Kementrian Lembaga: Kemenhub

  • Ekonomi Pelabuhan Donggala baru naik saat liburan 2024

    Ekonomi Pelabuhan Donggala baru naik saat liburan 2024

    Aktivitas di Pelabuhan Donggala baru di Palu, Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-Humas Dijten Hubla Kemenhub

    Kemenhub: Ekonomi Pelabuhan Donggala baru naik saat liburan 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 31 Desember 2024 – 13:18 WIB

    Elshinta.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Pelabuhan Donggala baru di Palu, Sulawesi Tengah, mengalami peningkatan selama angkutan libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Palu Alexander Seleng Allokindrek mengatakan bahwa pasca rekonstruksi Pelabuhan Donggala baru, dampak ekonomi signifikan baik di dalam maupun di sekitar wilayah pelabuhan.

    “Pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, aktivitas penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Donggala mengalami peningkatan yang cukup mencolok pasca rekonstruksi,” kata Alexander dalam keterangan di Jakarta, Selasa (31/12).

    Menurut Alexander, peningkatan itu mencerminkan manfaat besar yang dirasakan masyarakat dengan keberadaan pelabuhan tersebut.

    Dia menyebutkan bahwa selama Desember 2024, rata-rata jumlah penumpang per kapal mencapai lebih dari 1.600 orang dengan kendaraan yang terangkut di atas 100 unit per keberangkatan.

    “Ini adalah bukti nyata bahwa Pelabuhan Donggala baru menjadi pusat aktivitas ekonomi dan transportasi yang berkembang pesat,” ujarnya.

    Saat ini, Pelabuhan Donggala dilayani oleh kapal Dharma Kencana V dengan rute Donggala-Balikpapan-Surabaya (pergi-pulang/PP) dan Sabuk Nusantara 89.

    Alexander menyatakan bahwa sejak beroperasi, pelabuhan tersebut mencatatkan perkembangan yang positif baik dalam jumlah kedatangan maupun keberangkatan dari Kabupaten Donggala. Hal itu juga berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

    Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa UMKM di sekitar pelabuhan mengalami pertumbuhan yang signifikan, tenaga kerja bongkar muat (TKBM) semakin diberdayakan, dan sektor pariwisata lokal mulai bangkit. Meski begitu, tak disebutkan berapa jumlah UMKM maupun TKBM di kawasan tersebut.

    “Bahkan, Pemerintah Kabupaten Donggala kini menyediakan layanan shuttle Trans Donggala yang menghubungkan Kota Palu dengan Pelabuhan Donggala, mempermudah akses masyarakat,” kata Alexander.

    Pelabuhan Donggala yang dirancang sebagai terminal penumpang dan kargo multipurpose oleh Kementerian Perhubungan juga dilengkapi fasilitas modern dan inklusif.

    Fasilitas itu mencakup area pelayanan, ruang tunggu seperti bandara, toilet modern, ruang laktasi, masjid, area parkir luas, dan fasilitas lainnya yang menjadikan pelabuhan ini ramah bagi seluruh pengguna.

    Dengan pertumbuhan aktivitas yang menjanjikan, kata Alexander lagi, masyarakat Sulawesi Tengah memiliki harapan besar terhadap hadirnya operator pelayaran baru yang melayani rute-rute yang dibutuhkan.

    Beberapa rute yang diharapkan antara lain Tarakan/Tawau/Bontang-Donggala (PP), Bitung/Manado/Toli-Toli/Gorontalo-Donggala, dan Donggala-Pare-Pare/Makassar secara terjadwal.

    “Kami optimis bahwa Pelabuhan Donggala dapat menjadi hub bisnis penumpang dan barang di Provinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya pula.

    Ia menuturkan, dengan lokasi strategis di tengah wilayah Sulawesi dan fasilitas yang memadai, pelabuhan itu memiliki potensi besar sebagai pelabuhan transit untuk wilayah Kalimantan Timur maupun Kalimantan Utara hingga Sulawesi.

    Dia menambahkan, keberadaan Pelabuhan Donggala baru tidak hanya memberikan alternatif transportasi yang lebih terjangkau dibandingkan pesawat, tetapi juga menawarkan kapasitas kargo yang lebih besar.

    “Dengan waktu tempuh yang relatif cepat, pelabuhan ini diharapkan menjadi solusi transportasi yang semakin diminati oleh masyarakat,” kata Alexander.

    Sumber : Antara

  • Tiket Kereta Februari Sudah Bisa Dipesan, Cek di Sini Infonya

    Tiket Kereta Februari Sudah Bisa Dipesan, Cek di Sini Infonya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengumumkan tiket kereta antarkota untuk perjalanan pada Februari 2025 sudah bisa dipesan secara bertahap mulai hari ini Selasa (31/12/2024).

    Hal ini seiring dengan telah selesainya finalisasi Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 yang ditujukan meningkatkan layanan perkeretaapian di Indonesia.

    “Sehingga apabila terdapat perjalanan kereta api yang belum tersedia di platform penjualan seperti Access by KAI dan web kai.id, pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Selasa (31/12/2024).

    Anne mengatakan saat ini, penjualan tiket kereta api antarkota dapat dilakukan H-30 sebelum keberangkatan, dan bertahap akan disesuaikan kembali menjadi H-45 sebelum keberangkatan.

    “KAI akan segera memberikan informasi melalui rilis secara bertahap untuk menginformasikan bagaimana update penyesuaian Gapeka ini terinput di seluruh kanal penjualan tiket KAI. KAI berharap inovasi yang dihadirkan melalui Gapeka 2025 dapat meningkatkan kualitas perjalanan kereta api secara menyeluruh,” tutup Anne.

    Anne mengatakan perubahan Gapeka 2025 merupakan bagian dari upaya KAI dan DJKA Kemenhub untuk meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia. Beberapa peningkatan yang dilakukan meliputi peningkatan keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut.

    “Dalam aspek keselamatan, jadwal perjalanan kereta api semakin optimal dengan jadwal perjalanan yang jauh lebih terencana sesuai update sarana dan prasarana terkini. Keandalan prasarana dan sarana juga ditingkatkan melalui modernisasi infrastruktur rel dan penambahan armada kereta api yang lebih andal,” kata.

