Kasus: Kemacetan

  • Operator Seluler Jamin Internet Stabil di Momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025

    Operator Seluler Jamin Internet Stabil di Momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025

    Jakarta

    Operator seluler menjamin layanan internet tidak akan terganggu selama perayaan Hari Raya Natal 2024 dan momen pergantian Tahun Baru 2025.

    Indosat Ooredoo Hutchison

    Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

    Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian.

    “Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga,” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

    Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.

    Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025. Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

    Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

    Telkomsel

    Di momen Natal dan Tahun Baru 2025, Telkomsel memperkirakan peningkatan trafik data hingga 14,8%, dengan total payload mencapai 1.981 petabyte. Optimalisasi infrastruktur jaringan, baik 4G/LTE maupun 5G, telah dilakukan secara menyeluruh, didukung uji jaringan di berbagai jalur utama dan lokasi strategis, guna mendukung kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan digital.

    “Telkomsel berkomitmen menyambungkan semangat optimisme dan energi positif bagi masyarakat. Dengan mengoptimalkan kesiapan konektivitas, layanan, dan solusi inovatif dan unggul, Telkomsel berupaya memastikan agar setiap pelanggan dapat menikmati momen Natal dan Tahun Baru dengan penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan,”kata Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna.

    Seiring pengamanan jaringan internet, Telkomsel juga mengumumkan perluasan jaringan 5G di berbagai daerah Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 1.400 BTS 5G yang tersebar di 56 kota/kabupaten di Indonesia sejak pertama diluncurkan secara komersil pada 2021.

    XL Axiata

    XL Axiata telah memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2025. XL Axiata memprediksi akan terjadi peningkatan trafik mencapai 10% – 20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa.

    Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

    Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan berdasakan survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang.

    “Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data. Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” ungkap dia.

    Upaya penyiapan jaringan yang telah dilakukan XL Axiata meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan.

    Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata dan pusat keramaian, juga titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas. Sebanyak lebih kurang 127 MBTS telah ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.

    Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Kenaikan trafik diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, yang merayakan Natal, seperti di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.

    XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS.

    (agt/jsn)

  • Jam Operasional Angkutan Barang Dibatasi pada Periode Nataru, Simak Jadwalnya

    Jam Operasional Angkutan Barang Dibatasi pada Periode Nataru, Simak Jadwalnya

    Jakarta, Beritasatu.com– Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan pembatasan operasional truk angkutan barang selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (nataru) dalam rangka mengurangi kecelakaan dan kemacetan. 

    “Pertama, untuk mengurangi kecelakaan, kemudian mengurangi kemacetan,” kata Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (15/12/2024) dilansir Antara.

    Aan mengatakan, selama Operasi Lilin pada 22 Desember 2024 sampai 2 Januari 2025 atau periode nataru, truk angkutan barang tidak diperkenankan melintas di jalan tol. Jam operasional truk angkutan barang di jalur arteri juga akan dibatasi. “Di (jalur) arteri itu ada window time, untuk kendaraan barang itu hanya pukul 22.00 sampai 05.00 baru bisa beroperasi,” ujarnya.

    Saat operasional angkutan barang dibatasi pada nataru, Korlantas Polri juga telah menggelar tactical floor game (TFG) untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin. TFG adalah simulasi taktis operasional Polri menggunakan media peta pada lantai guna memberikan gambaran kondisi lapangan.

    TFG dihadiri perwakilan dari Ditlantas Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Jawa Timur, dan Polda Bali. Dalam kesempatan itu, masing-masing wilayah memaparkan strategi dalam mengantisipasi pergerakan masyarakat selama Operasi Lilin 2024 berlangsung.

    Ia mengatakan terdapat beberapa titik krusial pada pengamanan nataru, baik di jalan tol maupun tempat istirahat atau rest area. Kakorlantas juga mengimbau masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak jauh saat libur nataru. Berdasarkan data Korlantas, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua cukup tinggi mencapai 78%.

