Kementrian Lembaga: Kemenhub

  • Pelindo Blak-blakan Cara Turunkan Biaya Logistik, Apa Itu?

    Pelindo Blak-blakan Cara Turunkan Biaya Logistik, Apa Itu?

    Bisnis com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menggenjot transformasi fundamental melalui akselerasi digitalisasi dalam operasional. Langkah ini dilakukan selaras dengan target pemerintah untuk menekan biaya logistik.

    Adapun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri menargetkan penurunan biaya logistik dari 14,29% menjadi 8% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

    Terkait hal ini, Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menjelaskan bahwa Pelindo berkontribusi mendorong efisiensi layanan pelabuhan untuk menciptakan biaya logistik nasional yang lebih kompetitif. 

    Arif juga menyebut serangkaian strategi telah dilakukan oleh Pelindo sebagai bagian dari transformasi hingga ke level operasional.

    “Perseroan telah menerapkan standardisasi layanan untuk meningkatkan produktivitas serta menyatukan sistem pelayanan dan pembayaran melalui aplikasi online dan digital,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (22/11/2024).

    Menurutnya, akselerasi digitalisasi diwujudkan dengan menghadirkan integrated planning and control room untuk memantau semua layanan jasa kepelabuhanan mulai dari kapal, terminal, petikemas, dan logistik secara terpusat. Transformasi digital ini mendukung rangkaian terobosan Pelindo lainnya yang secara umum bertujuan untuk memperpendek port stay dan cargo stay.

    Dia kembali menegaskan bahwa strategi Pelindo untuk menurunkan biaya logistik yakni dengan memperpendek port stay dan cargo stay.

    Sementara itu, terobosan lainnya dalam layanan jasa kepelabuhanan, yaitu penerapan sistem operasi pelabuhan multi-terminal terintegrasi atau Pelindo Terminal Operating System Multipurpose (PTOS-M). Aplikasi platform tunggal ini menjadi pendukung operasi untuk layanan kepelabuhanan kargo non-petikemas berbasis fungsi planning dan controlling.

    Sejauh ini, kata dia, upaya dalam meningkatkan layanan turut berdampak kepada performa kinerja perseroan. 

    Tercatat per kuartal III/2024, Pelindo berhasil melayani 146 juta ton arus barang non peti kemas hingga naik 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sejalan dengan itu, peningkatan kinerja operasional menunjukkan upaya standardisasi dan digitalisasi operasional yang dijalankan Pelindo berhasil menopang kenaikan arus barang yang terjadi. Standardisasi ini tentu dilakukan secara terintegrasi dengan stakeholders dan pengguna jasa yang berdampak pada penurunan port stay di pelabuhan.

    Arif mengatakan digitalisasi layanan kepelabuhanan membuat arus barang menjadi lebih baik karena diawasi melalui sistem terintegrasi yang responsif.

  • Kemenhub Prediksi Pergerakan Orang Tembus 110,67 Juta saat Nataru

    Kemenhub Prediksi Pergerakan Orang Tembus 110,67 Juta saat Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi memaparkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait dengan potensi pergerakan masyarakat selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Survei tersebut memperkirakan sebanyak 110,67 juta orang akan melakukan perjalanan selama periode tersebut. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Persiapan Nataru yang digelar di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jumat (22/11/2024).

    “Kami sudah melakukan survei. Hasilnya, potensi pergerakan masyarakat saat Nataru 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang. Sebagian besar pergerakan terjadi di Pulau Jawa, termasuk kawasan aglomerasi. Jumlah inilah yang kami antisipasi,” kata Dudy dalam keterangan resmi, Jumat (22/11/2024).

    Menurut prediksi, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada dua periode, yaitu Selasa, 24 Desember 2024, dan Selasa, 31 Desember 2024. Sementara itu, puncak arus balik diprediksi berlangsung pada Rabu dan Kamis, 1-2 Januari 2025.

    Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Pratikno menekankan pentingnya memastikan pergerakan masyarakat berlangsung aman dan nyaman selama libur Nataru.

    “Tantangan pertama adalah musim hujan, termasuk potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan ekstrem. Ini memerlukan antisipasi hingga tingkat detail,” jelas Pratikno.

