Kasus: Kemacetan

  • Kemenhub siapkan kebijakan strategis untuk angkutan Natal-tahun baru

    Kemenhub siapkan kebijakan strategis untuk angkutan Natal-tahun baru

    Mengantisipasi potensi lonjakan penumpang yang berpotensi mengakibatkan kemacetan, penumpukan pada simpul-simpul transportasi, isu keselamatan dan antisipasi perubahan cuaca

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perhubungan menyiapkan kebijakan strategis dan rencana mitigasi bencana untuk angkutan Natal – Tahun Baru 2024/2025 guna mendukung kelancaran serta animo masyarakat dalam bepergian.

    “Mengantisipasi potensi lonjakan penumpang yang berpotensi mengakibatkan kemacetan, penumpukan pada simpul-simpul transportasi, isu keselamatan dan antisipasi perubahan cuaca pada masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, maka Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengambil langkah kebijakan strategis dan rencana mitigasi bencana,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi di Jakarta, Rabu.

    Untuk sektor angkutan darat berupa penyediaan kantong parkir dan buffer zone pada akses ke pelabuhan penyeberangan, pemberlakuan delaying system, pemberian izin insidentil Perusahaan Otobus, pemberlakuan contraflow, kategorisasi kondisi antrean di pelabuhan penyeberangan.

    Kemudian sektor angkutan laut berupa penyiapan kapal navigasi dan kapal patroli untuk tanggap darurat kejadian luar biasa, penyiapan protokol tanggap darurat penanganan kejadian tidak terduga, dan penyediaan buffer area dalam kawasan pelabuhan serta penyiapan pelabuhan alternatif.

    Selanjutnya untuk sektor angkutan udara berupa informasi dan koordinasi penanganan dampak aktivitas vulkanik, kategorisasi kompensasi dan ganti rugi keterlambatan penerbangan, penanganan kemacetan traffic darat pada akses ke bandara, dan operasional bandara selama 24 jam pada masa Natal – Tahun Baru 2024/2025.

    Untuk sektor angkutan kereta api berupa penyelenggaraan Daerah Pemantauan Khusus (DAPSUS) beserta personel dan sarana standby, kesiapan Alat Material untuk Siaga (AMUS) pada beberapa titik, dan sosialisasi serta penyiagaan personel Kemenhub pada perlintasan sebidang yang rawan macet dan rawan longsor.

    Dalam rangka mendukung kelancaran dan animo masyarakat untuk bepergian pada masa Natal – Tahun Baru 2024/2025, maka Kemenhub menyiapkan sarana dan prasarana transportasi.

    Untuk transportasi jalan tersedia sarana 32.130 unit bus dan untuk prasarana tersedia 113 Terminal Tipe A. Transportasi laut tersedia sarana 765 unit kapal dan untuk prasarana tersedia 110 pelabuhan laut.

    Selanjutnya untuk transportasi kereta api tersedia sarana 2.683 kereta serta prasarana untuk di jaringan jalur perkeretaapian Sumatera, Jawa dan Sulawesi Selatan. Untuk transportasi udara tersedia sarana 417 unit pesawat, kapasitas 8,23 juta penumpang, dan prasarana 56 bandara.

    Lalu untuk transportasi penyeberangan tersedia sarana 159 unit kapal penyeberangan dan prasarana yang terdiri dari 11 Lintas Pelabuhan Penyeberangan, 29 Dermaga Moveable Bridge (MB), dua dermaga ponton, dan 17 Dermaga Plengsengan.

    Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan telah memprediksikan simpul-simpul terpadat berdasarkan jumlah penumpang antar provinsi di antaranya prediksi jumlah pengunjung terminal sebanyak 2,5 juta orang. Sedangkan prediksi penumpang melalui pelabuhan penyeberangan sebesar 1,6 juta orang.

    Selanjutnya lima stasiun kereta api asal terpadat adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Bandung, dan Surabaya, Gubeng. Lima pelabuhan asal terpadat adalah Makassar New Port, Ende, Bau Bau, Tanjung Perak, dan Falabisahaya.

    Prediksi lima bandara asal terpadat adalah Bandara Soekarno-Hatta, Sultan Hasanuddin, Juanda, Kualanamu, dan Sepinggan.

