Kementrian Lembaga: Kemenhub

  • Driver Ojol Dapat THR, Ini Kisaran Nominalnya

    Driver Ojol Dapat THR, Ini Kisaran Nominalnya

    Jakarta: Pada tahun 2025, pemerintah menetapkan adanya pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pengemudi ojek online (ojol).

    Langkah ini dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan pengemudi menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri.

    Berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/3/HK.04/OANU2A25, para pengemudi ojol yang terdaftar secara resmi berhak menerima THR.

    Besaran tunjangan tersebut ditetapkan sebesar 20 persen dari rata-rata pendapatan bersih bulanan dalam 12 bulan terakhir.

    Namun, tidak semua pengemudi otomatis mendapat THR. Ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, antara lain jumlah pesanan yang berhasil diselesaikan, jumlah hari dan jam online, peringkat atau rating sebagai pengemudi, serta tingkat penyelesaian pesanan.
     

    Perhitungan THR Ojol

    Berdasarkan ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tahun 2024, perhitungan tunjangan hari raya (THR) bagi pengemudi ojek online didasarkan pada rata-rata pendapatan bulanan mereka. 

    Jika mengacu pada hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2019, perkiraan jumlah THR yang dapat diterima oleh pengemudi ojol adalah sebagai berikut:

    Pengemudi Grab

    – Rata-rata pendapatan bulanan: Rp4 juta hingga Rp4,5 juta
    – Perkiraan THR: Rp4 juta hingga Rp4,5 juta

    Pengemudi Maxim

    – Rata-rata pendapatan bulanan: Rp5 juta hingga Rp6 juta
    – Perkiraan THR: Rp5 juta hingga Rp6 juta

    Pengemudi Gojek

    – Rata-rata pendapatan bulanan: Rp3 juta atau lebih
    – Perkiraan THR: Rp3 juta atau lebih

    Bagi pengemudi yang bekerja kurang dari 12 bulan, perhitungan THR dilakukan secara proporsional sesuai dengan lama masa kerja mereka. Meski demikian, angka tersebut masih bisa berubah bergantung pada kebijakan terbaru yang diterapkan oleh masing-masing perusahaan aplikasi transportasi online.
     
    Kapan cair?

    Berdasarkan surat edaran tersebut, THR ataupun bonus lebaran untuk para Ojol harus diberikan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idulfitri 1446 H. 

    Artinya, para driver bisa menerima bonus ini sebelum Lebaran tiba, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan hari raya, seperti membeli keperluan keluarga atau mudik.

    Jakarta: Pada tahun 2025, pemerintah menetapkan adanya pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pengemudi ojek online (ojol).
     
    Langkah ini dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan pengemudi menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri.
     
    Berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/3/HK.04/OANU2A25, para pengemudi ojol yang terdaftar secara resmi berhak menerima THR.

    Besaran tunjangan tersebut ditetapkan sebesar 20 persen dari rata-rata pendapatan bersih bulanan dalam 12 bulan terakhir.
     
    Namun, tidak semua pengemudi otomatis mendapat THR. Ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, antara lain jumlah pesanan yang berhasil diselesaikan, jumlah hari dan jam online, peringkat atau rating sebagai pengemudi, serta tingkat penyelesaian pesanan.
     

    Perhitungan THR Ojol

    Berdasarkan ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tahun 2024, perhitungan tunjangan hari raya (THR) bagi pengemudi ojek online didasarkan pada rata-rata pendapatan bulanan mereka. 
     
    Jika mengacu pada hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2019, perkiraan jumlah THR yang dapat diterima oleh pengemudi ojol adalah sebagai berikut:
     
    Pengemudi Grab
     
    – Rata-rata pendapatan bulanan: Rp4 juta hingga Rp4,5 juta
    – Perkiraan THR: Rp4 juta hingga Rp4,5 juta
     
    Pengemudi Maxim
     
    – Rata-rata pendapatan bulanan: Rp5 juta hingga Rp6 juta
    – Perkiraan THR: Rp5 juta hingga Rp6 juta
     
    Pengemudi Gojek
     
    – Rata-rata pendapatan bulanan: Rp3 juta atau lebih
    – Perkiraan THR: Rp3 juta atau lebih
     
    Bagi pengemudi yang bekerja kurang dari 12 bulan, perhitungan THR dilakukan secara proporsional sesuai dengan lama masa kerja mereka. Meski demikian, angka tersebut masih bisa berubah bergantung pada kebijakan terbaru yang diterapkan oleh masing-masing perusahaan aplikasi transportasi online.
     