    Rapat ini juga membahas kesiapan moda transportasi, baik darat, laut, maupun udara, serta infrastruktur pendukung selama Nataru. Fokus utama adalah memastikan pelayanan maksimal untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat.

    Adapun Pratikno mengungkapan cuti Natal hanya satu hari di tanggal 26 Desember 2024.

    “Tetap tanggal 26 Desember, hanya satu hari saja,” kata Pratikno.

  • Indonesia mendukung resolusi konflik di Laut Merah dan Laut Hitam

    Indonesia mendukung resolusi konflik di Laut Merah dan Laut Hitam

    Indonesia menyuarakan pendapat yang sama dari delegasi lain yang telah menyerukan penyelesaian apa pun, khususnya terhadap konflik yang masih terjadi di Laut Merah dan Laut Hitam saat ini.

    Jakarta (ANTARA) – Indonesia mendukung upaya penyelesaian konflik yang terjadi di kawasan Laut Merah dan Laut Hitam, yang disampaikan dalam Sidang Dewan International Maritime Organization (IMO Council) ke-133 yang diselenggarakan di Markas Besar IMO London, Inggris.

    Kepala Bagian Organisasi dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Ayu Kharizsa dalam keterangan, di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa hal itu disampaikan delegasi Indonesia saat menghadiri Sidang IMO tersebut.

    Indonesia menyatakan hal itu sejalan dengan delegasi negara-negara lain yang menyerukan resolusi damai untuk konflik di wilayah tersebut, yang berdampak pada pelayaran kapal-kapal internasional.

    “Terkait dengan isu konflik di Laut Merah dan Laut Hitam yang berdampak terhadap kapal-kapal yang berlayar melalui wilayah tersebut, Indonesia menyuarakan pendapat yang sama dari delegasi lain yang telah menyerukan penyelesaian apa pun, khususnya terhadap konflik yang masih terjadi di Laut Merah dan Laut Hitam saat ini,” kata Ayu.

    Delegasi Indonesia yang menghadiri sidang tersebut terdiri dari beberapa perwakilan, antara lain dari Kementerian Perhubungan, KBRI London, Basarnas, PT. Biro Klasifikasi Indonesia, PT Pelindo Jasa Maritim, PT Pertamina International Shipping, dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri.

    Ayu menyampaikan bahwa Juru Bicara Delegasi Republik Indonesia, yakni Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan (Deops) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) R Eko Suyatno.

    Selain mengikuti jalannya persidangan, Indonesia juga melaksanakan beberapa agenda di sela-sela sidang, antara lain pertemuan bilateral dengan beberapa negara, seperti pertemuan dengan Malaysia, pertemuan dengan Australia, pertemuan dengan Glofouling Partnership Project, serta menjadi sponsor Coffee Break.

    Pada pertemuan bilateral dengan Malaysia membahas tentang rencana pembukaan jalur Ro-Ro Dumai-Melaka, dukungan dari Pemerintah Malaysia untuk mencapai kesepakatan mengenai penyiapan peraturan lalu lintas dan peraturan kargo lintas batas, serta potensi rute RoRo di Batam-Johor.

    Sedangkan saat bertemu Australia, Indonesia menyampaikan bahwa Indonesia dan Australia memiliki hubungan ekonomi yang kuat dan berkembang, yang difasilitasi oleh Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

    Kerja sama itu didorong dengan mempertimbangkan potensi salah satu jalur pelayaran langsung. Delegasi Indonesia meyakini dapat memasok kebutuhan Australia dalam hal pangan, pertanian, furnitur, rumah tangga, dan lain-lain serta menyambut baik investasi Australia di sektor maritim.

    Saat menjadi sponsor Coffee Break, Indonesia membagikan syal produk UMKM Kota Cilegon dan kopi khas Indonesia sebagai buah tangan untuk para delegasi negara anggota IMO.

    Juru Bicara Delegasi Republik Indonesia sekaligus Deops Basarnas R Eko Suyatno mengungkapkan bahwa partisipasi Indonesia pada sidang ini menunjukkan peran aktifnya sebagai anggota Dewan IMO 2024-2025.