    Pemilihan rute nasional untuk pengguna mobil secara keseluruhan Tol Trans Jawa mendominasi dengan persentase pengguna sebesar 6,67 juta kendaraan, kemudian diikuti Tol Trans Sumatera sebesar 5,31 juta kendaraan dan Tol Cipularang sebesar 2,22 juta kendaraan.

    Rute nasional untuk pengguna motor melalui Jalur Lintas Utara Jawa (Pantura) mendominasi dengan 34,81 persen dan Jalur Lintas Tengah Jawa sebesar 29,11 persen.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Longsor Tutup Sebagian Jalan Caringin-Bungbulang Garut, Bagaimana Akses Jalur Selatan Garut?

    Longsor Tutup Sebagian Jalan Caringin-Bungbulang Garut, Bagaimana Akses Jalur Selatan Garut?

    Liputan6.com, Garut – Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak kemarin, menyebabkan material tebing tinggi di jalan raya Caringin-Bungbulang tepatnya di KM Bdg 149+880 Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat longsor menutupi bahu jalan, Rabu (4/12/2024).

    Kapolsek Caringin Ipda Indra Koncara mengatakan, musibah longsor terjadi pada hari, Selasa (3/12/2024) sekitar pukul 06.00 WIB pagi, akibat curah hujan intensitas tinggi di wilayah itu.

    “Longsoran tanah yang terjadi memiliki panjang 9 meter, lebar 7,5 meter, dan tinggi 9 meter, menyebabkan jalan tersebut tertutup oleh material tanah,” ujar dia, Rabu (4/12/2024).

    Untuk mengindari dampak panjang kemacetan yang ditimbulkan dari musibah longsor itu, Anggota Polsek Caringin bersama dengan Dishub Kecamatan Caringin, UPT PUPR Kecamatan Caringin, serta warga setempat, langsung bertindka cepat dan kerjasama membersihkan material tanah yang menutupi jalan.

    “Untuk mengurangi dampak pada arus lalu lintas, petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup dari kedua arah,” kata dia.

    Di tengah hujan intensitas tinggi saat ini, Indra mengingatkan dan menghimbau semua pengguna jalan di wilayah itu, berhati-hati dan waspada terhadap ancaman datangnya musibah longsor.

    “Bencana alam seperti longsor dan banjir dapat terjadi dengan tiba tiba,” ujar dia menegaskan.

  • Beredar Video Kereta Anjlok di Dekat Mangga Dua, KAI Buka Suara

    Beredar Video Kereta Anjlok di Dekat Mangga Dua, KAI Buka Suara

    loading…

    Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko buka suara menanggapi sebuah video yang menarasikan peristiwa kereta anjlok di kawasan Mangga Dua, Jakarta Barat beredar di media sosial. Foto/Istimewa

    JAKARTA – Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko buka suara menanggapi sebuah video yang menarasikan peristiwa kereta anjlok di kawasan Mangga Dua, Jakarta Barat beredar di media sosial. Narasi dalam video itu menyebutkan bahwa kereta yang memalang sebuah ruas jalan terhenti lantaran anjlok.

    Tertutupnya ruas jalan pun membuat kemacetan di ruas jalan itu. “Kayaknya cuman ketahan sinyal aja, jadi belum bisa masuk, jadi (berhenti) menutup perlintasan, bukan anjlok,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko saat dihubungi, Rabu (4/12/2024).

    Ixfan juga memastikan peristiwa itu tidak terjadi pada Rabu (4/12/2024) ini. Ia menduga potongan video yang tersebar merupakan insiden lama.

    Baca Juga

    “Bukan (kejadian hari ini), mungkin sudah lama, video lama. Kaya video yang ular di dalam kereta yang sempat ramai. Ternyata video lama,” jelas Ixfan.

    Ixfan memastikan bahwa operasi kereta di Jakarta tidak mengalami gangguan. “Saya cek informasi di perjalanan kereta tidak ada yang laporan,” tandasnya.

    (rca)

  • Cek 26 Titik Ganjil Genap Jakarta Berlaku Rabu 4 Desember 2024, Jangan Sampai Salah! – Page 3

    Cek 26 Titik Ganjil Genap Jakarta Berlaku Rabu 4 Desember 2024, Jangan Sampai Salah! – Page 3

    Menghadapi kebijakan ganjil genap, pengendara roda empat atau lebih perlu menyesuaikan rencana perjalanan mereka. Berikut adalah beberapa tips berguna untuk membantu Anda berkendara dengan lebih efisien dan nyaman:

    1. Periksa Nomor Pelat Kendaraan:

    Pastikan nomor pelat kendaraan Anda sesuai dengan hari yang berlaku. Pada hari ini, kendaraan dengan nomor pelat ganjil yang boleh melintas di area ganjil genap.

