Kasus: Kemacetan

  • Pemkab Bekasi perpanjang tarif Rp0 penumpang Trans Wibawa Mukti

    Pemkab Bekasi perpanjang tarif Rp0 penumpang Trans Wibawa Mukti

    Kabupaten Bekasi (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan tarif Rp0 atau layanan gratis bagi penumpang BisKita Trans Wibawa Mukti dari semula hingga akhir tahun lalu menjadi sampai akhir tahun ini.

    “Soal tarif Trans Wibawa Mukti masih disubsidi pemerintah daerah. Awalnya berlaku saat uji coba sebulan pada 1-31 Desember 2024. Tahun ini kembali gratis sepanjang 2025,” kata Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Firman Arif di Cikarang, Selasa.

    Ia menyatakan angkutan massal terintegrasi skema Buy The Service ini masih dalam tahap uji coba dengan melayani rute Stasiun Kereta Api Cikarang-Stasiun LRT Jatimulya sebagai upaya mendorong masyarakat beralih pakai dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

    Pihaknya bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Kementerian Perhubungan masih melakukan kajian terhadap hasil uji coba pengoperasian BisKita Trans Wibawa Mukti.

    “Masih dikaji, baik secara operasional maupun hal teknis dan non teknis lain, termasuk efektivitas layanan ini terhadap penurunan angka kemacetan lalu lintas,” katanya.

    epala Bidang Prasarana, Pengembangan, dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Deni Hendra Kurniawan mengatakan anggaran yang dialokasikan untuk subsidi operasional BisKita Trans Wibawa Mukti tahun 2025 mencapai Rp18,5 miliar.

    “Anggaran tersebut akan digunakan untuk subsidi biaya tarif layanan transportasi BisKita Trans Wibawa Mukti selama 365 hari sepanjang 2025,” katanya.

    Dia juga menyampaikan mulai Februari 2025 Trans Wibawa Mukti akan menambah koridor baru dengan alokasi pembiayaan berasal dari Kementerian Perhubungan.

    “Saat ini kami sedang melakukan survei lapangan untuk menentukan rute yang akan dilintasi serta titik berhenti atau halte karena BisKita tidak bisa berhenti sembarangan,” ucapnya.

    Dia berharap layanan transportasi dengan koridor baru itu turut melayani rute teranyar yang telah dirancang sebelumnya, yakni dari Terminal Kalijaya Cikarang menuju kantor pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi.

    Semoga semua persiapan bisa berjalan lancar dan pada Februari mendatang sudah bisa diluncurkan,” katanya.

    Menurut Deni, pengenaan tarif kepada penumpang Trans Wibawa Mukti akan diberlakukan mulai tahun 2026 dengan perkiraan tarif berkisar antara Rp5.000 hingga Rp7.000,

    “Mengacu pada hasil kajian yang kini tengah dilakukan. Meskipun masih ada rencana untuk memberikan subsidi dari pemerintah, rencana tarif berlaku pada 2026,” kata dia.

    Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
    Editor: Laode Masrafi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bandung Masuk Daftar Kota Termacet di Dunia, Warga Harus Bagaimana?

    Bandung Masuk Daftar Kota Termacet di Dunia, Warga Harus Bagaimana?

    Liputan6.com, Bandung – Kota Bandung menjadi salah satu kota termacet di dunia menurut TomTom Traffic Index 2024. Dalam laporan tersebut, Kota Bandung menduduki peringkat ke-12 dari 500 kota di dunia.

    Dengan demikian, Bandung dinobatkan sebagai kota termacet di Indonesia, mengalahkan Jakarta yang berada di peringkat ke-90.

    Sebagai informasi, daftar tersebut mencakup 62 negara dan 6 benua. Sementara peringkat yang disematkan pada Kota Bandung diperoleh berdasarkan waktu tempuh rata-rata dan tingkat kemacetan.

    Terkait itu, Pj Wali Kota Bandung A. Koswara menyebut rendahnya penggunaan transportasi umum menjadi salah satu penyebab utama kemacetan. Menurut data dari World Bank, hanya 13 persen masyarakat Kota Bandung yang memanfaatkan moda transportasi umum. 

    Dia pun mengimbau masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Koswara berharap, masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah guna mengurangi kemacetan.

