Kementrian Lembaga: Kemenhub

  • 8,6 Juta Penumpang Naik Layanan KAI Selama Libur Natal 2024 – Page 3

    8,6 Juta Penumpang Naik Layanan KAI Selama Libur Natal 2024 – Page 3

    Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan sebanyak 3.544.000 kursi kereta api (KA) jarak jauh untuk periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo di Kompleks Stasiun Yogyakarta, Selasa, menyebut sebanyak 3,5 juta kursi KA itu disiapkan selama 18 hari, mulai 19 Desember sampai 5 Januari 2025.

    “Sampai saat ini, penjualan kira-kira sudah 41 persen,” ujar Didiek.

    Dengan begitu, hingga saat ini kurang lebih sebanyak 1.453.040 tiket kereta jarak jauh telah terjual.

    Didiek mengimbau para calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan saat momen Natal dan tahun baru segera memesan tiket lewat KA Access karena hingga kini masih bisa memilih waktu dan keretan dengan leluasa.

    “Masih bisa memilih waktu dan keretanya kalau sekarang, dan harganya masih relatif belum mencapai batas atas ya,” ujar dia.

    Untuk memastikan kelancaran serta keselamatan perjalanan KA selama periode libur akhir tahun, pihaknya telah menggelar inspeksi menggunakan kereta api inspeksi (KAIS) yang berlangsung 10 sampai 12 Desember 2024.

    Inspeksi dengan KAIS tersebut menyusuri sepanjang jalur KA lintas selatan dari Jakarta ke Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Malang hingga Surabaya dan lintas utara dari Jakarta, Cirebon, Semarang, Madiun, Surabaya, sampai Banyuwangi.

    Selain itu, PT KAI bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengevaluasi operasional “direct train” atau kereta api (KA) tanpa transit rute Jakarta-Yogyakarta.

    “Kita akan coba, kita akan cek beberapa kali kalau nanti semua evaluasinya baik kita akan jadikan kereta ke Yogyakarta,” ujar Didiek.

     

  • BRI Buka Layanan Terbatas Selama Periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Cek Detail Lengkapnya! – Page 3

    BRI Buka Layanan Terbatas Selama Periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Cek Detail Lengkapnya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Momen libur Natal dan Tahun Baru yang sudah dinantikan akhirnya tiba. Bertepatan dengan libur sekolah, pastinya banyak agenda yang sudah direncanakan bersama keluarga. Hal ini menimbulkan peningkatan transaksi keuangan dari masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama liburan, baik itu transaksi konvensional maupun digital. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) membuka layanan terbatas di beberapa titik sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

    Dalam momen akhir tahun ini, Kementerian Perhubungan sudah memprediksi adanya lonjakan mobilitas masyarakat yang mencapai angka 110,67 juta orang. Lonjakan mobilitas ini tentunya berpotensi meningkatkan kebutuhan transaksi keuangan masyarakat mulai dari kebutuhan uang tunai hingga transaksi online maupun offline lainnya. BRI pun memastikan mengoptimalkan layanan mereka dengan membuka layanan terbatas operasional Kantor BRI pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Jadwal Layanan Terbatas yang Dihadirkan BRI selama Periode Nataru

    Menurut Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto, selama periode liburan ini, meskipun layanan digital tetap berfungsi penuh, operasional jaringan konvensional juga akan disesuaikan.

    “BRI akan mengakomodasi kebutuhan nasabah selama hari libur Nataru, baik nasabah individu maupun korporasi, sehingga nasabah dapat tetap melaksanakan transaksi secara aman dan lancar,” ujarnya di Jakarta.

    Demi kemudahan transaksi nasabah, BRI telah melakukan penyesuaian jadwal layanan terbatas Kantor BRI yang bisa membantu berbagai kebutuhan nasabah pada 26 Desember 2024 di Kantor BRI Layanan Terbatas di 33 kantor cabang. Sementara itu, pada 28-29 Desember 2024, para nasabah bisa menikmati layanan BRI melalui Weekend Banking si 65 titik. 

