Kasus: PHK

  • Wanti-wanti Maraknya Truk Impor China Bikin Persaingan Tak Adil hingga PHK

    Wanti-wanti Maraknya Truk Impor China Bikin Persaingan Tak Adil hingga PHK

    Jakarta

    Mitsubishi Fuso menilai truk impor China bikin resah pabrikan yang sudah berinvestasi di Indonesia. Pabrikan yang memproduksi lokal harus memenuhi standar emisi hingga regulasi teknis kelayakan serta keselamatan, sementara truk impor bisa bebas tanpa memenuhi syarat tersebut.

    “Kami PT Krama Yudha Tiga Berlian motor tidak hanya menjual produk, kami membangun ekosistem, kami melakukan investasi untuk berkontribusi kepada Indonesia,” kata Aji Jaya selaku Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (12/11/2025).

    Aji Jaya menekankan pabrikan lokal selalu mengikuti regulasi pemerintah. Sebagai contoh, PT KTB dan fasilitas produksinya, Krama Yudha Ratu Motor (KRM) telah berinvestasi untuk memenuhi standar emisi Euro4 bagi kendaraan bermesin diesel, yang diwajibkan pemerintah sejak tahun 2022.

    Ironisnya, di sisi lain, truk impor dari China dilaporkan bisa masuk ke pasar tanpa harus memenuhi persyaratan teknis yang sama. Kondisi ini menciptakan keuntungan yang tidak adil, produk impor dapat menawarkan harga jual yang lebih kompetitif.

    Diketahui kendaraan niaga berat dari China hanya memenuhi standar emisi Euro 2 dan Euro 3. Padahal, Indonesia sudah menetapkan standar emisi Euro 4 sebagai aturan wajib untuk kendaraan yang baru diproduksi.

    Aji menginginkan pemerintah segera punya solusi untuk melindungi industri dalam negeri.

    “Karena kalau kelamaan juga pasti dampaknya akan lebih besar ke kita. Bisa-bisa Pak Momon (Duljatmono, Presiden Direktur PT KRM) produksinya terus turun harus layoff karyawan, harus kurangin produksi,” jelas Aji.

    Menanggapi fenomena ini, pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu menyoroti akar masalah yang lebih kompleks, yakni adanya perbedaan yurisdiksi dan tumpang tindih regulasi, khususnya di sektor pertambangan.

    “Agak lucu juga ya, sebab yang pertambangan di bawah yurisdiksi Kementerian ESDM, sedangkan yang di jalan raya di bawah Kemenhub (Kementerian Perhubungan). Lalu yang usulkan regulasi wajibkan seluruh kendaraan beroperasi di kawasan pertambangan atau di luar jalan umum untuk memenuhi standar emisi euro4 adalah Kemenperin,” kata Yannes.

    Truk China dengan standar emisi Euro 2, Euro 3, atau bahkan truk listrik, dapat legal beroperasi di kawasan tambang. Masalah utamanya bukan sekadar “banjir truk impor ilegal”, melainkan adanya celah regulasi yang sah di sektor tertentu.

    “Hal ini disebabkan oleh sifat kendaraan tersebut yang lebih banyak dikategorikan sebagai peralatan produksi di lokasi tertutup, bukan transportasi publik atau komersial di jalan umum, sehingga tunduk pada regulasi khusus pertambangan,” jelas Yannes.

    Regulasi yang dimaksud adalah UU No. 3 Tahun 2020 (UU Minerba), yang berada di bawah yurisdiksi Kementerian ESDM (KemenESDM). Di sisi lain, APM (Agen Pemegang Merek) yang sudah berinvestasi di Indonesia–kebanyakan dari Jepang– memproduksi kendaraan yang beroperasi di jalan umum. Karena itu, mereka wajib mematuhi aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan memproduksi mesin berstandar Euro 4.

    “Otomatis mereka (pabrikan Jepang) hanya memiliki spek mesin Euro 4. Nah untuk pesaing truk dari China dengan harga murah yang sudah diterima pertambangan ini dinilai APM-APM yang ada (sebagai) sebuah unfairness,” papar Yannes.

    Ironisnya, lanjut Yannes, kementerian yang mengusulkan regulasi agar seluruh kendaraan di wajib memenuhi standar Euro 4 justru adalah Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

    Area tambang dianggap sebagai kawasan tertutup atau bukan jalan umum. Truk yang beroperasi di sana sering dikategorikan sebagai peralatan produksi seperti halnya ekskavator, bukan alat transportasi jalan raya. Namun Aji menyebut truk impor China saat ini makin terang-terangan, bahkan tidak hanya terlihat pada area tambang saja.