    2. Gunakan Aplikasi Navigasi:

    Manfaatkan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze yang dapat memberikan informasi real-time mengenai kondisi lalu lintas dan rute alternatif yang bebas dari aturan ganjil genap.

    3. Pertimbangkan Transportasi Umum:

    Jika kendaraan Anda tidak dapat melintas karena aturan ganjil genap, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta, MRT, atau KRL yang dapat menjadi alternatif efisien untuk mencapai tujuan Anda.

    4. Rencanakan Perjalanan:

    Atur jadwal perjalanan Anda di luar jam-jam sibuk atau di luar jam berlaku ganjil genap untuk menghindari kemacetan dan potensi pelanggaran aturan.

    5. Carpooling:

    Berbagi kendaraan dengan teman atau kolega yang memiliki nomor pelat sesuai dapat menjadi solusi efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

    6. Menggunakan Kendaraan Ramah Lingkungan:

    Pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan listrik atau sepeda yang tidak terpengaruh oleh aturan ganjil genap dan juga ramah lingkungan.

    7. Waspadai Perubahan Kebijakan:

    Selalu perbarui informasi Anda mengenai kebijakan ganjil genap, karena bisa saja ada perubahan atau penyesuaian yang diberlakukan oleh pemerintah setempat.

    Dengan memahami dan mematuhi kebijakan ganjil genap, kita semua dapat berkontribusi dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

  • Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Pelabuhan Bakauheni Akibat Cuaca Buruk

    Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Pelabuhan Bakauheni Akibat Cuaca Buruk

    Liputan6.com, Lampung – Untuk mengatasi kemacetan dan penumpukan kendaraan akibat cuaca buruk yang terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Polda Lampung melalui Direktorat Lalu Lintas akan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas dengan menggunakan delay system, Selasa (3/12/2024).

    Kebijakan ini diambil untuk memastikan kelancaran arus kendaraan menuju pelabuhan, terutama saat cuaca buruk dan kondisi angin tinggi.

    Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillas Astutik, menjelaskan bahwa selama 1 hingga 2 jam ke depan, penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni akan ditunda sementara.

    “Namun, layanan lainnya tetap beroperasi. Pihaknya akan terus memantau situasi cuaca, dan jika angin tetap tinggi, penutupan sementara pelayanan pelabuhan dan penjualan tiket akan diberlakukan hingga cuaca stabil,” kata Kombes Pol Umi ditemui di Mapolda Lampung, Selasa (3/12/2024).

    Sebagai langkah tambahan untuk menghindari penumpukan kendaraan, Direktorat Lalu Lintas akan menerapkan sistem delay di beberapa titik rest area, seperti di Rest Area 38 dan 62, yang mengarah ke Pelabuhan Bakauheni.

    Dengan penerapan delay system, kendaraan akan diberi waktu jeda untuk mengurangi kepadatan di jalan menuju pelabuhan.

    Umi juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga Lampung, untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca dan memeriksa jadwal keberangkatan sebelum menuju pelabuhan. 

    Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi penumpukan kendaraan yang dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

    “Diharapkan, penerapan rekayasa lalu lintas ini dapat membantu mengurangi kemacetan di sekitar Pelabuhan Bakauheni dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jasa pelabuhan,” pungkasnya.

     

     

  • Cuaca Ekstrem, Penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni Ditutup Sementara

    Cuaca Ekstrem, Penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni Ditutup Sementara

    Bandarlampung: Penyeberangan kapal feri di Pelabuhan Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa ditutup sementara akibat cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang tinggi. Keputusan ini diambil untuk memastikan keselamatan pengguna jasa transportasi laut, berdasarkan rekomendasi dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni.

    Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astuti, mengungkapkan bahwa penundaan penyeberangan akan berlangsung selama satu hingga dua jam ke depan, dengan waktu keberangkatan kapal yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Meskipun ada penundaan, pelayanan di pelabuhan tetap berjalan.