    Eka menyampaikan apresiasi kepada World Maritime University (WMU) dan International Maritime Law Institute (IMLI) yang telah memberikan kesempatan kepada perwakilan dari Indonesia untuk dapat melanjutkan studi di WMU dan IMLI guna meningkatkan kapasitas dalam bidang pengelolaan pelabuhan dan perkapalan serta hukum maritim internasional.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • ⁠Sah! Kemenhub Turunkan Tarif Pelayanan Penumpang Bandara 50% Saat Nataru

    ⁠Sah! Kemenhub Turunkan Tarif Pelayanan Penumpang Bandara 50% Saat Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memangkas biaya pelayanan penumpang bandara sebesar 50% selama masa hari raya natal dan tahun baru 2024/2025. 

    Keputusan tersebut berdasarkan Keputusan Dirjen Perhubungan Udara Nomor KP250 DJPU Tahun 2024 tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan Pada Unit Penyelenggara Bandar Udara di Lingkungan Dirjen Perhubungan Selama Masa Hari Raya Natal dan Tahun Baru. 

    “Kemenhub menetapkan pengenaan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar 50% terhadap pelayanan jasa kebandarudaraan pada Unit Penyelenggara Bandar Udara,” seperti dikutip, Jumat (22/11/2024). 

    Adapun jenis pelayanan jasa sebagaimana dimaksud berupa pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U), pelayanan jasa pendaratan pesawat udara, pelayanan jasa penempatan pesawat udara, serta pelayanan jasa penyimpanan pesawat udara. 

    Potongan 50% ini berlaku pada pelaksanaan penerbangan pada tanggal 19 Desember 2024 sampai dengan 3 Januari 2025. Adapun periode pemesanan tiket penerbangan mulai tanggal 25 November 2024. 

    Seperti yang dikabarkan sebelumnya, mengutip Harian Bisnis Indonesia, terdapat empat rencana kebijakan penurunan tiket penerbangan selama Natal dan Tahun Baru. 

    Pertama fuel surcharge jet turun 8% menjadi 2% selama 16 hari yaitu 19 Desember 2024 – 3 Januari 2025. Kedua, fuel surcharge propeller turun 5% menjadi 20% selama 16 hari, yaitu 19 Desember 2024 – 3 Januari 2025. 

    Ketiga, PJP4U dan PJP2U turun 50% di semua bandara selama 16 hari periode 19 Desember 2024 – 3 Januari 2025. Keempat harga avtur selama bulan Desember (31 hari) tidak naik atau diberi diskon di 19 bandara.

    PJP2U adalah Penyelenggara Jasa Penumpang Pesawat Udara. Adapun PJP4U yaitu Penyelenggara Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara. 

  • Menhub Dudy Prediksi Puncak Arus Mudik Nataru 2024/2025 Jatuh pada Tanggal Ini

    Menhub Dudy Prediksi Puncak Arus Mudik Nataru 2024/2025 Jatuh pada Tanggal Ini

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi periode arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 akan terjadi pada 21 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. 

    Menteri Perhubungan Dudy Purwaghandi menjelaskan periode mudik Nataru terbagi dalam beberapa tahap. Prediksi periode arus mudik tahap I yaitu 21-24 Desember 2024 untuk libur naal 2024

    “Libur tahun baru 2025 prediksi periode arus mudik tahap II pada 28-30 Desember 2024,” kata Dudy di Kantor Kemenko PMK, Jumat (22/11/2024). 

    Adapun Kemenhub memprediksi periode arus balik akan terjadi pada 2-5 Januari 2025. Prediksi ini sesuai dengan perkiraan libur semester pendidikan antara 21 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. 

    Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Pratikno mengungkapan cuti Natal hanya satu hari di tanggal 26 Desember 2024. 

    “Tetap tanggal 26 Desember, hanya satu hari saja,” kata Pratikno, Jumat (22/11/2024). 

    Seperti yang diketahui, Kemenko PMK melakukan rapat koordinasi tingkat Menteri, tingkat Kepala Badan serta Panglima TNI dan Kapolri. Rapat ini membahas persiapan menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2024/2025. 

    Pratikno berharap dengan adanya koordinasi ini, libur Nataru dan ibadah dapat berlangsung aman, nyaman, lancar. 

    “Ada banyak hal yang harus kita antisipasi sampai level yang sangat-sangat detail, karena kita harus mengantisipasi tantangan pertama adalah kita memasuki musim hujan, yang kemudian juga ada potensi bencana hidrometeorologi sehingga hujan berlebih dan lain-lain, dan itu juga harus kita antisipasi,” kata Pratikno.