    Kapan cair?

    Berdasarkan surat edaran tersebut, THR ataupun bonus lebaran untuk para Ojol harus diberikan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idulfitri 1446 H. 
     
    Artinya, para driver bisa menerima bonus ini sebelum Lebaran tiba, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan hari raya, seperti membeli keperluan keluarga atau mudik.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Pengusaha Kapal (INSA) Respons Operasional Angkutan Barang Lebaran Dibatasi 16 Hari

    Pengusaha Kapal (INSA) Respons Operasional Angkutan Barang Lebaran Dibatasi 16 Hari

    Bisnis.com, JAKARTA – Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) merespons kebijakan pembatasan operasional angkutan barang selama 16 hari pada masa mudik dan arus balik Lebaran 2025.

    Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menyebutkan bahwa pihaknya berencana melakukan pengiriman barang lebih awal untuk mengantisipasi pembatasan tersebut. Kontainer-kontainer sudah dikirim jauh hari sebelumnya sehingga tidak akan menumpuk di pelabuhan.

    “Untuk yang ke pelabuhan seharusnya tidak ada masalah, karena sudah kami antisipasi sejak awal,” kata Carmelita, Selasa (11/3/2025).

    Namun demikian, Carmelita mengaku, para pengusaha khususnya yang bergerak di bidang kargo berharap agar pihak pelabuhan dapat memberikan insentif berupa diskon atau pembebasan biaya penumpukan selama masa pembatasan operasional truk berlangsung.

    “Ini juga sudah kami sampaikan kepada Menteri, dan Menteri langsung menanyakan kepada pihak pelabuhan tentang kemungkinan itu,” tambahnya.

    Terkait durasi pembatasan selama 16 hari, Carmelita mengakui bahwa hal ini dilakukan untuk mencegah kepadatan barang masuk secara serentak, terutama jika terjadi pergeseran jadwal mudik akibat penerapan Work From Anywhere (WFA).

    Dia menambahkan bahwa pelaksanaan WFA masih bersifat imbauan dan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Beberapa perusahaan yang menjalankan operasional seperti bongkar muat kemungkinan tetap berjalan, sementara sebagian pekerja bisa memanfaatkan libur lebih awal.

    Pada perkembangan lain, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menyebutkan terbuka untuk berdiskusi dengan para pengusaha terkait peluang insentif pada saat pembatasan angkutan barang selama 16 hari Lebaran 2025.

    Menhub Dudy mengatakan saat ini, pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk pembatasan angkutan barang. Terkait dengan insentif yang diperlukan pengusaha, perlu didiskusikan lagi.

    “Kita sudah keluarkan SKB untuk pembatasan angkutan barang. Soal insentif kan itu harus dibicarakan lagi, karena itu bentuknya akan seperti apa. Tapi yang paling penting dari kami adalah menjamin kelancaran dan keselamatan jalan,” kata Dudy di Gedung DPR, Selasa (11/3/2025).

    Seperti yang diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara dan Kementerian Pekerjaan Umum melakukan pembatasan terhadap angkutan barang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2025.

    Dalam keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama Lebaran akan dilakukan pembatasan operasional angkutan barang dengan kategori mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, mobil barang dengan kereta gandengan dan mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan hasil galian seperti tanah, pasir dan batu, hasil tambang dan bahan bangunan.

    Waktu pengaturan lalu lintas diberlakukan mulai Senin (24/3/2025) pukul 00.00 waktu setempat sampai dengan Selasa (8/4/2025) pukul 24.00 waktu setempat. Pembatasan akan dilakukan pada ruas jalan tol maupun nontol.

