Kementrian Lembaga: BNSP

  • Banyak Orang RI yang Belum Punya Sertifikasi Kerja

    Banyak Orang RI yang Belum Punya Sertifikasi Kerja

    Jakarta

    Pekerja-pekerja di Indonesia disebut belum banyak memiliki sertifikasi kerja. Menurut data Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) selama 5 tahun terakhir hanya ada 5,1 juta orang pekerja yang memiliki sertifikasi.

    Kepala BNSP Syamsi Hari mengatakan jumlah pekerja yang tersertifikasi berbanding terbalik dengan jumlah angkatan kerja yang. Hingga 2025 ada total 153 jutaan tenaga kerja, baru 5 jutaan saja yang pekerja yang memiliki sertifikasi.

    “Kami gambarkan bapak ibu, untuk sertifikasi kompetensi ketenagakerjaan ini berbanding terbalik jauhnya. Selama 5 tahun ini hanya 5.105.250 orang tapi berbanding terbalik dengan angkatan kerja senilai 153 jutaan,” beber Syamsi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (2/7/2025).

    Per 2025 saja baru ada 700 ribu orang pekerja saja yang tersertifikasi, targetnya sendiri hanya 1,2 juta pekerja saja yang bisa mendapatkan sertifikasi tahun ini. Meskipun total angkatan kerja mencapai 5,1 juta orang.

    Syamsi menjelaskan ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam sertifikasi kerja masyarakat. Pertama, belum ada ketersediaan standar kompetensi dan okupansi nasional.

    Kemudian, pengakuan sistem sertifikasi juga belum menyeluruh di Indonesia. Belum banyak perusahaan yang mewajibkan sertifikasi sebagai syarat penting untuk seleksi atau promosi jabatan.

    “Pengakuan sistem sertifikasi belum menyeluruh. Di tengah masyarakat utamanya industri belum mengakui adanya sertifikasi tersebut. Baru beberapa perusahaan saja yang akui sertifikasi untuk seleksi dan promosi jabatan,” beber Syamsi.

    Di sisi lain, belum banyak juga pendidikan dan pelatihan di Indonesia, khususnya yang dasarnya vokasi, belum banyak yang terintegrasi dengan sertifikasi kerja.

    Terakhir, penjaminan mutu sertifikasi di Indonesia juga masih lemah. Masih terdapat praktik pelaksanaan sertifikasi yang belum sesuai prosedur sehingga sertifikat tidak bisa diakui banyak pihak.

    (kil/kil)

  • Lowongan Kerja BUMN Terbaru, Lulusan SMA Bisa Daftar!

    Lowongan Kerja BUMN Terbaru, Lulusan SMA Bisa Daftar!

    Jakarta

    Sejumlah perusahaan pelat merah (Badan Usaha Milik Negara/BUMN) atau entitas anak usahanya tengah membuka lowongan pekerjaan (loker). Lowongan ini ada yang dibuka untuk lulusan SMA!

    Lowongan ini dibuka oleh BUMN atau anak usahanya yang bergerak di berbagai sektor seperti perbankan, transportasi, energi, logistik dan lain sebagainya. Sementara posisi yang dibuka jauh lebih bermacam-macam lagi.

    Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut sejumlah lowongan kerja BUMN terbaru yang bisa coba dilamar:

    1. Perum DAMRI

    Dalam akun Instagram resmi Perum DAMRI (@damriindonesia) dikatakan BUMN bidang transportasi itu tengah membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA/sederajat sebagai Pengemudi Bus.

    Kualifikasi:
    – Pendidikan minimal SMA/SMK atau pendidikan setara lainnya;
    – Usia maksimal 35 tahun;
    – Memiliki SIM BI Umum atau BII Umum;
    – Memiliki pengalaman mengemudikan armada bus;
    – Bersedia ditempatkan di Perum DAMRI Cabang Makassar;
    – Memiliki profesionalisme dan integritas dalam bekerja;
    – Memiliki Sertifikat BNSP Pengemudi menjadi nilai tambah.

    Berkas Admistrasi:
    – CV Terbaru;
    – Pas Foto terbaru;
    – Ijazah dan Transkrip nilai pendidikan terakhir;
    – KTP;
    – Kartu Keluarga;
    – SIM BI Umum atau BII Umum (yang berlaku);
    – Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
    – Surat Pengalaman Kerja/Paklaring;
    – Surat Keterangan Sehat;

    Dalam unggahan DAMRI pada Senin (30/6) itu tidak dijelaskan sampai kapan lowongan kerja ini dibuka. Namun bagi kamu yang berminat bisa langsung mendaftar secara online melalui link https://bit.ly/RegistrasiPengemudi-PerumDAMRI.

