Kementrian Lembaga: Kemenhub

  • Puan soal Harga Tiket Pesawat: Jangan Hanya Harga, Fokus Pelayanan

    Puan soal Harga Tiket Pesawat: Jangan Hanya Harga, Fokus Pelayanan

    Bisnis.com, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pandangannya terkait kebijakan penurunan harga tiket pesawat oleh pemerintah jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Menurutnya, kebijakan ini pun harus diimbangi dengan kualitas pelayanan. Dia mengatakan semua operator harus bisa memastikan bahwa lonjakan penumpang tidak akan menurunkan standar pelayanan dan keselamatan.

    Tak hanya berpesan pada operator, cucu proklamator RI ini turut mengingatkan pemerintah untuk melakukan pengawasan supaya kualitas pelayanan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat yang menggunakan transportasi udara tetap terjaga meskipun ada penurunan harga tiket pesawat.

    “Kebijakan ini tidak boleh hanya berfokus pada aspek harga, melainkan juga pada kualitas pelayanan,” ujar Puan dalam keterangan resmi yang dikutip pada Minggu (22/12/2024).

    Lebih jauh, Politikus PDI Perjuangan (PDIP) turut mengimbau agar semua instansi terkait dapat bersinergi demi memastikan kelancaran transportasi masyarakat selama masa libur Nataru ini.

    “Bukan hanya di bandara saja, tapi semua moda transportasi seperti angkutan darat, kereta api, dan moda laut harus bisa memberikan pelayanan terbaik,” tuturnya.

    Puan kembali menegaskan bahwasannya selain pelayanan yang perlu ditingkatkan di simpul transportasi, pemerintah harus memastikan aspek keselamatan dan keamanan masyarakat.

    “Keselamatan dan keamanan masyarakat dalam perjalanan harus menjadi prioritas utama. Pemeriksaan keamanan tidak boleh tergesa-gesa, dan semua prosedur harus dilakukan sesuai standar yang berlaku,” ucap putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut.

    Dia juga meminta agar posko pelayanan dan SDM medis siap membantu kebutuhan masyarakat di tiap-tiap titik perjalanan masyarakat.

    Pemerintah turunkan harga tiket

    Pemerintah pada akhir November 2024 telah mengumumkan bahwa penurunan harga tiket pesawat jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 10% atau setara Rp157.500 per tiket dengan tiga komponen utama. 

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan, pihaknya memutuskan beberapa kebijakan bersama stakeholder terkait yaitu Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura Indonesia, Pertamina dan maskapai domestik untuk menurunkan harga tiket pesawat. 

    AHY menyebut, penurunan harga tiket ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan juga menggerakkan ekonomi termasuk pariwisata. 

    “Maka dari semua elemen tadi termasuk menurunkan biaya atau jasa di bandar udaraan termasuk juga avtur dan tentunya fuel surcharges maka bisa dikurangi harga tiket itu kurang lebih 10%,” AHY dalam keterangan resmi, Selasa (26/11/2024).

  • Antisipasi Banjir-Longsor Saat Natal Tahun Baru, PU Siapkan Ribuan Alat Darurat di Seluruh Provinsi – Halaman all

    Antisipasi Banjir-Longsor Saat Natal Tahun Baru, PU Siapkan Ribuan Alat Darurat di Seluruh Provinsi – Halaman all

     

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Memasuki masa mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 saat cuaca ekstrem melanda, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menyiapkan seluruh logistik dan sumber daya yang diperlukan guna mengantisipasi potensi banjir dan longsor.

    Ribuan peralatan darurat telah disiapkan di seluruh provinsi untuk menghadapi cuaca ekstrem pada puncak musim penghujan dan kesiapan infrastruktur jalan pada arus mudik Nataru.

    Dampak curah hujan tinggi ini disebut akan berlangsung selama akhir 2024 dan awal 2025.

    Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti memastikan peralatan dan material darurat seperti alat berat, kendaraan evakuasi, mobil toilet, tangki air, posko-posko darurat, dan peralatan Disaster Relief Unit (DRU) telah siap.

    “Kami siapkan di seluruh provinsi untuk dapat digunakan kapan saja,” kata Diana dikutip dari keterangan tertulis pada Minggu (22/12/2024).