    “Jika angin dan ombak masih tinggi, ada kemungkinan kami mengambil langkah lebih lanjut, seperti penutupan sementara pelayanan penyeberangan demi keselamatan,” kata Kombes Pol Umi dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa, 3 Desember 2024.

    Selain itu, untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan di pelabuhan, pihak berwenang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem delay di beberapa rest area, seperti rest area Km38 dan Km62. Hal ini bertujuan untuk mengatur volume kendaraan yang menuju pelabuhan, mengurangi kemacetan, dan memperlancar transportasi.

    Meski penyeberangan ditunda, Umi mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa pelabuhan Bakauheni untuk tetap memantau informasi cuaca dan menyesuaikan waktu perjalanan mereka.

    “Kami mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dapat mengganggu kelancaran transportasi,” jelas dia.

    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau masyarakat dan pengguna jasa penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kelancaran perjalanan laut. ASDP menekankan pentingnya perencanaan perjalanan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

    Berdasarkan laporan BMKG, cuaca di sekitar lintasan Merak-Bakauheni pada Selasa, 3 Desember 2024, berada dalam status siaga. Angin bertiup dengan kecepatan 17-23 knots dari barat daya, dan ketinggian gelombang laut diperkirakan mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.

    Bandarlampung: Penyeberangan kapal feri di Pelabuhan Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa ditutup sementara akibat cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang tinggi. Keputusan ini diambil untuk memastikan keselamatan pengguna jasa transportasi laut, berdasarkan rekomendasi dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni.
     
    Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astuti, mengungkapkan bahwa penundaan penyeberangan akan berlangsung selama satu hingga dua jam ke depan, dengan waktu keberangkatan kapal yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Meskipun ada penundaan, pelayanan di pelabuhan tetap berjalan.
     
    “Jika angin dan ombak masih tinggi, ada kemungkinan kami mengambil langkah lebih lanjut, seperti penutupan sementara pelayanan penyeberangan demi keselamatan,” kata Kombes Pol Umi dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa, 3 Desember 2024.
    Selain itu, untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan di pelabuhan, pihak berwenang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem delay di beberapa rest area, seperti rest area Km38 dan Km62. Hal ini bertujuan untuk mengatur volume kendaraan yang menuju pelabuhan, mengurangi kemacetan, dan memperlancar transportasi.

    Meski penyeberangan ditunda, Umi mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa pelabuhan Bakauheni untuk tetap memantau informasi cuaca dan menyesuaikan waktu perjalanan mereka.
     
    “Kami mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dapat mengganggu kelancaran transportasi,” jelas dia.
     
    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau masyarakat dan pengguna jasa penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kelancaran perjalanan laut. ASDP menekankan pentingnya perencanaan perjalanan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan bersama.
     
    Berdasarkan laporan BMKG, cuaca di sekitar lintasan Merak-Bakauheni pada Selasa, 3 Desember 2024, berada dalam status siaga. Angin bertiup dengan kecepatan 17-23 knots dari barat daya, dan ketinggian gelombang laut diperkirakan mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (LDS)

  • Guo Zaiyuan Hingga Jokowi Digugat Bayar Ganti Rugi Rp615,2 Triliun

    Guo Zaiyuan Hingga Jokowi Digugat Bayar Ganti Rugi Rp615,2 Triliun

    GELORA.CO – Taipan Sugianto Kusuma alias Aguan termasuk pihak yang digugat secara perdata ke pengadilan terkait proyek strategis nasional (PSN) Pantai Indah Kapuk atau PIK-2. Bos Agung Sedayu Group itu dianggap melakukan perbuatan melawan hukum dan dituntut membayar ganti rugi Rp616,2 triliun.

    Gugatan didaftarkan 20 warga negara Indonesia dari beragam profesi mulai dari aktivis, pengamat, purnawirawan TNI hingga pegiat media sosial ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat, 29 November 2024.

    Menamakan diri Tim Advokasi Melawan Oligarki Rakus Perampas Tanah Rakyat di PIK-2, mereka menyebut Aguan melakukan perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur Pasal 1365 KUHPerdata.

    “Tujuannya agar jika gugatan dikabulkan, uang ganti rugi itu langsung dibayarkan kepada Kemenkeu. Jadi, dengan begitu defisit tertutupi dan pemerintah tak perlu lagi mencari dengan menaikkan pajak seperti PPN 12 persen dan lain-lainnya,” jelas 

    koordinator tim hukum penggugat, Ahmad Khozinuddin.