    Adapun nasabah umum bisa menikmati berbagai layanan selama periode Layanan Terbatas dan Weekend Banking berlangsung, yang meliputi pembukaan rekening, penarikan dan setoran, pelayanan kartu debit BRI, serta registrasi fasilitas e-banking BRI. Kehadiran layanan ini dilakukan untuk memastikan kemudahan akses transaksi keuangan nasabah selama periode liburan dengan cepat dan aman, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

    Integrasi Layanan Digital dan e-Channel

    Tak hanya menghadirkan layanan terbatas di kantor cabang secara konvensional, BRI juga mengintegrasikan layanan digital dan e-channel yang bisa diakses selama 24 jam penuh selama periode Nataru. Misalnya saja kebutuhan transaksi digital yang bisa dilakukan lewat super apps BRImo dan QLola, maupun e-channel BRI yang terdiri dari 20.333 ATM, 299.783 EDC Merchant dan 1,04 juta AgenBRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BRI pun memastikan kehadiran super apps BRImo bisa diandalkan untuk kebutuhan transaksi digital nasabah yang tidak sempat mengunjungi layanan terbatas Kantor BRI. Aplikasi yang satu ini terus mengalami perkembangan sebagai solusi keuangan multifungsi yang memungkinkan nasabah melakukan transfer dana, top up e-wallet, investasi, hingga scan QRIS untuk pembayaran transaksi offline di tempat wisata selama liburan. Isi pulsa dan pembelian tiket juga bisa dilakukan dengan mudah lewat BRImo dengan aman dan nyaman.

    Selain itu, ada juga layanan Asisten Virtual BRI Sabrina yang bisa dihubungi di nomor 0812 1214 017. Lewat Sabrina, pengguna bisa mendapatkan informasi produk, promo dan layanan BRI, pengecekan saldo dan mutasi rekening, menonaktifkan kartu debit, reservasi layanan Cabang BRI, hingga rekomendasi merchant dengan lebih mudah. Nasabah bisa langsung menghubungi Layanan Contact BRI melalui nomor 1500017, layanan bebas pulsa dan Pusat Bantuan BRImo selama 24 jam.

    Saatnya nikmati kemudahan berbagai kebutuhan transaksi keuangan selama liburan bersama BRI di kantor cabang BRI dengan layanan terbatas, maupun dengan memanfaatkan layanan digital dan e-channel BRI. Informasi lebih lengkap tentang layanan terbatas BRI bisa diakses di sini. 

    #BRI #BRImo #QLola #ATMBRI #AgenBRILInk #TanyaSabrinaAJa #Sabrina

  • H-7 Tahun Baru 2025, Ada 80.000 Penumpang Bepergian Lewat Bandara Halim  – Halaman all

    H-7 Tahun Baru 2025, Ada 80.000 Penumpang Bepergian Lewat Bandara Halim  – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 80.000 orang bepergian ke luar kota melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada H-7 Tahun Baru 2025.

    CEO Regional I InJourney Airports Agus Haryadi mengatakan, jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma pada periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 sejauh ini sudah meningkat 9 persen.

    “Pada angkutan Nataru 19 – 24 Desember 2024 atau H-7 hingga H-1, jumlah penumpang pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma sudah mencapai sekitar 80.000 penumpang atau meningkat 9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” kata Agus dalam keterangannya, dikutip Kamis (26/12/2024).

    Agus Haryadi mengatakan sepanjang periode angkutan Nataru yakni pada 19 Desember 2024 – 5 Januari 2025, jumlah penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma diperkirakan mencapai 189.292 penumpang. 

    Bandara Halim Perdanakusuma ini beroperasi 24 jam untuk melayani perjalanan udara masyarakat. Maskapai yang beroperasi di bandara ini yaitu Garuda Indonesia, Batik Air dan Citilink. 

    Pihaknya berterima kasih atas dukungan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, serta maskapai, AirNav Indonesia, ground handling, TNI dan Polri dan PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) selaku mitra KSO, sehingga operasional bandara berjalan baik di peak season libur akhir tahun ini.

    Bandara Halim Perdanakusuma memiliki runway 3.000 x 45 m yang bisa didarati hingga pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Boeing 777-300 dan parking stand yang dapat mengakomodir 16 unit pesawat, dan Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) kategori 9. 

    Sementara itu, ketersediaan tranportasi publik mencakup shuttle bus Damri, Lorena dan KCIC serta taksi dan taksi online. 

