Kasus: Kemacetan

  • Risma Janjikan Solusi Air Bersih dan Murah bagi Warga Sidoarjo

    Risma Janjikan Solusi Air Bersih dan Murah bagi Warga Sidoarjo

    Jakarta

    Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) nomor urut 3, Tri Rismaharini berjanji akan berupaya menyediakan air bersih yang terjangkau bagi masyarakat Sidoarjo. Hal itu dia sampaikan di hadapan relawan Barisan Relawan (Bara 24) Sidoarjo.

    Menurut Risma, pemerintah harus hadir dengan solusi yang sesuai kebutuhan setiap daerah. Ia berpendapat pendekatan satu kebijakan untuk semua wilayah tidak akan efektif, mengingat setiap daerah memiliki karakteristik dan permasalahan yang berbeda.

    Di Sidoarjo, misalnya, mahalnya harga air bersih menjadi beban besar bagi masyarakat sehingga membutuhkan penanganan yang khusus.

    “Saya buat konsep itu untuk setiap daerah karena semua harus adil. Misalnya di Sidoarjo, harga air bersih mahal karena harus membeli dari Surabaya,” ungkap Risma dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/11/2024).

    Adapun salah satu upaya yang akan dilakukan, kata dia, adalah dengan memanfaatkan potensi Kali Porong secara optimal. Dia mengatakan solusi ini dirancang agar air laut tidak masuk ke dalam sungai, sehingga airnya tetap tawar dan bisa dimanfaatkan oleh warga.

    “Insyaallah, Kali Porong ini akan kami siapkan pintu air agar air laut tidak masuk dan airnya tetap tawar, jadi bisa kita gunakan. Pun nanti kita pompa ketika musim hujan agar tidak terjadi banjir,” terangnya.

    “Kesehatan adalah hak dasar masyarakat. Saya akan berusaha memastikan semua daerah di Jawa Timur memiliki cakupan UHC. Selain itu, layanan BPJS akan digratiskan untuk mereka. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai pemimpin untuk melindungi masyarakat,” ujar Risma.

    Di bidang pendidikan, Risma menunjukkan perhatian besar kepada para guru, khususnya guru ngaji. Ia menyadari guru memiliki peran penting dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas. Karena itu kesejahteraan mereka harus menjadi prioritas.

    Sementara itu, salah satu warga asal Surabaya, Musyaiyaroh mengaku terharu bahkan hampir meneteskan air mata ketika mendengar cerita Risma. Ia merasa sosok Risma mengingatkannya pada mendiang ibunya yang selalu bangun dini hari untuk beribadah dan membantu sesama.

    “Saya melihat Bu Risma seperti melihat ibu saya sendiri. Ibu saya dulu selalu bangun jam 2 pagi untuk beribadah, lalu membagikan makanan gratis kepada orang-orang di pinggir jalan. Karena itu, saya mendukung penuh Bu Risma menjadi Gubernur Jawa Timur,” ujar Musyaiyaroh.

    Dukungan kepada Risma juga datang dari Ketua Penanggung Jawab Bara 24, Munawir Ansori. Risma dinilainya sebagai figur pemimpin yang tidak hanya berbicara tetapi juga bekerja dengan nyata.

    “Saya ingin Jawa Timur dipimpin oleh tokoh yang legendaris dan tidak sebatas wacana. Bu Risma ini realitasnya tidak perlu diragukan lagi. Contohnya saat memimpin Kota Surabaya, beliau berhasil menutup lokalisasi terbesar di Asia Tenggara, memperbaiki jalan-jalan hingga tidak ada lagi kemacetan, dan banyak program lainnya yang berdampak langsung pada masyarakat,” terang Munawir.

    Melalui program yang konkret dan rekam jejak yang sudah teruji, pasangan Tri Rismaharini dan Gus Hans optimistis dapat membawa Jawa Timur menuju perubahan yang lebih baik. Dukungan dari relawan Bara 24 dan masyarakat Sidoarjo menjadi awal dari harapan besar untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

    (prf/ega)

  • Apa itu Hari Perhubungan Darat Nasional? Dirayakan 22 November

    Apa itu Hari Perhubungan Darat Nasional? Dirayakan 22 November

    Jakarta: Hari ini, 22 November 2024, diperingati sebagai Hari Perhubungan Darat Nasional di Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua tentang betapa pentingnya peran transportasi darat dalam kehidupan sehari-hari dan perekonomian.

    Hari Perhubungan Darat Nasional pertama kali diprakarsai oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 1971 dan hingga kini terus dirayakan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi besar transportasi darat di Indonesia.
     
    Sejarah dan Tujuan Peringatan
    Hari Perhubungan Darat Nasional pertama kali dirayakan pada tahun 1971 atas inisiatif dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dengan dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat).

    Peringatan ini bertujuan untuk memajukan sektor transportasi darat agar bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam kegiatan mobilitas sehari-hari.

