Kementrian Lembaga: Kemendag

  • 24 Pengurus Kadin Provinsi Berkumpul Bahas Sukseskan Swasembada Pangan

    24 Pengurus Kadin Provinsi Berkumpul Bahas Sukseskan Swasembada Pangan

    Jakarta: Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie mengumpulkan 24 ketua umum maupun pengurus Kadin Provinsi. Para pengurung Kadin Provinsi ini menegaskan dukungan pengusaha untuk menyukseskan program pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terutama program swasembada pangan.
     
    “Jadi, teman-teman memberi masukan bahwa program-program seperti swasembada pangan itu sangat penting,” kata Anindya melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat, 13 Desember 2024.
     
    Hal itu disampaikan Anindya usai bersilaturahmi dan rapat koordinasi dengan para ketum dan pengurus Kadin Provinsi di Menara Kadin Indonesia, Lantai 29, Kuningan, Jakarta, Kamis, 12 Desember 2024.
    “Jadi program kami di Kadin Indonesia bersama Kadin Provinsi sebenarnya hanya satu. Bagaimana kita semua bisa naik kelas untuk menyukseskan program pemerintah tapi sekaligus juga memberdayakan daerah,” kata Anindya.
     
    Anindya menilai kedua hal itu sebenarnya merupakan sebuah kesinambungan. Apabila program-program pemerintahan Prabowo-Gibran bisa berjalan dengan baik, maka upaya-upaya pemberdayaan daerah pun akan bisa dilaksanakan oleh para ketum maupun pengurus Kadin Provinsi dengan selaras.
     
    “Karena pemerintah harus sukses dengan rencana-rencana yang diciptakan oleh Pak Prabowo, tapi juga di daerah pemberdayaannya (Kadin Provinsi) bisa berjalan,” ujar dia.
     
    Anindya melihat pemerintahan Prabowo-Gibran maupun Kadin Indonesia sangat bersemangat menjalin sinergi demi mencapai target pertumbuhan ekonomi 8 persen. Terlebih, hal itu didukung dengan sejumlah program-program prioritas dari pemerintahan Prabowo-Gibran, seperti misalnya program swasembada pangan, Makan Bergizi Gratis (MBG), perbaikan sekolah hingga rumah sakit, sampai program tiga juta rumah.
     
    “Itu semua akan berdampak sangat positif, dan Kadin siap menjadi yang terdepan memastikan realisasinya berjalan,” tegas dia.
     

    Karenanya, lanjut Anindya, sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan Kadin Indonesia terutama Kadin Provinsi harus benar-benar dibina dan dijalin dengan harmonis. Sebab, pemerintah pusat tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerja sama dari pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat di daerah tersebut.
     
    “Dari waktu ke waktu, kami selalu mendapatkan arahan bahwa memang butuh pemberdayaan daerah itu jalan. Karena program-program tersebut tidaklah mungkin hanya bisa jalan dari Jakarta (pusat) sendiri. Tapi dengan kerja keras teman-teman di daerah, kerja kompak, dan solid, tentu semua bisa terlaksana,” ujar dia.
     
    Ketum Kadin Provinsi Jambi Usman Sulaiman mengamini apa yang disampaikan Anindya Bakrie. “Saya mendukung apa yang dikatakan Ketum (Anindya Bakrie),” ujar dia.
     
    Selain Usman, turut hadir dalam acara itu di antaranya Ketum Kadin Provinsi Sulawesi Tengah M Nur Rahmatu; Ketum Kadin Provinsi Bali Made Ariandi; Ketum Kadin Provinsi NTB Faurani; Ketum Kadin Maluku Utara Adam Marsaoly; Ketum Kadin Provinsi Kalimantan Tengah Rahmat N Hamka; Ketum Kadin Provinsi Banten M Azzari Jayabaya; Ketum Kadin Provinsi Aceh M Iqbal; dan Ketum Kadin Provinsi Bangka Belitung Thomas Jusman. 
     
    Audiensi dengan Menteri Perdagangan
    Pada Kamis pagi, Anindya dan beberapa jajaran pengurus Kadin Indonesia beraudiensi dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso di Kantor Kementerian Perdagangan, di Jakarta Pusat.
     
    Dalam kesempatan tersebut Anindya membahas sejumlah isu ekonomi domestik hingga luar negeri. Salah satunya upaya untuk merealisasikan perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).
     
    “Kami beberapa waktu lalu juga telah bertemu dengan beberapa duta besar negara-negara EU (Uni Eropa), dan kerja sama komprehensif dengan Uni Eropa akan sangat besar dampaknya (bagi perekonomian), dan tadi disampaikan oleh Pak Mendag, diharapkan bisa dicapai perkembangan positif pada kuartal I tahun depan,” ujar Anindya.
     