    Satgas PPB Kementerian PU terdiri dari 37 balai di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, 33 balai di Direktorat Jenderal Bina Marga, dan 34 balai di Direktorat Jenderal Cipta Karya bersama seluruh tim reaksi cepat di setiap balai.

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyiapkan 2.513 personil, 1.780 alat, dan 473.582 bahan darurat.

    Kemudian balai Direktorat Jenderal Bina Marga menyiapkan 421 personil, 1.266 alat, dan 1.160 bahan darurat.

    Lalu, balai Direktorat Jenderal Cipta Karya menyiapkan 521 personil, 151.413 alat, dan 4.434 bahan darurat.

    Diana memastikan seluruh personil Satgas PPB telah terlatih dan selalu siap siaga untuk penanganan darurat, terutama di daerah berisiko bencana.

    Tim Satgas PPB pun telah bergerak melakukan penanganan bencana di berbagai wilayah.

    Antara lain, bencana longsor di Deli Serdang, longsor di Kampar, banjir dan longsor di Sukabumi, longsor di Pacitan, dan erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores.

    Penanganan bencana dipastikan terus dikoordinasikan secara internal Kementerian PU maupun dengan instansi lain seperti BNPB, BPBD, BMKG, Kementerian Perhubungan, Polri, TNI AD, dan pemerintah daerah.

    Adapun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan terjadinya peningkatan curah hujan menjelang momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2025.

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan dinamika atmosfer yang membuat curah hujan meningkat selama Nataru.

    Dinamika itu seperti Madden-Julian Oscillation (MJO) dan potensi cold surge (gelombang udara dingin) yang bergerak dari daratan Asia (Siberia) menuju wilayah barat Indonesia, diproyeksikan akan aktif selama periode Nataru.

    “Kedua fenomena ini dapat meningkatkan curah hujan, meskipun dampaknya masih perlu terus dipantau,” kata Dwikorita dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang digelar di Auditorium PTIK, Jakarta, Senin (16/12/2024).

    Dwikorita menginformasikan cuaca ekstrem diperkirakan akan berlanjut hingga 9 Januari 2025 dengan peningkatan eskalasi cuaca, terutama di wilayah-wilayah yang dilalui jalur mudik.

    BMKH mengimbau masyarakat untuk selalu memantau informasi cuaca terkini.

    “Saya mengingatkan masyarakat untuk selalu memantau perkembangan informasi cuaca melalui aplikasi Info BMKG.”

    “Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi jalur mudik, sehingga masyarakat bisa merencanakan perjalanan dengan lebih aman dan nyaman,” tambahnya.

  • Antisipasi Berbagai Potensi saat Nataru, Ini yang Diminta Kapolri ke Jajaran

    Antisipasi Berbagai Potensi saat Nataru, Ini yang Diminta Kapolri ke Jajaran

    Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya mengantisipasi berbagai kemungkinan. Khususnya,  yang dapat terjadi saat momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Jadi tadi sudah disampaikan terkait dengan bagaimana cara bertindak pada saat eskalasi peningkatan mulai dari normal, ramai, sampai dengan emergency,” kata Kapolri dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 21 Desember 2024. 

    Hal tersebut diungkapkan Kapolri saat meninjau Gerbang Tol Prambanan, Jawa Tengah. Peninjauan dilakukan bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono.

    Listyo meminta jajarannya yang bertugas di lapangan dapat maksimal melakukan pengamanan agar semua masyarakat terlayani dengan baik. Jajaran diminta terus melakukan evaluasi, termasuk di daerah yang menjadi kunjungan wisata.
     

    “Dan khususnya pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan pelaksanaan ibadah, ibadah Natal, puncak ibadahnya dan juga pelaksanaan pada saat pergantian akhir tahun,” ujar Listyo.

    Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengungkapkan pihaknya juga melakukan berbagai langkah antisipatif. Sehingga, dapat mendukung kelancaran dan keamanan arus mudik pada Natal dan Tahun Baru 2025.

    Beberapa langkah tersebut meliputi menyiapkan 2.000 personel yang siaga di seluruh Indonesia dan monitoring data kecelakaan lalu lintas secara online. Kemudian, melakukan koordinasi aktif melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas, dan menyediakan layanan mobil unit keselamatan lalu lintas di 102 kantor cabang dan perwakilan.