    “Ada sih (di pulau Jawa), kalau di lapangan pernah lihat gitu. Cuma yang masif sih emang di mining ya,” kata Aji.

    Secara singkat Yannes menggambarkan adanya pasar dengan standar ganda, sehingga merugikan pabrikan yang telah berinvestasi untuk standar yang lebih tinggi.

    Pabrikan Jepang mayoritas sudah berinvestasi besar untuk mematuhi regulasi pemerintah, salah satunya standar emisi Euro 4 untuk kendaraan di jalan umum. Persaingan menjadi tidak adil ketika produk impor truk China bisa masuk dengan standar lebih rendah Euro 2 atau 3 dan harga lebih murah.

    “Jadi yang terbaca ada tumpang tindih dan perbedaan yurisdiksi antara Kementerian ESDM, Kemenhub, dan Kemenperin inilah yang membuat aturan kendaraan pertambangan dan industri kendaraan berat di Indonesia saat ini,” tutupnya.

    (riar/rgr)

  • 3 Pegawai TransJ Diduga Dilecehkan Atasan, Pramono Minta Pelaku Ditindak Tegas

    3 Pegawai TransJ Diduga Dilecehkan Atasan, Pramono Minta Pelaku Ditindak Tegas

    Jakarta

    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung merespons soal dugaan kasus pelecehan yang menimpa tiga karyawan di PT Transjakarta. Pramono menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada pelaku jika terbukti melakukan pelecehan.

    “Kalau memang ada pelecehan dan orangnya tahu, saya akan minta untuk ditindak setegas-tegasnya,” kata Pramono di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/11/2025).

    Pramono mengaku awalnya belum mengetahui adanya laporan dugaan pelecehan tersebut. Ia pun meminta manajemen Transjakarta segera menelusuri kebenarannya dan mengambil tindakan sesuai aturan.

    “Yang pertama, sebenarnya saya nggak tahu. Tapi kalau memang ada pelecehan dan itu benar, saya akan minta ditindak setegas-tegasnya,” tegasnya.

    Ia menilai kasus seperti itu bisa merusak citra baik Transjakarta yang selama ini sudah berupaya memperbaiki layanan, termasuk membuka ruang kerja yang lebih setara bagi perempuan.

    “Bagaimanapun sekarang ini Transjakarta itu citranya sudah baik. Jangan sampai citra yang sudah baik, kemarin sudah memberikan kesempatan 15 orang perempuan untuk menjadi driver,” tuturnya.

    Dilansir dari Antara, tiga karyawan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) diduga menjadi korban pelecehan seksual oleh dua atasannya di lingkungan kerja sejak Mei 2025.

    Kasus tersebut memicu sejumlah anggota Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Dirgantara Digital dan Transportasi (PUK SPDT FSPMI) PT Transjakarta menggelar aksi protes di depan Kantor Transjakarta, Jakarta Timur, Rabu.

    “Pertama adalah kasus pelecehan dan kekerasan seksual. Tiga anggota kami yang dilecehkan oleh dua pelaku seorang atasan atau pimpinan korban, di mana anggota kita selaku bawahannya,” kata Ketua PUK SPDT FSPMI PT Transjakarta Indra Kurniawan di sela-sela aksinya.

    Satu korban bekerja di bagian satuan tugas (satgas) Transcare, yakni layanan antar-jemput Transjakarta Cares untuk penyandang disabilitas di Jakarta. Sedangkan, dua korban lainnya bertugas sebagai satuan tugas Transjakarta bidang layanan wisata.

    Dua terduga pelaku merupakan koordinator lapangan di bidang pelayanan dan pengendalian bus wisata di unit tempat para korban bekerja.

    “Kasus ini sudah bergulir dari bulan Mei. Artinya, ya sudah kurang lebih enam bulan kasus ini bergulir, tidak ada tindakan atau sanksi tegas (punishment) yang sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku,” jelas Indra.

    Indra menjelaskan, bentuk pelecehan yang dialami korban mencakup tindakan verbal dan nonverbal saat bekerja.

    “Pelaku melakukan pemukulan pada bagian tubuh (korban), terus berikutnya, dia menoyor kepala anggota kita. Lalu pelakunya berikutnya, mengajak berhubungan dan sambil menarik pakaian dalam korban,” jelas Indra.