    Agus Haryadi menuturkan Bandara Halim Perdanakusuma merupakan salah satu bandara yang memiliki fasilitas lengkap untuk melayani berbagai macam penerbangan mulai dari penerbangan pesawat wide body, pesawat berbadan sedang (narrow body), hingga pesawat baling-baling (turboprop).

    “Kami memastikan slot time penerbangan (ketersediaan waktu take off dan landing di bandara) selama 24 jam penuh bagi maskapai untuk mendukung kelancaran perjalanan udara masyarakat selama periode Nataru ini,” papar Agus Haryadi. 

     

  • Kemenhub Bakal Siapkan Bus Angkut Wisatawan ke Puncak Bogor Mulai Tahun Depan

    Kemenhub Bakal Siapkan Bus Angkut Wisatawan ke Puncak Bogor Mulai Tahun Depan

    Jakarta

    Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Suntana mengatakan pihaknya akan menyiapkan bus wisata tujuan Puncak, Bogor, Jawa Barat mulai tahun depan. Kehadiran bus sebagai upaya mengatasi kemacetan imbas tingginya volume kendaraan.

    “Di tahun depan direncanakan kita untuk menghindari kemungkinan terjadinya, teman-teman yang suka naik motor ke atas, Kementerian Perhubungan didukung oleh instansi terkait, termasuk Pemkab Bogor, Polres Bogor, kita akan menyiapkan bus,” kata Suntana usai meninjau jalur Puncak, Bogor, Rabu (25/12/2024).

    Suntana menerangkan bus akan disiapkan mulai Februari 2025. Dia menyebut titik bus akan dimulai dari kabupaten Bogor di Cibinong, yang akan mengangkut masyarakat ke Puncak dan akan disubsidi.

    “Insyaallah paling lambat nanti bulan Februari kita sudah mulai. Bus akan dimulai dari kabupaten Bogor di Cibinong, yang akan mengangkut masyarakat ke atas (arah Puncak), tentunya itu akan disubsidi. Sehingga masyarakat yang mau ke atas itu tidak perlu naik motor dan lain lain,” sambungnya.

    Suntana menyebut, kehadiran bus sebagai upaya mengurai kemacetan imbas tingginya volume kendaraan. Ada sekitar 15 sampai 20 bus yang nanti akan disiapkan.

    “Ada 15-20 bus yang akan kita gunakan dan itu disubsidi oleh pemerintah, sehingga masyarakat bisa ke atas, tinggal parkir motornya di daerah Karadenan atau di mana. Tinggal naik bus dengan biaya yang sangat murah,” kata Suntana.

    (sol/whn)

  • Wakil Menteri Perhubungan Suntana Pantau Jalur Lalu Lintas di Pos Gadog Puncak Bogor – Halaman all

    Wakil Menteri Perhubungan Suntana Pantau Jalur Lalu Lintas di Pos Gadog Puncak Bogor – Halaman all

    Wakil Menteri Perhubungan Suntana Pantau Jalur Lalu Lintas di Pos Gadog Puncak Bogor

    Eri Komar S/Tribunnews.com

    TRIBUNNEWS.COM, BOGOR – Wakil Menteri Perhubungan, Suntana meninjau penyelenggaraan Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di Pos Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/12/2024).

    Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Polres dan Pemda setempat memastikan perjalanan menuju Puncak dapat berjalan lancar dan aman.

    “Kami mencoba mengoptimalisasi pelayanan untuk memastikan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas dapat terselesaikan dengan cepat, selain itu kami sudah melalukan pertemuan dengan instansi terkait dalam menyediakan jalur alternatif yang dilengkapi rambu dan lampu keselamatan” ujar Wamenhub Suntana di Pos Gadog, Puncak Bogor, Rabu (25/12/2024).

    Turut mendampingi Plt Kepala Badan Pengembangan Transportasi Jabotabek (BPTJ) Suharto, Kadishub Kabupaten Bogor Agus Ridho dan Kasatlantas Kabupaten Bogor Rizky Guntana.

    Suntana menjelaskan, dari peninjauan yang telah dilakukan masyarakat dapat menikmati liburan ke puncak dengan lancar.

    Selain adanya jalur alternatif yang dilengkapi fasilitas keselamatan.

    Ia juga menyampaikan tahun 2025 akan menyediakan fasilitas bus untuk masyarakat dari Kabupaten Bogor menuju Puncak dengan harga terjangkau.