    Dalam kesempatan yang sama, Kadin Indonesia bersama Menteri Perdagangan juga membahas banyak hal terkait perekonomian domestik seperti nasib industri pertekstilan di Tanah Air, industri kelapa sawit, dan industri tepung, serta potensi kerja sama dengan berbagai negara termasuk India.
     
    “(Audiensi) Ini adalah bentuk partisipasi Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah, untuk kepentingan dunia usaha, sehingga kamim juga mengajak Kadin provinsi dan asosiasi dan himpunan. Sebagai mitra strategis pemerintah kami harus terus hadir,” kata dia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (UWA)

  • Siap-siap! Ritel Tebar Diskon hingga 70% untuk 6 Bahan Pokok saat Nataru

    Siap-siap! Ritel Tebar Diskon hingga 70% untuk 6 Bahan Pokok saat Nataru

    Bisnis.com, TANGERANG – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin memastikan sejumlah ritel bakal menggelar diskon khusus Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Solihin mengatakan, diskon tersebut akan berlaku untuk enam bahan pokok, yakni beras, minyak goreng, telur, gula, bawang merah, dan bawang putih. Dia mengatakan, program diskon ini juga didukung oleh Menteri Perdagangan Budi Santoso.
    Adapun, program diskon untuk enam bahan pokok itu bakal dimulai pada 22 Desember 2024.

    “Menteri Perdagangan sebagai orang tua kita, meminta kepada seluruh anggota Aprindo untuk sekali lagi melakukan sesuatu lah yang berbeda dibandingkan bulan sebelumnya, kami akan launching [program diskon] nanti pada tanggal 22 Desember insyaallah,” kata Solihin di Tangerang, Sabtu (14/12/2024).

    Kendati demikian, Solihin tak memerinci secara detail berapa diskon yang bakal diberikan. Namun, dia memastikan beberapa kebutuhan pokok akan ada yang diobral hingga 70%.

    “Ada beberapa tentunya [diskon 70%], nggak semuanya,” ucapnya.

    Menurutnya, program ini merupakan salah satu inisiatif Aprindo untuk menjaga daya beli masyarakat sekaligus mengontrol harga. Maklum, periode Nataru biasanya harga-harga melonjak dan berbuntut pada inflasi.

    Solihin juga menyebut program diskon itu tak akan membuat jaringan ritel Aprindo rugi. Malahan, dia menyebut ini salah satu pengorbanan pengusaha demi ekonomi RI.

    “Mini marketnya bisa jual 4.000-4.500 item, kalau tadi [diskon] cuma enam [item] saja kan berasanya apa? Sekali-sekali dong berkorban, jangan sampai pemerintah dulu berkorban,” ucap Solihin.

  • Diskon 70 Persen untuk 6 Bahan Pokok di Seluruh Indonesia Jelang Akhir Tahun, Cermati Cara Mendapatkannya

    Diskon 70 Persen untuk 6 Bahan Pokok di Seluruh Indonesia Jelang Akhir Tahun, Cermati Cara Mendapatkannya

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Seluruh Indonesia (Aprindo) akan memberikan potongan harga hingga 70 persen untuk enam jenis bahan pokok di seluruh ritel yang tersebar di Indonesia. Program ini dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru melalui program bertajuk Every Purchase Is Cheap (EPIC).

    Direktur Bina Usaha dan Perdagangan Kemendag Septo Soeprianto menyatakan, program ini akan diluncurkan pada 22 Desember 2024 dan berlangsung hingga 31 Desember 2024.

    “Ada enam jenis bahan pokok yang akan mendapat dukungan melalui program ini, yaitu beras, minyak goreng, gula, telur, bawang merah, dan bawang putih,” ujar Septo dikutip dari Antara, Sabtu (14/12/2024).

    Menurutnya, diskon bahan pokok 70 persen ini, bertujuan untuk memberikan solusi nyata bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, terutama di tengah fluktuasi harga selama periode libur akhir tahun. Dengan penurunan harga hingga 70 persen, masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaat langsung berupa akses bahan pokok dengan harga terjangkau.

    Sementara, Ketua Umum Aprindo Solihin menyampaikan, program EPIC merupakan langkah inovatif yang diambil untuk menekan kenaikan harga bahan pokok selama momen Natal dan Tahun Baru.

    “Kami percaya, dengan memberikan potongan harga hingga 70 persen, program ini tidak hanya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dengan lebih murah, tetapi juga dapat meningkatkan volume penjualan di sektor ritel,” ujar Solihin.