    Jasa Raharja juga berpartisipasi dalam 20 pos pelayanan terpadu, memasang 1.612 imbauan keselamatan, dan mengoperasikan posko digital untuk data kecelakaan online melalui IRSMS dan rumah sakit.

    Di samping itu, Jasa Raharja, bersama Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri, telah melaksanakan survei kesiapan di berbagai wilayah, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur- Bali, hingga Pelabuhan Merak dan Bakauheni Lampung. 

    Rivan menambahkan bahwa peran Jasa Raharja bukan hanya sebatas memberikan santunan terhadap korban kecelakaan lalu lintas, tetapi juga menjadi bagian dari solusi dalam menciptakan transportasi berkeselamatan. 

    “Kami berharap, dengan sinergi yang kuat antara seluruh pihak, masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan selamat. Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” tutup Rivan.

    Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya mengantisipasi berbagai kemungkinan. Khususnya,  yang dapat terjadi saat momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
     
    “Jadi tadi sudah disampaikan terkait dengan bagaimana cara bertindak pada saat eskalasi peningkatan mulai dari normal, ramai, sampai dengan emergency,” kata Kapolri dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 21 Desember 2024. 
     
    Hal tersebut diungkapkan Kapolri saat meninjau Gerbang Tol Prambanan, Jawa Tengah. Peninjauan dilakukan bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono.
    Listyo meminta jajarannya yang bertugas di lapangan dapat maksimal melakukan pengamanan agar semua masyarakat terlayani dengan baik. Jajaran diminta terus melakukan evaluasi, termasuk di daerah yang menjadi kunjungan wisata.
     

    “Dan khususnya pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan pelaksanaan ibadah, ibadah Natal, puncak ibadahnya dan juga pelaksanaan pada saat pergantian akhir tahun,” ujar Listyo.
     
    Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengungkapkan pihaknya juga melakukan berbagai langkah antisipatif. Sehingga, dapat mendukung kelancaran dan keamanan arus mudik pada Natal dan Tahun Baru 2025.
     
    Beberapa langkah tersebut meliputi menyiapkan 2.000 personel yang siaga di seluruh Indonesia dan monitoring data kecelakaan lalu lintas secara online. Kemudian, melakukan koordinasi aktif melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas, dan menyediakan layanan mobil unit keselamatan lalu lintas di 102 kantor cabang dan perwakilan.
     
    Jasa Raharja juga berpartisipasi dalam 20 pos pelayanan terpadu, memasang 1.612 imbauan keselamatan, dan mengoperasikan posko digital untuk data kecelakaan online melalui IRSMS dan rumah sakit.
     
    Di samping itu, Jasa Raharja, bersama Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri, telah melaksanakan survei kesiapan di berbagai wilayah, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur- Bali, hingga Pelabuhan Merak dan Bakauheni Lampung. 
     
    Rivan menambahkan bahwa peran Jasa Raharja bukan hanya sebatas memberikan santunan terhadap korban kecelakaan lalu lintas, tetapi juga menjadi bagian dari solusi dalam menciptakan transportasi berkeselamatan. 
     
    “Kami berharap, dengan sinergi yang kuat antara seluruh pihak, masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan selamat. Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” tutup Rivan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ADN)

  • Penjelasan DJP Terkait Penyesuaian Tarif PPN 1%, Tiga Jenis Barang ini Terbebas dari PPN

    Penjelasan DJP Terkait Penyesuaian Tarif PPN 1%, Tiga Jenis Barang ini Terbebas dari PPN

    JABAR EKSPRES – Direktorat Jendral Pajak (DJP) merilis keterangan tertulisnya yang terkait dengan Penyesuaian Tarif PPN 1% pada 21 Desember 2024.

    Dalam keterangan tertulis tersebut memuat banyak sekali informasi terkait pajak, khususnya pajak barang dan jasa.

    Berikut penjelasan lengkap dalam tulisan tersebut :

    Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan terkait dengan implementasi penyesuaian tarif PPN 1% dari 11% menjadi 12%, dengan ini disampaikan hal sebagai berikut:

    1. Kenaikan tarif PPN dari 11% menjadi 12% merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

    Sesuai kesepakatan Pemerintah dengan DPR, kenaikan tarif dilakukan secara bertahap, dari 10% menjadi 11% mulai 1 April 2022 dan kemudian dari 11% menjadi 12% pada 1 Januari 2025. Kenaikan secara bertahap ini dimaksudkan agar tidak memberi dampak yang signifikan terhadap daya beli masyarakat, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.