    Hingga kini, kata dia, pelaku hanya dijatuhi surat peringatan kedua (SP 2) tanpa pemecatan.

    “Perusahaan sudah memberikan sanksi SP 2 untuk si pelaku. Tetapi dari pihak korban, meminta kepada kami agar pelaku untuk dikenakan pemutusan hubungan kerja (PHK),” ucap Indra.

    Halaman 2 dari 2

    (bel/ygs)

  • Kanal Lapor Menaker Diluncurkan, Masyarakat Bisa Adukan Masalah K3 hingga PHK 4 jam yang lalu

    Kanal Lapor Menaker Diluncurkan, Masyarakat Bisa Adukan Masalah K3 hingga PHK

    4 jam yang lalu

  • Lapor PHK hingga gaji bisa lewat kanal “Lapor Menaker”

    Lapor PHK hingga gaji bisa lewat kanal “Lapor Menaker”

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menyampaikan bahwa masyarakat kini bisa melaporkan gaji yang tidak sesuai hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada pemerintah lewat kanal “Lapor Menaker”.

    “Ketika ada penyelewangan, ketika ada hal-hal yang dianggap perlu segera kami tindak lanjuti, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan kanal informasi Lapor Menaker ini dengan seoptimalnya,” ucap Yassierli dalam peluncuran “Lapor Menaker” yang digelar di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Rabu.

    Kanal tersebut dapat diakses melalui situs lapormenaker.kemnaker.go.id.

    Yassierli mengungkapkan pada masa uji coba, ia menerima sekitar 600 pengaduan. Sebagian besar dari pengaduan tersebut terkait dengan pengupahan, jaminan sosial, dan berasal dari pekerja.

    Laporan yang menjadi domain dari Kementerian Ketenagakerjaan akan langsung ditindaklanjuti bersama pengawas ketenagakerjaan.

    Ia mencontohkan, apabila ada yang melapor soal PHK ke kanal Lapor Menaker, ia akan menindaklanjutinya dengan mengirimkan mediator.

    Apabila isu pelaporan terkait dengan norma, maka ia akan menurunkan pengawas ketenagakerjaan.

    Pengawas ketenagakerjaan adalah pegawai negeri sipil yang bertugas mengawasi dan menegakkan pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan, termasuk melakukan pembinaan terhadap perusahaan dan pekerja.

    “Jadi tindak lanjut dari laporannya sangat tergantung dengan jenis laporannya,” kata dia.

    Kemnaker juga menggandeng dinas provinsi, kota, serta pengawas ketenagakerjaan yang ada di daerah untuk menindaklanjuti pengaduan yang masuk ke kanal Lapor Menaker.

    “Ini sebagai upaya kami untuk membuka sekat informasi dari masyarakat, ada yang mengadu mungkin lewat Instagram, lewat apa, yang kita tidak mampu deteksi, kita berharap semua kanal itu tersatukan di kanal Lapor Menaker ini,” tutur Yassierli.

    Pewarta: Putu Indah Savitri
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Laptop Apple Turun Harga, Paling Murah Setara Chromebook

    Laptop Apple Turun Harga, Paling Murah Setara Chromebook

    Jakarta, CNBC Indonesia – Apple dikabarkan sedang menyiapkan laptop Mac dengan harga lebih murah untuk bersaing langsung dengan Chromebook dan laptop Windows kelas entry-level. Perangkat ini disebut akan meluncur paling cepat pada 2026.

    Laporan Bloomberg menyebut Apple tengah mengembangkan laptop baru dengan harga jauh di bawah US$1.000 atau di bawah Rp 16 juta. Laptop tersebut saat ini berada dalam tahap produksi awal dengan nama sandi J700.

    Rumor mengenai MacBook versi murah sebenarnya sudah pernah muncul, bahkan disebut akan dijual di kisaran US$599.

    Harga ini akan membuat MacBook langsung dalam persaingan dengan Chromebook yang selama ini mendominasi pasar perangkat murah, terutama di sektor pendidikan.

    Apple belum memberikan komentar resmi terkait kabar tersebut.

    Menurut laporan yang ditulis jurnalis Mark Gurman, Apple akan menekan harga dengan menggunakan panel LCD berukuran lebih kecil dibanding MacBook Air 13,6 inci, kemungkinan menjadi 12 inci.