    Ia menambahkan, program diskon bahan pokok 70 persen ini akan berlaku secara nasional di semua ritel modern yang menjadi anggota Aprindo, termasuk supermarket, minimarket, dan pusat perbelanjaan lainnya.

    “Potongan harga ini dirancang agar dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi konsumen, tetapi juga mendukung stabilitas harga dan merangsang daya beli,” katanya.

    Solihin juga menekankan pentingnya peran ritel dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Dengan diskon besar yang diberikan melalui program EPIC, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja kebutuhan pokok, sehingga daya beli dapat meningkat secara signifikan.

    “Pada akhirnya, peningkatan daya beli ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor perdagangan ritel,” tambahnya.

    Selain itu, program EPIC juga mencerminkan komitmen Aprindo dan Kemendag dalam menjaga ketersediaan bahan pokok dengan harga yang stabil. Dalam situasi di mana tekanan inflasi dan kenaikan harga bahan pangan kerap terjadi menjelang libur akhir tahun, program seperti ini menjadi langkah strategis untuk melindungi konsumen sekaligus mendukung para pelaku usaha ritel.

    Tidak hanya itu, diskon bahan pokok 70 Persen diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berbelanja lebih banyak, menciptakan suasana yang lebih semarak selama periode Natal dan Tahun Baru. Dengan diskon yang berlaku di berbagai gerai ritel, masyarakat di seluruh pelosok Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati harga bahan pokok yang lebih murah.

    “Program ini merupakan bentuk dukungan konkret dari Aprindo kepada masyarakat, khususnya dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok di akhir tahun. Kami optimistis, kolaborasi antara pemerintah dan sektor ritel ini akan memberikan dampak positif yang nyata bagi perekonomian nasional,” tutup Solihin.

    Dengan peluncuran program diskon bahan pokok 70 Persen, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

  • DPP Aprindo 2024-2028 Resmi Dilantik, Siap Jembatani Pengusaha dengan Pemerintah

    DPP Aprindo 2024-2028 Resmi Dilantik, Siap Jembatani Pengusaha dengan Pemerintah

    Bisnis.com, TANGERANG – Jajaran Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (DPP Aprindo) masa bakti 2024-2028 resmi dilantik, Sabtu (14/12/2024).

    Pelantikan ini sekaligus memulai secara resmi kepengurusan Aprindo yang dikepalai Solihin sebagai ketua umum terpilih pada hasil Munas ke-VIII.

    Pada pelantikan tersebut, Solihin menegaskan visi Aprindo ke depannya untuk menjadi organisasi yang menjembatani para pengusaha ritel dengan pemerintah. Ini khususnya untuk bersama-sama memperkuat dan menghadapi tantangan ekonomi global.

    “Aprindo akan memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk menghadapi tantangan industri ritel di era global. Membangun ekosistem ritel yang inklusif, kompetitif, dan progresif dengan kemajuan zaman untuk berdaya saing terhadap tantangan ekonomi global,” kata Solihin di Tangerang.

    Solihin yang juga menjabat Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) memastikan Aprindo akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam memperkuat ekosistem ritel di Indonesia, memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan mendorong ekonomi bangsa menuju kemandirian.

    Solihin juga mengeklaim Kementerian Perdagangan sangat yakin Aprindo akan menjadi mitra strategis dalam memperkuat ekosistem ritel di Indonesia, memajukan UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri. 

    “Menteri perdagangan sangat menyambut positif diskusi peluang dan tantangan yang disampaikan Aprindo serta berkomitmen untuk membangun sinergi yang lebih erat ke depannya,” katanya.

    Solihin terpilih secara aklamasi dengan mendapat dukungan penuh dari para pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPD), dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aprindo.

    Sebelumnya, Solihin menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Aprindo periode 2019-2024 dan kini terpilih sebagai ketua umum menggantikan Roy Nicolas Mandey.

  • Kunjungan ke Manado, Mendag Tinjau Kesiapan Nataru di Indonesia Timur

    Kunjungan ke Manado, Mendag Tinjau Kesiapan Nataru di Indonesia Timur

    Bisnis.com, MANADO – Menteri Perdagangan Budi Santoso hari ini, Jumat, (13/12) menggelar kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara. Dalam kunjungan kerja ini, Mendag Budi Santoso turun langsung ke lapangan untuk memastikan kesiapan Kawasan Indonesia Timur dalam menyambut Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pasar Bersehati di Kota Manado. Ia menegaskan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Manado, Sulawesi Utara secara umum stabil. Ia pun mengapresiasi distributor dan pedagang yang turut menjaga stabilitas harga bapok. Mendag Budi Santoso berharap masyarakat Manado dapat merayakan Nataru dengan tenang.