    Untuk itu, Korlantas Polri membatasi operasional angkutan barang saat nataru.
     

  • Sepasang Kekasih Dikawal Polisi Ogah Kena Macet di Puncak Bogor, Sindiran Netizen: Ternyata Pacaran – Halaman all

    Sepasang Kekasih Dikawal Polisi Ogah Kena Macet di Puncak Bogor, Sindiran Netizen: Ternyata Pacaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Viral di media sosial potongan sebuah video sepasang kekasih yang sedang jalan-jalan ke Puncak Bogor dikawal petugas kepolisian demi menghindari macet.

    Postingan itu video di media sosial karena dianggap perjalanan mereka tidak darurat sehingga harus mendapat pengawalan.

    Apalagi pada caption video, pemilik akun Tiktok @Simplyfun menulis keterangan kalau mereka dikawal karena tak ingin macet-macetan.

    Dalam videonya mereka merekam kegiatan memberi makan hewan diduga di Taman Safari Bogor.

    Ia menulis keterangan seperti ini,

    “Jalan ke Puncak yu “

    “Ah macet nanti”

    “Aku taku kamu gak bisa macet ko sayang”.

    Kemudian video berubah menunjukan kondisi mobil yang melaju di tengah jalan membelah kemacetan di Puncak Bogor.

    Setelah viral di media sosial, pemilik akun TikTok langsung membuat video klarifikasi di dalam mobil.

    Wanita yang berpose sebelum bicara itu menceritakan bahwa ia dan pacarnya pergi ke Taman Safari Bogor untuk berlibur.

    Mereka pergi dari rumah pukul 08.00 WIB dan sampai di Taman Safari Bogor, dua jam kemudian.

    “Aku tuh sama pacar aku jam 8 pagi, memang iya, iya, tujuan ke Taman Safari jalan-jalan, tapi dari rumah sampai Taman Safari itu kita tuh sekitar 2 jam gak dikawal sama sekali,” katanya.

    Dari pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB, pasangan tersebut ada di Taman Safari Bogor.

    Wanita yang tidak diketahui identitasnya ini mengaku mendapat telepon dari ayah sang pacar memberitahukan bahwa mobil akan dipakai untuk mengantar orang sakit.

    “Pas udah nyampe main wisata, siang bokap cowok gua nelepon ternyata mobilnya mau dipakai sore buat nganterin saudaranya yang sakit,” katanya.

    Mereka kemudian terjebak macet di Simpang Taman Safari dan bertemu seorang polisi Patwal.

    “Jam 3 sore, sampai Simpang Safari macet di situ ada polisi Patwal lagi berhenti mau turun ke bawah,” katanya.

    Pacarnya pun kata wanita itu, langsung membuka kaca untuk bertanya pada polisi Patwal.

    “Cowok aku buka kaca karena melihat Patwal itu nanya mau kemana kan, polisi jawab mau ke bawah pak. Kita nanya boleh ikut gak kita ada keperluan mendadak mau antar orang sakit. kata polisi oh yaudah sekali gak apa-apa ke bawah,” katanya.

    Sampai akhirnya mereka menembus kemacetan Puncak Bogor dengan dikawal Patwal.

    “Dan di situ setelah Gerbang Tol Ciawi udah, dilepas,” katanya.

    Ia menyadari video TikToknya membuat netizen berkomentar negatif.

    “Caption aku sangat menggiring opini publik berkomentar negatif soal aku. Tujuan aku just konten aja. Aku minta maaf di TKP kemarin yang keganggu sama kendaraan aku. Aku sama sekali gak ada niat menyalahgunakan aturan, mungkin salahnya captionnya aja yang terlalu menyepelekan,” katanya.

    Banyak pengguna media sosial yang berkomentar sini terkait postingan tersebut.

    “Serius nih kita sampai minggir-minggir ternyata yang lewat orang pacaran buru-buru ke Puncak,” tulis pemilik akun cocobotto.