    Anne mengatakan dari segi kecepatan, Gapeka 2025 berhasil mengurangi waktu perjalanan kereta api antarkota di Jawa hingga total 2.551 menit per hari. Kapasitas angkut juga ditingkatkan dengan penambahan 20 perjalanan kereta api antarkota Jawa dan perpanjangan relasi untuk menjangkau lebih banyak daerah.

    (hns/hns)

  • Budi Gunawan Minta Antisipasi La Nina di Malam Tahun Baru dan Arus Balik Libur Nataru

    Budi Gunawan Minta Antisipasi La Nina di Malam Tahun Baru dan Arus Balik Libur Nataru

    loading…

    Menko Polkam Budi Gunawan meminta jajarannya terutama TNI-Polri untuk mengoptimalkan pengamanan dan mitigasi bencana pada malam Tahun Baru. Foto/istimewa

    JAKARTA – Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polkam) Budi Gunawan meminta jajarannya terutama TNI-Polri untuk mengoptimalkan pengamanan dan mitigasi bencana khususnya di daerah rawan bencana. Hal itu untuk memastikan perayaan Tahun Baru berjalan aman, lancar, dan kondusif.

    Hal itu diungkap Budi Gunawan saat menggelar rapat koordinasi dengan seluruh jajaran Kemenko Polkam menjelang malam Tahun Baru 2025. Rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut perintah dari Presiden Prabowo Subianto.

    Menurut Budi Gunawan, dampak fenomena La Nina berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah. Untuk itu, pihaknya menginstruksikan agar layanan pemerintah, termasuk komunikasi tetap berjalan optimal di daerah-daerah terdampak.

    “Kita akan mengintegrasikan laporan harian dari situation room di Polkam dan BNPB untuk memastikan langkah antisipasi bencana berjalan selaras dan efektif,” ujarnya.

    Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini juga menyoroti pentingnya pengelolaan arus balik liburan Tahun Baru yang diperkirakan akan dimulai pada 1 Januari 2025. Jajaran Polri, TNI, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta otoritas bandara dan pelabuhan diminta memastikan kelancaran arus balik.

    “Pengalaman kemacetan total seperti yang pernah terjadi di Puncak harus menjadi pelajaran, agar peristiwa serupa tidak terulang kembali,” paparnya.

    Untuk mendukung kelancaran pengamanan, Budi Gunawan kembali mengingatkan pentingnya peran ujung tombak pengamanan termasuk TNI-Polri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan komunitas intelijen.

    “Koordinasi, pengecekan, dan tindakan cepat terhadap laporan yang mencurigakan harus menjadi prioritas untuk menghindari kecolongan,” paparnya.

    Dalam kesempatan itu, Budi Gunawan mengucapkan selamat Tahun Baru 2025 kepada seluruh pihak yang bertugas maupun masyarakat Indonesia. “Semoga kita semua dapat melewati pergantian tahun ini dengan aman, lancar, dan penuh keberkahan,” tutupnya.

    (cip)

  • Transformasi Pelindo Wujudkan Ketahanan Logistik Nasional

    Transformasi Pelindo Wujudkan Ketahanan Logistik Nasional

    Jakarta

    Pada September 2023, Bappenas mengumumkan bahwa biaya logistik Indonesia telah mencapai angka 14,29% terhadap PDB, turun dari periode sebelumnya di tahun 2018 yang berada di angka 23,80%. Pemerintah menargetkan biaya logistik nasional untuk dapat ditekan hingga 8% terhadap PDB pada tahun 2045. Sebagai salah satu BUMN bidang logistik, Pelindo mendukung pencapaian target tersebut melalui percepatan transformasi pelabuhan.

    “Sejauh ini Indonesia sudah mampu menekan biaya logistik hingga 13 sampai 14 persen, tapi itu masih tinggi dibanding negara-negara lain. Karena itu, sesuai arahan Presiden Prabowo untuk mendukung program swasembada pangan, energi, dan hilirisasi. Maka, hari ini saya melanjutkan koordinasi agar biaya itu bisa ditekan lagi,” ujar Erick Thohir usai melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan, Dudy Purwagandhi, Jakarta, Senin (29/10) dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (31/12/2024).

    Kolaborasi antara Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan untuk mempercepat penurunan biaya logistik, khususnya di sektor transportasi, sejalan dengan program swasembada pangan, energi, dan hilirisasi yang dicanangkan oleh pemerintah. Transformasi yang dilakukan oleh Pelindo melalui standarisasi dan digitalisasi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi layanan pelabuhan dan memantapkan peran strategis pelabuhan dalam rantai pasok logistik, guna mendorong tercapainya target penurunan biaya logistik nasional.

    Tingkat efisiensi layanan pelabuhan dapat dinilai dari port stay, yaitu durasi yang dibutuhkan kapal untuk bersandar di pelabuhan. Semakin cepat bongkar muat barang dilakukan di pelabuhan, maka durasi port stay akan menjadi semakin singkat yang kemudian berdampak pada peningkatan sailing time kapal, sehingga perusahaan pelayaran sebagai pengguna jasa pelabuhan akan mendapatkan manfaat berupa penghematan biaya operasional. Berdasarkan kajian yang dilakukan Pelindo serta testimoni dari pelanggan, percepatan layanan yang sudah dilakukan berdampak langsung pada penghematan BBM sebesar 15-30% per satu siklus pelayaran.

    Transformasi layanan secara konsisten dan bertahap diterapkan di seluruh wilayah kerja Pelindo. Sebagai gambaran, standarisasi layanan operasional peti kemas di Cabang Sorong telah berhasil meningkatkan produktivitas bongkar-muat dari 17 BSH (Box per Ship per Hour) menjadi 30 BSH.

    Selaras dengan itu, produktivitas penanganan crane juga naik dari 8 BCH (Box per Crane per Hour) menjadi 22 BCH yang berdampak pada penurunan port stay dari rata-rata 72 jam atau 3 hari menjadi 24 jam atau 1 hari.