    Baca juga : Libur Nataru, Ada Mudik Gratis Kapal Laut dari DJPL Kemenhub! Sudah Daftar?

    2. Barang dan jasa yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat, tetap diberikan fasilitas pembebasan PPN atau PPN dengan tarif 0%. Barang dan jasa tersebut seperti:

    1) Barang kebutuhan pokok yaitu beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam, daging, telur, susu, buah-buahan, dan sayur-sayuran

    2) Jasa-jasa di antaranya jasa pelayanan kesehatan medis, jasa pelayanan sosial, jasa keuangan, jasa asuransi, jasa pendidikan, jasa angkutan umum di darat dan di air, jasa tenaga kerja serta jasa persewaan rumah susun umum dan rumah umum

    3) Barang lainnya misalnya buku, kitab suci, vaksin polio, rumah sederhana, rusunami, listrik, dan air minum
    dan berbagai insentif PPN lainnya yang secara keseluruhan diperkirakan sebesar Rp265,6 triliun untuk tahun 2025.

    3. Kenaikan tarif PPN dari 11% menjadi 12% berlaku untuk seluruh barang dan jasa yang selama ini dikenai tarif 11%, kecuali beberapa jenis barang yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak, yaitu minyak goreng curah “Kita”, tepung terigu dan gula industri. Untuk ketiga jenis barang tersebut, tambahan PPN sebesar 1% akan ditanggung oleh pemerintah (DTP), sehingga penyesuaian tarif PPN ini tidak mempengaruhi harga ketiga barang tersebut.

    4. Kenaikan tarif PPN dari 11% menjadi 12% tidak berdampak signifikan terhadap harga barang dan jasa.

    Sebagai contoh dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini:

  • Tinjau Bandara Soetta, Menteri BUMN Pastikan Harga Tiket Pesawat Sudah Turun 10 Persen

    Tinjau Bandara Soetta, Menteri BUMN Pastikan Harga Tiket Pesawat Sudah Turun 10 Persen

    TANGERANG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan harga tiket pesawat sudah turun 10 persen di periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    Erick mengaku mendapatkan arahan dari Presiden Prabowo Subianto untuk memastikan harga tiket pesawat turun di masa libur Nataru.

    “Tadi makanya saya sempat telepon Dirut Garuda, Citilink, dan Pelita, serta tadi dicek juga bersama Raffi ke check-in, bahwa memang harga tiket sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” tutur Erick saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Jumat, 20 Desember.

    Erick mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk memastikan harga tiket di periode Nataru ini terkendali.

    “Pak Dudy (Menteri Perhubungan) juga waktu itu beberapa kali memimpin rapat, ini harganya kurang lebih di 10 persen masih terkendali hari ini,” katanya.

    Adapun diskon tiket pesawat sebesar 10 persen ini berlaku selama periode Natal dan Tahun Baru untuk keberangkatan mulai 19 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025.

    Diskon juga mulai berlaku untuk pembelian per 1 Desember 2024.

    Bandara Seotta sendiri merupakan salah satu bandara tersibuk selama periode Nataru,  di mana jumlah penumpang diperkirakan mencapai 3,05 juta.

    Jumlah tersebut dipresiksi naik 7 persen dari periode tahun sebelumnya 2,85 juta penumpang.

    Saat ini, sambung Erick, kapasitas Bandara Soetta mencapai 8 juta penumpang.

    Menurut dia, bandara tersebut masih cukup longgar untuk menampung penumpang di periode Nataru.

    Pada kesempatan itu, Erick juga melihat langsung perbaikan yang dilakukan di Terminal 3 Bandara Soetta.

    “Ada peak (lonjakan) hari ini, 180.000 penumpang di Bandara Soetta, tapi kapasitas masih terjamin,” ucapnya.

  • LRT Jabodebek Sediakan 5.598 Perjalanan untuk Nataru 2024/2025 – Halaman all

    LRT Jabodebek Sediakan 5.598 Perjalanan untuk Nataru 2024/2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah mempersiapkan layanan LRT Jabodebek untuk periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Selama periode tersebut, yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI akan mengoperasikan total 5.598 perjalanan LRT Jabodebek.