  • Menhub: Uji kelaikan transportasi terus gencar hadapi angkutan Lebaran

    Menhub: Uji kelaikan transportasi terus gencar hadapi angkutan Lebaran

    Dari sisi keselamatan, Kemenhub terus menggencarkan uji kelaikan pada sarana transportasi.

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi mengatakan bahwa uji kelaikan transportasi terus digencarkan untuk menghadapi Angkutan Lebaran 2025, guna memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan selama periode tersebut.

    “Dari sisi keselamatan, Kemenhub terus menggencarkan uji kelaikan pada sarana transportasi,” kata Menhub dalam keterangan, di Jakarta, Rabu.

    Dia menyebutkan hingga 8 Maret 2025, telah selesai dilakukan ramp check atau uji kelaikan terhadap 60,67 persen atau 18.746 unit bus, terhadap 85,49 persen atau 660 unit kapal, 68,47 persen pesawat, 60,66 persen atau 1.547 unit lokomotif kereta serta terhadap 43 persen atau 70 unit kapal penyeberangan.

    Dudy menyampaikan Kementerian Perhubungan telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana transportasi guna menghadapi masa Angkutan Lebaran pada 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Kemenhub telah menyediakan sejumlah sarana dan prasarana transportasi untuk membantu kelancaran para pemudik menuju kampung halaman, baik itu transportasi darat, laut, udara, maupun perkeretaapian,” katanya lagi.

    Kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk Angkutan Lebaran tersebut yakni sebanyak 30.451 unit bus yang tersedia di 115 terminal, 772 unit kapal laut yang tersedia di 264 pelabuhan.

    Selanjutnya 404 unit pesawat di 60 bandar udara, 2.550 unit lokomotif dan kereta, baik antarkota maupun regional, serta 187 unit kapal penyeberangan di 14 lintas pelabuhan penyeberangan.

    “Hari puncak arus mudik kemungkinan terjadi pada tanggal 28 Maret 2024, namun demikian karena telah disetujuinya pemberlakuan work from anywhere (WFA), maka kami juga mengantisipasi apabila terjadi kepadatan/kegiatan mudik yang mulai berlangsung pada Jumat, 21 Maret 2025,” katanya lagi.

    Menhub menyampaikan sejumlah titik utama yang perlu diperhatikan adalah lokasi wisata di daerah-daerah tujuan mudik, pasar tumpah yang biasanya mulai dibuka menjelang arus mudik dan arus balik, perlintasan sebidang perkeretaapian.

    Kemudian yang juga perlu mendapat perhatian adalah pelabuhan penyeberangan yang berpotensi mengalami penumpukan, seperti Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Provinsi Banten, dan Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk di Jawa Timur.

    “Untuk menyikapi hal itu, kami juga telah bekerja sama dengan beberapa pemda, khususnya untuk mengantisipasi titik titik padat tersebut. Kami juga meminta adanya pengamanan dari pihak Kepolisian dan Pemda setempat,” ujar Menhub.

    Menhub menambahkan bahwa pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan menteri-menteri, kepala daerah, pimpinan BUMN dan swasta serta instansi terkait guna memastikan Angkutan Lebaran 2025 dapat berjalan dengan lancar.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

  • BMKG Warning Tsunami Hantam Wilayah RI Saat Arus Mudik, Cek Lokasinya

    BMKG Warning Tsunami Hantam Wilayah RI Saat Arus Mudik, Cek Lokasinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi risiko tsunami di sekitar Bandara New Yogyakarta International (NYIA), Kulonprogo, Yogyakarta saat arus mudik Lebaran 2025.

    Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa semua pihak perlu mewaspadai potensi risiko tersebut, terutama di kawasan Jalan Underpass Bandara NYIA.

    “Titik risiko yang perlu diwaspadai salah satunya, ya jalan underpass lintas selatan Bandara Yogyakarta di Kulonprogo, underpass di situ adalah zona rawan tsunami,” kata Dwikorita dalam rapat kerja (raker) dan rapat dengar pendapat (rdp) dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (11/3/2025) kemarin.