  • Pemerintah Tak Kompak, Kecelakaan Truk Kelebihan Muatan Terjadi Tiap Hari – Page 3

    Pemerintah Tak Kompak, Kecelakaan Truk Kelebihan Muatan Terjadi Tiap Hari – Page 3

    Namun terpenting, ia berharap Kemenhub bisa kompak terlebih dulu secara internal, mulai dari tingkat menteri hingga jajaran eselon I dan II. Di sela-sela omongannya, Djoko turut mempertanyakan kebijakan Menteri Perhubungan terdahulu, yang telah memanggil beberapa nama dari pihak kepolisian untuk mengisi posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat.

    Adapun di era kepemimpinan Menhub Budi Karya Sumadi, jabatan eselon I di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tersebut dipegang oleh beberapa nama polisi berpangkat tinggi. Mulai dari Budi Setiyadi, Hendro Sugiatno, hingga Risyapudin Nursin. Namun, semuanya belum bisa menuntaskan persoalan truk ODOL.

    “Yang penting tuh kompak dulu aja lah. Masa dari 2017 sampai sekarang enggak beres-beres urusin kayak gitu. Sudah tiga polisi jadi Dirjen (Hubdat), gitu aja. Mau berapa polisi. Masa semua polisi jadi dirjen, enggak menterinya sekalian?” pungkas Djoko sembari tertawa.

  • Kasus Viral Kecelakaan Truk Obesitas Terus Bermunculan, Ada Apa Gerangan? – Page 3

    Kasus Viral Kecelakaan Truk Obesitas Terus Bermunculan, Ada Apa Gerangan? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menggalakkan program untuk menghentikan truk berlebih muatan (Zero ODOL) sejak 2017. Namun nyatanya, kecelakaan akibat truk yang diduga Over Dimension Overload atau truk ODOL tersebut masih marak terjadi hingga saat ini.

    Seperti terjadi pada Senin (11/11/2024), ketika sebuah truk pengangkut kardus menyebabkan kecelakaan beruntun di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarangan (Cipularang) Km 92. Insiden ini turut melibatkan sejumlah kendaraan lain dan mengakibatkan kerusakan parah.

    Dalam video yang viral beredar, terlihat beberapa kendaraan bertumpuk dan mengalami kerusakan di pinggir jalan. Beberapa orang tampak keluar dari kendaraan dan dievakuasi ke bahu jalan.

    Berdasarkan pernyataan Polda Jawa Barat, kecelakaan ini diduga terjadi akibat truk ODOL yang mengalami rem blong. Sehingga menabrak deretan kendaraan di depannya dan terjadi kecelakaan beruntun.

    Kecelakaan Maut

    Teranyar, kecelakaan maut juga terjadi di kawasan turunan Silayur, Jalan Prof Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang pada Kamis (21/11/2024) petang. Yang kembali diakibatkan sebuah truk angkutan, meskipun belum ada indikasi lebih lanjut apakah kendaraan bersangkutan masuk kategori ODOL atau tidak.

    Peristiwa nahas ini melibatkan sebuah truk tronton bermuatan aki yang diduga mengalami rem blong, hingga menabrak sejumlah kendaraan dan bangunan di sepanjang jalur tersebut. Dua orang dilaporkan tewas di lokasi kejadian, sementara beberapa lainnya menderita luka berat.

    Menurut informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.15 WIB, tepat di jalur menurun Silayur. Truk dengan nomor polisi B 9674 KXS ini menghantam berbagai kendaraan termasuk sepeda motor, mobil, dan truk sampah, sebelum akhirnya berhenti setelah menabrak warung jus buah. Insiden ini memicu kemacetan panjang di sekitar lokasi hingga malam hari.

     

  • Kementerian PU Target Seluruh Perbaikan Jalan Tol Rampung H-10 Nataru

    Kementerian PU Target Seluruh Perbaikan Jalan Tol Rampung H-10 Nataru

    Jakarta

    Periode libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024-2025 akan berlangsung kurang dari dua bulan lagi. Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pekerjaan perbaikan jalan tol diselesaikan maksimal H-10 Nataru untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas (lalin).