    Diketahui, jumlah perjalanan LRT Jabodebek pada tahun ini meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu.

    KAI menargetkan untuk melayani sebanyak 929.428 pengguna selama periode Nataru, yang menunjukkan peningkatan sekitar 45 persen dibandingkan capaian Nataru 2023 dengan 638.690 pengguna.

    Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, menyatakan bahwa peningkatan ini sejalan dengan bertambahnya minat masyarakat terhadap LRT Jabodebek serta penambahan perjalanan untuk memenuhi kebutuhan transportasi.

    Persiapan dan Fasilitas

    Untuk mendukung operasional tersebut, KAI menyiapkan 1.221 petugas yang akan tersebar di seluruh stasiun dan kereta.

    Petugas tersebut terdiri dari Train Attendant, Ticketing Officer, Passenger Officer, Station Officer, dan Petugas Kebersihan.

    KAI juga telah menyediakan berbagai fasilitas di setiap stasiun, seperti toilet, musola, lift, eskalator, ruang menyusui, dan akses ramah disabilitas.

    Di Stasiun Cawang, terdapat area bermain anak untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan keluarga.

    Kemudian, bagi pengguna yang ingin membawa sepeda ukuran standar, KAI mengizinkan untuk membawa sepeda tersebut pada akhir pekan dan hari libur nasional.

    Inspeksi dan Keamanan

    KAI telah menjalani rampcheck (inspeksi kelaikan) oleh Direktorat Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada 9-13 Desember 2024 untuk memastikan seluruh sarana LRT Jabodebek siap beroperasi dengan standar keselamatan yang tinggi.

    Ini bertujuan untuk memastikan seluruh armada beroperasi dengan kondisi terbaik demi kenyamanan dan keselamatan pengguna selama Nataru.

    Fasilitas Pengering Payung di Stasiun LRT Jabodebek (https://www.kai.id/)

    Mengingat masa Nataru bertepatan dengan musim hujan, KAI mengimbau pengguna untuk lebih berhati-hati selama perjalanan.

    Untuk kenyamanan, fasilitas pengering payung juga disediakan di stasiun.

    “Selama masa Nataru, kami ingin memastikan bahwa setiap perjalanan pengguna berlangsung lancar, aman, dan nyaman. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan LRT Jabodebek dan merencanakan perjalanan dengan baik,” tambah Mahendro.

    Dengan berbagai persiapan tersebut, KAI berharap dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat selama periode Nataru 2024/2025.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • AirNav Indonesia Terima 2.136 Ajuan Extra Flight dari Maskapai Periode Natal 2024 Tahun Baru 2025 – Halaman all

    AirNav Indonesia Terima 2.136 Ajuan Extra Flight dari Maskapai Periode Natal 2024 Tahun Baru 2025 – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia, telah menerima ajuan penerbangan tambahan sebanyak 2.136 permintaan selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Kepala Divisi Pengendalian Pelayanan Navigasi Penerbangan Muji Subagyo mengatakan, permintaan extra flight itu tercatat per 13 Desember 2024 pukul 14.00 WIB.

    “Data permintaan untuk di 8 bandara, major airport, itu adalah total 2.136 permintaan extra flight. Untuk mengakomodir antusiasme 2,56 persen,” kata Muji Subagyo dalam acara Media Gathering AirNav Indonesia, Sabtu (21/12/2024).

    Berdasarkan paparan, pengajuan extra flight untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebanyak 1.310 permintaan dari delapan maskapai. Kemudian, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, sebanyak 532 permintaan dari delapan maskapai.

    Lalu, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sebanyak 2 permintaan. Bandara Internasional Juanda sebanyak 285 dari tiga maskapai. Bandara Sentani 34 permintaan extra flight dari enam maskapai.

    Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sebanyak 133 permintaan extra flight dari enam maskapai. Kemudian Bandara Internasional Kualanamu sebanyak 126 permintaan dari tiga maskapai dan terkahir Bandara Internasional Supadio sebanyak 106 permintaan dari tiga maskapai.