    “Kami ke Pasar Bersehati Manado untuk meninjau harga bapok. Secara umum, harga bapok stabil. Terima kasih kepada para distributor dan pedagang di pasar yang telah mendukung terbentuknya suasana pasar yang kondusif. Mudah-mudahan saudara-saudara kita di Manado dapat merayakan Nataru dengan tenang tanpa gejolak harga,” ujar Mendag Budi Santoso.

    Namun demikian, Mendag Budi Santoso menyoroti bawang merah yang harganya sedikit naik. Ia pun menegaskan akan berkoordinasi dengan distributor untuk menurunkan harga bawang merah sesuai harga acuan

    Perbesar

    “Kenaikan harga bawang merah karena pasokan berkurang dan cuaca sedang kurang bagus, sehingga pengiriman tertunda. Kami sedang berkoordinasi dengan distributor. Selain itu, sebentar lagi akan ada panen raya, sehingga bawang merah bisa segera didistribusikan ke daerah,” jelas Mendag Budi Santoso.

    Berdasarkan pantauan, beras medium dijual dengan harga Rp13.500/kg, beras premium Rp14.500/kg, beras medium Bulog Rp12.500/kg, gula pasir Rp18.000/kg, minyak goreng curah Rp18.000/liter, MINYAKITA Rp15.700/liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp22.000/liter.

    Kemudian, daging sapi Rp125.000/kg, daging ayam ras Rp38.000/kg, telur ayam ras Rp30.000/kg, bawang merah Rp48.000/kg, tepung terigu Rp11.000/kg, cabai merah keriting Rp33.000/kg, cabai rawit merah Rp35.000/kg, serta bawang putih honan Rp46.000/kg.

    “Jadi, secara umum, harga beras, telur, daging ayam, daging sapi, gula pasir, dan berbagai komoditas lainnya masih normal sesuai harga acuan,” imbuh Mendag Budi Santoso.

    Turut mendampingi Mendag Budi Santoso dalam kunjungan kerja hari ini, yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Moga Simatupang.

    Kunjungi Gudang Distributor Minyak Goreng

    Mendag Budi Santoso juga mengunjungi gudang distributor minyak goreng CV Cahaya Nabati. Kunjungan ini untuk memastikan keamanan pasokan minyak goreng merek MINYAKITA agar harganya di Manado tetap terjaga dengan baik.

    “Persediaan MINYAKITA kondisinya aman dan pasokan terus berjalan. Permintaan dari pengecer juga berjalan lancar dan mendapat pasokan setiap hari. Kami bersama dinas terkait terus memantau ketersediaan bapok jelang Nataru,” kata Mendag Budi Santoso.

    CV Cahaya Nabati merupakan salah satu penyalur MINYAKITA yang berstatus sebagai distributor kedua (D2) dalam program Minyak Goreng Rakyat (MGR). Perusahaan ini mendapatkan jumlah pasokan MINYAKITA terbanyak di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado.

    Hadiri Gerakan Pangan Murah di Manado

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Mendag Budi Santoso juga menghadiri Gerakan Pangan Murah (GPM) di Lapangan Tikala Sparta, Manado. Mendag Budi Santoso menyampaikan, GPM akan memperkuat program penyediaan pangan berkualitas yang terjangkau bagi seluruh masyarakat.

    “Setelah dari Pasar Bersehati untuk memantau harga bapok secara langsung, saat ini kami bersama Badan Pangan Nasional menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah. Kegiatan kali ini bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita, dalam hal ini di Manado, memperlancar perayaan Nataru,” kata Mendag Budi Santoso.

    Mendag Budi Santoso menyebutkan, GPM merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat. “GPM di Manado menjadi salah satu upaya untuk membantu masyarakat meningkatkan daya beli dalam mempersiapkan Nataru. Sehingga, saudara- saudara kita di Manado dapat merayakan Nataru dengan tenang tanpa ada gejolak harga,” tambahnya.

    Dalam GPM di Manado, minyak goreng dijual dengan harga Rp11.500/liter, gula pasir Rp11.900/kg, beras premium Rp46.000 per 5 kilogram, beras Stabisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Rp58.000 per 5 kilogram, dan telur Rp28.000/kg. Selain itu, dijual juga beberapa komoditas pertanian seperti bawang merah dengan harga Rp44.000/kg, bawang Putih Rp38.000/kg, serta tomat Rp8.000/kg.

  • Transaksi Harbolnas 2024 Ditargetkan Capai Rp40 Triliun

    Transaksi Harbolnas 2024 Ditargetkan Capai Rp40 Triliun

    ERA.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso optimistis nilai transaksi pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 akan mencapai Rp40 triliun.

    Menurut Budi, angka ini akan mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun lalu, yang mencapai Rp25,7 triliun.