    Selain Aguan yang bernama asli Guo Zaiyuan dan pernah bolak balik diperiksa KPK dalam kasus suap reklamasi teluk Jakarta,   pihak yang digugat antara lain CEO Salim Group Anthony Salim alias Liem Hong Sien Liem Hong Sien atau Liem Fung, PT Pantai Indah Kapuk Dua, perusahaan yang membebaskan lahan PIK-2, mantan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memberi status PSN untuk PIK-2, pengurus Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surta Wijaya dan Maskota HJS.

    Aguan cs digugat karena dianggap telah secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama melakukan setidaknya delapan perbuatan melawan hukum.

    Pertama, melakukan kegiatan penyelundupan hukum kawasan PIK-2 yang hanya seluas 1.705 hektare di kawasan Kosambi, namun pada faktanya proyek PSN PIK-2 diterapkan di semua wilayah pembebasan lahan yang tidak masuk kawasan PSN di 10 kecamatan, di mana sembilan kecamatan di antaranya berada di Kabupaten Tangerang, dan satu kecamatan di Serang yakni Kecamatan Teluk Naga, Paku Haji, Sepatan, Mauk, Kronjo, Kresek, Gunung Keler, Kemiri, dan Kecamatan Mekar Baru. Sedang kecamatan di Serang yang lahannya ikut dibebaskan meski tidak termasuk PSN PIK-2 adalah Kecamatan Tanara.

    Dua, melakukan kegiatan pengantaran tanah timbun untuk pengurugan PIK-2 menggunakan sejumlah truk yang menimbulkan polusi, kerusakan jalan, kemacetan, hingga menimbulkan kecelakaan dengan korban jiwa. Terakhir, terjadi kecelakaan yang menyebabkan seorang remaja 13 tahun meninggal dunia akibat terlindas truk yang membawa material tanah timbun untuk pengurugan PIK-2.

    Tiga, melakukan pengantaran tanah timbun untuk pengurugan lokasi PIK-2 dengan truk dilakukan terus menerus 1×24 jam yang melanggar pasal 3 Peraturan Bupati Tangerang Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2018 tentang Pembatasan Waktu Operasi Mobil Barang Pada Ruas Jalan di Kabupaten Tangerang yang mengatur jadwal operasional truk pukul 22:00 WIB hingga pukul 05:00 WIB.

    Empat, Aguan cs melakukan kegiatan pemagaran kawasan PIK-2 yang telah memutus akses warga ke sejumlah wilayah lainnya yang sebelumnya terhubung secara alami melalui sejumlah jalan desa dan jalan terusan yang ada di desa. Kawasan PIK-2 menjadi kawasan eksklusif yang membuat desa terisolasi dan akses ke wilayah lainnya yang sebelumnya bisa secara bebas dan leluasa terhubung.

    Lima, melakukan kegiatan pembangunan kawasan area PIK-2 yang telah menutup sejumlah akses publik, selain akses jalan, juga akses nelayan untuk melaut secara bebas karena sejumlah proyek PIK-2 di kawasan pantai telah menghalangi rute nelayan untuk melaut pada jalur yang biasa dilewati.

    Enam, melakukan kegiatan pembangunan kawasan area PIK-2 yang telah merampas hak tanah rakyat karena terpaksa menjual tanah mereka dengan harga murah dan kehilangan sumber penghasilan untuk bertahan hidup, baik dari kegiatan bertani, menggarap sawah maupun mengelola tambak, sedangkan harga tanah yang murah, yakni Rp30.000-Rp50.000 per meter tersebut tidak dapat digunakan untuk membeli tanah pengganti untuk dijadikan aset produksi sebagai sumber mata pencaharian.

    Tujuh, melakukan pembebasan lahan yang tidak termasuk di kawasan di 10 kecamatan yang menimbulkan sejumlah masalah sosial berkaitan dengan hak-hak rakyat yang dirampas, diintimidasi dan lain sebagainya.

    Terakhir, melakukan pembiaran atas atas penyelundupan hukum dan pelanggaran surat Kemenko Perekonomian No. 6 Tahun 2024 tanggal 15 Mei 2024 dan Surat Komite Percepatan Penyedia Infrastruktur (KPPIP) No PK.KPPIP/55/D.IV.M.EKON.KPPIP/06/2024 tanggal 4 Juni 2024 Perihal: Surat Keterangan PT Mutiara Intan Permai sebagai Badan Usaha Pengelola dan Pengembang PSN PIK-2 Tropical Coastland, sehingga memunculkan ancaman keamanan dan pertahanan melalui munculnya entitas negara dalam negara di PIK-2.