    Selain itu, Apple juga akan memakai chip seri A yang biasa digunakan pada iPhone, bukan chip M-series seperti di MacBook Air dan Pro terbaru.

    Chip tersebut kemungkinan merupakan varian dari A19 Pro, yang debut di iPhone 17 Pro dan iPhone Air, dan diklaim mampu memberikan performa mendekati laptop untuk penggunaan sehari-hari.

    CNET mencatat langkah ini cukup agresif, mengingat MacBook Air M4 saat ini dijual mulai US$ 999, sementara MacBook Air M1 yang lebih lama masih dipasarkan sekitar US$ 600 di beberapa ritel.

    Laptop terjangkau ini diperkirakan menyasar para pelajar dan mahasiswa, pengguna umum untuk kebutuhan browsing dan dokumen, pembeli iPad yang menginginkan pengalaman laptop tradisional, dan pasar bisnis kelas entry-level.

    Namun, masuk ke sektor pendidikan bukanlah hal mudah bagi Apple. Sejak pandemi, Chromebook telah mendominasi ruang kelas karena harganya yang murah dan kemudahan pengelolaan perangkat.

    “Jika langkah ini murni untuk menarik konsumen agar memilih MacBook berkualitas dengan harga lebih rendah yang menjalankan MacOS daripada iPad dengan keyboard, maka ya, Apple kemungkinan dapat merebut sebagian pasar itu,” kata Josh Goldman, managing editor CNET, dikutip dari CNET, Selasa (11/11/2025).

    “Namun masuk ke pasar pendidikan saat ini akan menantang, karena Chromebook telah mendominasi sejak masa pandemi. Meski begitu, saya yakin bukan sesuatu yang tidak bisa diatasi Apple dengan dana besar,” lanjutnya.

    Jika benar MacBook akan dijual di rentang harga US$300 hingga US$600, ini akan menjadi pergeseran strategi signifikan dari Apple yang biasanya fokus pada segmen premium.

    Tekanan ekonomi global, seperti inflasi, tarif impor, hingga gelombang PHK di berbagai sektor, membuat permintaan perangkat terjangkau meningkat. Kondisi inilah yang dinilai dapat mendorong Apple masuk ke pasar laptop murah.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • 159 Orang Tewas Dihantam Tsunami Raksasa, Trump Tidak Peduli

    159 Orang Tewas Dihantam Tsunami Raksasa, Trump Tidak Peduli

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kepulauan Aleut di Alaska, Amerika Serikat (AS), pernah dihantam gempa raksasa berkekuatan M 8,6 pada 1 April 1946. Fenomena tersebut memicu gelombang tsunami besar di Samudra Pasifik yang membunuh 159 orang di Hawaii.

    Pasca bencana tragis tersebut, sistem peringatan tsunami AS lahir. Kini, setelah hampir 80 tahun beroperasi, jaringan stasiun pemantauan seismik dan permukaan laut yang menyelamatkan nyawa tersebut runtuh.

    Di bawah pengawasan NOAA, stasiun-stasiun tersebut bergantung pada dana federal yang dipotong oleh pemerintahan Trump tahun ini. Akibatnya, 9 stasiun seismik yang dioperasikan oleh Pusat Gempa Alaska akan ditutup pada pertengahan November ini, menurut laporan News Source dari Alaska.

    Stasiun-stasiun tersebut mengumpulkan data penting tentang bentuk dan magnitudo gempa bumi di salah satu wilayah paling aktif secara seismik di dunia, yakni Zona Subduksi Alaska-Aleut.

    Batas sepanjang 4.000 kilometer ini merupakan tempat Lempeng Pasifik bergeser di bawah Lempeng Amerika Utara, dan berpotensi menghasilkan gempa bumi dan tsunami dahsyat seperti bencana tahun 1946.

    Para pakar memperingatkan penutupan stasiun-stasiun yang memonitor Zona Subduksi dapat meruntuhkan kemampuan AS dalam mendeteksi tsunami dan mengeluarkan perintah evakuasi sebelum terlambat.

    “Pusat Gempa Alaska menyayangkan pemangkasan dana dari NOAA,” kata Manajer Komunikasi Elisabeth Nadin kepada Gizmodo, dikutip Selasa (11/11/2025).

    “Kami menyesalkan terganggunya kemampuan Pusat Peringatan Tsunami Nasional untuk mengeluarkan dan memperbarui peringatan tsunami karena hilangnya dana ini,” ia menambahkan.