    2. PT Freeport Indonesia

    Dalam situs resminya, anak usaha Mind ID ini tengah membuka dua lowongan kerja, yakni ‘Management Information System – Senior Engineer, Data Center Infra.’ dan ‘Operation Readiness – Analyst, Supply Chain Logistics’.

    Namun ketiga posisi ini dibuka untuk mereka minimal lulusan sarjana (S1) dan sudah berpengalaman di bidang tersebut. Sebagai contoh, berikut kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi Smelter Operation Readiness – Senior Marketing Analyst

    – Memiliki gelar Sarjana di bidang Logistik, Rantai Pasokan, Teknik Industri, Manajemen Maritim atau Bisnis, TI/Ilmu Komputer, Statistik atau yang setara.
    – Memiliki minimal 3 tahun pengalaman kerja di bidang yang relevan.
    – Pengalaman dalam analisis data dan penggunaan perangkat lunak terkait logistik, seperti sistem manajemen transportasi (TMS) dan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yaitu SAP, S4/Hana, Ellipse, dan lain-lain.
    – Memiliki pengetahuan tentang praktik dan prinsip terbaik manajemen logistik dan rantai pasokan
    – Memiliki pengetahuan Pergudangan dan Pengiriman
    – Manajemen Kontrak
    – Analisis dan visualisasi data
    – Standar dan peraturan Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan
    – Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang sangat baik
    – Keterampilan manajemen proyek dengan kemampuan untuk mengelola beberapa proyek dan prioritas secara bersamaan
    – AI/Pembelajaran Mesin
    – Analisis Big Data
    – Ilmu Data
    – Bahasa Inggris yang fasih baik lisan maupun tulisan.
    – Kecerdasan Data SAP dan Business Objects
    – Sistem MS Office
    – Microsoft Sharepoint
    – Microsoft Project
    – Power BI atau Alat BI lainnya (Tableau)
    – Kueri SQL
    – Bahasa Pemrograman untuk Analisis Data (R, Phyton)

    Lowongan ini dibuka hingga 12 Juli 2025 mendatang. Jika berminat segera kunjungi situs resmi perusahaan di laman https://ptfi.co.id/id/karir?kat=

    3. Bank Mandiri

    PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tengah membuka sejumlah lowongan pekerjaan. Lowongan ini dapat dilihat dalam situs resmi perusahaan. Namun saat posisi yang tersedia di klik, detail lowongan kerja akan diarahkan ke situs https://jobs.talentics.id.

    Secara keseluruhan terdapat 14 lowongan kerja yang tersedia. Ada lowongan yang dibuka sampai hari ini saja, Selasa (1/7), hingga paling lambat hingga 1 Desember 2025.

    Sebagai contoh ada lowongan untuk posisi Relationship Manager Private Banking yang dibuka sampai 31 Juli 2025. Adapun kriteria yang dicari adalah

    – Usia maksimal 40 tahun.
    – Memiliki gelar Sarjana Ekonomi, Manajemen, Keuangan atau bidang terkait. Gelar Magister merupakan nilai tambah.
    – Memiliki minimal 8 tahun pengalaman di bidang perbankan.
    – Pengalaman sebagai relationship management atau private banking minimal 5 tahun.
    – Sertifikasi yang Diperlukan: WAPERD, AAJI, CFP, Certified Wealth Management, Internal Investment Certification (IIC)
    – Memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mencapai target penjualan dan klien HNWI.
    – Pemahaman mendalam tentang produk investasi (produk investasi (reksa dana, obligasi, saham, produk asuransi terkait investasi, dll.) dan pasar modal.
    – Keterampilan analisis keuangan yang kuat dan pemikiran strategis.
    – Memiliki sertifikasi pasar modal (WPPE/WMI) akan menjadi keuntungan.
    – Keterampilan komunikasi, negosiasi, dan presentasi yang sangat baik
    – Jaringan yang luas di segmen klien dengan kekayaan bersih tinggi.
    – Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim.
    – Berorientasi pada target dan hasil

    4. PT Paguntaka Cahaya Nusantara (Anak Usaha di PLN Group)

    PT Paguntaka Cahaya Nusantara adalah anak perusahaan dari PT PLN Nusa Daya, dimana PT PLN Nusa Daya sendiri adalah anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang O&M Pembangkit, Transmisi, Distribusi dan Pelayanan Pelanggan di Indonesia Tengah dan Timur.

    Dalam situs resminya, anak usaha PLN ini tengah membuka lowongan untuk tiga posisi. Salah satunya ada posisi sebagai pekerja satuan pengamanan tugas kerja PT Samator Depo. Lowongan ini dibuka hanya sampai 2 Juni 2025.