    Pada layanan operasional non-petikemas, standarisasi operasional di Cabang Jamrud-Nilam-Mirah (Surabaya) telah berhasil memperbaiki kinerja untuk komoditas curah cair dengan memangkas port stay hingga 30%, dari 89 jam menjadi 62 jam.

    Perbaikan juga terlihat pada komoditas curah kering, dimana port stay dapat diturunkan hingga 22%, dari 86 jam menjadi 67 jam. Hal ini menunjukkan komitmen Pelindo dalam menguatkan konektivitas logistik nasional dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, energi dan hilirisasi pemerintah.

    Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono menambahkan, peningkatan kinerja pelabuhan juga didukung oleh digitalisasi layanan kepelabuhanan yang memungkinkan arus barang menjadi lebih terkontrol karena diawasi melalui sistem terintegrasi yang akurat dan responsif.

    “Pelindo berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menciptakan ekosistem logistik yang lebih efisien. Strategi Pelindo berfokus pada memperpendek port stay,” tambah Arif.

    Implementasi tranformasi Pelindo juga berbanding lurus dengan kinerja operasional korporasi yang mengalami tren pertumbuhan selama tiga tahun terakhir. Arus barang yang dilayani oleh pelabuhan Pelindo hingga bulan November 2024 tercatat mencapai 181,2 juta ton, meningkat 17% dari tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 55% d iantaranya merupakan barang ekspor impor. Sementara itu, arus peti kemas juga menunjukkan kenaikan sebesar 6,4% pada periode yang sama yaitu 17,1 juta TEUs dimana 46% diantaranya merupakan peti kemas ekspor impor.

    Transformasi yang dilakukan Pelindo disambut baik oleh perusahaan pelayaran, di antaranya Meratus Line. Direktur Utama Meratus Line, Slamet Raharjo mengatakan bahwa transformasi Pelindo memudahkan pengguna jasa untuk berkomunikasi dengan Pelindo jika terdapat kendala pengiriman maupun bongkar muat. Dengan adanya transformasi, pelayanan bongkar muat dapat dilakukan melalui satu pintu yang bermanfaat dalam efisiensi waktu dan biaya logistik.

    (akd/akd)

  • Pemerintah Korsel Perintahkan Periksa Semua Sistem Pesawat

    Pemerintah Korsel Perintahkan Periksa Semua Sistem Pesawat

    Anda sedang membaca rangkuman sejumlah berita utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

    Dunia Hari Ini, edisi Selasa, 31 Desember, kami awali dari Korea Selatan.

    Perintah pemeriksaan keselamatan pesawat

    Pejabat sementara Presiden Korea Selatan, Choi Sang-mok, memerintahkan pemeriksaan sistem operasi seluruh maskapai penerbangan, setelah kecelakaan Jeju Air yang menewaskan 175 penumpang.

    “Kementerian Perhubungan diminta untuk melakukan pemeriksaan keselamatan darurat terhadap seluruh sistem operasi pesawat guna mencegah terulangnya kecelakaan pesawat,” katanya.

    Peringatan: video di bawah ini bisa menyebabkan anda tidak nyaman

    Sebagai langkah awal, mereka berencana untuk memeriksa 101 pesawat Boeing 737-800 yang dioperasikan oleh semua maskapai penerbangan Korea Selatan mulai hari Senin, dengan fokus pada catatan perawatan komponen utama.

    Sementara itu, para penyelidik masih terus berupaya untuk mengidentifikasi korban dan mencari tahu apa yang menyebabkan bencana udara paling mematikan di Korea Selatan tersebut.

    Kebakaran hotel di Thailand

    Tiga warga negara asing tewas dan setidaknya tujuh orang cedera dalam kebakaran yang terjadi di sebuah hotel dekat kawasan ‘backpacker’ populer di Bangkok, menurut pihak berwenang setempat.

    Kebakaran terjadi di lantai lima Hotel Ember di daerah Khao San, kata Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bangkok.

    Api akhirnya dapat dipadamkan, tapi penyebab kebakaran sedang diselidiki.

    Disebutkan seorang perempuan meninggal di tempat kejadian dan dua pria lainnya dinyatakan meninggal di rumah sakit.

    Kecelakaan bus tewaskan puluhan orang

    Sebuah bus dengan penumpang penuh jatuh ke sungai menewaskan 71 orang, menurut pihak berwenang di Sidama, Etiopia.

    Kecelakaan terjadi di distrik Bona, kata biro komunikasi regional dalam sebuah pernyataan.

    Wosenyeleh Simion, juru bicara pemerintah daerah Sidama, mengatakan bus itu menabrak jembatan dan jatuh ke sungai, sambil mengatakan jalan tersebut memiliki banyak tikungan.

    Beberapa penumpang baru kembali dari acara pernikahan, sementara itu polisi lalu lintas di wilayah tersebut mengatakan bus tersebut kelebihan muatan, yang kemungkinan menyebabkan kecelakaan itu.

    Pertukaran tawanan perang

    Rusia dan Ukraina sudah melakukan penukaran ratusan tawanan perang dalam kesepakatan yang ditengahi Uni Emirat Arab.

    Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan 189 tawanan asal Ukraina, termasuk personel militer, penjaga perbatasan, dan garda nasional, bersama dengan dua warga sipil, sudah dibebaskan.

    Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 150 tentara Rusia dibebaskan dari tahanan sebagai bagian dari pertukaran di mana masing-masing pihak membebaskan 150 orang.

    Tapi tidak jelas mengapa ada jumlah berbeda antara yang dikatakan pihak Ukraina dan Rusia.

  • Penurunan tiket pesawat “kado istimewa” 2024

    Penurunan tiket pesawat “kado istimewa” 2024

    Jakarta (ANTARA) – Penantian panjang terkait penurunan harga tiket pesawat akhirnya terbayarkan. Masyarakat kini bisa bernapas lega dengan kebijakan baru ini.

    Tiket pesawat yang selama ini dianggap terlalu mahal, sering kali menjadi topik perbincangan hangat di banyak kalangan. Banyak orang berharap harga bisa lebih terjangkau agar perjalanan jadi lebih mudah.

    Kehadiran pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membawa angin segar untuk sektor transportasi udara. Banyak kebijakan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk penurunan tiket pesawat.