    Dalam upaya penghematan anggaran federal, pemerintahan Trump telah memangkas pengeluaran di sektor penelitian ilmiah dan iklim. NOAA menjadi salah satu lembaga yang paling terdampak pemangkasan anggaran.

    PHK massal dan pengajuan pemangkasan anggaran mengancam, bahkan bisa menghapus, beberapa bada penelitian lembaga tersebut. Di antaranya termasuk Kantor Penelitian Samudra dan Atmosfer, Layanan Cuaca Nasional, dan pusat ilmiah Perikanan NOAA.

    Sistem peringatan tsunami tak terkecuali. Program ini sudah berdarah-darah berhadapan dengan pengurangan dana dan tenaga kerja. Dua pusat peringatan tsunami NOAA yang berlokasi di Hawaii dan Alaska mengalami kekurangan tenaga kerja sebelum PHK dilakukan.

    Di stasiun Alaska, pekerja yang sebelumnya berjumlah 20 orang kini tersisa 11 orang, menurut laporan NBC News.

    Selama tahun fiskal 2024-2025, NOAA juga mengurangi anggaran ke Program Mitigasi Tsunami Nasional yang mendukung upaya pengurangan risiko tsunami.

    9 stasiun pemantauan yang akan berhenti beroperasi bulan ini sebelumnya didukung oleh hibah NOAA sebesar US$300.000 (Rp5 miliar) per tahun. Kim Doster, juru bicara NOAA, mengatakan kepada Gizmodo melalui email bahwa NOAA telah menghentikan pendanaan hibah tersebut pada tahun fiskal 2024.

    Pusat Gempa Alaska mengajukan permohonan dana hibah baru hingga tahun 2028, tetapi ditolak, menurut email antara Direktur Michael West dan staf NOAA yang diperoleh NBC News.

    Universitas Alaska Fairbanks meningkatkan pendanaan program tersebut untuk satu tahun lagi dengan harapan dana federal pada akhirnya akan tersedia, tetapi hal itu tidak pernah terwujud, menurut NBC.

    9 stasiun tersebut terletak di Kepulauan Aleut bagian barat dan Laut Bering, di mana mereka umumnya menjadi satu-satunya stasiun dalam radius ratusan mil di beberapa bagian zona subduksi Alaska-Aleut, menurut Nadin.

    Wilayah ini menghasilkan “hampir semua tsunami Amerika Utara yang melintasi Samudra Pasifik, menyebabkan kerusakan di Alaska, Hawaii, Washington, Oregon, dan California,” ujarnya.

    “Hilangnya pendanaan ini juga berarti bahwa seluruh jaringan seismik Pusat Gempa Alaska tidak akan lagi dikirim langsung ke Pusat Peringatan Tsunami Nasional, yang selama ini telah mengakses jaringan ini untuk merumuskan sendiri penentuan risiko tsunami dari gempa bumi besar di Alaska,” tambah Nadin.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Siapa Penerima Dana BPJS Ketenagakerjaan Saat Pensiunan Meninggal?

    Siapa Penerima Dana BPJS Ketenagakerjaan Saat Pensiunan Meninggal?

    Jakarta, Beritasatu.com – Program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial yang diberikan kepada pekerja agar tetap memiliki penghasilan setelah memasuki masa pensiun.

    Tujuannya adalah menjaga kelayakan hidup peserta saat pendapatan sudah tidak tetap atau bahkan tidak ada lagi. Namun, muncul pertanyaan penting, siapa yang berhak menerima dana BPJS jika pensiunan meninggal dunia? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.

    Penerima Manfaat jika Pensiunan Meninggal Dunia

    Ketika seorang peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah memasuki masa pensiun meninggal dunia, manfaat dari program Jaminan Pensiun tidak serta-merta berhenti.

    Dana tersebut bisa diteruskan kepada ahli waris yang sah agar keluarga yang ditinggalkan tetap mendapatkan dukungan finansial untuk kebutuhan sehari-hari.

    BPJS Ketenagakerjaan telah menetapkan urutan prioritas penerima manfaat agar penyalurannya jelas dan sesuai ketentuan. Berikut adalah urutannya:

    1. Janda atau duda

    Pasangan sah dari peserta menjadi penerima utama manfaat Jaminan Pensiun. Selama janda atau duda masih hidup dan belum menikah lagi, hak untuk menerima manfaat akan terus diberikan sesuai ketentuan BPJS Ketenagakerjaan.