    Adapun ke-20 penggugat Aguan cs yakni Brigjen TNI (Purn) R. Kun Priyambodo, Kolonel TNI (Purn) Sugeng Waras, Kolonel TNI (Purn) Muh Nur Saman, Kolonel TNI (Purn) Didi Rohendi, Kolonel TNI (Purn) Achmad Romzan, Kolonel TNI (Purn) Rochmad Suhadji, Kolonel TNI (Purn) Drg Drajat Mulya H.F, Kolonel TNI (Purn) Iwan Barli Setiawan.

    Lalu Kolonel TNI (Purn) Alan Sahari Harahap,  Menuk Wulandari, Edy Mulyadi, dan Rizal Fadillah, Ida Nurhaida Kusdianti, Hilda Melvinawati, R. Rachmadi, Harlita Juliastuti K, Sandrawati, Suyanti, Ida Saidah dan Tuti Surtiati.

    “Tujuan dari gugatan ini adalah agar proyek PSN PIK-2 dibatalkan,” tukas Ahmad Khozinuddin.

  • Pengamat: Paslon harus punya solusi konkret jika di DKI dua putaran

    Pengamat: Paslon harus punya solusi konkret jika di DKI dua putaran

    Ciptakan pemilih umum yang membuat masyarakat antusias agar tidak membuat terkesan pilihan masyarakat nantinya tidak baik dan dianggap penuh kecurangan bansos dan lain-lain

    Jakarta (ANTARA) – Pengamat politik dari Citra Institute Efriza melalui analisanya menyebut pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta harus bisa meyakinkan masyarakat dengan solusi yang lebih konkret terhadap persoalan di kota metropolitan jika pilkada berlangsung dua putaran.

    Menurut Efriza, paslon yang masuk ke putaran kedua nantinya jangan sampai memancing isu-isu sensitif yang membuat masyarakat enggan menggunakan hak pilihnya karena merasa demokrasi di Indonesia tidak damai dan kotor.

    Lalu, setiap paslon nantinya harus saling menjaga kedamaian Pilkada dan tidak menciptakan narasi buruk ke setiap paslon.

    Gagasan yang seharusnya dibentuk oleh setiap paslon yakni solusi yang masuk akal terhadap permasalahan banjir, kemacetan, pemukiman kumuh, transportasi, kemiskinan, dan lain sebagainya.

    Efriza juga menyoroti terkait adanya janji dari paslon soal peningkatan anggaran operasional RT dan RW. Menurut Efriza, iming-iming tersebut tidak memberikan solusi konkret tetapi terkesan membebani masyarakat dalam menyelesaikan masalah di Jakarta.

    Adapun pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI nomor urut 3, Pramono Anung dan Rano Karno telah mendeklarasikan kemenangan satu putaran dalam Pilkada DKI Jakarta dengan perolehan suara sebanyak 50,07 persen.

    Sedangkan tim pemenangan pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mengungkapkan bahwa Pilkada Jakarta 2024 akan digelar dalam dua putaran.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024

  • 26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku pada Hari Ini, Selasa 3 Desember 2024 – Page 3

    26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku pada Hari Ini, Selasa 3 Desember 2024 – Page 3

    Bagi pengendara kendaraan roda empat atau lebih, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam menghadapi kebijakan ganjil genap:

    1. Periksa Pelat Nomor:

    Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa angka terakhir pelat nomor kendaraan Anda. Jika tidak sesuai dengan tanggal hari ini, pertimbangkan alternatif lain untuk perjalanan Anda.

    2. Gunakan Transportasi Umum:

    Memanfaatkan transportasi umum seperti bus TransJakarta, MRT, atau KRL bisa menjadi pilihan yang efisien dan hemat waktu. Selain menghindari pelanggaran, ini juga mendukung pengurangan kemacetan.

    3. Rencanakan Rute Alternatif:

    Jika Anda harus menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan rute alternatif yang tidak termasuk dalam zona ganjil genap. Aplikasi peta digital dapat membantu Anda menemukan rute yang lebih cepat dan bebas dari pembatasan.