    Transportasi darat meliputi berbagai jenis moda, termasuk angkutan umum, kereta api, hingga infrastruktur jalan dan trotoar.

    Sejak zaman kemerdekaan, transportasi darat telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Moda transportasi seperti kereta api, bus, dan angkutan umum lainnya berperan penting dalam menghubungkan daerah-daerah di seluruh nusantara.

    Melalui peringatan ini, pemerintah berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya sistem transportasi darat yang aman, nyaman, dan efisien.
     
    Misi dan Pelaksanaan
    Peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional memiliki misi untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas infrastruktur transportasi darat, mendorong inovasi di sektor ini, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan transportasi darat yang lebih aman dan nyaman.

    Kementerian Perhubungan, melalui Ditjen Perhubungan Darat, bertanggung jawab untuk menjalankan kebijakan yang mendukung pengembangan sarana dan prasarana transportasi darat.

    Ditjen Hubdat mengelola berbagai aspek, mulai dari lalu lintas dan angkutan jalan, transportasi sungai dan danau, hingga integrasi antar moda transportasi darat untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

    Sejak dahulu, transportasi darat mengalami banyak perkembangan, dari alat angkut sederhana seperti gerobak dan becak, hingga moda transportasi modern seperti bus dan kereta api yang kita gunakan saat ini.

    Perkembangan ini menunjukkan betapa pentingnya peran transportasi darat dalam mendukung kehidupan masyarakat.
     
    Pentingnya Transportasi Darat
    Transportasi darat berperan besar dalam mendorong pembangunan ekonomi nasional. Jalur darat memungkinkan akses antar wilayah menjadi lebih efektif dan efisien.

    Dengan peningkatan infrastruktur seperti pembangunan jalur Pantura, pemerintah berupaya meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat di berbagai daerah.

    Selain itu, penggunaan transportasi umum juga diharapkan bisa membantu mengurangi polusi dan kemacetan di kota-kota besar.

    Melalui peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional, pemerintah ingin mengajak masyarakat lebih memanfaatkan transportasi umum, sekaligus mendukung peningkatan infrastruktur jalan serta penerapan teknologi baru yang dapat menunjang perkembangan sektor transportasi darat.
     
    Hari Perhubungan Nasional vs Hari Perhubungan Darat Nasional
    Hari Perhubungan Darat Nasional berbeda dengan Hari Perhubungan Nasional. Hari Perhubungan Nasional diperingati setiap tanggal 17 September dan mencakup seluruh sektor transportasi, baik darat, laut, udara, maupun kereta api.

    Sementara itu, Hari Perhubungan Darat Nasional diperingati pada tanggal 22 November dan berfokus khusus pada moda transportasi darat saja.

    Hari Perhubungan Darat Nasional pada 22 November adalah momen penting untuk menghargai peran besar transportasi darat dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus mempromosikan pembangunan berkelanjutan di sektor ini.

    Peringatan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum yang aman dan efisien, serta mendukung peningkatan infrastruktur transportasi darat di seluruh Indonesia.

    Baca Juga:
    Hari Perhubungan Darat Nasional, Ini 7 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

    Jakarta: Hari ini, 22 November 2024, diperingati sebagai Hari Perhubungan Darat Nasional di Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua tentang betapa pentingnya peran transportasi darat dalam kehidupan sehari-hari dan perekonomian.
     
    Hari Perhubungan Darat Nasional pertama kali diprakarsai oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 1971 dan hingga kini terus dirayakan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi besar transportasi darat di Indonesia.
     
    Sejarah dan Tujuan Peringatan
    Hari Perhubungan Darat Nasional pertama kali dirayakan pada tahun 1971 atas inisiatif dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dengan dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat).
     
    Peringatan ini bertujuan untuk memajukan sektor transportasi darat agar bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam kegiatan mobilitas sehari-hari.
    Transportasi darat meliputi berbagai jenis moda, termasuk angkutan umum, kereta api, hingga infrastruktur jalan dan trotoar.
     
    Sejak zaman kemerdekaan, transportasi darat telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Moda transportasi seperti kereta api, bus, dan angkutan umum lainnya berperan penting dalam menghubungkan daerah-daerah di seluruh nusantara.
     
    Melalui peringatan ini, pemerintah berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya sistem transportasi darat yang aman, nyaman, dan efisien.
     
    Misi dan Pelaksanaan
    Peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional memiliki misi untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas infrastruktur transportasi darat, mendorong inovasi di sektor ini, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan transportasi darat yang lebih aman dan nyaman.
     
    Kementerian Perhubungan, melalui Ditjen Perhubungan Darat, bertanggung jawab untuk menjalankan kebijakan yang mendukung pengembangan sarana dan prasarana transportasi darat.
     