    2. Anak yang menjadi tanggungan

    Jika peserta tidak memiliki pasangan atau pasangan telah meninggal dunia, maka hak manfaat diberikan kepada anak yang masih menjadi tanggungan. Kriteria anak yang berhak antara lain:

    Belum bekerja.Masih berada dalam rentang usia yang diperbolehkan menurut aturan BPJS Ketenagakerjaan.

    3. Orang tua kandung

    Apabila peserta tidak memiliki pasangan maupun anak, maka orang tua kandung menjadi pihak yang berhak menerima manfaat.

    Skema ini menunjukkan bahwa program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan sangat memperhatikan kesejahteraan keluarga inti peserta.

    Agar manfaat dapat diterima tanpa hambatan, peserta disarankan untuk selalu memperbarui data ahli waris.

    Pembaruan data dapat dilakukan melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau melalui aplikasi digital seperti JMO (Jamsostek Mobile). Dengan data yang mutakhir, proses klaim manfaat akan lebih cepat dan mudah.

    Cara Mendaftar Program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

    Pendaftaran program Jaminan Pensiun dapat dilakukan oleh pekerja maupun pemberi kerja. Beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan antara lain:

    KTP dan kartu keluarga (KK).Data hubungan kerja atau surat pengangkatan.Formulir pendaftaran resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.

    Langkah ini penting untuk memastikan bahwa peserta terdaftar secara sah dan dapat memperoleh seluruh manfaat yang tersedia di masa mendatang.

    Perbedaan Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Hari Tua (JHT)

    BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa program jaminan sosial bagi pekerja, dua di antaranya adalah Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Meski sama-sama memberikan perlindungan finansial setelah masa kerja, mekanisme keduanya berbeda. Berikut perbedaanya:

    1. Jaminan Hari Tua (JHT)

    JHT memberikan manfaat berupa uang tunai kepada peserta ketika pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Besaran manfaat dihitung berdasarkan akumulasi iuran yang dibayarkan selama bekerja ditambah hasil pengembangan dana. Dana JHT dapat dicairkan sekaligus jika peserta:

    Telah mencapai usia 56 tahun.Mengundurkan diri dan tidak bekerja lagi.Mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).Tinggal di luar negeri secara permanen.Mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia.

    2. Jaminan Pensiun (JP)

    Berbeda dengan JHT, JP memberikan manfaat berupa pemasukan rutin bulanan setelah peserta memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap. Tujuan utamanya adalah menjaga keberlanjutan kualitas hidup di masa tua.

    Perbedaan lain antara JHT dan JP terletak pada besaran iuran:

    JHT: 3,7% dibayar oleh pemberi kerja dan 2% oleh pekerja.JP: 2% dibayar oleh pemberi kerja dan 1% oleh pekerja dari total upah bulanan.

    Selain itu, mulai 7 Januari 2025, pemerintah menetapkan perubahan usia penerimaan manfaat JP menjadi 59 tahun.

    Secara garis besar, perbedaan manfaat dari kedua program tersebut adalah:

    JHT: Memberikan uang tunai sekaligus yang bisa digunakan sesuai kebutuhan peserta.JP: Memberikan manfaat pensiun bulanan yang bersifat jangka panjang.

    Pemahaman atas perbedaan ini sangat penting agar pekerja dapat menyusun strategi keuangan dan perlindungan masa tua secara optimal. Bahkan, peserta bisa mengikuti keduanya untuk memperoleh manfaat perlindungan yang lebih menyeluruh.

    Ketika pensiunan peserta BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia, dana Jaminan Pensiun tidak hilang begitu saja, tetapi diberikan kepada ahli waris yang sah, mulai dari pasangan, anak, hingga orang tua kandung.

  • Jika Lebih dari 50% Masuk Kategori Monopoli

    Jika Lebih dari 50% Masuk Kategori Monopoli

    Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merespons rencana merger antara Grab dan PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), yang dinilai berpotensi menciptakan monopoli karena kedua perusahaan menguasai sekitar 90% pangsa pasar transportasi daring.

    Kepala Biro Humas dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur menjelaskan secara konsentrasi pasar, kepemilikan pangsa di atas 50% sudah dapat dikategorikan sebagai monopoli.

    “Monopoli saja tentunya enggak dilarang. Sama seperti sektor-sektor yang dimonopoli lainnya,” kata Deswin kepada Bisnis pada Selasa (11/11/2025).