    – Pria
    – Usia maksimal 30 tahun
    – Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat
    – Memiliki sertifikat Gada Pratama
    – Berbadan sehat dan tidak pernah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang lainnya
    – Wajib memiliki NPWP
    – Sehat jasmani dan rohani
    – Rapi, pekerja keras, jujur, teliti, bertanggung jawab dan berpenampilan menarik

    Persyaratan Lainnya :
    – Tidak dalam proses hukum dan atau status hukuman pidana
    – Tidak terikat hubungan kerja dengan perusahaan atau instansi lain
    – Bersedia ditempatkan diseluruh area kerja PT Paguntaka Cahaya Nusantara (Sesuai dengan lowongan kerja yang terbuka)

    Berkas Yang Perlu Dipersiapkan :
    – Scan Surat lamaran (PDF)
    – Scan CV (PDF)
    – Scan E-KTP (PDF)
    – Scan Kartu Keluarga (PDF)
    – Scan NPWP (Wajib) (PDF)
    – Scan Ijazah Pendidikan terakhir & Transkrip Nilai (PDF)
    – Scan SKCK (PDF)
    – Pas foto Latar Merah (JPEG/JPG/PNG)
    – Scan SIM A / SIM B (Untuk Pekerjaan Driver) (PDF)
    – Scan Sertifikat keahlian (Untuk Pekerjaan Teknik) (PDF)

    Tonton juga “Penipuan Loker di Padang, Korban Diminta Setor Rp 500 Ribu-5 Juta” di sini:

    (igo/fdl)

  • BI Kantor Perwakilan Kalsel gelar pelatihan dan sertifikasi public speaking

    BI Kantor Perwakilan Kalsel gelar pelatihan dan sertifikasi public speaking

    Sumber foto: Syahri Ruslan/elshinta.com.

    BI Kantor Perwakilan Kalsel gelar pelatihan dan sertifikasi public speaking
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 01 Juli 2025 – 17:11 WIB

    Elshinta.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) menggelar acara Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Public Speaking. Kegiatan yang berlangsung di Aeris Hotel Banjarbaru ini diikuti oleh lebih dari 60 peserta yang terdiri atas pegawai BI dan wartawan anggota Forum Jurnalis Ekonomi Banua.

    Pelatihan berlangsung selama tiga hari dan bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, terutama bagi para jurnalis sebagai penyampai informasi publik, Selasa (1/7/2025) bertempat di Kota Banjarbaru.

    Acara dibuka langsung Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Fadjar Majardi, menyampaikan, setelah Minggu lalu kita kumpul di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dilanjutkan ke lokasi Wisata Loksado.

    “Acara kedua dilanjutkan pelatihan dan sertifikat BNSP Public Speaking, belajar menyampaikan secara lisan untuk mengikuti perubahan zaman Media Sosial (Medsos),” ujar Fadjar.

    Fadjar Majardi menambahkan, public speaking untuk belajar lebih percaya diri, berbicara tidak untuk didengar tapi menarik.

    “Public Speaking bukan bagian dari bakat tapi keterampilan yang didapat dari pengalaman, materi disiapkan langsung dipraktekkan bagaimana berbicara didepan umum,” pungkas Fadjar seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Syahri Ruslan, Selasa (1/7).

    Sumber : Radio Elshinta

  • SPSL berupaya tingkatan kualitas pendidikan melalui program TJSL

    SPSL berupaya tingkatan kualitas pendidikan melalui program TJSL

    Kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencetak Generasi Emas Indonesia yang tidak hanya tangguh, tetapi juga berdaya saing tinggi

    Jakarta (ANTARA) – PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) terus menunjukkan keterlibatannya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

    Program ini menjadi bagian dari dukungan SPSL terhadap agenda pembangunan nasional, khususnya Astacita ke-4 yakni memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing global.

    Direktur Keuangan, SDM, & Manajemen Risiko SPSL Herman Susilo menjelaskan seluruh program ini dirancang sebagai bentuk tanggung jawab sosial, dan menjadi bagian strategis dalam menyiapkan SDM masa depan.

    “Kami percaya bahwa pendidikan adalah fondasi utama untuk menciptakan generasi muda tangguh dan kompetitif. SPSL hadir untuk menjembatani akses, meningkatkan relevansi, dan mendukung tumbuhnya kompetensi yang dibutuhkan industri ke depan,” kata Herman seperti dikutip siaran pers perusahaan di Jakarta, Jumat.

    Dijelaskan, program-program TJSL SPSL ini berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan SDGs ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas (Quality Education).