    Di lain sisi pihaknya mengusulkan pada periode perjalanan Lebaran 2025 agar kementerian/lembaga teknis dapat menerapkan skema buka tutup lalu lintas pada ruas masuk ke jalan underpass yang berupa terowongan itu, sekaligus mensosialisasikannya sejak dini ke masyarakat akan potensi bahaya tsunami di kawasan tersebut

    Menurutnya, sistem buka-tutup perlu dilakukan dengan hati-hati, karena hal ini dapat mengurangi volume kendaraan yang melintasi underpass tersebut.

    Apalagi, underpass tersebut juga cukup panjang yakni 1,4 kilometer, sehingga pengaturan lalu lintasnya perlu dilakukan secara hati-hati.

    “Mohon dipastikan dari Kementerian PUPR karena gate buka-tutupnya itu jangan sampai macet karena kalau macet tidak bisa buka atau tidak bisa nutup nanti mobil-mobil akan terjebak di dalam terowongan itu saat evakuasi tsunami,” ujarnya.

    Sebelumnya, berdasarkan paparan dari kementerian perhubungan, jumlah pemudik yang akan melakukan mudik ke kampung halamannya pada tahun ini diperkirakan meningkat menjadi 146,48 juta orang. Angka ini setara dengan 52% dari total penduduk di Indonesia.

    Adapun Pulau Jawa diprediksi masih menjadi yang paling besar pergerakannya, dengan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 28 Maret 2025 dan puncak arus balik pada 6 April 2025.

    “Jadi mohon Kementerian PU, Polri, buka tutup jangan sampai macet, nanti mobil justru akan terjebak saat evakuasi bila terjadi tsunami,” kata Dwikorita.

    Dwikorita juga menegaskan bahwa pihaknya menjamin keandalan distribusi informasi terkait peringatan dini tsunami-deteksi gempa bumi termasuk peringatan dini cuaca ekstrem dengan mengaktifkan seluru sumber daya meterologi, klimatologi dan geofisika yang ada.

    (fab/fab)

  • Jadwal Pembatasan Kendaraan saat Musim Mudik Lebaran

    Jadwal Pembatasan Kendaraan saat Musim Mudik Lebaran

    Jakarta

    Operasional kendaraan angkutan barang akan dibatasi selama musim mudik lebaran tahun ini. Ini jadwal pembatasan kendaraan angkutan barang saat mudik lebaran.

    Pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama yang melibatkan tiga instansi dalam rangka melakukan pengaturan operasional angkutan barang pada masa angkutan Lebaran 1416H/2025. Pengaturan tersebut tertuang pada SKB Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP-DRJD 1099 Tahun 2025, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: HK.201/4/4/DJPL/2025, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: Kep/50/III/2025, serta Direktur Jenderal Bina Marga Nomor: 05/PKS/Db/2025 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Libur Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran Tahun 2025/1466 H.

    Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Budi Rahardjo mengatakan, penerbitan SKB tersebut dilakukan untuk memastikan kelancaran jalannya angkutan Lebaran 2025.

    “Hal tersebut untuk menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, kelancaran, serta mengoptimalkan lalu lintas angkutan jalan dan penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran 2025,” ujar Budi dalam siaran persnya.

    Pengaturan dilakukan melalui pembatasan operasional angkutan barang barang dengan sumbu 3 atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, kereta gandengan, serta mobil barang yang mengangkut hasil galian, tambang, juga bahan bangunan.

    Pembatasan diberlakukan di ruas jalan tol dan non-tol mulai Senin, 24 Maret 2025 pukul 00.00 waktu setempat sampai dengan Selasa, 8 April 2025 pukul 24.00 waktu setempat.

    “Pembatasan kendaraan sumbu tiga berlaku mulai 24 Maret, baik di jalur arteri maupun tol di Trans Jawa. Bahkan, kendaraan dengan sumbu dua juga akan dibatasi,” ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agus Suryonugroho, dalam keterangan tertulis seperti dikutip Humas Polri.

