Kasus: kecelakaan

  • Pelanggar Lalu Lintas Bakal Dipelototi 5.000 Kamera ETLE!

    Pelanggar Lalu Lintas Bakal Dipelototi 5.000 Kamera ETLE!

    Jakarta

    Pelanggar lalu lintas tak akan bisa ngelak lagi. Ribuan kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) akan mengawasi pengguna kendaraan di jalan raya.

    Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menargetkan akan mengoperasikan ribuan kamera ETLE. Inisiatif ini jadi bagian dari komitmen Polri membangun sistem transportasi yang modern, transparan, dan bebas interaksi langsung antara petugas dengan pelanggar.

    Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho menyebut, hingga Oktober 2025 sudah ada 1.641 perangkat ETLE aktif di berbagai daerah. Jumlah itu ditargetkan melonjak menjadi 5.000 unit pada 2027.

    “Target di 2027 mungkin bisa 3.000 atau 5.000 supaya memang di era transformasi digital ini betul-betul menjawab apa yang diimbau oleh masyarakat,” ujar Agus dikutip situs resmi Korlantas Polri.

    Menurutnya, perluasan ETLE tak hanya fokus pada penindakan, tapi juga sebagai upaya nasional menekan angka kecelakaan fatal. Data Korlantas menunjukkan korban meninggal dunia akibat kecelakaan turun 19,8 persen atau sekitar 2.512 jiwa pada semester pertama 2025 dibanding periode sebelumnya.

    Untuk saat ini, Korlantas Polri telah menggunakan empat jenis kamera ETLE. Keempat jenis kamera ETLE itu antara lain:

    ETLE Statis: Kamera tetap yang dipasang di titik rawan pelanggaran seperti perempatan dan jalan utama.ETLE Portabel: Kamera yang bisa dipindahkan ke lokasi tertentu, seperti jalan tol atau kawasan rawan pelanggaran.ETLE Mobile: Kamera di kendaraan patroli polisi yang bisa merekam pelanggaran saat mobil bergerak.ETLE Handheld: Perangkat genggam yang digunakan petugas tersertifikasi untuk menindak di lokasi tanpa kamera tetap.

    Dengan target 5.000 kamera ETLE pada 2027, Korlantas Polri yakin sistem pengawasan lalu lintas digital akan merata hingga pelosok.

    “Kita tidak bangga dengan banyaknya penindakan hukum. Kalau semua pengguna jalan tertib dan ETLE tidak terlalu banyak bekerja, justru itu keberhasilan kita. Yang penting selamat di jalan,” kata Agus.

    (rgr/din)

  • Pilu 40 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Afrika Selatan

    Pilu 40 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Afrika Selatan

    Jakarta

    Setidaknya 40 orang, termasuk warga negara Malawi dan Zimbabwe, tewas ketika sebuah bus penumpang terguling di Afrika Selatan.

    Bus yang menuju Zimbabwe tersebut menghantam pembatas jembatan dan terjun ke semak-semak di bawahnya setelah pengemudi tampaknya kehilangan kendali, ujar Menteri Perhubungan Provinsi Limpopo, Violet Mathye.

    “Mereka masih bekerja di lokasi kejadian, tetapi 40 jenazah telah dikonfirmasi hingga saat ini,” ujar Mathye kepada saluran Newzroom Afrika.

    Korban tewas dalam kecelakaan bus ini termasuk seorang bayi perempuan berusia 10 bulan, ujarnya, dilansir kantor berita AFP, Senin (13/10/2025).

    Tiga puluh delapan orang dirawat di rumah sakit dan tim penyelamat sedang mencari korban lainnya, ujarnya kepada media eNCA.

    Saat kejadian pada Minggu (12/10) waktu setempat, bus tersebut berangkat dari kota Gqeberha di selatan, sekitar 1.500 kilometer jauhnya, dan penumpangnya termasuk warga Malawi dan Zimbabwe yang bekerja di Afrika Selatan. Kecelakaan itu kemungkinan disebabkan oleh kelelahan pengemudi atau kerusakan mesin, kata menteri provinsi tersebut.