    “Persoalan di Bandung ini adalah penggunaan kendaraan pribadi yang terlalu tinggi. Untuk itu, program utama kami adalah meningkatkan dukungan terhadap transportasi umum,” katanya di Balai Kota Bandung pada Sabtu, 11 Januari 2025.

    Mulai tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membangun sarana transportasi umum, termasuk Bus Rapid Transit (BRT) atau yang kini telah diubah namanya atau rebranding menjadi Metro Jabar Trans (MJT).

    Meski nantinya akan ada pengurangan akses jalan untuk kendaraan pribadi, dia berharap masyarakat tetap mendukung program tersebut.

    “Kalau terus bentrok dengan kepentingan kendaraan pribadi, kapan Bandung akan lepas dari kemacetan? Pola pergerakan masyarakat harus diubah dengan mulai menggunakan transportasi umum,” ucapnya.

    Menurut Koswara, pembangunan sarana transportasi massal seperti MJT diklaim menjadi langkah strategis agar Kota Bandung tak lagi terkepung kemacetan.

    “Ini adalah solusi untuk kita semua. Kalau masyarakat ingin Bandung tidak lagi masuk daftar kota termacet dunia, kesadaran dan dukungan penuh dari masyarakat sangat diperlukan,” ungkapnya.

    Penulis: Arby Salim

     

    Detik-Detik Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang – Video Amatir

  • Ditlala Kemenhub prioritaskan taksi air dari bandara ke Canggu

    Ditlala Kemenhub prioritaskan taksi air dari bandara ke Canggu

    Denpasar (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Ditlala) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai mengkaji proyek taksi air yang menghubungkan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, dengan sejumlah titik pariwisata.

    Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Hartanto di Denpasar, Selasa, mengatakan dalam proyek ini akan memprioritaskan pengerjaan untuk jalur bandara ke Canggu.

    “Iya hari ini saya baru mau mengkaji dibantu pakar, kami memang rencananya ini dalam rangka mengurai kepadatan, bandara ke Canggu terutama, tapi nanti juga mampir ke beberapa pelabuhan,” kata dia.

    Adapun rute lain yang akan dilewati angkutan taksi air itu adalah Kuta, Sanur melalui Pelabuhan Benoa, dan Nusa Penida.

    Saat ini Hartanto mengatakan Menteri Perhubungan sudah menugaskan Ditlala Kemenhub bersama pakar datang langsung melihat kondisi lapangan.

    Ia berharap tidak menemukan kesulitan pada tahap awal ini agar tahun 2025 rute prioritas menuju Canggu dapat beroperasi sebab kawasan tersebut ramai disukai wisatawan namun kerap macet karena kepadatan.

    “Kami fokus mudah-mudahan tahun ini mulai untuk rute Canggu, mudah-mudahan tidak terlalu susah karena masyarakat pasti akan senang, ini menjaga stabilitas pulau wisata ini, jangan sampai wisatawan merasa Bali macet jadi malas kesana,” ujarnya.

    Hartanto mengatakan langkah awal untuk proyek pengurai kemacetan ini adalah mengumpulkan unsur terkait di Bali dan membentuk tim kerja.

    Setelah tim terbentuk maka bersama pakar juga mereka akan memulai studi kelayakan.

    Untuk operasionalnya sendiri, Ditlala Kemenhub mengungkap akan berkolaborasi dengan pihak swasta dalam bentuk kerja sama operasional.

    Selanjutnya ketika siap mereka rencananya menggunakan kapal cepat sebagai moda transportasi taksi air yang akan mengantarkan wisatawan.

    “Itu saya usul namanya (armada) Bali Boat, sebetulnya itu speed boat kapasitas 100-200 dalam kapal cepat, pengelolanya bisa kerja sama dengan swasta,” kata Hartanto.

    Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bina Marga siap bangun dua jalan layang pada tahun ini

    Bina Marga siap bangun dua jalan layang pada tahun ini

    Ilustrasi jalan layang atau flyover di Jakarta. Dinas Bina Marga DKI Jakarta siap membangun dua jalan layang (flyover) pada tahun 2025. ANTARA/HO-Pemprov DKI Jakarta.

    Bina Marga siap bangun dua jalan layang pada tahun ini
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Selasa, 14 Januari 2025 – 11:29 WIB

    Elshinta.com – Dinas Bina Marga DKI Jakarta siap membangun dua jalan layang (flyover) pada tahun anggaran 2025 sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan kelancaran berlalu lintas di perlintasan kereta api.

    Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo mengatakan, pembangunan ini sejalan dengan undang-undang yang mewajibkan perlintasan jalan dan rel kereta api ditingkatkan menjadi tidak sebidang melalui pembangunan lintas atas atau bawah (flyover atau underpass).

    “Pembangunan flyover ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi lalu lintas di Jakarta, khususnya di perlintasan kereta api yang rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ujar Heru dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

    Dua jalan layang ini yakni Flyover Latumenten di Jalan Latumenten, dekat Rumah Sakit Jiwa yang akan melintasi rel kereta api. Pembangunan akan dilakukan di sisi timur dan barat jalan, dengan panjang sisi barat 440,86 meter dan lebar (Right of Way/ROW) 11 meter, serta panjang sisi timur 439,23 meter dengan ROW 10 meter.

    Ada juga Flyover Bintaro Puspita yang direncanakan memiliki panjang 441 meter dengan ROW 9 meter dan dibangun untuk mengatasi kemacetan di perlintasan kereta api di kawasan Bintaro. Heru menyampaikan, Dinas Bina Marga DKI Jakarta berkomitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek ini tepat waktu dan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.

    “Pembangunan kedua flyover tersebut dilakukan menggunakan anggaran tahun jamak (multiyears),” ujar dia.

    Sumber : Antara

  • Pemkot Palembang buka Wisata Menara Ampera awal Februari 2025

    Pemkot Palembang buka Wisata Menara Ampera awal Februari 2025

    Kondisi sudah sangat baik, lift juga baru, jadi tidak usah khawatir dan sangat ‘safety’

    Palembang (ANTARA) – Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berencana membuka Wisata Menara Jembatan Ampera pada awal Februari 2025 untuk menarik kunjungan wisatawan.

    Penjabat Wali Kota Palembang Cheka Virgowansyah di Palembang, Selasa, membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa pihaknya akan membuka Wisata Menara Jembatan Ampera pada awal Februari 2025.

    Ia menyampaikan bahwa kondisi Menara Jembatan Ampera bagian Ulu yang dinilainya sudah sangat baik, baik kondisi lift maupun mesin lainnya.

    “Kondisi sudah sangat baik, lift-nya itu juga baru, jadi tidak usah khawatir dan sangat safety, bahkan sudah melalui pengujian bisa menampung hingga tiga orang ya, untuk mengantarkan ke atas menara untuk menikmati sensasi keindahan Kota Palembang,” tuturnya.

    Ia menambahkan bahwa nantinya jumlah pengunjung diatur dan waktu kunjungan di atas menara dibatasi karena diprediksi akan banyak pengunjung yang ingin berwisata ke sana.

    Adapun jam kunjungan dan pola antrean juga akan diatur untuk mencegah kemacetan akibat antrean di pedestrian Ampera.

    “Saat ini masih dalam tahap pengurusan teknis bagaimana seperti apa dan kami memohon doanya mudah-mudahan Februari 2025 sudah bisa dinikmati oleh warga Kota Palembang,” katanya.

    Sebelumnya Menara Ampera tersebut ditargetkan rampung dan dibuka saat perayaan pergantian malam tahun baru 2025, tetapi karena masih adanya kendala terkait administrasi sehingga peresmian tertunda dan ditargetkan selesai awal Februari 2025.

    Pewarta: M. Imam Pramana
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Mengayam matras bambu untuk tol tanggul laut Semarang-Demak

    Mengayam matras bambu untuk tol tanggul laut Semarang-Demak

    Semarang (ANTARA) – Pekerjaan konstruksi jalan Tol Semarang-Demak Seksi I yang menghubungkan Kota Semarang hingga Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, terus dikebut.

    Konstruksi jalan tol di pesisir yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa tersebut sudah mulai dihubungkan dengan ruas tol dalam Kota Semarang yang berujung di sekitar Jalan Kaligawe yang merupakan jalur utama pantura.

    Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mencatat hingga Januari 2025, ruas tol seksi I sepanjang 10,6 km tersebut sudah mencapai 28,7 persen.

    Seksi I sendiri terbagi dalam tiga paket pekerjaan, salah satu paket yang menarik untuk dinanti adalah paket B sepanjang 6,7 km.

    Pada pekerjaan paket B tersebut, konstruksi yang dibangun bukan hanya untuk jalan tol, namun juga berfungsi sebagai tanggul laut.