    Ditjen Hubdat mengelola berbagai aspek, mulai dari lalu lintas dan angkutan jalan, transportasi sungai dan danau, hingga integrasi antar moda transportasi darat untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.
     
    Sejak dahulu, transportasi darat mengalami banyak perkembangan, dari alat angkut sederhana seperti gerobak dan becak, hingga moda transportasi modern seperti bus dan kereta api yang kita gunakan saat ini.
     
    Perkembangan ini menunjukkan betapa pentingnya peran transportasi darat dalam mendukung kehidupan masyarakat.
     
    Pentingnya Transportasi Darat
    Transportasi darat berperan besar dalam mendorong pembangunan ekonomi nasional. Jalur darat memungkinkan akses antar wilayah menjadi lebih efektif dan efisien.
     
    Dengan peningkatan infrastruktur seperti pembangunan jalur Pantura, pemerintah berupaya meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat di berbagai daerah.
     
    Selain itu, penggunaan transportasi umum juga diharapkan bisa membantu mengurangi polusi dan kemacetan di kota-kota besar.
     
    Melalui peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional, pemerintah ingin mengajak masyarakat lebih memanfaatkan transportasi umum, sekaligus mendukung peningkatan infrastruktur jalan serta penerapan teknologi baru yang dapat menunjang perkembangan sektor transportasi darat.
     
    Hari Perhubungan Nasional vs Hari Perhubungan Darat Nasional
    Hari Perhubungan Darat Nasional berbeda dengan Hari Perhubungan Nasional. Hari Perhubungan Nasional diperingati setiap tanggal 17 September dan mencakup seluruh sektor transportasi, baik darat, laut, udara, maupun kereta api.
     
    Sementara itu, Hari Perhubungan Darat Nasional diperingati pada tanggal 22 November dan berfokus khusus pada moda transportasi darat saja.
     
    Hari Perhubungan Darat Nasional pada 22 November adalah momen penting untuk menghargai peran besar transportasi darat dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus mempromosikan pembangunan berkelanjutan di sektor ini.
     
    Peringatan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum yang aman dan efisien, serta mendukung peningkatan infrastruktur transportasi darat di seluruh Indonesia.
     
    Baca Juga:
    Hari Perhubungan Darat Nasional, Ini 7 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (WAN)

  • Kebijakan Ganjil Genap Jakarta Tak Berlaku di Akhir Pekan, Sabtu 23 November 2024 – Page 3

    Kebijakan Ganjil Genap Jakarta Tak Berlaku di Akhir Pekan, Sabtu 23 November 2024 – Page 3

    Meskipun ganjil genap tidak berlaku di akhir pekan, pengendara tetap perlu berhati-hati dan bijaksana dalam berkendara di Jakarta. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

    1. Periksa Kondisi Kendaraan:

    Pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan. Periksa tekanan ban, oli, dan sistem pengereman untuk memastikan keselamatan.

    2. Gunakan Aplikasi Navigasi:

    Aplikasi seperti Google Maps atau Waze dapat membantu menghindari kemacetan dan menemukan rute tercepat ke tujuan Anda.

    3. Hindari Jam Sibuk:

    Jika memungkinkan, hindari berkendara pada jam-jam sibuk bahkan di akhir pekan, seperti pagi hari dan menjelang malam, untuk menghindari kemacetan yang mungkin terjadi.

    4. Patuh pada Rambu Lalu Lintas:

    Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan instruksi dari petugas di lapangan untuk menjaga ketertiban dan keselamatan.

    5. Siapkan Alternatif Transportasi:

    Pertimbangkan menggunakan transportasi umum atau berbagi kendaraan untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan membantu mengurangi polusi.

    6. Tetap Tenang dan Sabar:

    Lalu lintas di Jakarta bisa menjadi stres, jadi penting untuk tetap tenang dan sabar saat berkendara. Hindari tindakan agresif dan selalu prioritaskan keselamatan.

    Dengan memahami kebijakan ganjil genap dan menerapkan tips berkendara yang bijaksana, pengendara dapat menikmati perjalanan yang lebih lancar dan aman di Jakarta.

    Kebijakan ini, meskipun tidak berlaku di akhir pekan, tetap memainkan peran penting dalam mengelola lalu lintas selama hari kerja.

  • Jaman dan Serikat Peci Merah siap ramaikan Kampanye Akbar Pramono-Rano di GBK

    Jaman dan Serikat Peci Merah siap ramaikan Kampanye Akbar Pramono-Rano di GBK

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Jaman dan Serikat Peci Merah siap ramaikan Kampanye Akbar Pramono-Rano di GBK
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 22 November 2024 – 22:05 WIB

    Elshinta.com – Esok kampanye akbar digelar calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta Pramono Anung dan Rano Karno. Kampanye digelar di Stadion Madya, kompleks GBK, Senayan, Jakarta. 

    Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Jakarta Raya dan Serikat Peci Merah (SPM), siap menyukseskan kampanye terakhir tersebut. Ribuan orang akan dihadirkan masing-masing organisasi. 

    “Kami Jaman dan akan ikut menyukseskan kampanye akbar Mas Pram dan Bang Doel tanggal 23 November 2024 di Stadion Madya GBK, ribuan anggota Jaman akan hadir. Sekitar seribu untuk Jaman,” kata Bendahara DPD Jaman DKI Jakarta, Jenny Toding Bua, kepada wartawan, Jumat (22/11) 

    Jaman lantas mengajak warga Jakarta untuk ikut memilih Pramono-Rano dalam Pilkada Jakarta 2024. “Karena bagi Jaman Mas Pram dan Bang Doel yang layak memimpin warga Jakarta untuk saat ini,” ucapnya. 

    Sementara itu, Serikat Peci Merah (SPM), juga akan hadiri kampanye akbar Pramono-Rano. Mereka akan mengerahkan seribuan anggotanya. 
    “Kita akan hadir pakai peci besok, sesuai dengan nama kita,” tandas Sekjen Serikat Peci Merah, Ridwan. 

    Lebih lanjut, apabila Pramono-Rano dipercaya rakyat untuk menjabat gubernur dan wakil gubernur Jakarta periode 2024-2029, pihaknya akan menjadi jembatan bagi masyarakat yang berada di garis kemiskinan maupun di daerah-daerah kumuh. Khususnya mereka yang selama ini belum terjangkau bantuan sosial (bansos), KJP dan lainnya.

    “Jangan sampai hilang (bantuan-bantuan itu), kalau bisa kita tingkatkan,” ungkap Ridwan. 

    Adapun dukungan Jaman dan SPM diberikan kepada Pramono-Rano, lantaran mereka sejalan dengan visi paslon nomor urut 3 itu yakni “Jakarta yang Menyejahterakan Warganya”. Dukungan dilandasi oleh harapan untuk mewujudkan pemerintahan yang ampuh, dalam mengatasi berbagai persoalan di Jakarta. 

    Seperti persoalan kesejahteraan warga, kemacetan, polusi udara, banjir, hunian kumuh, serta adanya lokasi yang jadi kantong kemiskinan kota. 

    Lebih lanjut, setelah ini pihaknya juga akan mengawasi penggunaan bantuan sosial (bansos), utamanya menjelang hari pencoblosan Pilkada Jakarta pada 27 November 2024. 

    Menurut Jaman dan SPM, bansos adalah bentuk tanggung jawab negara, bukan alat politik di dalam kontestasi pemilu. 

    “Bansos hak rakyat, bukan alat politik. Distribusi bansos harus benar dan tepat sasaran, sesuai fungsinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” tandas Jenny. 

    Pemberian bansos semasa Pilkada, kata dia, dapat mempengaruhi pemilih. Hal itu, menurutnya mencederai demokrasi. Pihaknya pun mendukung keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang melarang pemberian bansos semasa Pilkada 2024. 

    Jaman dan SPM turut mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menindak apabila ada pelanggaran terkait pembagian bansos semasa Pilkada. 

    “Kami berharap KPU menindak tegas pelanggaran, mendorong KPU dan lembaga terkait pantau ketat distribusi bansos dan mengambil langkah hukum,” tandas Ridwan.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Rizki Kena Macet Sejam dari Seskoal ke Cipulir: Banjir, Pemotor Lawan Arah

    Rizki Kena Macet Sejam dari Seskoal ke Cipulir: Banjir, Pemotor Lawan Arah

    Jakarta

    Banjir di Jalan Ciledug Raya, Cipulir, Jakarta Selatan, bikin lalu lintas kendaraan macet parah. Ada pemotor terjebak macet di lokasi hingga satu jam.

    Seperti yang dialami oleh Muhammad Rizki Fadillah, warga Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jaksel, malam ini. Dia terjebak macet di sekitar Seskoal ke arah Cipulir.

    “Kejebak macetnya hampir 1 jam lebih dari Seskoal ke arah Cipulir, pas sebelum ITC Cipulir banyak yang lawan arah kan karena kosong kondisinya arah Seskoal, ya udah banyak motor ambil jalur kanan. Lebih stucknya lagi di depan Metro Cipulir karena motor nutup 2 arah ditambah lagi banjir udah mulai dari situ,” kata Rizki kepada detikcom, Jumat (22/11/2024).

    Pemotor bernama Muhammad Rizki Fadillah terjebak macet di Cipulir hingga sejam karena banjir Foto: dok. istimewa

    Rizki mengatakan dirinya terjebak kemacetan karena banjir di Cipulir sekitar pukul 19.00 WIB. Sejam kemudian, Rizki baru bisa terbebas dari kemacetan karena menerobos banjir.