    Sejak berdirinya, serangkaian program telah diinisiasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

    Program tidak hanya berupa bantuan biaya pendidikan, tetapi juga peningkatan kapasitas dan penyediaan sarana pendukung dan penyelenggaraan acara sharing session kepada para siswa sekolah menengah.

    Dikatakan, SPSL memberikan Paket B gratis bagi 30 penerima manfaat untuk mendorong pemerataan akses pendidikan setara SMP bagi masyarakat yang belum menyelesaikan pendidikan formal yang berdomisili di sekitar wilayah kerja perusahaan, di Kelurahan Kalibaru.

    Selanjutnya, pelatihan soft skill dan sertifikasi kompetensi berbasis BNSP juga diberikan secara gratis guna meningkatkan kesiapan angkatan kerja muda menghadapi dunia kerja yang kompetitif.

    Dalam melaksanakan program, katanya, SPSL juga berkolaborasi dengan institusi pendidikan agar program yang dilakukan dapat memberi dampak yang maksimal.

    SPSL menggandeng Program Studi Teknik Kelautan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan program Beasiswa Pelindo Juara.

    Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi yang sedang melakukan penulisan tugas akhir yang terkait dengan bisnis perusahaan.

    Upaya peningkatan kualitas pendidikan vokasi juga dilakukan melalui pemberian alat penunjang pendidikan berupa dental unit portable dan meja bur portable kepada Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang.

    Fasilitas ini akan digunakan dalam pelaksanaan ujian akhir berbasis Objective Structured Clinical Examination (OSCE) guna mendukung pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi industri kesehatan.

    SPSL juga turut mengambil peran aktif dalam menumbuhkan minat dan wawasan generasi muda terhadap peran BUMN di sektor logistik dan pelabuhan melalui program “Pelindo Mengajar”.

    Dalam kegiatan ini, siswa SMA diperkenalkan pada konsep ESG (Environmental, Social, and Governance) serta praktik keberlanjutan perusahaan, termasuk pengelolaan limbah botol plastik melalui vending machine yang hasil olahannya dikonversi menjadi produk pakai yang bermanfaat.

    Muhammad Dawud Septiawan, selaku salah satu penerima beasiswa, juga menyampaikan apresiasinya kepada SPSL atas Program Beasiswa Pelindo Juara.

    “Semoga output dari program beasiswa ini bisa bermanfaat umumnya bagi maritim di Indonesia dan SPSL pada khususnya, dan semoga ini menjadi gerbang awal untuk kita ke depan lebih berprestasi, terampil, dan dapat bersaing di dunia kerja,” ujar Dawud.

    Hal senada juga disampaikan Rosikin, salah satu peserta pelatihan yang saat ini telah menerima sertifikat kelulusan pelatihan soft skill dan sertifikasi BNSP.

    “Program ini sangat bermanfaat untuk bekal kami dalam memasuki dunia kerja. Alhamdulillah saat ini saya telah mendapatkan pekerjaan. Saya berharap ke depannya semoga program ini akan terus ada dan semoga saudara-saudara kami yang membutuhkan juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Rosikin.

    Pada 2025, SPSL juga berkomitmen untuk melanjutkan dan memperluas implementasi berbagai program pendidikan yang dapat memberikan dampak langsung kepada penerima manfaat.

    Serangkaian program ini diarahkan untuk meningkatkan literasi, membangun motivasi serta mencetak generasi muda yang adaptif dan siap menghadapi tantangan masa depan.

    Sebagai subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo, SPSL juga terus berupaya untuk menjalankan amanat dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan.

    “Melalui berbagai program TJSL yang kami implementasikan, kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencetak Generasi Emas Indonesia yang tidak hanya tangguh, tetapi juga berdaya saing tinggi,” kata Herman.

    Pewarta: Ahmad Buchori
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • 5 Jurus Pemprov Lampung Membangun Pertumbuhan Ekonomi dari Desa

    5 Jurus Pemprov Lampung Membangun Pertumbuhan Ekonomi dari Desa

    Rahmat mengatakan, konsep pelatihannya pun tidak main-main, yakni menggunakan pendekatan Mobile Training Unit (MTU), dengan menghadirkan proses pembelajaran langsung di tingkat desa, menjadikannya lebih inklusif dan menjangkau lapisan masyarakat yang selama ini sulit mengakses pelatihan konvensional.

    Total akan ada 6 materi kejuruan yang disesuaikan dengan potensi lokal masing-masing desa dan kelurahan dengan fokus pada bidang pertanian dan kewirausahaan. Program pelatihan Gercep ini sendiri akan dimulai pada Juni-November 2025 dengan durasi pelatihan berbeda untuk masing-masing kejuruan.