    Adapun sejumlah ruas jalan tol yang akan menerapkan pembatasan angkutan barang berlokasi di Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, DKI Jakarta – Banten, DKI Jakarta, DKI Jakarta dan Jawa Barat, Jawa Barat, Jawa Barat – Jawa Tengah, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

    Sedangkan ruas jalan non-tol yang akan menerapkan pembatasan angkutan barang yaitu di Provinsi Sumatera Utara, Jambi dan Sumatera Barat, Jambi – Sumatera Selatan – Lampung, DKI Jakarta – Banten, DKI Jakarta – Jawa Barat – Bekasi – Cikampek – Pamanukan – Cirebon, Jawa Barat, Jawa Barat – Jawa Tengah: Cirebon – Brebes, Jawa Tengah, Jawa Tengah – Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali serta Kalimantan Tengah.

    Sementara itu, kendaraan yang mengangkut BBM/BBG, hantaran uang, hewan dan pakan ternak, pupuk, penanganan bencana alam, sepeda motor mudik dan balik gratis, serta barang pokok tetap bisa beroperasi dan dikecualikan dari pembatasan tersebut dengan dilengkapi surat muatan jenis barang.

    (rgr/dry)

  • Tiga Gerbong Kereta Terbakar di Stasiun Tugu Yogyakarta, Menhub Dudy: Tunggu Penyelidikan KNKT – Halaman all

    Tiga Gerbong Kereta Terbakar di Stasiun Tugu Yogyakarta, Menhub Dudy: Tunggu Penyelidikan KNKT – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Peristiwa kebakaran yang menghanguskan tiga gerbong kereta terjadi di Stasiun Tugu, Yogyakarta pada Rabu (12/3/2025) pagi.

    Saat terjadi kebakaran, ketiga gerbong kereta itu sedang berada di jalur simpan Stasiun Tugu.

    Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

    “Pukul 06.44, petugas menerima informasi adanya kebakaran di Stasiun Tugu,” kata Feni kepada wartawan TribunJogja.com pada Rabu (12/3/2025).

    “Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB,” sambungnya.

    Kendati demikian, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

    Menhub Beri Penjelasan

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi turut angkat bicara terkait insiden ini.

    Ia menegaskan bahwa keselamatan penumpang dan operasional transportasi merupakan prioritas utama.

    “Keselamatan adalah prioritas utama kami untuk semua moda transportasi, tidak hanya kereta api. Terkait kejadian ini, kami menunggu hasil penyelidikan resmi dari kepolisian dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).”

    “Selain itu, kami juga akan melakukan evaluasi internal untuk mengidentifikasi penyebab dan langkah pencegahan ke depannya,” ujar Dudy.

    Sementara itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X juga memberikan tanggapan atas kejadian tersebut.

    Ia menyatakan bahwa lokasi kebakaran berada di sebelah utara stasiun dan, sejauh yang ia ketahui, tidak ada bangunan yang berpotensi memicu api sebesar itu.

    “Saya kira Pak Menteri sudah menyampaikan, tapi kebakaran itu terjadi di sebelah utara. Sejauh yang saya tahu, tidak ada bangunan yang bisa memicu api sebesar itu. Saya juga belum tahu pasti penyebab kebakaran tersebut. Semoga tidak ada hal yang perlu digelisahkan, ya normal saja,” ucap Gubernur DIY tersebut.

    Perjalanan KA Tak Alami Gangguan

    Kebakaran yang menghanguskan tiga gerbong kereta di Stasiun Tugu, Yogyakarta tidak menghambat operasional perjalanan kereta api.

    Feni mengatakan, kereta api yang melalui Stasiun Tugu, Yogyakarta tetap beroperasi secara normal.

    “Selama pemadaman api, penumpang untuk sementara dialihkan melalui pintu selatan dan barat Stasiun Tugu,” ucapnya.

    Pihaknya saat ini belum bisa memastikan berapa kerugian atas kejadian tersebut.

    Sebagaian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Insiden Kebakaran Gerbong Kereta di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kemenhub dan KNKT Selidiki Penyebabnya

    (Tribunnews.com/David Adi) (TribunJogja.com/Hanif Suryo Nugroho)

  • Pelni sediakan 1.100 tiket gratis arus balik Lebaran dari Surabaya

    Pelni sediakan 1.100 tiket gratis arus balik Lebaran dari Surabaya

    Setiap keluarga maksimal bisa mendaftarkan empat orang

    Surabaya (ANTARA) – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyediakan 1.100 tiket gratis untuk arus balik Lebaran 2025 pada periode 6-7 April 2025 dari Surabaya, Jawa Timur, menuju tiga kota tujuan, yakni Makassar (Sulawesi Selatan), Kumai (Kalimantan Tengah) dan Balikpapan (Kalimantan Timur).