    Dia menyebut banjir di depan Metro Cipulir membuat pengendara motor lawan arah karena menghindari banjir. Namun, lama-lama pemotor yang lawan membuat jalanan semakin padat hingga akhirnya terjadi kemacetan parah.

    “Motor yang lawan arah nutup jalan, kendaraan dari arah Ciledug ke Seskoal nggak bisa lewat jadi ke kunci. Dua unit pemadam udah turun tangan, sampe kira-kira setengah jam stuck, motor mobil bisa lewat pelan-pelan,” ucapnya.

    Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan, Jumat (22/11). Dia menyebut lokasi yang masih terdapat genangan berada di Jalan Ciledug Raya Segmen Alfamart Ciledug Raya Cipulir.

    “Saat ini petugas damkar dan SDA masih dalam proses penyedotan,” kata Yohan saat dihubungi detikcom malam ini.

    Sebelumnya, Yohan mengatakan bahwa air mulai menggenangi Jalan Cipulir Raya pada pukul 16.30 WIB sore tadi. Ketinggian air mencapai 30 cm.

    Kemudian hingga pukul 19.20 WIB malam ini, tampak ketinggian air yang menggenang jalanan masih setinggi 20 cm.

    (fas/aud)

  • Progres 87%, BP Batam Targetkan Bundaran Punggur Tuntas Akhir 2024

    Progres 87%, BP Batam Targetkan Bundaran Punggur Tuntas Akhir 2024

    Jakarta

    Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui Direktorat Infrastruktur Kawasan (DIK) melakukan pemeriksaan pekerjaan pembangunan Bundaran Punggur. Diketahui saat ini progres pengerjaan Bundaran Punggur telah mencapai 87%.

    Adapun pemeriksaan pekerjaan ini dipimpin oleh Kasubdit. Pembangunan Jalan dan Jembatan selaku PPK 5127 Pengelolaan dan Penyelenggaraan serta Pengendalian Mutu Infrastruktur Kawasan, M. Gazali Djajasasmita bersama Kabag. Hubungan Masyarakat, Sazani beserta tim DIK dan tim dari PT Maju Bersama Jaya selaku kontraktor pelaksana serta tim dari PT Bumi Madani selaku Konsultan Supervisi.

    Gazali menjelaskan pekerjaan rigid saat ini telah hampir rampung, dan proses pengaspalan sudah dimulai pada Kamis (21/11) sore.

    “Untuk pekerjaan rigid sudah hampir selesai, Insyaallah (Kamis) sore ini alat-alat pekerjaan aspal akan masuk dan mulai dilakukan proses pengaspalan,” terang Gazali dalam keterangan tertulis, Jumat (22/11/2024).

    Proyek yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Desember ini akan dapat dinikmati oleh masyarakat Batam secara bertahap, di mana jalur yang saat ini dalam posisi contra flow rencananya akan kembali ke jalur normal mulai Senin 25 November 2024.

    “Seluruh pekerjaan utama pada proyek ini rencananya akan rampung pada akhir bulan November dan di bulan Desember akan dilakukan pekerjaan finishing, oleh karena itu kami mohon doa dan dukungan seluruh pihak agar bundaran ini dapat segera kita nikmati bersama,” ujar Gazali.

    “Bagi masyarakat yang selama ini terjebak kemacetan di sekitar bundaran ini kami mohon maaf. Mudah-mudahan pekerjaan pengaspalan di sisi Jalan Sudirman – Jalan Hang Tuah mulai sore ini hingga Minggu nanti dapat selesai tepat waktu, setelahnya contra flow akan kita tiadakan sehingga arus lalu lintas perlahan-lahan dapat kembali lancar,” pungkas Gazali.

    Setelah selesai nantinya, Bundaran Punggur ini akan memiliki diameter sebesar 100 meter yang didukung dengan ruas jalan sebanyak lima lajur.

    Adapun lingkup pekerjaan yang membawa perubahan besar bagi Bundaran Punggur ini yaitu pekerjaan galian dan timbunan, pekerjaan perkerasan beton badan jalan, pekerjaan aspal AC-WC, pekerjaan struktur, dan pekerjaan relokasi pipa yang mana seluruhnya direncanakan rampung pada akhir bulan Desember tahun 2024 ini.

    (akd/ega)

  • Kasus Viral Kecelakaan Truk Obesitas Terus Bermunculan, Ada Apa Gerangan? – Page 3

    Kasus Viral Kecelakaan Truk Obesitas Terus Bermunculan, Ada Apa Gerangan? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menggalakkan program untuk menghentikan truk berlebih muatan (Zero ODOL) sejak 2017. Namun nyatanya, kecelakaan akibat truk yang diduga Over Dimension Overload atau truk ODOL tersebut masih marak terjadi hingga saat ini.

    Seperti terjadi pada Senin (11/11/2024), ketika sebuah truk pengangkut kardus menyebabkan kecelakaan beruntun di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarangan (Cipularang) Km 92. Insiden ini turut melibatkan sejumlah kendaraan lain dan mengakibatkan kerusakan parah.