    Berdasar Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (UU LLAJ), dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 1993, ada 7 kendaraan yang berhak dikawal :

    Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas 
    Ambulans yang mengangkut orang sakit 
    Kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas 
    Kendaraan Kepala Negara (Presiden dan Wakil Presiden) atau Pemerintah Asing yang menjadi tamu negara 
    Iring-iringan pengantar jenazah 
    Konvoi, pawai atau kendaraan orang cacat 
    Kendaraan yang penggunaannya untuk keperluan khusus atau mengangkut barang-barang khusus.

  • Pramono Berencana Akomodir Program RK- Dharma, Internet Jakarta Gratis?

    Pramono Berencana Akomodir Program RK- Dharma, Internet Jakarta Gratis?

    Bisnis.com, JAKARTA – Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung mengaku akan mengakomodir sejumlah program yang dicanangkan oleh pasangan calon lain saat berkompetisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta. Salah satunya internet gratis.

    Menurutnya, sejumlah program yang disampaikan baik oleh pasangan calon 01, dan 02, secara prinsip sama dengan program yang ia rencanakan untuk Jakarta.

     “Tentunya ada beberapa program baik paslon nomor 01 maupun nomor 02 yang akan kami tindak lanjuti karena secara prinsip tidak berbeda dengan apa yang ada di kami,” katanya kepada wartawan di Cilandak, Jakarta, Sabtu (14/12/2024).

    Diketahui, Ridwan Kamil sempat berjanji untuk mengatasi kemacetan hingga banjir di Jakarta dengan sejumlah program baru yang belum pernah ada. 

    Sementara itu, Dharma Kun berencana menghadirkan internet gratis dengan kecepatan hingga 100 Mbps di setiap rumah. 

    Program tersebut rencananya menjangkau 2,8 juta rumah dan diklaim telah dibicarakan dengan operator.

    Dia menjelaskan jika warga Jakarta diberi Internet gratis dengan kecepatan 100 mbps, maka masyarakat bisa beraktivitas hanya dari rumah saja, tanpa harus ke luar dan menambah kemacetan serta polusi.

    Dia berpandangan selain bisa mengurangi kemacetan dan polusi udara Jakarta, hal tersebut juga busa mengatasi kesenjangan digital yang terjadi selama ini di wilayah DKI Jakarta.

    Adapun Jakarta merupakan salah satu pasar internet terbesar operator seluler dan fixed broadband. Kehadiran internet gratis menjadi tantangan baru bagi keberlanjutan bisnis, bagi ISP yang tidak terlibat program. 

    “Kan saya sama dengan juga 01 maupun 02, internet gratis dan sebagainya,” lanjutnya.

    Saat ini, kata Pramono, dirinya dan Rano Karno akan fokus membangun Jakarta untuk masyarakat terlebih sudah ada ucapan selamat secara langsung dari pasangan 01 dan 02.

    “Juga paslon nomor 01 maupun 02 sudah menyampaikan ucapan selamat. Sehingga dengan demikian kita sekarang betul-betul berkonsentrasi untuk bagaimana untuk kembali membangun Jakarta,” pungkas Pramono.

  • Kecelakaan Beruntun Enam Kendaraan di Tol Dalam Kota Diselesaikan Secara Kekeluargaan – Halaman all

    Kecelakaan Beruntun Enam Kendaraan di Tol Dalam Kota Diselesaikan Secara Kekeluargaan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Timur Iptu Darwis Sunarta menyampaikan kecelakaan beruntun melibatkan enam kendaraan diselesaikan lewat jalur kekeluargaan.

     

     

    Peristiwa kecelakaan itu terjadi di ruas Tol Dalam Kota KM 00.500 B, Jumat (13/12/2024) pukul 08.30 WIB. 

     

    “Masih lidik di penyidik tapi para pihak sepakat kekeluargaan,” kata Darwis kepada wartawan, Sabtu (14/12/2024).