    “Pada pelaksanaan Harbolnas tahun ini, kami berharap transaksi bisa mencapai Rp40 triliun sesuai target yang disampaikan oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), tahun lalu, nilai transaksinya mencapai Rp25,7 triliun. Kami optimistis target akan tercapai selama pelaksanaan Harbolnas 2024,” ujar Budi dalam keterangan dikutip di Bali, Jumat (13/12/2024).

    Nilai transaksi Harbolnas terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, nilai transaksi pada 2023 yang sebesar Rp25,7 triliun merupakan peningkatan sebesar 182 persen bila dibandingkan dengan pelaksanaan Harbolnas perdana pada 2019.

    Transaksi produk lokal berkontribusi sebesar Rp12,3 triliun, atau 48,1 persen dari total nilai transaksi Harbolnas 2023.

    Budi mengatakan, produk lokal adalah cerminan kreativitas dan semangat dari para pelaku usaha tanah air yang turut berkontribusi pada perekonomian dalam negeri.

    Di sisi lain, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar delapan persen pada 2028-2029, perlu kerja sama erat berbagai pihak.

    “Mari bersama-sama membantu produk lokal semakin maju dengan memakai produk sendiri,” kata Mendag.

    Ia juga menyampaikan, niaga elektronik menjadi itu salah satu cara memperkenalkan produk dalam negeri, merupakan titik temu penjual dengan pembeli, serta memperkuat penjenamaan (branding).

    Dalam hal ini, Budi menekankan, produk lokal perlu dikemas sedemikian rupa agar kualitas barangnya tidak kalah dengan produk asing.

    Lebih lanjut, pasar dalam negeri yang besar harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh produk-produk dari negeri sendiri. Ia pun mengajak lebih banyak pelaku UMKM untuk memaksimalkan promosi dan perluasan pasar domestik melalui platform niaga elektronik.

    Pemanfaatan teknologi digital dapat berperan untuk menjaga kesetiaan pembeli terhadap produk UMKM. Konsistensi yang terbangun dari pembeli produk lokal yang loyal ini, menurutnya, juga dapat berperan melindungi pasar dalam negeri.

    “Ketika konsumen sudah mengenal produk Indonesia, kemudian menggunakannya, dan ternyata testimoninya bagus, terbentuklah suatu cara melindungi pasar dalam negeri secara sukarela. Model ini bisa membantu melindungi pasar dalam negeri dari banyaknya produk asing,” ujarnya. (Ant)

  • Harga MinyaKita naik akibat rantai distribusi terlalu panjang

    Harga MinyaKita naik akibat rantai distribusi terlalu panjang

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Harga MinyaKita naik akibat rantai distribusi terlalu panjang
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 13 Desember 2024 – 15:11 WIB

    Elshinta.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan kenaikan harga minyak goreng rakyat atau MinyaKita yang menembus harga Rp17.000 per liter disebabkan karena rantai distribusi yang terlalu panjang, sehingga harga yang sampai ke konsumen menjadi lebih tinggi.

    Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Rusmin Amin mengatakan dengan distribusi yang panjang, tidak menutup kemungkinan adanya transaksi di antara pengecer, sehingga harga jual di masyarakat menjadi lebih tinggi.

    “Jadi kalau kami lihat terlalu banyak perpindahan tangan. Jadi kenaikan harga itu yang pada akhirnya di konsumen tidak Rp15.700 sebagai harga eceran tertinggi (HET),” kata Rusmin di Bandung, Jumat (13/12). 

    Rusmin mengidentifikasi bahwa harga di tingkat distributor utama (D1 dan D2) masih sesuai HET. Namun, harga naik signifikan saat melewati pengecer dan grosir.

    Menurut dia, banyak pengecer menjual kembali minyak ke pengecer lain atau grosir sebelum sampai ke konsumen akhir.

    “Maka harga nilai di konsumen ya pastilah jadi naik tidak sesuai dengan HET nya. Ini satu model distribusi yang kami pelajari,” katanya.

    Selain masalah distribusi, Kemendag mencatat lonjakan permintaan terhadap MinyaKita sebagai salah satu penyebab kenaikan harga. Banyak konsumen beralih dari minyak jenis lain ke MinyaKita, terutama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

    “Untuk MinyaKita ini trennya lebih besar permintaannya dibandingkan minyak-minyak lainnya. Artinya memang ada semacam migrasi, jadi pasti yang namanya harga pasti akan jadi naik. Jadi hukum pasar,” kata dia.

    Meski begitu, Rusmin memastikan untuk stok MinyaKita tidak mengalami kelangkaan, begitu juga dengan minyak goreng kemasan premium dan minyak curah yang bisa didapatkan di pasar dengan mudah.