    Lihat juga Video Mobil Travel Tabrak Truk di Tol Cipularang: 1 Orang Tewas-9 Luka-luka

    (ita/ita)

  • Tragis 3 Diplomat Qatar Tewas dalam Kecelakaan Mobil di Mesir

    Tragis 3 Diplomat Qatar Tewas dalam Kecelakaan Mobil di Mesir

    Kairo

    Tiga diplomat Qatar tewas dalam kecelakaan mobil yang terjadi di kota Sharm El-Shekih, Mesir, menjelang digelarnya pertemuan internasional membahas Gaza. Kecelakaan mematikan itu disebabkan oleh kerusakan pada kendali kendaraan yang mereka tumpangi.

    Kedutaan Besar Qatar di Kairo dalam pernyataannya, seperti dilansir Anadolu Agency, Senin (13/10/2025), menyebut ketiga diplomat yang tewas merupakan anggota Emiri Diwan, yang merupakan badan pemerintahan tertinggi Qatar.

    Tiga diplomat Qatar yang tewas diidentifikasi sebagai Saud bin Thamer Al Thani, Abdullah Al-Ghanem Al-Khayarin, dan Hassan Jaber Al-Jaber. Otoritas Doha menyebut ketiganya tewas dalam kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas resmi mereka di Mesir.

    Dua anggota Emiri Diwan lainnya, Abdullah Issa Al-Kuwari dan Mohammed Abdulaziz Al-Buainain, mengalami luka-luka dalam kecelakaan tersebut. Keduanya telah dilarikan ke Rumah Sakit Internasional Sharm El-Sheikh untuk mendapatkan perawatan medis.

    Kedutaan Besar Qatar menambahkan bahwa para diplomat yang tewas dan yang mengalami luka-luka akan diterbangkan ke Doha dengan pesawat Qatar pada Minggu (12/10).

    Kedutaan Besar Qatar menyampaikan rasa terima kasih kepada otoritas Mesir “atas kerja sama, kepedulian, dan perhatian mereka dalam menindaklanjuti insiden tersebut dan menyediakan fasilitasi yang diperlukan”.

    Menurut saluran berita pemerintah Mesir, Al-Qahera News, kecelakaan itu disebabkan oleh kerusakan pada kendali atau kemudi kendaraan yang mereka tumpangi.

    Sharm El-Sheikh akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak (KTT) perdamaian internasional pada Senin (12/10) waktu setempat, yang akan dipimpin oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. KTT itu akan dihadiri lebih dari 20 negara.

    Menurut pernyataan Al-Sisi, pertemuan itu bertujuan untuk “mengakhiri perang di Jalur Gaza, meningkatkan upaya untuk membawa perdamaian dan stabilitas ke Timur Tengah, dan mengawali fase baru untuk keamanan dan stabilitas regional”.

    Trump mengumumkan pada Rabu (8/10) waktu AS pekan lalu bahwa Israel dan Hamas menyetujui tahap pertama dari rencana perdamaian 20 poin yang disusunnya untuk mewujudkan gencatan senjata Gaza. Rencana perdamaian itu mencakup pembebasan semua sandera Israel yang ditahan di Jalur Gaza, dengan imbalan pembebasan sekitar 2.000 tahanan Palestina dan penarikan pasukan Israel secara bertahap dari seluruh wilayah Jalur Gaza.

    Tahap kedua dari rencana perdamaian itu menyerukan pembentukan mekanisme pemerintahan baru di Jalur Gaza tanpa partisipasi Hamas, pembentukan pasukan keamanan yang terdiri atas warga Palestina dan pasukan dari negara-negara Arab serta Muslim, serta perlucutan senjata Hamas.

    Lihat juga Video: Truk Air Mineral Tabrak 5 Kendaraan di Subang, 3 Orang Tewas

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Perbaikan Rumit, Biaya Lebih Mahal

    Perbaikan Rumit, Biaya Lebih Mahal

    Jakarta

    Terungkap, perbaikan mobil listrik yang mengalami kecelakaan ternyata lebih rumit. Biaya untuk penanganan mobil listrik pun lebih mahal dibandingkan mobil konvensional. Bahkan, dalam beberapa kasus kerusakannya bisa sangat parah sehingga tidak dapat diperbaiki sama sekali.

    Hal itu disampaikan oleh Asosiasi Asuransi Umum Malaysia, seperti dikutip New Straits Times. Menurut mereka, perbaikan mobil listrik yang mengalami kecelakaan menjadi tantangan baru yang dihadapi industri asuransi.

    CEO Asosiasi Asuransi Umum Malaysia, Chua Kim Soon, mengatakan meningkatnya popularitas EV, meskipun positif bagi keberlanjutan, juga menyoroti kebutuhan mendesak bagi perusahaan asuransi untuk beradaptasi dengan risiko dan realitas operasional baru.