    Kepala Cabang PT Pelni Surabaya Roni Abdullah mengatakan program tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan Pelni guna mendukung kelancaran transportasi pasca-Lebaran serta membantu masyarakat yang kembali ke perantauan setelah mudik.

    “Pada 6 April ada KM Gunung Dempo tujuan Makassar dengan kuota 450 orang dan KM Lawit tujuan Kumai dengan kuota 300 orang. Kemudian, 7 April ada KM Dorolonda tujuan Balikpapan dengan kuota 350 orang,” katanya saat dihubungi ANTARA melalui telepon di Surabaya, Rabu.

    Roni menjelaskan para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket gratis dalam program tersebut harus melakukan pendaftaran secara daring melalui tautan yang telah disediakan.

    Selain itu, lanjutnya, pendaftar diwajibkan mengunggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat utama.

    “Setiap keluarga maksimal bisa mendaftarkan empat orang,” ucapnya.

    Roni menambahkan, pendaftaran ditutup paling lambat tiga hari sebelum keberangkatan, sedangkan pencetakan tiket wajib dilakukan maksimal dua hari sebelum kapal berangkat.

    “Nomor telepon dan WhatsApp yang didaftarkan harus benar agar tim kami bisa melakukan verifikasi sebelum tiket dicetak,” ujarnya.

    Ia juga menegaskan tiket gratis ini hanya berlaku untuk kelas ekonomi dan tidak dapat diperjualbelikan maupun dipindahtangankan.

    “Kami ingin memastikan tiket ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan, bukan untuk kepentingan lain,” katanya.

    Ia berharap program tersebut dapat berjalan optimal dan dimanfaatkan oleh sebanyak mungkin masyarakat yang hendak kembali ke kota tujuan, agar tiket yang telah tersedia tidak terbuang sia-sia.

    Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi contact center Pelni di nomor 162 atau melalui WhatsApp di 0811-162-1-162.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Terungkap Biang Kerok BBN Airlines Berhenti Terbang di RI

    Terungkap Biang Kerok BBN Airlines Berhenti Terbang di RI

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan maskapai BBN Airlines tak lagi melayani penerbangan rute berjadwal. Sejak Februari 2025 kemarin, maskapai ini telah berhenti mengudara di Indonesia.

    Plt. Dirjen Perhubungan Udara Lukman F. Laisa menjelaskan alasan BBN berhenti operasi karena tingkat keterisian penumpang atau load factor yang sangat rendah. Berdasarkan evaluasi data produksi, rata-rata load factor penerbangan BBN di periode November 2024 sampai Januari 2025 hanya menyentuh angka 50%.

    Bila dirinci, penerbangan dengan load factor tertinggi bagi BBN Airlines adalah rute Jakarta-Pontianak dengan keterisian sampai 60%, kemudian Jakarta-Denpasar tingkat keterisian hanya 51%, dan paling kecil Jakarta-Surabaya dengan tingkat keterisian cuma 42%.

    “Alasan berhenti beroperasi adalah karena tingkat isian penumpang yang rendah,” sebut Lukman dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (12/3/2025).

    BBN Airlines tercatat terakhir mengudara pada pertengahan Februari 2025. Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, BBN melayani penerbangan berjadwal untuk terakhir kalinya pada rute Jakarta-Pontianak dan Jakarta-Denpasar. Sementara itu di Januari yang lalu, rute pertama yang ditutup oleh BBN Airlines adalah Jakarta-Surabaya.

    Lukman menyebut saat ini BBN hanya melakukan penerbangan tidak berjadwal alias charter untuk penerbangan kargo barang ataupun penumpang.