    Hal itu disampaikan Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti saat meninjau sejumlah ruas jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Solo pada Rabu (20/11/2024). Ruas jalan tol yang ditinjau antara lain ruas Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo.

    Diana mengatakan, Kementerian PU bersama para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mengupayakan peningkatan kemantapan jalan tol, baik melalui perbaikan jalan maupun pelebaran jalan. Termasuk antisipasi kepadatan kendaraan yang diprediksi terjadi pada 21 Desember s.d 4 Januari nanti melalui koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

    “Semua pekerjaan perbaikan juga harus bisa diselesaikan pada 15 Desember atau H-10 Nataru agar tidak mengganggu perjalanan masyarakat,” kata Diana, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (22/11/2024).

    Pada kesempatan itu, Diana juga meninjau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area yaitu TIP A 102, TIP A 379, dan TIP B 456. Ia meminta BUJT untuk terus menjaga kebersihan dan kualitas layanan agar masyarakat dapat merasa nyaman, terutama pada toilet, tempat makan, dan tempat parkir.

    “Kita lihat di beberapa rest area sudah bersih, seharusnya saat Nataru juga tetap bersih dan tertata rapi. Parkir harus tertata dengan baik agar tidak ada lagi penumpukan kendaraan di rest area yang menyebabkan kemacetan di jalan tol,” ujarnya.

    Diana juga berharap semua command center yang dimiliki setiap BUJT dapat diintegrasikan dalam satu aplikasi. Hal ini agar memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang semua ruas jalan tol di seluruh Indonesia secara real time.

    “Nanti BPJT akan coba mengkoordinasikan command center terintegrasi ini, sehingga kita bisa memantau titik kepadatan di jalan tol untuk dikoordinasikan dengan Korlantas dan Kementerian Perhubungan agar dapat segera ditindaklanjuti,” kata dia.

    Di sisi lain, Diana juga sempat melakukan peninjauan terhadap penanganan Jalan Kaligawe yaitu jalan nasional perbatasan Semarang dan Demak. Adapun jalan ini sering terendam air akibat banjir rob.

    “Kita sudah mulai melakukan upaya penanganan melalui elevasi jalan dan pompanisasi agar air hujan atau air rob tidak menggenang di jalan ini,” ujar Diana.

    (shc/rrd)

  • Jelang natal, DJKA cek fasilitas stasiun dan kereta PT KAI Palembang

    Jelang natal, DJKA cek fasilitas stasiun dan kereta PT KAI Palembang

    KAI akan terus mengutamakan keselamatan bagi pelanggan dan perjalanan KA dengan terus memberikan pelayanan terbaik.

    Palembang (ANTARA) – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) melakukan sejumlah pemeriksaan pada sarana dan fasilitas milik PT KAI Divre III Palembang, Sumatera Selatan, menjelang masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, di Palembang, Kamis, mengatakan pemeriksaan dilakukan selama 3 hari, mulai Senin (19/11) hingga Rabu (20/11). Pemeriksaan itu meliputi kelaikan sarana kereta penumpang, hingga fasilitas penumpang baik di dalam kereta dan juga di stasiun wilayah KAI Divre III Palembang.

    Ia menjelaskan pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau sekaligus memeriksa kelaikan operasional KAI Divre III Palembang, menjelang Masa Angkutan Natal-Tahun Baru 2024/2025.

    Pemeriksaan sarana ini meliputi Pengujian Statis dan Pengujian Dinamis. Adapun pengujian statis terdiri dari uji dimensi, ruang batas sarana, berat, pengereman, keretakan, beban, sirkulasi udara, temperatur, kebisingan, cahaya, dan kebocoran.

    Sedangkan, dari sisi fasilitas stasiun dilakukan pemeriksaan meliputi fasilitas, seperti ruang tunggu, mushala, toilet, ruang laktasi, water station hingga fasilitas bagi pelanggan berkebutuhan khusus. Semua aspek fasilitas stasiun tersebut, katanya lagi, akan dilakukan pemeriksaan kelaikan untuk mendukung pelayanan yang optimal bagi penumpang KA.

    Dalam penyelenggaraan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Angkutan Orang dengan Kereta Api, baik di stasiun KA maupun dalam perjalanan, harus memenuhi enam aspek, yaitu keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan.