    “Tahun 2025, Kemenhub didukung Pemerintah dan Polres setempat akan menyediakan bus dari Kabupaten Bogor naik ke arah Puncak. Harga tiketnya berkisar Rp15.000 dan akan disediakan 15 sampai 20 unit bus” terang Suntana.

    Pada intinya Kemenhub, lanjutnya, berkomitmen akan terus berupaya menciptakan suasana liburan dan arus lalu lintas yang lancar, aman, selamat dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia.

     

  • Jelang Tahun Baru, Harga Tiket Pesawat dari Jakarta ke Bali Turun Jauh

    Jelang Tahun Baru, Harga Tiket Pesawat dari Jakarta ke Bali Turun Jauh

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tarif pesawat untuk rute Cengkareng dan Bali mendapat penyesuaian pada Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Hal ini disampaikan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

    “Terdapat penyesuaian tarif pesawat untuk rute Cengkareng dan Bali, dari Rp1.600.000 menjadi Rp800.000, dilakukan guna meningkatkan daya tarik masyarakat. Namun, perubahan ini belum signifikan mengubah volume penumpang,” demikian keterangan BPSDMP dalam rilis pada Rabu (25/12/2024).

    Sementara itu, sejak Selasa (24/12/2024) Bandara Adi Soemarmo di Surakarta dilaporkan mencatat total 22.801 penumpang sejak posko dibuka pada 18 Desember 2024. Puncak traffic tercatat pada 22 Desember dengan rata-rata harian 3.800 penumpang.

    BPSDMP Kemenhub mengatakan bahwa puncak arus balik di Bandara Adi Sumarmo diprediksi terjadi pada 2 Januari 2025.

    Sementara pemantauan di Stasiun Madiun menunjukkan situasi yang ramai penumpang. Berdasarkan laporan pada Senin (23/12/2024), sebanyak 1.237 penumpang naik KA jarak jauh dan 512 naik KA lokal, sementara 1.626 penumpang turun dari KA jarak jauh dan 211 turun dari KA lokal.

    Namun di Terminal Tipe A Purboyo Madiun terdapat penurunan jumlah penumpang dibandingkan tahun lalu. Kedatangan armada bus AKAP turun 11,7% dengan jumlah penumpang turun 13,9%. Terminal ini juga telah mencatat puncak arus keberangkatan pada H-4, yaitu 21 Desember 2024.

    BPSDMP menyampaikan bahwa meskipun terdapat penurunan jumlah penumpang, pelayanan di terminal tetap berjalan lancar, dengan 110 bus AKAP melayani 2.110 penumpang yang datang dan 1.927 penumpang yang berangkat.

    “Pelayanan transportasi pada periode Nataru kali ini mencerminkan kesiapan dan adaptasi sektor transportasi terhadap kebutuhan masyarakat. Kedepannya, kami akan terus meningkatkan pelayanan, termasuk merespons tren pergerakan penumpang yang dinamis,” ungkap BPSDMP.

    (mkh/mkh)

  • Kebijakan Penurunan Harga Tiket Pesawat Berpotensi Dilanjutkan hingga Libur Idulfitri 2025

    Kebijakan Penurunan Harga Tiket Pesawat Berpotensi Dilanjutkan hingga Libur Idulfitri 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aminuddin Ma’ruf mengatakan, pemerintah akan meninjau penurunan harga tiket pesawat hingga dapat berpotensi dilanjutkan hingga libur Idulfitri 2025. Diketahui, pada momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, pemerintah telah menurunkan harga tiket pesawat sebesar 10%.

    Hal itu ia sampaikan ketika melakukan agenda peninjauan langsung ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada (25/12/2024).

    Amin mengaku, agenda peninjauan ini merupakan instruksi khusus kepada para menteri dan wamen dari Presiden Prabowo Subianto guna mengecek pelayanan publik selama momen libur Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    “Nanti kita lihat, (apakah) masih ada ruang tidak untuk kita tetap turunkan di momen mudik atau libur Idulfitri 2025,” jelas Amin di lokasi, Rabu (25/12/2024).

    Lebih lanjut, Amin mengatakan pemerintah nantinya akan berkoordinasi dengan BUMN terkait, seperti Garuda atau Citilink, guna memastikan potensi keberlanjutan kebijakan turunnya harga tiket pesawat hingga libur Idulfitri.