    “Namun demikian, PT BBN Indonesia Airlines masih beroperasi melayani penerbangan tidak berjadwal atau charter khusus kargo dan juga akan melayani penerbangan tidak berjadwal atau charter untuk penumpang/kargo,” beber Lukman.

    Kepak sayap BBN Airlines di Indonesia sangat singkat, terhitung cuma sekitar 6 bulan saja BBN mengudara di langit Indonesia. Maskapai ini mulai melayani penumpang untuk pertama kalinya pada 27 September 2024 lalu.

    BBN Airlines didirikan di Jakarta pada Agustus 2022. BBN Airlines merupakan anak perusahaan Avia Solutions Group yang merupakan penyedia layanan Aircraft, Crew, Maintenance, and Insurance (ACMI). Di situsnya tertulis Avia Solutions Group berkantor pusat di Dublin, Irlandia.

    Avia Solutions Group memiliki armada 199 pesawat yang beroperasi di seluruh dunia. Di luar layanan ACMI, Avia Solutions Group menawarkan berbagai layanan penerbangan, termasuk maintenance, repair and overhaul (MRO), pelatihan pilot dan kru, ground handling, dan berbagai layanan lainnya.

    (hal/rrd)

  • 10 Jabatan Sipil yang Boleh Ditempati Prajurit Aktif Sesuai UU TNI

    10 Jabatan Sipil yang Boleh Ditempati Prajurit Aktif Sesuai UU TNI

    10 Jabatan Sipil yang Boleh Ditempati Prajurit Aktif Sesuai UU TNI
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Markas Besar (Mabes)
    TNI
    mengungkapkan 10 jabatan sipil yang boleh ditempati prajurit aktif sesuai Undang-Undang (UU) TNI yang berlaku saat ini, yaitu UU Nomor 34 Tahun 2004.
    Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Hariyanto menyebutkan bahwa jabatan sipil itu diatur pada Pasal 47.
    “Sesuai Pasal 47 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, prajurit
    TNI aktif
    dapat menduduki jabatan di instansi pemerintahan tertentu,” kata Kapuspen kepada
    Kompas.com
    , Rabu (12/3/2025).
    “Yaitu, Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Kementerian Pertahanan, Sekretariat Militer Presiden, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara, Lembaga Ketahanan Nasional, Dewan Pertahanan Nasional, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau Basarnas, Badan Narkotika Nasional, dan Mahkamah Agung,” ujarnya melanjutkan.
    Karena sudah diatur UU, menurut dia, siapa pun prajurit yang menempati jabatan sipil di luar ketentuan yang berlaku harus mengundurkan diri atau pensiun dini dari militer.
    “Penempatan
    prajurit TNI aktif
    di luar instansi yang disebutkan dalam UU 34 (
    UU TNI
    ) harus mengikuti mekanisme yang berlaku, yaitu pensiun dini atau mengundurkan diri,” kata Hariyanto menegaskan.
    Pada akhir pernyataannya, Kapuspen menegaskan komitmen TNI mematuhi segala aturan yang ada.
    Komitmen itu, menurut dia, wujud nyata profesionalisme dan kepatuhan TNI terhadap konstitusi.
    “TNI tetap berpegang teguh pada profesionalisme dan patuh terhadap konstitusi,” ujar Kapuspen.
    “Jika ada perkembangan kebijakan atau revisi terkait aturan ini, tentu akan dibahas bersama antara pemerintah dan DPR,” katanya lagi.
    Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, semua perwira yang memegang jabatan aktif di kementerian dan lembaga akan pensiun dini atau mengundurkan diri dari tugasnya sebagai perwira aktif.
    “Jadi, prajurit TNI aktif yang menjabat di kementerian atau lembaga lain akan pensiun dini atau mengundurkan diri dari dinas aktif,” ujar Agus saat ditemui di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta pada Senin, 10 Maret 2025.
    Agus menegaskan bahwa aturan ini sesuai dengan Pasal 47 Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.
    Dalam ayat (1) disebutkan bahwa “
    Prajurit hanya dapat menduduki jabatan sipil setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas aktif keprajuritan
    ”.
    Tapi, dalam ayat (2) disebutkan, “
    Prajurit aktif dapat menduduki jabatan pada kantor yang membidangi koordinator bidang Politik dan Keamanan Negara, Pertahanan Negara, Sekretaris Militer Presiden, Intelijen Negara, Sandi Negara, Lembaga Ketahanan Nasional, Dewan Pertahanan Nasional, Search and Rescue (SAR) Nasional, Narkotika Nasional, dan Mahkamah Agung
    ”.
    Diketahui, pernyataan itu disampaikan Panglima Agus di saat DPR tengah membahas
    revisi UU TNI
    .
    Sementara itu, menurut catatan
    Kompas.com
    , masih banyak perwira aktif yang menduduki jabatan sipil di luar ketentuan UU TNI.
    Mereka antara lain, Sekretaris Kabinet (Seskab) Teddy Indra Wijaya yang baru naik pangkat sebagai Letnan Kolonel.
    Kemudian, Mayjen TNI Maryono yang menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
    Lalu, ada Mayjen TNI Irham Waroihan yang diangkat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan).
    Ada pula Laksamana Pertama TNI Ian Heriyawan yang menempati posisi di Badan Penyelenggara Haji.
    Terkini, ada Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya ditunjuk sebagai Direktur Utama Perum Bulog oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Novi Helmy masih tercatat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Baru Mengudara 6 Bulan di RI, Maskapai BBN Airlines Berhenti Operasi!