    Dia memastikan semua pihak yang terlibat sudah tanda tangan surat pernyataan damai.

     

    Menurutnya, pengendara Mitsubishi L300 yang menjadi penyebab kecelakaan tidak dipermasalahkan oleh pengendara yang menjadi korban kecelakaan beruntun.

     

    “Mereka nggak mempermasalahkan L300,” tukasnya.

     

    Sebelumnya, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Ojo Ruslani menuturkan sejumlah kendaraan terlibat kecelakaan beruntun.

     

    Di antaranya bus Mayasari Bakti nomor polisi B 7865 TGA, mobil boks nopol B 9200 TXX, Toyota Vellfire nopol B 2347FKI, dan Hyundai Ioniq 5 nopol B 1201 FNO, Honda Mobilio D 1688 YBQ, serta Toyota Innova Reborn bernopol B 2963 PKN.

     

    “Korban DA mengalami patah tulang, AS luka ringan, dan penumpang Alphard luka ringan,” kata Ojo.

    Dia berujar, kendaraan mobilo awalnya mengarah dari barat ke timur.

     

    Setibanya di lokasi ada kendaraan Mitsubishi L300 yang tak tahu indentitasnya memotong jalan kemudian mendadak kaget hingga terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan enam kendaraan.

     

    “Imbas kejadian tersebut mengakibatkan kendaraan Ioniq yang ada di contraflow ditabrak dengan Vellfire yang mengarah timur,” kata dia.

     

    Lebih lanjut Ojo mengatakan, perihal penyebab pasti kecelakaan saat ini masih didalami. 

     

    Mobilio mengalami kerugian rusak bagian depan-belakang, Ioniq 5 patah as belakang. 

     

    Bus Mayasari rusak bagian depan, Innova rusak depan-belakang, mobil boks rusak bagian depan dan Vellfire rusak bagian depan-belakang.

     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di ruas Tol Dalam Kota Jakarta pada Jumat (13/12/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. 

     

    Insiden laka lantas ini menyebabkan arus lalu lintas di jalur Tebet hingga Cawang mengalami kemacetan parah.

     

    “Tol Dalam Kota Kecelakaan di Tebet KM 02 – Cawang KM 00+100 PADAT,” menandakan dampak yang signifikan terhadap kondisi lalu lintas di sekitar lokasi kejadian,” tulis akun TMC Polda Metro Jaya.

  • Pohon Tumbang di Melawai, Kemacetan Panjang Tak Terhindarkan

    Pohon Tumbang di Melawai, Kemacetan Panjang Tak Terhindarkan

    loading…

    Pohon besar tumbang di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (14/12/2024) sore ini. Foto/Felldy Utama

    JAKARTA – Pohon besar tumbang di kawasan Melawai , Jakarta Selatan, Sabtu (14/12/2024) sore ini. Pohon tersebut menutupi ruas jalan, sehingga menyebabkan kemacetan panjang.

    Adapun, lokasi tepat kejadian ini berada di Jalan Iskandarsyah Raya, menuju arah Blok M. Berdasarkan pantauan di lokasi sekira pukul 16.02 WIB, pohon besar yang melintang di ruas jalan tersebut tengah berusaha disingkirkan oleh petugas PPSU hingga sejumlah pengendara yang kendaraannya tersendat.

    Baca Juga

    Pohon besar tersebut tumbang ketika kawasan Melawai tengah dilanda hujan deras disertai angin kencang. Sejumlah kabel yang berada di dekat pohon itu juga turut terseret tumbang. Sehingga hal itu membuat beberapa tiang listrik pun hampir roboh.

    Imbas pohon besar yang tumbang ini mengakibatkan kemacetan panjang di sekitar lokasi. Hanya pengendara sepeda motor yang bisa melewati jalan tersebut.