    “Ini adalah hasil koordinasi baik dari Kementerian Perhubungan kepada seluruh sektor penerbangan. Termasuk maskapai, airnav, airport. Sehingga kami mempersiapkan ini semua,” papar dia.

    Muji Subagyo menyatakan, AirNav Indonesia menggunakan aplikasi Chronos untuk memudahkan koordinasi dengan maskapai maupun airport dalam hal permintaan penerbangan tambahan. Nantinya, melalui aplikasi Chronos maskapai dapat memiliki akses langsung untuk mengajukan slot, merubah slot hingga membatalkan slot lewat sistem tersebut.

    “Jadi kita punya aplikasi yang untuk fairing ini. Begitu fairing kita masuk. Dan ini kita bersifat fleksibel. Karena satu kondisi cuaca, dua mungkin ada perubahan-perubahan penerbangan karena sesuatu hal. Nah sehingga Chronos ini kita atur,” papar dia.

    “Termasuk beberapa maskapai ada di posko kami. Sehingga enak koordinasinya. Enggak lagi pake telpon ‘Gimana ini?’ Nah ini lebih cepat. Fleksibel dan lebih efektif,” imbuhnya menegaskan.

  • Kepala PPSDMAP Kemenhub Tinjau Kesiapan Angkutan Nataru di Lampung, Ingatkan Bahaya Gelombang Tinggi – Halaman all

    Kepala PPSDMAP Kemenhub Tinjau Kesiapan Angkutan Nataru di Lampung, Ingatkan Bahaya Gelombang Tinggi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan Kemenhub, Ali Fikri, melakukan monitoring kesiapan penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru 2025 di wilayah Lampung pada Kamis ( 19/12) hingga Jumat (20/12).

    Titik pertama yang ditinjau adalah posko terpadu angkutan udara di Bandara Udara Raden Inten II Lampung untuk memastikan semua persiapan telah dilaksanakan dengan baik.

    “Pergerakan penumpang pada Nataru tahun 2024 melalui moda transportasi udara diprediksi akan meningkat sehingga Kemenhub ingin memastikan semua proses angkutan penumpang berjalan aman dan nyaman” ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (21/12/2024).

    Ali Fikri menambahkan dari hasil tinjauannya, Bandara Udara Raden Inten II Lampung juga telah meningkatkan berbagai upaya pelayanan dan fasilitas bandara untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan nyaman.

    Untuk diketahui, monitoring ini menindaklanjuti Instruksi Menteri Perhubungan (IM) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Monitoring Penyelenggaraan Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Usai monitoring di Bandara Udara Raden Inten II Lampung, mantan Jubir KPK ini melanjutkan peninjauan di terminal Tipe A Rajabasa dan Stasiun KA Tanjungkarang, serta kantor Kantor KSOP Kelas I Panjang dan (20/12) melakukan monitoring di Pelabuhan Bakauheni.

    “Secara umum pada hari Kamis (19/12) kemarin belum ada peningkatan yang signifikan arus penumpang yang masuk wilayah Lampung. Namun demikian, semua langkah stategis dan persiapan teknis untuk mendukung angkutan selama Nataru saya rasa sudah dilakukan secara matang” ujarnya.

    Persiapan angkutan Nataru 2024 tidak lepas dari kerjasama dan kolaborasi semua pihak. 
    Pemerintah juga telah berkomitmen memberikan pelayanan yang berkeselamatan, lancar, dan nyaman kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat masa Nataru.

    “Dengan persiapan yang telah dilakukan atas kolaborasi yang baik dari semua stakeholder, saya yakin penyelenggaraan Nataru tahun ini, khususnya di wilayah Lampung dapat berjalan dengan lancar, nyaman dan aman” pungkas Ali Fikri.

    Ali Fikri menambahkan, Menteri Perhubungan juga telah menyiapkan berbagai kebijakan melalui Keputusan Menteri, kesepakatan lintas kementerian/lembaga, dan keputusan/instruksi direktur jenderal terkait penyelenggaraan Natal 2024 dan tahun baru 2025 ini. 

    Pada sektor transportasi darat, Kemenhub telah membuat Keputusan Bersama antara Kemenhub, Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, dan Korlantas Polri terkait Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan selama Masa Natal 2024 dan Tahun baru 2025 ini. 