    Dalam video yang viral beredar, terlihat beberapa kendaraan bertumpuk dan mengalami kerusakan di pinggir jalan. Beberapa orang tampak keluar dari kendaraan dan dievakuasi ke bahu jalan.

    Berdasarkan pernyataan Polda Jawa Barat, kecelakaan ini diduga terjadi akibat truk ODOL yang mengalami rem blong. Sehingga menabrak deretan kendaraan di depannya dan terjadi kecelakaan beruntun.

    Kecelakaan Maut

    Teranyar, kecelakaan maut juga terjadi di kawasan turunan Silayur, Jalan Prof Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang pada Kamis (21/11/2024) petang. Yang kembali diakibatkan sebuah truk angkutan, meskipun belum ada indikasi lebih lanjut apakah kendaraan bersangkutan masuk kategori ODOL atau tidak.

    Peristiwa nahas ini melibatkan sebuah truk tronton bermuatan aki yang diduga mengalami rem blong, hingga menabrak sejumlah kendaraan dan bangunan di sepanjang jalur tersebut. Dua orang dilaporkan tewas di lokasi kejadian, sementara beberapa lainnya menderita luka berat.

    Menurut informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.15 WIB, tepat di jalur menurun Silayur. Truk dengan nomor polisi B 9674 KXS ini menghantam berbagai kendaraan termasuk sepeda motor, mobil, dan truk sampah, sebelum akhirnya berhenti setelah menabrak warung jus buah. Insiden ini memicu kemacetan panjang di sekitar lokasi hingga malam hari.

     

  • Kementerian PU Target Seluruh Perbaikan Jalan Tol Rampung H-10 Nataru

    Kementerian PU Target Seluruh Perbaikan Jalan Tol Rampung H-10 Nataru

    Jakarta

    Periode libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024-2025 akan berlangsung kurang dari dua bulan lagi. Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pekerjaan perbaikan jalan tol diselesaikan maksimal H-10 Nataru untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas (lalin).

    Hal itu disampaikan Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti saat meninjau sejumlah ruas jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Solo pada Rabu (20/11/2024). Ruas jalan tol yang ditinjau antara lain ruas Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo.

    Diana mengatakan, Kementerian PU bersama para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mengupayakan peningkatan kemantapan jalan tol, baik melalui perbaikan jalan maupun pelebaran jalan. Termasuk antisipasi kepadatan kendaraan yang diprediksi terjadi pada 21 Desember s.d 4 Januari nanti melalui koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

    “Semua pekerjaan perbaikan juga harus bisa diselesaikan pada 15 Desember atau H-10 Nataru agar tidak mengganggu perjalanan masyarakat,” kata Diana, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (22/11/2024).

    Pada kesempatan itu, Diana juga meninjau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area yaitu TIP A 102, TIP A 379, dan TIP B 456. Ia meminta BUJT untuk terus menjaga kebersihan dan kualitas layanan agar masyarakat dapat merasa nyaman, terutama pada toilet, tempat makan, dan tempat parkir.

    “Kita lihat di beberapa rest area sudah bersih, seharusnya saat Nataru juga tetap bersih dan tertata rapi. Parkir harus tertata dengan baik agar tidak ada lagi penumpukan kendaraan di rest area yang menyebabkan kemacetan di jalan tol,” ujarnya.

    Diana juga berharap semua command center yang dimiliki setiap BUJT dapat diintegrasikan dalam satu aplikasi. Hal ini agar memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang semua ruas jalan tol di seluruh Indonesia secara real time.

    “Nanti BPJT akan coba mengkoordinasikan command center terintegrasi ini, sehingga kita bisa memantau titik kepadatan di jalan tol untuk dikoordinasikan dengan Korlantas dan Kementerian Perhubungan agar dapat segera ditindaklanjuti,” kata dia.

    Di sisi lain, Diana juga sempat melakukan peninjauan terhadap penanganan Jalan Kaligawe yaitu jalan nasional perbatasan Semarang dan Demak. Adapun jalan ini sering terendam air akibat banjir rob.

    “Kita sudah mulai melakukan upaya penanganan melalui elevasi jalan dan pompanisasi agar air hujan atau air rob tidak menggenang di jalan ini,” ujar Diana.

    (shc/rrd)

  • Bali Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Wisatawan Tahun 2025, Ini Alasannya

    Bali Masuk Daftar Destinasi yang Sebaiknya Tidak Dikunjungi Wisatawan Tahun 2025, Ini Alasannya

    TRIBUNJATENG.COM – Penerbit panduan perjalanan asal Amerika Serikat (AS), Fodor’s, memasukkan Bali dalam daftar destinasi yang sebaiknya tidak dikunjungi wisatawan tahun 2025.

    Apa alasannya?