    KAI Divre III Palembang berkomitmen memberikan keselamatan dan kenyamanan para pelanggan selama dalam di stasiun maupun dalam perjalanan kereta api, terutama pada masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Keseluruhan sarana dan fasilitas tersebut wajib memenuhi persyaratan, dan apabila ada yang tidak terpenuhi, maka harus dilakukan perbaikan.

    “Petugas yang melakukan pemeriksaan juga telah memiliki Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari DJKA Kemenhub dan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI,” katanya pula.

    KAI Divre III Palembang dalam operasionalnya selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, dengan mengutamakan aspek keselamatan.

    Namun, pemeriksaan kelaikan tetap perlu dilakukan oleh DJKA Kemenhub yang nantinya akan menilai kembali sesuai aturan Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 63 Tahun 2019 terdiri atas SPM di stasiun KA dan SPM dalam perjalanan.

    “Pemeriksaan ini tentunya untuk melihat kembali secara detail apabila masih ditemukan sesuatu yang belum memenuhi SPM oleh DJKA Kemenhub, nantinya temuan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh jajaran KAI Divre III Palembang,” ujarnya.

    Menyambut masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, KAI Divre III Palembang menyiapkan total jumlah tempat duduk sebanyak 42.732 seat selama periode itu dari tanggal 19 Desember 2024-5 Januari 2025 dengan rata-rata 2.374 tempat duduk per hari.

    Jumlah tersebut kumulatif dari jumlah ketersediaan tempat duduk KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang, dan KA komersial relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) serta akan bertambah jumlah ketersediaan tempat duduk apabila ada penambahan gerbong pada kereta komersial Sindang Marga.

    Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dirut: Arus Petikemas di Surabaya naik 9,77 persen

    Dirut: Arus Petikemas di Surabaya naik 9,77 persen

    Surabaya (ANTARA) – Direktur Utama PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) Wahyu Widodo menyatakan arus petikemas sepanjang Januari hingga Oktober mengalami kenaikan sebesar 9,77 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

    “Arus petikemas di PT TPS pada Januari sampai Oktober 2024 naik 9,77 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2023,” katanya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

    Wahyu menyebutkan jumlah arus peti kemas pada Oktober 2023 tercatat sebesar 1.193.587 TEUs sedangkan pada periode yang sama tahun 2024 jumlahnya meningkat menjadi 1.310.235 TEUs.

    Sementara itu, arus peti kemas domestik naik 17,17 persen dari 55.251 TEUs pada 2023 menjadi 64.737 TEUs pada 2024.

    Perbandingan arus peti kemas antara ekspor dan impor pada periode Januari hingga Oktober 2024 adalah 49 persen atau 615.078 TEUs untuk peti kemas ekspor dan 51 persen atau 630.420 TEUs untuk peti kemas impor.

    Dibandingkan periode sama pada 2023, prosentase perbandingan arus peti kemas ekspor dan impor tidak mengalami perubahan.

    Pada 2023, ekspor menyumbang 49 persen dengan arus peti kemas sebanyak 561.458 TEUs sedangkan impor tercatat sebanyak 576.878 TEUs atau 51 persen dari total arus peti kemas.

    Selain itu, jumlah kunjungan kapal hingga Oktober 2024 juga meningkat 2,21 persen dengan total 1.018 kunjungan kapal dibandingkan periode sama pada 2023 yang tercatat sebanyak 996 kunjungan kapal.

    Adapun kenaikan pada Oktober 2024 dipicu oleh kontribusi peti kemas internasional sebanyak 136.937 TEUs dan peti kemas domestik sebanyak 6.256 TEUs.

    Pada September 2024 kontribusi peti kemas internasional tercatat sebesar 130.348 TEUs dan kontribusi peti kemas domestik sebanyak 5.882 TEUs.

    Wahyu menambahkan, dari sisi kinerja bongkar muat TPS juga mencatat peningkatan yang signifikan dengan capaian 54 box/ship/hour.

    Capaian tersebut melampaui kinerja bongkar muat yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak di Surabaya yaitu 48 box/ship/hour.

    “TPS tetap masih memimpin perolehan market share dengan prosentase 83 persen di Pelabuhan Tanjung Perak,” ujarnya.

    Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2024