    Chua mengatakan bahwa kendaraan listrik secara fundamental berbeda dari kendaraan konvensional. Mulai dari cara perbaikan hingga penyusutannya, sehingga menciptakan profil risiko unik yang harus disesuaikan oleh perusahaan asuransi.

    Asosiasi Asuransi Umum Malaysia telah mempelajari data dari pasar kendaraan listrik yang lebih matang seperti China untuk memahami kinerja kendaraan ini seiring waktu. Temuan menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia kendaraan listrik, kebiasaan mengemudi berubah, penyusutannya semakin cepat, dan perbaikan menjadi lebih rumit dan mahal.

    “Ketika terjadi kecelakaan di area mobil yang salah, terkadang kendaraan tersebut tidak dapat diperbaiki sama sekali,” ujarnya.

    “Kita perlu membangun ekosistem jaringan perbaikan baterai yang lengkap, dan saat ini, ekosistem tersebut masih belum matang,” sambungnya.

    “Anda benar-benar membutuhkan teknisi listrik untuk memperbaiki mobil-mobil ini. Mekanik biasa tidak dapat melakukannya dan berbahaya jika dilakukan dengan tidak benar. Jadi seluruh ekosistem ini harus dibangun dengan benar,” sebutnya.

    Chua mengatakan di pasar yang lebih matang dan terbuka, biaya asuransi kendaraan listrik jauh lebih tinggi. Sebab, risiko dan biaya yang dibutuhkan akan lebih besar terkait dengan perbaikan dan penggantian suku cadang.

    “Hal itu belum terjadi di sini, dan kami sedang berusaha mengelolanya agar tidak perlu menaikkan premi. Namun jika Anda melihat pasar lain, itulah kenyataannya,” tambahnya.

    (rgr/din)

  • Politisi apresiasi langkah tegas Kakorlantas tertibkan sirene-strobo

    Politisi apresiasi langkah tegas Kakorlantas tertibkan sirene-strobo

    Jakarta (ANTARA) – Politisi dari PDI Perjuangan Ferdinand Hutahaean mengapresiasi langkah tegas Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho dalam menertibkan penggunaan sirene dan strobo saat pengawalan.

    Menurutnya, kebijakan ini menjadi bukti bahwa Korlantas Polri mendengarkan kritik publik dan berkomitmen melakukan pembenahan kebijakan internal.

    “Kebijakan Korlantas menertibkan dan membatasi penggunaan strobo serta sirine yang hanya diperuntukkan bagi kendaraan skala prioritas adalah tindakan korektif internal. Hal ini menunjukkan bahwa Korlantas memiliki komitmen untuk menciptakan hubungan harmonis dengan membenahi aturan yang pro terhadap rakyat,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

    Ferdinand juga menilai upaya penertiban ini merupakan langkah Korlantas Polri untuk mencegah penyalahgunaan fungsi sinyal darurat yang seharusnya hanya digunakan dalam kondisi prioritas.

    “Ini merupakan bentuk komitmen untuk mengutamakan nyawa dan kepentingan kemanusiaan,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Ferdinand menyebut kebijakan penertiban tersebut sebagai bentuk “comeback elegan” Korlantas Polri dalam memperjuangkan keadilan di jalan raya dengan mengembalikan makna prioritas hanya kepada golongan kendaraan yang berhak, antara lain ambulans, pemadam kebakaran, kendaraan pertolongan kecelakaan, dan iring-iringan jenazah.

    “Mereka telah bertindak sebagai penjaga muruah hukum di jalan raya, mengingatkan kita semua, termasuk internal mereka, bahwa di mata undang-undang dan di tengah kemacetan, hak utama sejatinya adalah hak untuk hidup dan hak untuk tertib. Kerja Korlantas ini adalah langkah awal yang berlian menuju jalan raya yang lebih setara, tertib, dan humanis,” ucapnya.

    Diketahui, Korlantas Polri tengah membekukan sementara penggunaan sirene dan strobo dalam pengawalan menyusul adanya aspirasi masyarakat yang merasa terganggu dengan penggunaan kedua hal tersebut.

    Kakorlantas Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho menegaskan bahwa sirene hanya boleh digunakan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas.

    “Kalau pun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya imbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” ujarnya.