    Karena itu, Deswin menegaskan rencana merger Grab dan GOTO tidak serta-merta dapat dipandang sebagai indikasi pelanggaran. 

    Dia menekankan yang dapat dianggap melanggar adalah perilaku atau praktik yang dilakukan oleh pelaku usaha ketika berada dalam posisi monopoli. Meski begitu, pihaknya tetap memantau perkembangan isu tersebut, terlebih KPPU tahun ini juga sedang mengkaji sektor platform transportasi daring.

    “Bisa jadi faktor yang diperhatikan di kajian kami,” ujarnya.

    Deswin mengatakan KPPU belum memperoleh informasi resmi mengenai rencana merger tersebut sehingga statusnya masih dianggap sebagai wacana. Namun, dia menjelaskan jika penggabungan dilakukan melalui skema merger atau akuisisi, kedua perusahaan wajib melaporkan transaksi ke KPPU setelah transaksi efektif. Melalui penilaian atas laporan atau notifikasi itu, KPPU dapat menentukan apakah ada potensi pelanggaran dan di titik mana pelanggaran tersebut mungkin terjadi.

    “Nanti bisa dikeluarkan syarat-syarat atau remedial yang harus dilaksanakan oleh pihak, yang diawasi pelaksanaannya,” katanya.

    Sebelumnya, Ekonom Digital Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda menilai rencana merger yang disebut-sebut masuk dalam Perpres, termasuk keterlibatan Danantara, tampak berlebihan. Dia menilai merger dan akuisisi merupakan aksi korporasi yang wajar dan tidak memerlukan campur tangan pemerintah.

    “Tidak perlu ada endorse oleh pemerintah. Saya curiga, masuknya rencana merger ini ke dalam Perpres dan masuknya Danantara demi menghindari aturan Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat karena potensi kena semprit oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha besar,” kata Huda saat dihubungi Bisnis, Senin (10/11/2025).

    Huda menambahkan dengan pangsa pasar lebih dari 90%, potensi dominasi pasar sangat besar. Dia menilai peringatan dari KPPU dapat menjadi hambatan bagi rencana merger tersebut karena dominasi berlebihan dapat merusak persaingan.

    “Bahkan, boleh saya bilang sudah menjadi pasar monopoli,” imbuhnya.

    Menurut Huda, ketika persaingan tidak lagi sehat, pihak yang paling dirugikan adalah konsumen dan mitra pengemudi. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut bisa mematikan industri.

    “Pemain lain seperti Maxim dan inDrive akan berebut kue yang kecil, terutama di kota-kota besar yang pangsa pasarnya sudah dikuasai oleh Gojek–Grab,” ujarnya.

    Dia menjelaskan dampak terhadap konsumen mencakup kemungkinan pengaturan harga yang sangat dipengaruhi hasil merger kedua platform. Sementara bagi mitra pengemudi, perlindungan masih dapat terjaga selama batas atas dan batas bawah tarif tetap berlaku. Namun pada akhirnya, baik mitra maupun konsumen akan menghadapi pilihan yang semakin terbatas. Adapun potensi pemutusan hubungan kerja (PHK), menurutnya, akan muncul dari sisi operasional perusahaan, bukan dari ranah mitra pengemudi.

    “Tetapi bukan mitra,” katanya.

  • Intel Kecolongan, Mantan Pengawai Bawa Kabur 18.000 Dokumen Rahasia

    Intel Kecolongan, Mantan Pengawai Bawa Kabur 18.000 Dokumen Rahasia

    Bisnis.com, JAKARTA— Intel tengah mengambil langkah hukum terhadap mantan insinyur perangkat lunaknya, Jinfeng Luo yang  diduga membawa kabur sekitar 18.000 file rahasia dari sistem internal perusahaan setelah menerima surat pemutusan hubungan (PHK) kerja pada Juli 2025. 

    Melansir laman Cyber Press pada Selasa (11/11/2025) Luo, yang bergabung dengan Intel pada 2014 dan bekerja dari Seattle, diberitahu mengenai pemutusan kontraknya pada 7 Juli, sementara masa kerjanya secara resmi berakhir pada 31 Juli. 

    Waktu tersebut bertepatan dengan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran Intel yang berdampak pada lebih dari 15.000 karyawan di berbagai negara.

    Dalam gugatan yang diajukan di pengadilan federal Washington, Intel menjelaskan Luo melakukan dua upaya berbeda untuk menyalin dokumen internal. Pada 23 Juli, dia mencoba memindahkan file ke hard drive eksternal, namun sistem keamanan Intel berhasil menggagalkan aksi tersebut. 