    “Nanti teman-teman dari Garuda, Citilink, Kementerian Perhubungan, dan stakeholder terkait untuk kita bahas, apakah masih ada ruang untuk menurunkan harga tiket pesawat ke depannya,” tegas Amin.

    Sementara itu, Executive General Manager (EGM) Operasi Bandara Halim Perdanakusuma Siswanto mengungkapkan, kebijakan turunnya harga tiket pesawat ini disambut positif oleh para penumpang.

    Ia pun menuturkan kebijakan penurunan harga tiket pesawat ini diharapkan dapat dilanjutkan pada libur Idulfitri 2025 agar tetap terjangkau bagi masyarakat.

    “Harapan penumpang terutama mereka yang berkeluarga, diskon tiket pesawat 9-10% ini tidak hanya di Nataru. Jadi bisa lebih murah dan terjangkau bagi masyarakat,” jelas Siswanto.

    Terlebih, Siswanto mengatakan kebijakan penurunan harga tiket pesawat ini bisa diberlakukan guna menghadapi kebijakan kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) 12% pada awal 2025. Dia memandang, adanya imbas kenaikan PPN 12% dapat diimbangi dengan melanjutkan kebijakan penurunan harga tiket pesawat hingga Idulfitri 2025.
     

  • AHY Bocorkan Kelanjutan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya – Page 3

    AHY Bocorkan Kelanjutan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya – Page 3

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaksir proses studi kelayakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya tak akan rampung tahun ini. Artinya, hal tersebut akan berlanjut di era Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

    Proyek tersebut, saat ini disebut telah masuk masa pra feasibilty study (FS). Artinya, masih ada tahapan panjang untuk masuk ke studi kelayakan, tender proyek, hingga pengerjaan megaproyek tersebut.

    Juru Bicara Kemenhub kala itu Adita Irawati memastikan, prosesnya tidak akan selesai hingga kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser pada Oktober 2024.

    “Kereta Cepat Jakarta-Surabaya saya harus sampaikan enggak mungkin selesai tahun ini,” ujar Adita, ditemui di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

    Dia mengatakan, butuh waktu panjang dalam perencanaannya, hal ini berkaca pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang baru beroperasi di September 2023 lalu. Untuk itu, proyek Kereta Cepat dilanjutkan ke Surabaya pun disinyalir butuh waktu yang panjang.

    “Kita belajar dari Jakarta Bandung itu juga relatif cukup panjang ya prosesnya. Jadi memang ini masih suatu proses yang masih panjang,” tegasnya.

    Terkait proyek ini, pemerintah sudah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Tim ini diharapkan mampu memberikan percepatan pelaksanaan megaproyek tersebut.

     

  • Cairan Kimia Tumpah di Bandung Barat, DPR Minta Perusahaan Juga Diusut

    Cairan Kimia Tumpah di Bandung Barat, DPR Minta Perusahaan Juga Diusut

    Jakarta, CNN Indonesia

    Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syaiful Huda menduga ada pelanggaran di balik tumpahnya cairan kimia caustic soda liquid atau soda api di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kemarin, Selasa (24/12). Bukan cuma sopir, perusahaan yang menaunginya juga dinilai perlu dijatuhi sanksi jika memang ada pelanggaran.

    Tangki mobil pengangkut soda api bocor di Jalan Purwakarta-Padalarang sehingga membuat bahan kimia berbahaya itu berceceran di jalan memicu sejumlah kecelakaan dan kerusakan kendaraan. Sejumlah warga juga dilaporkan terluka karena terkena cairan bersifat korosif itu.

    Dilansir dari Detikcom, Syaiful mengatakan indikasi pelanggaran dalam pengangkutan bahan berbahaya dan beracun (B3) itu adalah tidak lengkapnya label keterangan angkutan B3 di badan kontainer.

    “Indikasi pelanggaran tersebut di antaranya tidak lengkapnya label keterangan angkutan B3 di badan kontainer,” kata Huda kepada wartawan, Rabu (25/12).

    Selain itu Huda menilai jalur yang dilintasi oleh pengemudi berada di jalan padat penduduk. Ia meyebut sopir dan pendampingnya tidak sigap saat kebocoran itu terjadi hingga menyebabkan lebih dari 100 pengendara motor dan mobil menjadi korban.