    Banjir limpasan air laut yang masuk ke darat atau rob menjadi salah satu bencana alam yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

    Tidak hanya menggenangi kawasan permukiman maupun kawasan industri, banjir rob juga secara berkala menggenangi jalur pantura di wilayah Sayung, Kabupaten Demak.

    Posisi konstruksi jalan tol yang persis berada di tepi laut menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembangunannya.

    Kondisi tanah yang lunak memerlukan timbunan yang solid sebagai konstruksi jalan tol yang sekaligus berfungsi sebagai tanggul laut.

    Karena itu, pelaksana proyek menggunakan metode matras bambu sebagai konstruksi jalan yang akan dibangun di atasnya.

    Dari sekitar 6,7 km panjang jalan tol di pekerjaan paket B tersebut, sekitar 6,2 km di antaranya membutuhkan konstruksi matras bambu

    Teknik yang digunakan, tujuh batang bambu diikat menjadi satu dengan menggunakan tali nilon.

    Anyaman bambu kemudian di susun di struktur tanah yang lunak di tepian laut hingga 13 lapisan. Susunan tersebut kemudian diuruk dengan tanah untuk dipadatkan.

    Proses tersebut dilakukan hingga beberapa kali, sampai struktur tersebut mengeras dan kuat untuk selanjutnya dibangun jalan di atasnya.

    Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum Wilan Oktavian menyebut memerlukan waktu 425 hari untuk menyelesaikan konstruksi dengan metode matras bambu tersebut. Misalnya satu lapisan matras bambu kemudian ditimbun tanah. Di butuhkan waktu sekitar 45 hari untuk pemadatan.

    Proses pelapisan matras bambu kembali dilakukan di atasnya dan dibutuhkan waktu untuk memastikan kepadatannya.

    Pemadatan paling lama dilakukan pada lapisan terakhir yang membutuhkan waktu lebih dari 100 hari. Untuk keperluan metode matras bambu ini, setidaknya membutuhkan 7,3 juta batang bambu.

    Bambu-bambu itu sendiri didatangkan dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Barat.

    Dari panjang konstruksi 6,2 km yang harus dibangun dengan matras bambu, kini tinggal menyisakan 1 km lagi untuk penyelesaiannya.

    Dampak ekonomi

    Teknik matras bambu yang merupakan inovasi anak bangsa tersebut membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam pengerjaannya.

    Oleh karena itu, seksi I Tol Semarang-Demak tersebut masuk dalam proyek padat karya yang membutuhkan banyak pekerja.

    Pelaksana proyek mempekerjakan sekitar 3.400 tenaga kerja, khususnya untuk pekerjaan di paket B yang nantinya akan menjadi tanggul laut itu.

    Para pekerja didatangkan tidak hanya dari wilayah Jawa Tengah, namun juga Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Kalimantan.

    Tol Semarang-Demak Seksi I yang dibiayai dengan APBN dengan nilai sekitar Rp10,8 triliun itu sendiri diperkirakan selesai pada April 2027.

    Tersambungnya jalan tol dari Kota Semarang hingga Kabupaten Demak tersebut akan menambah nilai tambah perekonomian bagi kedua wilayah.

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono menyebut tersambungnya Tol Semarang-Demak akan meningkatkan mobilitas barang maupun manusia antarkedua wilayah. Karena itu, kebutuhan sosial kemasyarakatan juga harus didukung.

    Tol Semarang-Demak mampu mengurangi waktu tempuh hingga biaya transportasi jika dibanding harus melewati jalan konvensional di jalur pantura.

    Kendaraan bermotor yang di waktu normal membutuhkan 30 menit dan 60 menit jika terjadi kemacetan di jalur pantura akan dipangkas hanya menjadi 10 menit jika menggunakan jalan tol.

    Kondisi tersebut juga berdampak terhadap pengurangan biaya transportasi hingga hanya menjadi seperlimanya saja. Dengan demikian, jika biaya per trip biasanya Rp25 ribu, bisa ditekan menjadi Rp5 ribu.

    Kondisi tersebut akan menciptakan produktivitas di bidang transportasi logistik. Pengintegrasian jalan tol dengan fungsi sebagai tanggul laut juga berdampak terhadap nilai ekonomi.

    Sebagai tanggul laut, ruas tol tersebut akan mengatasi banjir rob di kawasan pesisir Semarang dan Demak.