    “Tahun ini, pelatihan vokasi akan dilaksanakan sebanyak 60 kelas di tingkat desa, yang tersebar di hampir seluruh kabupaten di Lampung,” katanya.

    Dengan kapasitas 16 peserta per kelas, gerakan ini akan memberdayakan sebanyak 960 masyarakat desa di Lampung, yang berkesinambungan dengan 4 PHTC lainnya. Peserta pelatihan Gercep nantinya disiapkan untuk bisa bekerja merawat mesin bed dryer, mengelola hibah Pupuk Organik Cair (POC), bekerja di UMKM lokal dan bahkan menciptakan usaha baru yang membuka lapangan kerja di desa.

    “Dengan keahlian ini, peserta juga berpeluang dan berkontribusi langsung pada penguatan ekonomi desa,” ungkap Rahmat.

    Tak hanya keterampilan teknis, peserta pelatihan Gercep juga akan dibekali dengan pola pikir inovatif melalui pendekatan Design Thinking dan strategi kewirausahaan. Tujuannya adalah agar masyarakat desa mampu mengembangkan potensi desanya secara mandiri dan berkelanjutan.

    Tak hanya itu, peserta pelatihan juga berkesempatan memperoleh sertifikasi profesi yang terlisensi resmi dari Badan Nasional Sertifi kasi Profesi (BNSP).

    “Saya berharap Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) ‘Bersama Desaku Maju Menuju Lampung Emas’ ini, akan mampu menguatkan peran masyarakat desa dalam pembangunan daerah, mendorong optimalisasi potensi lokal, serta membentuk sumber daya manusia yang terampil dan berdaya saing, sehingga pembangunan tidak lagi terpusat di kota, tapi juga tumbuh dari desa,” katanya.

  • Ciptakan Akses Pekerjaan, Puluhan Disabilitas Banyuwangi Dapatkan Latihan Pertukangan

    Ciptakan Akses Pekerjaan, Puluhan Disabilitas Banyuwangi Dapatkan Latihan Pertukangan

    Banyuwangi (beritajatim.com) – Kabupaten Banyuwangi terus menunjukkan komitmen menciptakan lingkungan inklusif bagi penyandang disabilitas. Salah satu upayanya dengan membuka akses kerja bagi disabilitas lewat pelatihan pertukangan yang dirancang khusus untuk mereka.

    Bupati Ipuk Fiestiandani mengaku, di tengah dominasi tenaga kerja non-disabilitas dalam sektor konstruksi, pelatihan pertukangan bagi penyandang disabilitas yang diadakan di Banyuwangi menjadi langkah nyata menuju inklusi.

    “Kami berharap program ini bukan sekadar perkara pelatihannya, namun menjadi tonggak bagi kita semua untuk berkomitmen terus membuka diri sebagai ruang yang setara bagi semua, tanpa terkecuali,” kata Ipuk, Kamis (8/5/2025).

    Sebelumnya, sebanyak 20 disabilitas daksa dan rungu telah mengikuti pelatihan keterampilan pertukangan selama empat hari 21- 24 April 2025. Pelatihan yang digelar di SMKN Glagah ini ditutup dengan uji sertifikasi kompetensi.

    Pelatihan ini merupakan bagian dari program Gender Equality and Social Inclusion in Infrastructure (GESIT) didukung oleh Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) dan diinisiasi oleh Persatuan Penyandang Disabilitas (PPDI) Banyuwangi.

    “Kami mengapresiasi dan mendukung penuh program seperti ini karena membuka peluang nyata bagi penyandang disabilitas untuk bekerja. Sertifikasi kompetensi yang mereka peroleh akan menjadi modal penting untuk bersaing secara profesional,” tuturnya.

    Menurutnya, pelatihan ini bukan hanya soal keterampilan teknis, tetapi juga membentuk paradigma baru bahwa pekerjaan konstruksi tidak lagi menjadi ranah eksklusif bagi kelompok non-disabilitas.

    “Ini merupakan wujud nyata inklusifitas, bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pekerjaan. Di Banyuwangi kami juga sudah memulainya sejak di level pendidikan,” ujar Ipuk.

    Lewat Program Agage Pintar (Ayo Cepat Pintar), semua jenjang pendidikan di Banyuwangi bisa menerima penyandang disabilitas di lingkungan sekitarnya.

    “Kami juga terus mendorong dunia usaha di Banyuwangi untuk menerima karyawan penyandang disabilitas. Bahkan, kami juga membuka jalur khusus penyandang disabilitas dalam formasi CPNS. Ini semata-mata untuk memberikan hak kesetaraan, agar para disabilitas bisa mendapatkan hak-hak nya dengan baik,” ujar Ipuk.