    Politikus PKB ini mengartakan jika pengemudi mengikuti aturan tentang angkutan B3 dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, insiden seperti itu tak akan terjadi. Ia curiga pengemudi tak punya sertifikat khusus untuk mengangkut limbah B3.

    “Jadi pengemudi angkutan B3 ini tidak sekadar punyai SIM sebagai persyaratan umum, tetapi wajib mempunyai sertifikat dari Dirjen Hubdar sebagai syarat khusus,” kata Huda.

    Syarat khusus ini untuk memastikan jika pengemudi atau kernet mempunyai pengetahuan memadai terhadap jenis, sifat, hingga karakteristik bahan kimia yang dibawanya.

    “Sehingga mereka tahu langkah antisipatif jika ada kebocoran atau situasi darurat lainnya,” ujar Huda.

    Sanksi untuk perusahaan

    Huda mendesak sanksi tegas bukan hanya diberikan ke pengemudi, tapi juga terhadap perusahaan penyelenggaraan angkutan B3. Ia juga meminta Kementerian Perhubungan melakukan pemeriksaan secara berkala meminimalkan kejadian yang sama bagi kendaraan pengangkut B3.

    “Kami mendesak agar ada sanksi tegas tidak hanya kepada pengemudi, tetapi juga kepada perusahaan penyelenggaraan angkutan B3 yang memicu insiden berbahaya di Padalarang, Jawa Barat,” ujarnya.

    Ia mengatakan jika tidak ada pemeriksaan berkala, insiden serupa bisa saja terjadi dan menimbulkan kerugian masyarakat banyak.

    Diketahui, lebih dari 100 pengendara motor dan mobil menjadi korban insiden soda api di Bandung barat. Para korban mengeluhkan mata perih, kulit gatal, dan panas. Bahkan ada yang mengalami luka bakar.

    Insiden tersebut terjadi pada Selasa (24/12). Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartanto mengatakan bahwa jumlah korban akibat tumpahan cairan kimia ini melebihi 100 orang, dengan empat di antaranya dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

    “Korban terdampak dari bocornya cairan B3 yang terdata sampai saat ini lebih dari 100 orang. Mayoritas luka ringan, kemudian luka berat ada 4 orang berupa luka bakar dan dalam penanganan rumah sakit,” kata Tri saat ditemui di lokasi kejadian.

    Baca lengkapnya di sini.

    (sur/sur)

    [Gambas:Video CNN]

  • AHY Ungkap Nasib Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

    AHY Ungkap Nasib Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut masih mempelajari lebih dalam terkait proyek Kereta Cepat Jakarta—Surabaya.

    AHY mengatakan bahwa sebagai proyek besar, maka pemerintah harus benar-benar menghitung dan mempelajarinya dengan matang.

    Tidak hanya itu, AHY menyampaikan bahwa pihaknya juga akan melibatkan beberapa stakeholder dalam proyek Kereta Cepat Jakarta—Surabaya.

    “Kami akan melibatkan banyak pihak stakeholder untuk bisa membuat perencanaan yang matang,” kata AHY saat ditemui di Stasiun WHOOSH Halim, dikutip pada Rabu (25/12/2024).

    Semantara itu, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan bahwa pihaknya masih melalukan pra-studi terkait dengan proyek Kereta Cepat Jakarta—Surabaya.

    Terkait dengan target rampungnya pra-studi tersebut, Dwiyana belum bisa menjawab dan mengatakan pihaknya masih terus mempelajari proyek ini.

    “Kami [KCIC] masih pra-studi ya, semuanya masih dibahas oleh semua stakeholder,” ujarnya.

    Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan studi kelayakan atau feasibility study (FS) Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan rampung tahun ini dan akan dieksekusi pada pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto. 

    Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, saat ini FS sedang berlangsung dan harusnya akan selesai pada tahun ini. 

    “Masih kita proses, iya [kelanjutan di pemerintahan selanjutnya]. Tahun ini selesai harusnya masalah studi kelayakan,” kata Risal kepada wartawan, Selasa (1/10/2024). 

    Risal menerangkan studi kelayakan tersebut dilakukan untuk menentukan jalur yang akan dilintasi kereta cepat tersebut, apakah utara, tengah atau justru jalur selatan.