    (rca)

  • Ketentuan Tes CAT dan Wawancara Seleksi Petugas Haji 1446 H/2025 M, Digelar 17 Desember – Halaman all

    Ketentuan Tes CAT dan Wawancara Seleksi Petugas Haji 1446 H/2025 M, Digelar 17 Desember – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut inilah ketentuan tes CAT (Computer Asisted Test) dan wawancara pada seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1446 H/2025 M.

    Diketahui, seleksi Petugas Haji Arab Saudi 1446 H/2025 M saat ini telah menyelesaikan tahap verifikasi administrasi.

    Adapun peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi CAT dan wawancara. 

    “Proses verifikasi dokumen pendaftaran sudah hampir selesai. Pengumuman hasil verifikasi dapat langsung dicek oleh peserta melalui akun masing-masing,” ujar Direktur Bina Haji pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Arsad Hidayat di Jakarta, Jumat (13/12/2024).

    Menurut Arsad, peserta yang lolos verifikasi berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya, yakni tes CAT dan Wawancara.

    “Tes CAT dan Wawancara akan digelar pada 17 Desember 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta,” jelas Arsad.

    Selengkapnya, simak inilah ketentuan pelaksanaan Tes CAT dan Wawancara seleksi PPIH Arab Saudi 1446 H/2025 M.

    Ketentuan Tes CAT dan Wawancara Seleksi Petugas Haji 1446 H/2025 M

    Pelaksanaan CAT akan berlangsung mulai pukul 07.30 WIB.
    Nantinya, akan ada 100 soal yang harus dijawab dalam waktu 90 menit.
    Peserta diharapkan sudah tiba di lokasi paling lambat jam 07.00 WIB untuk proses registrasi dan uji coba.
    CAT menggunakan handphone masing-masing peserta.
    Pastikan perangkat HP peserta dapat digunakan untuk CAT, baik secara sistem maupun ketersediaan data internet.
    Pakaian peserta, atasan putih dan bawahan hitam.

    Setelah melaksanakan tes CAT, peserta akan mengikuti tes wawancara sesuai bidang formasi layanan yang dipilih.

    Panitia telah menentukan kelas wawancara peserta di asrama haji Pondok Gede, sesuai bidang layanan.

    “Proses wawancara dilakukan secara bergantian sesuai daftar nama peserta. Ini rencananya dimulai pada jam 10.30 WIB sampai selesai,” ucap Arsad.

    “Hasil seleksi akan diumumkan secara online melalui akun pendaftaran masing-masing,” paparnya.

    Untuk menghindari kepadatan dan kemacetan, peserta diimbau menggunakan transportasi umum untuk datang ke asrama haji Pondok Gede.

    Hal tersebut lantaran jumlah peserta yang mengikuti seleksi Petugas Haji 1446 H/2025 M sangatlah banyak.

    “Kami imbau hindari menggunakan kendaraan pribadi agar tidak terjadi kemacetan,” tegasnya.

    Diketahui sebelumnya, pendaftaran seleksi PPIH 1446 H/2025 M dibuka secara online pada 29 November – 6 Desember 2024, lalu.

    Hingga penutupan, lebih 6.000 peserta yang mendaftar.

    Mereka terdistribusi pada delapan formasi layanan, yaitu:

    Layanan Akomodasi;
    Layanan Konsumsi;
    Layanan Transportasi;
    Layanan Bimbingan Ibadah;
    Layanan Pelindungan Jemaah;
    Layanan PKPPJH (Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji);
    Layanan Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas; dan
    Layanan MCH (Media Center Haji).

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • Akademisi Jepang-Indonesia Kembangkan Inovasi Teknologi Mobilitas Udara, Apa Itu?

    Akademisi Jepang-Indonesia Kembangkan Inovasi Teknologi Mobilitas Udara, Apa Itu?

    Jakarta

    Mobilitas udara (air mobility) telah menjadi salah satu inovasi teknologi yang digadang-gadang paling revolusioner dalam beberapa dekade terakhir. Inovasi tersebut buah kolaborasi akademisi Jepang dan Indonesia.

    Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini, konsep ini melibatkan transportasi udara jarak pendek menggunakan drone, pesawat listrik, dan kendaraan udara otonom (AAV). Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika akademisi dan profesional dari Jepang dan Indonesia berkumpul untuk membahas topik ini.

    Perkembangan mobilitas udara telah menghadirkan solusi transportasi yang lebih efisien, cepat, dan ramah lingkungan, khususnya untuk wilayah perkotaan dan terpencil. Jepang berada di garis depan perkembangan ini, mengandalkan teknologi canggih dan infrastruktur modern untuk memajukan inovasi di bidang tersebut.

    Dalam konteks ini, diskusi akademis yang diadakan di Universitas Hosei, Tokyo dari tanggal 11 hingga 13 Desember, menandai tonggak penting dengan mempertemukan para ahli dari Jepang dan Indonesia. Pertemuan tersebut dihadiri oleh akademisi terkemuka dari Universitas Hosei Prof. Dr. Gaku Minorikawa, seorang ahli dalam penelitian akustik dan penerbangan, dan Dr. Senichiro Yatsuda, seorang spesialis dalam teknologi listrik, keduanya juga mewakili HIEN Aero Technologies, Jepang.

    Selain itu, hadir pula Takeshi Hompo, seorang magister teknik kedirgantaraan lulusan University of California, San Diego, Master of Science degree in Aerospace Engineering. Hadir pula Firmantoko Soetopo, Magister Teknik Sistem, Presiden Direktur Bagaskara Jakarta, dan Prof. Dr. Rudy Harjanto, Kepala Program Doktor Ilmu Komunikasi LSPR.

    Negeri Matahari Terbit ini telah memanfaatkan teknologi canggih untuk mendorong pengembangan mobilitas udara. Salah satu inovasi utamanya adalah kendaraan udara listrik yang mampu terbang secara otonom.

    HIEN Aero Technologies telah memperkenalkan sistem propulsi listrik hemat energi yang mendukung keberlanjutan lingkungan. Teknologi ini dirancang untuk mengurangi emisi karbon secara signifikan, menjadikan mobilitas udara sebagai solusi transportasi masa depan yang ramah lingkungan, dan memastikan bahwa kendaraan udara masa depan tidak hanya efisien tetapi juga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat perkotaan.

    “Kota-kota besar seperti Tokyo dan Jakarta menghadapi tantangan kemacetan lalu lintas yang signifikan. Mobilitas udara menawarkan solusi praktis melalui layanan taksi udara yang dapat mengurangi beban transportasi darat,” kata Takeshi Hompo.

    “Di sisi lain, di daerah terpencil dan kepulauan, mobilitas udara menjadi alat vital untuk pengiriman logistik, terutama makanan dan obat-obatan,” sambungnya.

    Solusi ini sangat penting, terutama bagi Jepang, negara yang kerap dilanda bencana alam. Mobilitas udara dapat berperan penting dalam mendukung operasi penyelamatan, karena kendaraan udara otonom dapat mengirimkan bantuan ke daerah yang sulit dijangkau.

    “Teknologi ini terbukti sangat berharga selama gempa bumi dan tsunami Fukushima, di mana drone digunakan untuk memantau daerah yang terdampak bencana dan mengirimkan pasokan darurat,” jelas Yatsuda.

    Sementara itu, Minorikawa menuturkan bahwa air mobility memberikan berbagai manfaat sosial, seperti aksesibilitas yang memudahkan masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan kebutuhan pokok, layanan kesehatan, dan pendidikan.

    “Kendaraan udara otonom mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan transportasi darat, dan dalam situasi darurat, mobilitas udara memungkinkan pengiriman bantuan dengan cepat,” ungkap Minorikawa.