    Keberadaan tanggul laut tersebut juga akan didukung dengan dua kolam retensi yang pembangunannya menjadi satu bagian dari proyek jalan tol tersebut.

    Tanggul laut akan membantu sekitar 576 ha lahan di pesisir utara yang menjadi langganan banjir rob tersebut mengering. Kondisi itu diharapkan akan kembali meningkatkan nilai ekonomi tanah di kawasan yang sering dilanda rob.

    Dengan demikian, proses pembangunan jalan tol di pesisir Semarang dan Demak tersebut harus dipastikan terselesaikan dengan baik.

    Proses pengerjaan dengan teknik yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian tersebut diharapkan dapat selesau sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

    Perkembangan pelaksanaan pembebasan tanah hingga akhir 2024 tercatat sudah mencapai 85,4 persen.

    Meski belum terbebas seluruhnya, kondisi tersebut tidak akan mengganggu pelaksanaan pembangunan konstruksi.

    Upaya pembebasan lahan akan beriringan dengan pelaksanaan pekerjaan konstruksi sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan.

    Editor: Masuki M. Astro
    Copyright © ANTARA 2025

  • Periksa 26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku Hari Ini Selasa 14 Januari 2025 – Page 3

    Periksa 26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku Hari Ini Selasa 14 Januari 2025 – Page 3

    1. Rencanakan Rute Alternatif:

    – Sebelum berangkat, gunakan aplikasi peta digital untuk mencari rute alternatif yang tidak terkena kebijakan ganjil genap. Ini akan membantu menghindari kemacetan dan menghemat waktu perjalanan.

    2. Manfaatkan Transportasi Umum:

    – Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum seperti TransJakarta atau KRL Commuter Line yang tidak terpengaruh oleh kebijakan ganjil genap. Ini tidak hanya membantu mengurangi kemacetan tetapi juga lebih ramah lingkungan.

    3. Carpooling:

    – Ajak rekan kerja atau tetangga untuk berbagi kendaraan. Selain mengurangi biaya bahan bakar, carpooling juga dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

    4. Periksa Kondisi Kendaraan:

    – Pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum digunakan. Periksa tekanan ban, oli, dan rem untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

    5. Waktu Berangkat Lebih Awal:

    – Berangkat lebih awal dari biasanya untuk menghindari puncak jam sibuk. Ini juga memberi waktu lebih jika terjadi kemacetan atau penutupan jalan mendadak.

    6. Siapkan Dokumen Kendaraan:

    – Selalu bawa dokumen kendaraan lengkap seperti STNK dan SIM. Ini penting jika ada pemeriksaan oleh petugas di jalan.

    7. Gunakan Aplikasi Navigasi:

    – Aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze dapat memberikan informasi real-time mengenai kondisi lalu lintas dan membantu menemukan rute tercepat.

    8. Tetap Tenang dan Sabar:

    – Kemacetan tak terhindarkan di Jakarta. Tetap tenang dan sabar saat berkendara, patuhi aturan lalu lintas, dan hindari perilaku agresif yang dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

    Dengan memahami dan mematuhi kebijakan ganjil genap serta menerapkan tips berkendara yang efektif, pengendara dapat beraktivitas dengan lebih lancar dan aman di tengah hiruk-pikuk lalu lintas Jakarta.

    Kebijakan ini diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan dan meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

  • Waka DPR tanyakan kepada Raffi Ahmad insiden pengawalan mobil dinasnya

    Waka DPR tanyakan kepada Raffi Ahmad insiden pengawalan mobil dinasnya

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Waka DPR tanyakan kepada Raffi Ahmad insiden pengawalan mobil dinasnya
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 13 Januari 2025 – 20:23 WIB

    Elshinta.com – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku sempat menanyakan kepada Utusan Khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni Raffi Ahmad ihwal kronologi insiden patroli dan pengawalan (patwal) kendaraan dinas dengan nomor polisi RI 36 yang viral di media sosial milik sang influencer tersebut.

    “Jadi, yang pertama, saya sempat menanyakan,” kata Dasco usai menerima kunjungan Raffi Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/1).

    Dia lantas mengatakan penjelasan yang diterimanya bahwa kendaraan dinas tersebut dalam kondisi kosong, namun membawa berkas yang diperlukan oleh Raffi Ahmad dalam suatu pertemuan sekaligus untuk menjemputnya.