    Sementara itu Ketua pelaksana kegiatan dari PPDI Banyuwangi Umar Asmoro menambahkan, program pelatihan ini memberikan pelatihan Pertukangan, Perpipaan dan Sanitasi.

    “Materi yang disampaikan dalam pelatihan tukang bangunan ini meliputi pelaksanaan pemasangan bata dan kusen, pekerjaan plester dan acian, pekerjaan plumbing serta pengecatan, yang disesuaikan tingkat disabilitas para peserta,” kata Umar.

    Usai pelatihan para peserta menjalani uji kompetensi untuk menguji hasil teori dan praktek yang sebelumnya telah dijalani. Para peserta nantinya juga memperoleh Sertifikat BNSP dengan Jabatan Kerja (jabker) tertentu.

    “Dengan sertifikat ini akan meningkatkan daya saing dan kredibilitas pekerja,” pungkas Umar. [alr/aje]

  • Hari Buruh, Ini Rekomendasi Website Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi dalam Pekerjaan

    Hari Buruh, Ini Rekomendasi Website Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi dalam Pekerjaan

    Liputan6.com, Yogyakarta – Hari Buruh atau May Day diperingati secara global pada 1 Mei. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingatiya, mulai dari aksi turun ke jalan untuk memperjuangkan hak buruh maupun meningkatkan kompetensi dan skill melalui pelatihan.

    Saat ini, terdapat beberapa website pelatihan yang dapat membantu meningkatkan kompetensi dalam pekerjaan. Beberapa instansi pemerintahan juga telah membuat website khusus untuk memberikan informasi terkait pelatihan tertentu.

    Berikut beberapa rekomendasi website pelatihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam pekerjaan:

    1. Rumah Belajar Kemdikbud

    Laman Rumah Belajar dari Kemdikbud dapat diakses melalui laman belajar.kemdikbud.go.id. Portal ini dibuat untuk mempermudah insan pendidikan dalam mengakses konten-konten tentang pembelajaran secara daring.

    Laman ini tidak dipungut biaya dan hanya perlu mendaftar untuk bisa mengakses seluruh konten yang tersedia. Selain melalui website, portal ini juga bisa diakses melalui aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore.

    2. Skillhub

    Kementerian Ketenagakerjaan juga memiliki platform khusus untuk pelatihan kerja online gratis. Pengguna dapat mengaksesnya melalui laman skillhub.kemnaker.go.id.

    Selain untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja di Indonesia, platform ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di berbagai sektor. Beberapa jenis pelatihan yang tersedia mencakup berbagai kejuruan, seperti teknologi informasi, bisnis dan manajemen, pariwisata, otomotif, dan lainnya.

    Pelatihan ini dapat diakses oleh seluruh warga negara Indonesia, baik para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, maupun pekerja yang ingin meningkatkan kompetensinya. Platform yang merupakan bagian dari program SIAPkerja ini dapat diakses secara gratis.

    3. Sertihub

    Selain Skillhub, Kemnaker juga memiliki platform lain yang disebut Sertihub. Sama seperti Skillhub, platform ini juga merupakan bagian dari platform SIAPkerja.

    Sertihub menyediakan layanan sertifikasi ketenagakerjaan. Tujuannya untuk menjamin kualitas standar kompetensi setiap pelatihan. Dalam urusan sertifikasi, Sertihub bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

     

  • PPKD Jakut Buka Pelatihan Kerja Gratis Angkatan II dan Program MTU
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        29 April 2025

    PPKD Jakut Buka Pelatihan Kerja Gratis Angkatan II dan Program MTU Megapolitan 29 April 2025