    Minorikawa seraya menjelaskan bahwa penggunaan mobilitas udara dapat mengurangi biaya operasional logistik melalui pengiriman yang lebih cepat dan tepat waktu. Tidak hanya itu, industri mobilitas udara menciptakan peluang baru di bidang manufaktur, perawatan, dan pengembangan teknologi. Mobilitas udara juga membuka peluang bagi wisatawan untuk menjangkau destinasi yang sebelumnya sulit diakses.

    “Di Jepang, air mobility bukan hanya soal transportasi, tapi juga dianggap sebagai bagian dari semangat inovasi negara ini,” imbuhnya.

    Pemerintah bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan kemajuan ini tetap berpegang pada nilai-nilai tradisional, seperti menghargai lingkungan. Ditambah lagi, kendaraan udara modern sering kali mencerminkan prinsip desain Jepang, yang berfokus pada kesederhanaan dan efisiensi.

    “Indonesia memiliki potensi besar untuk mengadopsi air mobility, terutama untuk logistik pulau, pengiriman barang antarpulau kecil yang sulit dijangkau, dan bantuan bencana, seperti di Jepang, di mana mobilitas udara dapat digunakan untuk menyalurkan bantuan ke daerah-daerah yang terkena bencana alam”, kata Firmantoko Soetopo.

    Diskusi tiga hari di Universitas Hosei difokuskan pada peluang dan tantangan pengembangan mobilitas udara di Jepang dan Indonesia. Prof. Dr. Rudy Harjanto menekankan peran penting komunikasi lintas budaya dalam memperkenalkan teknologi baru kepada masyarakat Indonesia. Ia mencatat bahwa komunikasi yang efektif dapat mempercepat adopsi teknologi mobilitas udara di sektor logistik antarpulau di Indonesia, yang penting bagi negara kepulauan yang membutuhkan solusi transportasi udara yang efisien.

    “Air mobility merupakan salah satu inovasi teknologi yang berpotensi besar untuk mengubah cara kita hidup, bekerja, dan bepergian. Dengan manfaat sosial, ekonomi, dan budaya yang signifikan, masa depan mobilitas udara terlihat menjanjikan, terutama di Jepang dan Indonesia. Kolaborasi internasional seperti diskusi ini menunjukkan bahwa teknologi ini bukan hanya soal inovasi, tapi juga memberikan manfaat nyata bagi kemanusiaan,” pungkas Prof. Dr. Rudy Harjanto.

    (agt/agt)

  • Pramono Ngaku Sudah Komunikasi dengan Partai Pengusung RK untuk Kerja Sama

    Pramono Ngaku Sudah Komunikasi dengan Partai Pengusung RK untuk Kerja Sama

    Jakarta

    Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung menyambut baik dukungan yang diberikan Anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PKB, Muhammad Lefy untuk membantu membangun Jakarta ke depan. Pramono mengaku juga sudah berkomunikasi dengan partai pendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk kerja sama.

    “Saya berterima kasih dan saya sudah berkomunikasi hampir sebagian besar partai-partai yang kemarin memberikan dukungan kepada pasangan lain. Bagi saya pribadi yang seperti ini tentunya akan menjadi sebuah hubungan awal yang baik untuk bekerjasama di kemudian hari,” kata Pramono di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (14/12/2024).

    Pramono mengatakan sudah berkomunikasi dengan pimpinan DPRD. Dia menyebut juga sudah berkomunikasi dengan ketua-ketua fraksi di DPRD.

    “Saya juga sudah berkomunikasi dengan pimpinan-pimpinan, ketua DPRD, wakil ketua dan sebagainya, ketua-ketua fraksi,” lanjutnya.

    Pramono mengaku yakin bisa bekerjasama dengan semua pihak demi memajukan Jakarta. Dia juga memastikan akan terus membuka ruang untuk berdialog dan berdiskusi bersama dengan berbagai kalangan.

