Antara.

    Dia berharap rencana pembangunan jalan tol di Bali Utara dapat masuk ke dalam proyek prioritas serta dapat rampung akhir 2029. Lewat jalan tol, maka diharapkan kunjungan wisatawan tak hanya terfokus di Bali Selatan tetapi juga merambah ke Bali Utara yang juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik.

    “Kita harapnya bisa selesai pada akhir 2029,” ujarnya.

    (shc/das)

  • Perluas Jaringan Promosi Pariwisata, Disparbud Jabar Gelar West Java Sales Mission di Jatim

    Perluas Jaringan Promosi Pariwisata, Disparbud Jabar Gelar West Java Sales Mission di Jatim

    Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menggelar West Java Sales Mission di Kota Surabaya, 22-23 Mei 2024.

    Kegiatan tersebut ditujukan untuk mempromosikan potensi pariwisata dengan
    memperkenalkan destinasi unggulan Jawa Barat, yang dikombinasikan melalui penawaran paket
    wisata yang lengkap kepada masyarakat.

    Pemilihan Provinsi Jawa Timur sebagai lokasi pelaksanaan West Java Sales Mission bukan tanpa alasan.

    Sejauh ini, Jawa Barat dan Jawa Timur masih termasuk dalam wilayah unggulan wisata di Indonesia. Oleh karena itu, perlu memperkuat kolaborasi demi mengangkat potensi wisata, budaya, maupun ekonomi kreatif di kedua provinsi.
    “Acara ini tidak hanya menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan antarwilayah, tetapi juga sebagai platform yang berharga bagi kami dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Jawa Barat kepada para pemangku kepentingan di Jawa Timur,” kata Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar.

    “Dengan adanya kegiatan ini, kami harap kedepannya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menjalin
    hubungan yang sinergis dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai upaya meningkatkan promosi
    pariwisata, mengembangkan produk wisata yang inovatif, serta memperluas aksesibilitas bagi para wisatawan, serta tentunya dapat menciptakan kesadaran masyarakat bahwa Jawa Barat memiliki
    destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi,” tambahnya.

    Hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Ketajati di Kabupaten Majalengka, juga memudahkan
    akses wisatawan untuk mengunjungi Jawa Barat. Selain itu juga terdapat Tol Trans Jawa yang
    memungkinkan wisatawan dari Surabaya menuju Jawa Barat dalam waktu tempuh sekitar 7 sampai 8 jam saja.

    “Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Bursa Pariwisata tahun 2023, Provinsi Jawa Timur akan kembali menyelenggarakan Bursa Pariwisata 2024 yang pada kali ini bekerja sama dengan Jawa Barat. Dengan harapan, kegiatan ini akan menjadi brand nasional dalam event travel fair B2C dan B2B dalam
    medapatkan harga penawaran yang menarik,” ucap Kadisbudpar Jawa Timur Evy Afianasari.

    Acara West Java Sales Mission turut dihadiri Ketua Tim Kerja Misi Penjualan Kemenparekraf RI Bulqis
    Chairina. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh para seller dan buyer dari pelaku industri pariwisata
    maupun asosiasi pariwisata.  [tok/aje]

  • Ini Objek Inkubasi Arsitektur dan Desain Interior Kemenparekraf di Kota Mojokerto

    Ini Objek Inkubasi Arsitektur dan Desain Interior Kemenparekraf di Kota Mojokerto

    Mojokerto (beritajatim.com) – Kota Mojokerto menjadi objek inkubasi arsitektur dan desain interior yang digelar oleh Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Yakni Pusat Grosir Sepatu (PGS) yang terletak di Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan.

    Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya telah menjadikan Kota Mojokerto sebagai tempat pelaksanaan inkubasi dari Kemenparekraf. Hal tersebut disampaikan saat membuka inkubasi arsitektur dan desain interior di salah satu hotel di Kota Mojokerto.

    “Saya sampaikan terima kasih dan bersyukur karena Kota Mojokerto telah ditunjuk menjadi tuan rumah untuk kegiatan yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh Kemenparekraf,” ungkap Mas Pj (sapaan akrab, red), Senin (20/5/2024).

    Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto ini menjelaskan, jika inkubasi merupakan manifestasi pemerintah untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang. Presiden Joko Widodo menyatakan pada tahun 2045 perekonomian diharapkan bisa tumbuh 6-7 persen.

    “Dan pemerintah optimis karena pada 2030 Indonesia sedang pada puncak demografi dengan 70 persen penduduk ada di usia produktif. Dan hari ini adalah sebuah ikhtiar bagaimana mempersiapkan generasi unggul untuk Indonesia emas di tahun 2045,” katanya.

    Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fashion Kemenparekraf RI, Yuke Sri Rahayu mengatakan, Kota Mojokerto dinilai memiliki potensi ekonomi kreatif dan pariwisata. Kota Mojokerto dipilih sebagai objek inkubasi arsitektur dan desain interior dengan mempertimbangkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata.

    “Pusat Grosir Sepatu memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai penjualan dan pembuatan sepatu di Kota Mojokerto,” terangnya.

    Sementara itu, salah peserta inkubasi desain intetrior dari Kalimantan Timur, Ferdy Prasipta mengungkapkan, jika inkubasi sebagai upaya untuk meningkatan kompetensi para desainer dan arsitektur muda sehingga bisa lebih berpartisipasi untuk pembangunan daerah.

    “Dalam inkubasi ini, selain untuk mengenali produk unggulan Kota Mojokerto, juga mengetahui pandangan produsen lokal. Kami ingin mengetahui apa harapan dan kebutuhan para pengrajin sehingga para desainer muda dapat memfasilitasi hal apa saja yang sekiranya bisa meningkatkan lokalitas,” ujarnya.

    Serta menjadikan Kota Mojokerto sebagai tempat wisata unggulan. Menurutnya, bagunan PGS merupakan bangunan yang telah lama ada di Kota Mojokerto dan tentunya punya kedekatan emosional bagi masyarakat.

    “Adanya PGS ini diharapkan tidak hanya menjadi  wisatawan berkunjung, tetapi warga Kota Mojokerto juga lebih mencintai dan memiliki sense of belonging terhadap tempat wisata di daerahnya sendiri,” harapnya.

    Inkubasi tersebut akan digelar selama lima hari yakni mulai tanggal 20-24 Mei 2024 dan diikuti oleh 24 peserta yang telah melakukan pendaftaran secara online dan dua orang perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum , Penataan Ruang, Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Dinas PUPRPerakim) Kota Mojokerto bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Himpunan Desaineer Interior Indonesia (HDII). [tin/ian]