    Dia juga mengatakan bahwa sirene dan strobo tetap bisa digunakan untuk tugas kepolisian, khususnya pada kegiatan patroli dan pengaturan lalu lintas.

    “Ini penting, terutama di jalan tol, di mana tanda-tanda isyarat seperti lampu dan suara sirene sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi peristiwa kecelakaan,” ucapnya.

    Saat ini, Korlantas Polri sedang menyusun ulang aturan penggunaan sirene dan rotator untuk mencegah penyalahgunaan.

    Pewarta: Nadia Putri Rahmani
    Editor: Budi Suyanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Terlibat Kecelakaan Maut di Bojonegoro, Sopir Bus Dali Jaya Sempat Kabur

    Terlibat Kecelakaan Maut di Bojonegoro, Sopir Bus Dali Jaya Sempat Kabur

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Sopir bus Dali Jaya yang diduga terlibat kecelakaan maut di Jalan Raya Bojonegoro-Babat hingga menewaskan seorang pengendara motor, akhirnya berhasil diamankan polisi.

    Sopir berinisial J tersebut sempat melarikan diri usai kejadian nahas yang merenggut nyawa Muhammad Iqbal Baihaqi.

    Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakkum) Sat Lantas Polres Bojonegoro, Ipda Septian Nur Pratama, membenarkan bahwa sopir dan bus sudah diamankan.

    “Sopir sudah diamankan, saat ini masih kita mintai keterangan dan kita amankan busnya di Satlantas,” ujar Ipda Septian, Senin (13/10/2025).

    IPDA Septian menerangkan, sopir bus dengan inisial J warga Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik itu diamankan di garasi bus beserta kendaraannya. “Kami ambil (sopir dan bus) di garasi,” tambah Ipda Septian.

    Penangkapan terhadap sopir bus itu didapatkan setelah pihak kepolisian memeriksa sejumlah saksi serta alat bukti rekaman cctv di sekitar lokasi kejadian. Saat ini, pihak kepolisian masih mendalami insiden tersebut dengan mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi.

    Untuk diketahui, kecelakaan maut itu terjadi pada Minggu (12/10/2025) sekitar pukul 12.30 WIB di Jalan Raya Bojonegoro-Babat, tepatnya di Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno. Berdasarkan keterangan saksi, kecelakaan bermula ketika bus yang melaju dari timur ke barat diduga mengambil haluan ke kanan hingga melebihi garis as jalan.

    “Sesampainya di TKP, kendaraan bus diduga mengambil haluan ke kanan hingga melebihi garis as jalan,” jelas Ipda Septian.

    Nahas, dari arah berlawanan (barat ke timur) melaju sepeda motor Honda Vario bernomor polisi S 3153 BF yang dikendarai oleh Muhammad Iqbal Baihaqi. Pengendara motor diduga terkejut melihat bus yang tiba-tiba berpindah jalur.

    “Karena kaget, Iqbal hilang kendali dan terjatuh dari motornya, kemudian langsung tertabrak oleh bus yang melaku ke arahnya,” terang Ipda Septian.

    Akibat tabrakan keras tersebut, korban Muhammad Iqbal Baihaqi mengalami luka serius dan dilarikan ke RS Karang Kembang Babat, namun nyawanya tidak tertolong. “Korban Muhammad Iqbal Baihaqi meninggal dunia saat dalam perawatan di rumah sakit,” tegasnya.

    Mirisnya, bus yang terlibat kecelakaan tersebut tidak berhenti untuk memberikan pertolongan dan langsung melarikan diri melanjutkan perjalanan ke arah barat. Polisi saat ini masih melanjutkan pemeriksaan terhadap sopir bus J untuk mengungkap detail lengkap insiden tabrakan maut ini. [lus/ted]

  • 1 Orang Tewas, 9 Luka

    1 Orang Tewas, 9 Luka

    Bandung

    Mobil travel Daytrans mengalami kecelakaan di Tol Purbaleunyi Km 77 arah Jakarta. Satu orang tewas akibat kecelakaan itu.

    Dilansir detikJabar, Senin (13/10/2025), kecelakaan terjadi sekitar pukul 05.10 WIB. Ada dua kendaraan yang terlibat kecelakaan, yakni mobil travel dan truk.

    “TKP di Km 77 B,” kata Kainduk PJR Cipularang Kompol Joko Prihantono.