    Melalui pemerintahan baru, kebijakan penurunan harga tiket pesawat khusus untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 akhirnya disahkan. Ini menjadi kabar baik bagi mereka yang merencanakan perjalanan liburan.

    Dengan kebijakan ini, masyarakat yang selama ini kesulitan merencanakan perjalanan jauh, kini merasa terbantu. Banyak keluarga yang merencanakan untuk berkumpul di kampung halaman dapat merealisasikan perjalanan mereka lebih mudah.

    Meskipun ada banyak pertimbangan sebelum kebijakan ini dikeluarkan, hasilnya sangat dinantikan. Penurunan harga tiket pesawat menjadi solusi tepat di tengah tingginya kebutuhan mobilitas masyarakat pada akhir tahun.

    Bagi banyak orang, kebijakan ini bagaikan kado istimewa yang sangat dinantikan. Ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga tercinta, yang sebelumnya terasa begitu jauh.

    Turun 10 persen

    Kebijakan penurunan harga tiket pesawat menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan mobilitas, sekaligus mendorong perekonomian, khususnya sektor pariwisata di momen libur akhir tahun.

    Penurunan harga tiket pesawat hingga 10 persen ini tidak hanya berlaku untuk penerbangan tertentu, tetapi berlaku untuk seluruh penerbangan domestik di Indonesia selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kebijakan ini merupakan hasil kerja sama intensif yang melibatkan berbagai pihak.

    Langkah kolaboratif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan ini ditujukan untuk memastikan tiket lebih terjangkau bagi masyarakat.

    Sebagai bagian dari kebijakan ini, pemerintah melibatkan berbagai pihak untuk menurunkan biaya operasional yang berpengaruh langsung pada harga tiket, termasuk biaya jasa kebandarudaraan dan avtur.

    Intervensi yang dilakukan, antara lain potongan tarif jasa kebandarudaraan sebesar 50 persen, diskon harga avtur 5,3 persen, serta pengurangan fuel surcharge untuk mesin jet hingga 8 persen.

    Kebijakan ini diperkirakan dapat menghemat biaya tiket pesawat rata-rata sebesar Rp 157.500 per penumpang, dengan total estimasi penghematan mencapai Rp 472,5 miliar selama masa liburan tersebut.

    Berdasarkan data, dampak kebijakan ini akan dirasakan oleh seluruh kategori penumpang, mulai dari layanan full-service hingga no-frills. Estimasi penghematan secara keseluruhan mencapai Rp472,5 miliar selama masa liburan.

    Langkah-langkah itu diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata domestik dengan meningkatkan jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan antarkota selama liburan panjang, khususnya pada musim Natal dan Tahun Baru.

    Pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa kebijakan ini berjalan lancar, dengan semua pihak terkait berperan aktif agar instruksi Presiden Prabowo Subianto dalam penurunan harga tiket pesawat terlaksana dengan baik.

    Penurunan harga tiket pesawat juga dimaksudkan untuk menyeimbangkan kembali permintaan dan penawaran penerbangan, mengingat tingginya kebutuhan mobilitas pada akhir tahun.

    Kolaborasi lintas sektor

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menyatakan penurunan harga tiket pesawat dapat tercapai berkat kolaborasi lintas kementerian dan berbagai pemangku kepentingan dalam sektor transportasi udara.

    Kolaborasi tersebut melibatkan maskapai, PT. Angkasa Pura Indonesia, PT Pertamina, serta Airnav, yang berperan menurunkan fuel surcharge, PJP2U, dan harga avtur guna menurunkan tiket.

    Penurunan harga tiket ini diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Upaya itu bertujuan agar masyarakat dapat merayakan liburan dengan aman, nyaman, dan selamat, sembari memastikan kelancaran transportasi udara.

    Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa survei menunjukkan potensi pergerakan masyarakat mencapai 110,67 juta orang selama periode Natal dan Tahun Baru.

    Seiring dengan itu, inspeksi berkala terhadap berbagai moda transportasi, termasuk pesawat, terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kelancaran angkutan selama masa liburan.

    Langkah-langkah itu sebagai komitmen pemerintah dalam mendukung mobilitas masyarakat dan menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik selama libur akhir tahun.

    Berlaku 16 hari

    Kebijakan terkait penurunan tarif pesawat angkutan udara merupakan arahan langsung Presiden Prabowo Subianto untuk membantu masyarakat dalam rangka mengurangi beban harga tiket pesawat.

    Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Elba Damhuri menyatakan bahwa kebijakan itu berlaku bagi penerbangan domestik di seluruh bandara yang ada di Indonesia.

    Penurunan tiket (tanpa pengurangan PPN) melibatkan peran maskapai, PT Angkasa Pura Indonesia, PT Pertamina dan Airnav untuk menurunkan fuel surcharge, PJP2U dan avtur di beberapa bandara agar penurunan tarif secara keseluruhan dapat terlaksana dengan target penurunan harga tiket sebesar minimal 10 persen.

    Pemberlakuan penyesuaian tarif sendiri berlaku selama 16 hari pada masa periode Natal dan Tahun Baru, mulai tanggal 19 Desember 2024 sampai dengan 3 Januari 2025 untuk tiket yang belum terjual.

    Sementara bagi penumpang yang sudah membeli tiket untuk penerbangan pada periode tersebut, dapat diberikan insentif sesuai kebijakan masing-masing maskapai, jika masih memungkinkan.

    Keputusan penurunan harga tiket pesawat ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang saat libur akhir tahun.

    Keputusan ini diyakini mampu mendongkrak perekonomian dan pariwisata dalam negeri di kuartal terakhir tahun 2024

    PT Pertamina Persero Group akan memberikan dukungan penurunan harga avtur pada periode Natal dan Tahun Baru di 19 lokasi bandara (khususnya bandara Denpasar, Surabaya, Medan, Silangit, Lombok, Labuan Bajo, Manado, Yogyakarta Kulon Progo, Pontianak, Ambon, Makassar, Balikpapan, Kupang, Sorong, Timika, Jayapura, Maumere, Nabire, Biak).