    “Bahwa kendaraan itu untuk menjemput dia (Raffi Ahmad) dalam suatu kegiatan di tempat lain karena dalam satu kegiatan itu dia pergi bersama rekannya sehingga di kendaraan itu sambil membawa berkas itu kemudian untuk menjemput yang bersangkutan,” ujarnya.

    Dasco pun menyebut bahwa komisi teknis di DPR RI telah melakukan pengecekan terkait insiden tersebut kepada Korlantas Polri.

    Hasilnya, didapati keterangan bahwa petugas patwal menegur pengemudi taksi agar tidak membuat kemacetan lalu lintas lantaran bertikai dengan pengendara lain.

    “Komisi teknis di DPR sudah mengecek juga di Korlantas kejadiannya. Ternyata pada saat mobil atau iring-iringan mau melewati beberapa mobil itu ada pertengkaran antara sopir taksi dengan mobil yang lain sehingga kemudian polisi patwalnya itu menegur, menengahi jangan ribut membuat macet,” tuturnya.

    Meski demikian, Dasco mengaku memberikan imbauan pula kepada petugas patwal imbas insiden tersebut viral di media sosial

    “Jadi, menurut saya, kejadian yang sebenarnya itu, tetapi kemudian ya kami juga imbau kepada pihak yang melakukan pengawalan itu juga,” ucapnya.

    Dia lantas berkata, “Tapi ya gimana ya susah, orang dia (petugas patwal) cuma negur saja gitu.”

    Menanggapi ihwal diperlukan tidaknya pengawalan terhadap mobil dinas sekalipun tidak membawa penumpang di dalamnya, Dasco mengatakan bahwa pengawalan yang dilakukan tersebut masih dalam rangka keperluan pejabat pemilik mobil dinas tersebut.

    “Itu dalam hal menjemput yang bersangkutan di kegiatan lain untuk ke tempat lain, kan gitu lho,” katanya.

    Dalam pertemuannya dengan Raffi Ahmad yang berlangsung selama sekitar 15 menit itu, Dasco mengaku tak menyampaikan teguran kepada suami artis Nagita Slavina itu sebab bukan kewenangannya.

    “Saya bukan pemerintah,” imbuhnya.

    Dari unggahan Raffi Ahmad di akun media sosial Instagram pribadinya @raffinagita1717, pertemuan tersebut dilakukan pula bersama Menteri Hukum Supratman Andi Agtas, Wakil Ketua DPR RI Adies Kadir, hingga Wakil Ketua Komisi XII DPR RI Bambang Haryadi.

    “Berdiskusi terkait peningkatan peran serta generasi muda dalam penguatan ekonomi kreatif melalui UMKM dan koperasi,” tulis Raffi dalam unggahannya.

    Sumber : Antara

  • Terima Kunjungan Raffi Ahmad, Dasco: Silaturahmi Biasa dan Tak Terkait Mobil RI 36

    Terima Kunjungan Raffi Ahmad, Dasco: Silaturahmi Biasa dan Tak Terkait Mobil RI 36

    Yustinus Patris Paat 
    Key: Raffi Ahmad, Mobil RI 36, Sufmi Dasco Ahmad
    Sum: 

    Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menerima kunjungan utusan Khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni Raffi Ahmad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2025). Dasco menegaskan, kunjungan tersebut hanya silaturahmi biasa dan tak terkait dengan mobil dinas Raffi Ahmad, RI 36 yang viral dan menjadi sorotan publik belakangan ini.

    Raffi diketahui tiba di kompleks parlemen sekitar pukul 13.30 WIB dan tidak memberikan keterangan kepada pers. “Tadi silaturahmi biasa saja, enggak ada yang dibahas,” ujar Dasco di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan.

    Dasco mengatakan, pertemuannya dengan Raffi berlangsung sekitar 15 menit. Setelah itu, Raffi Ahmad berkunjung ke pimpinan DPR dan MPR lain.

    Saat ditanya mengenai viral mobil RI 36 milik Raffi, Dasco enggan berkomentar. “Saya engak mau komentar soal itu. Itu kan bukan kewenangan saya,” tegas Dasco.

    Nama Raffi Ahmad tengah menjadi sorotan publik belakangan ini. Alasannya, mobil dinas Raffi Ahmad berpelat RI 36 viral di media sosial karena menerobos jalanan dan dikawal petugas patroli dan pengawalan (patwal).