    Joko mengatakan kecelakaan bermula ketika kendaraan travel melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Pengemudi diduga mengantuk dan menabrak bagian belakang truk.

    “Diduga pengemudi travel mengantuk, lanjut menabrak bagian belakang sebelah kanan kendaraan dump truk yang berjalan di lajur 1,” ujarnya.

    “Korban 10 orang, sembilan luka ringan dan satu orang meninggal dunia,” ujar Joko.

    Simak selengkapnya di sini.

    (haf/imk)

  • Mobil Tua Jadi Rongsok, Pemerintah Malaysia Kasih Duit buat Ganti Mobil Baru

    Mobil Tua Jadi Rongsok, Pemerintah Malaysia Kasih Duit buat Ganti Mobil Baru

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia membatasi usia kendaraan yang beredar di negaranya. Hal itu terkait dengan faktor keamanan dari kendaraan tersebut.

    Di Malaysia, kendaraan tua dengan usia di atas 20 tahun harus di-scrap atau dihancurkan. Pemerintah Malaysia akan memberikan insentif untuk pemilik kendaraan tua berusia 20 tahun ke atas untuk mengganti dengan mobil baru. Pilihan mobil barunya adalah mobil nasional merek Proton atau Perodua.

    Diberitakan Malay Mail, Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengumumkan program insentif tersebut. Ia mengatakan inisiatif yang diperkenalkan bekerja sama dengan produsen mobil nasional ini bertujuan untuk mendorong pemusnahan kendaraan tua. Sebab, kendaraan tua dinilai tidak ekonomis yang menimbulkan risiko keselamatan dan lingkungan.

    Anwar mengatakan inisiatif ini merupakan salah satu dari beberapa langkah pencegahan yang bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas menyusul serangkaian kecelakaan fatal baru-baru ini.

    “Pemerintah menyampaikan belasungkawa atas serentetan kecelakaan lalu lintas tragis baru-baru ini. Mulai dari kecelakaan yang melibatkan mahasiswa Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), hingga tragedi bus wisata Ayer Hitam, kecelakaan truk polisi di Teluk Intan, dan tabrakan truk baru-baru ini di gerbang tol Bukit Kajang yang merenggut nyawa seorang bayi,” kata Anwar.

    “Langkah-langkah yang lebih ketat akan diambil untuk mencegah insiden seperti itu terulang. Kementerian Perhubungan sedang menyelesaikan peraturan batas kecepatan untuk kendaraan berat,” ujarnya saat mengajukan Anggaran 2026.

    Dikutip media lokal Malaysia, Paultan, insentif yang diberikan pemerintah untuk mengganti mobil baru sebesar 4.000 ringgit (Rp 15,7 jutaan). Hal ini juga sejalan dengan program produsen otomotif lokal Malaysia yang menawarkan program ‘uang tunai untuk mobil tua’. Satu-satunya syarat dan ketentuan yang diumumkan adalah bahwa mobil yang akan dibesituakan harus berusia lebih dari 20 tahun.

    (rgr/mhg)

  • Samsat Keliling di Jadetabek ada di sini

    Samsat Keliling di Jadetabek ada di sini

    Jakarta (ANTARA) – Layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling hari ini ada di 13 lokasi di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).

    Pelayanan Samsat Keliling ini bisa diakses masyarakat untuk pengesahan STNK setiap tahun, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLLJ).

    Samsat Keliling di Jadetabek tersebar di beberapa wilayah agar masyarakat mudah menjangkau pelayanan tanpa mendatangi kantor pusat.

    Untuk mengakses pelayanan di Samsat Keliling masyarakat diwajibkan membawa beberapa persyaratan pembayaran pajak kendaraan, seperti KTP asli pemilik kendaraan, BPKB dan STNK, masing-masing disertai fotokopi.

    Pemohon juga tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari satu tahun.

    Gerai Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. Sedangkan untuk pembayaran pajak kendaraan lima tahunan dan ganti pelat nomor kendaraan pemohon harus datang langsung ke kantor Samsat terdekat.