    PT Pertamina Persero Group akan memberikan dukungan di masa Natal dan Tahun Baru dengan penurunan harga jual avtur pada rentang 7,5-10 persen.

    Kemudian terkait penurunan tarif jasa kebandaraudaraan, PT Angkasa Pura Indonesia dan seluruh unit pelayanan bandar udara (UPBU) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, memberikan dukungan penurunan tarif PJP2U menjadi sebesar 50 persen dan tarif PJP4U menjadi sebesar 50 persen.

    Maskapai penerbangan sepakat untuk memberikan diskon fuel surcharge jet sebesar 8 persen (menjadi 2 persen) dan diskon propeller 5 persen (menjadi 20 menjadi), sedangkan AirNav akan memberikan layanan advance dan extend selama periode Nataru untuk mendukung operating hours yang lebih panjang sesuai kebutuhan maskapai.

    Berdasarkan analisa dan perhitungan yang dilakukan, dalam hal terdapat pengenaan discount fuel surcharge jet sebesar 8 persen (menjadi 2 persen) dan diskon propeller 5 persen (menjadi 20 persen), diskon PJP2U 50 persen dan PJP4U 50 persen, serta turut mempertimbangkan rute dan volume penerbangan maka secara rata-rata tertimbang (weighted average) akan terdapat penurunan tarif tiket pesawat sekitar 10 persen.

    Maskapai siap

    Maskapai penerbangan Indonesia menyambut baik kebijakan penurunan harga tiket pesawat selama periode libur akhir tahun. Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, dan Pelita Air siap mendukung kebijakan tersebut.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan menyatakan komitmennya untuk menyukseskan penurunan harga tiket pesawat natal dan tahun baru.

    Maskapai lainnya, seperti Citilink, Lion Group, dan Pelita Air juga sepakat mendukung langkah ini.

    Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine juga menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah. Mereka berkomitmen untuk menyediakan tiket pesawat yang lebih terjangkau selama libur akhir tahun.

    Penurunan harga tiket pesawat yang dilakukan pemerintah dinilai maskapai dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif Indonesia.

    Dalam mendukung kebijakan ini, Indonesia AirAsia memastikan bahwa kualitas layanan tetap terjaga. Mereka fokus pada keselamatan dan kenyamanan penerbangan, sembari mengimplementasikan kebijakan harga yang lebih terjangkau.

    Pelita Air juga menunjukkan kesiapan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Presiden Direktur Pelita Air Dendy Kurniawan menyatakan bahwa mereka akan menerapkan penurunan harga sesuai arahan pemerintah, bahkan memberikan diskon lebih besar di beberapa rute.

    Lion Group, melalui perwakilannya Danang Mandala Prihantoro, juga mendukung kebijakan ini. Mereka menganggap langkah ini dapat mengurangi beban masyarakat dan berperan dalam mendorong perekonomian nasional, terutama sektor transportasi udara.

    Penurunan harga tiket pesawat menjadi “kado istimewa” di penghujung 2024, mendongkrak mobilitas, pariwisata, dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan, sehingga diharapkan tidak hanya berlaku pada masa akhir tahun.

    Editor: Masuki M. Astro
    Copyright © ANTARA 2024

  • Dishub Sumut: 1,7 juta kendaraan lintasi Tol Belmera Sumut mudik Natal

    Dishub Sumut: 1,7 juta kendaraan lintasi Tol Belmera Sumut mudik Natal

    Angka tersebut terdiri dari kendaraan masuk sebanyak 882.766 unit dan kendaraan yang keluar sebanyk 875.848 unit. Sedangkan H-5 puncak perayaan natal sebanyak 178.908 unitMedan (ANTARA) – Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara mencatat volume lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan tol Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) pada perayaan Natal atau dalam 10 hari dimulai pada 18 Desember hingga 28 Desember 2024 mencapai 1.758.614 kendaraan.

    “Angka tersebut terdiri dari kendaraan masuk sebanyak 882.766 unit dan kendaraan yang keluar sebanyk 875.848 unit. Sedangkan H-5 puncak perayaan natal sebanyak 178.908 unit,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Selasa.

    Dia menjelaskan, volume lalu lintas kendaraan yang melintas di jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa tersebut merupakan volume tertinggi jika dibandingkan dengan jalan tol di Sumut lainnya.

    Berdasarkan data Posko Induk Monitoring Dinas Perhubungan Sumut volume lalu lintas di Tol Medan – Binjai pada periode yang sama tercatat sebanyak 531.819 kendaraan yang terdiri dari 264.631 unit kendaraan masuk dan 267.188 unit kendaraan keluar.

    Sedangkan pada H-5 puncak perayaan natal, jumlah kendaraan pada ruas tol tersebut tercatat sebanyak 56.383 atau lebih rendah jika dibandingkan pada Tol Belawan- Medan- Tanjung Morawa.

    “Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Sinaksak tercatat sebanyak 259.901 kendaraan atau berada di posisi ketiga dengan rincian 121.134 unit kendaraan masuk dan 138.767 unit kendaraan keluar dengan mencatatkan 26.500 unit pada puncak H-3 mudik Natal,” kata dia,

    Lalu, Tol Indrapura – Lima Puluh – Kisaran berada di posisi keempat dengan mencatatkan 157.327 kendaraan yang terdiri dari 79.738 unit kendaraan masuk dan 77.589 unit kendaraan keluar dengan puncak H-4 sebanyak 16.111 kendaraan

    “Dan untuk Tol Binjai – Tanjung Pura – Pangkalan Brandan tercatat kendaraan masuk 52.781 unit, kendaraan keluar : 63.509 unit dengan total
    116.290 unit dan hanya mencatatkan 11.591 unit pada puncak pergerakan H-3,” kata dia.

    Agustinus menyebut volume lalu lintas akan terus meningkat hingga puncak perayaan Tahun Baru 2025.

    Berdasarkan hasil survei transportasi Kemenhub 2024 Provinsi Sumut masuk daerah tujuan terbanyak di Indonesia dengan mencatatkan 9,22 juta orang atau berada diperingkat lima.

    “Sedangkan daerah asal perjalanan terbanyak. Sumut juga berada diperingkat lima atau 7,63 juta orang,” kata dia.

    Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Agar Tak Ada Lagi Truk ‘Pencabut Nyawa’ di Jalan Raya

    Agar Tak Ada Lagi Truk ‘Pencabut Nyawa’ di Jalan Raya

    Jakarta

    Kecelakaan maut yang melibatkan truk masih sering terjadi di Indonesia. Bahkan, pengamat transportasi menilai angkutan barang itu menjadi ‘pencabut nyawa’ di jalan.

    Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, ada beberapa penyebab mengapa truk masih menjadi ‘pembunuh’ di jalan, Mulai dari kendaraan yang tak laik jalan, masih maraknya angkutan barang berdimensi dan bermuatan lebih (overdimension overload/ODOL), hingga sopir truk yang tidak kompeten.

    “Rekomendasi dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan sudah dilayangkan ke Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi. Kita tunggu kebijakan selanjutnya dari Menteri Perhubungan, supaya angka kecelakaan menurun. Juga selalu dinanti ketegasan Presiden Prabowo Subianto mengatasi angkutan barang berdimensi dan bermuatan lebih (overdimension overload/ODOL). Jika masih diabaikan, truk akan tetap menjadi pencabut nyawa di jalan. Bermobilitas di negeri yang tidak berkeselamatan akan menghambat cita-cita pemerintah mewujudkan menuju Indonesia Emas 2045,” kata Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima detikOto.

    Untuk itu, menurut Djoko, beberapa langkah ini perlu diambil agar kendaraan angkutan barang ini tidak lagi menjadi pembunuh di jalan raya.

    Berantas Truk ODOL

    Menurut Djoko, armada truk menduduki peringkat kedua penyebab kecelakaan lalu lintas meski jumlah armada truk lebih sedikit ketimbang kendaraan roda empat. Pengawasan terhadap operasional angkutan barang dinilai belum maksimal.

    Menurut Djoko, sejak 2017 Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah mulai membenahi persoalan ODOL. Namun, upaya itu gagal karena penolakan Kementerian Perindustrian dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta tidak didukung Kementerian Perdagangan lantaran kekhawatiran pemerinah akan naiknya setelah ditakut-takuti oleh pihak penolak.

    “Namun tidak ada upaya dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Apindo untuk mengusulkan program membenahi masalah ODOL, selain menolak dan menakut-nakuti dengan isu inflasi,” katanya.

    “Saatnya pemerintah tidak bertindak secara reaktif saja, ketika ada masalah teriak-teriak, tetapi setelah lewat masalahnya lupa, dan nanti teriak lagi saat muncul masalah lagi. Saatnya pemerintah bertindak secara cerdas dan terencana. Kalau sudah bertindak cerdas dan terencana tapi kecelakaan lalu lintas masih tetap terjadi, baru kita bisa bilang itu nasib. Tetapi kalau kondisi pembiaran itu terjadi terus-menerus, tidak bisa dikatakan itu nasib dan tidak bisa pula kesalahannya dibebankan pada masyarakat. Pemerintah harus bertanggung jawab,” ujar Djoko.

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT kerap menemukan adanya operasional truk pada proyek pemerintah yang melebihi dimensi dan kapasitas. Kondisi ini ironis mengingat pemerintah gencar menertibkan kendaraan kelebihan muatan yang kerap menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas hingga kerusakan jalan.

    “Masih terdapat sejumlah proyek negara yang kedapatan menggunakan truk yang melebihi dimensi dan kapasitas (overdimension overload/ODOL),” sebut Djoko.

    Kompetensi Sopir Truk

    Menurut Djoko, faktor penyebab kecelakaan bus dan truk yang terkait dengan kecakapan pengemudi ternyata tidak tertangkap pada mekanisme pengambilan SIM B1/B2, serta mekanisme pelatihan defensive driving training (DDT) yang selama ini dijadikan persyaratan wajib oleh Kementerian Perhubungan untuk memberi izin.

    “Sebagai pengemudi tidak hanya cukup berbekal keahlian dalam berkendara, namun juga mendalami teori dan praktik dengan menitikberatkan pada keselamatan, maka akan menjadikan pengemudi lebih percaya diri. Waktu kerja, waktu istirahat, waktu libur, dan tempat istirahat pengemudi bus dan truk di Indonesia sangat buruk. Tidak ada regulasi yang melindungi mereka, sehingga performance mereka berisiko tinggi terhadap kelelahan dan bisa berujung pada microsleep,” ungkap Djoko.

    Menurut KNKT, sebanyak 84 persen penyebab kecelakaan terjadi akibat kegagalan sistem pengereman dan kelelahan pengemudi. Kegagalan sistem pengereman dapat disebabkan oleh kondisi pengemudi yang tidak siap dan tidak menguasai kendaraan, ataupun kondisi dari kendaraan itu sendiri.

    “Adapun penyebab kelelahan pengemudi adalah kurangnya waktu untuk beristirahat,” kata Djoko.

    Pengemudi bukan hanya harus memiliki kemampuan teknik mengendarai yang baik dan pengetahuan berlalu lintas yang baik. Pengemudi juga harus memiliki kepribadian dan kompetensi yang baik, meliputi skill, knowledge, dan attitude, sehingga dapat melayani dan menghargai penumpang dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan.

    Selama tahun 2024, pemetaan di lapangan dan diskusi dengan beberapa pihak berkepentingan sudah dilakukan Pusat Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan. Hasil pengamatan dan wawancara dengan pengemudi angkutan umum mendapatkan usia pengemudi rata-rata 40-55 tahun. Surat izin mengemudi (SIM) yang dimiliki pengemudi belum sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikannya, pengemudi memperoleh SIM tanpa melalui Pendidikan dan Pelatihan/Diklat (tanpa Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP).

    “Kurang sosialisasi bahwa pengemudi wajib kompetensi pengemudi melalui diklat dan uji kompetensi, sehingga tidak diperoleh pengemudi yang telah mengikuti uji kompetensi. Kurang pahamnya pengemudi terhadap pentingnya kompetensi pengemudi. Penghasilan pengemudi sebulan rata-rata Rp 1 juta sampai dengan Rp 4 juta, masih di bawah upah minimal di daerah,” ungkap Djoko.