    “Kalau kita lihat dari sisi produksi ataupun dari sisi stok secara nasional sebetulnya tidak ada masalah dan kita juga lihat di pasar langsung MinyaKita sendiri seluruhnya aman, cuma masalahnya dari sisi harga saja,” katanya.

    Lebih lanjut, ia mengatakan Kemendag berkomitmen untuk terus mengevaluasi kebijakan distribusi dan harga dan pengawasan juga akan diperketat untuk memastikan konsumen dapat membeli MinyaKita sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

    “Sebenarnya kami sendiri sudah melakukan sosialisasi dalam rangka menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru ini. Kami ada beberapa kegiatan di Kemendag termasuk juga bagaimana menjaga stok ataupun juga menjaga harga yang ada di pasaran ini,” kata Rusmin.

    Sumber : Antara

  • Mendag Bidik Transaksi Harbolnas 2024 Capai Rp40 Triliun

    Mendag Bidik Transaksi Harbolnas 2024 Capai Rp40 Triliun

    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menargetkan jumlah transaksi pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun ini mencapai Rp40 triliun atau naik 16 persen dibanding tahun lalu. Harbolnas berlangsung selama tujuh hari, pada 10-16 Desember 2024.
     
    Dalam momen Harbolnas ini, Mendag Budi mendadak menjadi bintang saat tampil sebagai host live shopping pada sesi Spesial Harbolnas 12.12 yang disiarkan di Shopee Live pada Kamis  (12/12).
     
    Dalam rangkaian puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024, Mendag secara khusus menjadi host dengan menawarkan produk pakaian pria dari jenama lokal Kevas Co dan juga produk hijab dan khimar modern dari UMKM Sayra Official.
    Tampilnya Mendag dalam sesi live shopping menunjukkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan platform e-commerce dalam mempromosikan produk UMKM. Terlebih, produk yang dipromosikan Mendag, sudah menembus pasar ekspor di Shopee.
     
    Dalam kesempatan kali ini, Mendag Budi juga berbincang-bincang dalam sesi mini talkshow bersama dengan dua UMKM lokal yang produknya sudah semakin dikenal di kalangan masyarakat. Ia menjelaskan, sektor ini memiliki  peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.
     
    “Sektor UMKM ini jadi tulang punggung perekonomian nasional, menyerap hampir 97 persen atau sekitar 117 juta dari total tenaga kerja di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Mas Kevin dengan Kevas  Co, yang sukses menembus pasar ekspor dengan produk-produknya yang berkualitas,” ujar Mendag Budi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 13 Desember 2024.
     
    “Selain itu ada juga Ibu Surmiyati dengan Sayra yang berhasil memanfaatkan teknologi untuk terus bertumbuh. Harbolnas 2024 ini tujuannya adalah mendukung brand-brand lokal untuk memperkuat daya  saing dan memperluas jangkauan mereka, sehingga bisa mengikuti jejak-jejak Kevas dan Sayra,” sambungnya.
     

     

    Tebar promo spesial Harbolnas

    Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengungkapkan, sebagai platform e-commerce yang identik dengan kampanye tanggal kembar, Shopee meramaikan gelaran Harbolnas 2024 ini dengan sejumlah program dan promo menarik seperti diskon dan voucher spesial.
     
    Ragam promo tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan, sekaligus mendukung pertumbuhan pengusaha dan UMKM lokal.
     
    “Harbolnas selalu menjadi momen penting bagi Shopee untuk memberikan manfaat bagi semua pihak. Dengan menghadirkan promo menarik, kami ingin memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan  bagi pembeli, sekaligus mendorong pertumbuhan UMKM lokal,” tutur Christin.
     
    “Kami tentu berharap, Shopee bersama dengan seluruh penjual dan pembeli UMKM bisa membantu pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat sekaligus menggerakkan roda perekonomian nasional,” tambah Christin.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Harbolnas Kebahagiaan Sesaat Ketika Belanja Online

    Harbolnas Kebahagiaan Sesaat Ketika Belanja Online

    JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, kembali digelar. Toko-toko e-commerce serta platform belanja online juga telah menebar diskon, promo hingga cash back kepada penggunanya. 

    Hal ini kerap memunculkan perilaku belanja yang impulsif bagi calon konsumennya. Bukan hanya melihat diskonan yang berlimpah, tapi juga nominal cash back atau istilah modern yang merujuk pada pengembalian uang virtual dari nilai barang belanjaannya. 