    PPKD Jakut Buka Pelatihan Kerja Gratis Angkatan II dan Program MTU
    Penulis
    JAKARTA, KOMPAS.com – 
    Pusat
    Pelatihan Kerja
    Daerah (PPKD) Jakarta Utara resmi membuka pendaftaran Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Angkatan II serta Program Mobile Training Unit (MTU).
    Program ini diselenggarakan gratis dan ditujukan bagi warga DKI Jakarta yang ingin meningkatkan keterampilan kerja mereka di berbagai bidang.
    Pelatihan reguler akan diselenggarakan di
    PPKD Jakarta Utara
    dengan durasi berbeda-beda tergantung program yang dipilih:
    Setiap kelas akan diisi maksimal 20 orang (khusus Operator hanya 10 orang per kelas), guna menjaga kualitas pelatihan.
    Sementara itu, program MTU dirancang untuk menjangkau warga yang tidak bisa mengikuti pelatihan di kantor PPKD.
    Pelatihan dilakukan di wilayah tempat tinggal warga berdasarkan permohonan resmi.
    Surat permohonan harus mencantumkan lokasi pelatihan, jenis kejuruan yang diinginkan, dan minimal 10 calon peserta.
    Formulir dapat diunduh melalui bio Instagram @ppkdjakut dan diunggah kembali ke laman pendaftaran MTU.
    Syarat Pendaftaran Pelatihan PPKD Jakarta Utara
    Cara Daftar Pelatihan PPKD Jakarta Utara
    Pendaftaran untuk kedua program dibuka hingga 9 Mei 2025. Seleksi peserta dilakukan setelah batas waktu pendaftaran, meliputi seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara.
    Pendaftaran pelatihan PPKD Jakarta Utara dilakukan melalui link berikut:
    Bagi warga Jakarta yang ingin meningkatkan kemampuan kerja secara gratis dan profesional, dapat mengikuti peluang
    pelatihan kerja
    ini.
    Peserta akan mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk instruktur bersertifikasi BNSP, modul pelatihan, alat dan bahan praktik, makan siang dan snack, serta asuransi selama pelatihan.
    Tak hanya itu, sertifikat pelatihan dan sertifikat BNSP juga akan diberikan bagi peserta yang lulus.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Lowongan Kerja Pengemudi DAMRI 2025, Wanita Boleh Mendaftar!

    Lowongan Kerja Pengemudi DAMRI 2025, Wanita Boleh Mendaftar!

    PIKIRAN RAKYAT – Perusahaan Otobus (PO) legendaris Indonesia, DAMRI, kembali membuka pintu kesempatan karier yang menarik bagi para profesional di bidang transportasi.

    Kali ini, DAMRI secara resmi mengumumkan pembukaan lowongan kerja untuk posisi Pengemudi, dengan persyaratan yang inklusif bagi pelamar pria maupun wanita.

    Inisiatif ini tidak hanya membuka peluang kerja yang luas, tetapi juga mencerminkan komitmen DAMRI dalam menjunjung tinggi kesetaraan gender di dunia kerja.

    Pengumuman lowongan ini menjadi angin segar bagi ribuan pencari kerja di seluruh Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki keahlian mengemudikan kendaraan besar dan memiliki dedikasi tinggi terhadap keselamatan serta pelayanan prima.

    DAMRI, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor transportasi darat, menawarkan stabilitas karier dan kesempatan untuk berkontribusi dalam menghubungkan berbagai wilayah di Tanah Air.

    Kualifikasi Pelamar

    DAMRI menetapkan sejumlah kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para calon pengemudi. Menariknya, persyaratan ini secara eksplisit membuka peluang bagi kaum wanita untuk bergabung, sebuah langkah progresif dalam industri transportasi yang didominasi oleh kaum pria. Berikut adalah kualifikasi lengkap yang dibutuhkan:

    1. Pria atau wanita, usia maksimal 40 tahun

    2. Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat

    3. Berpengalaman mengemudikan kendaraan besar seperti bus atau truk

    4. Mampu mengemudi dengan aman, disiplin, dan bertanggungjawab

    5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari narkoba

    6. Bersedia ditempatkan di seluruh Kantor Cabang DAMRI di Indonesia

    7. Memiliki profesionalisme, integritas, dan etika kerja yang baik

    8. Bersedia mengikuti seluruh proses seleksi dan pelatihan

    9. Memiliki Sertifikat BNSP Pengemudi menjadi nilai tambah

    Ilustrasi bus Damri ke Stadion Si Jalak Harupat, kita bisa menaikinya untuk menonton Persib vs Persija di BRI Liga 1. Instagram @damriindonesia

    Berkas Administrasi

    Bagi para calon pelamar yang memenuhi kualifikasi di atas, DAMRI juga mensyaratkan sejumlah berkas administrasi yang harus dilengkapi.

    Kelengkapan berkas ini akan menjadi salah satu penilaian awal dalam proses seleksi. Berikut adalah daftar berkas yang dibutuhkan:

    1. CV dan Pas Foto terbaru

    2. KTP dan KK

    3. SIM BI/BII Umum (masih berlaku)

    4. SKCK dan surat pengalaman kerja/paklaring

    5. Surat keterangan sehat

    6. Ijazah dan transkip nilai pendidikan terakhir

    Cara Pendaftaran

    DAMRI memberikan kemudahan bagi para calon pelamar untuk mendaftar melalui sistem online. Pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan berikut: https://bit.ly/PendaftaranPengemudi-DAMRI2025.