    Selanjutnya, perusahaan angkutan umum kesulitan untuk mendapatkan pengemudi yang kompeten apalagi tersertifikasi, sehingga saat ini jumlah pengemudi angkutan umum mengalami penurunan dibanding dengan jumlah kendaraan yang beroperasi. Rekrutmen pengemudi belum didasarkan pada kompetensi pengemudi.

    Memastikan Truk Siap Beroperasi

    Ada enam langkah untuk memastikan kendaraan truk siap dioperasikan. Pertama, menyiapkan kendaraan dengan benar. Kendaraan di parkir di tempat yang sesuai dan memastikan roda terganjal. Menurunkan rem tangan dan memutar kunci kontak ke posisi “on”. Memastikan semua fungsi kendaraan berjalan normal (tidak ada lampu indikator yang menyala), tabung angin terisi penuh.

    Kedua, mengecek kebocoran pneumatic. Menginjak pedal rem selama kurang lebih dua menit. Tekanan angin tidak boleh turun lebih dari 0,5 bar. Jika tekanan angin lebih 0,5 bar, kampas rem mungkin bermasalah, maka segera menghubungi mekanik untuk pemeriksaan. Jika tekanan angin terus menurn, kemungkinan ada kebocoran. Maka matikan mesin, periksa desain di sekitar kendaraan, dan laporkan ke mekanik jika ditemukan kebocoran.

    Ketiga, memeriksa kondisi tabung angin. Menarik tuas atau cincin tabung angin. Jika keluar air atau oli, maka dihentikan operasi dan minta mekanik memeriksa filter air dryer atau kompresor.

    Keempat, memastikan rem berfungsi optimal. Menguji exhaust brake (skep/brake/rem angin) dan rem tangan untuk memastikan keudanya bekerja dengan baik.

    Kelima, mengecek sistem hidrolik. Memastkan tidak ada kebocoran minyak rem. Memeriksa persediaan minyak rem agar dalam kondisi cukup. K

    Keenam, pemeriksa ban. Memastikan tekanan angin dan kondisi fisik ban dalam keadaan baik.

    Kendalikan Kendaraan di Jalan turunan

    Sementara jika kendaraan melewati jalan menurun, KNKT telah memberikan prosedur. Pertama sebelum memasuki jalan menurun, pindahkan posisi transmisi ke gigi rendah. Kedua, ketika jalan mulai menurun aktifkan exhaust brake dan pertahankan exhaust brake tetap aktif (jangan matikan dan hidupkan berulang-ulang). Ketiga, jika jarum RPM masih naik dan menuju ke zona merah (zona bahaya), injak pedal rem secukupnya untuk mengembalikan posisi jarum RPM ke zona putih (torsi maksimal) dan lepaskan kembali pedal rem jika jarum RPM sudah berada di zona putih (aman).

    Keempat, hindari penggunaan rem pedal secara berulang-ulang atau pengereman panjang karena hal ini dapat menyebabkan rem tidak berfungsi (rem blong). Kelima, maksimalkan bidang pandang di luar kendaraan, sehingga mampu mengantisipasi keadaan lalu lintas di depan dan memiliki cukup waktu.

    (rgr/din)

  • Menhub tekankan antisipasi lonjakan penumpang penyeberangan Jawa-Bali

    Menhub tekankan antisipasi lonjakan penumpang penyeberangan Jawa-Bali

    Kami telah menginstruksikan langkah antisipasi lonjakan penumpang penyeberangan Jawa-Bali, selama angkutan libur akhir tahun 2024.

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menekankan pentingnya langkah antisipasi lonjakan penumpang penyeberangan Jawa-Bali selama angkutan libur akhir tahun 2024, untuk memastikan kelancaran perjalanan.

    “Kami telah menginstruksikan langkah antisipasi lonjakan penumpang penyeberangan Jawa-Bali, selama angkutan libur akhir tahun 2024,” kata Menhub, di sela memantau langsung Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

    Menhub dalam keterangan di Jakarta, menyatakan bahwa pihaknya telah menugaskan PT ASDP Indonesia Ferry dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mengambil langkah strategis guna memastikan kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jasa penyeberangan.

    Menhub menegaskan pentingnya aspek keselamatan dan kesiapan infrastruktur dalam mengantisipasi lonjakan penumpang penyeberangan Jawa-Bali selama libur natal dan tahun baru.

    Dudy juga telah memerintahkan jajaran Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan jumlah petugas pengawasan di lapangan guna memastikan keselamatan penumpang selama masa libur akhir tahun ini.

    Pengawas tersebut di antaranya untuk memastikan seluruh kapal yang beroperasi telah menjalani pemeriksaan teknis secara berkala dengan pengawasan ketat.

    “Bali merupakan salah satu destinasi yang paling diminati masyarakat saat libur natal dan tahun baru. Kami telah mengantisipasi lonjakan yang mungkin terjadi, terutama menjelang malam tahun baru, keselamatan menjadi prioritas utama,” ujarnya lagi.

    Ia juga memastikan bahwa seluruh operasional di Pelabuhan Ketapang, termasuk kelaikan kapal dan kesiapan kru, telah memenuhi standar keselamatan yang ketat.

    Menghadapi lonjakan penumpang, kapasitas Pelabuhan Ketapang juga telah ditingkatkan. Kini pelabuhan mampu menampung hingga 1.670 kendaraan kecil, meningkat dari kapasitas sebelumnya sebesar 1.570 kendaraan.

    Selain itu, kapasitas kapal juga mengalami peningkatan signifikan, dari 12.885 unit kendaraan kecil menjadi 15.215 unit kendaraan kecil.

    Untuk memantau situasi di pelabuhan secara real-time, PT ASDP juga telah meningkatkan jumlah CCTV di Pelabuhan Ketapang menjadi 110 unit. Pemantauan ini didukung oleh ruang monitoring terpadu yang terkoneksi dengan tiga pelabuhan utama, yakni Ketapang, Gilimanuk, dan Jangkar.