    “Saya yakin saya pasti akan bisa bekerjasama untuk Jakarta ini. Saya adalah orang yang membuka ruang seluas-luasnya untuk duduk bersama, bersilaturahmi, memikirkan bersama, berdiskusi bersama, mencari jalan keluar bersama,” ungkapnya.

    Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PKB, Muhammad Lefy, mengatakan pihaknya siap dalam membantu pemerintahan Pramono Anung-Rano Karno selaku pemenang Pilgub Jakarta 2024. Lefy menyebut ada sejumlah isu yang harus dibenahi oleh Pramono-Rano.

    “Problem hari ini Jakarta punya banyak sekali masalah. Isu prioritas dari PKB yang akan kita terus dorong supaya Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih yang baru itu yang pertama transportasi dan kemacetan,” kata Lefy saat dihubungi, Jumat (13/12).

    “Pengelolaan sampah kita belum maksimal. Kita masih terus-terusan lempar sampah ke Bantar Gebang harusnya Jakarta sebagai kota global bisa mewujudkan Jakarta yang ramah lingkungan dan bisa mengelola sampah,” katanya.

    Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta ini juga menyoroti masalah ketimpangan sosial di Jakarta. Dia berharap pemerintahan Pramono-Rano nanti bisa memangkas jarak kesenjangan tersebut.

    “Makanya kita pasti dukung program pemerintah baru program gubernur dan wakil gubernur baru yang ingin mewujudkan hunian yang layak. Yang pasti PKB dukung Mas Pram dan Bang Doel supaya ‘Jakarta Menyala’,” ujar Lefy.

    (bel/whn)

  • Banyak Lalui Tempat Dianggap Sakral, Proyek Tol Solo-Yogyakarta Alami Perubahan Rute

    Banyak Lalui Tempat Dianggap Sakral, Proyek Tol Solo-Yogyakarta Alami Perubahan Rute

    Jakarta, Beritasatu.com– Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengungkapkan, proyek pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo akan mengalami perubahan rute atau reroute karena keberatan pemerintah daerah menyusul banyak melalui tempat yang dianggap sakral. 

    Dody mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian PU menampung keberatan pemerintah daerah berkaitan tempat-tempat (ground) yang dianggap sakral yang kemungkinan bakal dilintasi proyek pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo. “Tinggal reroute saja karena beberapa ground yang dianggap sakral. Ya wajarlah, kearifan lokal kita tidak bisa lawan,” ujar Dody di Jakarta, Jumat (13/12/2024) dilansir Antara.

    Menurut dia, Kementerian PU akan berdiskusi dengan PT Jasamarga Jogja Solo selaku badan usaha jalan tol untuk ruas tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo. “Kita lagi diskusikan dengan Jasa Marga, karena begitu reroute (kemungkinan) terjadi pembengkakan biaya,” katanya.

    Sebagai informasi, Menteri Pekerjaan Umum Dody Hanggodo telah meninjau progres pembangunan tol Sol-Yogyakarta-NYIA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Ruas tol seksi Kartosuro-Purwomartani untuk segmen Klaten-Prambanan akan difungsionalkan sepanjang 8,6 km untuk mendukung kelancaran arus mudik libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (nataru)

    Dengan dibukanya secara fungsional segmen Klaten-Prambanan akan melengkapi seksi Kartasura-Klaten yang sudah beroperasi sejak Oktober 2024 sepanjang 20,1 km guna mengurai kemacetan serta mempersingkat waktu tempuh.

    Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo sepanjang 96,57 km terdiri dari tiga tahap pembangunan. Tahap 1 Kartasura-Purwomartani sudah beroperasi sebagian, yakni seksi Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km. Tahap ini akan beroperasi penuh pada akhir 2025.

    Untuk tahap 2 dan 3 akan melintasi Ring Road Yogyakarta sampai Bandara NYIA Kulonprogo ditargetkan selesai pada 2027. Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo dibangun menggunakan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) dengan biaya investasi Rp 27,49 triliun.