    Proses pendaftaran online ini menunjukkan komitmen DAMRI terhadap efisiensi dan transparansi dalam proses rekrutmen. Para pelamar dapat mengisi formulir dan mengunggah berkas administrasi yang dibutuhkan secara daring, tanpa perlu datang langsung ke kantor DAMRI pada tahap awal.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan kerja ini, para calon pelamar dapat menghubungi Tim Rekrutmen Perum DAMRI melalui nomor telepon 0857-7895-5825.

    Tim rekrutmen akan siap memberikan jawaban atas pertanyaan terkait persyaratan, proses seleksi, dan informasi lainnya.

    DAMRI juga memberikan peringatan tegas kepada masyarakat untuk waspada terhadap penipuan. Perusahaan BUMN ini menegaskan bahwa proses rekrutmen DAMRI tidak dipungut biaya apapun.

    Para pelamar dihimbau untuk tidak mempercayai pihak-pihak yang meminta sejumlah uang dengan iming-iming kelulusan dalam proses seleksi.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pemkot Jaktim ajak pelaku tawuran ikut pelatihan kerja di PPKD

    Pemkot Jaktim ajak pelaku tawuran ikut pelatihan kerja di PPKD

    Saat ini sudah ada 22 remaja dari daerah rawan yang mengikuti pelatihan kerja di PPK Jakarta Timur

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengajak pelaku tawuran untuk mengikuti pelatihan kerja di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) agar memiliki ilmu dan keterampilan yang bermanfaat di dunia kerja.

    “Semoga para remaja yang berasal dari daerah rawan tawuran bisa semakin banyak lagi yang mau dan bersedia diakomodir untuk mengikuti pelatihan kerja di PPKD,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Timur, Iin Mutmainnah di Jakarta, Kamis.

    PPKD Jakarta Timur memberi pelatihan keterampilan kerja kepada puluhan pelaku tawuran agar mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga tidak lagi terlibat hal-hal negatif.

    Iin mengapresiasi PPKD Jakarta Timur yang sudah berkontribusi mengatasi tawuran di kalangan remaja melalui pelatihan kerja.

    “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kesempatan yang diberikan PPKD Jaktim agar mereka juga terhindar dari kenakalan remaja,” ujar Iin.

    Menurut Iin melalui kegiatan positif ini nantinya para pelaku tawuran bisa mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

    “Saat ini sudah ada 22 remaja dari daerah rawan yang mengikuti pelatihan kerja di PPK Jakarta Timur. Semoga nanti bisa bertambah lagi,” ucap Iin.

    Selain itu, Iin menyebut, pelatihan kerja sistem jemput bola melalui Mobile Training Unit (MTU) juga bisa menjadi alternatif untuk para remaja mengikuti pelatihan kerja.

    “Semoga ke depan di Jakarta Timur bisa zero (terbebas) dari kasus-kasus tawuran dan tidak akan ada lagi pengangguran,” tegas Iin.

    Sementara itu, Kepala PPKD Jakarta Timur, Teguh Hendarwan mengatakan sudah mendata remaja-remaja di daerah rawan tawuran yang akan diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan kerja.

    “Semua mendapatkan hak yang sama. diberikan materi pelatihan, seragam, makan dan minum, hingga sertifikat dari PPKD dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),” kata Teguh.

    Teguh memastikan, mereka yang sungguh-sungguh mengikuti pelatihan hingga tuntas akan disalurkan ke sejumlah perusahaan swasta agar bisa bekerja.

    “Saya berharap mereka dapat melupakan masalah tawuran karena sudah memiliki kesibukan atau pekerjaan tetap,” ucap Teguh.

    Adapun PPKD Jakarta Timur menargetkan jumlah peserta pelatihan kerja pada 2025 sebanyak 2.000 orang, dan diantaranya terdapat peserta tambahan yang merupakan para pelaku tawuran.

    Dari jumlah 2.000 orang yang akan menjalani pelatihan itu, kata Teguh, pihaknya menargetkan sekitar 70 persennya atau 1.400 orang akan mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan PPKD Jaktim.

    Kelas kejuruan pelatihan kerja reguler di PPKD Jakarta Timur, meliputi di bidang pariwisata, bisnis manajemen, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tata kecantikan, bahasa, elektronik, otomotif, pariwisata, dan las. Jangka waktu pelatihan 30-70 hari tergantung bidang yang diikuti.

    Sedangkan kejuruan berbasis Mobile Training Unit (MTU), meliputi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), otomotif, fashion technology, tata kecantikan, pariwisata, dan refrigerasi, yang akan berlangsung selama 20 hari.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025