    Berdasarkan data, PT ASDP mencatat pada H+4 (29 Desember 2024), total penumpang yang menyeberang dari Gilimanuk ke Ketapang tercatat mencapai 37.975 orang, meningkat 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 34.025 orang.

    Untuk kendaraan roda dua, jumlah yang menyeberang mencapai 4.281 unit (naik 18 persen), sementara kendaraan roda empat tercatat 3.444 unit (turun 5 persen). Secara keseluruhan, total kendaraan yang menyeberang dari Bali ke Jawa mencapai 9.806 unit, naik 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Sebaliknya, arus dari Ketapang ke Gilimanuk menunjukkan penurunan. Total penumpang yang menyeberang pada H+4 adalah 29.025 orang, turun 11 persen dari periode yang sama tahun lalu.

    Total kendaraan roda dua yang menyeberang mencapai 1.850 unit (turun 1 persen), dan kendaraan roda empat mencapai 3.026 unit (turun 12 persen).

    “Lonjakan penumpang selama masa natal dan tahun baru merupakan tantangan yang terus kami antisipasi. Kesiapan infrastruktur, peningkatan fasilitas, dan pengawasan yang ketat adalah langkah konkret pemerintah untuk memastikan perjalanan masyarakat berjalan selamat, aman dan lancar,” ujar Menhub Dudy.

    Lebih lanjut, Menhub menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan pelabuhan dan sinergi yang telah dilakukan oleh berbagai pihak dalam memastikan kelancaran arus penyeberangan selama Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

    Menhub Dudy juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan sistem tiket online guna mempercepat proses penyeberangan dan mengurangi antrean di pelabuhan.

    “Kami terus mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan tiket online yang telah disediakan, karena ini membantu menciptakan perjalanan yang lebih tertib dan efisien,” kata Menhub pula.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kasus DJKA, JCW Soroti Dugaan Keterlibatan Bupati Pati Terpilih Sudewo: Aneh kalau Belum Tersangka

    Kasus DJKA, JCW Soroti Dugaan Keterlibatan Bupati Pati Terpilih Sudewo: Aneh kalau Belum Tersangka

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Jateng Corruption Watch (JCW) menyoroti kasus dugaan korupsi serta suap pengadaan barang-jasa pembangunan dan pemeliharaan jalur rel kereta di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

    Terlebih, kasus tersebut turut menyeret nama calon Bupati Pati terpilih, Sudewo.

    Politikus Gerindra tersebut beberapa kali telah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta dihadirkan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang.

    Koordinator Jateng Coorruption Watch, Kahar Muamalsyah, mengatakan kasus ini sudah menjadi perhatian organisasi antirasuah tersebut, jauh sebelum Sudewo mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024, dan pada akhirnya keluar sebagai Bupati Pati terpilih.

    “Saat itu, saat masih penjaringan calon kepala daerah, kami sudah menyoroti sejumlah nama yang diduga bermasalah, karena terindikasi terlibat korupsi dan penyalahgunaan wewenang. Tidak hanya Sudewo,” kata kahar dalam keterangannya, Selasa (31/12/2024).

    Dituturkan Kahar, memang secara hukum belum ada putusan atau ketatapan hukum yang menyebut Sudewo, mantan Anggota Komisi V DPR RI, terlibat dalam korupsi pengadaan barang-jasa di Dirjen Perkeretaapian Kemenhub. Namun, indikasinya sudah jelas dan kuat.

    Terlebih, sambung dia, penyidik KPK pernah menyita uang tunai bernilai sekitar Rp3 miliar dari kediaman Sudewo, dalam kasus tersebut. Oleh karenanya, menurut dia, aneh kalau hingga saat ini Sudewo belum ditetapkan sebagai tersangka.

    “Uang yang disita itu kan sebagai barang bukti adanya keterlibatan yang bersangkutan,” ucapnya.

    Menurut Kahar, bilamana memang Sudewo dinilai tak bersalah dalam kasus ini, KPK sudah seyogyanya KPK menjelaskan kepada publik, peran yang bersangkutan dalam kasus ini seperti apa.

    “Kami berharap, penegakan hukum dilakukan secara benar, tanpa tebang pilih. Penegakan hukum dilakukan dengan asas equality before the law, semua sama di depan hukum,” tegasnya.

    Sebelumnya dilansir Tribunnews.com, Gerakan Masyarakat Peduli Pati (Germas PP) mendesak KPK agar tak tebang pilih dalam penuntasan kasus suap dan korupsi pengadaan barang-jasa di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun anggaran 2020–2022.

    Germas PP menggelar unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/12/2024), kemarin.

    Perwkilan Germas PP menyampaikan, KPK dinilai telah cukup memiliki bukti keterlibatan Sudewo, politikus Gerindra mantan anggota Komisi V DPR yang kini menjadi Bupati Pati terpilih tersebut.

    Penyitaan uang senilai Rp3 miliar dari kediaman Sudewo sudah menjadi bukti keterlibatan yang bersangkutan, dalam pusaran kasus suap dan korupsi ini.

    “KPK jangan tebang pilih, penerima suap yang lain sudah jadi tersangka dan diseret ke persidangan,” katanya.

    Penyitaan uang itu terungkap dalam sidang kasus dugaan suap proyek DJKA dengan terdakwa Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BTP Jawa Bagian Tengah Bernard Hasibuan di Pengadilan Tipikor Semarang, beberapa waktu lalu.

    Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang, Kamis (9/11/2023) silam. Sudewo membantah telah menerima suap terkait proyek pengadaan barang-jasa di DJKA.

    Menurut dia, uang disita penyidik KPK sebagian merupakan gajinya sebagai anggota DPR RI dan sebagian lainnya dari merupakan hasil dari usaha pribadinya.

    Terpisah, Presiden Prabowo Subianto cum Ketua Umum Gerindra menegaskan tak akan melindungi kadernya bilamana ada yang melakukan korupsi.

    Hal itu disampaikan saat Prabowo menghadiri HUT ke-60 Partai Golkar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Kamis (12/12/2024).

    “Jangan karena kau merasa Gerindra, kau berbuat menyimpang berbuat seenaknya, kau berharap Gerindra melindungi kau tidak,” ujar Prabowo, dikutip Tribunnews.com. (*)