    “Pembangunan yang cepat dan tidak terkendali yang dipicu oleh overtourism merambah habitat alami Bali, mengikis warisan lingkungan dan budayanya, dan menciptakan ‘kiamat plastik’,” bunyi keterangan dari laman resmi Fodor’s, dikutip Kamis (21/11/2024).

    Adapun overtourism terjadi ketika jumlah wisatawan yang berkunjung melebihi kapasitas suatu destinasi.

    Sebagai informasi, daftar tersebut tidak dimaksudkan untuk memboikot sejumlah destinasi wisata, melainkan untuk meningkatkan kesadaran mengenai dampak pariwisata yang tidak berkelanjutan terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

    Daftar ini disusun berdasarkan sejumlah faktor, antara lain popularitas yang berlebihan, kerusakan lingkungan, tekanan sosial terhadap penduduk lokal, dan kurangnya infrastruktur yang memadai.

     Daftar ini terbagi menjadi dua: Perennial no list yang berisi sejumlah destinasi yang tergolong “sering” masuk daftar tersebut, serta Destinations beginning to suffer yang berisi sejumlah destinasi yang dinilai mulai mengalami tekanan.

    Destinasi yang tak layak dikunjungi turis tahun 2025

    1. Bali

    Bali menghadapi masalah serius akibat overtourism, dilansir dari Independent.co.uk. Pada tahun 2023, lebih dari lima juta wisatawan tercatat mengunjungi Pulau Dewata. 

    Meskipun angka tersebut menandakan mulai pulihnya pariwisata Bali dari pandemi Covid-19, sekaligus mendorong perekonomiannya, hal itu juga menyebabkan tekanan luar biasa bagi infrastruktur Bali.

    Bali Partnership, sebuah koalisi akademisi dan lembaga swadaya masyarakat yang bekerja untuk mempelajari dan memecahkan masalah pengelolaan sampah, memperkirakan Bali menghasilkan 1,6 juta ton sampah setiap tahunnya, dengan sampah plastik mencapai hampir 303.000 ton.

    Hanya 48 persen dari seluruh sampah yang dikelola secara bertanggung jawab, dan hanya tujuh persen sampah plastik yang didaur ulang.

    Akibatnya, tidak sedikit sampah yang mencemari sejumlah pantai di Bali. Contohnya di Kuta dan Seminyak.

    Tidak hanya itu, overtourism juga disebut memperburuk hubungan antara wisatawan dengan masyarakat setempat. Salah satu sebabnya adalah kurangnya rasa hormat wisatawan terhadap masyarakat lokal.

    “Tanpa perubahan, kita mempertaruhkan lebih dari sekadar pemandangan yang indah-kita berisiko kehilangan identitas budaya itu sendiri,” ucap pakar perjalanan berkelanjutan yang berfokus pada Asia Tenggara, Kristin Winkaffe.

    Adapun sebelumnya Bali juga masuk daftar yang sama untuk kategori yang sama tahun 2020.

    2. Barcelona

    Barcelona, Spanyol, menjadi salah satu destinasi di Eropa yang masyarakatnya disebut semakin tidak menyukai wisatawan.

    Protes terhadap overtourism menjadi pemandangan umum selama musim panas di kota ini.

    Masalah kepadatan wisatawan dan minimnya perhatian terhadap penduduk lokal telah menciptakan ketegangan di Barcelona.

    3. Mallorca

    Seperti Barcelona, Mallorca di Spanyol juga tengah menghadapi tekanan besar akibat membeludaknya jumlah wisatawan.

    Penduduk lokal mengeluhkan perubahan yang mengurangi kualitas hidup mereka dan meningkatnya biaya hidup akibat pariwisata massal.

    4. Kepulauan Canary

    Kepulauan Canary di Spanyol pun menghadapi tantangan serupa dengan destinasi di Eropa lainnya.

    Pariwisata intensif telah memengaruhi keseimbangan lingkungan serta menciptakan kerumitan sosial bagi penduduk setempat.

    5. Venesia

    Venesia, Italia terus menjadi sorotan karena kepadatan wisatawan yang ekstrem.

    Biaya masuk wisatawan yang tinggi menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi dampak negatif, tapi tantangan keberlanjutan masih menjadi masalah besar.

    6. Lisbon

    Lisbon, Portugal, menghadapi kurangnya tempat tinggal bagi penduduk lokal karena meningkatnya penggunaan properti untuk sewa jangka pendek oleh wisatawan.

    Hal ini mengakibatkan kenaikan harga properti yang signifikan, sekaligus memengaruhi masyarakat setempat secara negatif.

    7. Koh Samui

    Koh Samui, Thailand, disebut menderita akibat semakin terkenal usai serial The White Lotus.

    Peningkatan lalu lintas wisatawan memperburuk masalah pengelolaan limbah dan pasokan air, yang sudah menjadi isu lama di pulau ini.