    Termasuk di sektor transportasi laut, Kemenhub telah melakukan kesepakatan kesiapan armada dan pembagian rute untuk layanan angkutan laut dan penyelengaraan angkutan laut melalui Kesepakatan Bersama Perusahaan Pelayaran Penyeberangan di Rute Merak-Bakauheni.

    “Kebijakan tersebut, misalnya berupa pembatasan operasional angkutan barang, contra flow, one way, serta antisipasi rekayasa lalu lintas di ruas rawan kemacetan, termasuk pada kawasan penyeberangan, Kemenhub juga akan melakukan pengaturan penundaan perjalanan (delaying system) dan sebagai buffer zone untuk kendaraan penumpang diberbagai Pelabuhan termasuk di wilayah Lampung yaitu yang menuju Pelabuhan Merak maupun Pelabuhan Bakauheni” kata Ali Fikri.

    Ali Fikri juga berpesan agar masyarakat, khususnya yang akan melakukan perjalanan ke wilayah Lampung untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi yang berpotensi terjadi saat masa Nataru.  

    Masyarakat di himbau untuk terus memantau informasi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG sebelum melakukan perjalanan.

    “Satu hal yang tak kalah penting, masyarakat harus selalu disiplin dalam berlalu lintas. Pastikan semua aturan yang berlaku untuk menciptakan perjalanan yang nyaman dan juga selamat agar dipatuhi,” pesan Ali Fikri.

  • 141.605 Personil Gabungan Siap Amankan Nataru di Kota Probolinggo

    141.605 Personil Gabungan Siap Amankan Nataru di Kota Probolinggo

    Probolinggo (beritajatim.com) – Jajaran Polres Probolinggo Kota menggelar apel pasukan sebagai bentuk kesiapsiagaan pengamanan dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Kegiatan ini berlangsung di Jalan Raya depan Polres Probolinggo Kota dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Probolinggo, TNI, serta instansi terkait lainnya.

    Gelar pasukan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk anggota Polres Probolinggo, TNI, Satpol PP, Dishub, Senkom, dan BPBD Kota Probolinggo. Acara dimulai dengan pemasangan tanda operasi secara simbolis oleh tiga perwakilan pasukan, menandai dimulainya Operasi Lilin Semeru 2024.

    Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian dalam arahannya, membacakan sambutan tertulis dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ia menyampaikan bahwa menurut survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat saat Nataru diperkirakan mencapai 110,67 juta orang, meningkat 2,83 persen atau 3,04 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

    “Untuk menjamin keamanan Nataru, Polri bersama TNI dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2024,” ujarnya.

    Operasi ini akan berlangsung selama 13 hari, dimulai dari 21 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. Sebanyak 141.605 personel gabungan akan diterjunkan, terdiri dari 75.447 personel Polri, 13.826 personel TNI, dan 52.332 personel dari instansi terkait lainnya. Sebagai tambahan, 67.030 personel TNI akan dikerahkan untuk memperkuat pengamanan, sehingga total personel TNI yang terlibat mencapai 80.856.

    Polri juga telah menyiapkan 2.794 posko yang tersebar di seluruh wilayah, terdiri dari 1.852 Pos Pam, 735 Pos Yan, dan 207 Pos Terpadu untuk mengamankan 61.452 objek penting, termasuk gereja, pusat perbelanjaan, terminal, stasiun, pelabuhan, bandara, tempat wisata, dan lokasi perayaan Tahun Baru.

    Oki menjelaskan bahwa pengamanan di Kota Probolinggo akan difokuskan pada gereja-gereja selama Natal dan area pusat keramaian seperti Alun-Alun Kota Probolinggo serta pusat perbelanjaan pada malam Tahun Baru. Dua pos pengamanan didirikan di wilayah Meteor Baru dan area pelabuhan, dengan melibatkan 200 personel gabungan.

    “Operasi Lilin ini bertujuan untuk memastikan perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru berjalan kondusif dan terkendali. Kami juga mengantisipasi potensi gangguan seperti balapan liar, konvoi, atau perayaan yang berlebihan,” ujar Oki.