    4. Carpooling:

    Berbagi kendaraan dengan rekan kerja atau teman yang memiliki tujuan serupa bisa menjadi solusi efektif. Selain mengurangi jumlah kendaraan di jalan, ini juga bisa menghemat biaya bahan bakar.

    5. Perhatikan Sosialisasi dan Informasi:

    Selalu perbarui informasi mengenai kebijakan lalu lintas melalui media resmi atau aplikasi lalu lintas. Pemerintah seringkali mengeluarkan informasi terbaru terkait kebijakan ini.

    6. Pertimbangkan Waktu Perjalanan:

    Mengatur waktu perjalanan di luar jam ganjil genap bisa menjadi opsi. Jika memungkinkan, berangkat lebih awal atau lebih lambat dari jam sibuk untuk menghindari pembatasan.

    Kebijakan ganjil genap di Jakarta merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara.

    Dengan mematuhi aturan dan merencanakan perjalanan dengan bijak, pengendara dapat berkontribusi pada kelancaran lalu lintas di Jakarta.

  • Jalur Arteri Jadi Perhatian Khusus Saat Libur Nataru, Ini Alasannya

    Jalur Arteri Jadi Perhatian Khusus Saat Libur Nataru, Ini Alasannya

    Jakarta: Jalur arteri akan menjadi perhatian khusus selama masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) tahun ini. Alasannya, karena angka kecelakaan di jalur arteri setiap tahunnya cukup tinggi.

    “Dari pengalaman kami, jalur arteri memiliki potensi kecelakaan yang masih cukup tinggi dibandingkan jalan tol,” kata Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, Senin, 2 Desember 2024.

    Dia mengungkapkan hail itu berdasarkan hasil evaluasi dari survei di berbagai wilayah. Yakni, di Merak, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur, yang menjadi perhatian saat libur atau mudik Nataru tidak hanya di jalan tol, tetapi juga di jalur arteri.
     

    “Oleh karena itu, kami bersama para stakeholder juga mempersiapkan pengelolaan jalur arteri dengan baik, termasuk pengaturan di kawasan wisata dan penyeberangan seperti di Pelabuhan Ketapang,” ujar Rivan.

    Dia mengimbau masyarakat merencanakan perjalanan dengan baik. Termasuk, menghindari puncak arus kemacetan.

    “Sehingga liburan Nataru dapat dinikmati dengan aman, nyaman, dan berkeselamatan” tambah Rivan.

    Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menambahkan. Menurut dia, sektor penyeberangan merupakan salah satu aspek krusial jika tidak dikelola dengan baik.

    “Oleh karena itu, kita telah menyiapkan contingency plan yang disepakati bersama semua stakeholder. Dengan persiapan yang matang, kami berharap arus mudik dan wisata selama Nataru berjalan lancar,” ujar Aan.

    Jakarta: Jalur arteri akan menjadi perhatian khusus selama masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) tahun ini. Alasannya, karena angka kecelakaan di jalur arteri setiap tahunnya cukup tinggi.
     
    “Dari pengalaman kami, jalur arteri memiliki potensi kecelakaan yang masih cukup tinggi dibandingkan jalan tol,” kata Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, Senin, 2 Desember 2024.
     
    Dia mengungkapkan hail itu berdasarkan hasil evaluasi dari survei di berbagai wilayah. Yakni, di Merak, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur, yang menjadi perhatian saat libur atau mudik Nataru tidak hanya di jalan tol, tetapi juga di jalur arteri.
     

    “Oleh karena itu, kami bersama para stakeholder juga mempersiapkan pengelolaan jalur arteri dengan baik, termasuk pengaturan di kawasan wisata dan penyeberangan seperti di Pelabuhan Ketapang,” ujar Rivan.
    Dia mengimbau masyarakat merencanakan perjalanan dengan baik. Termasuk, menghindari puncak arus kemacetan.
     
    “Sehingga liburan Nataru dapat dinikmati dengan aman, nyaman, dan berkeselamatan” tambah Rivan.
     
    Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menambahkan. Menurut dia, sektor penyeberangan merupakan salah satu aspek krusial jika tidak dikelola dengan baik.
     
    “Oleh karena itu, kita telah menyiapkan contingency plan yang disepakati bersama semua stakeholder. Dengan persiapan yang matang, kami berharap arus mudik dan wisata selama Nataru berjalan lancar,” ujar Aan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ADN)