    Dalam keterangannya, Raffi Ahmad menjelaskan pada saat kejadian dirinya tidak berada di dalam mobil tersebut karena kendaraan tesebut sedang dalam perjalanan menjemputnya. Mobil dinas itu sebelumnya mengambil beberapa berkas penting sebelum melanjutkan ke rapat berikutnya.

    “Bahwa benar adanya mobil tersebut kendaraan yang saya gunakan. Namun pada saat kejadian, saya sedang tidak berada di dalam mobil. Pada saat itu mobil RI 36 sedang dalam posisi menjemput saya untuk menuju agenda rapat selanjutnya,” sebut Raffi.

    Raffi Ahmad lalu menjelaskan kronologi kejadian yang sebenarnya setelah melakukan klarifikasi kepada seluruh jajaran tim patwal yang mengawal dirinya.

    Kronologi kejadian yang sebenarnya di depan rangkaian, terdapat taksi Alphard berwarna hitam. Di depan taksi tersebut ada truk berhenti sehingga taksi mengambil jalur sebelah kanan dan hampir menyerempet mobil di jalur tersebut.

    Pengemudi taksi dan mobil tersebut kemudian membuka jendela dan saling adu argumen.

    Petugas patwal Raffi Ahmad yang melihat hal tersebut, khawatir akan menimbulkan kemacetan karena lalu lintas yang sedang lumayan padat, langsung menegur pengemudi taksi dengan mengatakan “Sudah, maju pak,” dengan gestur yang terlihat di video.

  • Patwal Mobil Dinas RI 36 Raffi Ahmad Viral, Dasco: Itu Menegur Saja

    Patwal Mobil Dinas RI 36 Raffi Ahmad Viral, Dasco: Itu Menegur Saja

    Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan telah bertanya kepada Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Ahmad terkait aksi petugas patroli dan pengawalan (patwal) mobil dinas  RI 36, yang dinilai arogan.

    Dasco mengatakan, kendaraan itu difungsikan untuk menjemput Raffi dari kegiatan di suatu tempat lain, karena dalam kegiatan itu dia pergi bersama rekannya.

    “Sehingga di kendaraan itu sambil membawa berkas itu kemudian untuk menjemput yang bersangkutan,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin (13/1/2025).

    Kemudian, lanjut Ketua Harian Gerindra tersebut, komisi teknis di DPR pun sudah mengecek ke Korlantas bahwa saat kejadian mobil pelat RI 36 diiringi polisi patwal, memang ada pertengkaran antara supir taksi dengan mobil yang lain.

    Karena kejadian tersebutlah, Dasco menuturkan bahwa polisi patwal yang mengiringi itu menegur dan menengahi saja agar jangan ribut, khawatirnya dari itu bisa menyebabkan kemacetan.

    “Jadi menurut saya kejadian yang sebenernya itu. Tapi kemudian ya kita juga imbau kepada pihak yang melakukan pengawalan itu, tapi ya gimana ya susah orang dia cuman negor aja gitu,” tuturnya.

    Pengakuan Raffi Ahmad 

    Sebelumnya, Raffi Ahmad memang mengakui saat kejadian viral itu berlangsung, dirinya tidak sedang berada di dalam mobil itu. Sebab, mobil yang dikawal pertugas itu dalam perjalanan menjemputnya.

    “Tapi saat itu saya tidak ada di mobil, karena mobil dalam perjalanan menjemput saya. Sebelumnya mengambil beberapa berkas penting, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke rapat selanjutnya,” ujar Raffi dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (12/1/2025).

    Suami Nagita Slavina ini juga menampik bahwa patwal itu bersikap arogan. Katanya, dalam rangkaian kemacetan itu terdapat truk berhenti di depan mobil taksi Alphard yang diduga mendapatkan perlakuan arogan. Mobil taksi Alphard yang viral itu, kata Raffi, hendak mengambil jalur kanan dan hampir menyerempet mobil lainnya.

    Kemudian, pengemudi taksi dan mobil itu saling beradu argumen di tengah kemacetan itu. Alhasil, petugas patwal mobil dinas Raffi Ahmad itu kemudian menegur pengemudi taksi. 

    “Menegur pengemudi taksi bicara dan menunjuk dengan maksud kira “hei jangan bertengkar, Bapak ayo maju” dengan gestur tangan yang terlihat di video,” jelas Raffi.