    Baru Mengudara 6 Bulan di RI, Maskapai BBN Airlines Berhenti Operasi!

    Jakarta

    Maskapai BBN Airlines resmi berhenti operasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan BBN tak lagi melayani penerbangan rute berjadwal, dan hanya menerima penerbangan tidak berjadwal alias charter untuk kargo dan penumpang.

    BBN Airlines tercatat terakhir mengudara pada pertengahan Februari 2025. Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, BBN melayani penerbangan berjadwal untuk terakhir kalinya pada rute Jakarta-Pontianak dan Jakarta-Denpasar.

    Sementara itu di Januari yang lalu, rute pertama yang ditutup oleh BBN Airlines adalah Jakarta-Surabaya.

    “PT BBN Indonesia Airlines saat ini sudah berhenti beroperasi melayani rute berjadwalnya,” sebut Plt. Dirjen Perhubungan Udara Lukman F. Laisa dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (12/3/2025).

    Lukman menjelaskan alasan BBN berhenti operasi karena tingkat keterisian penumpang atau load factor yang sangat rendah. Berdasarkan evaluasi data produksi, rata-rata load factor penerbangan BBN di periode November 2024 sampai Januari 2025 hanya menyentuh angka 50%.

    BIla dirinci, penerbangan dengan load factor tertinggi bagi BBN Airlines adalah rute Jakarta-Pontianak dengan keterisian sampai 60%, kemudian Jakarta-Denpasar tingkat keterisian hanya 51%, dan paling kecil Jakarta-Surabaya dengan tingkat keterisian cuma 42%.

    “Namun demikian, PT BBN Indonesia Airlines masih beroperasi melayani penerbangan tidak berjadwal atau charter khusus kargo dan juga akan melayani penerbangan tidak berjadwal atau charter untuk penumpang/kargo,” beber Lukman.

    Kepak sayap BBN Airlines di Indonesia sangat singkat, terhitung cuma sekitar 6 bulan saja BBN mengudara di langit Indonesia. Maskapai ini mulai melayani penumpang untuk pertama kalinya pada 27 September 2024 lalu.

    BBN Airlines didirikan di Jakarta pada Agustus 2022. BBN Airlines merupakan anak perusahaan Avia Solutions Group yang merupakan penyedia layanan Aircraft, Crew, Maintenance, and Insurance (ACMI). Di situsnya tertulis Avia Solutions Group berkantor pusat di Dublin, Irlandia.

    Avia Solutions Group memiliki armada 199 pesawat yang beroperasi di seluruh dunia. Di luar layanan ACMI, Avia Solutions Group menawarkan berbagai layanan penerbangan, termasuk maintenance, repair and overhaul (MRO), pelatihan pilot dan kru, ground handling, dan berbagai layanan lainnya.

    (hal/rrd)