    8. Gunung Everest

    Gunung Everest di Nepal menghadapi masalah sampah yang mencemari jalur pendakian, sedangkan para pekerja lokal menghadapi risiko besar saat membantu wisatawan.

    Pariwisata ekstrem di wilayah ini telah mengancam kelestarian lingkungan dan keselamatan masyarakat setempat.

    9. Agrigento

    Sebagai Ibu Kota Kebudayaan Italia tahun 2025, Agrigento menghadapi tantangan serius dengan krisis air yang dapat diperburuk oleh lonjakan jumlah wisatawan.

    Kondisi ini dapat merusak ekosistem lokal dan keseimbangan sumber daya.

    10. Kepulauan Virgin

    Kepulauan Virgin di Inggris mulai menunjukkan tanda-tanda tekanan akibat pariwisata berlebihan.

    Kehadiran wisatawan dalam jumlah besar berpotensi mengganggu ekosistem laut dan kehidupan masyarakat lokal.

    11. Kerala

    Kerala, yang dikenal sebagai “God’s Own Country” di India, mulai terpengaruh oleh pariwisata yang tidak terkelola dengan baik.

    Dampak terhadap lingkungan dan masyarakat setempat menjadi perhatian utama.

    12. Kyoto dan Tokyo

    Dua kota terbesar di Jepang ini menghadapi masalah karena lonjakan kunjungan wisatawan asing.

    Kyoto, khususnya, mengalami tekanan besar terhadap budaya lokalnya, sedangkan Tokyo menghadapi tantangan urban akibat pariwisata massal.

    13. Oaxaca

    Oaxaca di Meksiko semakin populer di kalangan wisatawan, tapi popularitas ini membawa tekanan terhadap masyarakat adat dan budaya lokal.

    Perlindungan terhadap warisan budaya menjadi isu mendesak untuk wilayah ini.

    14. Pantai Utara Skotlandia 500

    Rute perjalanan darat ini telah menjadi sangat populer sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas dan minimnya fasilitas berkemah yang memadai.

    Hal ini menciptakan ketidaknyamanan bagi penduduk setempat serta kerusakan lingkungan. (*)

     

  • Pilar Saga Klaim Bisa Selesaikan 10 dari 18 Titik Banjir di Tangsel
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 November 2024

    Pilar Saga Klaim Bisa Selesaikan 10 dari 18 Titik Banjir di Tangsel Megapolitan 21 November 2024

    Pilar Saga Klaim Bisa Selesaikan 10 dari 18 Titik Banjir di Tangsel
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com
    – Calon wakil wali Kota Tangerang Selatan,
    Pilar Saga Ichsan
    , memamerkan prestasinya dalam penanganan banjir di Tangsel.
    Dia mengklaim telah berhasil menangani 10 dari 18 titik banjir yang ada di Tangsel saat menjabat sebagai waki wali kota Tangsel periode sebelumnya.
    “Permasalahan utama di Tangsel di bidang infrastruktur tentu saja menangani masalah banjir yang terus kami upayakan hingga saat ini,” ujat Pilar saat debat Pilkada Tangsel di Studio Kompas TV, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (21/11/2024).
    Namun, dia tak merincikan apa saja yang sudah dilakukan untuk mengatasi permasalahan banjir di Tangsel.
    Selain masalah banjir, Pilar juga menyoroti masalah kemacetan. Dia mengatakan akan mengembangkan 33 trayek transportasi publik di 2025 untuk mengatasi masalah kemacetan.
    “Bagaimana transportasi publik yang murah dan cepat bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata dia.
    Pada bidang ekonomi, Pilar akan mendorong ekonomi digital dan ekonomi kreatif, terutama bagi generasi muda. Langkah ini diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekonomi di Tangsel.
    “Ke depan, masyarakat Tangsel, terutama anak-anak mudanya, harus bisa mengembangkan potensi mereka,” ucap dia.
    Pilar juga menyinggung program kesehatan yang akan ditingkatkan. Dia menyoroti pentingnya peningkatan fasilitas kesehatan di Tangsel, seperti program ‘Ngider Sehat Premium’, puskesmas, posyandu, hingga rumah sakit.
    “Kami akan terus meningkatkan fasilitasnya, menambah tenaga kesehatan, serta melengkapi alat-alat medisnya,” jelasnya.
    Diketahui, debat kali ini mengangkat tema tentang hubungan pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi maupun pusat dan penguatan peneguhan NKRI
    Debat ini diikuti oleh dua pasangan calon, yaitu pasangan calon nomor urut 01, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan yang didukung oleh PDI-P, Gerindra, Demokrat, PAN, Nasdem, PSI, PPP, PKB, PBB, PKN, Gelora, Hanura, Ummat, Buruh, Garuda, dan Perindo.
    Sedangkan pasangan nomor urut 02, Ruhamaben dan Shinta Wahyuni Chairuddin diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.