    Lima hari kemudian, pada 28 Juli, Luo kembali mencoba dengan perangkat penyimpanan lain dan kali ini berhasil mengunduh ribuan file sensitif sebelum protokol keamanan dapat menghentikannya.

    Dokumen yang dicuri tersebut dilaporkan memiliki label “Top Secret,” menandakan isinya masuk kategori sangat rahasia dan tunduk pada regulasi keamanan federal serta standar kerahasiaan internal Intel.

    Setelah insiden itu, perusahaan menghabiskan berbulan-bulan mencoba menghubungi Luo di rumahnya di Seattle dan dua alamat lain di wilayah Portland, namun tidak memperoleh respons. 

    Intel kemudian memutuskan untuk menempuh jalur hukum, meminta ganti rugi minimum US$250.000, biaya hukum, serta perintah pengadilan untuk mencegah Luo menyebarkan atau menggunakan informasi yang dicuri. Hingga berita ini ditulis, keberadaan Luo tidak diketahui, dan Intel menolak memberi komentar tambahan karena kasus masih berjalan.

  • Intel Buru Eks Insinyur yang Kabur Usai Gondol 18.000 Dokumen Rahasia

    Intel Buru Eks Insinyur yang Kabur Usai Gondol 18.000 Dokumen Rahasia

    Jakarta

    Intel Corporation menggugat mantan insinyur perangkat lunaknya, Jinfeng Luo, senilai USD 250.000 atau setara Rp 4 miliar (kurs Rp16.000 per dolar AS), atas dugaan pencurian puluhan ribu berkas internal yang banyak di antaranya diberi label “Rahasia Tinggi Intel”. Gugatan diajukan ke pengadilan federal California setelah Luo menghilang tanpa jejak sejak Juli 2024.

    Luo bergabung dengan Intel sejak 2014. Ia menerima surat pemberhentian kerja pada 7 Juli 2024 dan resmi keluar pada akhir bulan yang sama, menurut laporan The Mercury News. Pemberhentian ini terjadi di tengah gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran Intel yang telah memangkas sekitar 35.000 posisi dalam dua tahun terakhir.

    Dokumen pengadilan mengungkapkan, seminggu sebelum keluar, Luo mencoba menyalin data dari laptop perusahaan ke drive penyimpanan eksternal. Upaya pertama ini diblokir sistem keamanan Intel. Tiga hari sebelum tanggal keluar resmi, ia mencoba lagi dan berhasil mentransfer data ke perangkat NAS (Network Attached Storage).

    Dalam hari-hari terakhirnya, Luo diduga mengunduh total sekitar 18.000 berkas rahasia, termasuk kekayaan intelektual penting perusahaan.Intel segera mendeteksi aktivitas akses tidak wajar dan meluncurkan penyelidikan internal. Selama lebih dari tiga bulan, perusahaan berulang kali menghubungi Luo melalui telepon, email, dan surat resmi, namun tidak mendapat respons apa pun. Sikap bungkam ini memaksa Intel mengajukan gugatan untuk memulihkan aset digital yang dicuri.

    “Ini merupakan pelanggaran serius terhadap kekayaan intelektual perusahaan di saat kami sedang menjalani restrukturisasi mendalam,” demikian pernyataan Intel dalam dokumen pengadilan dikutip dari Tomshardware.

    Insiden ini bukan yang pertama bagi Intel. Sebelumnya, seorang insinyur lain dijatuhi hukuman percobaan dua tahun dan denda USD 34.000 setelah menyalin data secara ilegal untuk melamar pekerjaan di Microsoft. Dokumen pengadilan bahkan menyebut Microsoft memanfaatkan informasi curian tersebut dalam negosiasi bisnis dengan Intel.

    Hingga kini, Jinfeng Luo masih berstatus “hilang” dan belum memberikan tanggapan atas tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Intel menuntut pengembalian penuh seluruh data yang dicuri sekaligus kompensasi finansial senilai USD 250.000.

    Krisis keuangan Intel yang mulai terlihat antara akhir Juli hingga awal Agustus 2024 diduga turut memengaruhi keputusan memecat Luo sebelum bukti pelanggaran sepenuhnya terverifikasi. Perusahaan asal Santa Clara itu tengah berjuang mempertahankan daya saing di tengah persaingan ketat pasar semikonduktor global.

    (afr/afr)