    Dilansir dari Forbes, dalam sebuah penelitian yang dilakukan perusahaan digital marketing Razorfish di sejumlah negara, menunjukkan perilaku konsumtif orang saat membeli barang dari toko online. Hasilnya dari 1.680 orang yang ditanyai, memperlihatkan sikap bahagia, ketika mendapat notifikasi terkait penawaran tertentu. 

    ‘Digital dopamin’ demikian disebutkan, Michael Fishman ahli perilaku konsumen menyatakan bahwa psikologi konsumen diarahkan untuk melakukan pembelian barang saat melihat tawaran tertentu, tanpa memiliki alasan dan kebutuhan yang jelas.

    “Kebanyakan orang tidak dapat menjawab pertanyaan sederhana tentang mengapa mereka menginginkan hal-hal yang mereka tersebut,” kata Fishman seperti yang ditulis Forbes.

    Michael juga mengungkapkan, daya tarik hedonik dari tampilan situs belanja online dengan menampilkan promo-promo serta tawaran harga miring juga memancing perilaku konsumtif dari pembelinya. Candu negatif dari belanja online seperti inilah yang perlu diwaspadai, dengan cara membeli barang hanya sesuai kebutuhan saja.

    Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi juga mengimbau masyarakat agar tidak terjerat dengan perilaku konsumtif saat Harbolnas –11 November dan 12 Desember mendatang.

    Dia bilang, perilaku belanja berbasis daring (online) makin digandrungi masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda milenial. Harga yang lebih murah menjadi pertimbangan utama, apalagi masih diiming-imingi diskon, cash back, pay later, dan lainnya.

    “Pertama konsumen tetap harus mengedepankan perilaku belanja yang kritis dan rasional. Belanjalah berdasar pada kebutuhan bukan keinginan. Jangan terjerat bujuk rayu diskon, sebab banyak diskon hanyalah gimmick marketing alias diskon abal-abal,” ucapnya seperti dikutip dari keterangannya, Senin 11 November.

    Selain itu, Tulus mengingatkan supaya konsumen lebih mencermati segala bentuk diskon yang diberikan, termasuk jenis barang yang diberikan diskonnya. Jangan terjerat bujuk rayu diskon, sebab banyak diskon hanyalah gimmick marketing, alias diskon abal abal.

    “Jangan sampai konsumen dirugikan oleh transaksi belanja online dari market place yang tidak kredibel. Alih alih konsumen malah tertipu,” imbuhnya.

    Sebab, berdasarkan data pengaduan YLKI selama 5 tahun terakhir, pengaduan belanja online selalu menduduki rating tiga besar. “Dan ironisnya prosentase pengaduan tertinggi yang dialami konsumen adalah barang tidak sampai ke tangan konsumen. Artinya masih banyak persoalan dalam belanja online dalam hal perlindungan konsumen,” tambah dia.

    Karena itu, Tulus mendesak pemerintah supaya secara ketat mengawasi praktik belanja online, khususnya lewat Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Otoritas Jasa Keuangan hingga Badan POM. Sebabnya, fenomena belanja online yang menguat ironisnya justru tidak paralel dengan kuatnya pengawasan oleh pemerintah.

    Makin seru, makin asik mulai investasi di Bukalapak! Yuk, coba investasi dengan BukaReksa atau BukaEmas dan dapatkan diskon spesial 11% cuma di promo #As11k!

    Dijamin Bukalapak #BikinAsik bahkan sambil investasi! Klik https://t.co/3GKw7neUQx ya pic.twitter.com/k8U4Ip8IK7

    — Bukalapak (@bukalapak) November 11, 2019

    Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

    Melansir dari CNBC Indonesia, angka pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018 meningkatkan nilai transaksi yang luar biasa, mencapai Rp6,8 triliun. Nilai tersebut naik Rp 2,1 triliun dari nilai transaksi tahun lalu.

    “Untuk tahun ini kami telah meraup transaksi Rp6,8 triliun. Walaupun sebenarnya kami targetkan Rp 7 triliun tapi ini pun naik Rp2,1 triliun dari nilai transaksi tahun lalu,” ungkap Ketua Harbolnas 2018, sekaligus Country Head of Shopback Indonesia, Indra Yonathan pada 19 Desember tahun lalu.

    Dia menuturkan bahwa dari total Rp6,8 triliun tersebut 46% di antaranya disumbangkan produk lokal. Di mana nilai transaksi tersebut meraup Rp 3,1 triliun. Berdasarkan hasil riset lembaga riset pasar, Nielsen Indonesia nilai transaksi di platform e-commerce rata-rata meningkat 6,9 kali dibanding rata-rata harian.

    Adapun produk yang banyak diburu adalah fesyen, kecantikan dan travel. Untuk produk lokal, produk fesyen dan baju keluarga menjadi primadona yakni sebesar 56 persen dan diikuti produk kecantikan sekitar 26 persen dan elektronik 16%. 