    Berikut wilayah layanan Samsat Keliling di Jadetabek seperti informasi akun X resmi TMC Polda Metro Jaya @tmcpoldametro:

    1. Samsat Keliling Jakarta Pusat di halaman parkir Samsat Jakarta Pusat dan Lapangan Banteng pukul 08.00-14.00 WIB

    2. Samsat Keliling Jakarta Utara di halaman parkir Samsat Jakarta Utara dan Itali Mall Artha Gading pukul 08.00-14.00 WIB

    3. Samsat Keliling Jakarta Barat di Mal Citraland pukul 08.00-14.00 WIB

    4. Samsat Keliling Jakarta Selatan di halaman parkir Samsat Jakarta Selatan pukul 08.00-15.00 WIB dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pukul 09.00-14.00 WIB

    5. Samsat Keliling Jakarta Timur di halaman parkir Samsat Jakarta Timur dari jam 08.00-15.00 WIB dan Pasar Induk Kramat Jati pukul 08.00-14.00 WIB

    6. Samsat Keliling Kota Tangerang di Alun-alun Cibodas dan Parkiran Busway Foodmosehere 08.00-14.00 WIB

    7. Samsat Keliling Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-15.00 WIB dan ITC BSD pukul 16.00-19.00 WIB

    8. Samsat Keliling Ciledug bertempat di Kantor Kecamatan Pinang dan Ruko Green Village dari jam 09.00-12.00 WIB

    9. Samsat Keliling Ciputat halaman parkir samsat dan Kantor Kelurahan Pondok Betung pukul 09.00-12.00 WIB

    10. Samsat Keliling Kelapa Dua, di Halaman Gtown Square Gading pukul 08.00-14.00 WIB

    11. Samsat Keliling Kabupaten Bekasi, Pasar Bersih Jababeka Cikarang, dari pukul 09.00-14.00 WIB

    12. Samsat Keliling Depok di halaman parkir Samsat Depok pukul 08.00-14.00 WIB dan Kantor Kecamatan Bojong Gede 09.00-12.00 WIB

    13. Samsat Keliling Cinere di Kantor Kelurahan Pondok Petir 08.00-12.00 WIB.

    Sementara untuk Samsat Keliling Kota Bekasi pada Senin ditiadakan.

    Pewarta: Khaerul Izan
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Unik! 13 Oktober Hari Apa? Ada 5 Peringatan Termasuk No Bra Day – Page 3

    Unik! 13 Oktober Hari Apa? Ada 5 Peringatan Termasuk No Bra Day – Page 3

    Tanggal 13 Oktober diperingati sebagai Hari Trombosit Sedunia atau World Thrombosis Day. Tujuan Hari Trombosis Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran global tentang trombosis, termasuk penyebabnya, faktor risikonya, tanda dan gejalanya, serta pencegahan dan pengobatan berbasis bukti.

    Tujuan akhirnya adalah meminimalkan jumlah orang yang meninggal atau mengalami kecacatan akibat kondisi ini.

    Mengutip laman National Today, Hari Trombosis Sedunia diperingati oleh seluruh dunia pada tanggal 13 Oktober. International Society on Thrombosis and Haemostasis (IHT) menggagas kampanye Hari Trombosis Sedunia pada tahun 2014 untuk meningkatkan kesadaran akan kondisi trombosis yang seringkali diabaikan dan disalahpahami.

    Secara global, gangguan terkait trombosis menyebabkan satu dari empat kematian. Yang mengejutkan, pembekuan darah memengaruhi hingga 900.000 orang di Amerika Serikat saja setiap tahun; sekitar 100.000 di antaranya akan meninggal dunia, angka yang lebih tinggi daripada total kematian tahunan akibat AIDS, kanker payudara, dan kecelakaan mobil.

    Pada Hari Trombosit Sedunia, banyak organisasi kesehatan dan lembaga terkait yang mengadakan kampanye edukasi untuk memberikan informasi mengenai penyakit yang berkaitan dengan trombosit, seperti ITP, hemofilia, dan kondisi lain yang mengganggu fungsi trombosit.

    Kampanye ini juga bertujuan untuk menghilangkan stigma terhadap penderita penyakit darah langka dan memberikan dukungan moral serta psikologis kepada mereka.

    Peningkatan kesadaran diharapkan dapat membantu masyarakat mengenali gejala-gejala penyakit terkait trombosit lebih dini, sehingga penanganannya bisa lebih cepat dan efektif.

    Selain kampanye edukasi, Hari Trombosit Sedunia juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi panel, hingga webinar yang menghadirkan para ahli hematologi.

    Mereka memberikan wawasan lebih dalam tentang peran trombosit, cara mencegah masalah kesehatan terkait trombosit, serta perkembangan terbaru dalam pengobatan penyakit darah.