    Kapolres juga mengingatkan bahwa puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 21-28 Desember 2024, sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada 29 Desember 2024 dan 1 Januari 2025. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi kerawanan di jalur penyeberangan, tol, arteri, serta kepadatan penumpang transportasi umum dan pengunjung di lokasi wisata. (ada/kun)

  • MRT Jakarta Menginspirasi Jepang Bangun Proyek Serupa di Vietnam

    MRT Jakarta Menginspirasi Jepang Bangun Proyek Serupa di Vietnam

    Bisnis.com, JAKARTA — Moda transportasi umum (mass rapid transport) MRT di Jakarta menginspirasi Jepang untuk membuat proyek serupa di Vietnam.

    Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi mengatakan bahwa sejumlah proyek kunci mempresentasikan hubungan Indonesia-Jepang dapat diselesaikan dengan baik. Salah satunya adalah MRT jalur utara-selatan (Bundaran HI-Lebak Bulus).

    Menurut Dubes Masaki, keberhasilan MRT di Jakarta tersebut telah turut mendorong keberanian Jepang untuk membuat proyek MRT sejenis di Vietnam.

    Adapun, proyek MRT merupakan proyek infrastruktur transportasi umum di era kepemimpinan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

    Tak hanya MRT, proyek infrastruktur lain yang merupakan kerja sama Indonesia-Jepang membuat BKS – sapaan akrab Budi – mendapat penghargaan dari Kaisar Jepang Naruhito yakni the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

    “Penghargaan yang didapat Pak BKS menunjukkan dedikasi dan kontribusi yang signifikan yang lebih mempererat hubungan kedua bangsa,” ujar Dubes Masaki, dalam jamuan makan malam yang diadakan di rumah dinasnya, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (19/12/2024) dilansir dari siaran pers.

    Hadir dalam jamuan makan malam ini antara lain Chairul Tanjung (Menteri Koordinator Perekonomian 2014), Rachmad Gobel (Menteri Perdagangan 2014-2015), Saleh Husen (Menteri Perindustrian 2014-2016), dan sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan.

    Di bidang maritim, Dubes Masaki menyebut BKS yang seperti tanpa lelah mengembangkan Pelabuhan Patimban di Subang.

    “Dengan menggunakan keahlian dan teknologi Jepang, pelabuhan ini telah melampayi ekspektasi, dan menjadi hub kunci untuk mengekspor kendaraan bermotor yang diproduksi di Indonesia,” ucapnya.

    Dubes Masaki pun menyebut komitmen dan inovasi yang dilakukan BKS dalam pembangunan Proving Ground, yang kini tengah berjalan.

    “Fasilitas ini, yang dibangun dengan skema public-private partnership [kerja sama pemerintah dan badan usaha-KPBU],  meningkatkan standar pengujian kendaraan bermotor yang dibuat di Indonesia. Langkah ini juga memperkuat fondasi untuk ekspor serta mendukung perkembangan industri otomotif,” tuturnya.

    Di luar tiga proyek penting tersebut, Dubes Masaki menyebut BKS adalah pendukung kuat kerja sama Indonesia-Jepang.

    Salah satu buktinya adalah proyek Transit Oriented Development (TOD) Forum di Tokyo tahun ini, yang berhasil menghadirkan 50 pemimpin perusahaan Jepang, untuk mengeksplorasi peluang baru dalam kerja sama dua negara.

    Dalam kesempatan yang sama, BKS juga menyebut bahwa acara tersebut adalah bagian dari upaya mempererat hubungan Indonesia dan Jepang, telah berlangsung lebih dari 60 tahun, dan berjalan dengan sangat baik dan akrab.

    “Kami mengapresiasi upaya-upaya Pemerintah Jepang membantu Indonesia dalam membangun infrastruktur, termasuk di bidang transportasi.”

    BKS lalu menceritakan kembali pengalamannya tatkala menerima penghargaan dan ucapan langsung dari Kaisar Naruhito.

    “Saya tidak tahu mengapa hanya saja yang disalami dan sambi diajak mengobrol. Mungkin ada tiga menit. Ini suatu yang luar biasa bagi saya,” ucapnya.

    BKS kemudian menyebut, bahwa penghargaan yang diterimanya, bukanlah pencapaian pribadi, melainkan pencapaian dari seluruh masyarakat dan pemerintah Indonesia, khususnya di Kementerian Perhubungan.

    “Penghargaan ini sebenarnya adalah untuk Indonesia,” tuturnya.