  • Momen Harbolnas saat Daya Beli Turun, Asosiasi Tetap Optimistis

    Momen Harbolnas saat Daya Beli Turun, Asosiasi Tetap Optimistis

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) melihat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 masih disambut positif oleh konsumen di tengah penurunan daya beli. Di sisi lain, pemain e-commerce juga mengalami tantangan tersendiri atas kondisi ini.

    Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto mengakui penurunan daya beli pada 2024 telah memberikan tantangan bagi sektor e-commerce, terutama pemain lokapasar atau marketplace.

    Namun, Hilmi menyebut dengan adanya promosi hingga kampanye pemasaran dan kolaborasi, para pelaku e-commerce masih akan bisa memanfaatkan momen Harbolnas 2024 dengan baik.

    Menurut laporan dari ECDB (ecommerce database), Indonesia diprediksi mengalami pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia pada 2024, dengan laju mencapai 30,5%. Angkanya jauh di atas rata-rata pertumbuhan global yang diperkirakan hanya 10,4%.

    “Karena itulah, kami masih optimistis bahwa sektor e-commerce, khususnya lokapasar, masih bisa berkontribusi secara signifikan terhadap Produksi Domestik Bruto [PDB] Indonesia pada 2024,” kata Hilmi kepada Bisnis, Jumat (13/12/2024).

    Selain itu, Hilmi menyampaikan bahwa e-commerce lokapasar akan terus memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan perekonomian nasional Indonesia. 

    Dia memandang bahwa daya beli masyarakat terdiri dari kemampuan dan kemauan membeli. Hal ini mengingat ada beragam promosi, baik dari penjual, platform lokapasar maupun mitra pembayaran.

    “Konsumen masih akan memanfaatkan momen Harbolnas 2024 untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka perlukan atau butuhkan,” ujarnya.

    Apalagi, tambah Hilmi, Harbolnas masih menjadi program yang sangat diminati konsumen dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini sejalan dengan promosi dan penawaran yang diberikan lokapasar terhadap konsumen.

    “Seiring dengan banyaknya program menarik, selain produk dan jasa harbolnas kali ini ditargetkan juga untuk menaikan transaksi dalam pariwisata sesuai dengan minat masyarakat,” katanya.

    Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso memprediksi nilai transaksi di e-commerce bakal meningkat, seiring dengan daya beli masyarakat yang mulai terungkit.

    “Kami prediksi [transaksi harbolnas 2024] akan meningkat transaksinya. Karena kita sudah memprediksi bahwa daya beli masyarakat sudah mulai berubah naik,” kata Budi saat ditemui di Tokopedia Tower, Jakarta, Kamis (12/12/2024).

    Budi mengungkap total nilai transaksi Harbolnas pada 2023 mencapai Rp25,7 triliun. Angkanya meningkat 182% dari penyelenggaraan Harbolnas pertama pada 2019 silam. Adapun, kontribusi transaksi produk lokal adalah Rp12 triliun, atau 48% dari total nilai transaksi Harbolnas.

    “Kita selama enam hari [harbolnas 2024], harapan kita jika tahun lalu total nilai transaksi harbolnas Rp25,7 triliun, maka diharapkan tahun ini bisa naik menjadi Rp40 triliun, dan ini sudah terlihat,” ujarnya.

    Namun, Budi tak menampik akan adanya penurunan daya beli masyarakat sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    “Mereka mungkin kemarin ketika belum dekat dengan Nataru mungkin agak berkurang [daya beli]. Tapi sekarang setelah dekat dengan Nataru, ini kan sudah terbukti ternyata peningkatannya juga signifikan,” ujarnya.

    Kemendag mencatat, nilai transaksi e-commerce pada 2023 mencapai Rp453 triliun. Adapun, pada 2024 diproyeksi akan naik menjadi Rp487 triliun.

    Jika dibandingkan tahun lalu, Kemendag mencatat Harbolnas pada 2024 telah meningkatkan jumlah pengguna di platform e-commerce. Di mana, pengguna platform e-commerce Indonesia naik 11% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari 58,6 juta pengguna pada 2023 menjadi 65,65 juta pengguna pada tahun ini.

    Apalagi, Budi menyebut kehadiran platform e-commerce sangat membantu para pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan membantu penjualan produk lokal ke konsumen. Serta, menjadi siasat pemerintah untuk mengurangi produk impor.

    “Sehingga e-commerce ini salah satu tujuan juga untuk membranding produk-produk lokal bahwa barang kita nggak kalah dengan produk asing. Barang kita bagus, harga murah, kualitas bagus,” tutupnya.